P. 1
Bahan Solar Cell-TUN

Bahan Solar Cell-TUN

|Views: 14|Likes:
Published by Siti Mardhiyah
umum
umum

More info:

Published by: Siti Mardhiyah on May 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/20/2013

pdf

text

original

Lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) Tenaga Surya Lampu penerangan jalan (PJU) tenga matahari berbasis LED

menggunakan daya yang lebih sedikit. Lampu penerangan jalan (PJU) LED dengan panel surya / solar cell sebagai sumber listrik. PJU tenga matahari tidak membutuhkan kabel listrik. Sangat cocok untuk daerah yang jauh dari jangkauan listrik, instalasi kabel listrik menjadi tidak ekonomis, dan kemudahan instalasi. Beberapa pertimbangan penggunaan lampu jalan berbasis panel surya / solar cell dan LED: Daya tahan perangkat panel surya / solar cell dan lampu LED Tanpa jaringan kabel listrik, bersifat mandiri, menggunakan tenaga matahari Tidak merusak fasilitas dengan penggalian kabel Tanpa perawatan Instalasi sangat mudah Kemudahan pemindahan

Tags: Jenis Lampu Penerangan Jalan Tenaga Matahari dengan Panel Surya / Solar Cell.

com/index. lampu hemat energi dengan lifetime yang lama maka dipakailah teknologi LED untuk PJU.php/id/-lampu/lampu-led-jalan . kabut.panelsurya.Lampu penerangan jalan (PJU) tenaga matahari mempunyai ketinggian tiang yang berbeda-beda.000 jam dengan sumber daya DC. dan cahaya yang dibutuhkan (brightness). Dalam kondisi cuaca buruk maka warna kuning masih dapat tembus sampai ke retina mata kita. Jarak antar tiang tergantung ketinggian tiang. Terang tidaknya suatu penerangan biasanya diukur dalam satuan lumen yang merupakan satuan luminasi flux. Untuk aplikasi Penerangan Jalan Umum (PJU) biasanya diukur dalam lux per berapa meter ketinggian sumber cahaya ke alat ukur. Cool light atau identik dengan warna putih sepintas jauh lebih terang. hujan gerimis maupun hujan deras warna 'cool light' sangat tidak dianjurkan. Daya tahannya bisa s/d 50. Sedangkan bila perangkat penerangannya sudah terpasang maka kekuatan cahaya ( illuminasi rata-rata ) yang sampai ke obyek biasanya diukur dalam satuan lux atau lumen/m2. Untuk mengakomodasi penghematan energi untuk lampu penerangan jalan (PJU). tetapi untuk cuaca buruk seperti asap. mulai dari 5m s/d 14m. Jarak antar tiang juga bervariasi mulai dari 15m s/d 40m. Warna cahaya yang dipilih lampu penerangan jalan biasanya yang tergolong 'warm light' bukan 'cool light'. Contoh PJU yang mempunyai luminasi flux sebesar 6075 lumen mempunyai illuminasi rata-rata 15 lux / 10m. Dengan lamanya interval penggantian lampu berarti juga menghemat biaya operasional untuk ongkos jasa penggantian bola lampunya saja. bandingkan dengan lampu hemat energi AC buatan merk terkenal yang notabene cuma bisa bertahan beberapa ribu jam saja dengan pemakaian daya yang lebih besar. http://www. jenis lampu. Sedangkan 'warm light' yang identik dengan warna kuning dipilih karena masalah safety.

elektron-elektronnya akan tereksitasi dan menimbulkan aliran listrik.Dalam cahaya matahari terkandung energi dalam bentuk foton. Prinsip ini dikenal sebagai prinsip photoelectric. Silikon ini terdiri atas dua jenis lapisan sensitif: lapisan negatif (tipe-n) dan lapisan positif (tipe-p). yang terbuat dari kristal silikon dengan tingkat efisiensi antara 10 sampai 12%. Ketika foton ini mengenai permukaan sel surya. adalah jenis monokristalin. yaitu jenis yang terbaik dan yang terbanyak digunakan masyarakat saat ini. Jenis kedua adalah jenis polikristalin atau multi kristalin. Sel surya terbuat dari bahan yang mudah pecah dan berkarat jika terkena air. Panel ini memiliki tingkat efisiensi antara 12 sampai 14%. Sel surya dapat tereksitasi karena terbuat dari material semikonduktor yang mengandung unsur silikon. . Panel ini dikenal sebagai panel surya. Karena itu sel ini dibuat dalam bentuk panel-panel ukuran tertentu yang dilapisi plastic atau kaca bening yang kedap air. Ada beberapa jenis panel surya yang dijual dipasaran : Jenis pertama.

dan 5 kali untuk kondisi . Arus listrik yang dihasilkan adalah listrik dengan arus searah (DC) sebesar 3. yang berbentuk film tipis.5 A. yang konversinya terhadap Watthour (Wh) tergantung intensitas cahaya matahari yang mengenai permukaan panel. Daya sebanyak ini dapat digunakan untuk menyalakan 4 buah lampu 25 Watt selama 4 jam atau sebuah televisi hitam putih 40 Watt selama 10 jam. Efisiensinya sekitar 4-6%. Perhitungan Teknis : Daya yang dihasilkan oleh panel surya maksimum diukur dengan besaran Wattpeak (Wp). Panel surya jenis ini banyak dipakai di mainan anakanak.5V. jam dan kalkulator. Kita dapat mendesain rangkaian panel-panel surya. daya (Wh) yang dihasilkan perhari biasanya sekitar 3-5 kali daya panel maksimum (Wp).Jenis ketiga adalah silikon jenis amorphous. Selanjutnya daya yang dikeluarkan oleh panel surya adalah daya panel dikalikan lama penyinaran.4-0. Untuk memperoleh arus bolak balik (AC) diperlukan alat tambahan yang disebut inverter. secara seri atau paralel. Misalnya sebuah panel surya berkapasitas 50 Wp disinari matahari dengan intensitas maksimum selama 8 jam maka daya yang dihasilkan adalah 50 kali 8 Wh atau 400 Wh. untuk memperoleh output tegangan dan arus yang diinginkan. Besar tegangan yang dihasilkan adalah 0. Di Indonesia. Jenis keempat adalah panel surya yang terbuat dari GaAs (Gallium Arsenide) yang lebih efisien pada temperatur tinggi. 3 kali untuk cuaca mendung. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung digunakan atau disimpan lebih dahulu ke dalam baterei kering.

Di dalam silikon murni terdapat dua macam pembawa muatan listrik yang seimbang.blogspot. dan yang di sebelah kanan dinodai dengan impuriti bervalensi 5. Tegangan yang lebih tinggi diperoleh dengan merangkai panel-panel dengan arus keluaran yang sama secara seri. sama dengan sebuah dioda. Sehingga pada bagian kiri terbentuk silikon yang tidak murni lagi dan dinamakan silikon jenis P.id/solar-panel/prinsip-kerja-solar-cell. Panel-panel surya dapat disusun secara seri atau paralel. dan pada cuaca cerah adalah 5 kali 50 Wp atau 250 Wp. Misalnya untuk memperoleh keluaran sebesar 12 Volt dan arus 12 A. http://solarpanel. sedangkan yang sebelah kanan dinamakan silikon jenis N.com/p/dewasa-laki-laki. terdiri dari dua lapisan yang dinamakan PN juction. Misalnya untuk sebuah panel surya berdaya maksimum 50 Wp.co. PN junction itu diperoleh dengan jalan menodai sebatang bahan semikonduktor silikon murni ( valensinya 4 ) dengan impuriti yang bervalensi 3 pada bagian sebelah kiri. sedangkan yang negatip dinamakan elektron. daya yang dihasilkan pada cuaca mendung perhari adalah 3 kali 50 Wp atau 150 Wp. Rangkaian paralel digunakan pada panel panel dengan tegangan output yang sama untuk memperoleh penjumlahan arus keluaran. Pembawa muatan listrik yang positip dinamakan hole. http://panel-surya.html . Sementara kalau keempat panel tersebut dirangkai secara seri akan diperoleh keluaran tegangan sebesar 48 Volt dan arus 3 A.html Susunan sebuah solar cell. kita dapat merangkai 4 buah panel masing-masing dengan keluaran 12 Volt dan 3 A secara paralel.panas terik.

id/penerangan-lampu-pju-tenaga-surya . Bagi daerah yang telah terjangkau PLN mungkin tidak masalah dengan sarana ini. http://tenagasurya. baik secara perorangan maupun pengadaan. Prinsip kerja PJU tenaga surya ini sama dengan perangkat lain yang menggunakan sumber tenaga surya. dimana panas atau cahaya matahari akan di serap atau di tampung oleh solar cell yang kemudian solar panel tersebut merubah cahaya matahari ke listrik yang kemudian tersimpan di battery ( accu ).PJU tenaga surya – Seiring pesatnya kemajuan dan perkembangan daerah2 di Indonesia. karena segala macam rutinitas dan pemakai jalan raya pada malam hari dibantu dengan Penerangan Jalan Umum atau PJU dari PLN untuk kegiatan para pelaku kegiatan ekonomi. Dengan perkembangan era tehnologi yang baik dari waktu ke waktu kami sebagai distributor listrik tenaga surya memperkenalkan Lampu Penerangan Jalan Umum ( PJU ) dengan memakai tenaga surya. yang memadai. dan dari battery tersebut lampu PJU tenaga surya akan mendapatkan pasokan listrik untuk menerangi jalan. Gambar di atas adalah salah satu contoh lampu PJU tenaga surya yang telah terpasang dan siap di operasikan. Di sistem PJU tenaga surya kami. Dimana di sistem ini kita tidak membutuhkan lagi aliran dari listrik PLN. Dengan ditunjang dengan sarana2 umum yang lebih baik maka perekonomian di daerah2 Indonesia akan mengarah ke lebih baik lagi.co. memicu tumbuh terciptanya sarana dan prasarana insfrastuktur yang harus memadai untuk kegiatan perekonomian daerah yang berkesinambungan. bisa berjalan dengan otomatis yaitu waktu penyalaan lampu PJU bisa di setting dengan fitur TIMER yang ada di paket kelengkapan produk. Salah satu sara umum yang paling vital adalah jalan raya. team dari kami siap mitra bisnis dan kerja sama untuk lampu PJU tenaga surya. Namun kegiatan ekonomi suatu daerah bisa terhambat jika daerah tersebut jalannya belum di dukung dengan sarana lampu PJU ( Penerangan Jalan Umum ) yang baik. dimana jalan raya merupakan suatu media penghubung antar daerah satu ke daerah yang lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->