DAFTAR PUSTAKA

Budiman Arief (2007). Panduan Psikotes. Bandung: Pustaka Grafika. Gunarsa Singgih, D. (2004). Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: Gunung Mulia. Hartman (2004). Tipe kepribadian, (http://multiply.com/info/tour/1 diakses 23 April 2007). Haryadi, D. (2003). Perilaku Bermasalah Remaja Muncul Lebih Dini. (info@gizi.net diakses10 Oktober 2003 ) Hermawan, R. (1999). Penyalahgunaan Narkotika Oleh Para Remaja. Bandung: Eresco. Hurlock, E.B. (2004). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan edisi 5. Jakarta: Erlangga. Iskandar, Y. (2005). Test Personaliti edisi 4. Jakarta: Yayasan Dharma Graha. Jayantini Sri (2006). Antara psikologis dan Sosiologis. (www.iqeq.web.id/ diakses 30 Desember 2006) Markam, S. & Slamet (2003). Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta: UI-Press. Monks, F.J. & Knoers, A.M.P. (2002). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Nursalam (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. Prayitno (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Pyrro (2007). Dimensi Kepribadian, (http://fertoblades.wordpress.com/feed/ diakses 16 Februari 2007). Sarwono, S.W. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyono (2004). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Swanson HL.educationalvoyage. Surabaya: Program Studi Keperawatan Tuban. . Mengelola Pendidikan Inklusif Dengan Pembelajaran yang Ramah.com/multiintell. (1999). Psikologi Untuk Keperawatan. Panduan Penulisan Usulan Penelitian dan Laporan Karya Tulis Ilmiah. 12 Mei 2006) Townsend.2 Sunaryo (2004).f4jar.multiply. (http://www.html. (http://www. Gambaran Umum Kerusakan Interaksi Sosial.com/journal/item/191/Interaksi_Sosial. Jakarta: EGC. (1998). 20 Juni 2008) _________ (2006).

Apabila saudara bersedia menjadi peserta. silahkan menandatangani format dibawah ini. Responden : : : . Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan tipe kepribadian dan tingkat kepuasan interaksi anak-anak penghuni Panti Asuhan. Partispasi saudara/i dalam penelitian ini bersifat bebas dan rahasia. Tanda tangan Tanggal No. Untuk ikut ataupun tidak tanpa adanya sanksi apapun.3 Lampiran 2 FORMULIR PERSETUJUAN MENJADI RESPONDEN PENELITIAN TIPE KEPRIBADIAN DAN KEPUASAN INTERAKSI Oleh : TRI WAHYU ANANINGRUM NIM : P 27820505037 MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN POLITEKNIK KESEHATAN SURABAYA Penelitian ini dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan dalam menyelesaikan tugas akhir Program Studi Keperawatan Tuban.

atau “tidak” bila tidak sesuai dengan anda ! N o 1 2 3 4 Pertanyaan Apakah anda kadang merasa ingin mengumpat caci/katakata kotor? Apakah anda pandai melawak/bergurau? Apakah anda senang pergi ke pesta dan acara keramaian? Apakah anda ingin mengenal beberapa orang penting (direktur panti. anda suka bikin ribut suasana? Apakah anda mudah/terbiasa minta pertolongan dari teman-teman panti. walaupun orang lain 6 7 8 melakukannya? Apakah anda sulit memulai percakapan bila bertemu dengan orang baru dikenal? Bila anda bosan. walaupun anda tidak bisa 9 1 0 1 1 1 2 1 membalasnya? Apakah dengan berkumpul dengan teman-teman lainnya dapat menghilangkan kesedihan ? Pada saat berkumpul. anda mengalami kesulitan untuk memulai pembicaraan ? Anda cenderung untuk tidak menyapa orang lain sebelum mereka menyapa lebih dahulu ? Apakah anda pernah merasa gembira sekali tanpa alasan yang khusus ? Apakah anda malu berbicara di depan orang banyak ? Ya Tidak I Skor E .4 Lampiran 3 1.donatur) karena dengan demikian anda 5 merasa menjadi orang penting juga? Apakah anda canggung berbuat sesuatu yang menonjolkan diri dalam suatu acara. TIPE KEPRIBADIAN Jawablah pertanyaan-pertanyaan dari saya ini dengan “ya” bila sesuai dengan anda.

apakah anda akan menghindar untuk membantu dan lebih baik di dalam kamar saja ? Kadang-kadang sukar bagi anda untuk mempertahankan hak anda.misal pengajian. Apakah anda pandai melawak/bergurau? Apakah perasaan anda tidak mudah tersinggung? Apakah anda merasa kurang percaya diri? . Apakah anda protes bila keinginan anda tidak terpenuhi? Pada waktu ada pertemuan rutin. apakah anda tidak takut masuk sendirian ke kantor ? Apakah anda pernah mengerjakan sesuatu (keinginan sendiri) sampai anda merasa lelah/capek ? Apakah anda terganggu bila orang-orang yang tidak dikenal memperhatikan anda waktu sedang jalan-jalan diluar panti? Apakah anda senang mengikuti kegiatan di panti hanya untuk bersama-sama orang lain (berkumpul) ? Apakah anda sering beranggapan bahwa orang iri hati pada ide yang baik. apakah anda berani mengemukakan pendapat/ bertanya? Apakah anda senang membaca koran.5 3 1 4 1 5 1 6 1 7 1 8 1 9 2 0 2 1 2 2 2 3 2 4 2 5 2 6 2 7 2 Bila di kantor panti ada banyak orang yang sedang berbicara. majalah atau nonton berita TV ? Apakah anda teliti dalam berdandan? Bila berpapasan dengan teman-teman sekolah atau kenalan lama. kecuali bila mereka menegurku lebih dahulu. hanya karena mereka tidak menemukan lebih dahulu ? Bila ada kesibukan di panti (persiapan acara). anda lebih suka menghindar. karena anda terlalu pendiam.

6 8 2 9 3 0 3 1 3 2 3 3 3 4 3 5 3 6 3 7 3 8 3 9 4 0 4 1 4 2 4 3 4 4 Apakah anda sering menyembunyikan rasa malu ? Apakah ada keinginan untuk lebih berani tampil dan percaya diri? Apakah anda yakin dengan diri anda sendiri ? Apakah anda cenderung tidak menyapa orang lain sebelum mereka menyapa lebih dahulu ? Apakah anda mudah bergaul dengan orang-orang di panti seperti penghuni yang lain ? Apakah anda merasa punya perasaan sensitif/peka dari pada orang lain? Apakah anda mudah merasa malu? Bila di kantor panti ada beberapa orang yang sedang berbicara. apakah anda berani mengemukakan pendapat/bertanya ? Apakah anda senang menghadiri kegiatan atau acara pertemuan sosial ? JUMLAH SKOR . apakah anda takut masuk sendirian ke kantor? Apakah anda menghargai diri secara wajar ? Apakah anda suka menyendiri ? Apakah anda bersedia dijadikan ketua kegiatan di panti? Apakah anda senang mengikuti kegiatan di panti hanya untuk bersama orang lain (berkumpul) ? Apakah anda bersedia tinggal sekamar dengan penghuni baru ? Jika dikendaraan umum. apakah anda sering berbicara dengan penumpang lain ? Pada waktu ada pertemuan rutin misalkan pengajian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful