P. 1
Analisis Kinerja Produk Yamaha Mio- BAB I

Analisis Kinerja Produk Yamaha Mio- BAB I

5.0

|Views: 3,087|Likes:
Published by text
Pembahasan, Landasan teori dan Kerangka Pemikiran..
Pembahasan, Landasan teori dan Kerangka Pemikiran..

More info:

Published by: text on Apr 17, 2009
Copyright:Public Domain

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2012

pdf

text

original

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kemajuan tekhnologi dan informasi yang semakin berkembang membuat perusahaan-perusahaan berusaha meningkatkan kualitas produknya menjadi lebih baik. Semua ini dilakukan agar perusahaan lebih kompetitif dari perusahaan lainnya. Pada saat ini perusahaan harus lebih fleksibel di zaman yang selalu berubah, ini akan menjadi suatu dorongan bagi perusahaan untuk selalu meningkatkan produk yang dihasilkannya baik dari segi kualitas maupun ragam produknya. Upaya yang harus dilakukan perusahaan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen serta
1

mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan adalah dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat dan terarah, seperti meningkatkan atribut produk, kebijakan harga dan memilih saluran distribusi yang tepat untuk menghadapi persaingan yang ketat pada saat ini.

Peter drucker seperti dikutip oleh Philip kotler dalam buku “Manajemen Pemasaran” : mendefinisikan pemasaran (2005:10) mengatakan bahwa “Tujuan pemasaran adalah membuat penjualan tidak terlalu penting lagi”. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri. Idealnya, pemasaran harus menghasilkan pelanggan yang siap membeli. Dalam kata lain, penjualan bukanlah target utama perusahaan adalah untuk mengetahui produk apa yang diperlukan oleh pasar saat ini, dan menemukan konsumen yang membutuhkannya.

Usaha yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus memenangkan persaingan, perusahaan harus mempersiapakan srategi pemasaran yang tepat untuk produknya. Produk yang ditawarkan ke pasar harus mendapatkan perhatiaan untuk dibeli, digunakan, atau dikonsumsi agar memenuhi keinginan dan kebutuhan. Konsumen akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dan mencari manfaat tertentu dari suatu produk, konsumen akan mempertimbamgkan produk mana yang akan dipilih untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan manfaat yang di perlukan.
2

Dalam memilih produk, konsumen tentu saja akan di pengaruhi oleh atribut dari produk. Atribut produk merupakan segala sesuatu yang melekat dan menyertai produk tersebut , seperti merek ,desain, warna, kualitas dan sebagainya. Atribut merupakan salah satu unsur penting yang dapat mendorong konsumen untuk membeli produk, semakin baik atribut produk maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli suatu produk tersebut.

Yamaha adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang sektor produksi otomotif yang memproduksi kendaraan roda dua. Yamaha juga tidak terlepas akan persaingan yang semakin tajam khususnya dalam industri otomotif karena banyak nya perusahaan-paerusahaan yang menghasilkan produk yang sejenis. Oleh karena itu dalam melaksanakan aktifitas penjualannya perusahaan harus dapat merancang srategi pemasaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam meningkatkan pembelian konsumen terhadap produk tersebut.

Atribut produk yang di tawarkan oleh perusahaan-perusahaan pesaing Yamaha tidak kalah hebatnya, seperti halnya Honda sudah mempunyai merek yang bagus di benak konsumen dan terkenal dengan iritnya, Suzuki terkenal dengan kecepatan motor bebek sekelasnya, Kawasaki yang mempunyai keunggulan dari desain motornya, Yamaha mio merupakan motor matic yang dirancang dengan berbahan bakar irit, serta kelebihan pada kecepatan, akselerasi dan handling. Di samping itu

3

kelebihan lainnya adalah pada harga, desain, warna, merek, nilai jual, dan fasilitas yang di berikan oleh dealer.

Berbagai macam atribut produk yang di tawarkan oleh perusahaanperusahaan, terutama Yamaha. Konsumen di hadapkan dengan pilihan-pilihan yang sulit mengetahui atribut produk motor bebek, karena atribut produk yang baik serta dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dapat menunjang perusahaan untuk tetap bertahan dalam persaingan seketat apapun. Berdasarkan uraian tersebut
diatas akan pentingnya merek bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan maka penulis tertarik untuk memilih jadul: ”Analisis Kinerja Produk Yamaha Mio”.

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka penulis mencoba untuk mengidentifikasi masalah yang akan dibahas, sebagai berikut:

1. Apa saja kelengkapan atribut produk motor mio yang di tawarkan oleh

Yamaha?
2. Bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk motor mio? 3. Seberapa besar pengaruh atribut motor mio terhadap minat beli konsumen?

1.3 Pembatasan Masalah

4

Ruang lingkup penelitian ini perlu dibatasi agar penulis dapat lebih terarah dan mudah dipahami sesuai dengan tujuan penelitian, maka penulis hanya membatasi penelitian pada analisis kinerja produk sepeda motor mio. 1. Strategi apakah yang telah di lakukan kinerja produk motor mio dalam mengembangkan produknya? 2. Apakah pengembangan produk yang dilakukan oleh kinerja produk motor mio dapat meningkatkan volume penjualan? 3. Sejauh manakah korelasi antara pengembangan produk dan peningkatan volume penjualan pada motor mio?

1.4 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka perumusan masalahnya adalah:
a. Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja sepeda motor

YAMAHA MIO?

1.5 Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui kelengkapan atribut produk dari motor mio.
5

2. Untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap atribut produk motor mio 3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk motor mio terhadap minat beli konsumen.

1.6 Manfaat Penelitian

Dengan adanya penelitian ini penulis mengharapkan hasil dari ini dapat memberikan manfaat bagi: 1. Bagi perusahaan Dengan adanya penelitian ini penulis diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan masukan yang bermanfaat bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan mengenai atribut produk di masa yang akan datang.

2. Bagi penulis Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan si penulis mengenai manejemen pemasaran khususnys mengenai atribut produk serta dampak terhadap pembelian konsumen yang telah di dapat penulis pada masa perkulihaan, sehingga penulis dapat membandingkan teori-teori tersebut dengan penerapan yang sebenarnya di lingkungan dunia usaha yang nyata.

6

3. Bagi pembaca Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan manfaat serta khasanah ilmu pengetahuan yang lebih luas dan dapat juga dijadikan sebagai bahan penelitian lebih lanjut.

1.7 Sistematika Penulisan Untuk memperoleh gambaran yang sistematis dari keseluruhan isi dan pembahasan skripsi ini, penulis membagi skripsi ini menjadi lima bab yang mempunyai hubungan antara bab yang satu dengan bab yang lainnya. Adapun sistematika penulisan dari masing-masing bab adalah sebagai berikut:

BAB I

:

PENDAHULUAN

Pendahuluan terdiri dari latarbelakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penelitian.

BAB II :

LANDASAN TEORI

7

Dalam bab ini mencakup pengertian pemasaran,tujuan bauran pemasaran, tingkatan produk , dan hierarki produk.

BAB III :

METODOLOGI PENELITIAN

Metodologi penelitian terdiri dari jenis penelitian, model yang di pakai, variable dalam penelitian , populasi dan sample, teknik pengumpulan data, teknik pengolohan data, uji reliabilitas serta teknik analisis.

BAB IV :

PEMBAHASAN

Pembahasan terdiri dari deskripsi objek penelitian yang berupa sejarah singkat perusahaan, fasilitas yang dimiliki perusahaan, struktur organisasi, analisis data dan pembahasan.

BAB V :

PENUTUP

8

Penutup berisi kesimpulan atas penelitian yang dilakukan serta saransaran yang mungkin akan bermanfaat bagi perusahaan dimasa yang akan datang.

9

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->