P. 1
Perubahan Sosial Sistem Komunikasi Dan Politik

Perubahan Sosial Sistem Komunikasi Dan Politik

|Views: 16|Likes:

More info:

Published by: Mohamad Gilang Ginanjar Putra on May 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

Sistem Komunikasi Indonesia

Di susun oleh : Nama NRP Jurusan Kelas Semester : Rony Saputra : 112050043 : Komunikasi :A :3

terdapat subsistem suprastruktur politik (lembaga eksekutif. Proses politik berkenaan dengan proses input dan output sistem politik. kritikan. . ataupun karena adanya penemuan-penemuan baru di dalam masyarakat. kebudayaan. dinamika dan komposisi penduduk. Berdasarkan sifatnya. Dalam model komunikasi politik. Perubahan Komunikasi Politik Dalam suatu sistem politik yang demokratis. dll) –nya. Pernyataan tersebut kita ambil dari aspek sistem politik negara Indonesia. yudikatif) dan subsistem infrastruktur politik (partai politik. Perubahan sosial yang terjadi memang telah ada sejak zaman dahulu. baik karena perubahan kondisi geografis. Perubahan terjadi juga dalam sistem keamanan dimana dahulu keamanan lingkungan dijaga secara gotong royong dengan cara ronda malam tetapi kini keamanan tergantikan dengan sistem siskamling dan mengoprasionalkan satpam. tuntutan.Perubahan komunikasi dalam aspek politik dan sosial masyarakat dalam kehidupannya pasti mengalami perubahan-perubahan. perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima. dukungan mengenai suatu isu-isu aktual yang datang dari infrastruktur ditujukan kepada suprastru. namun dapat juga menuju ke arah kemunduran. Sebelum pada zaman era globalisasi masyarakat setempat memilih ketua Rt Rw menggunakan kepercayaan dari sebelah pihak tetap sekarang pemilihan tersebut menggunakan sistem demokrasi dimana ketua Rt Rw dipilih menurut suara masing-masing warga. legislatif. A. Ada kalanya perubahanperubahan yang terjadi berlangsung demikian cepatnya. Berikut ini beberapa ilmuwan yang mengungkapkan tentang batasan-batasan perubahan social. Struktur organisasi juga dibutuhkan di dalam lingkungan kemasyarakatan contohnya. dijelaskan bahwa komunikasi politik model input merupakan proses opini berupa gagasan. sehingga membingungkan manusia yang menghadapinya. perubahan yang terjadi bukan hanya menuju ke arah kemajuan. organisasi kemasyarakatan. ideologi. kelompok kepentingan. Bagaimana perubahan sistem politik yang ada dalam lingkungan tempat kita tinggal ?.

pranata masyarakatnya. komunikasi menjadi sebuah cara dalam melakukan perubahan sosial (social change). Perubahan sosial budaya memang terjadi dalam setiap masyarakat karena masyarakat sendiri bersifat dinamis. Perubahan sosial budaya juga merupakan hal yang umum terjadi dalam setiap masyarakat dikarenakan manusia yang sifat dasarnya selalu ingin melakukan perubahan dalam kehidupan bermasyarakat. Berkaitan dengan komunikasi banyak sekali perubahan yang terjadi dari beberapa tahun terakhir dilihat dari tahun 90an sampai sekarang secara cepat akibat dari globalisasi dalam segala bidang termasuk komunikasi dan informasi. Komunikasi berperan menjembatani perbedaan dalam masyarakat karena mampu merekatkan kembali sistem sosial masyarakat dalam usahanya melakukan perubahan. Perubahan Komunikasi Sosial Dalam hubungannya dengan proses sosial. Contohnya : Masyarakat dalam berkomunikasi pada sebelum perubahan jaman era globalisasi masyarakat hanya menggunakan telepon genggam hanya untuk menelepon dan mengirimkan pesan singkat tapi kini handphone berubah fungsi hingga bisa melakukan internet dan chatting sehingga komunikasi lebih mudah dan cepat.B. komunikasi juga tak akan lepas dari konteks sosialnya. . pola. norma. Artinya ia akan diwarnai oleh sikap. Namun begitu. Dalam perubahan tersebut juga ada yang maju dan ada juga yang mundur. perilaku.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->