P. 1
MAKALAH SAYUR BAYAM

MAKALAH SAYUR BAYAM

|Views: 2,786|Likes:
Published by Kartika Dhewii M
Keluarga Amaranthaceae memiliki sekitar 60 genera, terbagi dalam sekitar 800 spesies bayam. Kenyataan di lapangan, penggolongan jenis bayam dibedakan atas 2 macam, yaitu bayam liar dan bayam budidaya. Bayam liar dikenal 2 jenis, yaitu bayam tanah (A. blitum L.) dan bayam berduri (A. spinosus L.). Ciri utama bayam liar adalah batangnya berwarna merah dan daunnya kaku (kasap).
Keluarga Amaranthaceae memiliki sekitar 60 genera, terbagi dalam sekitar 800 spesies bayam. Kenyataan di lapangan, penggolongan jenis bayam dibedakan atas 2 macam, yaitu bayam liar dan bayam budidaya. Bayam liar dikenal 2 jenis, yaitu bayam tanah (A. blitum L.) dan bayam berduri (A. spinosus L.). Ciri utama bayam liar adalah batangnya berwarna merah dan daunnya kaku (kasap).

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Kartika Dhewii M on May 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/12/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

Tugas Mata Kuliah Teknologi Budidaya Tanaman Sayur Makalah Budidaya Tanaman Bayam

Disusun oleh: 1. Agni (H07110 ) 2. Kartika Dewi M. (H0711051) 3. Putri 4. M. Rusydi Ramli (H07110

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2013

981 hektar atau menempati urutan ke-11 dari 18 jenis sayuran komersial yang dibudidayakan dan dihasilkan oleh Indonesia. Sayuran bayam memiliki peluang yang sangatlah besar melihat akan kesadaran masyarakat akan pentingnya memakan sayuran. Produk bayam nasional sebesar 72. Pusat penanaman bayam di Indonesia adalah Jawa Barat (4.0 – 2. tanaman ini semula dikenal sebagai tumbuhan hias. vitamin dan mineral. dan Jawa Timur (3.A.022 hektar).369 ton atau rata-rata 22. Tanaman bayam merupakan jenis sayuran daun yang sudah lama dikenal oleh banyak kalangan dan salah satu sumber bahan makanan yang bergizi tinggi dn harganya dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.273 hektar). Propinsi lainnya berada pada kisaran luas panen antara 13. . Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Masyarakat didesa pada umumnya menanam bayam dipekarangan untuk memenuhi konsumsi keluarga.63 kuintal per hektar. Bayam merupakan tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus. Mulai saat itu telah dilakukan penanaman bayam oleh masyarakat baik untuk perdagangan maupun konsumsi sendiri. Selanjutnya tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein. Komoditas sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan tubuh manusia dan peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. PENDAHULUAN Dalam rangka menghadapi kecukupan pangan bergizi pada masa mendatang. maka budidaya penanaman bayam secara konvensional menggunakan kultur teknik yang tepat suhingga kebutuhan akan sayuran bayam dapat terpenuhi dengan baik.479 hektar). Tanaman bayam masuk ke Indonesia pada abad XIX ketika lalu lintas perdagangan orang luar negeri masuk ke wilayah Indonesia. Di Indonesia total luas panen bayam mencapai 31. Jawa Tengah (3. tidak terlepas dari peranan produksi tanaman sayuran.376 hektar.

Kenyataan di lapangan. Varietas bayam unggul yang dikenal dan sudah dibudidayakan di Indonesia ada 7 macam yaitu. varietas Giri Hijau. penggolongan jenis bayam dibedakan atas 2 macam. terbagi dalam sekitar 800 spesies bayam. sedangkan yang batangnya putih disebut bayam putih. Bayam cabut yang batangnya merah disebut bayam merah. Giti Merah. tricolor L. spinosus L. PEMBAHASAN 1.).B. dan bunganya tersusun dalam rangkaian panjang terkumpul pada ujung batang. memiliki ciri-ciri mempunyai dasar daun yang lebar sekali. rangkaian bunga panjang tersusun secara teratur dan besar – besar pada ketiak daun. hibridus paniculatus L. Ciri utama bayam liar adalah batangnya berwarna merah dan daunnya kaku (kasap). yaitu: a) Bayam cabut atau bayam sekul alias bayam putih (A. bayam skop atau bayam kakap (A. Maksi. Betawi. yang dibedakan atas 2 spesies yaitu: 1) A. Jenis bayam budidaya dibedakan 2 macam. yaitu bayam liar dan bayam budidaya. Ciriciri bayam ini adalah memiliki daun lebar-lebar. Ciri – ciri bayam cabut adalah memiliki batang berwarna kemerahmerahan atau hijau keputih-putihan.). Ciri-cirinya adalah memiliki daun agak panjang dengan ujung runcing. Raja. Bayam liar dikenal 2 jenis. berwarna hijau. berwarna hijau kemerah-merahan atau merah tua. dan memilki bunga yang keluar dari ketiak cabang. 2) A. b) Bayam tahun. . dan Hijau.). Skop. blitum L. yaitu bayam tanah (A.. Sedangkan beberapa varietas bayam cabut unggul adalah Cempaka 10 dan Cempaka 20. Penggolongan Bayam Keluarga Amaranthaceae memiliki sekitar 60 genera. hybridus caudatus L.) dan bayam berduri (A. hybridus L.

biji yang sudah disebar. Tahap Persiapan Bayam dapat tumbuh sepanjang tahun. Lebar bedengan sebaiknya 100 cm. Pertumbuhan paling baik pada tanah subur dan banyak sinar matahari. Jarak antar bedengan 30 cm untuk digunakan sebagai saluran irigasi lahan. Kultur Teknik Bayam (Teknik Budidaya) a. Tahap Penanaman Penanaman dalam budidaya bayam dapat dilakukan dengan tiga cara. tinggi 30 cm dan panjang sesuai kondisi lahan. Lahan yang telah siap kemudian dibiarkan selama 2-3 hari. Pemupukan dilakukan ketika pencangkulan ketika pembuatan bedengan dan untuk menggemburkan tanah dan kemudian dilakukan pengairan. yaitu: 1) Ditebar langsung di atas bedengan. Biji bayam yang dijadikan benih harus cukup tua (±3 bulan).000 kg/ha. b. Setelah bedengan diratakan.2. Koresponden petani menggunakan pupuk kandang pada awal penanaman yang digunakan untuk menyuburkan tanah. Suhu yang baik 2536oC dan pH tanah antara 6-7. baik didataran rendah maupun didataran tinggi. 3 hari sebelum tanam berikan pupuk dasar (pupuk kandang kotoran sapi atau kotoran ayam) dengan dosis 20. Selanjutnya buat bedengan dengan arah membujur dari Barat ke Timur agar mendapatkan cahaya penuh. dimana saja. harus . Waktu tanam terbaik pada awal musim kemarau karena bayam tidak dapat tumbuh dengan baik ketika curah hujan terlalu tinggi Bayam dikembangkan melalui biji. Proses persiapan lahan yakni dilakukan pencangkulan sedalam 20-30 cm supaya gembur. yaitu biji dicampur dengan pupuk kandang yang telah dihancurkan dan ditebar secara merata di atas bedengan. 2) Ditebar pada larikan/barisan dengan jarak 10-15 cm. kemudian ditutup dengan lapisan tanah.

Tahap penanaman yang dilakukan oleh koreponden dilakukan pada pagi hari.5 ons untuk 2 bedeng. c. jenis hama yang sering menyerang tanaman bayam di antaranya ulat daun dan belalang. tujuan dari proses ini adalah agar tidak terjadi kelebihan air. Biasanya setelah 3-5 hari setelah benih disebar maka akan berkecambah. Sedangkan penyakit biasanya kurang merugikan tanaman bayam khususnya apabila kondisi lingkungan sekitar pertananaman terpelihara seperti drainase baik. Petani pada umumnya menanam di awal musim kemarau. cahaya matahari maksimum dan pemupukan tidak terlalu banyak.ditutup dengan tanah halus atau pupuk kandang yang sudah matang. Kalau terpaksa harus menggunakan insektisida. lebih baik lagi bila ditutup dengan lapisan jerami. 3) Disemai setelah tumbuh (sekitar 10 hari) bibit dibumbun dan dipelihara selama ± 3 minggu. Keperluan benih 1. Penanaman dilakukan secara langsung pada bedengan. Penyakit yang sering dijumpai adalah rebah kecambah (Rhizoctonia solani) dan penyakit karat putih (Albugo sp). Setelah biji mulai tumbuh. gunakan jenis insektisida yang aman dan mudah terurai seperti insektisida biologi. Penyiraman yang dilakukan petani menggunakan cara percikan langsung yang berasal dari saluran irigasi. tetapi tanaman menjelang dewasa tanaman ini memerlukan air sekitar 8 mm atau 8 liter/m2 setiap hari. Selanjutnya dipindahkan ke bedengan dengan jarak tanam 50 x 30 cm. karena . sehingga petani membutuhkan benih ± 3 ons. jumlah bedengan bayam adalah 4 bedeng. Tahap Pemeliharaan Tanaman bayam memerlukan air 4 mm tau 4 liter tiap m2 sehari pada saat tanaman masih mudah sanpai minggu pertama. penutup tanah harus dibuka. atau insektisida nabati. Biasanya untuk bayam petik.

. Tanaman inti dapat di cabut dengan akarnya atau dengan cara memotong bagian pangkal rata-rata 2 cm di atas permukaan tanah.ketika musim hujan curah hujan terlalu tinggi sehingga membuat daun-daun menjadi pecah.. Responden petani biasanya langsung menjual bayam yang dipetik langsung di dekat sawahnya. kalo analisis biayannya gak bisa dihapus aja… C. Tanaman bayam yang terpelihara dengan baik dapat berproduksi mencapai 5 samapai 10 ton/ha. 3. Bayam dari tangan petani biasannya dihargai Rp. Analisis Biaya Agni.. dan tidak laku dipasaran. sedangkan untuk bayam petik biasanya mulai dapat di panen pada umur antara satu sampai setengah bulan dengan interval pemetikan seminggu sekali.per ikat. PENUTUP SUMBER ACUAN . yang diatas itu juga boleh diedit dan ditambah lg…. 600-1000. yaitu pada umur antara 3 sampai 4 minggu setelah tanaman tumbuh. Panen dan Pasca Panen Bayam cabut biasanya dipanen dengan kriteria tingginya sudah mencapai kira-kira 20 cm. tambah analisis biaya yha kalo bisa. d. karena pembeli langsung datang ke petani bayam tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->