 SOAL FINAL IPA 5 SD (20 NOMOR – BIDDING GAME) 1. Benang sutra dibuat dari . . . ulat sutra. a. telur c. kotoran b.

kepompong d. air liur 2. Benda yang dapat kembali ke wujud semula setelah dipanaskan yaitu . . . . a. kayu c. kertas b. lilin d. Plastik 3. Bagian jantung yang berisi darah kaya oksigen yaitu . . . . a. serambi kiri dan serambi kanan b. bilik kiri dan bilik kanan c. serambi kiri dan bilik kiri d. serambi kanan dan bilik kanan 4. Apabila kita kurang makan makanan berserat dapat mengalami penyakit . . . . a. diare c. apendisitis b. sembelit d. usus buntu 5. Bahan baku Kertas berasal dari . . . . a. plastik c. kaca b. kayu/bambu d. Logam 6. Bagian magnet yang paling kuat gaya tariknya yaitu . . . . a. atas b. bawah c. tengah d. kutub 7. Pembuatan magnet dengan cara induksi menghasilkan magnet yang bersifat . . . . a. tetap b. kuat c. sementara d. kekal 8. Posisi titik tumpu, beban, dan kuasa pada alat di samping yaitu . . . . a. titik tumpu berada di antara beban dan kuasa b. beban berada di antara titik tumpu dan kuasa c. kuasa berada di antara titik tumpu dan beban d. titik tumpu, beban, dan kuasa berada pada satu tempat 9. Kertas tahan air karena adanya lapisan plastik pada permukaannya disebut kertas . . . . a. HVS c. karton b. manila d. Minyak 10. Perubahan yang bersifat tetap terjadi pada peristiwa . . . . a. pemanasan lilin b. kayu terbakar c. es mencair d. air membeku

terbuat dari baja c. Mengapa Jarum kompas selalu mengarah ke utara dan ke selatan? a.. Apakah yang dimaksud dengan lentisel ? a. Proses pencernaan di lambung dibantu oleh enzim . Tanaman yang ditumbuhkan dalam kondisi gelap terlihat lebih tinggi. karena masih ada jenis cahaya lain yang dapat digunakan untuk membantu proses fotosintesis C) dalam kondisi gelap. A) tanaman masih memiliki kandungan klorofil yang cukup dan dapat berfotosintesis dengan baik. lubang. lubang-lubang yang terdapat pada bunga .. lubang-lubang kecil yang ada pada batang c. Dasar kolam kelihatan dangkal. dapat dipantulkan d. lipase 12.lubang besar pada batang d. dapat dibiaskan 14.. menembus benda bening c.. terdapat pegas di dalam kompas d. jarum kompas adalah magnet b.. tanaman tidak melakukan transpirasi sehingga kadar air dalam tanaman tetap cukup dan tanaman tidak layu D) dalam kondisi gelap. kecil dan berwarna hijau pucat karena…. 17. amilase c. A) lentisel B) stomata C) kutikula D) urat daun E) trikoma 15. Karbondioksida masuk ke dalam daun melalui…. klorofil tidak bekerja efektif sehingga proses fotosintesis terganggu E) tanaman tidak melakukan respirasi sehingga tidak terdapat energi yang cukup untuk pertumbuhan. Ini menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat . merambat lurus b. a. lubang-lubang kecil yang ada pada permukaan daun b. pepsin b. sehingga tersedia makanan yang cukup untuk pertumbuhannya B) tanaman masih dapat berfotosintesis dalam kondisi gelap. A) pengangkutan zat hara di dalam tumbuhan B) mengatur pengeluaran uap air dari dalam tumbuhan/transpirasi C) pengangkutan air dan mineral di dalam tumbuhan D) mengeluarkan air dalam proses gutasi E) mengeluarkan air dan mineral dario dalam tumbuhan 16. a.11. dipengaruhi gaya gravitasi 13. Stomata berfungsi untuk…. tripsin d..

a.. bayangan pantulan 20. a.. Dibawah ini adalah macam-macam katrol. perambatan cahaya d... katrol majemuk 19. katrol lepas b.. bayang semu b. pembiasan cahaya c. kecuali . a.. . pemantulan cahaya b.. Bayangan yang dapat kita lihat dalam cermin tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar disebut . Peristiwa pembelokan cahaya karena merambat melalui dua medium yang berbeda kerapatan optiknya.. katrol bebas d. pembelokan cahaya . bayangan nyata c.. katrol tetap c.18. disebut . bayangan sejati d. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful