LAPORAN HASIL KEGIATAN OBSERVASI KELAS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS RENDAH

A. Tujuan Observasi Tujuan penulis melakukan observasi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas rendah yaitu untuk:  Mengetahui cara guru mengajarkan materi IPS SD kepada siswa secara langsung dalam proses kegiatan belajar mengajar.  Mengetahui bagaimana kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar  Mengetahui metode apa yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar  Mengetahui media apa saja yang digunakan B. Pelaksaan Observasi Tanggal Sekolah Alamat Kelas/Semester Guru Mata Pelajaran Jumlah siswa Waktu observasi Hari/Tanggal : : : : : : : : : 30 November 2012 SD Negeri Garot Aceh Besar JL.SOEKARNO HATTA, KEUTAPANG I, BANDA ACEH IV/I Ramly, S.Pd Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 32 orang 08.00 – 10.00 Jum’at/30 November 2012

C. Materi Pembelajaran I. Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kabupaten dan provinsi : 1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran Sumber Daya Alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat

II. Kompetensi Dasar

III. Tujuan Pembelajaran : • Siswa dapat menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat. IV. Materi Pokok : Sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.

Alat peraga tersebut membantu guru dalam mengenalkan berbagai jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. f. Kegiatan Inti a. buku LKS. Guru memilih metode dengan menyesuaikan materi yang diajarkan. Guru memeriksa tugas yang dikerjakan siswa. ikan dan cincin emas. 1. Mengabsen siswa d. guru melakukan pengayaan kepada seluruh siswa. Guru melakukan tanya jawab kepada seluruh siswa tentang jenis-jenis sumber daya alam. . E. c. k. Guru memberikan tugas berupa soal tentang materi sumber daya alam kepada siswa. Kemudian. Guru memperhatikan siswa dalam menjawab soal. j. menyelesaikan masalah. Guru memberikan penghargaan yaitu pujian kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan. b. i. tanya jawab dan demonstrasi/tugas dalam menyampaikan materi sumber daya alam kepada siswa. Guru menyuruh siswa mengumpulkan PR (Pekerjaan Rumah) yang telah diberikan.D. Media Dalam proses kegiatan belajar mengajar guru menggunakan buku paket. e. dan alat peraga yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan. g. Kegiatan Akhir a. menganalisis. mengacungkan tangan dan maju kedepan kelas untuk menjawab pertanyaan dari guru. Menyuruh siswa membuka buku cetak IPS halaman 33 2. ikan dan cincin. Pada kegiatan observasi yang penulis lakukan. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir. 3. Guru menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam. Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam b. d. Guru mengumpulkan tugas yang telah dijawab siswa. Kegiatan Awal a. Menyiapkan kelas c. guru menggunakan metode ceramah. dan bertindak tanpa rasa takut dalam menyelesaikan soal. b. Dengan metode yang diterapkan oleh guru diharapkan siswa dapat menerima dan mengerti tentang materi yang diajarkan. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SD yaitu. Siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari guru. alat peraga yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar adalah gambar tiga dimensi yaitu. F. h. Guru menjelaskan materi Sumber Daya Alam dengan menggunakan media tiga dimensi yaitu. Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. Metode Pada kegiatan observasi yang penulis lakukan.

Pengarang Intan Pariwara untuk SD kelas IV . d. yaitu:  Buku cetak IPS Terpadu untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Penanaman Nilai Nilai – nilai yang ditanamkan melalui pembelajaran IPS adalah Keberanian mengeluarkan pendapat/fikiran Menghargai pendapat orang lain Kejujuran Dispilin Kerja keras Rasa ingin tahu Cinta tanah air Tanggung jawab a. c. Sikap Guru dalam Penyampaian Materi Dalam menyampaikan materi IPS guru berbicara dengan suara yang teratur. Setiap melakukan proses belajar mengajar. g. f. maksudnya adakalanya guru berbicara dengan keras tetapi terkadang guru mengecilkan volume suaranya dengan maksud agar siswa mencoba memperhatikan apa yang sedang di ucapkan oleh gurunya. guru selalu memberikan berbagai nilai – nilai moral kepada siswanya walaupun secara tersirat. Penerbit Erlangga KTSP (2006)  Buku LKS SBI Ilmu Pengetahuan Sosial. H. b. diharapkan siswa dapat menjadi warga negara yang memiliki moral yang baik. I. Buku Ajar Guru menggunakan buku ajar yang sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku (KTSP). berakhlak mulia dan berguna bagi bangsanya. Pada saat proses kegiatan belajar mengajar tersebut beberapa siswa ada yang aktif. tetapi ada juga siswa yang pasif hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja. h.G. e. Dengan adanya penanaman nilai moral yang dilakukan guru.