TUGAS KELOMPOK ILMU KEALAMAN DASAR

Dampak Positif dan Negatif IPA dan Teknologi terhadap Perikehidupan Manusia

DISUSUN OLEH :

MATA KULIAH UMUM ILMU KEALAMAN DASAR UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012

orang dapat mendirikan industri kimia dasar yang menghasilkan bahan dasar untuk keperluan industri. a. untuk kapal-kapal yang bermuatan nuklir dapat meninggalkan sampah nuklir yang mengkontaminasi tumbuhan atau ikan di perairan yang dilalui. Manusia dapat mengubah sistem transformasi dan komunikasi sehingga menimbulkan kemudahan. Usaha untuk mendapatkan kemudahan hidup antara lain dengan menggunakan penerapan perkembangan IPA dan teknologi. tetapi secara kualitatif dirasakan sangat kurang terutama untuk menangani teknologi tinggi. Dampak positif Perkembangan IPA dan teknologi mempunyai dampak positif. seperti sinar rontgen. Dengan teknik kimia. Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu baru ini diperoleh hasil yang dapat digunakan untuk memenuhi dan mempermudah kehidupan manusia. Dalam hal lain. kemudahan serta manusia dapat mendayagunakan sumber daya alam lebih efektif dan efisien. yaitu terpenuhinya kebutuhan manusia akan kemakmuran materi. contohnya zat radio aktif. Penggunaan teknologi hutan akan dapat memanfaatkan hutan untuk kepentingan industri dan komersial lainnya tanpa melupakan cara pelesariannya. tetapi justru dapat mempersempit lapangan pekerjaan. Penggunaan teknik nuklir sudah jelas terlihat dalam bidang pertanian maupun kesehatan.  Meningkatnya kemakmuran materi dan kesehatan masyarakat . masuknya teknologi baru menimbulkan masalah dibidang ketenagakerjaan karena kuantiatif sumber daya manusia cukup besar. Di negara berkembang. b. Perkembangan IPA dan teknologi dapat menaikkan kualitas sumber daya manusia. perkembangan IPA dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan manusia. tidak menambah lapangan pekerjaan. . Dari kemajuan IPA dan teknologi. b. banyak hal yang dapat diperoleh yang pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kemudahan bagi manusia. Hal ini terjadi karena efektivitas dan efesiensi sistem dalam teknologi baru. Dampak negatif Pemanfaatan perkembangan IPA dan teknologi yang tidak/kurang tepat bagi kondisi masyarakat. Hal ini terjadi karena perkembangan IPA dan teknologi memungkinkan :  Tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah misalnya penemuan teknologi baru.Dampak Positif dan Negatif IPA dan Teknologi terhadap Perikehidupan Manusia Perkembangan IPA dan teknologi memunculkan beberapa cabang ilmu pengetahuan. Dampak Positif dan Negatif Teknologi IPA terhadap Sumber Daya a. mendapatkan bibit unggul dsb c.

Saat ini. Perkembangan IPA yang selalu mengikuti perkembangan zaman membuat ilmu dasar dan elektronika ikut berkembang. Dampak Teknologi IPA terhadap peningkatan kesehatan a. bagian ilmu bedah sangat populer.Ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia dan pengaruh negatifnya akan dirasakan secara tidak langsung karena tidak menimbulkan gejala yang tampak. namun sifat alpa manusia seringkali bersifat fatal. meskipun pekerja tambang uranium sudah diengkapi pakaian yang tidak tembus sinar radioaktif. Hal ini sesuai dengan sifat ilmu pengetahuan yang dinamis. Hal ini dimungkinkan karena teknologi yang semakin meningkat yang dapat mendiagnosa penyakit. Untuk memusatkan perhatian pada satu masalah dengan melihat kenyataan bahwa masalah organ tubuh itu sangat kompleks. Perkembangan ilmu pendukung dan peralatan meningkatkan masalah yang dapat dipecahkan di bidang kedokteran. Perkembangan IPA dan Teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas di bidang kedokteran Peningkatan suatu ilmu ditentukan oleh sarana dan prasarana yang dibutuhkan. maka berkembanglah cabang-cabang ilmu di bidang kedokteran. Fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat dinikmati manusia dengan majunya teknologi IPA antara lain :  Pencangkokan jantung  Pencucian darah  Penggantian kornea mata  Pemasangan alat pacu jantung  Penggunaan alat elektronik sebagai alat bantu pendengaran  Pelayanan bayi tabung bagi pasangan yang sulit mendapatkan anak  Pelayanan kontrasepsi . karena dapat memecahkan banyak masalah penyakit lewat pembedahan bahkan yang tidak sakitpun. Uranium sebagai mineral radioaktif sudah membahayakan sejak ditambang. Dengan elektrokardiograf dapat diketahui ketidak beresan kerja jantung. seperti menginginkan perubahan pada wajah dapat dilakukan dengan bedah kosmetika. misalnya dengan sinar X memungkinkan orang melihat kedalam tubuh manusia dan mengetahui hal-hal yang perlu diobati atau diperbaiki. tetapi ternyata dampak negatifnya tidak hanya diderita oleh penduduk sekitar tersebut melainkan oleh penduduk diluar negara itu. Akibat bocornya reaktor nuklir chernobyl merupakan contoh yang sangat jelas tentang ketidakberdayaan manusia dalam menghadapi musibah yang mestinya sudah dapat diperkirakan.

Selain itu. jamur dan virus. d. industri yang tumbuh subur meningkatkan jumlah gas polutan yang dapat menyebabkan kanker paru-paru. Penyakit yang berhubungan dengan kemajuan IPA diduga berasal dari pencemaran udara pada penghidupan modern akibat polusi dari kendaraan yang padat. Perkembangan IPA dan Teknologi dapat meningkatkan Teknologi Obat-obatan Kemajuan teknologi bidang kedokteran sejalan dengan kemajuan teknologi di bidang obatobatan. cacing. Dampak Negatif Secara Tak Langsung dalam Membantu Timbulnya Penyakit Tertentu Kemajuan IPA dan Teknlogi tidak terlepas dari dampak negatif. Masalah pengobatan sebenarnya sudah dikenal sejak IPA belum dikenal. Dengan adanya teknologi material yang dapat mengetahui susunan suatu zat beserta sifatsifatnya ahkan jumlah masing-masing penyusun suatu senyawa. bahan baju dann juga penggunaan senyawa arsen pada pestisida yang dapat menimbulkan penyakit kanker. maka teknologi pengobatan semakin berkembang dan maju dengan pesat. c. Pengobatan dengan menggunakan sinar X yang tepat untuk . dapat mencegah munculnya penyakit Mengadakan imunisasi terhadap penyakit menular Mempertinggi kesadaran masyarakat akan arti kesehatan Usaha pemberantasan penyakit menular dilakukan dengan beberapa cara :   Melokalisasi dan memberikan pengobatan yang tuntas terhadap penderita penyakit menular Degan teknologi dan fasilitas pengobatan yang memadai dapat digunakan untuk memberantas penyakit menular. dapat diperoleh air bersih yang digunakan oleh masyarakat Teknologi pembuangan limbah. Pada zaman dahulu pengobatan dilakukan oleh manusia dengan cara mistis atau dengan menggunakan ramuan tumbuh-tumbuhan yang ada. Perkembangan IPA dan Teknologi untuk Memberantas Penyakit Menular Menurut penelitian.b. industri plastik. baik langsung maupun tidak langsung. yaitu timbulnya penyakitpenyakit tertentu. Usaha pencegahan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Perkembangan IPA dan Teknologi memungkinkan ilmu kedokteran mengikuti langkah dan dinamika epidemi yang muncul serta memungkinkan mengadakan usaha pencegahan dan pemberantasannya. Salah satu contoh adalah penyakit kanker yang sampai saat ini belum dapat diberantas dan baru dapat dicegah meluasnya bagian tubuh yang diserang atau hanya memperpanjang usia si penderita saja. Dengan menggunakan mikroskop elektron dapat diketahui berkembangbiaknya suatu bakteri. Dalam kehidupan modern banyak juga digunakan zat kimia yang ditambahkan pada makanan. penyakit menular dapat disebabkan oleh bakteri. Seperti :     Teknologi pengolahan air.

yang didugga disebabkan oleh debu oksida silikon yang beterbangan dalam pabrik. jantung atau ginjal. penyakitnya disebabkan oleh obat penenang (thalidomide) yang diminum oleh ibu hamil. seperti penderita thalidomide yang menderita kelainan tubuh. Penyakit kelainan bentuk tubuh (teratologi). . Penyakit yang disebabkan oleh kesibukan atau kekhawatiran yang biasanya berhubungan erat dengan pekerjaan dapat juga menimbulkan penyakit misalnya tekanan darah tinggi. justru dapat mengaktifkan pertumbuhan jaringan disekitar bagian tubuh yang terkena sinar X yang memungkinkan timbulnya penyakit kanker di bagian lain Penyakit abestosis banyak diderita oleh para karyawan pabrik asbes.mengobati kanker.