DAFTAR PUSTAKA

Budiman Arief (2007). Panduan Psikotes. Bandung: Pustaka Grafika. Gunarsa Singgih, D. (2004). Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: Gunung Mulia. Hartman (2004). Tipe kepribadian, (http://multiply.com/info/tour/1 diakses 23 April 2007). Haryadi, D. (2003). Perilaku Bermasalah Remaja Muncul Lebih Dini. (info@gizi.net diakses10 Oktober 2003 ) Hermawan, R. (1999). Penyalahgunaan Narkotika Oleh Para Remaja. Bandung: Eresco. Hurlock, E.B. (2004). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan edisi 5. Jakarta: Erlangga. Iskandar, Y. (2005). Test Personaliti edisi 4. Jakarta: Yayasan Dharma Graha. Jayantini Sri (2006). Antara psikologis dan Sosiologis. (www.iqeq.web.id/ diakses 30 Desember 2006) Markam, S. & Slamet (2003). Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta: UI-Press. Monks, F.J. & Knoers, A.M.P. (2002). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Nursalam (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. Prayitno (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Pyrro (2007). Dimensi Kepribadian, (http://fertoblades.wordpress.com/feed/ diakses 16 Februari 2007). Sarwono, S.W. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyono (2004). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

com/multiintell. (1999).2 Sunaryo (2004).f4jar. 20 Juni 2008) _________ (2006). Surabaya: Program Studi Keperawatan Tuban. Psikologi Untuk Keperawatan. (http://www. (http://www.multiply. Swanson HL. Jakarta: EGC. 12 Mei 2006) Townsend. . (1998).com/journal/item/191/Interaksi_Sosial. Panduan Penulisan Usulan Penelitian dan Laporan Karya Tulis Ilmiah.educationalvoyage. Mengelola Pendidikan Inklusif Dengan Pembelajaran yang Ramah.html. Gambaran Umum Kerusakan Interaksi Sosial.

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan tipe kepribadian dan tingkat kepuasan interaksi anak-anak penghuni Panti Asuhan. Responden : : : . Tanda tangan Tanggal No. Untuk ikut ataupun tidak tanpa adanya sanksi apapun. silahkan menandatangani format dibawah ini.3 Lampiran 2 FORMULIR PERSETUJUAN MENJADI RESPONDEN PENELITIAN TIPE KEPRIBADIAN DAN KEPUASAN INTERAKSI Oleh : TRI WAHYU ANANINGRUM NIM : P 27820505037 MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN POLITEKNIK KESEHATAN SURABAYA Penelitian ini dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan dalam menyelesaikan tugas akhir Program Studi Keperawatan Tuban. Partispasi saudara/i dalam penelitian ini bersifat bebas dan rahasia. Apabila saudara bersedia menjadi peserta.

atau “tidak” bila tidak sesuai dengan anda ! N o 1 2 3 4 Pertanyaan Apakah anda kadang merasa ingin mengumpat caci/katakata kotor? Apakah anda pandai melawak/bergurau? Apakah anda senang pergi ke pesta dan acara keramaian? Apakah anda ingin mengenal beberapa orang penting (direktur panti. TIPE KEPRIBADIAN Jawablah pertanyaan-pertanyaan dari saya ini dengan “ya” bila sesuai dengan anda. anda suka bikin ribut suasana? Apakah anda mudah/terbiasa minta pertolongan dari teman-teman panti.donatur) karena dengan demikian anda 5 merasa menjadi orang penting juga? Apakah anda canggung berbuat sesuatu yang menonjolkan diri dalam suatu acara.4 Lampiran 3 1. walaupun anda tidak bisa 9 1 0 1 1 1 2 1 membalasnya? Apakah dengan berkumpul dengan teman-teman lainnya dapat menghilangkan kesedihan ? Pada saat berkumpul. walaupun orang lain 6 7 8 melakukannya? Apakah anda sulit memulai percakapan bila bertemu dengan orang baru dikenal? Bila anda bosan. anda mengalami kesulitan untuk memulai pembicaraan ? Anda cenderung untuk tidak menyapa orang lain sebelum mereka menyapa lebih dahulu ? Apakah anda pernah merasa gembira sekali tanpa alasan yang khusus ? Apakah anda malu berbicara di depan orang banyak ? Ya Tidak I Skor E .

Apakah anda pandai melawak/bergurau? Apakah perasaan anda tidak mudah tersinggung? Apakah anda merasa kurang percaya diri? . karena anda terlalu pendiam. kecuali bila mereka menegurku lebih dahulu. Apakah anda protes bila keinginan anda tidak terpenuhi? Pada waktu ada pertemuan rutin.misal pengajian. apakah anda tidak takut masuk sendirian ke kantor ? Apakah anda pernah mengerjakan sesuatu (keinginan sendiri) sampai anda merasa lelah/capek ? Apakah anda terganggu bila orang-orang yang tidak dikenal memperhatikan anda waktu sedang jalan-jalan diluar panti? Apakah anda senang mengikuti kegiatan di panti hanya untuk bersama-sama orang lain (berkumpul) ? Apakah anda sering beranggapan bahwa orang iri hati pada ide yang baik. apakah anda akan menghindar untuk membantu dan lebih baik di dalam kamar saja ? Kadang-kadang sukar bagi anda untuk mempertahankan hak anda. apakah anda berani mengemukakan pendapat/ bertanya? Apakah anda senang membaca koran.5 3 1 4 1 5 1 6 1 7 1 8 1 9 2 0 2 1 2 2 2 3 2 4 2 5 2 6 2 7 2 Bila di kantor panti ada banyak orang yang sedang berbicara. hanya karena mereka tidak menemukan lebih dahulu ? Bila ada kesibukan di panti (persiapan acara). anda lebih suka menghindar. majalah atau nonton berita TV ? Apakah anda teliti dalam berdandan? Bila berpapasan dengan teman-teman sekolah atau kenalan lama.

apakah anda takut masuk sendirian ke kantor? Apakah anda menghargai diri secara wajar ? Apakah anda suka menyendiri ? Apakah anda bersedia dijadikan ketua kegiatan di panti? Apakah anda senang mengikuti kegiatan di panti hanya untuk bersama orang lain (berkumpul) ? Apakah anda bersedia tinggal sekamar dengan penghuni baru ? Jika dikendaraan umum. apakah anda sering berbicara dengan penumpang lain ? Pada waktu ada pertemuan rutin misalkan pengajian. apakah anda berani mengemukakan pendapat/bertanya ? Apakah anda senang menghadiri kegiatan atau acara pertemuan sosial ? JUMLAH SKOR .6 8 2 9 3 0 3 1 3 2 3 3 3 4 3 5 3 6 3 7 3 8 3 9 4 0 4 1 4 2 4 3 4 4 Apakah anda sering menyembunyikan rasa malu ? Apakah ada keinginan untuk lebih berani tampil dan percaya diri? Apakah anda yakin dengan diri anda sendiri ? Apakah anda cenderung tidak menyapa orang lain sebelum mereka menyapa lebih dahulu ? Apakah anda mudah bergaul dengan orang-orang di panti seperti penghuni yang lain ? Apakah anda merasa punya perasaan sensitif/peka dari pada orang lain? Apakah anda mudah merasa malu? Bila di kantor panti ada beberapa orang yang sedang berbicara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful