P. 1
Modul Makhluk Hidup dan Lingkungan

Modul Makhluk Hidup dan Lingkungan

|Views: 155|Likes:
Published by Fnd Mohamad
Modul yang membahas tentang berbagai makhluk hidup beserta lingkungan tempat tinggalnya.
Modul yang membahas tentang berbagai makhluk hidup beserta lingkungan tempat tinggalnya.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Fnd Mohamad on May 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2013

pdf

text

original

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

A. Ciri-ciri yang Membedakan Makhluk Hidup dari Makhluk Tak Hidup No. 1. 2. 3. 4. 5. Gejala-gejala yang diamati Bernafas Memerlukan makanan & air Dapat tumbuh berkembang Berkembang biak Menerima dan memberikan rangsangan B. Perbedaan serta Persamaan Tumbuhan dan Hewan Persamaan Tumbuhan 1. Sama-sama melakukan proses pernafasan a. Tidak memiliki alat pernafasan khusus b. Mengambil dan mengeluarkan gas secara pasif 2. sama-sama memerlukan makanan dan air a. Dapat menyusun makanan sendiri dari zat-zat sederhana yang ada di lingkungannya. b. Makanan diambil dalam bentuk gas dan cair 3. Sama-sama dapat tumbuh a. Tumbuh kembang berlangsung selama b. Makanan diambil dalam bentuk padat dan cair a. Tumbuh kembang terjadi pada masa Perbedaan Hewan a. Umumnya memiliki alat pernafasan khusus b. Mengambil dan mengeluarkan gas secara aktif a. Makan makhluk hidup lain Makhluk Hidup + + + + + Makhluk Tak Hidup -

1

Bentuk tubuh tertentu. ada daerah tumbuh tertentu. Dapat berpindah tempat b. Reaksi terhadap 5. Bentuk tubuh menyebar dan bercabang. terjadi di dalam tubuh. b. jumlah bagian tubuh tak tentu. Pembuahan dapat 4. Sama-sama dapat melakukan perkembangbiakan. misalnya pada ikan. Sama-sama menerima dan memberikan tanggapan terhadap rangsang rangsang lambat.dan berkembang hidupnya. Umumnya jumlah anak banyak. serempak pada bagian seluruh tubuh b. misalnya pada kucing dan dapat pula terjadi di luar tubuh. Umumnya jumlah anak terbatas. tertentu. dipelihara dan dilindungi a. b. Umumnya menetap atau bergerak sebagian tubuh b. simultan dan aktif KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP 2 . terbatas dan lebih pasif b. Reaksi terhadap rangsang cepat. tidak dipelihara dan dilindungi induk a. jumlah bagian tubuh tertentu a. Pembuahan terjadi di a. secara kawin atau tak kawin dalam alat perkembangbiakan betina.

Keanekaragaman mikrobiota Indonesia 3. air. salinitas) yang saling berinteraksi satu sama lain. pendauran hara (peran pelaksana taraf trofi) dan produktivitas (hasil keseluruhan sistem). konsumen dan redusen. serta unsur abiotik. tingkatan jenis dan tingkatan genetik. tanah) dan kimia (keasaman. Kekayaan jenis makhluk hidup di Indonesia 2. Negara kita. yaitu jenis-jenis makhluk hidup. B. Gatra yang dapat kita gunakan sebagai ciri keseluruhan ekosistem adalah energetika (taraf trofi atau makanan). penampilan. yaitu faktorfaktor fisik (iklim. yaitu tingkatan ekosistem.000 pulau besar dan kecil serta memiliki 40 tipe ekosistem yang khas dan 10 tipe ekosistem buatan. Keanekaragaman tumbuhan berpembuluh Indonesia 4. Keanekaragaman Hewan Indonesia C. yaitu produsen. 1. Keanekaragaman Ekosistem Ekosistem merupakan suatu satuan lingkungan yang terdiri dari unsurunsur biotik. A. jumlah dan sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan makhluk.Keanekaragaman makhluk hidup merupakan terdapatnya berbagai macam keragaman bentuk. dibentuk oleh 17. Keankearagaman Jenis Jenis (spesies) merupakan suatu satuan organisme yang dapat dikenal dari bentuk atau penampilannya dan terdiri atas pengelompokkan populasi atau gabungan individu yang mampu kawin sesamanya secara bebas (tetapi tidak dapat melakukannya dengan jenis lain). Keanekaragaman Genetik 3 . untuk menghasilkan keturunan yang menyerupai tetuanya.

Genetik adalah faktor pengatur kebakaan yang bertanggung jawab dalam penurunan sifat kedua induk kepada anak-anaknya. 4 . Keanekaragaman genetik menunjukkan keragaman di dalam suatu jenis yang diukur oleh variasi gen.

Dimulai dari protoplasma – sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme – populasi – komunitas – ekosistem – biosfer. Pertumbuhan 6. komunitas dibedakan menjadi komunitas darat (terestrial) dan komunitas perairan (akuatik). Dinamika 5. Produktivitas populasi Beberapa populasi organisme yang hidup bersama-sama pada suatu waktu dan menempati wilayah tertentu. cacing. contohnya seekor ayam. Sedangkan bakteri dan fungi karena ukurannya sangat kecil disebut mikroorganisme. Dari tingkat yang paling sederhana ke tingkat organisasi yang paling kompleks. Memiliki kepadatan (densitas) 2. Keragaman 2. komunitas dikenal dengan komunitas tumbuhan dan hewan. Di antara anggota dalam komunitas terjadi hubungan predasi. Individu adalah makhluk hidup dipandang dari segi fisiologi dan tingkah laku. Beberapa karakteristik dari populasi adalah : 1. kompetisi atau simbiosis. Karakteristik atau beberapa ciri dari komunitas meliputi : 1. manusia dan lain-lain. Menurut habitatnya. sebatang pohon. Struktur umum 4. Setiap individu organisme menempati suatu tempat hidup di alam yang disebut habitat. Dinamis 5 . Pola persebaran 3. Struktur topik 4. Stabilitas 3.ORGANISASI KEHIDUPAN Makhluk hidup memiliki tingkat organisasi biologi yang disebut spektrum biologi. Sedangkan berdasarkan jenis makhluk hidup. Populasi adalah kelompok individu-individu sejenis yang membentuk satuan atau kumpulan individu sejenis yang menempati wilayah tertentu dalam suatu waktu. contohnya semut. Organisme ialah makhluk hidup yang memiliki sistem organ.

ekosistem terdiri atas 2 (dua) komponen. yaitu : 1. perombak "decomposer" 5. Gurun 6 . Hutan tropis 2. Bahan tak hidup 2. ketersediaan air. Ekosistem Menurut fungsinya. Targa 4. Persebaran organisme ini disebut Bioma. Detritus atau detritivor B. Komponen heterotrof Jika dilihat dari struktur penyusunannya. Hutan gugur iklim sedang 3. Pengurai. Tipe-tipe Bioma Faktor-faktor abiotik dalam biosfer seperti iklim dan faktor abiotik lainnya seperti suhu. ekosistem terdiri dari 5 (lima) komponen. intensitas cahaya. Produsen 3. Konsumen 4. Komponen autotrof 2. Padang rumput 6. Tundra 5. di antaranya adalah sebagai berikut : 1. yaitu : 1. angin dan jenis tanah serta garis lintang sangat menentukan organisme dalam biosfer. Berbagai macam bioma di alam.A.

Peristiwa makan dan dimakan antar individu 7 . yaitu : 1. Interaksi Antar Individu Interaksi kompetisi antar individu dalam suatu populasi disebut kompetisi intraspesies. Kompetisi intraspesies bisa secara langsung atau tidak langsung. A. baik makhluk hidup atau benda tak hidup yang ada di sekitar individu itu sendiri. B. Parasitisme 4. Antagonisme C. Predasi 3. Kooperasi 8. Interaksi Antar Populasi Bentuk interaksi antar populasi yang berbeda spesies disebut antar spesies. Kompetisi 7. Rantai Makanan. Komensalisme 6. Mutualisme 5. Jaring-jaring Makanan dan Piramida Makanan Perpindahan energi yang berbentuk makanan dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lain melalui serangkaian urutan makan dan dimakan disebut rantai makanan. Netralisme 2. yaitu hubungan antara dua individu yang berbeda spesies. Sedangkan lingkungan secara umum dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu.SALING KETERGANTUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekologi. Hubungan antar spesifik dapat dikelompokkan menjadi 8 (delapan) bentuk dasar. yaitu oikos yang artinya tempat tinggal atau rumah dan logos yang berarti ilmu. Istilah ekologi berasal dari kata latin.

Konsumen sekunder (karnivora / pemakan hewan) 4. terbang. Aliran Energi Sumber utama energi bagi kehidupan adalah cahaya matahari. piramida biomasa. sedangkan berat kering dari bahan organik yang tersimpan dalam tubuh organisme disebut biomasa. Jadi. berkembang biak. kemudian energi kimia mengalir dari produsen ke konsumen dari berbagai trofik. di mana pada ketiga piramida tersebut. pada ekosistem terjadi pemasukan.dalam suatu ekosistem membentuk struktur trofik. Autotrof (yang dapat membuat makanan sendiri) 2. bagian dasar piramida adalah produsen. berenang. Struktur trofik ini terdiri dari tingkat-tingkat trofik yang meliputi : 1. yaitu konsumen primer. Heterotrof (konsumen primer) 3. penyimpanan dan pelepasan energi. sehingga membentuk jaring-jaring makanan. Pemasukan dan penyimpanan disebut juga produktivitas ekosistem. Produktivitas tersebut terdiri dari : produktivitas primer dan produktivitas sekunder. Bahan organik yang tersimpan disebut produktivitas primer bersih (PPB). berlari. respirasi dan sebagainya. Piramida ekologi terdiri dari piramida energi. D. Oleh produsen diubah menjadi energi kimia melalui proses fotosintesis. saling berkaitan dan bercabang-cabang. Seluruh bahan organik yang dihasilkan dari proses fotosintesis pada organisme autotrof disebut produktivitas primer kotor (PPK). konusmen sekunder dan konsumen tersier melalui jalur rantai makanan. 8 . Energi kimia yang diperoleh setiap organisme digunakan untuk berbagai kegiatan hidupnya seperti tumbuh. Konsumen tersier (omnivora / pemakan produsen dan konsumen) Hubungan makan dan dimakan dalam suatu ekosistem sangat kompleks. di atasnya konsumen dan paling atas adalah konsumen puncak. Energi cahaya matahari masuk ke dalam ekosistem melalui produsen. piramida jumlah.

Dalam ekosistem terdapat berbagai baur materi yang melibatkan makhluk hidup (biotik) dan faktor abiotik melalui udara. 9 . air. Peristiwa ini dinyatakan sebagai hukum antropi.Dalam perpindahan energi dari produsen ke konsumen terjadi penyusutan atau hilang dalam bentuk panas. tanah dan batuan disebut biogeokimia.

Pencemaran Air Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia di bumi ini. Pencemaran yang telah menimbulkan sakit bahkan kematian 1. A. Berdasarkan mediumnya. ekonomi dan budaya manusia yang hidup di dalamnya. eksistensi manusia dan aktivitas manusia serta organisme lainnya. maupun biologis sehingga mengganggu kesehatan. Pencemaran yang mulai menimbulkan iritasi 3. Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh 4.PENCEMARAN DAN ETIKA LINGKUNGAN Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda daya keadaan dan makhluk hidup yang mencakup komponen biotik. sosial. sesuai dengan kebutuhannya. dan pencemaran tanah. Pencemaran yang tidak menimbulkan kerugian pada manusia 2. Pencemaran Lingkungan Pencemaran dapat didefinisikan sebagai masuknya bahan atau energi ke dalam lingkungan yang menyebabkan timbulnya perubahan yang tidak diharapkan baik yang bersifat fisik. sumber dari limbah PLTN 10 . abiotik. Macam-macam polutan air dan dampaknya : Sampah organik Virus dan bakteri Merkuri (H9) Timbal (P6) Cadmium (Cd) Tembaga (Cu) Bahan radio aktif. kimia. pencemaran dapat dikelompokkan menjadi : pencemaran air. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menetapkan 4 (empat) tahapan pencemaran. yaitu : 1. Etika adalah pengetahuan tentang asas-asas mengenai akhlak atau moral. pencemaran udara.

11 . yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Pencemaran tanah berkaitan erat dengan pencemaran air dan udara. sampah dapat digolongkan menjadi 2 (dua) jenis. Co2 c. Pencemaran Tanah Sumber utama pencemaran tanah adalah sampah. Pencemaran Udara Udara adalah atmosfer yang berada di sekeliling bumi yang fungsinya sangat penting bagi kehidupan. Berdasarkan kemampuan untuk membusuk. Materi partikel 3. So2. No. Macam-macam polutan udara dan dampaknya : a. Co b. sedangkan pencemar yang terdapat di udara bersama-sama air hujan akhirnya akan mencemari tanah pula. No2 d.2. Air permukaan yang tercemar dapat masuk ke dalam tanah dan menimbulkan pencemaran tanah. So3 e.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->