Pembuatan Pupuk Cair Organik

Nama Kelompok : -

SMAN 5 TAMBUN SELATAN 2013

“Pembuatan pupuk cair organik” ini dapat diselesaikan. .Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas bimbingan dari guru dan saran dari teman-teman maka tersusunlah karya ilmiah ini.Kami menyadari bahwa karya ilmiah ini masih memiliki banyak kekurangan . semoga karya ilmiah ini bermanfaat untuk kita semua. yang telah berkenan sehingga makalah. Makalah ini di susun untuk memenuhi tugas PU dan untuk media pembelajaran yang nantinya akan menambah wawasan kita tentang pembuatan pupuk .walaupun demikian kami telah berusaha semaksimal mungkin menyusun karya ilmiah ini.

1 1.1 Latar Belakang Masalah……………………………………………………………………..5 .3 BAB IV PENUTUP 5.4 Metode Penelitian…………………………………………………………………………….3 Tujuan Penelitian………………………………………………………………………………1 1.1 Metode Pengambilan Data………………………………………………………………..1 Kesimpulan……………………………………………………………………………………….2 Saran……………………………………………………………………………………………….4 5.4 Daftar Pustaka……………………………………………………………………………………….2 BAB III METODE PENELITIAN 3..1 BAB II LANDASAN TEORI 2.2 Rumusan Masalah…………………………………………………………………………….ii Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………iii BAB I PENDAHULUAN 1.DAFTAR ISI Halaman Judul……………………………………………………………………………………….1 1.1 Teori yang meperkuat penelitian…………………………………………………….i Kata Pengantar……………………………………………………………………………………….

Untuk mengetahui cara pembuatan pupuk cair organic 1.Bagaimana cara pembuatan pupuk cair organik? 1.4 Metode Penelitian Metode yang kami gunakan adalah campuran dari studi pustaka dan praktek lapangan. daur ulang sampah menjadi pupuk cair organik adalah metode yang kita pilih. masalah yang akan di bahas dalam makalah ini meliputi. Atas dasar itulah kami membuat makalah yang berjudul “Pembuatan Pupuk Cair Organik”. . Untuk memenuhi tugas PU 2. Dari berbagai macam daur ulang. 1.3 Tujuan Penelitian 1. . Menuntut kita untuk berinsiatif untuk melakukan pendaur ulangan sampah – sampah tersebut.2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian di atas.BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Semakin banyaknya sampah di lingkungan kita yang tercemar.

Meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi.1 Teori yang memperkuat penelitian Membuat pupuk dengan bantuan bakteri EM4 Pupuk EM adalah pupuk organik yang dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri (microorganisme).Memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (Bokashi). Berbagai Fungsi Bakteri EM4 : .Menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. . . . . kimia dan biologi tanah.Memperbaiki sifat fisik.BAB II Landasaran Teori 2. .Meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah. Sampah organik dengan proses EM dapat menjadi pupuk organik yang bermanfaat meningkatkan kualitas tanah.

sisakan sekitar 1 sampai 2 liter.Setelah 8-10 hari. dan lain-lainnya) . .Kotoran hewan dan daun-daun hijau dimasukkan ke dalam ember. damar.30 kg kotoran hewan . tetapi apabila tanah kurang subur/tandus. pinus.Ember/gentong/drum yang dapat ditutup rapat Cara Pembuatan: . terasi. penggunaan langsung sebagai pupuk tidak dianjurkan.1 kg gula pasir/merah/tetes tebu (pilih salah satu) dan dicairkan dengan air . tambahkan air. dan gula dengan perbandingan yang sama. pembiakan bakteri sudah selesai dan drum sudah dapat dibuka.Air secukupnya . . . Kegunaan:Mempercepat pengomposan dari 3-4 bulan menjadi 30-40 hari.Pupuk cair (larutan bakteri) ini tidak diperbolehkan untuk dicampur dengan bakteri lain. . . .Cairan gula dan terasi dimasukkan ke dalam ember. nimba.Ampas sisa saringan masih mengandung bakteri.Larutkan bakteri ke dalam air dan dimasukkan ke dalam drum.1 liter bakteri .Saring dan masukkan ke dalam wadah yang bersih (botol) untuk disimpan/digunakan.5 kg hijau-hijauan/daun-daun segar (bukan sisa dan jangan menggunakan daun dari pohon yang bergetah berbahaya seperti karet.0.Dapat digunakan langsung sebagai pupuk semprot. bambu.1 Metode Pengambilan Data Bahan dan Alat: . . terutama bahan kimia atau bahan untuk pestisida lainnya seperti tembakau. apabila tanah sudah diberi kompos (subur). kemudian ditutup rapat. Demikian seterusnya. dan yang sulit lapuk seperti jato.BAB III Metode Penelitian 3. Setelah 8-10 hari kemudian bakteri sudah berkembang biak lagi dan siap digunakan.5 kg terasi dicairkan dengan air secukupnya . .

. selain bakteri kita juga membutuhkan alat dan bahan tertentu. Dalam proses pembuatan.1 Kesimpulan Ada berbagai macam cara mendaur ulang sampah . Pembuatan pupuk cair organic kita membutuhkan bakteri EM4. Lalu setelah alat dan bahan siap. dan salah satunya adalah pembuatan pupuk cair organik.BAB IV Penutup 4. dan agar di sempurnakan untuk makalah – makalah selanjutnya. 4.2 Saran Dengan makalah ini kami berharap agar bisa di gunakan sebagai acuan untuk melakukan pembuatan kompos. lakukan pembuatan sesuai dengan prosedur agar sesuai dengan rencana. Baktei EM4 bisa di buat sendiri dan juga bisa di beli.

com/produksi/pertanian .em4indonesia.wordpress.Daftar Pustaka http://warasfarm.com/2013/03/19/cara-membuat-pupuk-organikcair-mol-dan-kompos http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful