Dokumen Lelang

SPESIFIKASI TEKNIS

Spesifikasi Teknis

SML – DKP - 20133333

Besarnya kebutuhan kayu berkisar 6 – 10 meter panjang namun ukuran tersebut dapat lebih atau kurang sesuai dengan kemampuan penyiapan dana.Dokumen Lelang SPESIFIKASI TEKNIS PASAL 1. 1. Setiap tahap pembuatan harus disetujui oleh direksi sebelum pekerjaan dimulai. PEKERJAAN KAYU UNTUK RANGKA KAPAL 1. setiap kesalahan/ keraguan hasil pengukuran harus diulangi sesuaikan dengan gambar rencana. 1.20133333 . Dalam hal direksi tidak dapat hadir pada saat pengukuran. direksi dapat menunjuk wakilnya secara tertulis dan mempunyai hak yang sama dengan direksi. Listrik yang digunakan adalah untuk mengetam.d. Pengukuran pelaksanaan dan penentuan ukuran tang benar dan syah setelah dibuat berita acara penentuan ukuran(model desain) tangani kedua belah pihak dan disetujui oleh pihak proyek. d. 1. karena semakin besar ukuran maka semakin besar pula kebutuhan biaya yang diperlukan untuk membuat .a. memotong dan lain-lain digunakan dalam pembuatan .c. c. Pada saat pelaksanaan penentuan ukuran sekaligus dilakukan penentuan yang ditanda ukuran bagan yang direncanakan menurut kapasitas produk yang diinginkan.b Kebutuhan a. Gudang dan Direksi Keet Kontraktor harus membangun Gudang dan Direksi Keet disite seperti yang ditentukan guna pelaksanaan pekerjaan sesuai kontrak. Air kerja dan listrik kerja Yang dimaksudkan dengan air kerja adalah air untuk peluncuran disaat bagan sudah selesai dikerjakan dan diperlukan untuk pemasangan jaring sebagai alat tangkap yang digunakan untuk itu pembuatan perlu dekat laut atau danau. pengukuran berlakunya dilanjutkan. b. Spesifikasi Teknis SML – DKP . Kantor Kontraktor. Pekerjaan Rangka Kapal Bagian ini mencakup sebagai sarana utama untuk yang selanjutnya dapat dilengkapi sesuai dengan kebutuhan.

K (P3K) Kontraktor wajib mempersiapkan segala obat-obatan dan keperluan lainyang berhubungan dengan “Pertolongan Pertama Pada Kercelakaan”(P3K).20133333 . Semua keja dan mengenai hal diatas agar dilaporkan kepada Konsultan Pengawas/Manajemen Konstruksi. Kontraktor agar menjaga tata tertib lapangan dan hanya orang-orang yang berkepentingan dengan proyek saja yang diperbolehkan masuk lokasi pekerjaan. Iklan Kontraktor dilarang memberi ijin atau memberi kesempatan untuk mengiklankan daerah pekerjaanya tanpa seijin dari Konsultan Pengawas/Manajemen Konstruksi. Perlengkapan tersebut harus memenuhi ketentuan-ketentuan dan harus dipelihara terus sesuai dengan jangka waktu pekerjaan pekerjaan pembangunan dan petunjuk konsultan Pengawas/Manajemen Konstruksi. penerangan malam.f. 1. Pembersihan Kontraktor wajib membersihkan lokasi proyek dari kotoran-kotoran yang disebabkan oleh kegiatan pekerjaannya dan semua kotoran harus dibuang keluar proyek oleh kontraktor setiap hari.j.P.h. 1. Alat-alat Kerja dan Peralatan Pembantu Perusahaan penyedia jasa harus menyediakan alat-alat kerja sendiri untuk kesempurnaan pelaksana pekerjaan seperti : Mesin Bor.Dokumen Lelang Kontraktor harus menjamin sedemikian rupa sehingga seluruh fasilitas-fasilitas/bahan yang diperlukan dapat terhindar dari kerusakan. Keamanan dan Tata Tertib Dilapangan Kontraktor diwajibkan mengadakan pengamanan lokasi pekerjaan antara lain mengadakan penjagaan siang dan malam. menyediakan alat pemadam kebakaran sesuai ketentuan yang berlaku dan jaring-jaring pengaman sesuai kebutuhan pelaksanaan pekerjaan. Spesifikasi Teknis SML – DKP . Rencana gambar pada papan ini harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan setempat. Water Pass dan alat-alat bantu lainnya. Obat P. 1. Dan harus selalu siap dipergunakan untuk setiap saat. 1. 1.g.i.P. Papan Pemberitahuan Kontraktor atas biaya sendiri harus mendirikan sebuah Papan Pemberitahuan disuatu tempat yang akan ditentukan oleh Konsultan Pengawas/Manjemen Konstruksi.e. Mesin Ketam yang menyangkut dengan pekerjaan kayu. atau dari Dinas terkait 1.

l.50) cm Balok Deck (5x10x2.gading Dasar (4x5x2.l.00.1.00) cm Haluan (15 x15 x 2. 1.k.50) cm Baut 0.k.00) cm Pisang .2.00) cm Jenis bahan Simantok Simantok Simantok Kruweng Simantok Laban Simantok Simantok Galvanis Galvanis Kruweng Simantok volume Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Satuan Btg Btg Btg Btg Btg Btg Btg Btg Bh Bh Btg Btg Btg Balok Gapit rangka bagan (6 x16x9.50 x 8 Inch Kayu Reng 5x7 cm x 5 m Tiang bagan (12x12x7.25 x 5 Inch Baut 0. Lingkup Pekerjaan 1. Kayu Klas Kuat II untuk lantai dan pondok serta rumah genset.) cm Naga-naga (5x12 x4. Kayu yang digunakan dari kayu Klas kuat I.50) cm Buritan (15 x 15 x1. Bahan-Bahan Untuk 1 unit Bagan 1.00) cm Gading . Semua bahan kayu dari kayu klas kuat I dan II yang harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Konsultan Pengawas/Manajemen Konstruksi atau Direksi sesuai dengan bahan dalam tabel berikut ini: No. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Uraian Lunas (15x15 x 10. 1.Dokumen Lelang 1..00)cm Simantok Simantok Lihat BQ Lihat BQ Btg Btg Spesifikasi Teknis SML – DKP .20133333 .k.00) cm Balok Pondasi Mesin (14x16 x 2. Lunas dan kayu gelagar untuk lantai kerja.00) Simantok cm 14 15 Tiang rangka (pengisi) (12x12x75) cm Balok Kasau (6x12x8.pisang (5x12x10. Untuk seluruh rangka Kapal yaitu tiang.1 Umum Secara keseluruhan pekerjaan harus memnuhi persyaratan Perturan Konstruksi Kayu Indonesia 1971.

b. Papan lantai Jermal/. Setiap tahap pekerjaan harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Konsultan Pengawas/Manajemen Konstruksi untuk dapat melanjutkan pekerjaan berikutnya sesuai dengan skema berikut ini. Papan yang dipakai kayu klas kuat II atau tahan terhadap air asin air garam atau air payau dan sejenisnya PKKI 1971 Tebal Papan yang digunakan 2.5 cm dengan lebar minimal 30 cm.Dokumen Lelang 16 Balok Sokong diagonal (6x12x1. Sebelum mengajukan permintaan persetujuan (inspeksi) melanjutkan suatu tahap pekerjaan kontraktor sudah harus melakukan internal inspection dengan hasil sesuai syarat-syarat minimal 24 jam sebelum rencana pengecoran. Bahan yang dipakai.20133333 .2. Seng plat pelapis luar adalah seng BJLS 04 dan BJLS 06 diberi laburan aspal terhadap papan sebelum dilapisi dengan seng plat dan sebelah yang mengenai atau kontak langsung dengan air juga dilaburi lapisan aspal sebelum dikukan pengecatan sesuai dengan bahan dalam tabel halaman berikut : Spesifikasi Teknis SML – DKP . Papan tidak diperbolehkan memiliki mata kayu atau serat terputus atau terbelah atau retak-retak rambut yang dapat ditembusi oleh air. Kontraktor harus mengajukan metode kerja untuk mendapatkan persetujuan Konsultan Pengawas/Manajemen Konstruksi. PASAL 2. Lingkup Pekerjaan Pekerjaan ini meliputi : Pasangan dinding Kapal.75) cm Simantok Lihat BQ Btg 1. PEKERJAAN DINDING KAPAL DAN LANTAI KERJA 2. (lantai kerja) 2. Paku yang digunakan paku tahan karat atau air asin.l.a. Laporan ini perlu dilampirkan pemintaan persetujuan tersebut. Papan Kayu Pesanan dengan Panjang dan ukuran sesuai dengan panjang Kapal yang didesain. Prosedur Pengerjaan Sebelum pekerjaan dimulai.

2.0 x 20 x 5. untuk selanjutnya dilakukan pengeringan dan pemasangan seng plat. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 13 14 Uraian Papan Lambung (2.Dokumen Lelang No.c. Spesifikasi Teknis SML – DKP .5" Paku seng Seng Alumenium 0.5 ". Sistematika Kerja. Sebelum dilkukan pekerjaan terlebih dahulu disiapkan barak kerja serta peralatan dan alat bantu lainnya.0x12.20133333 . 3. Dinding yang kan dipasang seng plat terlebih dahu dilaburi aspal atau blangkin sejenisnya untuk dapat menutupi pori-pori kayu yang retak atau sambungan kayu.00) cm Pintu Kamar Mesin Paku Putih 2". untuk menutupi hal tersebut dapat ditutupi dengan dempul serat terhadap rongga sambungan papan yang dimungkinkan akan terjadi kebocoran pada Kapal.d. Pelaksanaan Pekerjaan.0x20x8.4 mm Paku Sepatu Aspal/Blankin Tali Goni Damar Triplek 5mm Karpet 5mm Jenis Bahan Kruweng Kruweng Balam Volume Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Satuan Lbr Lbr Lbr Bh Kg Ktk Lbr Ktk Kg Kg Kg Lbr M Tempahan Lihat BQ Galvanis Galvanis Galvanis Galvanis Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Mika Orchid Lihat BQ Lihat BQ 2.00) cm Papan Rumah (2. 2. Pekerjaan dinding papan Kapal harus dihindari sekecil mungkin sambungan atau retak yang dapat merembes air kedalam Kapal.5x2.00) cm Papan Deck (2. Papan dirapikan atau diketam mesin atau manual dan dijemur hingga kering. Sebelum dilakukan pengecatan di lihat kembali terhadap kebocoran-kebocoran yang masih mungkin terjadi sehingga didalam pengecatan tidak perlu dilakukan pembongkaran ulang. 3 ".

Cat kayu yang dipaki adalah Cat kilat/minyak atau sejenisnya. Pekerjaan dempul. Pekerjaan pengecatan yang retak. PEKERJAAN PENGECATAN 71. skoor over steek atap dan seluruh permukaan kayu yang diexpose. Bahan-bahan yang diperlukan seperti dalam tabel berikut ini : hingga rapi dan halus setelah pekerjaan pengecatan No. Contoh bahan yang akan digunakan terlebih dahulu harus diajukan pemborong untuk disetujui oleh direksi/pengawas warna cat ditentukan kemudian. pecah-pecah serta masih tipis harus diulang dan diperbaiki atas biaya pemborong. dan penghalusan (diamplas) harus dilaksanakan dilaksanakan. Pekerjaan pengecatan besi yang harus dilaksanakan adalah. Contoh bahan yang akan digunakan terlebih dahulu harus diajukan pemborong untuk disetujui oleh direksi/pengawas warna ditentukan kemudian. seluruh kusenkusen. belng dan tidak rata harus diulangi dan diperbaiki. Untuk semua daun pintu panel dicat berulang sampai halus (sampai 3 kali jika perlu). Semua pekerjaan pengecatan yang tidak rata. belang. list kaca. Cat kayu yang dipakai adalah Cat yang sesuai warna atau cat yang khusus untuk tahan air asin sejenisnya. rangka daun pintu dan jendela. 1 2 3 4 Uraian Kertas Amplas Cat Merine Pont Tinner Minyak Tanah Jenis/Type disesuaikan Cat minyak Volume Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Satuan Lembar Kaleng Kg Ltr Spesifikasi Teknis SML – DKP . Sedangkan pekerjaan pengecatan kayu dan logam dilaksanakan minimal 3 kali dengan 2 kali cat menie dasar. list langit-langit. papan jalusi. menie. seluruh kusenkusen.Dokumen Lelang PASAL 3.20133333 . plamur. Pekerjaan Pengecatan Kayu dan Besi Pekerjaan pengecatan kayu yang harus dilaksanakan adalah.

5" Spesifikasi Teknis SML – DKP . Bahan-Bahan Mesin untuk boat penarik adalah sebagai berikut : No. Kapal terbuat dari kayu klas I dan sesuai dengan standar yang diizinkan oleh Direksi. 120 PSR Plen As Pompa Sirkulasi Selang Kanvas Tali Kipas 1. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Mesin Induk Uraian Jenis/Type 23 HP/2200rpm Kuningan / galvanis Stainless Steel Galvanis Galvanis Galvanis kuningan Karet Karet Karet Kuningan Kuningan Galvanis Volume Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Satuan Unit Unit Unit Unit Unit Unit Unit Unit M Unit M Unit Unit Gear box 06 ( 2. dalam hal ini lebar kipas 18 centi dan jarak as ke ujung kipas 27 cm.22 Pompa Keong 1.5 : 1 ) Cocer/Sarung As 1 1/4" As 1 1/4" x 2 m Pie + Mur Simpang Empat.Dokumen Lelang PASAL 5.dengan ketentuan antara lain : Kapal berkapasitas 4-5 ton muatan barang dan mempunyai ruang-ruang atau skat untuk bagasi ikan dan es pengawet ikan. 5. pemborong diwajibkan pula mengadakan Kapal lengkap dengan mesinnya.1 Selain persyaratan teknis yang tercamtum diatas. Kapal harus dicat dan rapi sesuai dengan standar dan diizinkan oleh Direksi. PEKERJAAN KAPAL 5.2 Mesin Kapal Mesin Kapal diharuskan berkapasitas 23 HP/2200 rpm Mesin Kapal teruji dan dalam keadaan baru saat dipasang. As sumbu putar kipas berdiameter 11/2”(satu setengah centi) Ukuran Kipas adalah 18 – 27 centi terbuat dari tembaga campuran. 38 Fanbelt Propeller 20 . Kapal harus rapi dan tidak bocor juga dilapisi lapisan aspal serta dilapisi dengan plat seng BJLS 04 dan BJLS 06 bagian sebagai bahan anti bocor.20133333 .

000 watt) Besi Galvanis Panther / Colt Plastik Wayer Besi Besi Besi Pipa kuningan / bubut Kuningan Galvanis Galvanis Galvanis Kuningan Bubut/galvanis Galvanis Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Unit Unit Set M Unit Unit Set Unit Set Unit Unit Unit Unit Unit Unit Unit Unit 5. mengamankan dan memperbaiki segala cacat yang timbul.3 Sesuai persyaratan pertama pekerjaan. pemborong wajib merawat. halaman harus ditata rapi dan semua barang yang tidak berguna harus disingkirkan dari yang akan dilepaskan dalam air.Dokumen Lelang 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Seksi Sambungan Knalpot Gagang Handel + Perlengkapan Tali Gas Leter U Elbo Kemudi +Daun Kemudi Sarung Kemudi Pipa Gagang Kemudi Plen Poli As Kiri Kanan Baut Kunus Baut Stainlies Spi Kuningan Lobang Spi Kiri Kanan Kelengkapan Baut Mesin Genset 10 KVA (10. pemborong wajib meneliti semua bagian pekerjaan yang belum sempurna dan harus diperbaiki.20133333 . Sedangkan untuk sumber listrik DC berasal berasal dari 4 (empat) buah batterai dengan kapasitas minimal 150 Ah. Umum INSTALASI LISTRIK Kebutuhan listrik pada speed di suplay oleh 2 buah sumber listrik AC dan DC.4 Selama masa pemeliharan. 5. PASAL 6. Spesifikasi Teknis SML – DKP . semua ruangan harus dibersihkan. sehingga sebelum penyerahan kedua dilaksanakan pekerjaan telah benar-benar sempurna. 1. Untuk sumber listrik AC berasal dari mesin bantu / marine Genset dengan kapasitas sesuai perhitungan.

8 Rating : continue Isolasi : Class F 3.Shore connection 2 kawat 220 VAC 4.V R (voltage regulator) .Volt meter . Peralatan/komponen listrik yang dipakai tersebut harus mudah dalam pengoperasian. Generator Set Tenaga listrik arus AC disediakan oleh 1 (satu) generator yang digerakkan oleh sebuah mesin diesel. harus dari jenis pemakaian dikapal laut (marine used).Dokumen Lelang Semua peralatan / komponen listrik yang dipasang. Instalasi diletakan dikamar mesin.Frequency meter . Instrumentasi pada panel AC meliputi : .20133333 . System tegangan yang ada pada kapal ini adalah 220 VAC 1PH 50 Hz dan 12 VDC. Kelas isolasi panel listrik ini adalah class F. self ventilated.Governor control switch . Lampu-Lampu Lampu Bagan Lampu penerangan bagan yang digunakan adalah jenis floucurrent (FL) dengan suplay Spesifikasi Teknis SML – DKP .Lampu indicator .Ampere meter . 1 PH 50 Hz 2 kawat Power factor : 0. pemeliharaan dan perbaikannya. menggunakan konstruksi aluminium dan dilapisi dengan cat (poader coated). Panel Listrik Speed boat dilengkapi dengan 2 (dua) buah panel. Spesifikasi generator listrik : Type : marine generator. yakni panel untuk arus AC dan panel untuk arus DC. feeder panel 220 V. serta suku cadangnya tersedia cukup dipasaran. self exciting. 2. brush less Voltage : 220 AC. Panel AC ini adalah jenis pasangan dinding (wall mounting). Panel AC ini terdiri dari panel generator. drip proof. constant voltage.

Lampu Navigasi Lampu-lampu navigasi dengan tegangan suplay 12 VDC.00 Bh suplay 12 VDC 2500 volt Single-cylinder.1 Bahan-Bahan untuk peralatan tangkap adalah seperti dalam tabel berikut : No. JARING DAN PELENGKAPAN ALAT TANGKAP 7.00 Bh Marine used Marine used 8.Dokumen Lelang tegangan 220 AC daya 45 watt per Lampu . mast head light.00 Glg 2. Lampu navigasi terdiri dari side light.00 Bh ST 10 PASAL 7. horizontal & 4 langkah 1 Lampu 45 watt + Accsesories 2 Kabel.00 Bh 1.00 Bh 8. stern light.00 Bh 1.00 Glg 2. Uraian Jenis/Type Volume Satuan 90. Lampu Sorot / Flood Light Lampu sorot harus dari spesifikasi halogen. uk 2 mm 4 Lampu Suar Warna merah 5 Lampu Projector Halogen 1000 6 Panel Listrik Tahanan 7 Mesin Diesel 8 Generator Set 10 KVA 4. dan Anchor light. Lampu tersebut dikontrol dengan saklar yang dipasang pada pondok bagan. Uraian Jenis/Type Nilon Nilon Nilon PPD PPD PPD PPD Volume Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Lihat BQ Satuan Kg Kg PC Kg Kg Kg Kg 1 Pukat Nilon 6 serat 1 inci mata 400 2 Jaring Pukat Nilon ½ inchi 3 Madang Karet 1 inchi 4 Tali nilon 8 mm 5 Tali Nilon 14 mm 6 Tali nilon 18 mm 7 Tali Nilon 24 mm Spesifikasi Teknis SML – DKP . Bahan-Bahan untuk Istalasi Listrik adalah seperti dalam tabel berikut : No. penempatan lampu di sesuaikan dengan letak jaring bagan dan keinginan dari kelompok penerima bagan. uk 2½ mm 3 Kabel.20133333 .

PASAL 8.2 Jaring Alat Penangkap Jaring adalah dari jenis benang nilon 6 serat 1 inci mata 400. Timah pemberat pada 4 sisi tali pengantung seberat 15 kg. Spesifikasi Teknis SML – DKP .Dokumen Lelang 8 Katrol 9 Timah pemberat 10 COOL BOX 200 liter Lihat BQ Timah Polyethelene / plastic Bh Kg Liter Lihat BQ Lihat BQ 7.20133333 . Kedalaman jaring adalah 14 meter Jaring kuat dan baru dan sebelum dipasang terlebih dahulu disakasikan oleh konsultan Dan Direksi. PENUTUP Segala sesuatu yang belum tercantum didalam rencana dan syarat-syarat pembangunan ini apabila dianggap perlu penambahan lebih lanjut akan disampaikan dalam rapat penjelasan pekerjaan dan dicantumkan dalam Berita Acara Rapat Penjelasan sebagai lampiran kontrak yang mengikat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful