PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

PENGERTIAN DAN PEMAHAMAN TENTANG BANGSA DAN NEGARA

DISUSUN OLEH

HESTI MARGARETHA GAUTAMI NIM : 04101004001

UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2010

Oleh karena itu. M. Selain itu.. penyusun memohon maaf apabila ada kesalahan-kesalahan dalam penyusunan tugas ini. penyusun juga mengharapkan agar memperoleh nilai yang baik dalam tugas ini. Tak ada gading yang tak retak. Agustus 2010 Dosen Pengasuh. Penyusun mengharapkan agar penyusunan tugas ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua orang. Palembang.Pd. karena berkat karunia dan anugerah-Nya penyusun dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. dan semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan tugas ini. S.KATA PENGANTAR Puji dan syukur penyusun haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Tugas ini merupakan tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. khususnya untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.H Penyusun i . teman. Ucapan terima kasih disampaikan penulis kepada dosen pengasuh yang telah memberikan banyak pengarahan kepada kami. Hormat Saya. Kritik dan saran yang membangun sangat penyusun harapkan. Kurnisar.

...... ii A....................................................... 12 ii .... 6 2............................. 6 1..................... 4 D................................................................................................. Hubungan Bangsa dan Negara................................................... 7 3.......... Pembagian Bentuk Negara...................... 1 2.......... Pengertian Sistem Pemerintahan.................... Pengertian Bentuk Pemerintahan............................... 3 C......................................................................................................... Pengertian Bentuk Negara........................ Pengertian Negara...................................................................................................................................... 1 1.................................. Bentuk Pemerintahan Klasik dan Modern......... 2 3..................................................................................................................... Bentuk Kenegaraan...................................................................................... 3 1............................. i Daftar Isi.................... Bentuk Pemerintahan................................................. 3 2........ 11 1.... Pengertian Bangsa........ 11 2........................................ 3 B................DAFTAR ISI Kata Pengantar................................................................ Bentuk Negara......................................................... 9 E........... Jenis Sistem Pemerintahan............................................... Sistem Pemerintahan.............. Bangsa dan Negara................................ Bentuk Pemerintahan Monarki dan Republik...........................

suatu akal yang terjadi dari dua hal. • Menurut para ahli Hans Kohn (Jerman) Bangsa adalah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah. Pengertian Bangsa • Bangsa adalah orang-orang yang biasanya terikat karena memiliki kesamaan bahasa. Ernest Renan (Perancis) Bangsa adalah suatu nyawa. Otto Bauer (Jerman) Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya (paham geopolitik). agama. Karakter tumbuh karena adanya kesamaan nasib. yaitu Nusantara/ Indonesia. • Menurut Kamus Bahasa Indonesia. dan rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi satu. asal keturunan.PENGERTIAN DAN PEMAHAMAN TENTANG BANGSA DAN NEGARA A. hanya mungkin suku ruang lingkupnya lebih kecil dibandingkan dengan bangsa. F. Suatu bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak. 1 . sejarah. Bangsa Indonesia adalah kelompokkelompok manusia yang mempunyai kepentingan yang sama. bangsa adalah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi dan bangsa disini kemungkinan identik dengan suku. adat. Ratzel (Jerman) Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Bangsa dan Negara 1. hal 89. dan wilayah tertentu. edisi ke-2. yaitu rakyat yang harus bersama-sama menjalankan satu riwayat. lambang negara dan bendera yang sama serta menyatakan diri sebagai satu suku bangsa dan mendiami dalam satu wilayah.

kesamaan adat istiadat. yaitu status atau statum yang berarti menempatkan dalam keadaan berdiri. G. 2. Pengertian Negara • Secara etimologis. • Negara adalah suatu organisasi dari kelompok manusia yang bersamasama mendiami suatu wilayah dan mengakui adanya suatu pemerintahan. suku/ bangsa dengan memiliki kedaulatan. membuat berdiri. serta mendapat pengakuan dari negara lain. satu dasar negara dan kedaulatan yang diakui oleh pihak negaranegara luar termasuk PBB. Hegel Negara adalah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal. dan menempatkan. Kata status juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang menunjukkan sifat atau keadaan tegak dan tetap. • Negara adalah suatu perserikatan yang dilaksanakan satu pemerintahan melalui hukum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan untuk memaksa dan untuk ketertiban sosial. Mr. Kata Staat maupun state berasal dari bahasa latin. satu lambang negara. • Negara adalah suatu wilayah yang dihuni oleh beberapa kelompok. 2 .- Jalobsen dan Lipman Bangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity) dan kesatuan politik (political unity).W.F. atau State (Inggris). Jerman). Kranenburg Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena adanya kehendak dari suatu golongan atau bangsa. • Menurut para ahli George Jellinek Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang mendiami wilayah tertentu. negara berasal dari bahasa asing Staat (Belanda.

B. Unitarisme/ Kesatuan • gabungan beberapa wilayah membentuk suatu kesatuan. pemerintah pusat pemegang kedaulatan rakyat kepala negara/ kepala pemerintahan Ciri-ciri : Hanya ada satu : - 3 . Pembagian Bentuk Negara a. 3. Pengertian Bentuk Negara Bentuk negara adalah pengelompokan wilayah negara berdasarkan kriteria distribusi kekuasaan (secara resmi) antarberbagai tingkat pemerintahan dalam suatu negara. Hubungan Bangsa dan Negara Bangsa pasti merupakan suatu negara. Bentuk Negara 1. 2. - Carl Schmitt Negara adalah sebagai suatu ikatan dari manusia yang mengorganisasi dirinya dalam wilayah tertentu. - Roger F. Soultau Negara adalah alat (agency) atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat. tetapi suatu negara belum tentu dapat disebut sebagai bangsa.- Karl Max Negara adalah alat kelas yang berkuasa (kaum borjuis/ kapitalis) untuk menindas atau mengeksploitasi kelas yang lain (proletariat/ buruh) - Logeman Negara adalah organisasi kemasyarakatan (ikatan kerja) yang mempunyai tujuan untuk mengatur dan memelihara masyarakat tertentu.

hukum dan pemerintahan masih tergantung pada negara yang menjajahnya.- konstitusi kebijakan nasional-internasional. pemerintah pusat pemegang kedaulatan rakyat kepala negara/ kepala pemerintahan konstitusi kebijakan nasional-internasional wilayah-wilayah disebut negara hal-hal istimewa 4 . Negara serikat/ federasi • Gabungan beberapa negara membentuk negara. Bentuk Kenegaraan a. b. Dalam negara koloni urusan politik. Diatas negara lahir negara. yang berasal dari pemerintah pusat wilayah-wilayah disebut daerah hal-hal istimewa (bentuk negara yang bersangkutan) b. Ciri-ciri : Lebih dari satu : C. Contoh : Papua New Guinea bekas jajahan Inggris berada di bawah naungan PBB sampai dengan tahun 1975. Koloni • Suatu negara yang menjadi jajahan negara lain. Trustee (perwalian) • Wilayah jajahan dari negara-negara yang kalah perang dalam Perang Dunia II dan berada di bawah nauangan Dewan Perwalian PBB serta negara yang menang perang. Contoh : Indonesia pernah menjadi koloni Belanda selama lebih kurang 350 tahun.

Zanzibar semasa protektorat Inggris tahun 1890 dan Albania semasa protektorat Italia tahun 1936. pertahanan keamanan.. Maroko. Mandat • Suatu negara yang tadinya merupakan jajahan dari negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia I dan diletakkan dibawah perlindungan suatu negara yang menang perang dengan pengawasan Dewan Mandat Liga Bangsa-bangsa. protektorat terbagi menjadi : 1. Biasanya negara yang dilindungi tidak dianggap merdeka dan berdaulat.H. Protektorat • suatu negara yang berada di bawah lindungan negara lain yamg kuat. Indo-Cina sebelum merdeka merupakan protektorat dari Perancis. Contoh : Tunisia. Negara-negara dominion tergabung dalam 5 . Hal-hal yang berhubungan dengan luar negeri dan pertahanan negara diserahkan kepada negara pelindungnya (suzeren). Negara tersebut merupakan subjek hukum Internasional. serta mengakui Raja Inggris sebagai rajanya (lambang persatuan). d. serta dalam negeri kepada pemerintah pelindungnya (Union Francaise). Protektorat Kolonial : bentuk protektorat yang menyerahkan urusan hubungan luar negeri.c. e. Negara yang dilindungi dalam beberapa urusan luar dan dalam negeri serta pertahanan dan keamanan tidak banyak bergantung pada negara yang melindungi. Dominion • Bentuk negara yang khusus dalam lingkungan kerajaan Inggris. Contoh : Mesir semasa protektorat Turki tahun 1917. 2. Negara dominion adalah suatu megara yang tadinya merupakan jajahan Inggris yang telah merdeka dan berdaulat. Contoh : Kamerun bekas jajahan Jerman menjadi mandat Perancis. S. Protektorat Internasional : protektorat yang masih tetap memperhatikan ketentuan-ketentuan Hukum Internasional. Menurut Samidjo.

Selandia Baru. dan Luxemburg) yang tergabung dalam Uni personil tahun 1839-1890. Netherland. Bentuk Pemerintahan 1. Sementara itu. 6 . Negara-negara dominion mempunyai kemerdekaan dan kedaulatan penuh dalam mengurus praktek-praktek ke dalam maupun ke luar. 3. Uni Riil (Reele Unie) Dua Negara yang berdasarkan suatu traktat mengadakan ikatan yang dikepalai oleh seorang raja dan membentuk alat perlengkapan uni guna mengatur kepentingan bersama. Inggris-Scotland (1603-1707).The British Commonwealth of Nations (Negara-negara persemakmuran). Contoh : Uni Indonesia-Belanda tahun 1949-1956. f. 2. Swedia dan Norwegia tahun 1815-1905. Australia. Uni personil (personele Unie) Dua negara yang kebetulan mempunyai raja yang sama sebagai kepala negara. Uni • Gabungan dua atau lebih negara merdeka dan berdaulat dengan satu kepala negara yang sama. Contoh : Uni Austria-Hongaria tahun 1867-1919. D. Uni dibedakan menjadi tiga macam : 1. setelah ada kesepakatan lewat perjanjian. Contoh : Benelux (Belgia. dan Afrika Selatan. Contoh : Negara Kanada. Uni Zui Generalis Gabungan negara yang mempunyai alat kelengkapan bersama untuk mengurus kepentingan hubungan luar negeri. segala urusan dalam maupun luar negeri diurus masing-masing negara. Kepentingan bersama itu umumnya berupa persoalan-persoalan yang menyangkut politik luar negeri. Pengertian Bentuk Pemerintahan Bentuk pemerintahan adalah pengelompokan negara berdasarkan letak kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara.

b. Oligarki aristokrasi : sekelompok pemuka masyarakat/ cendekiawan menguasai suatu negara. yaitu jumlah orang yang memegang pucuk pemerintahan dan kualitas pemerintahannya (untuk siapa kekuasaan negara itu). Bentuk negara aristokrasi dan demokrasi adalah bentuk pemerintahan klasik. 2.• • Mac Iver dan Leon Duguit Bentuk negara sama dengan bentuk pemerintahan Prof. Oligarki plutokrasi : sekelompok orang kaya harta menguasai suatu negara. yang memerintah untuk rakyat. Bentuk Pemerintahan Klasik dan Modern a.pok biarawan/ biarawati/ kyai menguasai suatu negara. Padmo Wahyono. yang memerintah untuk kepentingannya sendiri. Bentuk Pemerintahan Klasik • • • • • Oligarki theokrasi : sekelo.H. Tirani : bentuk pemerintahan dimana kekuasaan negara tertinggi ada di tangan satu orang. 7 . sedangkan monarki dan republik adalah bentuk pemerintahan modern. Oligarki monarki : sekelompok turunan raja-raja menguasai suatu negara. Oligarki demokrasi : sekelompok rakyat menguasai suatu negara. Bentuk Pemerintahan Modern • Ajaran Aristoteles Aristoteles membedakan bentuk pemerintahan berdasarkan dua kriteria pokok. Monarki : bentuk pemerintahan dimana kekuasaan negara tertinggi ada di tangan satu orang. S.

• Ajaran Polybios Pemerintahan untuk Kekuasaan tertinggi di tangan satu orang Kekuasaan tertinggi di tangan elite Kekuasaan tertinggi di tangan rakyat Siklus Polybios Monarki Oklokrasi Tirani kepentingan rakyat Monarki Aristokrasi Demokrasi Pemerintahan untuk kepentingan penguasa Tirani Oligarki Oklokrasi Demokrasi Oligarki • Ajaran Austine Ranney Aristokrasi 8 . Demokrasi : bentuk pemerintahan dimana kekuasaan negara tertinggi ada di tangan rakyat. yang memerintah untuk rakyat. yang memerintah untuk kepentingan kelompok penguasa itu sendiri. yang memerintah untuk kepentingan penguasa.- Aristokrasi : bentuk pemerintahan dimana kekuasaan negara tertinggi ada di tangan elite. - Politi : bentuk pemerintahan dimana kekuasaan negara tertinggi ada di tangan rakyat. - Oligarki : bentuk pemerintahan dimana kekuasaan negara tertinggi ada di tangan elite. yang memerintah untuk kepentingan rakyat.

 Adakalanya proses monarki konstitusional terjadi karena adanya revolusi rakyat terhadap raja. ratu. legislatif dan yudikatif yang menyatu dalam ucapan dan perbuatannya. Bentuk Pemerintahan Monarki • Apabila suatu negara dikepalai oleh seorang raja. - Kediktatoran : bentuk pemerintahan dimana kekuasaan tertinggi dalam suatu negara dikontrol oleh satu orang. terdapat kekuasaan eksekutif. syech. Pada diri raja. Bentuk Pemerintahan Monarki dan Republik a. ratu.- Demokrasi : bentuk pemerintahan dimana kekuasaan untuk membuat keputusan tertinggi dalam suatu negara dikontrol oleh semua warga negara dewasa dari masyarakat yang bersangkutan. Perintah raja merupakan undangundang yang harus dipatuhi oleh rakyatnya. kaisar. Prosesnya :  Adakalanya proses monarki konstitusional datang dari raja itu sendiri karena takut dikudeta. syech. yang bersifat turun temurun dan untuk jabatan seumur hidup. negara adalah saya). Contoh : Perancis semasa Louis XIV dengan semboyan L’etat C’est Moi (saya adalah negara. Oligarki : bentuk pemerintahan dimana kekuasaan untuk membuat keputusan tertinggi dalam suatu negara dikontrol oleh sekelompok elite. Contoh : negara Jepang dengan hak Octrooi. Monarki absolut Bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang (raja. kaisar) yang kekuasaan dan wewenangnya tidak terbatas. Monarki konstitusional Bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang raja yang kekuasaanya dibatasi oleh undang-undang dasar (konstitusi). Contoh : Inggris yang 9 . 3.

parlemen memang ada namun tidak berfungsi. Contoh : Presiden Indonesia. Jadi. Contoh : Australia. Saudi Arabia dan Brunei Darussalam. Namun. Jerman di masa Adolf Hitler.melahirkan Bill of Rights tahun 1689. Fungsi raja hanya sebagai kepala negara (simbol kekuasaan) yang kedudukannya tidak dapat diganggu gugat. b. Yordania. kekuasaan legislatif lebih tinggi daripada kekuasaan eksekutif. pemerintahan republik adalah pemerintahan yang berasal dari rakyat dan dipimpin oleh seorang presiden untuk masa jabatan tertentu. Republik absolut Pemerintahan bersifat diktator tanpa ada pembatasan kekuasaan. Bentuk Pemerintahan Republik • Berasal dari kata res publica yang artinya kepentingan umum. Republik parlementer Presiden hanya sebagai kepala negara. Contoh : Italia pada masa Benito Mussolini. Contoh : Inggris. Monarki parlementer Bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang raja dengan menempatkan parlemen (DPR) sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Belanda dan Malaysia. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh kabinet (perdana menteri) dan bertanggungjawab kepada parlemen. Republik konstitusional Presiden memegang kekuasaan kepala negara dan kepala pemerintahan. kekuasaan presiden dibatasi oleh konstitusi. Kepala pemerintahan berada di tangan perdana menteri yang bertanggung jawab kepada parlemen. Dalam pemerintahan ini. Malaysia. Penguasa mengabaikan konstitusi dan untuk melegitimasi kekuasaannya digunakanlah partai politik. Dalam sistem ini. Pengawasan yang efektif dilakukan oleh parlemen. Presiden tidak dapat diganggu gugat. 10 . Rusia di masa Stalin. Denmark.

Susunan pandangan. berarti • • • Seperangkat unsur yang teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. asas yang teratur. pemerintahan adalah tindakan atau kegiatan pemerintah dalam menyelenggarakan perbuatan dan penegakkan hukum guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kepentingan negara. teori. Jadi. sistem adalah susunan yang teratur dari pandangan. pemerintahan adalah proses kegiatan pemerintah. perbuatan memerintah Segala urusan yang dilakukan negara dalam menyelengarakan kesejahteraan rakyat dan kepentingan negara Menurut Austine Ranney. c. cara. Pemerintahan. atau asas tentang pemerintahan negara. Sedangkan pemerintah adalah sekelompok orang dan sejumlah lembaga yang membuat dan menegakkan hukum dalam suatu negara. Sistem. Pengertian Sistem Pemerintahan a. 11 . b. Sistem Pemerintahan 1. eksekutif dan yudikatif dalam menyelenggarakan pemerintahan suatu negara. Sistem pemerintahan negara. teori. berarti Susunan yang teratur dari prinsip-prinsip yang melandasi berbagai kegiatan atau hubungan-hubungan kerja antara lembaga legislatif. yaitu proses membuat dan menegakkan hukum dalam suatu negara. berarti • • • Proses. Metode Jadi.E.

Sistem pemerintahan parlementer • Arti : sistem atau keseluruhan prinsip panataan hubungankerja antarlembaga negara yang secara formal memberikan peran utama kepada parlemen/ badan legislatif dalam menjalankan pemerintahan negara. Menteri bertanggung jawab kepada parlemen. Jenis Sistem Pemerintahan a. yaitu pemusatan kekuasaan parlemen dalamm penataan kerja tidak akan ada kemecetan pemerintahan 12 . • Ciri-ciri : Masa jabatan menteri beragntung pada parlemen Kabinet bertanggung jawab kepada parlemen Adanya sistem mosi Kepala negara tidak dapat diganggu gugat Adanya sistem demisioner/ kabinet pengganti Partai dengan suara terbanyak mendominasi kursi-kursi di parlemen Memungkinkan (deadlock) Menteri yang mendapat mosi tidak percaya dari parlemen harus kembali ke parlemen Perdana menteri dan kabinet berasal dari parlemen Tugas-tugas yang diemban oleh menteri berasal dari rakyat Sistem parlementer kabinetnya labil Perdana menteri dan kabinet menjalankan tugas harus sesuai yang digariskan parlemen Kabinet mendapat jaminan dari parlemen selama ia menjabat Kabinet merupakan sebuah komisi dari parlemen Memungkinkan rangkap jabatan Adanya penggabungan kekuasaan.2.

yang ada sistem reshuffle Masa jabatan kabinet/ menteri sangat bergantung pada presiden 13 . Tidak ada rangkap jabatan Trias politica memiliki kedaulatan yang seimbang Tidak ada demisioner dan sistem mosi. dimana presiden memainkan peran kunci dalam pengelolaan kekuasaan eksekutif. Sistem pemerintahan presidensial • Arti : sistem atau keseluruhan prinsip penataan hubungan kerja antarlembaga negara melalui pemisahan kekuasaan negara.• Mekanisme sistem pemerintahan parlementer Legislatif Parlemen Kepala negara Pemilu Mosi Perdana menteri percaya Partai Tidak percaya Undur diri kabinet/ menteri Masa Waktu tertentu lanjut Demisioner Rakyat b. • Ciri-ciri : Menteri bertanggung jawab pada presiden Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan Presiden memiliki hak prerogative (menyusun dan mengangkat menteri).

yaitu sidang presidium dan sidang ketua partai dimana ketua partai akan menjadi presiden Dewan menteri bertanggung jawab kepada legislatif Rakyat harus tunduk terhadap semua keputusan penguasa 14 . Sistem pemerintahan proletariat dan diktatorial (komunis) • • Arti : suatu sistem pemerintahan dimana hanya ada satu partai yang menjalankan pemerintahan dan bersifat diktator. yaitu partai komunis Kekuasaan pemerintahan hanya di tangan pemimpin partai komunis Pemilu hanya sebagai formalitas publik belaka Pemerintahan bersifat diktator proletariat Legislatif mengadakan dua sidang. Ciri-ciri : Hanya terdapat satu partai.• Adanya sistem check and balances Adanya sistem separation of power (pemisahan kekuasaan) Kabinet/ menteri adalah pembantu presiden Susunan kabinet lebih stabil dibandingkan parlementer Kekuasaan eksekutif presiden dijalankan berdasarkan kedaulatan rakyat Presiden tidak bertanggung jawab pada DPR Mekanisme sistem pemerintahan presidensial Presiden (eksekutif) Legislatif Pemilu Pertanggung jawaban Partai Kabinet/ menteri reshuffle Yudikatif Prerogatif kurun waktu tertentu pisah Rakyat c.

• Mekanisme sistem pemerintahan proletariat dan diktatorial Legislatif Pemilu Ketua partai Presidium Badan pekerja. legislatif Presiden Rakyat Dewan menteri Bertanggung jawab Kurun waktu Partai Komunis 15 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful