Perkembangan Sepeda

Riyani Purwita R, S.Pd

Tahukah kamu seperti apa bentuk sepeda yang pertama? sepeda yang pertama kali digunakan oleh manusia tidak mempunyai kayuh, sehingga pengendara harus menginjakkan kaki di tanah secara bergantian agar sepeda dapat berjalan. Kita akan mempelajari perkembangan sepeda.

1817: Draisienne

Seorang Jerman bernama Baron Karl von Drais menciptakan Laufmaschine (mesin berlari), yang kemudian dikenal dengan nama Draisienne. Struktur Draisienne hampir seluruhnya terbuat dari kayu, memiliki setang kemudi, namun tidak memiliki pedal untuk dikayuh. Pola pergerakan Draisienne sama seperti saat menggunakan otopet ataupun skateboard, yaitu menggunakan kaki yang mengayuh bukan ke pedal, tapi langsung ke tanah.

persisnya pada roda depan.1839: Hobby Horse Sepeda pertama yang memiliki mekanisasi putaran roda diciptakan Kirkpatrick MacMillan. menempatkan pedal pada roda depan terbukti bukan ide yang sempurna. karena ada beberapa pihak yang mengajukan klaim atas ide tersebut. Rangka kayu kemudian digantikan oleh besi. Siapa yang menciptakan sistem ini masih menjadi pertanyaan. Yang jelas. 1868 Sepeda pertama yg menggunakan ban karet dan Ball-Bearing digunakan James Moore dalam lomba sepeda yang pertama kali diadakan. Namun dengan desain yang rigid. serta kondisi jalanan yang berbatu pada masa itu membuat sepeda ini dikenal dengan nama Bone-Shaker. rangka & roda besi. karena akan membuat pengendara sulit mengemudi karena goncangan pada roda akibat kayuhan. seorang pandai besi dari Skotlandia dan sepedanya diberi nama Hobby Horse. 1860-1865: Bone-Shaker Pertama kali sistem Pedal dan Crank diaplikasikan pada sepeda. .

J. Lawson disebut juga sebagai Safety Bike atau sepeda yang aman karena pada sepeda ini. . seorang berkebangsaan Perancis menciptakan sepeda pertama yg menggunakan roda depan yg sangat besar. 1874 : Safety Bike Sepeda pertama yg menggunakan rantai pada roda belakang diciptakan oleh H. Sepeda ini memiliki sistem kayuhan dengan pedal yang tersambung pada roda depan dan tidak memungkinkan bagi pengendaranya untuk berhenti mengayuh. Berbeda dengan jenis sepeda sebelumnya.pada Safety Bike ini pengendara sepeda menggerakkan roda belakang sepeda dengan sistem kayuh yang mana menjauhkan kaki pengendara sepeda dari roda depan sepeda sehingga akan lebih aman bagi pengedara sepeda.kaki pengendara sepeda dapat menyentuh permukaan tanah sehingga lebih memudahkan pengendara sepeda untuk berhenti dan turun dari sepeda. yang dikenal dengan nama Penny-Farthing.1870: Penny-Farthing James Starley.

Namun sesungguhnya sistem yg diperkenalkan Grout adalah bongkar-pasang (disassemble-able). sebuah Safety Bicycle sebagai pembaharuan dari High Bicycle yg berbahaya. . Rover hasil karya Starley ini dianggap sangat inovatif dilihat .H.Roda depan yang begitu besar dirancang sedemikian rupa agar dapat dibongkar-pasang menjadi 4 bagian agar dapat muat kedalam tas yang berfungsi sebagai pengangkut sepeda. Beberapa pihak ada yg menyatakan bahwa inilah sepeda lipat yang pertama di dunia.J. bukan sepenuhnya sistem lipat .1878: Portable Bicycle W. 1885: Safety Bicycle (Rover) John Kemp Starley memperkenalkan Rover. Grout mematenkan High Wheeler versi portable yang bisa dilipat dan membuat pengendaranya dapat membawa sepeda ini bepergian.

daro desain dan mekanisme penggerak sepeda. 1893: Folding Seorang Amerika bernama Michael B.selain itu Model safety bike ini sudah dilengkapi dengan berbagai unsur yg dimiliki sepeda modern. Berbeda dengan Portable Bike. Ryan akhirnya mematenkan sepeda lipat yg sesungguhnya.Sepeda Rover buatan Starley ini sudah menggunakan roda depan dan belakang yang memiliki ukuran yang sama.sepeda lipat hasil rancangan Ryan ini memiliki mekanisme pelipatan seutuhnya tidak seperti Portable Bike yang lebih cenderung kedalam sistem bongkar pasang dibandingkan sistem pelipatan. .berbeda dengan sepeda sepeda sebelumnya yang memiliki ukuran roda depan lebih besar dibanding roda belakang.desain sepeda dengan ukuran ban yang sama ini memudahkan para pengguna sepeda dalam penggunaannya karena lebih stabil dibanding sepeda dengan ukuran ban depan yang lebih besar dibanding ban belakang.

Stingray dibuat menyerupai Dragster. mengeluarkan produk terbaru yaitu Schwinn Stingray. Model Recumbent adalah tipe sepeda dimana pengendara dapat duduk bersandar atau bahkan dengan posisi rebahan. 1900-1950: Lowrider/cruiser Bike Seorang produsen sepeda bernama Schwinn di Chicago. salah satu tren motor yang sangat terkenal pada masanya.anaknya yang bernama George Mochet dan seorang pesepeda bernama Francis Faure. Stingray telah membuat sepeda lebih menyenangkan dari sekedar alat transportasi.1896: Recumbent Recumbent Bicycle ditemukan pertama kali oleh seorang berkebangsaan Perancis bernama Charles Mochet. .sepeda Recumbent ini dapat dikemudikan dalam kecepatan yang cukup tinggi. Umumnya sepeda Recumbent memiliki roda depan yang lebih kecil dibandingkan dengan roda belakang.

Base sepeda ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike) dan simple. . serta berbagai macam aksesoris lainnya.Ciri-cirinya adalah ringan. oleh pemakai sepeda di perbukitan San Fransisco. 1977: Mountain bike Sepeda gunung atau (All Terrain Bike/ATB) adalah sepeda yang digunakan dalam medan yang berat. Sepeda fixie adalah sepeda yang digunakan kaum pengantar pos/koran/majalah. Sedangkan ban yang dipakai adalah yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat 1977: Fixie Bike (Fixed gear) Pada prinsip sepeda fixie adalah sepeda dengan “gear mati” alias fixed gear atau tidal free wheel. rangka chrom yang curvy. Pertama kali diperkenalan di tahun 1970. bentuk kerangka yang terbuat dari baja.1960-1973: BMX Sepeda jenis BMX (Bicycle MotorCross) hadir dimuka bumi California. AS dan diawal tahun 1960 jg menjadi awal pengembangan sepeda jenis Lowrider yg dpt dibedakan dari bentuk sadel yang umumnya panjang & sedikit meliuk. persisnya di New York. stang yg tinggi & panjang. yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah amerika. aluminium dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan menggunakan shock breaker-peredam kejut. tanpa gear shift bahkan handle brake (rem).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful