P. 1
Ekspresi Wajah

Ekspresi Wajah

|Views: 1,305|Likes:
Published by Comander Dzahabi
Materi ini akan menjelaskan tentang berbagai ekspresi yang digunakan pada karakter Manga dan berbagai syarat penentu ekspresi wajah, serta contoh kesalahan-kesalahan.

By Fadel Dzahabi / 2013
Materi ini akan menjelaskan tentang berbagai ekspresi yang digunakan pada karakter Manga dan berbagai syarat penentu ekspresi wajah, serta contoh kesalahan-kesalahan.

By Fadel Dzahabi / 2013

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Comander Dzahabi on May 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2014

pdf

text

original

1

Ekspresi Wajah
a. Pengertian Ekspresi wajah adalah mimik wajah yang digunakan pada sebuah adegan tertentu. Ekspresi wajah pada karakter merupakan komponen penting untuk mengetahui bahasa tubuh yang sedang dialami karakter sesuai dengan suasana atau kejadian yang sedang dialami. b. Faktor Penentu Faktor penentu ekspresi wajah secara anatomi, yaitu : 1. Alis 2. Mata 3. Mulut 4. Perkataan (bila di komik) Semua komponen di atas tidak bisa dipisahkan, karena semuanya saling bertaut dalam membentuk ekspresi wajah. Ekspresi wajah juga ditentukan oleh faktor Eksternal dan psikis dari karakter, yaitu : 1. Suasana 2. Aktivitas 3. Kondisi/keadaan karakter c. Ekspresi Wajah Secara Umum Ekspresi wajah secara umum dapat dikategorikan sebagai berikut. 1. Smile 2. Sad 3. Laugh 4. Angry 5. Normal face (atau disebut juga Poker-faced)

EKSPRESI WAJAH

FADEL DZAHABI

2
6. Shy Akan tetapi, ada juga ekspresi yang sudah dikombinasikan dengan beberapa ekspresi. Contoh : 1. 2. 3. 4. Smile-angry, artinya ekspresi senyum dengan tatapan marah Angry-laugh, artinya perasaan marah dengan tertawa Smile-shy, artinya ekspresi tertawa malu (Tertawa kecil) dll.

Perhatikan contoh gambar berikut!

Gambar 1.1 Ekspresi wajah 1 (Sumber : Mutiara Fisa Bella)

EKSPRESI WAJAH

FADEL DZAHABI

3
Bisa kita perhatikan bahwa ekspresi yang dimiliki oleh satu karakter, bervariasi dan banyak. Tidak hanya ekspresi dengan tatapan biasa atau normal, tetapi juga bervariasi seperti wajah malu, wajah kesal, wajah terkejut, dll. Perhatikan contoh gambar berikut! Gambar berikut adalah gambar ekspresi wajah lainnya yang disesuaikan dengan perkataan di komik.

Gambar 1.2 Ekspresi wajah 2 (Sumber : Fadel Dzahabi) Bila kita lihat secara seksama, bentuk balon teks yang dipakai pada setiap ekspresi pada satu karakter, memiliki bentuk yang berbeda. Sehingga, ekspresi wajah yang digunakan juga disesuaikan dengan perkataan pada balon teks. Ketentuannya : 1. Bila balon teks teriak, ekspresi wajahnya adalah Angry (Kecuali Wajah Kesal), Spirit, atau Shock.
EKSPRESI WAJAH FADEL DZAHABI

4
2. Bila balon teks normal, ekspresi wajahnya adalah Normal, Thinking, Poker-faced, laugh, dll. 3. Bila balon teks tidak beraturan, ekspresi wajahnya adalah Sad, Cry, atau Fear (Wajah ketakutan). Setiap penggambar, harus dapat menentukan ekspresi wajah yang tepat sesuai dengan suasana, aktivitas, atau keadaan karakter. Perhatikan gambar berikut!

Gambar 1. 3 Ekspresi wajah 3 (Sumber : Fadel Dzahabi/2011)
EKSPRESI WAJAH FADEL DZAHABI

5
Pada gambar di atas, ekspresi wajah yang digunakan disesuaikan dengan keadaan dan aktivitas karakter, seperti Tidur, Acuh tak Acuh, Cemas, Kesakitan, dll. Ini juga ditentukan oleh Faktor Eksternal dan Psikis pada karakter. Dalam penentuan ekspresi wajah, tidak terlalu memerlukan rumusan penting dalam pembuatan. Cukup dengan mengombinasikan faktor penentu wajah. Karena tidak ada ketetapan (rumusan), sehingga ekspresi wajah bisa dibuat secara bebas, namun harus terikat dan sesuai dengan suasana yang sedang terjadi. d. Kesalahan Ekspresi Kesalahan ekspresi adalah kesalahan mimik wajah yang terjadi pada suatu suasana tidak sesuai dengan ekspresi wajah yang digunakan. Sehingga, pembaca tidak dapat “Menerjemah” bahasa tubuh yang terjadi pada karakter di saat suasana yang terjadi. Kesalahan tersebut bisa seperti : 1. Suasana muram, wajah senang 2. Suasana berjuang, wajah biasa 3. Dll. Oleh karena itu, ekspresi wajah sangat perlu ditekankan pada karakter agar karakter berkesan lebih “Hidup” ketika digambar dan dilihat.

Tips : Dapat Membuat Ekspresi Wajah Di saat seorang Mangaka / penggambar membuat karakter, Mangaka wajib menentukan ekspresi wajah yang digunakan. Berikut tips agar dapat membuat ekspresi wajah : 1. Perhatikan suasana yang sedang terjadi. Bila tidak, ekspresi wajah karakter terkesan “melenceng” dengan suasana;

EKSPRESI WAJAH

FADEL DZAHABI

6
2. Gunakan kombinasi faktor penentu ekspresi. Bila tidak, pembaca akan sulit “menerjemah” ekspresi karakter; 3. Bila dibuat di komik, perhatikan juga apa yang diucapkan karakter. Bila balon teks teriak, usahakan gunakan ekspresi marah atau semangat. Bila tidak, ekspresi dengan pengucapan tak akan sesuai; 4. Bila kalian tak mengetahui ekspresi wajah apa saja, bisa dicari dengan mencari referensi di internet atau menggunakan ekspresi wajah sendiri dengan bercermin. Contoh ekspresi yang digunakan :

Gambar 1.4 Di gambar (Sumber : Fadel Dzahabi/2012) Gambar 1.5 Di komik (Sumber : Saga Arderian)

EKSPRESI WAJAH

FADEL DZAHABI

7 Soal
Untuk lebih memahami tentang ekspresi wajah, alangkah baiknya dengan melatih soal-soal berikut (Bila ada yang tidak dimengerti, tanyakan dengan temanmu atau senpaimu) 1. Apa itu Ekspresi Wajah? Jawab :

2. Apa komponen penting yang tidak dipisahkan dalam pembuatan ekspresi wajah? Jawab :

3. Ekpresi wajah apa yang sesuai pada suasana berikut? a. Stress akan pelajaran b. Mendapat berita mendadak c. Mendapat serangan jantung d. Mendorong benda yang berat e. Semangat perang

4. Apa yang dimaksud dengan ekspresi : a. Weeping b. Bashful c. Enraged

5. Sebutkan faktor Eksternal dan Psikis yang menentukan ekspresi wajah! Jawab :

EKSPRESI WAJAH

FADEL DZAHABI

8
6. Apa yang dimaksud dengan Kesalahan Ekspresi? Jawab :

7. Apabila kamu melihat karakter melakukan ekspresi wajah sedih pada suasana semangat berjuang, bagaimana pendapatmu? Bila itu adalah sebuah kejanggalan, apa alasanmu? Jelaskan! Jawab :

8. Sebutkan contoh kesalahan-kesalahan yang terjadi pada ekspresi wajah! Jawab :

9. Latihlah menggambar karakter dengan menggunakan ekspresi wajah sebagai berikut : a. Shy b. Smile-Angry c. Confused

EKSPRESI WAJAH

FADEL DZAHABI

9
10. Tuliskan ekspresi wajah yang tepat pada contoh gambar di bawah ini! Gambar A.

Char : Michael Wesley. Sumber : Fadel Dzahabi / 2013 Gambar B.

Char : Let. Sakura Marino. Sumber : Fadel Dzahabi / 2013

EKSPRESI WAJAH

FADEL DZAHABI

10

Bonus
Yuno Gasai expression

Just for referention, ok?

Ekspresi wajah – tamat

EKSPRESI WAJAH

FADEL DZAHABI

1 1

EKSPRESI WAJAH

FADEL DZAHABI

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->