P. 1
Adaptasi tumbuhan TERATAI

Adaptasi tumbuhan TERATAI

|Views: 5,469|Likes:
Published by Kartika Dhewii M
Tanaman teratai tumbuh di permukaan air yang tenang. Habitat yang cocok untuk tumbuhan teratai adalah pada danau, kolam, bahkan rawa yang mempunyai temperatur yang sedang, tidak terlalu dingin. Sering sekali kita lihat di kolam-kolam yang permukaan airnya tenang dan dipenuhi tumbuhan teratai yang mempunyai daun yang lebar tipis, dan bunga yang berwarna-warni.
Tumbuhan teratai menyebar di danau, kolam, dan rawa yang memiliki permukaan air yang tenang. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi kelanjutan hidup tumbuhan ini.
Tanaman teratai tumbuh di permukaan air yang tenang. Habitat yang cocok untuk tumbuhan teratai adalah pada danau, kolam, bahkan rawa yang mempunyai temperatur yang sedang, tidak terlalu dingin. Sering sekali kita lihat di kolam-kolam yang permukaan airnya tenang dan dipenuhi tumbuhan teratai yang mempunyai daun yang lebar tipis, dan bunga yang berwarna-warni.
Tumbuhan teratai menyebar di danau, kolam, dan rawa yang memiliki permukaan air yang tenang. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi kelanjutan hidup tumbuhan ini.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Kartika Dhewii M on May 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/01/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

MAKALAH AGROEKOSISTEM ADAPTASI TUMBUHAN TERATAI

Disusun Oleh :

Nama NIM Kelas

: KARTIKA DEWI M. : H0711051 : AGT B

Pengampu : Prof. Dr. Ir Sulanjari .MS

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2011

Tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi beberapa tipe sesuai dengan habitat hidupnya. maka transpiradi lebih rendah. tumbuhan hidrofitlah yang memiliki tipe adaptasi paling kompleks. san cahaya lebih efisien. . Ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing tumbuhan diyakini sebagai adaptasi terhadap lingkungan yang khusus itu. Adaptasi vegetasi pada tumbuhan dibedakan menjadi adaptasi morfologi dan adaptasi Fisiologi. Berdasarkan habitanya. Tumbuhan memiliki habitat dan makanan yang berbeda maka akan memiliki tipe adaptasi yang berbeda pula. Latar belakang Tumbuhan memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan-nya. dan yang kuat (mampu beradaptasi) akan terus bertahan untuk melestarikan kehidupan dan keturunanya. tumbuhan secara umum dibedakan menjadi tumbuhan xerofit. Adaptasi vegetasi adalah suatu mekanisme dalam tubuh tumbuhan untuk mengatasi perubahan lingkungan sehingga mampu bertahan dan melanjutkan kehidupan dari generasi kegenerasi berikutnya. Adaptasi morfologi adalah adaptasi berupa perubahan jaringan atau organ. mesofit dan hidrofit. Tumbuhan yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkunganya akan mati.BAB I PENDAHULUAN A. Masing-masing tumbuhan ini memiliki ciri khas yang membedakan antara tipe tumbuhan satu dengan yang lain. misalnya akar yang rapat dan daun menjadi sempit serta menggulung. misalnya penyerapan hara. Ada banyak cara yang dilakukan tumbuhan untuk melesarikan kehidupanya. misalnya bentuk adaptasi pada teratai. air. Dari berbagai jenis habitat tumbuhan tersebut. Sedangkan adaptasi fisiologi adalah adaptasi berupa perubahan proses fisiologi.

3. Rumusan masalah 1. 4. Mengetahui bentuk adaptasi morfologi tumbuhan teratai.B. 2.Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah: 1. . Bagaimanakah potensi adaptasi tumbuhan teratai? C. Mengetahui bentuk adaptasi fisiologi tumbuhan teratai. Mengetahui potensi adaptasi tumbuhan teratai. Mengetahui habitat tumbuhan teratai dan perkembangan tumbuhan teratai. Bagaimanakah bentuk adaptasi morfologi dan fisiologi tumbuhan teratai? 3. Dimanakah habitat tumbuhan teratai dan bagaimana perkembanganya? 2.

Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi kelanjutan hidup tumbuhan ini. Tumbuhan teratai pada umumnya senang pada air yang bersuhu sedang. tidak terlalu dingin. Sering sekali kita lihat di kolam-kolam yang permukaan airnya tenang dan dipenuhi tumbuhan teratai yang mempunyai daun yang lebar tipis. Tumbuhan teratai menyebar di danau. 2. . Pada tumbuhan teratai pada umumnya sangat menyukai daerah yang sangatlah basah. Habitat yang cocok untuk tumbuhan teratai adalah pada danau. kolam. Angin Angin sangat membantu dalam proses penyerbukan atau pembuahan beberapa jenis tumbuhan. Suhu Kodisi suhu udara sangat berpengaruh terhadap tumbuh-tumbuhan. Habitat hidup tumbuhan teratai dan perkembangan tumbuhan teratai Tanaman teratai tumbuh di permukaan air yang tenang. dan rawa yang memiliki permukaan air yang tenang. bahkan rawa yang mempunyai temperatur yang sedang. kolam. Unsur-unsur iklim sebagai berikut: 1. Iklim (klimatik) Iklim berpengaruh besar terhadap kehidupan.BAB II PEMBAHASAN 1. sehingga proses regenerasi tumbuhan dapat berlangsung. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan teratai antara lain: a. Kelembaban udara Kelembaban berpengaruh langsung terhadap kehidupan tumbuhan. 3. dan bunga yang berwarnawarni.

2. Teratai (Nymphae sp. kolam. untuk mengapung dan juga sebagai penyimpan udara dan CO2.) adalah tumbuhan hidrofit yang tumbuh di danau. berwarna hijau yang mengandung zat hijau daun/stomata. tipe stomata yang dimiliki adalah tipe menonjol keluar karena pada Nymphae sp. sehingga proses fotosintesis dapat berjalan dengan mudah. Daun teratai yang lebar berfungsi menangkap cahaya matahari lebih banyak sehingga penguapan air lebih banyak. Ruang udara ini memberikan pelampung bagi tumbuhan Nymphae sp.) memiliki daun yang lebar dan tipis dengan bentuk yang melingkar. Daun-daun ini mengapung di atas air agar dapat mengambil oksigen yang ada di udara. hal tersebut membuat teratai memiliki tipe adaptasi yang kompleks. . memiliki ruang udara yang luas. teratur dan berkembang dengan baik. daun Nymphae sp. sedangkan daunnya yang tipis berguna untuk mengapung di permukaan air. tumbuh-tumbuhan sangat tergantung pada curah hujan dan kelembaban udara. Pada permukaan epidermis terdapat banyak stomata. Curah hujan Untuk memenuhi kebutuhan akan air. memiliki daun yang mengapung di atas air. Daun teratai dapat mengapung karena adanya ruang udara yang berkembang dengan baik. Pada permukaan adaksial atau atas.4. Struktur tersebut merupakan hasil adaptasi dengan lingkungannya yang memiliki kelebihan dalam hal ketersediaan air dan kelembapan yang tinggi serta keadaan yang kekurangan oksigen. Bentuk adaptasi morfologi dan fisiologi tumbuhan teratai Pernahkah kamu melihat bunga teratai? Tumbuhan teratai (Nymphae sp. Tumbuhan hidrofit seperti teratai seperti ini kehidupanya sangatlah tergantung pada faktor curah hujan karena membutuhkan babyak sekali air. bahkan rawa. Daun Nymphae sp. Tumbuhan teratai memiliki struktur anatomis yang berbeda dengan tumbhan lainnya.

selainitu batang juga berfungsi untuk mengasorbsi nutrisi yang dibutuhkan oleh Nymphae sp. adalah akar panjang dan melekat di dasar air. Pada bagian bawah permukaan daun (abaksial) banyak dijumpai trikomata. memiliki batang yang kuat dan berfungsi untuk menyangga daun yang mengapung di atas air. berwarna keunguan dan terdapat tulang daun besar serta tulang daun kecil. Potensi adaptasi tumbuhan taratai adalah termasuk potensi adaptasi yang tinggi karena tumbuhan teratai hampir selalu dapat hidup di semua tempat yamg berair cukup dan mempunyai permukaan air yang tenang.Potensi adaptasi tumbuhan teratai Tumbuhan teratai (Nymphae sp. Sistem akar pada hidrofit seperti Nymphae sp. akan tetapi sistem perakaran yang seperti itu kurang berkembang dengan baik karena tidak memiliki bulu akar maupun tudung akar oleh karena itu proses Absorbsi Nymphae sp. Nymphae sp. ruang udara tersebut berguna untuk menyimpan oksigen dan tempat penyokong daun yang kuat. pada daun teratai tergolong trikoma non glanduler dimana ujungnya meruncing. Batang sebagian besar tenggelam di dalam air. 3. trikomata ini berfungsi sebagai pelindung dan mengurangi penguapan.) dapat hidup pada lingkungan yang mempunyai kadar air dan kelembapan yang sangat tinggi hal ini menunjukkan karena struktur tubuh dan bagian-bagian tumbuhan Nymphae sp. Potensi adaptasi organisme tergantung pada: 1. Vigor somatik.pada bagian abaksial atau bawah. lebih Banyak dilakukan oleh batang dan daun. yakni kekuatan tubuh tumbuhan untuk terus bertahan hidup . Sangatlah mendukung tumbuhan tersebut beradaptasi dengan lingkungan yang seperti itu. namun ada beberapa yang muncul di atas permukaan air. Batang tumbuhan teratai memiliki ruang udara yang berkembang dengan baik. Bentuk akar ini membantu teratai memperoleh mineral dari dasar air dan memancangkan dirinya agar tidak lepas. daun Nymphae sp.

yakni merupakan ukuran besar. yakni berapa hasil dari jumlah keturunan yang dihasilkan dalam satu kali berkembang biak. Jumlah keturunan yang dihasilkan. 4. Efisiensi mekanisme polinasi(penyerbukan) . dan lama waktu untuk berkembang biak. 3. Daya tumbuh (viabilitas). yakni berapa lama tumbuhan teratai dapat berkembang dan bertahan hidup. Lama periode reproduksi.2. waktu. 5.

Kesimpulan Tanaman teratai tumbuh di permukaan air yang tenang. 4. sedangkan daunnya yang tipis berguna untuk mengapung di permukaan air. 3. 2. Vigor somatik. Daun teratai yang lebar berfungsi menangkap cahaya matahari lebih banyak sehingga penguapan air lebih banyak. Batang tumbuhan teratai memiliki ruang udara yang berkembang dengan baik. Efisiensi mekanisme polinasi(penyerbukan). Daya tumbuh (viabilitas). Teratai (Nymphae sp.BAB III PENUTUP 1. Habitat yang cocok untuk tumbuhan teratai adalah pada danau. Adaptasi akar yang panjang menuju dasar air pada tumbuhan teratai membantu teratai memperoleh mineral dari dasar air dan memancangkan dirinya agar tidak lepas. selainitu batang juga berfungsi untuk mengasorbsi nutrisi yang dibutuhkan oleh Nymphae sp. Batang teratai yang kuat dan berfungsi untuk menyangga daun yang mengapung di atas air. Jumlah keturunan yang dihasilkan. . bahkan rawa yang mempunyai temperatur sedang. ruang udara tersebut berguna untuk menyimpan oksigen dan tempat penyokong daun yang kuat. kolam.) memiliki daun yang lebar dan tipis dengan bentuk yang melingkar. Potensi adaptasi organisme tergantung pada: 1. Lama periode reproduksi. 5.

wordpress.DAFTAR PUSTAKA Setjo.htm http://tabloidgallery.2009 www. 2005. Menanam Bunga Teratai . 2011. Anatomi Tumbuhan. dkk.anneahira. Anonim.wordpress. Malang: UM Press. Arivanipotter.com/bunga/teratai.com/2008/05/06/teratai/ Arivani.com . Adaptasi tanaman pada faktor air.wordpress. Susetjoadi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->