MAKALAH EKONOMI PEMBANGUNAN I GHANA

Disusun oleh:

1. Wahid Haris 2. Arif Leksono 3. Agus Santoso

(C1A011038) (C1A011039) (C1A011040)

4. Bara Rizqia Permana (C1A011041) 5. Maria Yessica L. W (C1A011042)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO FAKULTAS EKONOMI JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN

BAB 1 PENDAHULUAN
Pendahuluan Ekonomi pembangunan bertujuan untuk mempelajari pembangunan ekonomi di Negara berkembang agar dapat di cari masalah yang menyebabkan mengapa Negara berkembang jauh tertinggal dari Negara maju sehingga akan dapat ditemukan solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi Negara berkembang agar pembangunan ekonominya meningkat dan seluruh dunia merasakan kemakmuran tanpa terkecuali. Oleh karena itu dalam makalah ini dibahas salah satu Negara di benua Afrika yang bernama Ghana. Afrika merupakan salah satu benua yang penduduknya miskin dan digolongkan sebagai Negara berkembang. Untuk dapat mengetahui lebih jauh seperti apa pembangunan ekonomi di Ghana, kelompok kami akan memaparkannya.

Karakteristik Umum Negara berkembang Karakteristik negara berkembang : 1. TINGKAT KEMAKMURAN RELATIF RENDAH.

Banyak faktor yang mempengaruhi taraf kemakmuran masyarakat. Misalnya keadaan perumahan yang mereka diami, ada tidaknya aliran listrik, fasilitas untuk memperoleh air bersih, keadaan infrastruktur pada umumnya, dan tingkat pendapatan yang diperoleh, merupakan beberapa faktor penting yang sangat mempengaruhi tingkat kemakmuran suatu masyarakat. Dari beberapa faktor yang ada, salah satu faktor yang terpenting adalah pendapatan yang diperoleh masyarakatnya. Dengan demikian, pendapatan per kapita dapat digunakan sebagai alat pengukur kasar taraf kemakmuran yang dicapai penduduk. Sebagai akibat dari pendapatan yang rendah, sehingga Negara berkembang menghadapi masalah cukup besar diantaranya dibidang :

• Masalah kekurangan gizi dan taraf kesehatan yang rendah. Ini antara lain dapat dilihat dari jumlah kalori makanan yang belum mencapai tahap minimum, life expectancy yang rendah, tingkat kematian per tahun dan tingkat kematian bayi yang cukup tinggi. • Kemiskinan masih meluas. Bagian yang cukup besar dari penduduk yang pendapatannya tidak mencukupi untuk membiayai kebutuhan minimum sehari-hari. Di Ghana masih terdapat 28,6% penduduknya yang tinggal dibawah garis kemiskinan • Taraf pendidikan masih rendah. Sebagai akibat dari tingkat pendapatan yang rendah, cukup banyak keluarga di Negara berkembang yang tidak dapat membiayai sekolah anak-anaknya.

2. PRODUKTIVITAS PEKERJA MASIH RENDAH. Produktivitas yang dimaksud adalah tingkat produksi yang dapat dihasilkan seorang pekerja per tahun. Tingkat produktivitas seorang pekerja di Negara berkembang masih cukup rendah dibandingkan dengan tingkat produktivitas tenaga kerja di Negara maju. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sbb : • Sebagian besar penduduk di Negara berkembang berada di sektor pertanian tradisional yang sering menghadapi masalah pengangguran terselubung. Keberadaan pengangguran terselubung, berarti kelebihan tenaga kerja di sektor pertanian, akan menurunkan lagi produksi rata-rata (produktivitas) pekerja. • Kebanyakan usaha di sektor manufaktur terdiri dari usaha keluarga, yang menggunakan mesin yang masih tradisional dan bersifat padat karya. • Sektor jasa, seperti sektor pertanian, menghadapi masalah pengangguran terselubung dan menurunkan tingkat produktivitas. • Di berbagai sektor ekonomi, taraf pendidikan dan kesehatan pekerja belum mencapai tahap yang diinginkan dan cenderung mengurangi tingkat produktivitas.

3. TINGKAT PERTAMBAHAN PENDUDUK CUKUP TINGGI.

Industri garmen untuk ekspor menggunakan cara memproduksi secara massal. menyebabkan beban setiap keluarga untuk membiayai tanggungannya semakin besar. Sistem sosial yang pertama relatif modern yang berkembang sebagai akibat penjajahan dan interaksi dalam perdagangan luar negeri. Contoh . • Besarnya tanggungan tanpa pendapatan yang memadai membatasi kemampuan keluarga menyediakan dana untuk pendidikan anak-anak. TINGKAT PENGANGGURAN YANG TINGGI Akibat dari tingginya pertumbuhan penduduk mengakibatkan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi tinggi. dalam sektor industri.Dalam bidang kesehatan dan pengobatan sangat mempengaruhi taraf kesehatan penduduk. 5. sedangkan penjahit di kampung menghasilkan pakaian berdasarkan pesanan. Kegiatan ekonomi yang bersifat dualitistis berlangsung dalam hampir semua sektor kegiatan ekonomi. Hal tersebut menimbulkan beberapa efek sbb : • Jumlah tanggungan dalam keluarga semakin meningkat. • Pertambahan tenaga kerja sangat cepat dan tidak diikuti oleh pertambahan kesempatan kerja yang sama. pada waktu yang sama tingkat kelahiran tidak mengalami perubahan. manufaktur. yaitu disektor primer. Kegiatan ekonomi yang bersifat dualistis adalah suatu kegiatan ekonomi tertentu atau dalam sektor tertentu yang menggunakan dua teknologi yang sangat berbeda. Jumlah tenaga kerja lebih banyak daripada kesempatan lapangan kerja yang tersedia dan tingkat pertumbuhan keduanya yang tidak seimbang dari waktu ke waktu. yaitu misalnya dalam industri membuat pakaian. 4. dengan adanya sifat perubahan tingkat kelahiran dan tingkat kematian yang ada. Sehingga banyak pengangguran. Salah satu akibat dari perkembangan tingkat kematian semakin berkurang. Penetrasi sistem sosial ini menyebabkan masyarakat berpikir seperti yang terdapat dalam suatu . menyebabkan tingkat pertambahan penduduk di Negara berkembang menjadi semakin cepat. Hal tersebut memunculkan dualisme sosial di Negara berkembang. dan jasa. KEGIATAN EKONOMI BERSIFAT "DUALISTIS".

ketika mencapai kemerdekaan di tahun 1957. BAHAN MENTAH MERUPAKAN BAHAN EKSPOR UTAMA Di banyak negara berkembang kecenderungan ini masih tetap ada. KEGIATAN EKONOMI BERPUSAT DI SEKTOR PERTANIAN Lebih dari setengah abad belakangan ini. Negara-negara di Timur Tengah sebagian besar ekspornya terdiri dari minyak bumi.perekonomian modern (seperti dalam perekonomian Negara maju). 7. timah dan minyak bumi merupakan ekspor terbesar dari Bolivia dan meliputi lebih kurang dua pertiga dari keseluruhan ekspor. sedangkan peranan sector industri dan jasa menjadi sangat penting. Sebagai contoh. . kegiatan ekonomi masih bertumpu pada sektor pertanian. Pada saat ini keadaan telah berubah. dengan begitu bagian terbesar dari pendapatan nasional berasal dari kegiatan pertanian dan hasil pertanian merupakan produk ekspor yang utama. sebagian tenaga kerja berada di sektor tersebut. Di Ghana Ekspor bahan mentahnya adalah emas. berbagai negara berkembang berusaha meningkatkan kemakmuran masyarakatnya melalui pembangunan sektor industri. baik ditinjau dari segi menyediakan kesempatan kerja. mewujudkan pendapatan nasional dan sumber pendapatan ekspor. Akan tetapi di sebagian masyarakat lainnya.di Ghana sendiri Ekspor pertaniannya paling besar adalah coklat. sistem sosialnya tidak mengalami perubahan yang nyata dan pada dasarnya masih bersifat tradisional dan mengikuti tata cara yang diwariskan secara turun temurun. Artinya. Dan usaha untuk mengembangkan ekonominya . Malaysia misalnya. 6. peranan pertanian telah semakin merosot. Ciri umum dari ekspor hasil sektor primer tersebut adalah: beberapa jenis bahan mentah merupakan bagian terbesar dari keseluruhan ekspor. dibeberapa negara berkembang telah terjadi perubahan kegiatan ekonomi yang drastis.

Selain itu. o GNI perkapita GNI perkapita atau Pendapatan Nasional Bruto perkapita adalah jumlah pendapatan nasional bruto dibagi dengan jumlah penduduk. Indicator pembangunan dapat memberikan gambaran mengenai lajunya perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat dan corak perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat yang terjadi dii berbagai Negara. Bank Dunia (2007) mengklasifikasikan negara berdasarkan tingkatan GNI per kapitanya sebagai berikut: · Negara berpenghasilan rendah (low-income economies) adalah kelompok negara-negara dengan GNI per kapita kurang atau sama dengan US$ 745. mereka tidak lagi menggunakan istilah GNP melainkan GNI yaitu Gross National Income. 1.BAB II Pembahasan Indikator-Indikator Pembangunan Indikator pembangunan sangat berguna untuk menganalisis dan mengevaluasi hasil-hasil pembangunan. indikator moneter o GNI (Gross National Income ) Dalam publikasi World Bank baru-baru ini. (2) negara berpenghasilan menengah papan atas (upper-middle-income economies)dengan GNI per kapita antara US$ 2. Dalam kelompok negara berpenghasilan menengah dapat dibagi menjadi: (1) negara berpenghasilan menengah papan bawah (lower-middle-income economies) dengan GNI per kapita antara US$ 746 hingga US$ 2.205. .975.976 hingga US$ 9. indikator pembangunan dapat juga di pergunakan untuk mengetahui syarat-syarat yang di perlukan oleh Negara sedang berkembang untuk menyamakan tingkat kehidupannya dengan Negara maju. · Negara berpenghasilan menengah (middle-income economies) adalah kelompok negaranegara dengan GNI per kapita lebih dari US$ 745 namun kurang dari US$ 8.626 pada tahun 2001.

1190 method (current US$) GNI per capita 1.000 jiwa.1594 39199656050.41718144845 1319.0649060874606 growth (annual %) GNI PPP per capita.54613410885089 5.2408 2010 31641074079.13317932545 (current US$) GDP per capita 1. termasuk negara-negara yang datanya langka dan dengan penduduk Iebih dari 30.7933 8.5498 GDP.01 39948113954. Berikut ini datanya : Indikator GNI (current US $) GNI Atlas per 2009 25884508666. · Dunia (World) meliputi semua negara di dunia.worldbank.08302683212 1570.49601575845797 11.5341 14.7592117748472 growth (annual %) Sumber http://data.2159 international $) GDP per capita 1090.4 (2005-06) . PPP (current 36726644158.· Negara berpenghasilan tinggi (high-income economies)adalah kelompok negara-negara dengan GNI per kapita US$ 9.7 32174839712.60282579154575 4.5349 4.084227448737 10. Ghana sendiri tergolong Negara dengan berpenghasilan menengah lebih tepatnya lower middle income.org/country/ghana Inflasi ( IHK ) Koefisien Gini 10.0692 1250 2011 37943753565.4% (2013 Maret) 39. 1540 (current 1610 1810 international $) GDP (current US$) GDP growth 25978537278.3 46714560621.4992 1410 capita.206 atau lebih pada tahun 2001.

6%.6%. pertanian: 52% (2011 est) 64 [6] Luar Ekspor Barang ekspor $ 13130000000 (2011 est) emas.7%. minyak bumi. Prancis 4. bijih mangan. Inggris Raya 7%.6%.Angkatan kerja Angkatan kerja menurut pekerjaan Kemudahan Melakukan Bisnis Peringkat 10. kakao.Belgia 4. tuna. kayu.330. berlian. India 5. Nigeria 15%.Amerika Serikat 5. Amerika Serikat 5.5% (2008) Utang luar negeri bruto Keuangan publik $ 5840000000 (31 Desember 2009 est) .000 (2009 est) jasa: 28%. Prancis 5.5%. Ukraina 5%. bauksit.6% (2011) Impor Barang Impor Mitra impor utama $ 14030000000 (2010 est) peralatan modal. Inggris Raya 4. aluminium. bahan makanan Cina 16%. energi listrik . hortikultura Mitra ekspor utama Belanda 11. industri: 20%. Minyak Produk. Liquefied Natural Gas .7%.

540 . Negara berkembang atau Negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup. IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah Negara adalah Negara maju.558 0. melek huruf. Indikator Non Moneter o HDI (Human Development Index) Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup. Ghana menempati urutan rangking 130 dari 169 negara. Human Development Index Year 2012 2011 2010 Ghana 0. pendidikan dan standar hidup untuk semua Negara di seluruh dunia.Utang publik Pendapatan Beban Peringkat Kredit 67.5% dari PDB (2009 est) $ 4547000000 (2009 est) $ 6124000000 (2009 est)  Standard & Poor : [7] B + (Domestik) B + (Asing) BB + (T & C Assessment) Outlook: Stabil [8] Fitch : [9] BBB + Outlook: Stabil  2.553 0.

596 67.2 .6 Value 5.1 74 64.4 27. percentage of population Value 0. public (% of GDP) (%) Under-five mortality (per 1.8 50.2 31.6 0.3 11. both sexes (% aged 15 and above) Mean years of schooling (of adults) (years) Education index 7 0.5 o Indikator Kemiskinan (Proverty Index) Poverty Indicator MPI: Multidimensional poverty index (%) MPI: Intensity of deprivation MPI: Headcount.000 live births) Life expectancy at birth (years) Health index o Value 3.o Indikator Kesehatan Health Indicator Expenditure on health.703 Indikator Pendidikan Education Indicator Public expenditure on education (% of GDP) (%) Primary school teachers trained to teach (%) Primary school dropout rates (% of primary school cohort) Expected Years of Schooling (of children) (years) Adult literacy rate.144 46.

6 PERSOALAN DASAR DAN PENGHAMBAT DALAM PROSES PEMBANGUNAN Persoalan dasar yang menghambat proses pembangunan ekonomi Ghana 1. Sekitar 28% penduduk tinggal di bawah garis kemiskinan internasional (US$ 1. Ghana masih bergantung dari barang impor dari Negara lain. Jerman 6%. dan Negara Lainnya 49%. barang setengah jadi. Mayoritas adalah wanita Ghana dari kawasan utara dan hulu yang miskin dan secara politis terpinggirkan. Karena dengan keadaan mereka yang miskin menjadikan makanan yang mereka konsumsi juga terbatas sehingga kondisi fisik mereka menjadi kurang menunjang untuk melakukan pekerjaan. seperti Komoditas: minyak bumi 16%. dan lain-lain. Dengan banyaknya penduduk yang tinggal di bawah garis kemiskinan. AS 11%. Perancis 5%.25 PPP per day (%) 28. Selain itu. 2. peralatan modal.in multidimensional poverty (% of population) MPI: Population living below $1.25 sehari). maka akan mempengaruhi atau menghambat produktifitas mereka. makanan. Masih bergantung dari barang impor. Mitra: Inggris 15%. barang konsumsi. Nigeria 14%. dengan keadaan yang miskin .

dengan diundangkannya UU 734 tahun 2007. dari cedi (¢) ke mata uang baru. menurunnya nilai cedi. Kekayaan alam ini sangat membantu perekonomian Ghana. Cedi Ghana yang baru relatif stabil pada tahun 2009 umumnya dipertukarkan pada kisaran $1 USD = Gh¢ 1.Tingkat pengiriman adalah 1 cedi Ghana untuk setiap 10.4. dan meningkatnya ketidakpuasan publik atas tindakan penghematan Ghana. Kebijakan ekonomi pemerintahan militer masa lalu yang tak efektif dan komitmen penjaga perdamaian daerah menimbulkan pendanaaan deficit inflasi. cedi Ghana (GH¢). Hal ini memungkinkan pengecer benda-benda yang dapat dikenai pajak menurut UU 546 membebankan batas 3% pada penjualannya dan begitu pula pada Layanan PPN. Ghana tetap agak . Diberkati dengan kekayaan alam yang berlimpah Antara lain seperti emas. Bank of Ghana menjalankan kampanye media yang agresif untuk mendidik masyarakat tentang redenominasi. Diberkati dengan kekayaan alam yang melimpah.000 cedi. kurs pajak berjumlah 10% dan diamandemen menjadi 12. 3. Meski demikian. Ghana tetap menjadi salah satu negara yang secara ekonomi lebih kuat di seantero Afrika. mangan. alumunium.kesehatan mereka juga menjadi kurang terjamin sehingga dapat mengganggu produktifitas mereka. Pada bulan Juli 2007. skema kurs rata PPT sebesar 3% mulai beroperasi untuk sector distribusi eceran. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi Ghana 1. Meskipun demikian. Bank Ghana memulai pelaksanaan redenominasi mata uang. Rezim pajak yang bermula pada tahun 1998 memiliki kurs tunggal namun sejak bulan September 2007 masuk rezim multi kurs. Ghana memiliki produksi dua kali per kapita di antara Negara miskin di Afrika Barat.5% pada tahun 2000. minyak bumi. Pajak pertambahan nilai adalah pajak konsumsi yang dijalankan di Ghana. karena merupakan komoditas yang diekspor. Pada tahun 1998. bauksit. Namun. berlian. dan lain-lain.

listrik. tuna. Togo 12%. US 8%. Banyak memiliki komoditas ekspor Ghana memiliki banyak hasil alam ataupun barang tambang yang menjadi komoditas ekspor seperti biji cokelat. dan dikelola oleh Cabang Pertanian Kementerian Kepresidenan Republik Ghana yang dikepalai Ny. bauxite. Negara lain 52 %. Antoinette Efua-Addo (lebih lanjut bisa dibaca di www. Ladang minyak yang dilaporkan mengandung lebih dari 3m³ minyak ringan ditemukan pada tahun 2007. berlian. mayoritas adalah wanita Ghana dari kawasan utara dan hulu yang miskin dan secara politis terpinggirkan dan menurut Bank Dunia.Ghana-agricexport. 3. gold. .1m (2001). Diharapkan. kayu. Sekitar 28% penduduk tinggal di bawah garis kemiskinan internasional (US$ 1.2 million (2003). Belanda 7 %. arus masuk modal yang besar terjadi dari caturwulan terakhir pada tahun 2010 ketika negeri ini mulai memproduksi minyak dalam jumlah komersial.bergantung pada perdagangan dan bantuan luar negeri juga aktivitas investasi dari penduduk Ghana yang bekerja di luar negeri.com).2m (2002) Commodities: cocoa 45%. dijalankan. US$ 2. pendapatan per kapita Ghana telah meningkat 2 kali lipat selama 45 tahun.25 sehari).015.867.297. US$ 1. Eksplorasi minyak terus berlanjut dan jumlah minyak terus bertambah. Bendungan Akosombo yang dibangun di sungai Volta pada tahun 1965 menjadi sumber tenaga listrik bagi Ghana dan Negara sekitarnya. Exports: US$ 2. 2. dan mangan adalah sumber utama pertukaran asing yang dipantau. and aluminum Partners: Germany 9%. timber. bauksit. UK 12%. Memiliki tambang emas yang sudah terkenal di dunia Ghana yang dikenal akan emasnya sejak masa penjajahan tetap menjadi salah satu produsen emas teratas dunia.

9% PDB pada tahun 2007.3% PDB dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi 56% angkatan kerja. Ghana adalah mitra perdagangan dengan banyak Negara seperti Perancis. Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Ghana termasuk Kastil Cape Coast dan Elmina. tingkat kejahatan yang rendah. Perdagangan di Ghana Pemerintah pusat Ghana membuat pengaturan tertentu meningkatkan investasi asing dan meningkatkan pasar modal di Ghana.4. dan penggunaan bahasa Inggris yang meluas membuat negeri ini menjadi pintu masuk yang menarik ke Afrika Barat bagi orang asing. dan bangsa lain yang terkait dengan diaspora Ghana di seluruh dunia. Amerika. terutama pemilik lahan kecil. Memiliki sector pertanian yang kuat Angkatan kerja Ghana pada tahun 2008 berjumlah 11. 6. 5. Kestabilan politik dan ekonomi Ghana. juga peringatan budaya seperti Panafest menjadi pusat kegiatan wisata utama.5 juta jiwa. Ekonomi terus pulih berkat pertanian yang terhitung 37. Amerika Serikat. Bidang produksi hanya menjadi bagian kecil ekonomi Ghana yang berjumlah 7. Itu sebabnya orang dari seluruh dunia khususnya para profesional perdagangan terbang dari tujuan . negara-negara regional Afrika dan banyak lagi. Jerman. khususnya di antara orang Eropa. taman nasional seperti Taman Nasional Kakum dan Mole. Memiliki kawasan wisata yang berkembang pesat Pariwisata menjadi sektor yang berkembang pesat.

Teknologi yang dipakai masih primitif.yang berbeda dengan dipandu buku murah penerbangan ke Ghana untuk memiliki masing transaksi perdagangan mereka. sehingga suatu komunitas tertentu disebut sebagai Ekonomi Komunitas dari Afrika Barat ini diselenggarakan untuk mengatasi aspek-aspek perdagangan. kemitraan. Akibatnya. Masyarakat Tradisional Ilmu pemgetahuan pada masyarakat ini masih belum banyak dikuasai. Teori-Teori Teori Rostow Rostow membagi proses pembangunan menjadi 5 tahap : 1. banyak pedagang dari berbagai negara menunjukkan minat mereka dalam perdagangan dengan persyaratan WTO dan mereka mencari penerbangan murah mereka ke Ghana untuk memperlancar hubungan perdagangan dengan Ghana dan sisanya dari negara-negara Afrika. dengan ilmu dan teknologi pra newton. pemerintah Ghana menekankan pada ekonomi pasar bebas dimana tidak ada batasan antara kedua mitra dagang dan perdagangan dapat dilakukan cukup mudah. Pemerintah pusat memberikan subsidi Ghana dan dengan demikian memfasilitasi ekspor untuk memberikan keunggulan untuk ekspor secara keseluruhan. Selain Ghana juga memiliki perdagangan sistem barter dengan banyak negara lain di dunia seperti Jerman Ghana perdagangan berurusan dengan Jerman yang memungkinkan mereka untuk memiliki sistem barter perdagangan antara kedua negara dan organisasi dunia perdagangan juga tidak melarang hal ini. Orang-orang dari berbagai Negara Afrika bepergian ke negara ini dan mencari penerbangan murah mereka ke Ghana untuk mencapai kesepakatan bisnis mereka. proses . Karena itu. Sesuai kebutuhan WTO. Banyak Negara Afrika dan Masyarakat juga terlibat dalam perdagangan dengan satu sama lain. asosiasi dll Perekonomian Ghana biasanya didasarkan pada pertanian dan memperluas karena tren peningkatan ekspor.

Masyarakat mulai jenuh dengan kemajuan industry dan mulai menginginkan sesuatu yang baru menuju perubahan lebih jauh. Tinggal Landas Pertanian menjadi usaha komersial untuk mencari keuntungan. Biasanya terdapat satu atau dua sector yang tumbuh pesat dan menjadi motor bagi pertumbuhan industry-industri lainnya (leading sector). Watak pekerja berubah. Prasyarat untuk Tinggal Landas Terjadi transisi dimana masyarakat tradisional mulai mempersiapkan dirinya untuk mencapai pertumbuhan atas kekuatan sendiri. 2. Sector modern dari perekonomian menjadi berkembang. Perluasan modal untuk membangun sarana dan prasarana yang akan memperlancar transportasi dan efisiensi serta efektivitas proses produksi b. dari pekerja yang kasar menjadi manajer yang efisien dan berwatak halus serta sopan. Masyarakat semacam ini masih di kuasai oleh kepercayaan-kepercayaan tentang kekuatan di luar manusia. Sebagian besar masyarakat hidup sebagai petani. Masyarakat Konsumsi Tinggi Keinginan bangsa untuk memperluas pengaruh di luar batas kekuasaan nasional . Boleh dicatat bahwa pada tahap ini kenaikan pertumbuhan investasi sudah melebihi pertumbuhan penduduk 3.produksi masih sangat terbatas dan tidak efisien. Industri-industri baru mulai berkembang pesat. Lebih dari itu dengan kemajuanekonomi tersebut akan bisa dicapai kemajuan di bidang-bidang yang lain. Tabungan dan investasi yang efektid meningkat dari 5% menjadi 10% dari pendapatan nasional. Transisi ditandai dengan munculnya kesadaran bahwa kemajuan ekonomi adalah sesuatu yang bisa diupayakan. 4. Manusia dengan demikian tunduk kepada alam. Terjadi 3 perubahan penting : Sifat tenaga kerja berubah menjadi lebih terdidik. baik barang maupun modal. Industrialisasi mulai muncul pada tahap perekonomian ini dan disertai dengan perubahan radikal pada tiga bidang berikut ini : a. Perluasan pasar ekspor impor. belum bisa menguasai alam. dan c. Menuju Kedewasaan Industri berkembang pesat. Revolusi teknologi di bidang pertanian yang akan meningkatkan produk pertanian guna mendukung kebutuhan pangan. 5.

Air Pedesaan Berkelanjutan dan Jasa Sanitasi. IDA memiliki sebagian besar dana pendukungnya Administrasi Umum melalui serangkaian operasi dukungan anggaran. Komitmen yang saat ini dari Bank Group (WBG) Dunia di Ghana adalah US $ 2. dan juga program-program kesehatan dalam mendukung peningkatan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan. . rumah murah dan peralatan rumah tangga dengan menggunakan peralatan listrik Menurut kelompok kami. agenda desentralisasi dengan Support Project Kapasitas Pemerintah Daerah. Kegiatan Penasehat (AAA) agenda.Keinginan membentuk suatu Negara sejahtera dengan pendapatan yang meratasertaperangkat kesejahteraan social. CPS baru sedang dirancang untuk sebuah negara yang cepat berubah yang menuntut dukungan lebih fleksibel. termasuk pengetahuan yang lebih bertarget dari Analytical. Ini diikuti dengan operasi infrastruktur terutama dalam Transportasi. yang meliputi Proyek Transportasi Perkotaan. Ghana menggunakan Strategi Pembangunan Seimbang beberapa factor di upgrade. seperti e-Ghana. di mana Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA) membawa sekitar 65% dari total. berdasarkan artikel di bawah. Energi dan Air Minum dan Sanitasi. Last Updated April 2013 CONTEXT STRATEGY RESULTS Sebuah Negara baru Partnership Strategy (CPS) sedang dipersiapkan untuk Ghana. Ghana berada pada prakondisi untuk lepas landas STRATEGI PEMBANGUNAN EKONOMI Menurut kelompok kami. antara lain. dan beberapa proyek pembangunan kapasitas lembaga publik yang penting. Manajemen Ekonomi Pembangunan Kapasitas dan proyek Gas Kapasitas Minyak dan. Dibangun pusat perdagangan dan sector penting seperti mobil. Pembangunan Listrik Ghana dan Proyek Akses. dan Kerjasama Keuangan Internasional (IFC ) dan Badan Penjamin Investasi Multilateral (MIGA) jumlah yang tersisa.3 miliar dengan total eksposur sebesar US $ 3 miliar. Program sosial ini dipimpin oleh Peluang Proyek Sosial Ghana dengan pertama ditargetkan program transfer tunai.

Ketergantungan . dan MDB yang berfokus pada dukungan anggaran Jumlah pemain dalam struktur ini adalah besar -. multi-donor anggaran kelompok pendukung menarik karya kelompok kerja menjadi matriks bersama. dua koridor regional yang didukung bersama-sama dengan lembaga donor lainnya. sebagai upaya untuk mengurangi biaya transaksi setiap orang sementara memberikan bantuan. Kepala Misi kelompok yang memberikan pedoman politik . Arsitektur koordinasi untuk dukungan anggaran yang kompleks dan intensif dalam transaksi (sekitar 30 sektor aktif dan kelompok kerja tematik. ada Dukungan Anggaran (MDB) kelompok Multi Donor yang mengkoordinasikan matriks aksi kebijakan di antara semua mitra pembangunan. sekitar delapan lembaga donor serta sebagian kementerian pemerintah berpartisipasi dalam proses ini. transportasi. Memanfaatkan melengkapi kuat dalam Grup Bank Dunia untuk mendukung Ghana untuk mencapai dan mempertahankan pertumbuhan yang lebih inklusif sangat penting. Ghana juga manfaat dari program untuk menjadi bagian dari skema Asuransi Perdagangan Afrika untuk memfasilitasi perdagangan di Benua.Ghana merupakan stakeholder yang penting dalam proyek-proyek regional. Kemitraan Ghana adalah pemimpin dalam agenda Aid Effectiveness. energi. seorang Kepala Kerjasama yang memberikan pedoman operasional pada prioritas dan trade-offs. Ghana merupakan bagian penting dari enam proyek regional di Afrika Barat. pertanian dan perdagangan. Ghana adalah pemain penting bagi Afrika Barat Power Pool yang telah meletakkan sebuah jaringan transmisi listrik yang menghubungkan wilayah tersebut. Dalam energi. dengan nilai total sekitar US $ 750 juta komitmen. Dukungan anggaran yang disediakan menyumbang sekitar 25% dari bantuan saat ini tetapi setinggi 40% dalam beberapa tahun terakhir. Juga bersama dengan anggota lain adalah bagian dari proyek Perikanan regional. Di bidang pertanian. Akhirnya. Abidjan Lagos koridor sepanjang pantai. Pemerintah Ghana dan mitra pembangunannya baru kemitraan mereka di bawah Compact untuk 2012-202 [1]. dan Bamako Ouagadougou Tema koridor. Untuk dukungan anggaran. Afrika Pertanian Program Produktivitas Barat menyebarkan pendekatan inovatif untuk tanaman lokal. Dalam transportasi.

500. termasuk Kelompok Bank Dunia. Bank Internasional Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD). Pada saat yang sama peran mitra pembangunan. modernisasi sistem pemerintahan di bawah Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk transformasi . kelanjutan dukungan ke Asuransi Kesehatan Nasional. dalam membantu Ghana memperluas dan memperkuat pelayanan sosial dan memperkuat kapasitas kelembagaan untuk mengelola ekonomi dan menjaga terhadap risiko dan guncangan akan terus menjadi kritis.000). Proyek Pipa Pada tahun fiskal 2013. Bank mengharapkan untuk memberikan proyek-proyek lain pada tahun fiskal 2014 untuk mengatasi tantangan negara saing. sementara sumber daya dari IFC dan MIGA akan akan menargetkan kegiatan yang lebih komersial. hibah untuk air dan sanitasi untuk Accra (US $ 150 juta). program keuangan sektor reformasi. IDA. dan banyak operasi bantuan teknis lainnya. IFC. dan sebagian besar adalah karena penambahan Kemitraan Ghana Pendidikan hibah sebesar US $ 75. Tapi kebutuhan untuk memobilisasi peningkatan volume pembiayaan non-konsesional untuk infrastruktur dan untuk memobilisasi modal investasi swasta domestik dan eksternal dan keahlian untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan diversifikasi akan mengambil pentingnya peningkatan. Bank bermaksud untuk memberikan bersama dengan Strategi Kemitraan Negara. dan program untuk membantu menangani masalah ketenagakerjaan muda.000. dan MIGA idealnya ditempatkan untuk bekerja sama untuk mendukung Ghana dalam hal ini dengan sumber dana lunak IDA menjadi sasaran terutama terhadap kegiatan dengan pengembalian sosial yang tinggi. Percayalah Dana Ghana memiliki 42 hibah sekitar US $ 120 juta. bantuan teknis untuk pengelolaan sumber daya alam (US $ 5 juta) dan operasi dukungan anggaran (US $ 150.000.bantuan relatif berkurang di Ghana dan kemungkinan akan terus menurun. .

Dukungan MIGA sejajar dengan pilar pertama dari Strategi Bantuan di County Bank Dunia untuk Ghana. Takoradi Renewable Energy Ltd di Ghana. dan investasi di bidang infrastruktur.MIGA Operasi MIGA saat ini mendukung empat proyek aktif di Ghana (listrik. Sebagai proyek semacam ini cocok menjadi rencana sektor kekuasaan pemerintah. pengenalan biomassa terhadap perekonomian Ghana akan memperkenalkan peluang bisnis baru. Dukungan MIGA untuk proyek ini juga sejalan dengan Strategi Bantuan Negara Grup Bank Dunia untuk Ghana. telekomunikasi dan minyak & gas) dengan jumlah eksposur bersih sebesar US $ 147. Perluasan Takoradi 3 Power Plant akan memungkinkan untuk makan lebih banyak listrik untuk grid nasional Ghana. Proyek ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat dengan menyediakan sekitar 70 pekerjaan tambahan dan mengurangi deforestasi hutan primer. Upaya untuk meningkatkan sektor energi sangat penting untuk menghindari pemadaman. yang menyerukan untuk meningkatkan daya saing sektor swasta melalui keterlibatan dalam pembangunan swasta dan sektor keuangan. yang mendesak penguatan dan perluasan pembangkit listrik negara dan sistem distribusi Proyek manufaktur mendukung pembentukan perusahaan greenfield. modernisasi pertanian. pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. yang memungkinkan akses yang lebih luas dan lebih dapat diandalkan untuk kekuasaan. . yang secara khusus berusaha untuk meningkatkan kapasitas terpasang dari tahun 2000 sampai 5000 megawatt megawatt dan memungkinkan Ghana untuk menjadi eksportir bersih listrik ke negara tetangga pada tahun 2015. Selain itu. Para woodchips dihasilkan dari pohon-pohon akan diekspor melalui pelabuhan Takoradi ke pasar Eropa untuk pembangkit listrik biomassa. Proyek itu ditanggung melalui Program Investasi Kecil MIGA. yang akan menghasilkan biomassa dari pohon karet di perkebunan di wilayah barat negara itu. seperti yang dialami Ghana pada tahun 2008. dengan demikian meningkatkan keberlanjutan sektor.000. manufaktur. Proyek ini juga memfasilitasi replanting dan rehabilitasi pohon karet. Proyek sektor listrik menjamin pinjaman yang diberikan oleh Société Générale Kanada Cabang (SGCB) kepada pemerintah Ghana untuk membiayai penyelesaian Takoradi 3 Power Plant yang akan memperluas Takoradi T1/T2 kompleks pembangkit listrik yang ada di distrik Ghana dari Sharma Ahanta fasilitas.500.

proyek ini mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan integrasi ekonomi di Afrika Barat dan merupakan yang pertama di wilayah tersebut untuk mengembangkan ekspor regional gas alam. seperti manufaktur. MIGA saat ini telah mengusulkan dua proyek baru di sektor minyak dan gas air dan FY13. pertambangan. air dan sanitasi. memberikan perlindungan asuransi untuk investasi ekuitas $ 110. seperti listrik. juga ditanggung pada tahun 2005. dengan tujuan meningkatkan cakupan populasi dan mengurangi jaringan kemacetan. sektor keuangan. sebagai pengusaha mendapatkan akses ke media komunikasi kritis serta dampak langsung melalui penciptaan menciptakan lapangan kerja tambahan dan peluang bagi pengembangan profesional. IFC Country Strategy dan Operasi The International Finance Corporation (IFC) di Ghana memiliki strategi di tempat itu berusaha untuk meningkatkan daya saing sektor swasta. Selain itu. bersih dan meningkatkan keandalan sistem energi di Ghana. Badan Penjamin Investasi Multilateral (MIGA) jaminan disertai dengan Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA) jaminan risiko parsial ke Barat Gas Afrika Pipeline Company sebesar US $ 50 juta sehubungan dengan kewajiban Ghana untuk melakukan pembayaran tertentu. Memiliki investasi dan jasa konsultasi yang mencakup layanan infrastruktur. dan Togo. Ia juga memiliki investasi di sektor riil. Gas dan Minyak Proyek Peningkatan Kapasitas. kecil dan menengah (UKM) akses keuangan. kesehatan . Proyek ini diharapkan dapat memasok energi murah. Selain itu. pariwisata. menjamin investasi ekuitas di Perusahaan Pipa Gas Afrika Barat Terbatas. ditanggung pada tahun 2005. dan juga mencakup pengembangan pertanian komersial. yang mencakup sebagian dari kewajiban kontraktual Ghana untuk Proyek Pipa Gas Afrika Barat. Benin.000 ke Scancom Ltd Ghana oleh Investcom Memegang SA Luxembourg untuk ekspansi dan upgrade jaringan Scancom di Ghana.Proyek telekomunikasi. Proyek ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pembangunan melalui peningkatan cakupan dan harga terjangkau lagi yang juga memfasilitasi pengembangan usaha kecil. sehingga menurunkan biaya tenaga dan meningkatkan daya saing barang dan jasa.000.

disertai dengan infrastruktur dan sosial ekonomi transformasi yang diperlukan pada tahun 2020. kakao dan minyak menjadi tulang punggung komoditas terdiversifikasi yang akan mendukung industrialisasi yang pesat dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan asumsi laju pertumbuhan penduduk konstan 2. Akibatnya rencana jangka panjang tujuan pemerintah.dan pendidikan. PDB nominal diperkirakan akan tumbuh pada tingkat minimal 10%.000. . terutama pada rekening dari konsolidasi stabilitas ekonomi makro. Kontribusi emas dan mineral lainnya. diperkirakan bahwa tingkat jangka menengah rata-rata pertumbuhan PDB riil di Ghana akan mencapai 8% per tahun.3% per tahun selama jangka menengah. dan sebagian karena produksi pertanian tadah hujan yang kuat. pemerintah akan mengejar stabilitas makroekonomi dan program yang berorientasi pertumbuhan dengan rata-rata tingkat nonmigas diproyeksikan tahunan PDB pertumbuhan minimal 8%. efek pada Ghana telah relatif moderat. Hal ini menempatkan Ghana di liga negara-negara berpenghasilan menengah. kakao dan emas. Ketika dampak pembangunan minyak dan gas dipertimbangkan.4% dibandingkan periode yang lama. Hal ini juga termasuk investasi yang memiliki efek positif pada agenda perubahan iklim. Negara ini diposisikan untuk menjadi salah satu negara dengan 'komoditas powerhouses' Afrika karena minyak dan gas yang bermunculan. untuk mencapai dan mempertahankan tingkat pendapatan per kapita yang konsisten dengan visi jangka panjang. Pendapatan minyak diharapkan pada akhirnya memberikan kontribusi setara dengan sekitar 20% dari total pendapatan nasional. Meskipun tingkat pertumbuhan yang rendah diproyeksikan dalam jangka menengah untuk Afrika sub-daerah tersebut karena efek sisa dari krisis keuangan global. Namun status baru ini tidak disertai dengan transformasi infrastruktur dan sosial-ekonomi yang diperlukan. Selama jangka menengah. Pertumbuhan Ekonomi dan Produksi Perekonomian Ghana telah mengalami pertumbuhan moderat tapi konsisten selama 25 tahun terakhir. Data awal dari Ghana Layanan Statistik (GSS) menunjukkan bahwa pendapatan per kapita Ghana pada tahun 2010 berdiri di US $ 1318 dibandingkan dengan pendapatan perkapita lama yang hanya US $ 753. diharapkan tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata sebesar 5. dan kebijakan untuk merangsang pertumbuhan Pertanian. Hal ini karena harga yang menguntungkan untuk dua barang utama ekspor. tanpa dampak minyak dan gas. PDB riil rata-rata diproyeksikan tumbuh sebesar 11. PERENCANAAN PEMBANGUNAN EKONOMI PEMBANGUNAN EKONOMI 1. sedangkan PDB riil rata-rata diperkirakan akan tumbuh pada tingkat tahunan minimal 8% lebih dekade berikutnya. Pertumbuhan ekonomi negara itu selama dekade terakhir telah berada diantara yang paling cepat di Afrika dan lebih cepat di beberapa kelas investasi ekonomi pasar tinggi.2% selama jangka menengah. Meskipun krisis keuangan global telah berdampak buruk terhadap perekonomian sebagian besar negara. adalah meningkatkan pendapatan per kapita Ghana untuk setidaknya menjadi US $ 3. dengan PDB per kapita riil.

mesin dan input lainnya. menengah dan besar melalui transformasi operasi pertanian dengan orientasi komersial. pupuk. sektor pertanian diperkirakan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 6. pertukaran komoditas dan Sistem Resi Gudang untuk meningkatkan pemasaran produk pertanian. pasar dan keuangan.  Pengembangan budidaya (kolam )  Promosi produksi skala kecil. menstabilkan harga pangan dan meningkatkan pendapatan petani. pelayanan penyuluhan ditingkatkan. Pertumbuhan dan perkembangan sektor ini diharapkan dapat mengarah pada transformasi struktural ekonomi melalui modernisasi dalam ketahanan pangan.Industri. Modernisasi atas dasar perbaikan yang signifikan dalam produktivitas akan mencakup adopsi varietas unggul tanaman. Oleh karena itu. jasa mekanisasi sepanjang rantai nilai. pestisida. sektor jasa dan juga penciptaan lapangan kerja. menjamin harga minimum untuk para petani. teknologi pengelolaan air lainnya dan pengembangan bertahap dari Plains Accra yang merupakan "Flagship" proyek. Sektor yang menyumbang perekonomian Ghana :  Pertanian Sektor pertanian diharapkan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi dalam jangka menengah. Hal ini akan dicapai melalui pelaksanaan kebijakan pembangunan Pangan dan sektor Pertanian dan untuk Jangka Menengah merencanakan investasi Sektor Pertanian yang sesuai .  Mendukung produksi dalam jumlah yang memadai bahan baku pertanian berfokus pada kacang shea.  Promosi pengembangan tanaman yang dipilih untuk ketahanan pangan dan ekspor.  Promosi pertanian berbasis irigasi dengan rehabilitasi skema yang ada. peternak kelas dan saham.  Mendukung ternak dan unggas (ayam dan unggas guinea) petani untuk secara substansial meningkatkan skala produksi melalui perbaikan bibit dan pakan kualitas dan terjangkau.5% dalam jangka menengah. kapas. karet dan minyak biji untuk memberi makan industri lokal yang ada maupun yang baru.  Pembentukan Pangan Nasionalsebagai penyangga saham perusahaan. Diharapkan bahwa dampak dari krisis keuangan global akan menurun dari 2010 dengan meningkat kembali secara signifikan dalam kegiatan ekonomi global pada tahun 2012. infrastruktur pedesaan (pra dan pasca produksi).  Penyediaan subsidi untuk benih unggul. dan akses terhadap input. pekerjaan dan mengurangi kemiskinan. lahan yang berkelanjutan dan pengelolaan air. dawadawa. Inisiatif pertanian yang direncanakan utama untuk jangka menengah meliputi:  Pembentukan Pengembangan Ekspor dan Dana Investasi Pertanian untuk menyediakan dana memadai untuk operator dan produksi.  Pembentukan sebuah perguruan tinggi perikanan di Anomabo di Region Tengah sebagai kampus satelit dari University of Cape Coast. pengolahan dan nilai tambah. nanas. pisang. peningkatan keterampilan operator sepanjang rantai nilai. dan . bibit dan bibit ternak.

Untuk pencapaian transformasi ekonomi yang disebutkan di bawah agenda jangka menengah pemerintah.  Industri Sektor Industri saat ini menjadi penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) paling tinggi. mulai dari produksi benih untuk berputar ke ginning. Pemerintah akan lebih fokus pada:  Memperkuat hubungan antara industri. terutama kacang-kacangan. produksi gas ke pembangkit listrik tenaga uap. tomat pengalengan.3% atas pada jangka menengah. penggerak utama di sini meliputi: pertumbuhan ditingkatkan dari sektor konstruksi.  Kakao: produksi kakao akan meningkat secara signifikan dalam jangka menengah terutama pada rekening kenaikan harga produsen.  Eksploitasi persediaan kapur di Buipe. di belakang ada Sektor Pertanian dan Sektor Jasa.000 ton shea butter per tahun untuk pasar lokal dan internasional. dan penelitian dan pengembangan lembaga. dan peningkatan output dari sektor pertambangan.  Pendirian perusahaan manufaktur untuk mengolah hasil pertanian. penerapan metode produksi hi-tech. pupuk dan produksi tabung LPG di belakang industri minyak dan gas baru.  Pembentukan Industri Pusat Dukungan untuk membantu perusahaan menjadi kompetitif secara internasional. Di bawah Kebijakan Industri Nasional. menargetkan pengolahan 50. dan pencetakan.  Pendirian pabrik pengolahan shea butter terpadu di tiga wilayah utara. buah-buahan. Ulasan kurikulum pendidikan untuk menempatkan penekanan pada pengembangan tenaga kerja untuk sektor pertanian. pembangunan infrastruktur di sektor minyak. Dalam upaya mencapai Tujuan pengolahan.  Peremajaan industri tekstil secara terpadu.  Desentralisasi pembangunan industri untuk memanfaatkan dukungan sumber daya kabupaten. Pemerintah akan memastikan bahwa petani dibayar minimal 70% dari harga pasar dunia kakao dan meningkatkan pemrosesan lokal untuk setidaknya 60% dari output nasional. sektor industri akan memainkan peran penting. insentif dan injeksi modal. termasuk pabrik goni. kilang produksi emas dan keramik. Oleh karena itu sektor ini diperkirakan akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 20. . Pemerintah akan mempertimbangkan pembentukan sebuah pabrik pengolahan kakao di zona produksi kakao utama di Wilayah Barat. Nauli dan Nadowli untuk produksi semen dan industri. pertumbuhan sektor energi dan air tahun 2011 dan seterusnya akan timbul terutama dari operasi Bui Dam. khususnya dalam produksi garam untuk memenuhi permintaan industri.  Pendirian industri baru dan muncul seperti petrokimia. serta pemanfaatan endapan lempung secara signifikan di dalam negeri untuk produksi batu bata dan bahan bangunan lainnya untuk mendukung program pembangunan unit perumahan yang terjangkau.  Rehabilitasi perusahaan manufaktur ditinggalkan tapi layak.

dan keuangan sub-sektor yang diperkirakan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di sektor ini.  Membantu sektor swasta untuk menjadi lebih efektif.  Mengurangi biaya melakukan bisnis dengan menghapus rantai nilai internal dan kendala kelembagaan.  Pengembangan baru. antara lain. dan  Ulasan dan pelaksanaan rencana untuk Besi Terpadu dan Industri Baja di Oppon Manso. istilah dan pembiayaan start-up dan kegiatan dan layanan lainnya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. masuk ke perbankan hipotek. efisien dan kompetitif di industri transportasi.  Mendukung maskapai domestik dengan peluang penerbangan di subregion. Oleh karena itu sektor ini diperkirakan akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 9. grosir. Pembentukan kilang minyak kedua di Wilayah Barat untuk meningkatkan produksi produk minyak bumi untuk ekspor dan untuk keamanan energi nasional. Belum meredanya dari krisis keuangan global dalam jangka menengah pertumbuhan sektor jasa harus berdambak positif seperti perjalanan internasional dan pariwisata. video. itu sama-sama diakui bahwa ada tantangan yang sangat kritis yang harus diatasi untuk aspek ini untuk direalisasikan. Inisiatif yang direncanakan utama Pemerintah pada sektor jasa untuk akan mencakup:  Posisi Ghana sebagai pusat keuangan utama dan pusat keunggulan dalam transaksi keuangan di Afrika Barat. Transportasi.  Mendukung dan memperkuat sektor perbankan untuk memungkinkan lembaga keuangan. data dan fasilitas internet untuk semua distrik negara.  Menurut Status ekspor kepada perhotelan yaitu dengan memberikan mereka manfaat dan konsesi yang dapat dinikmati oleh produsen ekspor sebagai pariwisata yang merupakan ekspor tak terlihat.  Jasa Sektor ini tergantung pada pertumbuhan sektor pertanian dan industri. dan . pilihan bernilai tinggi di pasar rekreasi.  perkembangan pesat Dukungan negara infrastruktur ICT termasuk pembentukan tulang punggung nasional dapat diandalkan dengan kapasitas untuk membawa suara berkecepatan tinggi.4% selama jangka menengah.  Penghapusan hambatan perdagangan dan investasi. Meskipun Pemerintah telah mengakui bahwa fakta pertambangan dapat berkontribusi terhadap proses industrialisasi Ghana. Pemerintah menyadari ketidakpuasan meningkat terhadap kegiatan pertambangan mereka saat ini ada dan upaya akan dilakukan untuk meninjau kebijakan pada sektor pertambangan.

Ini akan mencakup fokus pada hal-hal berikut:  Peningkatan kontrol pemerintah pusat terhadap pengeluaran  Pengendalian tagihan upah. sektor publik dan reformasi energi untuk memenuhi tujuan memperkuat sistem kontrol pengeluaran dan meningkatkan pelayanan dengan biaya yang berkelanjutan. mempekerjakan kontrol. dan  menetapkan sistem penghitungan rekening tunggal untuk meningkatkan manajemen kas. 2. Situasi Fiskal dan Moneter  Fiskal kebijakan defisit dan faktor eksternal yang tinggi Ghana pada tahun 2008 menyebabkan ekonomi rentan dan tidak stabil.dengan fokus yang kuat pada manajemen keuangan publik. audit penggajian) dan efisiensi (peningkatan pengadaan dan review internal audit.  Pengurangan subsidi untuk mengurangi atau menghilangkan penyalahgunaan. Kebijakan fiskal selama jangka menengah akan bertujuan:  meningkatkan pendapatan. bahkan tanpa adanya minyak. Dalam dua tahun terakhir. dan hibah resmi. perpajakan sumber daya alam. menunda investasi baru nonesensial. terutama dengan meningkatkan pengumpulan PPN. informasi dan sistem manajemen keuangan. pengurangan pembebasan pajak). Reformasi untuk meningkatkan pajak (otoritas pendapatan tunggal. reformasi layanan sipil) harus memberikan kontribusi lain 1% dari PDB untuk pengurangan anggaran defisit secara berkelanjutan. Risiko yang jelas untuk mencapai konsolidasi fiskal terletak pada kemampuan . dan memperbaiki manajemen pengeluaran (rekening kas tunggal. perlu bersifat struktural di alam .  mengurangi pengeluaran operasional. untuk melikuidasi tunggakan besar akumulasi tahun 2008 adalah untuk menyebar pembayaran selama beberapa tahun. kebijakan fiskal telah dipersempit melalui manajemen fiskal yang baik. menjadi kredibel dan berkelanjutan. Penyediaan kerangka hukum dan peraturan yang tepat untuk mempromosikan ekonomi kreatif dan melindungi hak kekayaan intelektual. ketimpangan fiskal melalui lanjutan kehati-hatian makro ekonomi dan serangkaian langkah-langkah struktural secara tertib. Konsolidasi fiskal. manajemen penggajian. restrukturisasi subvented lembaga dan dana hukum. Anggran defisit di tahun 2008 dibiayai melalui penggunaan hasil privatisasi (misalnya Ghana Telecom). Implementasi penuh reformasi struktural pada tahun 2010 akan memberikan kontribusi untuk menstabilkan utang publik terhadap PDB dan memastikan itu pada jalur bawah.

Pelaksanaan tahun selama BASEL II telah ditetapkan pada 2010.  Moneter Selama jangka menengah. dan Standar Metode pengukuran untuk risiko pasar akan disepakati dan diadopsi. Standardized Approach untuk risiko kredit dan risiko operasional. dan untuk memastikan bahwa utang publik dipertahankan pada tingkat yang berkelanjutan dalam jangka menengah atau jangka panjang panjang. Risiko Nilai Tukar (FER) dan Risiko Refinancing (RFR). Tujuan pengelolaan utang Ghana sebagai sumber dana untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan pemerintah dan kewajiban pembayaran pada biaya minimum yang mungkin dan pada tingkat bijaksana risiko. Mitigasi risiko tersebut terletak di jantung reformasi struktural pemerintah yang bertujuan untuk memastikan pemulihan biaya penuh di sektor energi dan pada mereformasi sektor publik untuk efisiensi yang lebih besar dalam penyediaan layanan dan keterjangkauan. kinerja makroekonomi negara akan dinilai secara konsisten. The pengawasan berbasis risiko bank akan dikonsolidasikan oleh Bank of Ghana. . Strategi utang akan mencakup semua publik eksternal dan publik dijamin utang dan utang dalam negeri. dan bekerja sama dengan industri perbankan. Krisis keuangan global dan 2007/08 passthrough domestik efek tampaknya memiliki inflasi copot dan harapan kurs sementara tetapi Bank Ghana (BOG) tetap berkomitmen untuk jalan disinflasi. dengan komitmen untuk penerapan pendekatan BASEL II untuk pengawasan berbasis risiko dalam jangka menengah. termasuk Risiko Suku Bunga (IRR). Sejalan dengan hal ini. Strategi Ghana Jangka Menengah untuk Utang akan fokus pada pengelolaan eksposur risiko yang terkait dengan portofolio utang yang ada dan mengambil langkah yang diperlukan dan bijaksana untuk memitigasi potensi risiko yang akan tertanam dalam pinjaman saat ini dan masa depan dan juga akan membantu mengurangi potensi variasi yang luas dalam biaya pembayaran hutang dan dampaknya terhadap anggaran. Pertimbangan yang signifikan akan diberikan kepada risiko operasional dalam pengelolaan utang. dan penyesuaian dengan kebijakan Tingkat dilakukan untuk mencerminkan risiko yang mendasari stabilitas ekonomi dan pertumbuhan proyeksi atas cakrawala jangka menengah. Hal ini juga akan mencakup semua risiko pasar.pemerintah untuk menanggung upah publik di bawah pertumbuhan PDB nominal dan menghindari terulangnya subsidi untuk sektor energi sebagai kenaikan harga minyak dunia lagi. pemerintah akan berusaha untuk menurunkan inflasi dan menjaganya pada tingkat satu digit. yang merupakan perbaikan besar pada strategi sebelumnya yang terkonsentrasi pada pencapaian keberlanjutan hutang dengan sumber hanya pinjaman lunak dengan hibah unsur minimal 35%.

terlibat penuh dalam negosiasi perdagangan multilateral. dan mempercepat integrasi ekonomi dengan negara-negara regional dan / atau sub-regional lainnya. lewat dari RUU Jasa Keuangan. Diantara langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam jangka menengah adalah rasionalisasi sistem dealer utama untuk mendukung transaksi sekunder. 3. dan memperkuat hubungan antara industri dan kebijakan perdagangan. untuk memberikan kerangka hukum dan peraturan untuk menyediakan jasa keuangan non-bank untuk non-penduduk. pembentukan Komisi Persaingan Ghana untuk menangani praktik perdagangan internasional yang tidak adil. pembentukan Badan Nasional Perlindungan Konsumen. dll. melaksanakan program WAMZ. meningkatkan rezim impor / ekspor. ekspor minyak dan gas diharapkan dimulai pada kuartal terakhir tahun 2010 akan meningkatkan pendapatan ekspor. Perdagangan Internasional dan Neraca Pembayaran Kebijakan dorong sektor eksternal adalah untuk membangun cadangan yang dapat meringankan perekonomian terhadap guncangan eksternal. kebijakan perdagangan akan digunakan untuk meningkatkan daya saing internasional perusahaan domestik. publikasi tahunan kalender masalah untuk memandu manajer portofolio untuk merencanakan rebalancing portofolio mereka tertib. setidaknya. termasuk: meningkatkan daya saing ekspor. memastikan bahwa Kebijakan Perdagangan Nasional mencerminkan protokol ECOWAS. dan pelaksanaan program hubungan investor yang komprehensif ditargetkan pada kedua peserta domestik dan internasional di pasar utang pemerintah. strategi adalah untuk membangun cadangan yang cukup untuk menutupi impor untuk. tiga bulan. Inisiatif pemerintah utama karena akan fokus pada: menjaga nilai tukar riil yang kompetitif. Dalam jangka menengah. pasar diversifikasi dan meningkatkan ekspor. terus mengambil keuntungan penuh dari Akses istimewa ke pasar. Reformasi pasar utang dalam negeri merupakan komponen penting dari pendalaman pasar keuangan dan meningkatkan efisiensi pengelolaan utang pemerintah. antara lain. Pembangunan Infrastruktur . dan penyelesaian Stabilitas Keuangan Program Assessment (FSAP) pembaruan. Meskipun.Reformasi sektor keuangan utama juga akan berlanjut selama periode tersebut. seperti AGOA. Dalam rangka liberalisasi perdagangan. mempromosikan barang baru dan jasa. sedangkan dalam jangka panjang strategi ini adalah untuk membangun enam bulan impor penutup untuk memenuhi sesuai Afrika Barat Zona Moneter (WAMZ ) kriteria konvergensi. Ini akan melibatkan. langkah akan diambil untuk lebih diversifikasi ekspor Ghana.

Rencana Infrastruktur Nasional mengidentifikasi berbagai proyek dan program dialokasikan untuk implementasi. Minyak dan Gas Pemerintah sebagai prioritas akan meningkatkan akses rumah tangga dan industri untuk pasokan energi yang handal dan memadai dan diversifikasi bauran energi nasional untuk mencakup penggunaan sumber energi pribumi. Strategi pembangunan infrastruktur juga akan bertujuan membuka akses ke lokasi-lokasi sumber daya alam. kebijakan nasional akan mempromosikan teknologi energi yang efisien yang menjaga kesehatan pengguna domestik khususnya perempuan dan anak. 1.Rencana Infrastruktur Nasional strategis. Pemerintah juga akan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis langkahlangkah untuk meningkatkan pertumbuhan dan memberikan momentum untuk memastikan daya saing global juara industri Ghana. Biaya produksi dan distribusi listrik juga akan semakin berkurang dengan ketersediaan gas alam yang lebih murah untuk pembangkit listrik. Infrastruktur energi juga akan direhabilitasi dan diperluas untuk menjamin pasokan yang memadai dan dapat diandalkan energi dan meningkatkan akses ke bentuk-bentuk modern dari energi untuk masyarakat miskin dan rentan melalui perpanjangan jaringan listrik nasional. saat ini sedang disiapkan di bawah naungan NDPC. Pada saat yang sama. Bangsa ini juga akan mendukung inisiatif regional untuk mengintegrasikan infrastruktur energi untuk memperluas dan mempercepat perdagangan energi lintas batas dan investasi dan mempromosikan pasokan bahan bakar yang lebih murah seperti gas alam sumber daya gas alam domestik Ghana dari dan Afrika Proyek Pipa Gas Barat untuk pembangkit . akan diimplementasikan untuk memodernisasi infrastruktur untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya di semua sektor ekonomi untuk membuat Ghana tujuan investasi yang menarik. situs pariwisata. Daerah di mana penemuan minyak dan gas berada akan dikembangkan untuk menciptakan kutub pertumbuhan baru dalam perekonomian. Di atas semua. pasar regional dan internasional. pengembangan minyak dan gas akan memberikan momentum bagi penciptaan lapangan kerja dan diversifikasi ekonomi. Energi. Ghana akan menggunakan sumber daya minyak dan gas untuk memastikan bahwa industri menjadi jangkar untuk mendorong pembangunan nasional. Infrastruktur fisik dan sosial yang lebih baik akan mendukung perubahan struktur ekonomi terhadap nilai tambah processing platform industri dan memastikan baik impor dan ekspor daya saing industri strategis yang akan mengoptimalkan perekonomian industri baru. serta kapasitas pengembangan untuk mendukung kebutuhan masyarakat industri modern. Selain itu. Pemerintah akan memberikan perhatian tertarik untuk melindungi lingkungan dan menerapkan kebijakan pengelolaan pendapatan transparan untuk memastikan sumber daya minyak dan gas menguntungkan Ghana. Sebuah prioritas kebijakan akan fokus pada peningkatan akses ke produk minyak bumi dengan harga yang mendukung tujuan pembangunan bangsa. Gas alam akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan Ghana dan untuk ekspor ke negara-negara lain di sub-region. subur namun lahan pertanian tidak dapat diakses dan sentra-sentra produksi pangan utama serta pengurangan komponen transportasi dari biaya produksi industri lokal dan meningkatkan akses ke dalam negeri. dan tidak menjadi kantong lain untuk eksploitasi sumber daya didominasi oleh kepentingan asing.

Ini juga akan membangun kapasitas untuk meningkatkan ketersediaan sumber daya dalam negeri untuk mendanai lanjut eksplorasi serta pembentukan industri strategis lainnya. dan mengembangkan pengaturan kelembagaan dan peraturan untuk memastikan yang paling efektif dan gerakan efisien barang dan penumpang. fiskal dan peraturan yang kondusif untuk menarik investor ke sektor energi. udara. mendorong investor Ghana untuk menggunakan pasar modal. jasa.listrik. Tujuan kebijakan berikut akan ditempuh: memprioritaskan pemeliharaan infrastruktur jalan yang ada untuk mengurangi biaya operasional kendaraan (BOK) dan biaya rehabilitasi masa depan. meningkatkan aksesibilitas dengan menentukan pusat-pusat utama dari populasi. kereta api. dan memastikan rezim harga yang efisien dan transparan untuk jasa energi. produksi dan pariwisata. Industri migas dan akan memberikan dorongan untuk memperkuat kapasitas lembaga keuangan lokal untuk bersaing dengan mitra asing mereka peluang. untuk meningkatkan pembiayaan untuk investasi di sektor energi. Pemerintah akan memberlakukan hukum konten lokal untuk mengoptimalkan penggunaan barang-barang lokal. melaksanakan proyek transportasi perkotaan seperti Ghana Transportasi Perkotaan Proyek (GUTP) termasuk Bus Rapid Transit (BRT) dan sekolah bussing skema. Sebuah papan kebijakan utama akan memaksimalkan pemanfaatan cadangan gas alam dengan melarang pembakaran atau ventilasi gas alam yang diproduksi di dalam Ghana. Inisiatif khusus akan diluncurkan untuk kembali membangun. Transportasi (termasuk jalan. dan mengeksplorasi Public-Private Partnerships (PPP) dan pilihan konsesi untuk investasi di bidang infrastruktur dan jasa transportasi (tunggal dan opsi multi-modal). 2. kecuali jika diperlukan dalam operasi langsung dari perusahaan yang terlibat dalam produksi minyak dan gas. dan sumber daya terkait di semua segmen dari minyak dan rantai nilai industri gas untuk mempertahankan bagian penting dari manfaat dalam Ghana. sambil memastikan keamanan bagi minyak dan industri gas secara keseluruhan (termasuk instalasi dan operasi). membangun kapasitas kontraktor jalan lokal dan konsultan. Sejumlah intervensi untuk mendukung pencapaian tujuan kebijakan ini adalah sebagai berikut: menyediakan lingkungan hukum. laut dan transportasi darat) Sektor jalan Ghana membutuhkan infus besar sumber daya dan intervensi kebijakan untuk memungkinkan untuk mendukung pembangunan nasional. termasuk Bursa Efek Ghana. merehabilitasi atau memodernisasi jaringan Koridor Timur meliputi jalan Tema-Asikuma-Hohoe-Jasikan- . Karena kebutuhan investasi yang besar. menciptakan praktek transparan dan tidak diskriminatif dalam pelaksanaan aturan dan peraturan. Prioritas juga akan diberikan kepada pembangunan kembali permukiman yang ada sebagai bagian dari permukiman perkotaan baru yang diharapkan dari perkembangan yang berhubungan dengan eksploitasi sumber daya minyak dan gas. dan memastikan klasifikasi yang tepat dan digunakan. menarik modal investasi yang diperlukan dalam eksplorasi minyak dan gas dan pengembangan akan terus menjadi langkah penting menuju peningkatan manfaat bagi masyarakat Ghana. re-instate metode berbasis tenaga kerja jalan konstruksi dan pemeliharaan untuk meningkatkan jalan pedesaan dan memaksimalkan kesempatan kerja.

feri dll Selain itu. Sebuah pelabuhan laut dalam yang modern akan dikembangkan di lokasi yang cocok di Wilayah Barat untuk melayani industri jasa minyak dan gas serta kebutuhan industri pengolahan baru. memungkinkan gerakan sepanjang tahun-putaran produk minyak bumi curah dari Akosombo ke Utara melalui pipa dan tongkang untuk mengurangi biaya dan dampak lingkungan dari pengangkutan jalan. sedang berlangsung Debre Kelautan Proyek membangun mini-pelabuhan di Debre di danau akan. saat selesai. Jaringan kereta api yang ada akan direhabilitasi atau benar-benar dibangun kembali sesuai. modernisasi dan program ekspansi ditujukan untuk mengurangi tekanan yang meningkat terhadap transportasi perkotaan di wilayah metropolitan utama dari Accra.jalan Bamboe-Bole-Wa-Hamile serta Bawku-Tumu-Lawra dan Tamale Fufulso-Sawla-Wa jalan. jaringan jalan akan dibangun untuk meningkatkan jalan pedesaan yang mendukung infrastruktur produksi Ghana. di bawah Koridor Barat Development Authority. 3. fokus akan berada di jalur kereta api Barat. penghapusan tunggul pohon dari Danau dan pengadaan kapal tambahan. Sebagai prioritas. Selain itu. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Percepatan pembangunan infrastruktur ICT adalah katalis untuk modernisasi Ghana dan pertumbuhan yang cepat. memperkuat kerangka kelembagaan dan peraturan untuk mengelola sektor TIK.Yendi-Nalerigu-Kulungugu dan jaringan Koridor Barat meliputi Elubu-AsemkromEnchi-Goaso-Sunyani. Tema dan Sekondi-Takoradi dan menyediakan pengangkutan barang untuk minyak baru dan industri gas-driven diantisipasi untuk menjadi ujung tombak pertumbuhan dipercepat. Seluruh rehabilitasi kereta api. Layanan udara domestik akan didorong melalui insentif pajak untuk penerbangan berbasis lokal. dan memfasilitasi penyediaan data meteorologi kualitas dan perkiraan dalam mendukung . Hasil yang diharapkan akan menjadi pengurangan tekanan dan kemacetan di jalan dan jalan raya. Tujuan kebijakan penting yang harus dikejar untuk tujuan ini adalah untuk: mempromosikan perkembangan pesat dan penyebaran infrastruktur TIK nasional. The Lake Volta Sistem Transportasi akan berubah menjadi pusat transportasi yang efektif dengan mengatasi masalah tersebut termasuk antara lain dengan pengerukan. dan memelihara keamanan internasional dan standar keamanan di seluruh bandara tersebut. Ini adalah prasyarat untuk pelaksanaan inisiatif ekonomi dan sosial berbagai diprogram untuk Wilayah Barat. Perhatian juga akan diberikan untuk memastikan bahwa Ghana mematuhi. modern dan diperluas untuk mendukung pertumbuhan industri dipercepat. ada Takoradi dan Tema port akan direhabilitasi dan ditingkatkan. Fasilitas di bandara nasional di Accra akan dipertahankan dan semakin ditingkatkan untuk membuat Accra hub Afrika Barat dan gateway yang akan mengakibatkan pertumbuhan ekspor dan pariwisata. Kumasi. Selain itu. mempromosikan penggunaan TIK di semua sektor ekonomi.

Air dan Sanitasi Air dan sanitasi akan menerima dorongan besar melalui pelaksanaan tujuan kebijakan berikut: memastikan manajemen yang efisien sumber daya air. menyediakan peralatan yang terjangkau / aksesoris untuk mendorong penggunaan massa TIK. mendorong dan mempromosikan pemanenan air hujan akan dikembangkan. meningkatkan koordinasi sektor melalui pendekatan seluas sektor terhadap air dan pengiriman sanitasi lingkungan. struktur manajemen untuk semua daerah aliran sungai utama akan dibentuk dan dibuat fungsional. mempercepat penyediaan air yang aman dan terjangkau. layanan pos universal yang handal dan aman. pelatihan justru mendorong TIK di semua tingkat dan memastikan bahwa konektivitas internet kecepatan tinggi broadband tersedia di setiap kabupaten untuk meningkatkan cakupan yang memadai dari infrastruktur ICT. mempromosikan dan mendorong perluasan layanan pos untuk pembangunan sosial dan ekonomi negara. adaptasi perubahan iklim akan menjadi faktor dalam pengelolaan sumber daya air . investasi. dan memastikan bahwa informasi modern dan teknologi komunikasi yang tersedia dan digunakan di semua tingkat masyarakat. 4. Sumber Daya akan diberikan untuk memastikan pendanaan yang berkelanjutan. serta penguatan kelembagaan dan kapasitas sumber daya manusia untuk pengiriman kualitas layanan. Penyediaan air bersih di daerah pedesaan dan perkotaan akan didukung dengan investasi untuk pembangunan fasilitas baru serta rehabilitasi dan perluasan fasilitas air yang ada. Intervensi strategis berikut ini akan memungkinkan tercapainya tujuan kebijakan ini: memfasilitasi pengembangan sektor ICT melalui penggunaan kemampuan lokal di IMS. dan meningkatkan pengumpulan data dan manajemen untuk penilaian sumber daya air dan pengambilan keputusan. instrumen legislatif akan dikembangkan dan diimplementasikan untuk pengelolaan sumber daya air yang efisien. Untuk memastikan efisien pengelolaan sumber daya air. dapat diprediksi dan memadai dari sektor ini. mekanisme dan langkah untuk mendukung. penempaan hubungan dengan Ghana di Diaspora untuk memanfaatkan mereka sebagai bagian dari tenaga kerja dan pembentukan pusat publik untuk memberikan akses ke komputer dan internet bagi mereka yang tidak peralatan ICT sendiri. . memastikan pelaksanaan program pendidikan kesehatan sebagai komponen dari semua program air dan sanitasi. strategi berikut akan dikejar: lintas batas kerjasama dan pengelolaan sumber daya air akan ditingkatkan. Inisiatif akan diluncurkan di daerah lain termasuk: mempromosikan kegiatan eGovernment dan e-Governance untuk transparansi dalam bisnis pemerintah. dan meningkatkan kapasitas kelembagaan sektor. akan berfokus pada pelanggan dan memberikan diperluas portofolio layanan sesuai dengan permintaan pelanggan serta memberikan cepat. mempercepat penyediaan sanitasi lingkungan. Strategi penting lainnya adalah pelaksanaan program e-Governance nasional dengan mengerahkan infrastruktur TIK di semua lembaga Pemerintah dan penelaahan berkala terhadap kerangka kelembagaan dan hukum yang ada untuk memastikan pelayanan meteorologi efektif dan peramalan.sektor cuaca sensitif ekonomi. Strategi TIK lainnya termasuk pemanfaatannya dalam proses pendidikan dan dalam penyediaan pelayanan kesehatan di semua tingkatan melalui pengenalan catatan kesehatan elektronik.

SWA Compact akan dilaksanakan dan rilis tepat waktu anggaran rutin disetujui sektor ini akan dikejar. monitoring dan evaluasi kegiatan sektor. lingkungan hidup. Lembaga sektor termasuk Sumber Daya Air Komisi (WRC). pengembangan dan implementasi M komprehensif & E untuk sektor air dan sanitasi. mengintegrasikan pendidikan kebersihan dalam air dan pengiriman sanitasi. Untuk memastikan pendanaan yang berkelanjutan. Metropolitan. Kota dan Kabupaten Sidang (MMDAs) dan struktur manajemen masyarakat juga akan diberikan kemampuan yang diperlukan untuk memungkinkan mereka lebih baik mengelola sumber daya air dan fasilitas air dan sanitasi lingkungan di berbagai tingkat masyarakat. Peningkatan kapasitas akan menjadi bagian integral dari proses. Strategi lain akan mencakup: promosi cuci tangan pakai sabun pada saat kritis. dan mengembangkan fasilitas sanitasi cacat-friendly. pelaksanaan. melalui penggabungan pendidikan kesehatan di semua program air dan sanitasi. mempromosikan teknologi hemat biaya dan inovatif untuk pengelolaan limbah. serta air dan sanitasi jasa pengiriman di negara itu. 5. Air dan Sanitasi Direktorat Lingkungan dan Higiene Direktorat akan diperkuat dengan personil yang terlatih dan sumber daya lain untuk memungkinkan mereka mengambil kepemilikan dan memimpin peran sektor ini. penggabungan isuisu lintas sektoral seperti: gender. Strategi lain akan mencakup memfasilitasi perluasan jaringan distribusi terutama untuk konsumen berpenghasilan rendah.memperkuat kemitraan publik-swasta dan LSM dalam penyediaan air serta meningkatkan milik masyarakat dan dikelola sistem pasokan air. Meningkatkan kapasitas kelembagaan sektor adalah esensi untuk memastikan pengelolaan sumber daya air yang efisien. mengembangkan Sanitasi Investasi Lingkungan Strategis Rencana. Strategi berikut juga akan diupayakan: pengembangan dan pelaksanaan Rencana Pembangunan Strategis Sektor. dapat diprediksi dan memadai dari sektor ini. The "Pencemar Pays Principle" juga akan dioperasionalisasikan dalam pengelolaan sumber daya air dan sanitasi lingkungan. biaya air ekonomi akan ditetapkan. Sumber-sumber non-tradisional lainnya dana akan diidentifikasi. mengintensifkan pendidikan kebersihan dalam penyediaan pelayanan air. Ghana Water Company Limited (GWCL). Air dan Sanitasi Badan (CWSA). dukungan kemitraan publikswasta dalam pengelolaan limbah padat dan cair. kota dan desa yang . promosi penggunaan higienis air di tingkat rumah tangga. pendidikan kesehatan akan dilaksanakan sebagai bagian dari semua program air dan sanitasi. sementara rencana strategis sektor akan dipasarkan dengan baik. desentralisasi dan tata kelola dalam pelaksanaannya Sanitasi dan Air untuk Semua (SWA) program. Kebijakan bertujuan untuk meningkatkan koordinasi sektor akan dicapai melalui penerapan pendekatan sektor-lebar untuk perencanaan. reformasi sektor publik. Selain itu. dan promosi higienis metode pembuangan tinja. dan mendorong kemitraan publik-swasta dalam penyediaan layanan air. pelaksanaan Sanitasi Renstra dan Aksi Lingkungan Nasional. Pemukiman Tujuan keseluruhan pembangunan pemukiman manusia adalah untuk memastikan bahwa semua kegiatan manusia yang terorganisir di dalam kota kami. Sanitasi lingkungan akan ditingkatkan melalui: mempromosikan pembangunan dan penggunaan jamban dalam negeri yang sesuai dan terjangkau.

Intervensi kebijakan harus fokus pada:  Perumahan dan perumahan. dan program pembangunan drainase. Faktor penyumbang mungkin banyak dan bervariasi. penekanan akan pada perumahan dan tempat tinggal mengingat backlog yang sudah ada. Sehubungan dengan perumahan pedesaan. terutama di daerah perkotaan. dan kesenjangan tahunan melebar dalam penyediaan. bagaimanapun. Upaya khusus akan dilakukan. Strategi khusus lain untuk mencapai tujuan pembangunan perumahan perkotaan meliputi: mempromosikan pembuatan dan penggunaan bahan bangunan lokal dan teknologi yang tepat dalam hal perumahan. memastikan penegakan standar untuk desain arsitektur dan kode bangunan. 2.  Hirarki pemukiman manusia. mendorong pengendalian erosi dan skema pencegahan. dan pelaksanaan kebijakan perumahan nasional yang baru. Slum Upgrading dan Pencegahan: Pengembangan kumuh menjadi fitur dari lingkungan perkotaan di Ghana. Dalam jangka menengah. Intervensi jangka menengah meliputi: penguatan kerangka hukum tentang pembangunan perkotaan. pembentukan pedoman untuk perencanaan dan pengembangan wilayah perkotaan. dan permintaan untuk unit perumahan. Hal ini diwujudkan dalam kepadatan penduduk dan perkembangan permukiman kumuh. dan  pengaturan kelembagaan untuk pengelolaan pemukiman manusia 1. bersama dengan mitra sektor swasta lokal dan internasional. Pemerintah. Perumahan dan Hunian: Kenaikan pesat dalam populasi telah mengakibatkan defisit perumahan yang besar. strategi adalah untuk: meninjau dan melaksanakan kebijakan perumahan pedesaan yang ada. Backlog diperkirakan sekitar satu juta unit. Statistik yang tersedia menunjukkan bahwa negara ini perlu sedikitnya 100. mendorong pertumbuhan permukiman yang dapat mendukung perekonomian pedesaan dan transformasi. pengenalan program pembaharuan kumuh utama. pembentukan kerangka hukum untuk mendukung pembangunan kondominium. .000 unit rumah per tahun.  peningkatan kumuh dan pencegahan  pencegahan bencana Penyelesaian. dan mempromosikan tabungan dan investasi di perumahan.dilakukan secara terencana dan spasial ditentukan dalam rangka untuk membawa tentang pemerataan dan meningkatkan pembangunan sosial-ekonomi. untuk meluncurkan inisiatif perumahan nasional baru untuk memulai rasionalisasi pasar perumahan untuk menyediakan perumahan yang terjangkau bagi Ghana. menetapkan standar untuk bahan konstruksi lokal untuk menjamin penggunaan yang tepat dari bahan-bahan untuk konstruksi. dan mempromosikan diri -membantu skema bangunan yang diselenggarakan oleh asosiasi perdagangan. berkomitmen untuk memperbaiki permukiman kumuh yang ada dan mencegah munculnya yang baru di setiap kota atau kota dengan memperkuat penegakan hukum dan oleh-hukum. meningkatkan pada infrastruktur yang ada dan fasilitas dalam masyarakat kumuh.

baik alami atau buatan manusia. Hirarki Cipta Karya: Sistem perkotaan di Ghana ditandai oleh over-konsentrasi kota dalam zona selatan dibandingkan dengan sedikit kota di bagian utara negara itu. Strategi yang akan diterapkan untuk mengatasi masalah ini harus mencakup pembentukan sebuah hirarki baru dari pusat perkotaan. lemahnya penegakan hukum perencanaan oleh instansi terkait. bangunan di atas air-cara dan situssitus berbahaya yang beresiko dari banjir. Komisi / Dewan juga akan memastikan kerjasama . Sejalan dengan hal ini. Pengaturan Kelembagaan: Perencanaan dan pengelolaan pemukiman manusia melibatkan berbagai pemangku kepentingan dengan manajemen yang berbeda dan kemampuan operasional karena sifat lintas sektor pembangunan penampungan dan jaringan permukiman. 4. kapasitas kelas 2 pusat akan ditingkatkan untuk melakukan peningkatan fungsi industri dan komersial. Strategi lain adalah: fisik mengintegrasikan semua wilayah dan distrik. meninjau dan memodernisasi kode bangunan. dan meningkatkan percepatan pertumbuhan kota-kota menengah untuk kota-kota besar. Pemukiman Pencegahan Bencana: Bencana. Sebuah kerangka kerja untuk koordinasi yang efektif dan pengembangan kapasitas lembaga-lembaga nasional utama untuk perencanaan yang efektif pemukiman manusia harus didirikan. dan memperkuat lembaga-lembaga untuk menegakkan bangunan dan perencanaan hukum. adalah isu-isu pembangunan yang serius yang harus diperhitungkan dalam perencanaan pembangunan dari kedua daerah perkotaan dan pedesaan. melakukan program pendidikan dan kepekaan untuk membuat Ghana lebih sadar tentang bagaimana mencegah dan menangani bencana. dan urban sprawl yang tidak terkendali di kota-kota dan permukiman perkotaan lainnya sebagai akibat dari daya tarik mereka untuk migran pedesaan. Di Ghana. terutama ibukota masing-masing. 5.3. Tantangan-tantangan ini akan diatasi melalui pelaksanaan tujuan kebijakan meminimalkan dampak. Strategi khusus meliputi: perencanaan yang tepat dari sistem drainase. Keadaan ini terutama disebabkan oleh kurangnya kota menengah yang efektif antara permukiman perkotaan kunci dan permukiman pedesaan. kejadian bencana terutama di kotakota dan pinggiran kota telah dibawa terutama oleh kurangnya kepatuhan terhadap peraturan kode bangunan. Dalam jangka menengah Pemerintah akan membentuk Komisi Pemukiman Nasional atau Dewan Perumahan Nasional untuk mengkoordinasikan kegiatan semua lembaga yang terlibat dalam pembangunan perumahan. Titik pertumbuhan Over-terkonsentrasi permukiman perkotaan besar seperti Accra dan Kumasi akan decongested dengan mendirikan pusat-pusat pertumbuhan baru. kode bangunan kuno. Ini akan spasial terintegrasi dengan setiap hierarki memiliki jelas set fungsi melalui pengurangan kesenjangan antar daerah. terutama di daerah miskin di negeri ini. serta pengembangan strategi respon yang memadai terhadap bencana. gempa bumi dll dan infrastruktur yang buruk dalam hal drainase dan jaringan jalan yang menghambat pemberian layanan bantuan darurat.

dan institusi dari program pembaharuan perkotaan nasional. promosi program mata pencaharian alternatif untuk mengembangkan keterampilan di kalangan penduduk pedesaan. pembentukan pusat layanan pedesaan untuk mempromosikan industri pertanian dan berbasis agro.antar-lembaga yang efektif terutama di kalangan infrastruktur dan lembaga pelayanan sosial pengiriman. memperkuat spasial perencanaan dalam manajemen perkotaan. pertimbangan kebijakan tata ruang yang tidak memadai dalam perencanaan pembangunan. tarik investasi untuk . dan rencana pemanfaatan ruang / lahan tidak efisien. Penggunaan Pertanahan Nasional Masalah penggunaan lahan nasional dimanifestasikan oleh masalah kepemilikan tanah yang menimbulkan risiko keamanan nasional utama serta tantangan besar penggunaan lahan di negara ini. memerlukan: promosi berkelanjutan. pemerintah juga akan merumuskan dan melaksanakan kebijakan khusus untuk menangani ada dan muncul masalah dan isu yang berkaitan dengan Pengembangan dan Manajemen Perkotaan. Kebijakan pemerintah mengenai penggunaan lahan nasional akan.  Pembangunan Pedesaan dan Manajemen Mengingat ketentuan yang tidak memadai fasilitas sosial dasar dan pembangunan infrastruktur. sistem kepemilikan tanah rumit. Dalam jangka menengah. dan Pembangunan Pedesaan dan Manajemen. reformasi teknologi dan hukum di bawah Proyek / Town & Country Administrasi Pertanahan Perencanaan Departemen / Penggunaan Tanah Proyek Perencanaan & Manajemen (PAP / tcpd-LUPMP) dalam mendukung perencanaan penggunaan lahan. menyediakan ruang adaptif di daerah perkotaan untuk komersialisasi. memastikan keterkaitan antara daerah perkotaan dan pedesaan. strategi dan rencana kerja. mengembangkan wakaf khusus kota-kota. dan pengembangan sumber daya manusia untuk perencanaan penggunaan lahan yang efektif dan manajemen. memperkenalkan penamaan jalan modern dan sistem alamat properti.  Pembangunan Perkotaan dan Manajemen: Intervensi kebijakan khusus meliputi: a direktif untuk MMDAs dan sektor swasta untuk memasukkan isu-isu perkotaan dalam kebijakan. Masalah landrelated lainnya termasuk: ketidakdisiplinan umum di pasar tanah. pemerintah harus menerapkan kebijakan yang akan menargetkan peremajaan masyarakat pedesaan kita. penggunaan sistem informasi geografis (GIS) secara spasial / perencanaan penggunaan lahan. prosedur pendaftaran tanah rumit. antara lain. serta penipisan masyarakat pedesaan melalui tingkat tinggi migrasi desa-kota. Langkah-langkah spesifik yang harus diambil meliputi: perbaikan dalam penyediaan massa kritis pelayanan sosial dan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyat. pengembangan spasial terpadu dan tertib pemukiman manusia dalam mendukung transformasi sosial ekonomi yang cepat. 6.

Komoditas ekspor termasuk emas. Sebagai Ghana mulai mengakses pembiayaan non-konsesional untuk memenuhi kebutuhan pembangunannya. Pada bulan Agustus 2011. Fasilitas ini merupakan terbesar yang pernah dijamin oleh Ghana dan akan digunakan untuk membiayai kesenjangan infrastruktur yang diidentifikasi dalam strategi pembangunan nasional. pemerintah perlu memastikan pelestarian keberlanjutan utang negara dan pengembangan kerangka kelembagaan yang kuat untuk keputusan investasi public sumber daya alamnya kaya. Tingkat lingkup hutan Ghana sekitar 34 persen. Karena kaya akan kakao.pertumbuhan dan pengembangan daerah pedesaan. Parlemen Ghana menyetujui 3 miliar dolar (USD) pinjaman dari China Development Bank (CDB). Produksi kakao di Ghana sekitar 13 persen di seluruh dunia. dan promosi kelestarian lingkungan SUMBER-SUMBER PEMBIAYAAN PEMBANGUNAN Status dan minyak menengah penerimaan Ghana telah memberikan negara dengan ruang fiskal untuk mencari sumber-sumber non-konsesi keuangan. maka Ghana adalah negara produksi dan pengekspor kakao terbesar di dunia. Ghana Bersama Pertumbuhan dan Pengembangan Agenda (GSGDA). . kakao dan bahan kayu adalah soko guru ekonomi Ghana.

BAB III KESIMPULAN Ghana memiliki potensi untuk mengembangkan diri menjadi Negara maju. Asalkan ada yang memimpin membawa suatu perubahan bagi rakyat Ghana yang sudah bosan hidup menderita NOTE : Karakteristik Umum Negara berkembang dikerjakan Bara Indikator-Indikator Pembangunan dikerjakan Bara Persoalan Dasar dan Penghambat dalam Proses Pembangunan dikerjakan Wahid Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi dikerjakan Wahid Teori-teori dikerjakan Maria Strategi Pembangunan Ekonomi dikerjakan Maria Perencanaan Pembangunan Ekonomi dikerjakan Agus Sumber-Sumber Pembiayaan Pembangunan dikerjakan agus .

org/wiki/Ghana www.DAFTAR PUSTAKA www. Yogyakarta: Ekonosia.com/2010/12/karakteristik-negara-berkembang.net http://silvergrey23.html http://data.wikipedia. Ekonomi Pembangunan. 2010.prmob. .org/country/ghana http://hdr.undp.org diakses tanggal 25 februari 2013 pukul 3:19pm http://www.org/en/country/ghana/overview diakses tanggal 9 april 2013 pukul 11:32pm Hakim.worldbank.blogspot.worldbank. Abdul.