BAB 1.

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang 1.2 Rumusan Masalah 1.3 Tujuan 1.4 Manfaat

TINJAUAN PUSTAKA .BAB 2.

Dengan pemasangan transmisi sebagai pengatur putaran.Dari contoh-contoh tersebut secara umum transmisi berfungsimengubah jumlah putaran dan momen putaran mesin daya dan mengatur Poros pada transmisi roda gigi keduanya untuk kebutuhan kerja mesin. . nilai ekonomis konstruksinya jika dibandingkan dengan pengatur putaran menggunakan pengubah frekuensi adalah lebih besar . antara mesin dengan poros penerus dipasang transmisi. transmisi sebagai pengontrol putaran sehingga kendaran bermotor dapat dijalankan dengan mudah pada variasi kecepatan. Contoh lain pada instalasi pompa dengan penggerak motor bakar (diesel atau bensin) atau yang digerakan dengan motor listrik. dengan pemasangan transmisi. Dengan kata lain untuk tujuan yang sama harga kontruksi transmisi lebih murah. Fungsi pemasangan transmisi tersebut adalah untuk meneruskan putaran dan daya mesin. Pada gambar adalah instalasi kompresor dengan penggerak motor listrik dengan atau tanpa pemasangan transmisi. putaran pompa dapat divariasi untuk pengaturan kapasitas aliran. Pada gambar kontruksi dasar sebuah transmisi dengan komponen-komponen gayanya. Sebagai contoh pada kendaraan bermotor. Disamping fungsi tersebut.Transmisi merupakan komponen mesin yang penting untuk menghubungkan antara mesin penggerak dengan yang digerakan. pemasangan transmisi sangat penting disamping sebagai penerus daya.

Transmisi jenis ini sangat cocok dipakai untuk menghubungkan dua poros mesin yang sejajar. transmisi dengan roda gigi paling banyak digunakan. Roda gigi. Akan tetapi transmisi jenis ini transmisi gayanya kaku. efisiensinya tinggi. ukurannya relative kecil. mudah dipasang dan dibongkar. dan sering tidak selaras putarannya. transmisi rantai memiliki elemen kontruksinya banyak. Gambar Model transmisi roda gigi 2. Beberapa model transmisi roda gigi dapat dilihat pada gambar. dan motor listrik kompresor kompresor motor listrik transmisi pengubah frekuensi pemeliharaan mudah. . Tetapi dibandingkan dengan transmisi roda gigi.Komponen yang dipakai untuk membuat sebuah kontruksi transmisi yaitu 1. sangat bising karena gesekan antara logam. hal ini karena transmisi ini mudah pemasangannya. Transmisi dengan rantai. mudah pengoperasiaannya.

mesin depan penggerak belakang (front. sabuk V dan sabuk gigi. Transmisi sabuk Transmisi ini banyak dipakai untuk poros sejajar atau menyilang. Disamping itu . Gambar macam-macam sabuk Pemindah daya ( drive train) adalah sejumlah mekanisme pemindah yang memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk mengerakkan roda-roda kendaraan. kontruksi sederhana dan murah. Transmisi sabuk dibedakan menjadi tiga yaitu transmisi sabuk rata. tidak memerlukan pelumasan. keunggulan transmisi ini adalah kemampuan terhadap beban kejut dan tidak brisik. Pemindah daya umumnya yang digunakan ada 2 jenis yaitu.engine rear drive) yang disingkat FR dan jenis mesin depan penggerak depan (front-engine front drive) atau FF.Gambar Tramisi rantai 3.

engine rear drive) disingkat MR. fungsinya untuk menghubungkan dan melepaskan tenaga dari mesin ke transmisi melalui kerja pedal selama perkaitan roda gigi. Pada saat kedua piringan tersebut berhubungan maka terjadilah gesekan antara piringan yang pertama dengan yang kedua. hal ini menyebabkan piringan pertama memutarkan piringan kedua. Persyaratan kopling . Gambar 2. dan jenis penggerak empat roda (4WD) four wheel drive. Prinsip dari transmisi Kopling (clutch) terletak diantara mesin dan transmisi.8. 2. Hal seperti di atas sama dengan pemindahan daya dari mesin melalui kopling ke transmisi. hal ini sama dengan mesin yang menggerakkan flywheel . Apabila penekanan piringan kedua terhadap piringan pertama semakin besar maka kedua piringan akan berputar menjadi satu kesatuan menyebabkan kedua piringan mempunyai putaran yang sama. karena terjadi slip putaran piringan yang kedua lebih lambat dibandingkan dengan piringan pertama. 1.ada jenis lain yaitu mesin tengah penggerak belakang (midship.13.1 Prinsip Kerja Kopling Sebuah bor tangan (drill ) menggerakkan sebuah piringan. Harus dapat menghubungkan transmisi dengan mesin secara lembut. . Demikian juga kopling dapat memindahkan tenaga secara perlahan -lahan dari mesin ke roda-roda penggerak (drive wheel) agar gerak mula kendaran dapat berlangsung dengan lembut dan perpindahan roda -roda gigi transmisi dapat lembut sesuai dengan kondisi jalannya kendaraan. Sebuah piringan yang lain didekatkan pada piringan yang pertama.

Harus dapat membebaskan hubungan dari transmisi dengan sempurna dan cepat.2. Pada saat menghubungkan ke transmisi harus dapat memindahkan tenaga tanpa terjadi slip. . 3.