PENGENALAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DI DAERAH JOGJAKARTA DAN SEKITARNYA UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN DAN MOTIVASI SISWA

KELOMPOK DITA RAHMANIANTI NENG SRI NURWIDYAWATI RENI WIDIYA NUR AMELIA

KELAS:XI IPA 2

PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG BARAT DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMA NEGERI 1 BATUJAJAR

i

MOTTO

‘’Pahami Perbedaan Bangun Toleransi ,Kenali Budaya Ciptakan Peradaban ,Pelajari massa lalu menuju massa depan yang gemilang ‘’

S.PD Mengetahui .ii Lembar pengesahan PENGENALAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DI DAERAH JOGJAKARTA DAN SEKITARNYA UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN DAN MOTIVASI SISWA Makalah ini diajukan untuk memenuhi persyaratan Menyetujui Pebimbing I Pembimbing II ANTON CUCUN CANDRA G.

tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan khusus untuk memenuhi sistem kurikulum KTSP yang salah satunya adalah sebagai syarat mengikuti ujian nasional (UAN).Kepala Sekolah Ketua Pelaksana Drs.DEDDY HIDYAT . MM Drs.SUDIYONO iii KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat tuhan yang maha Esa. .yang telah melimpahkan taufiq dan hidayahnya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan tugas akhir kelompok studytour yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 februari 2013 berupa penyusunan laporan hasil penelitian lapangan.

Tulisan ini sangat sederhana dan masih banyak kekurangan.Bapak Cucun Candra Gumilar selaku pembimbing 2 5. Kenali Budaya Ciptakan Peradaban.kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada: 1.februari 2013 Penulis .Bapak Deddy Hidayat.Pelajari masa lalu menuju masa depan yang Gemilang’’.untuk itu penulis mohon maaf atas segala kekurangannya . Pada kesempatan ini.Ibu Rini Rahmawati selaku pembimbing 4 7.pengetahuan dan waktu untuk mengumpulkan dan mengolah data hasil penelitian..rekan-rekan kelompok yang telah mendukung terwujudnya makalah ini. Bandung . (Amin) Akhir kata ‘’Tiada gading yang tak retak .hal itu semata-mata disebabkan karena keterbatasan kemampuan.sesuatu tidak lepas dari cacat celahnya ‘’.disertai harapan semoga kiranya makalah ini ada guna dan manfaat.Ibu Rina Angraeni selaku pembimbing 3 6.Adapun laporan hasil penelitian ini mengambil judul ‘’ Pahami Perbedaan Bangun Toleransi.Ibu Sri Rosyantini.MM sebagai kepala sekolah SMAN 1 BATUJAJAR 2.semoga segala kebaikan menjadi satu amal soleh dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.Bapak Anton selaku pembimbing 1 4.selaku Wali Kelas XI IPA 2 3.

.....4 METODE DAN TEKNIK……………………………………………………….... 1........... 1..... 1..6 ANALISIS DAN PENGELOLAAN DATA…………………………………......…………………………………………..5 DATA YANG DIPEROLEH…………………………………………………...3 TEKNIK SURVEY…………………………………………………………….iv DAFTAR ISI KATA PENGANTAR………………………………………………………………….2 TUJUAN………………………………………………………………………… 1...3 MANFAAT……………………………………………………………………… 1.1 PELAKSANAAN……………………………………………………………….........7 KENDALA YANG DITEMUKAN…………………………………………… BAB III KESIMPULAN DAN SARAN…………………………………………….............. 1.. 1......... DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………… ........4 OBJEKSURVEY……………………………………………………………….......1 LATAR BELAKANG…………………………………………………………. 1...... DAFTAR ISI…………………………………………………………………………… BAB I PENDAHULUAN.. 1......... BAB II LAPORAN SURVEY…………….. 1..........2 TEMPAT PELAKSANAAN…………………………………………………… 1.

731 km dan 2/3 luas wilayahnya terdiri .504 buah.45 Bujur Barat – 141.memiliki panjang garis pantai kurang lebih dari 80.290 km.08 Lintang Utara – 11.dan diantara 94.15 Lintang Timur.849.Indonesia terletak diantara benua Asia-Australia serta Samudra Hindia-pasifik.dengan luar daratan pulau terpenting 1.LAMPIRAN-LAMPIRAN…………………………………………………………… v BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Negara kepulauan (Archipelagic) dengan 17.berada pada 6.05 Bujur Timur.

bila di lihat dari Candiborobudur puncak-puncak yang menjulang tinggi Nampak serupa dengan seseorang yang sedang tidur yang di gambarkan dengan lekukan gunung. Dari pernyataan di atas bahwa Candi borobudur merupakan suatu bangunan yang sangat di hormati dan di banggakan oleh nenek moyang jaman dahulu.Candi ini terletak di sebelah selatan 15km.di sebelah selatan terdapan pegunungan Menoreh.7 km2 wilayah perairan Teritorial dan 2.Bangunan ini merupakan akulturasi kebudayaan asli Indonesia dan Budha.Luar perairannya tiga kali dari luas daratan yaitu 2. B. Memperoleh informasi besarnya kepedulian masyarakat terhadap sejarah Candi Borobudur 2.Bentang wilayah Indonesia dari barat sampai timut sama dengan dari pantai barat inggris ke perbatasan Eropa dan Asia. Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kesejahteraan masyarakat daerah Jogjakarta dan sekitarnya untuk mendukung pendidikan yang lebih baik .keadaan iklim di wilayahnya masing-masing dsn umumnya pendidikan.7 juta persegi wilayah perairan Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.maka cerita rakyat berkembang bahwa yang sedang tidur terlentsng itu adalah GUNADHARMA yaitu menurut kepercayaan yang membuat candiborobudur keistimewaan bangunan yang berbentuk stupa ini adalah bahwa ding-dingnya berukiran pahatan yang menjadi dokumentasi Agama Budha bangunan Borobudur adalah tempat pemujaan nenek moyang Wangsa Seilendra.maka kami melaksanakan penelitian secara menyeluruh di sebuah wilayah yang amat sangat terkenal di Indonesia.kesenian. Kebudayaan Indonesia beranekaragam yang salah satunya menjadi keajaiban dunia yaitu Candiborobudur yang terletak di kecamatan Borobudur kabupaten Magelang Propinsi Jateng.candi Borobudur di kelilingi pegunungan.stupa yang di bangun di atas Udenberundak-undak. TUJUAN 1.dari laut.sampai-sampai candiborobudur menjadi suatu kelangkaan bangsa Indonesia maupun dunia tetapi pada saat ini banyak orang yang tidak mengetahui dari sejarah itu sendiri .Yogyakarta adalah salah satu wilayah yang memiliki andil besar dari wilayah di Indonesia baik kehidupan masyarakatnya.budaya. Dalam rangka perubahan iklim yang semakin maju nya peradaban manusia di dunia ini.

Dokumentasi yaitu teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari dan membaca dokumen-dokumen yang ada hubungannya dengan penelitian 3. Observasi yaitu proses pengamatan yang dilakukan langsung dengan menggunakan data tanpa alat lain 2 BAB II LAPORAN SURVEY A. D. METODE Metode yang digunakan yaitu deskritip sebagai berikut: 1. wawancara yaitu cara mengumpulkan data penelitian dengan cara bertanya langsung kepada responden (yang di wawancara) 2. Pelaksanaan .C. MANFAAT Mengetahui peninggalan –peninggalan pada zaman kebudayaan Budha dan mengetahui berbagai macan kepercayaan yang dianut oleh berbagai orang .

bara dalam kata sangsekerta yang berarti ‘’biara’’atau komplek candi.Magelang Jawa Tengah .Bangunannya terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar .jadi Borobudur adalah biara atau kompleks candi yang terletak di atas bukit.3 tingkat berbentuk melingkar dan paling atas adalah stupa induk. .Rupadhatu terletak di tingkat berbentuk bujur sangkar yang merupakan loronglorong .Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800-an oleh Dinasti Syailendra penganut ajaran Buddha.kelompok studytour yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 februari 2013 B. Stupa pada Candi Borobudur mempunyai makna sebagai berikut: a. Candi Borobudur berbentuk punden berundak. Rupadhatu adalah sama dengan’’ alam antara atau dunia rupa’’ dalam alam ini manusia telah meninggalkan segala urusan keduniawian dan meninggalkan hasrat ataupun kemauan.Tempat penghormatan terhadap Sang Buddha c.Kamadhatu terletak di bagian kaki.Lambang suci agama Buddha Candi Borobudur dibagi kedalam tiga bagian besar yaitu : Kamadhatu adalah sama dengan’’ alam bawah atau dunia hasrat ‘’.Candi Borobudur terletak di atas Bukit Menoreh . Sejarah Berdirinya Candi Borobudur terletak di desa Budur.kemauan dan hawa nafsu .dalam dunia ini manusia terikat pada hasrat bahkan dikuasai oleh hasrat .Budur berarti ‘’di atas’’. Candi Borobudur A. Borobudur berasal dari kata bara dan budur.Tempat penyimpanan benda-benda pribadi peninggalan Sang Buddha dan Biksu terkemuka b. Tempat Pelaksanaan 1.

B. Sebagai bukti ada tata susun yang dibongkar.Kelima Buddha tersebut adalah sebagai berikut: 3 a. Pada awalnya dibangun tata susun bertingkat. Stupa-stupa dibangun pada puncak undak-undak ini dengan satu stupa besar di tengahnya. Pada Candi Borobudur digambarkan bahwa Buddha adalah manusia yang dianggap sebagai pancaran Buddha yang sesungguhnya . * Tahap kedua Pondasi Borobudur diperlebar.Arupadhatu adalah sama dengan ‘’alam atas ‘’tempat berdiamnya para dewa.Amoghasiddhi untuk Utara d.Ratnasambhawa untuk Selatan. tetapi kemudian diubah. .Proses Pembuatan atau Perubahan * Tahap pertama Masa pembangunan Borobudur tidak diketahui pasti (diperkirakan antara 750 dan 850 M).Wairocana untuk Tengah b. ditambah dengan dua undak persegi dan satu undak lingkaran yang langsung diberikan stupa induk besar.Pancaran Buddha tersebut terdiri atas Dhyani Buddha (Buddha bersemedi) yang menduduki tempat kelima arah mata angin .Amitabha untuk Barat e. Sepertinya dirancang sebagai piramida berundak. * Tahap ketiga Undak atas lingkaran dengan stupa induk besar dibongkar dan dihilangkan dan diganti tiga undak lingkaran.Aksobhya untuk Timur c.Arupadhatu terletak pada tingkat atas termasuk stupa induk.

Yang ada ialah lorong-lorong panjang yang merupakan jalan sempit. Candi Borobudur di bangun mengunakan batu Adhesit sebanyak 55.* Tahap keempat Ada perubahan kecil seperti pembuatan relief perubahan tangga dan lengkung atas pintu. Candi Borobudur memiliki struktur dasar punden berundak. PATUNG Di dalam bangunan Budha terdapat patung – patung Budha berjumlah 504 buah diantaranya sebagai berikut: Patung Budha yang terdapat pada relung – relung : 432 Buah .Struktur Borobudur tidak memakai semen sama sekali. yang merupakan bentuk arsitektur asli dari masa prasejarah Indonesia.750 M3 sebagai selasar undaknya. Bentuk bangunan tanpa ruangan dan struktur bertingkat-tingkat ini diduga merupakan perkembangan dari bentuk punden berundak. tiga pelataran berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Lorong-lorong dibatasi dinding 4 mengelilingi candi tingkat demi tingkat. Di lorong-lorong inilah umat Buddha diperkirakan melakukan upacara berjalan kaki mengelilingi candi ke arah kanan.pada Candi Borobudur tidak ada ruangan di mana orang tak bisa masuk melainkan bisa naik ke atas saja. Selain itu tersebar di semua pelatarannya beberapa stupa. dengan enam pelataran berbentuk bujur sangkar.5 M Pada kaki yang asli di di tutup oleh batu Adhesit sebanyak 12. Timur Dan Barat ). Lebar bangunan Candi Borobudur 123 M Panjang bangunan Candi Borobudur 123 M Pada sudut yang membelok 113 M Dan tinggi bangunan Candi Borobudur 30. Borobudur tidak memiliki ruang-ruang pemujaan seperti candi-candi lain. melainkan sistem interlock yaitu seperti balok-balok Lego yang bisa menempel tanpa lem.000 M3 bangunan Candi Borobudur berbentuk limas yang berundak – undak dengan tangga naik pada ke – 4 sisinya ( Utara. Struktur Borobudur bila dilihat dari atas membentuk struktur Mandala. selatan.

Sedangkan pada teras – teras I. III berjumlah : 72 Buah Jumlah : 504 Buah susunan – susunan patung Budha pada Budha sebagai berikut: 1. Dhayana – Mudra. Teras Bundar I Terdapat : 32 Patung Budha 7. Dharma Cakra – Mudra. II. Langkah V Terdapat : 64 Patung Budha 6. Teras Bundar III Terdapat : 16 Patung Budha Jumlah : 504 Patung Budha Sekilas patung Budha itu tampak serupa semuanya namun sesunguhnya ada juga perbedaannya perbedaan yang sangat jelas dan juga yang membedakan satu sama lainya adalah dalam sikap tangannya yang di sebut Mudra dan merupakan ciri khas untuk setiap patung sikap tangan patung Budha di Candi Borobudur ada 6 macam hanya saja karena macam oleh karena macam mudra yang di miliki menghadap semua arah (Timur Selatan Barat dan Utara) pada bagian rupadhatu langkah V maupun pada bagian arupadhatu pada umumnya menggambarkan maksud yang sama maka jumlah mudra yang pokok ada 5 kelima mudra itu adalah Bhumispara – Mudra Wara – Mudra. Abhaya – Mudra. Teras Bundar II Terdapat : 24 Patung Budha 8. Langkah III Terdapat : 88 Patung Budha 4. Langkah I Teradapat : 104 Patung Budha 2. 5 Patung singa Pada Candi Borobudur selain patung Budha juga terdapat patung singa jumlah patung singa seharusnya tidak kurang dari 32 buah akan tetapi bila di hitung sekarang jumlahnya berkurang karena berbagai sebab satu satunya patung singa besar berada pada halaman sisi Barat yang juga menghadap ke barat seolah – olah sedang menjaga bangunan Candi Borobudur yang megah dan anggun. Langkah II Terdapat : 104 Patung Budha 3.Stupa Induk . STUPA . Langkah IV Terdapat : 22 Patung Budha 5.

artinya bahwa candi menghadap ke timur meskipun sisi-sisi lainnya serupa benar. Secara runtutan. stupa – stupa tersebut berada pada tingkat Arupadhatu Teras I terdapat 32 Stupa Teras II terdapat 24 Stupa Teras III terdapat 16 Stupa Jumlah 72 Stupa .Stupa kecil Stupa kecil berbentuk hampir sama dengan stupa yang lainya hanya saja perbedaannya yang menojol adalah ukurannya yang lebih kecil dari stupa yang lainya. Relief-relief ini dibaca sesuai arah jarum jam atau disebut mapradaksina dalam bahasa Jawa Kuna yang berasal dari bahasa Sansekerta daksina yang artinya ialah timur. antara lain relief-relief cerita jātaka.Pembacaan cerita-cerita relief ini senantiasa dimulai. seolah – olah menjadi hiasan bangunan Candi Borobudur keberadaanstupa ini menempati relung – relung pada langkah ke II saampai langkah ke V sedangkan pada langkah I berupa Keben dan sebagian berupa Stupa kecil jumlah stupa kecil ada 1472 Buah.Di Candi Borobudur jumlah stupa berlubang seluruhnya 72 Buah. terletak di atas Padmaganda dan juga trletak di garis Harmika. tetapi pada setiap pigura menggambarkan suatu cerita yang . Relief-relief ini bermacam-macam isi ceritanya. Deretan relief tersebut bukan merupakan cerita seri (serial).garis tengah Stupa induk + 9. maka cerita pada relief candi secara singkat bermakna sebagai berikut : KARMAWIBHANGGA Sesuai dengan makna simbolis pada kaki candi.90 M puncak yang tertinggi di sebut pinakel / Yasti Cikkara. RELIEF Di setiap tingkatan dipahat relief-relief pada dinding candi. . mulainya di sebelah kiri dan berakhir di sebelah kanan pintu gerbang itu.Berukuran lebih besar dari stupa – stupa lainya dan terletak di tengah – tengah paling atas yang merupakan mhkota dari seluruh monumen bangunan Candi Borobudur. dan berakhir pada pintu gerbang sisi timur di setiap tingkatnya.Stupa Berlubang / Terawang Yang dimaksud stupa berlubang atau terawang ialah Stupa yang terdapat pada teras I. 6 Maka secara nyata bahwa sebelah timur adalah tangga naik yang sesungguhnya (utama) dan menuju puncak candi. II. relief yang menghiasi dinding batur yang terselubung tersebut menggambarkan hukum karma. III di mana di dalamnya terdapat patung Budha.

melainkan orang lain dan ceritanya dihimpun dalam kitab Diwyawadana yang berarti perbuatan mulia kedewaan. yang berakhir dengan wejangan pertama. dan kitab Awadanasataka atau seratus cerita Awadana.mempunyai korelasi sebab akibat. Pada relief candi Borobudur jataka dan awadana. Ke-27 pigura tersebut menggambarkan kesibukan.mati (samsara) yang tidak pernah berakhir. yang secara simbolis dinyatakan sebagai Pemutaran Roda Dharma. Relief tersebut tidak saja memberi gambaran terhadap perbuatan tercela manusia disertai dengan hukuman yang akan diperolehnya. yang membedakan Sang Bodhisattwa dari makhluk lain manapun juga. Relief ini berderet dari tangga pada sisi sebelah selatan.hidup . pengumpulan jasa/perbuatan baik merupakan tahapan persiapan dalam usaha menuju ketingkat ke-Buddha-an.Sedangkan Awadana. Himpunan yang paling . Relief tersebut berjumlah 120 pigura. sebagai persiapan untuk menyambut hadirnya penjelmaan terakhir Sang Bodhisattwa selaku calon Buddha. setelah melampui deretan relief sebanyak 27 pigura yang dimulai dari tangga sisi timur. Sesungguhnya. JATAKA DAN AWADANA Jataka adalah cerita tentang Sang Buddha sebelum dilahirkan sebagai Pangeran Siddharta. pada dasarnya hampir sama dengan Jataka akan tetapi pelakunya bukan Sang 7 Bodhisattwa. dan oleh agama Buddha rantai tersebutlah yang akan diakhiri untuk menuju kesempurnaan LALITAWISTARA Merupakan penggambaran riwayat Sang Buddha dalam deretan relief-relief (tetapi bukan merupakan riwayat yang lengkap ) yang dimulai dari turunnya Sang Buddha dari sorga Tusita. Isinya merupakan pokok penonjolan perbuatan baik. ajaran Sang Buddha di sebut dharma yang juga berarti "hukum". dan berakhir dengan wejangan pertama di Taman Rusa dekat kota Banaras. Relief tersebut menggambarkan lahirnya Sang Buddha di arcapada ini sebagai Pangeran Siddhartha. diperlakukan sama. Secara keseluruhan merupakan penggambaran kehidupan manusia dalam lingkaran lahir . baik di sorga maupun di dunia. sedangkan dharma dilambangkan sebagai roda. tetapi juga perbuatan baik manusia dan pahala. artinya keduanya terdapat dalam deretan yang sama tanpa dibedakan. putra Raja Suddhodana dan Permaisuri Maya dari Negeri Kapilawastu.

Arca Buddha pada pagar langkan kelima dan arca buddha di dalam 72 stupa berterawang di pelataran atas menampilkan mudra: 8 Tengah atau Pusat. Jumlah total terdapat 432 arca Buddha di tingkat Rupadhatu.Patung buddha dalam relung-relung di tingkat Rupadhatu. pelataran kedua 24 stupa. Secara sepintas semua arca buddha ini terlihat serupa. lebih dari 300 telah rusak (kebanyakan tanpa kepala) dan 43 hilang (sejak penemuan monumen ini. kesemuanya berdasarkan lima arah utama kompas menurut ajaran Mahayana. dan Barat. . masingmasing dengan makna simbolisnya tersendiri. dimana masing-masing arca buddha yang menghadap arah tersebut menampilkan mudra yang khas. Timur. Barisan pagar langkan pertama terdiri dari 104 relung. akan tetapi terdapat perbedaan halus diantaranya. Timur. Terdapat lima golongan mudra: Utara. yaitu pada mudra atau posisi sikap tangan. Selatan. arca Buddha diletakkan di dalam stupa-stupa berterawang (berlubang). baris kedua 104 relung.adalah cerita Sudhana yang berkelana tanpa mengenal lelah dalam usahanya mencari Pengetahuan Tertinggi tentang Kebenaran Sejati oleh Sudhana. dan Tengah. Jumlahnya semakin berkurang pada sisi atasnya.terkenal dari kehidupan Sang Bodhisattwa adalah Jatakamala atau untaian cerita Jataka. Barat.Pada bagian Arupadhatu (tiga pelataran melingkar). dan untuk bagian penutupnya berdasarkan cerita kitab lainnya yaitu Bhadracari. Masing-masing mudra melambangkan lima Dhyani Buddha. baris keempat 72 relung. ARCA BUDDHA Selain wujud buddha dalam kosmologi buddhis yang terukir di dinding. baris ketiga 88 relung . karya penyair Aryasura dan jang hidup dalam abad ke-4 Masehi. dan pelataran ketiga terdapat 16 stupa. Pada pelataran melingkar pertama terdapat 32 stupa. kepala buddha sering dicuri sebagai barang koleksi. GANDAWYUHA Merupakan deretan relief menghiasi dinding lorong ke-2. semuanya total 72 stupa. Selatan. kebanyakan oleh museum luar negeri). diatur berdasarkan barisan di sisi luar pagar langkan.Dari jumlah asli sebanyak 504 arca Buddha. dan baris kelima 64 relung. di Borobudur terdapat banyak arca buddha duduk bersila dalam posisi lotus serta menampilkan mudra atau sikap tangan simbolis tertentu. Penggambarannya dalam 460 pigura didasarkan pada kitab suci Buddha Mahayana yang berjudul Gandawyuha. Keempat pagar langkan memiliki empat mudra: Utara.

maksudnya antara lain agar lebih terjaga dari kemungkinan gangguan perusakan. dan sebagainya) tingkat kunjungan wisatawan sangat tinggi. Taman wisata berfungsi sebagai pengaman atas keberadaan candi Borobudur itu sendiri. Kraton Jogja A.Sejarah Pada tahun 1955. mengingat pada musim-musim tertentu (misalnya pada hari-hari libur. Pesanggrahan Ayodya selanjutnya dibangun menjadi Kraton Kasultanan Yogyakarta . baik akibat tangan-tangan manusia maupun faktor alam. Sedangkan luasnya lahan dimaksudkan sebagai penyebar arus pengunjung. 2. atau menurut istilah sekarang disebut pusaka milik negara. tempat dimana Kraton . dibangun pada awal dekade 80-an baru beberapa bulan diangkat sebagai Kepala Unit TWCB. Dalam.yang menjadi fokus adalah pemeliharaan yang menyangkut kebersihan dan keindahan taman.Pengelolaan Candi Borobudur merupakan warisan leluhur. bahkan juga milik dunia yang sangat penting artinya bagi pembelajaran budaya leluhur dan sejarah kepurbakalaan.Lebih dari 200 tahun yang lalu. sehingga kehadiran taman sebagai pendukung candi ini memang sangat diperlukan.C. Dibangunnya Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) yang luasnya mencapai 85 hektar. candi Borobudur sendiri berada di bawah Kementerian Negara Kebudayaan dan Pariwisata. merupakan bagian penting dari upaya pelestarian tersebut. sekaligus untuk menambah keindahan dan kenyamanan sebagai obyek wisata. lebaran. kita semua wajib melestarikan candi Borobudur dengan segala upaya apa pun yang mungkin dilakukan. dibantu para staf atau karyawan yang berjumlah kurang-lebih 400 orang yang mayoritas laki-laki. perjanjian Giyanti membagi dua kerajaan Mataram menjadi Ksunanan Surakarta dibawah pemerintah Sunan Pakubuwono III dan Kasultanan Ngayogyakarta dibawah pemerintah Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengkubuwono I. TWCB yang merupakan bagian integral di bawah manajemen Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratuboko.

Ini tergantung dari arsitektur. Merah ialah simbol keberanian. Warna naga merah.Disebelah luar dari pintu gerbang itu. Pertama. Kraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1256 atau tahun Jawa 1682. naga=8. dijaga oleh 2 (dua) patung dwarapala yang diberi nama Cingkarabala dan Balaupata. Dibaca dari arah belakang 1682. rasa=6. wani=1 jadi 1682. yang melambangkan kepribadian baik manusia. Di tempat ini juga terdapat keputren atau tempat tinggal putri-putri Sultan yang belum menikah. warna naga hijau.tama. Dalam bahasa Jawa: "Dwi naga rasa wani". kami akan menjelaskan mengenai fungsi Keraton pada masa lalu. artinya: Dwi=2. . antara 9 gunung merapi dan laut selatan. tetapi dekorasinya tak sama. yang kemudian dibangun menjadi pesanggrahan yang bernama Ayodya. berupa dua ekor naga berlilitan satu sama lainnya.Yogyakarta sekarang berada merupakan daerah rawa yang dikenal dengan nama Umbul Pachetokan. rasa=6.Tahunnya sama. dapat dilihat tempat tinggal Sri Sultan yang biasa digunakan untuk menerima tamu kehormatan dan menyelenggarakan pesta. B. Di dalam balairung kraton. yang selalu menggunakan suara hatinya agar selalu berbuat baik dan melarang perbuatan yang jahat. dapat disaksikan adegan pisowanan (persidangan agung) dimana Sri Sultan duduk di singgasana dihadap para pemangku jabatan istana. Regol Donopratomo yang menghubungkan halaman Sri Manganti dengan halaman inti kraton. tunggal=I. Di dalam halaman inti kraton. Dalam bahasa jawa : "Dwi naga rasa tunggal" Artinya: Dwi=2. Kraton Yogyakarta menghadap ke arah utara. Mestinya mereka pada waktu itu sedang marah dan berani. pada arah poros Utara selatan. Di halaman Kemegangan ini dahulu diadakan ujian-ujian beladiri memakai tombak antar calon prajurit-prajurit kraton. Hijau ialah symbol dari pengharapan. tujuan dan sudut yang dihiasinya. diperingati dengan sebuah condrosengkolo memet di pintu gerbang Kemagangan dan di pintu Gading Mlati. Pada masa lalu keraton berfungsi sebagai tempat tinggal para raja.Fungsi Fungsi Keraton dibagi menjadi dua yaitu fungsi Keraton pada masa lalu dan fungsi Keraton pada masa kini. naga=8. di atas tebing tembok kanan-kiri ada hiasan juga terdiri dari dua (2) ekor naga bersiap-siap untuk mempertahankan diri.

Sekolah mereka dipisahkan dari sekolah rakyat karena memang sudah merupakan aturan pada Keraton bahwa putra. Setiap arca ini memiliki arti yang berlawanan. mendalang. Selain sebagai tempat untuk berwisata.” Maka dapat kita telaah bahwa kedudukan/ fungsi Keraton Yogya dan Negara Ngayogyakarta Hadiningrat adalah terlibat langsung di bawah naungan Republik Indonesia dimana Sri Sultan sebagai . Kedudukan / Fungsi dalam Pemerintahan Sesuai dengan pernyataan dukungan Sri Sultan Hamengkubuwono IX terhadap Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agusutus 1945 dengan pernyataan nomor 1 yang berbunyi “ bahwa negeri Ngayogyakarta Hadiningrat yang bersifat kerajaan adalah daerah istimewa dari Negara Republik Indonesia” dan nomor 3 yang berbunyi “Bahwa hubungan antara negeri Ngayoygyakarta Hadiningrat dengan pemerintah pusat Negara Republik Indonesia bersifat langsung dan kami bertanggung jawab atas negeri kami langsung kepada Presiden Republik Indonesia. terdapat komplek kesatriaan yang digunakan sebagai sekolah putra-putra sultan. Arca yang berada di sebelah kanan disebut Cingkorobolo yang melambangkan kebaikan. tidak terlupakan pula fungsi Keraton yang bertahan dari dulu sampai sekarang yaitu sebagai tempat tinggal sultan. fungsi Keraton pada masa kini adalah sebagai tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh siapapun baik turis domestik maupun mancanegara. C. Selain itu kami juga mendapatkan sedikit informasi tentang Sultan Hamengku Buwono IX. selain itu di bagian selatan dari Keraton ini.Pada saat kita akan memasuki 10 halaman kedua dari Keraton. sementara itu arca yang terletak di sebelah kiri disebut Boloupotu yang melambangkan kejahatan. Sultan ini memiliki suatu semboyan yang terkenal yaitu. “ Tahta untuk rakyat”. Sultan ke IX dari Keraton Yogyakarta ini lahir pada tanggal 12 April 1940 dan wafat dalam usianya yang ke 48 yaitu pada tanggal 3 Oktober 1988. Ia memiliki berbagai macam hobi.Keraton didirikan pada tahun 1756.putra sultan tidak diperbolehkan bersekolah di sekolah yang sama dengan rakyat. memainkan wayang. terdapat gerbang dimana di depannya terdapat dua buah arca. Sementara itu. diantaranya adalah menari. dan yang terakhir memotret.

para wisatawan tidak akan khawatir untuk menikmati pula hari-hari liburannya di jogja hinggga larut malam sekalipun .raja kedudukannya setara dengan Gubernur dan wilayah negeri Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.becak sepedah.dan delman.kedai suvenir kaki lima.Ada pepatah bila ke Jogja tidak berkunjung ke Malioboro berarti kurang afdol .dengan jajaran toko yang memadatinya . Kawasan wisata belanja Malioboro merupakan pusat keramain di tengah kota jogja sepanjang dua kilometer .salah satu tempat wisata favorit yang dikunjungi oleh para turis domestic maupun mancanegara .atau tidak sempurna perjalanannya ke jogja.kawasan ini selalu padat oleh berbagai kendaraan .Makanan yang disediakan dan tawarkan dari jenis makanan . 11 3. Malioboro Malioboro .dapat dinikmatin hidangan-hidangan diwarung lesehan di sepanjang jalan Malioboro .

khas jogja yaitu nasi gudeg dan ayam goreng dan juga masakan padang.kita dapat dengan mudah menemukan ‘’andong’’.jadi kita tidak perlu khawatir untuk tempat peristirahatan sementara bagi para wisatawan. Museum Dirgantara TNI AU Tonggak dasar dalam mendirikan museum di lingkungan TNI AU adalah dengan dikeluarnya Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Udara Nomor : 491 Tanggal 6 Agustus 1960 tentang Dokumentasi.tempat warga jogja mencari kebutuhan pangan dan juga bahan batik dengan harga yang amat murah sepanjang hari. Sebenarnya Malioboro adalah jalan yang menghubungkan Monumen Tugu kepada kerajaan sultan. Ada suatu tempat lagi di Malioboro yang akan membuat para wisatawan terkagum-kagum .dengan dikelilingin taman yang asri dan tak jarang di adakan suatu acara seni di sekitar pelataran parker Benteng Vredeburg .dan di dekat Malioboro ini juga terdapat pabrik batik dan pabrik-pabrik yang lainnya.Malioboro di kenal sebagai bagian kota yang ramai karena kebanyakan kegitan ekonomi di sepanjang jalan dimana instansi pemerintahan provinsi berada.ialah Benteng Vredeburg yang dibangun pada jaman penjajahan Belanda yang kini telah di renovasi dan Benteng ini terdapat di ujung jalan Malioboro .di siang hari Malioboro penuh dengan kegiatan perbisnisan. Sejarah dan Museum Angkatan Udara Republik . Benteng Vredeburg juga merupakan salah satu alternative para wisatawan untuk berkunjung . Dari ujung jalan kawasan Malioboro terdapat Pasar Beringinharjo.chines food dan lain-lain sebagainnya. 12 4. Di kawasan Malioboro terdapat suatu mall terbesar di kota jogja yaitu Mall Malioboro di sekitar Malioboro juga terdapat berbagai macam hotel dan tempat penginapan .becak untuk berkeliling Malioboro.bagi masyarakat yang tinggal di jogja .Benteng ini j ga menyimpan banyak sejarah dari perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda .

serta Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Perkasau/21/IV/2012 tanggal 8 April 2012 tentang Pengalihan Pembinaan Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) dari Diswatpersau ke Dispenau. Kepala Staf TNI Angkatan Udara mengeluarkan keputusan No. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang berlokasi di Pangkalan Udara Adisutjipto. Museum ini dapat dijangkau dengan sarana 13 . sesuai Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/21/III/2012 tanggal 30 Maret 2011 tentang Alih Kodal Museum Pusat Dirgantara dari Diswatpersau ke Dispenau dan Instruksi Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Ins/2/IV/2012 tanggal 8 April 2012 tentang Pelaksanaan Pengalihan Pembinaan Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) dari Diswatpersau ke Dispenau. diintegrasikan dengan Museum Pendidikan/Museum Karbol menjadi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala dengan memanfaatkan bekas gedung Link Trainer yang berada di kawasan kesatrian AKABRI Bagian Udara. tidak jauh dari jalan raya rute bus Yogyakarta Solo dengan cek point SD Angkasa. Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau). Pada tanggal 4 April 1969 diresmikan berdirinya Museum Pusat Angkatan Udara Republik Indonesia oleh Menteri Panglima Angkatan Udara Laksamana Udara Roesmin Nurjadin yang berlokasi di kawasan Markas Komando Wilayah Udara V (Makowilu) Jalan Tanah Abang Bukit Jakarta Pusat Atas dasar pertimbangan tersebut. yang kemudian ditindak lanjuti dengan Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Perkasau/167/XII/2012 tanggal 28 Desember 2012 tentang Pokok-pokok Organisasi dan Prosedur Dispenau. Kep/11/IV/1978 tanggal 17 April 1978 yang menetapkan bahwa Museum Pusat AURI yang semula berkedudukan di Jakarta dipindahkan ke Yogyakarta. Koleksi-koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala terus berkembang terutama alutsista udara berupa pesawat terbang. namun realisasi bentuk museum belum berwujud secara nyata sehingga para pemimpin TNI AU memandang perlu adanya usaha untuk memajukan keberadaan museum dengan cara melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan. Jarak dari pusat kota kurang lebih 6 kilometer ke arah timur. Museum terletak di ujung Kabupaten Bantul perbatasan dengan Kabupaten Sleman dan tepatnya berada dikomplek Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto Yogyakarta. sejak tahun 2011 berada di bawah pembinaan Sub Dinas Sejarah (Subdisjarah).Indonesia.

serta SKSD Palapa . Ruang Alutsista. memuat koleksi lambang TNI-AU beserta jajarannya. yang menggambarkan sejarah perjuangan dan perkembangan TNIAU mulai dari Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1945. • • • Koleksi yang telah terkumpul digelar dan dipamerkan di dalam museum. peluru kendali dan roket. Kodikau. Dari Bandara Adisutjipto menuju museum kurang lebih 3 km. dapat menggunakan bus jurusan Solo atau bus kota jalur 7 menuju museum dengan cek point SD Angkasa. Ruang Kotama dan Ruang Kasau. dapat menggunakan taksi atau kendaraan umum/bus-colt menuju ke Yogya. di ruangan ini memuat Berbagai seragam yang pernah digunakan TNI AU sejak tahun 1945 hingga saat ini.menampilkan perkembangan dan berbagai kegiatan TNI AU. serta tanda-tanda kehormatan militer. Ruang Seragam TNI AU. AAU. Para Pahlawan Nasional dari TNI. Ruang Kronologi. Dalam rangka melengkapi fasilitas museum sebagai sarana penunjang serta untuk lebih meningkatkan penanaman minat dirgantara pada generasi penerus. Kohanudnas dan perkembangan Sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara serta barang-barang dan benda yang pernah dipakai oleh Para Mantan Kasau. dengan cek point SD Angkasa. Koharmatau. Korpaskhasau.AU. Koopsau. Seskoau. Pesawat Starlite serta koleksi buku-buku terbitan TNI-AU. diantaranya. menggunakan bus kota ke terminal bus dan dilanjutkan menuju museum dengan cek point SD Angkasa seperti tersebut pada butir 2. Mini Theater bertujuan untuk menampilkan tayangan sejarah secara lebih menghibur. Ruang Diorama . Dari terminal bus Yogyakarta. memuat koleksi alat utama system senjata udara yang pernah digunakan oleh TNI-AU dari tahun 1945 hingga tahun 1970-an berupa pesawat.transportasi sebagai berikut : • Kendaraan pribadi dapat langsung ke lokasi museum dengan pintu masuk tepat di sebelah SD Angkasa Lanud Adisutjipto di tepi jalan raya rute Yogya-Solo. Dari stasiun Tugu Yogyakarta. Ruang Minat Dirgantara. memuat koleksi dan benda-benda yang berkaitan denagan Kotama di ajaran TNI-AU. foto Kepala Staf TNI AU dan para tokoh penerima Bintang Swa Bhuwana Paksa. dibangun Mini Teater yang telah diresmikan oleh Kepala Staf Anagkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat S. masing-masing ruangan memiliki nama sebagai berikut : • Ruang Utama. radar. • • • • • • • . memuat tentang lambang-lambang skadron udara dan jenis pesawat pendukungnya. Mini theater merupakan salah satu fasilitas teknologi informasi dan multi media untuk memberikan informasi kepada para pengunjung melalui pemutaran film tentang berbagai hal terkait kedirgantaraan. IP pada tanggal 27 Januari 2011.

. informatif. sehingga diharapkan dapat mendorong animo masyarakat mengunjungi museum. sarana ibadah. toko souvenir.• • mendidik. dan kantin. Museum yang di buka setiap hari mulai pukul 08.00 tersebut memiliki berbagai pasilitas penunjang lain seperti tempat parkir yang luas dan nyaman.30 s/d 15.

5. alat-alat pengolah tebu menjadi gula pasir. Jogonalan. alat-alat perawatan tanaman tebu. Klaten. dan sebagainya.Museum ini menempati salah satu bangunan bekas tempat tinggal yang berada di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru. Jawa Timur 22Agustus1986. Waryatmo). Koleksi yang dimiliki terdiri dari peralatan untuk menanam tebu sampai dengan peralatan pengolahan tebu menjadi gula pasir seperti: peralatan tanam tebu tradisional. macam-macam bibit dan penyakit tanaman tebu. alat-alat administrasi pada pabrik gula. Museum ini diresmikan pada tanggal 11 September 1982 oleh Bapak Soepardjo Roestam untuk menyambut diadakannya Kongres International Society of Sugar Cane Technologists (ISSCT) XIX yang anggotanya terdiri dari para ahli gula sedunia di Pasuruan. Museum . sarana pengangkut tebu. miniatur pabrik gula. Museum Gula Museum Gula didirikan atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah pada waktu itu (Bapak Soepardjo Roestam) dan segera ditindaklanjuti oleh Direktur Utama PTP XV-XVI pada waktu itu (Bapak Ir.

C. karena dapat meningkatkan wawasan yang lebih luas tentang pendidikan dan kebudayaan yang ada di luar lingkungan sekitarnya. BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Semua pemberian materi dan penjelasannya tentang Study Tour tahun 2013 kali ini telah kami uraikan. Teknik Survey Teknik survey yang di lakukan adalah dengan mendatangi langsung tempat pelaksaan study tour dimana disebagian di pandu langsung oleh seorang Guide sehingga mempermudah survey. Sumatera Selatan. Dapat pula kami peroleh keimpulan diantaranya : 1. sejak dari masa penanaman hingga pembuatan gula. Kendala Yang Ditemukan Kendala yang kamihadapi selama Pelaksanaan kegiatan adalah terbatasnya waktu yang tersedia di tiap-tiap tempat pelaksanaan dan terpisahnya anggota-anggota kelompok sehinggga mengakibatkan sulitnya terkoordinir tiap-tiap anggota. E.Di ruang berikutnya. ruang pertemuan. Analisis Dan Pengelolaan Data G.ini juga dilengkapi dengan perpustakaan. . Kabupaten OKU. D. F. Masih di ruang yang sama. dipajang koleksi yang berhubungan dengan proses produksi gula. Pengenalan sejak dini pada siswa dan siswi tentang pendidikan dan kebudayaan sangat baik. Data yang diperoleh Data yang kami kumpulkan dari objek survey dalam Study Tour kali ini berupa hasil observasi dan dokumentasi seperti foto serta beberapa sumber referensi. kita dapat menyaksikan maket pabrik gula Baturaja. dan cafe keciluntukbersantai. mushola. Objek Survey Objek survey yang kami dapatkan berasal dari tempat pelaksanaan yang di kunjungi saat study tour berlangsung.

B.2. Saran Pengenalan pendidikan dan kebudayaan dapat meningkatkan motivasi siswa dan siswi agar menjadi lebih baik dari segi apapun. Kami sangat menerima akan saran yang membangun bagi pengalaman kami dalam membuat krya tulis sperti dalam makalahi ini yang kami sadari terdapat banyak kesalahan. .

id Adisukarjo.2004. HorisonPengetahuan Sisial.google.Daftar Pustaka http://www. Sudjatmoko.co.Jakarta: Yudhistira .

Lampiran-Lampiran Catatan:Lengkapi dengan dokumentasi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful