1

Modul 1

PENGANTAR PEMASARAN

GLOBAL

PENDAHULUAN Pemasaran global adalah proses menfokuskan sumber daya (manusia, uang dan aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global. Dimensi-dimensi utama dalam pemasaran global adalah : 1. lingkungan pemasaran global 2. segmentasi pasar global 3. pemasaran dengan sasaran global 4. merumuskan strategi dan rencana pemasasran global 5. bauran pemasaran golbal 6. Mengelola dan memimpin usaha pemasaran global. PEMASARAN : SUATU DISIPLIN UNIVERSAL Dasara dari keberhasilan program pemasaran global adalah pemahaman yang mendalam akan disiplin pemasaran. Pemasaran adalah proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya dan sasaran dari sebuah organisasi pada kesempatan dan kebutuhan lingkungan. Konsep Pemasaran Konsep baru pemasaran dan Empat ”P”
Lama Pra 1960 Produk Mengumumkan Cara dan Menjual Akhir laba Pemasaran adalah Penjualan Era Fokus Baru 1960-1990 Pelanggan Bauran Pemasaran Terpadu Nilai Suatu Fungsi Strategis 1990 Cara Melakukan bisnis Pengetahuan & Pengalaman Hubungan saling menguntungkan Segalanya

Konsep Strategis Pemasaran

Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB

SYANTHIA A. ASRI SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN

Fokus Fokus atau konsentrasi perhatian Fokus diperlukan untuk berhasil dalam tugas menciptakan nilai pelanggan pada keunggulan kompetitif. serta distribusi produk itu sendiri. nilai untuk pelanggan dapat dinaikkan dengan memperluas atau memperbaiki produk dan atau manfaat jasa dengan menurunkan harga atau gabungan dari unsur ini. dihadapkan pada persaingan yang relevan. Persamaan nilai adalah sbb : V =B P V = Nilai B = Manfaat yang dirasakan P = Harga Seperti yang disarankan dalam persamaan ini. ASRI SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN . mengubah fokus pemasaran dari pelanggan atau produk ke pelanggan dalam konteks lingkungan eksternal yang lebih luas. harga. Tiga Prinsip Pemasaran Inti dari pemasaran dapat diringkas dalam 3 prinsip dasar : 1. Keunggulan Kompetitif atau Diferensial Prinsip yang kedua adalah keunggulan kompetitit. berbargai cara utama untuk mencapai 2 prinsip utama Nilai Pelanggan dan Persamaan Nilai Intisari pemasaran adalah menciptakan nilai pelanggan yang lebih besar daripada nilai yang diciptakan oleh pesaing.UMB SYANTHIA A.pun yang ditawarkan perusahaan : produk. iklan dan promosi di tempat penjualan. kenyataan persaingan dari pemasaran 3. yang lebih menarik pelanggan. Fokus yang jelas pada kebutuhan dan keinginan pelanggan seta pada penawaran yang bersaing diperlukan Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Keunggulan tsb dapat muncul dalan unsur apa . mengidentifikasikan tujuan dan tugas pemasaran 2.2 Konsep strategis pemasaran merupakan suatu perkembangan yang besar dalam sejarah pemikiran pemasaran. Keunggulan kompetitif adalah penawaran total.

Raymond Vernon dari Harvard Business School Pusat Pengembangan Bahan Ajar . DARI PEMASARAN DOMESTIK KE PEMASARAN GLOBAL/TRANSNASIONAL Pemasaran Domestik Pemasaran yang secara nyata ditunjukkan pada pasar dalam negeri disebut pemasaran domestik. Pemasaran Global / Transnasional Menfokuskan pada pemanfaatan asset. TEORI KASUS Ada 3 teori dasar yang harus dipahami oleh mahasiswa dan praktisi pemasaran global: 1. Pemasar ekspor menjadikan pasar di luar negeri sebagai sasaran danmenggantungkan diri pada produksi dalan negeri untuk memasok pasar ini. Konsep ini mengakui budaya universal dan perbedaan pasar yang unik. Pemasaran Internasional Bertindak lebih jauh lagi dari pemasara ekspor dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis. Pemasaran Ekspor Adalah tahap pertama untuk menanggapi kesempatan pasar di luar negeri. Pemasaran Multinasional Organisai pemasaran internasional mulai dengan menfokuskan pada memanfaatkan pengalaman dan produk perusahaan.UMB SYANTHIA A. Keunggulan Komparatif dari buku Adam Smith ”The Wealth of Nation” dan David Richardo 2. Fokus dalam tahap ini adalahmenafaatkan produk dan pengalaman dalam negeri. ditemukan oleh Dr. pengalaman dan produk perusahaan secara global dan pada melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalan setiap negara. Siklus perdagangan/perdagangan produk. ASRI SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN .3 untuk menggerakan usaha yang perlu untuk mempertahankan keunggulan yang membedakan.

Tekanan untuk globaisasi lebih kuat kalau produk baru melibatkan investasi besar dan pengembangan jangka panjang. seragam. Pusat Pengembangan Bahan Ajar .UMB SYANTHIA A. 1. 3. Teknologi merupakan faktor universial. Orientasi bisnis. rekayasa. UPENN KEKUATAN YANG MENDORONG DAN YANG MENGHAMBAT Pertumbuhan ekonomi global yang mengesankan dalam 50 tahun terakhir telah terjadi karena keseimbangan kekuatan yang mendorong dan menghambat yang telah bergeser secara signifikan ke arah kekuatan yang mendorong. dari rekayasa sampai pemasaran dan administrasi. tidak dibutuhkan oleh setiap orang. Misalnya. Howard Perlmutter dari Wharton School. Teknologi menyederhanakan komunikasi. salah satu industri global terbesar yang sukses. ditemukan oleh Dr. Ada kekuatan yang amat besar yang mendorong dunia ke arah menyatunya hal-hal yang sudah umum dan kekuatan itu adalah Teknologi. desain. ASRI SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN . Kebanyakan pasar global tidak ada secara alamai. transpotasi dan perjalanan. Teknologi Professor Levitt menulis artikel ” kenyataan komersial yang baru – munculnya pasar global untuk produk konsumen standar dalam skala yang belum pernah dibyangkan”. segera barang itu tersedia di seluruh dunia. dan sekarang dalam beberapa negara konsumsi minuman ringan per kapita melampui konsumsi air. Kekuatan Yang Mendorong Kekuatan yang mendorong merupakan kekuatan yang memberikan kontribusi pada pertumbuhan bisnis internasional.4 3. minuman ringan. Biaya Keseragaman dapat menurunkan biaya riset. Pasar seperti ini harus diciptakan dengan usaha pemasaran. konsisten yang melintasi batasbatas bangsa dan budaya. kreatif dan produksi di semua fungsi bisni . Tidak ada batas-batas budaya yang membatasi penerapan teknologi. 2. Kalau suatu teknologi telah dikembangkan. Kebutuhan Pasar Budaya universial seperti halnya perbedaan budaya terdapat unsur yang sama dalam sifat manusia dan dalam jiwa manusia yang menjadi dasar kesempatan untuk menciptakan dan melayani pasar global.

Setiap orang menginginkan perwujudan produk yang terbaik.5 4. bakan 10 kali lebih besar dari perusahaan lokal. Komunikasi dan Transportasi Revolusi informasi memberikan kontribusi pada berkembangnya pemasaran global. tumpang tindih iklan yang melintasi batas negara dan mobilitas pelanggan telah menciptakan tekanan pada pasar pemasar untuk menyesuaikan penetapan posisi produk dan stratedi di pasar yang berdekatan. praktek manajemen penjualan.UMB SYANTHIA A. kendali riset dan sistem yang lain serta menerapkan penghalusan tadi di seluruh dunia. analisis. Pengalaman itu dapat diperoleh dari strategik. dsb yang telah diuji di pasar sebenarnya dan menerapkannya di pasar lain yang sebanding.3. karena itu nilai yang lebih besar bagi pelanggan. Mutu Volume global menghasilkan penerimaan dan mutu operasi yang lebih besar untuk mendukung mutu desai dan pembuatan. sebagai kebalikan dari membiarkan setiap negara mengembangkan sendiri-sendiri. Daya Tuas Keunggulan yang dimilikinya karena perusahaan itu beroperasi secara simultan dilebih dari satu pasar nasinal. Kelebihan perbaikan sistem juga membuat karyawan perusahaan itu untuk dapat saling berkomunikasi. Sebuah perusahaan global dapat mengembangkan 5 tipe daya tuas: a. produk. Memfokuskan pada strategi pemasaran. Penghematan skala Dalam bidang manufaktur. Sebuah perusahaan global dan lokal mungkin masing2 mengeluarkan 5% dari penjualan untuk riset dan pengembangan. Transfer sistem Sebuah perusahaan global dapat memperhalus perencanaan. imbauan iklan. tetapi perusahaan global mungkin mempunyai penerimaan 2. Transfer pengalaman Perusahaan global dapat memperoleh daya tuas pengalaman di pasar mana pun di dunia. c. 5. ASRI SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN . 6. dapat menghasilkan efektivitas dan efesiensi pemasaran yang lebih besar. Dalam pasar regional seperti Eropa. ide promosi. paling mutakhir. perusahaan global dapat mengambil keuntungan dari besarnya volume untuk memperoleh keuntungan skala Pusat Pengembangan Bahan Ajar . dan paling modern. b.

kreativitas yang besar. Strategi global didasarkan pada peneropongn lingkungan bisnis dunia untuk mengidentifikasikan kesempatan.UMB SYANTHIA A. ASRI SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN . d. Pendayagunaan Sumber daya Kekuatan utama perusahaan global adalalah kemampuannya untuk meneropong ke seluruh dunia untuk mencari orang.6 pabrik tunggal tradisional dan dapat juga menggabungkan menjadi kompunen produk jadi yang dibuat dalam pabrik secara efesien di negara lain. Pemasarn global tidak akan berhasil tanpa tim lokal yang kuat. 2. ancaman. Untuk perusahaan global. perbedaan masih cukup banyak diantara batas negara dan budaya budaya yang memerlukan adaptasi dari beberapa unsur bauran pemasaran. Perusahaan global mencari pasar di seluruh dunia yang akan menyediakan kesempatan untuk menerapkan ketrampilan dan sumber daya untuk menciptakan nilai bagi pelanggan yang lebih besar daripada nilai yang diciptakan oleh pesaing. tenaga kerja dan modal). Strategi global adalah rancangan untuk menciptakan penawaran yang berhasil dalam skala dunia. kecenderungan. tidak ada bencana kalau mata uang ”dalam negeri” naik secara dramatis karena untuk perusahaan seperti ini sebenarnya tidak ada yang disebut mata uang dalam negeri. Perusahan yang mengabaikan perbedaan ini dan yang telah mencoba menerapkan strategi merek dagan global tanpa memikirkan perbedaan ini menghadapi kegagalan. e. Sejarah Pusat Pengembangan Bahan Ajar . dan sumber daya. Kekuatan Yang Menghambat 1. Perbedaan Pasar Dalam setiap kategori produk. tetapi imbalannya bukan hanya sukses tetapi juga kemampuan untuk terus bertahan. Ini memerlukan disiplin yang besar. uang dan bahanbahan (atau seperti yang sering dikatakan oleh para ekonom sebagai laha. yang dapat menghadapi kegagalan. dan usaha konstan. Strategi global Keuntungan paling besar dari perusahaan global adalah strategi global.

tetapi manajement tidak menangkap kesempatan tsb. peralatan. dan transmisi datal. Bila merek dagang tersebut telah mempunyai identitas tertentu dalam pasar nasional.7 Sejarah merek dagang mungkin memerlukan strategi pemasaran khusus dan berbeda. 5. Sebuah perusahaan yang melihat ke belakang tidak akan memperluas wilayah operasinya secara geografis. Kendali ini bervariasi dari yang berteknologi rendah berupa pengendalian monopoli tembakau dari akses ke pasar tembakau sampai yang berteknologi tinggi berupa pengendalaian pemerintah nasional terhadap pasar pemancar.UMB SYANTHIA A. Hal ini berlaku bahkan untuk produk dengan potensi tinggi seperti merek dagang yang mendorong citra. ASRI SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN . mungkin tidak bisa mencapai posisi dan stratgi global tunggal. Sebuah contoh yang baik dari kecadokan ini adalah peursahaan yang tidak mempertahankan kepemimpinan dalam menciptakan nilai pelanggan ketika memperluas wilayah geografi. Tema yang paling menonjol dalam wawancara saya dengan eksekutif perusahaan yang unggul dalam memasarkan secara global adalah penghargaan terhadap insisiatif dan masukan lokal oleh eksekutif kantor pusat dan penghargaan yang berkaitan terhadap visi dari kantor pusat oleh eksekutif lokal. Kendali Nasional/ Hambatan untuk masuk suatu negara Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya. 4. Hal ini sulit dilakukan oleh perusahaan. produk dan kategori merupakan calon untuk globalisasi. serta di setiap negara perlu penentuan posisi tersendiri. Orientasi Manajemen Pusat Pengembangan Bahan Ajar . 3. Kecadokan Manajemen Dalam banyak hal. 1. Budaya Organisasi Perusahaan global yang sukses adalah pemasar yang telah belajar cara memadukan visi global dan perspektif dengan insiatif dan masukan pasar lokal. KEKUATAN YANG MENDASARI BISNIS INTERNASIONAL Mengenali kekuatan yang mendasari pertumbuhan ini bermanfaat untuk lebih memahami landasan ekonomi global.

8 Orientasi adalah asumsi atau keyakinan. mengenai sifat dunia ini. ASRI SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN . disusun dengan keinginan umum menghindari kembalinya praktik perdangan terbatas dan diskriminatoris (yang sifatnya membeda-bedakan). yang dinegosiasikan dengan negara mana pun. polisentrisme. Prinsip MFN (most favored nation) menghendaki setiap negara setuju untuk menawarkan kepada semua negara persyaratan yang paing mendukung. kemudian diperluas dengan ditambah orierntasi regional dan menjadi skema EPRG (etnosentrismes. (1 ons = $ 35). 2. Keterbatasan untuk memperluas likuiditas yang tak dapat dipisahkan dari penggunaan emas dan mata uang asing telah diatasi.UMB SYANTHIA A. harus dipakai di mana-mana. Dengan diciptakan SDR pada tahun 1969 sebagai pengganti standar penukaran dollar terhadap emas. polisentris dan geosentris. 4. geosentrisme). mengapa pertumbuhan ekonomi menjadi kekuatan yang mendasari perluasan ekin : a. yang menyediakan kerangka kerja institusional dan satu rangkaian yang terdiri dari empat peraturan dan prinsip dalam untusaha untuk membebaskan perdagangan. Ada 3 orientasi dasar yaitu : etnosentris. Pertumbuhan Ekonomi Domestik Ada 2 alasan. merupakan sebuah contoh peraturan GATT yang memberikan kontribusi untuk mengurangi tarif yang tinggi. yaitu uang ata cara untuk membayar. yang sering kali tidak disadari. Untuk pertama kalinya aset cadangan internasional tersedia. Seseoarang dengan orientasi ini melihat persamaan dalam pasar. Sistem Perdagangan Dunia Sistem perdagangan dunia pasca PD II. 5. Sistem ini muncul melalui GATT. Perdamaian Global Perdamaian setelah PD II menyediakan dasar yang relatif stabil untuk pertumbuhan ekin yang sehat dan cepat. 3. Pertumbuhan telah menciptakan kesempatan pasar Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Orientasi etnosentrisme adalah suatu asumsi atau keyakinan bahwa negeri asal sendirilah yang unggul. regiosentrisme. Kerangka Kerja Moneter Internasional Pertumbuhan yang cepat dari perdagangan dan investasi meciptakan kebutuhan likuiditas internasional. dan percaya bahwa produk dan kebiasaan yang sukses di negeri sendiri yang unggul. Fakta penting yang menyangkut kerangka kerja moneter internasional adalah selama lebih dari 3 dekade pengaturan tadi berfungsi secara memadai. dan oleh karena itu.

selesai --------------------- Pusat Pengembangan Bahan Ajar . yang mungkin telah berkembang. Pertumbuhan telah mengurangi penolakan. Teknologi komunikasi dan Transpotasi Meningkatnya kecepatan dan kapasitas komunikasi berbiaya rendah merupakan kekuatan utama untuk mempermudah perluasan bisnis internasional. 6. -----------. Korporasi global adalah organisasi yang telah bereaksi terhadap kekuatan yang mendorong. menghambat dan melandasi dunia. Korporasi Global / Transnasional Pemasaran transnasional menfokuskan pada pemanfaatan aset. pengalaman dan produk perusahaan secara global dan pada melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalam setiap negara.UMB SYANTHIA A. sebagai respon masuknya perusahaan asing ke dalam ekonomi domestik. ASRI SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN . Konsep ini mengakui budaya universal dan perbedaan pasar yang unik.9 b. 7.