PEMILAHAN SAMPAH

Nama Kelompok : 1. M. Verza. E.I 2. Farid Mustafa A 3. Irvan Akram 4. Ichsan Aditya W 5. Rayyan M.M

Sampah dapat berada pada setiap fase materi: padat.PENGERTIAN SAMPAH Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. dalam prosesproses alam tidak ada sampah. Adapun Hal Yang Terkait : Sumber Sampah Pemilahan Sampah Jenis Sampah Keuntungan Dan Kerugian . manufaktur. yang ada hanya produk-produk yang tak bergerak. sampah dapat dikatakan sebagai emisi. Dalam kehidupan manusia. Sampah merupakan konsep buatan manusia. sampah dalam jumlah besar datang dari aktivitas industri (dikenal juga dengan sebutan limbah). misalnya pertambangan. cair. atau gas. terutama gas. Emisi biasa dikaitkan dengan polusi. Ketika dilepaskan dalam dua fase yang disebutkan terakhir. Hampir semua produk industri akan menjadi sampah pada suatu waktu. dengan jumlah sampah yang kira-kira mirip dengan jumlah konsumsi. dan konsumsi.

Sebagian besar sampah yang dihasilkan selama musim panen dibakar atau dimanfaatkan untuk pupuk. gelas. kain. perlengkapan rumah tangga bekas. Pertanian Dan Perkebunan Sampah dari kegiatan pertanian tergolong bahan organik. . sampah/kebun/halaman. B. seperti jerami dan sejenisnya.A. namun plastik ini bisa didaur ulang. kardus. Pemukiman/rumah tangga Biasanya sampah rumah tangga berupa sisa pengolahan makanan. Untuk sampah bahan kimia seperti pestisida dan pupuk buatan perlu perlakuan khusus agar tidak mencemari lungkungan. kertas. dan lain-lain. Sampah pertanian lainnya adalah lembaran plastik penutup tempat tumbuh-tumbuhan yang berfungsi untuk mengurangi penguapan dan penghambat pertumbuhan gulma.

batu bata. klise film. dan kaleng. . spidol. warung. Sampah yang berasal dari lembaga pendidikan. komputer rusak. pita printer. E. alat tulis-menulis (bolpoint.C. dan bahan organik termasuk sampah makanan dari restoran. spesi. misalnya : semen. Sisa Bangunan dan Konstruksi Gedung Sampah yang berasal dari kegiatan pembangunan dan pemugaran gedung ini bisa berupa bahan organik maupun anorganik. kotak tinta printer. dan lain-lain. pasir. toner foto copy. kertas. pensil. pita mesin ketik. ubin. Perdagangan Dan Perkantoran Sampah yang berasal dari daerah perdagangan seperti : toko. pembungkus. pasar swalayan ini terdiri dari kardus. misalnya : kayu. baterai. dll). Sampah Anorganik. kantor pemerintah dan swasta biasanya terdiri dari kertas. kaca. triplek. bahan kimia dari laboratorium. Baterai bekas dan limbah bahan kimia harus dikumpulkan secara terpisah dan harus memperoleh perlakuan khusus karena berbahaya dan beracun. bambu. pasar tradisional. besi dan baja. Sampah organik. D.

F. kayu. perlakuan dan pengemasan produk (kertas. Sampah industri berupa bahan kimia yang seringkali beracun memerlukan perlakuan khusus sebelum dibuang. Industri Sampah ini berasal dari seluruh rangkaian proses produksi (bahan-bahan kimia serpihan/potongan bahan). . plastik. kain/lap yang jenuh dengan pelarut untuk pembersihan).

baik kertas koran. kaleng. botol dan gelas minuman. dan kertas. kayu. 2. botol dan gelas bekas minuman. kertas. sayuran. dan sebagainya. kaca. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan.dapat diurai (degradable) Sampah anorganik . Sampah Organik. maupun karton. yaitu sampah yang tidak mudah membusuk. daun-daun kering. plastik mainan. .tidak terurai (undegradable) 1. dan sebagainya. HVS. yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan.Berdasarkan sumbernya Sampah alam Sampah manusia Sampah konsumsi Sampah nuklir Sampah industri Sampah pertambangan Berdasarkan sifatnya : Sampah organik . seperti plastik wadah pembungkus makanan. kaleng. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos. Sampah Anorganik. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya.

Berdasarkan bentuknya Sampah adalah bahan baik padat atau cairan yang tidak dipergunakan lagi dan dibuang. Non-biodegradable: yaitu sampah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. rumput pada waktu pembersihan kebun dan sebagainya. Dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur. Dapat dibagi lagi menjadi: Recyclable: sampah yang dapat diolah dan digunakan kembali karena memiliki nilai secara ekonomi seperti plastik. potongan-potongan kayu dari peralatan rumah tangga. sisa-sisa hewan. . kertas. Sampah organik Merupakan sampah yang berasal dari barang yang mengandung bahanbahan organik. carbon paper. seperti sisa-sisa sayuran. kertas. thermo coal dan lain-lain. Berdasarkan kemampuan diurai oleh alam (biodegradability). potongan-potongan ranting. hewan. Menurut bahannya sampah ini dikelompokkan menjadi sampah organik dan sampah anorganik. plastik. Menurut bentuknya sampah dapat dibagi sebagai: Sampah Padat Sampah padat adalah segala bahan buangan selain kotoran manusia. Non-recyclable: sampah yang tidak memiliki nilai ekonomi dan tidak dapat diolah atau diubah kembali seperti tetra packs. sampah kebun. gelas dan lain-lain. metal. pakaian dan lain-lain. sampah pertanian dan perkebunan. seperti: sampah dapur. maka dapat dibagi lagi menjadi: Biodegradable: yaitu sampah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi baik aerob atau anaerob. urine dan sampah cair.

Sampah alam 3. Sampah Manusia 4. Limbah Radio Aktif . Sampah Konsumsi 5. Sampah Cair 2.Dan Yang lainnya adalah: 1.

misalnya plastik. Sampah non organik adalah sampah-sampah yang tidak mudah lapuk dan bahan bakunya bukan dari mahluk hidup. seperti batu batere bekas. . Contoh sampah organik misalnya kertas bekas. kaca. Pembagian ini didasarkan atas pemikiran bahwa sampah organik akan lebih mudah lapuk dan kembali menjadi tanah dibanding sampah non organik. Pengelolaan sampah dimulai dengan membagi jenis sampah atas dua jenis sampah. perbedaannya adalah dalam hal volume sampah yang dihasilkan dan beberapa jenis sampah kantor tertentu yang tak terdapat di semua rumah tangga. batu batere. Sebenarnya ada jenis sampah ketiga.Sampah Organik dan Non Organik Sampah yang diproduksi perkantoran pada umumnya sama dengan sampah rumahtangga biasa. bola lampu. karton bekas. PCB yang tak terpakai. barang bekas terbuat dari logam. sampah jenis ini dibuang ke sebuah perusahaan pengelola sampah B3 di Cibinong Maksud memisahkan jenis sampah berdasarkan kategori organik dan non organik untuk memudahkan pengelolaan sampah di tingkat lebih lanjut setelah sampah diangkut petugas Dinas Kebersihan Kota Jakarta. yaitu yang termasuk kategori Bahan Beracun Berbahaya (B3). kain bekas. daun pembungkus makanan dan sampah lain yang bahan bakunya berasal dari bahan organik di alam. organik dan non organik. seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Aktivitas pemilahan sampah sudah banyak dilakukan oleh masyarakat selama hampir 10 tahun. Sudah saatnya Dinas Kebersihan Kota memisahkan truk pengangkut sampah minimal atas dua kategori. Dengan demikian sekalipun sampah di bak sampah sudah dibagi menjadi dua jenis sampah. didaurulang atau menjadi bahan baku pembangkit tenaga listrik. termasuk di perusahaan yang sudah saya tinggalkan dua tahun lalu dan di sebuah SD di ujung Jakarta Timur. Pasar Rebo. Jakarta Timur. sampah organik dan non organik bercampur lagi di truk sampah.belum memisahkan angkutan sampah atas kategori organik dan non organik. . paling tidak aktivitas pemilahan sampah ini bermanfaat sebagai pembelajaran bagi masyarakat dan murid-murid sekolah dasar agar menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Sampah organik dalam volume kecil dapat diolah sendiri menjadi kompos dengan teknik sederhana tertentu. sampah organik dan sampah non organik dan penumpukan sampah di TPA pun minimal dibagi dua organik dan non organik. pemilahan sampah bertujuan memudahkan pengolahan selanjutnya di TPA. Pihak Pemerintah Kota mau tak mau harus berdiri di muka dan bekerjasama dengan warganya dalam manajemen sampah kota. apakah sampah diolah menjadi kompos. sejak 2006 saya lihat dilakukan juga oleh sebuah sekolah dasar di Pekayon. sampah mau diolah jadi apa. Pemisahan sampah atas dua atau lebih kategori seperti di atas.Persoalannya Dinas Kebersihan Kota Jakarta saat itu -mungkin sampai saat ini. Terpulang kembali ke strategi usaha Manajemen Pengolahan Sampah di TPA. Walaupun nasib sampah akhirnya bercampur lagi di truk pengangkut sampah dan juga di TPA. pada saat petugas kebersihan datang mereka memasukkan ke truk sampah tanpa memilah.

Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut: Penyakit diare. Salah satu contohnya adalah suatu penyakit yang dijangkitkan oleh cacing pita (taenia). tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur air minum.000 orang meninggal akibat mengkonsumsi ikan yang telah terkontaminasi oleh raksa (Hg). Penyakit jamur dapat juga menyebar (misalnya jamur kulit). Penyakit demam berdarah (haemorhagic fever) dapat juga meningkat dengan cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai. Cacing ini sebelumnya masuk ke dalam pencernaaan binatang ternak melalui makanannya yang berupa sisa makanan/sampah.Kerugian : Efek sampah terhadap manusia dan lingkungan sebagai berikut : Dampak terhadap Kesehatan Lokasi dan pengelolaan sampah yang kurang memadai (pembuangan sampah yang tidak terkontrol) merupakan tempat yang cocok bagi beberapa organisme dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan anjing yang dapat menjangkitkan penyakit. . Penyakit yang dapat menyebar melalui rantai makanan. kolera. Sampah beracun:Telah dilaporkan bahwa di Jepang kira-kira 40. Raksa ini berasal dari sampah yang dibuang ke laut oleh pabrik yang memproduksi baterai dan akumulator.

jembatan. Pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. drainase. Selain berbau kurang sedap. Hal penting di sini adalah meningkatnya pembiayaan secara langsung (untuk mengobati orang sakit) dan pembiayaan secara tidak langsung (tidak masuk kerja.Dampak terhadap Lingkungan Cairan rembesan sampah yang masuk ke dalam drainase atau sungai akan mencemari air. Hal ini mengakibatkan jalan perlu lebih sering dibersihkan dan diperbaiki. Jika sarana penampungan sampah kurang atau tidak efisien. dan lain-lain. seperti metana. hal ini mengakibatkan berubahnya ekosistem perairan biologis. Berbagai organisme termasuk ikan dapat mati sehingga beberapa spesies akan lenyap. Penguraian sampah yang dibuang ke dalam air akan menghasilkan asam organik dan gas-cair organik. rendahnya produktivitas). orang akan cenderung membuang sampahnya di jalan. seperti tingginya biaya yang diperlukan untuk pengolahan air. Infrastruktur lain dapat juga dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai. . Dampak terhadap Keadaan Sosial dan Ekonomi Dampaknya antara lain : Pengelolaan sampah yang kurang baik akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat: bau yang tidak sedap dan pemandangan yang buruk karena sampah bertebaran dimana-mana. Pembuangan sampah padat ke badan air dapat menyebabkan banjir dan akan memberikan dampak bagi fasilitas pelayanan umum seperti jalan. Memberikan dampak negatif terhadap kepariwisataan. gas ini dalam konsentrasi tinggi dapat meledak.

Sampah orgnaik yang tenah membusuk seperti dapat menjadi humus yang dibutuhkan untuk tanah untuk menjaga kesuburan tanah. serta menjadi sumber makanan yang baik bagi tumbuh-tumbuhan. 4. atau didaur ulang kembali menjadi bahan baku pembuatan produk plastik atau kertas. menaikkan aerasi tanah. 5. 3.Sumber humus.Keuntungan : 1. mencegah pengerukan tanah. Limbah dari sampah organik dapat dijadikan sebagai pupuk penyubur tanaman dengan menyulap sampah menjadi kompos. meningkatkan kapasitas kandungan air tanah. Sampah dapat didaur ulang. dengan meningkatkan kandungan organik tanah dan akan meningkatkan kemampuan tanah untuk mempertahankan kandungan air dalam tanah. dimana gas ini dapat dijadikan bahan bakar untuk menjalankan pembangkit listrik. Sebagai pupuk organik untuk tanaman. Dijadikan bahan bakar alternatif. 2. Menjadi sumber listrik. Secara tidak langsung sampah dapat dijadikan sumber listrik alternatif dengan cara merubah sampah agar menghasilkan gas metana. Pembusukan sampah dapat menghasilkan gas yang bernama gas metana yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk kebutuhan rumah tangga atau industri kecil. Kompos dapat memperbaiki struktur tanah. . menaikkan foto kimia dekomposisi pestisida atau senyawa-senyawa organik racun. Limbah sampah dari plastik dan kertas dapat didaur ulang menjadi berbagai barang yang bermanfaat seperti menjadi produk furnitur yang cantik.