PANDUAN PENGOPERASIAN GPS TIPE eTrex HCx DAN MapSource

Digunakan Untuk Praktikum Mata Kuliah Alat Bantu Penangkapan Ikan

Oleh : NOOR ZUHRY, S.Pi., M.Si.

PROGRAM STUDI PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN FAKULTAS PERIKANAN UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
1

DAFTAR ISI
I. Mengoperasikan alat penerima GPS eTRex Vista HCx Garmin II.Track III. Mark IV. Find V. Setup VI. Mengolah data dengan MapSource

2

I. Mengoperasikan alat penerima GPS eTrex Vista HCx Garmin Bab ini membahas tentang bagian-bagian GPS yang akan digunakan, bagaimana mengaktifkan dan menonaktifkan GPS, merawat dan menyimpan GPS, dan mengkalibrasi GPS.

Gambar 1. cara memegang GPS dengan tangan Kanan. GPS ini didisain untuk orang yang bertangan kidal. 1.1 Bagian-bagian GPS Untuk memudahkan penggunaan GPS, pengguna GPS harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dan fungsi GPS.

3

Untuk menampilkan menu find: Tekan dan tahan sampai tampil menu find. tombol ini berguna untuk memperbesar atau memperkecil peta. B. Ada tiga fungsi pada tombol ini. b. Sumber Gambar : Manual eTrex HC series Owner’s Manual. Tampak depan dan belakang GPS HCX. Tekan dan tahan: akan menampilkan jendela Mark. ada juga yang mengatakan Joy Stick. Untuk mengaktifkan tombol menu halaman: Tekan sedetik. Tombol Menu dan juga Find. Juga untuk menggerakan panah penunjuk pada halaman peta. D. a. c. a. 4 . juga berfungsi sebagai enter. sampai tampil kotak kombo. Rocker Key (Tombol Rocker). yaitu : a. Tombol ini bisa digunakan untuk menampilkan menu utama. tanpaharus bersusah payah mencari halaman Mark untuk menandai suatu titik. b.Tampilan dan Bagian-bagian eTrex Vista HCx Gambar 2. Tombol Zoom In atau Out : Pada halaman peta. Tombol Halaman. b. July 2007. Untuk mengkonfirmasi pesan yang tampil atau fungsi enter: Tekan sedetik. yaitu dengan membuat pilihan berwarna hitam (highlight). C. Keterangan : A. Berfungsi untuk menggerakan kursor ke kiri-kanan atas-bawah. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kompas: Tekan dan tahan. dengan cara: Tekan sedetik. Sehingga ini merupakan jalan pintas untuk menggunakan fungsi mark.

E. dengan batere d) Temperatur: -15° – 70° C (tingkatan suhu tergantung pada batere yang digunakan. 3) Tenaga a) Sumber: Dua batere 1.2” c) Berat: Sekitar 159 gr. Cincin pembuka dan penutup untuk penutup batere : digunakan untuk membuka atau menutup pelindung batere. Bila GPS sedang aktif: tekan sebentar. 1. ukuran AA. mengaktifkan lampu pada layar. +/-5 derajat. Rugged. USB port: berguna untuk mengunggah dan mengunduh data dari dan ke GPS. H. 256-color. e) Display: P1. sehingga GPS aktif atau non aktif.2” x T1. 5 . memasang atau mengeluarkan batere. dikalibrasi oleh pengguna. 12 V DC kabel adapter. G. Penutup batere. Lubang adapter breket GPS: Lubang ini untuk menempatkan adapter huruf K yang nantinya berguna saat memasang breket pada kendaraan anda (misalnya sepeda. fully gasketed. +/-10 kaki. b) Ukuran: P4. dikalibrasi oleh pengguna c) Altimeter: Akurasi. 1 kaki. atau Adapter PC/USB b) Konsumsi Tenaga: maks. Beberapa jenis batere dapat rusak pada suhu tinggi). K. sepeda motor.5 volt. b. gunakan tombol rocker untuk meningkatkan pencahayaan sesuai yang anda inginkan. Adapter untuk breket GPS: Diaplikasikan bersama dengan huruf H.2 Spesifikasi GPS Vista HCx 1) Fisik a) Selubung: Kedap air. berguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan GPS. J.7”. transreflective TFT (176x220 pixels) Backlit 2) Tampilan a) Antena: Built-In b) Kompas: Akurasi.3” x L1. 1 derajat.5 watt c) Daya Tahan Batere: Sampai 25 jam. Tempat mengikat tali leher. Tekan dan tahan. bila anda ingin mengganti. I. mobil). Resolusi tinggi. resolusi.2” x L2. resolusi. F. 0. Tombol Tenaga : a. sehingga pengatur pencahayaan tampil.

Ikon 2. Ikon untuk GPS yang menggunakan tenaga batere. GPS yang kita gunakan memang termasuk barang “badak”. 1. namun tetap saja butuh tindakan atau perlakuan yang layak.4 Perawatan GPS Seperti halnya perkakas elektronik umumnya. dan penyimpanan. Ikon 3. 4.4) Tingkat akurasi a) GPS : <10 meter. Bar status yang tampil adalah ikon ikon satelit : 1. maka GPS-pun harus dirawat dengan baik agar GPS saat digunakan tidak bermasalah. bila kompas elektronik diaktifkan. menunjukkan status sinyal GPS sangat bagus. menunjukkan status sinyal GPS bagus. no memory battery required f) Daya Simpan Peta : Tergantung pada kapasitas yang diformat pada kartu microSD. tampil.05 meter/detik (steady state) d) Interface : Garmin Proprietary (USB) e) Lama Simpan Data : Indefinity. 95% c) Velositas : 0. dan untuk GPS yang menggunakan tenaga eksternal.3 Bar Status dan Waktu Bar status dan waktu akan tampil di layar. Selain itu tampil juga status menunjukkan status GPS sedang mencari sinyal satelit GPS. 6 . Status kompas elektronik akan 1. Misalnya adalah pembersihan. 95% b) DGPS: 3 – 5 meter.

lebih baik dalam wadah tersebut juga diletakkan silica gel. Simpan GPS dalam wadah kedap udara. Maka bila anda ingin mengirimkan GPS ke mitra anda melalui jasa kurir. Berdasarkan pengalaman pada pelaksanaan pemetaan risiko. Saat GPS baru mulai aktif maka akan terdapat kalimat “Locating Satellite” atau “Acquiring Satellite”. Bila anda akan menyekanya.5 Mengaktifkan GPS Untuk mengaktifkan dan mematikan GPS. Tuliskan BARANG PECAH BELAH pada bungkus/kemasan paket GPS. 2. tidak dapat tersimpan) karena GPS sudah digunakan sebelum satelit pada GPS berubah ke jendela peta. 3. Bersihkan GPS secara berkala. Keluarkan baterai GPS dari GPS. 7 . teteskan cairan ke bahan yang lembut sebelum diseka ke GPS kemudian keringkan. Anda bisa menggulungnya dengan bahan kain yang tebal. sebaiknya : 1. 2. 3. Gunakan sabun untuk menyeka GPS. 2. Bungkus GPS dengan menggunakan bahan yang dapat meredam goncangan dan benturan. atau gunakan cairan yang memang dikhususkan untuk membersihkan barang elektronik. anda harus tekan tombol Tenaga beberapa detik. ingatlah bahwa barang elektronik itu barang yang mudah rusak karena benturan atau goncangan.Pembersihan : 1. GPS siap digunakan bila jendela satelit telah berganti menjadi jendela peta (Map). seringkali data tidak tepat (tidak akurat. Penyimpanan : Bila GPS sedang tidak digunakan maka sebaiknya : 1. Kemudian tampil jendela main page menu yaitu menu satelit dengan tampilan pencarian satelit GPS. Jangan sekali-kali hanya membungkusnya dengan amplop biasa !!! 1. Jangan disimpan pada suhu diatas 70° C atau dibawah -15°. Bila anda ingin mengirimkan GPS melalui paket. Oleh karena itu pelaksana di lapangan diharapkan bersabar untuk menunggu tampilnya jendela ini. Setelah GPS aktif maka GPS akan menampilkan jendela yang berisi informasi pemilik yang dilanjutkan dengan tampilnya jendela yang memperlihatkan satelit mengelilingi bumi.

Pada kondisi dimana satelit yang telah terhubung mengalami proses pemutusan hubungan, baik karena adanya penghalang antara GPS dan satelit akan ditandai dengan tampilnya kotak kombo yang berisi tulisan Poor Satellite Reception atau pada jendela satelit terlihat informasi “Weak GPS Signal” terlihar lingkaran satelit kosong, tidak ada satelit yang terkoneksi. Bila indikator ini timbul maka anda harus segera mencari lokasi yang “bersih” sehingga GPS terhubung kembali dengan satelit. Bila kotak kombo terlihat maka akan ada empat pilihan untuk memanfaatkan GPS, yaitu : 1. Use With GPS Off: Pilih ini bila anda ingin mematikan fungsi GPS. 2. New Location: Pilih ini bila anda terakhir kali menggunakan GPS ini pada daerah yang jauhnya ratusan kilometer dari posisi anda saat ini, misalnya anda baru menggunakan GPS anda di luar negeri atau dalam negeri tetapi jauh. 3. Restart Search: Pilih opsi ini bila alat penerima GPS anda baru saja disimpan dengan melepaskan batere (disimpan tanpa batere) atau bila tamggal yang ditunjukkan GPS tidak sesuai dengan hari anda menggunakan GPS. 4. Continue Acquiring: Pilih opsi ini bila tidak satupun pilihan diatas cocok dengan kondisi GPS anda. Pada jendela Satellite akan terlihat titik-titik yang ditengahnya memuat nomor. Terkadang titik-titik tersebut berwarna-warni atau abu-abu, sesuai pilihan anda untuk menampilkan jendela satelit. Kemudian terlihat pula dua buah lingkaran yatu lingkaran besar dan lingkaran kecil, lingkaran besar pada arah mata angin terdapat huruf N, E, S dan W, ini merujuk pada arah mata angin North (Utara), East (Timur), South (Selatan) dan West (Barat).

8

Lingkaran besar merujuk pada arah di horizon pandangan kita. Sedangkan lingkaran kecil merujuk pada arah 45° dari horizon. Titik-titik yang ada di sekitar lingkaran besar menandakan satelit yang bersangkutan berada di sekitar horison, demikian untuk titik-titik yang berada di sekitar lingkaran kecil menandakan bahwa satelit berada 45° dari horizon. Nomor pada titik-titik baik yang berwarna maupun abu-abu menunjukkan bahwa titik itu mewakili satelit nomor yang bersangkutan, misalnya satelit nomor 27 ditunjukkan dengan titik yang bernomor 27. Titik abu-abu pada jendela menunjukkan bahwa satelit yang bersangkutan belum tehubung dengan GPS anda. Titik berwarna dan berkedip-kedip menunjukkan satelit yang bersangkutan sudah terhubung namun masih lemah sehingga mudah lepas dari GPS, sedangkan titik yang berwarna serta tidak berkedip-kedip berarti satelit yang bersangkutan telah terhubung dengan “erat” terhadap GPS anda. Batere GPS tipe ini menggunakan betere tipe AA alkaline, NiMH, atau Lithium. Untuk mengganti atau memasang batere dapat mengikuti langkah berikut : 1. Buka penutup batere, dengan cara memutar cincin pengait penutup batere melawan arah jarum jam, sekitar ¼ arah. 2. Angkat penutup batere.

9

3. Pasang atau ganti batere. Ingat!!! Selalu gunakan batere yang sejenis dan ganti keduaduanya dengan batere baru.

Keluarkan batere bila anda tidak menggunakan GPS untuk waktu yang lama. Data yang tersimpan dalam GPS tidak akan terhapus atau hilang, walaupun batere dikeluarkan saat penggantian atau penyimpanan untuk jangka waktu lama tanpa batere. Mengkalibrasi kompas GPS dilakukan setiap kali setelah mengganti baterai agar tingkat akurasi GPS baik. Penulis menyarankan untuk mengkalibrasi GPS setiap akan menggunakan GPS bila GPS telah lama tidak digunakan. Untuk mengkalibrasi GPS, anda dapat melakukannnya dengan cara : 1. Klik tongkat kendali pada icon lapisan buku yang terletak di sudut kanan atas. 2. Tampil Menu. 3. Klik Calibration. 4. Klik tombol start > kemudian anda berputar searah jarum jam, sebanyak dua kali. Jangan terlalu cepat berputar

10

5. Sehingga kita bisa mengunggah atau mengunduh data. ada yang menjual terpisah. Untuk menginstalasinya adalah dengan cara : 1. Buka penutup kompartemen baterai. Fungsi lain dari Kartu Micro SD adalah kartu ini memuat data peta kota-kota besar di Indonesia. 2. Slot Micro SD terletak di kompartemen baterai (lihat gambar 3). ada yang menggratiskan. Klik OK bila indikasi kalibrasi telah penuh. masukkan kartu ke slot tersebut. 3. GPS anda telah terkalibrasi. Terlihat kotak yang mengindikasikan proses kalibrasi sedang berlangsung. Kartu MicroSD™ GPS tipe ini dilengkapi dengan slot MicroSD yang berguna untuk menyimpan data. tekan kartu dan angkat jari anda dengan cepat. Tergantung pada beberapa penjual. Slot terletak di kiri atas kompartemen. Untuk mengeluarkan Micro SD. 7. 11 . 6. Jadi. Silahkan angkat Micro SD-nya. yakinkan anda mendapatkan kartu Micro SD pada saat anda membeli GPS ini.

12 . Halaman Satellit Halaman ini tampil otomatis bila anda mengaktifkan GPS dan juga bisa diakses melalui Main Menu. Gambar : Manual eTrex HC series Owner’s Manual. July 2007 Manfaatnya bila kita menggunakan data tambahan yang terdapat di MicroSD ini adalah tampilan peta pada GPS akan lebih lengkap dan bisa memanfaatkan fasilitas Highway untuk mencari suatu lokasi.Gambar 3: Lokasi slot SD Card. Bila anda mengklik tombol Menu. maka di layar akan tampil kotak dialog yang memuat : 1. Use With GPS Off/On : Fungsi ini berguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan GPS pada alat penerima GPS yang sedang kita gunakan.

5. July 2007 (MultiColor) .000 Km jaraknya dari jarak anda saat ini.2. Track Up/North Up : Pegklikkan Track Up akan menampilkan cincin indikasi satelit berdasarkan kemana arah GPS anda mengarah. June 2006) 4. Multicolor/Single Color : Bila anda mengklik Multicolor maka tampilan satelit GPS akan berwarna-warni. Gambar : Manual eTrex HC series Owner’s Manual. Manual eTrex Cx Owner’s Manual. Gambar 4: Tampilan halaman satelit Multi Color (kiri) dan Single Color (kanan). GPS Elevation: menunjukkan tingkat elevasi saat anda menggunakan GPS. 3. New Location : Gunakan fungsi ini bila GPS yang sedang anda gunakan terakhir kali digunakan lebih dari 1. sedang untuk North Up akan menampilkan arah mata angin utara (N) di atas tampilan (lihat gambar 3). 13 . sedangkan bila anda mengklik SingleColor maka tampilan satelit hanya berwarna hitam-putih.

TRACK 2.1 Menggunakan Fasilitas Track Dalam pemetaan risiko. Icon Track tergambar sebagai orang yang sedang berjalan dan meninggalkan jejak.II. Untuk mengaktifkan fasilitas ini anda harus : 1. Tampil jendela track. persawahan. Track digunakan untuk membuat lintasan-lintasan. 14 . dusun. 2. Klik icon main menu > klik Track. sungai perkebunan. baik itu batas Desa. anda harus mendapatkan data HVRC dan salah satu fungsi yang dapat digunakan dalam GPS adalah fungsi Track. atau danau dsb.

3.2 Menggunakan fasilitas track dalam memetakan daerah Fungsi track dalam pemetaan biasanya digunakan untuk memetakan : 1. terlihat pada berpindahnya kursor secara otomatis ke icon Off (Icon Off berwarna hitam). Batas daerah (dusun. 3. 2. 6. Indikator bahwa anda telah siap. Batas perkebunan atau persawahan 15 . Maka anda telah siap men-track lintasan yang anda inginkan. Bila ingin melakukan track lain lakukan seperti langkah no. 4. simpan bila ingin disimpan atau langsung dibersihkan dengan mengklik tombol Clear. pindahkan kursor ke icon Clear dan klik. Jendela akan kembali ke jendela Track. Letakkan kursor pada icon On > klik. klik icon yang telah berwarna hitam. desa) 2. maka Off-kan terlebih dahulu.Bila jendela Track masih menunjukkan adanya data pada bar prosentase maka clear-kan terlebih dahulu dengan mengklik tombol Clear. Pindahkan kursor ke icon Save. Selanjutnya terlihat jendela yang memuat informasi Save Back Through. 3. Kemudian terlihat lintasan hasil Track yang telah anda lakukan. Langkah meng-Clear-kan ini sangat penting sehingga lintasan yang akan anda buat selanjutnya tidak tumpang tindih dengan lintasan yang telah dibuat. Klik icon Off. HAPUS SEMUA DATA PADA SAVED TRACKS DISAAT ANDA AKAN MEMULAI MENGUMPULKAN DATA TRACK GPS Vista HCx dapat menyimpan data maksimal sebanyak 20 data. Yakinkan bahwa anda telah menekan tombol OK sebelum anda melakukan langkah nomor 5 di bawah ini. dengan jalan : 1. 2. selanjutnya klik icon OK. Setelah anda menyelesaikan satu Track maka anda harus menyimpan Track tersebut ke dalam GPS. 5. Bila masih menunjukkan track belum dihentikan (off).

titik B adalah titik awal untuk tim B dan juga sebagai titik akhir tim A. tidak semua masyarakat lokal tahu daerahnya. bertugas mengisi form pemetaan. Titik A merupakan titik awal untuk tim A. demikian seterusnya. Daerah yang sering terkena bencana Untuk menggunakan fungsi track : 1. termasuk batas-batas dan kepemilikan) d. Penunjuk jalan (masyarakat setempat yang mengerti daerahnya – ingat. Sehingga titik A adalah titik awal untuk tim A dan juga titik akhir untuk tim E. tim A berjalan menyusuri batas sampai titik B yang merupakan titik yang telah disepakati sebagai titik awal tim B dan titik akhir tim A. Anda bisa juga meng-off-kan fungsi track bukan dititik awal tetapi dititik dimana anda sudah tidak bisa lagi melanjutkan pemetaan dikarenakan anda harus melewati (misalnya) rawa yang sulit dilalui atau hambatan lainnya. 2. Tentukan tim pemetaan dengan komposisi : a. pengguna GPS. b. 16 . sumber informasi. namun dapat meng-off-kan fungsi track ditempat yang telah anda sepakati bersama tim lain (yang biasanya merupakan titik awal dari tim lain yang juga memetakan area). Sebelum anda memulai pemetaan yakinkan anda telah menentukan titik awal dan menandainya.3. demikian seterusnya. Bila area yang dipetakan kecil anda dapat kembali ke tanda awal tersebut untuk meng-off-kan fungsi track pada GPS. Sekretaris. Ketua tim. Pipa penyaluran air bersih (mis. c. Namun bila daerahnya luas anda tidak harus kembali ke tempat semula. PAM) 5. Jalan atau gang 4. Masyarakat.

7. Setelah anda menentukan titik awal. maka anda harus segera mentransfer data yang telah anda dapat ke komputer dengan menggunakan piranti lunak MapSource sebelum GPS anda full. Buka jendela Track. Kemudian klik. Merubah nama Track Dalam fasilitas track. 2. Kemudian tampil jendela deretan huruf dan angka. Yaitu yang tertera tanggal penyimpanan. on-kan fungsi track seperti pada panduan diatas. Nama track telah berubah. Kemudian setelah kursor otomatis pindah ke icon off maka anda sudah bisa bergerak untuk menyusuri batas yang akan anda petakan. 17 . Karena GPS eTrex Vista HCx yang anda gunakan hanya dapat memuat 20 data. Bila anda anda ingin merubahnya dengan nama yang sesuai maka langkah yang dapat anda ambil adalah : 1.3. Selanjutnya akan tampil jendela Saved Track. 3. Pindahkan kursor ke ruang Name. setelah selesai klik OK pada jendela deretan huruf tersebut. bila anda men-save track yang baru anda buat maka otomatis GPS akan memberi nama pada track tersebut dengan tanggal anda menyimpan. 6. pindahkan kursor ke huruf-huruf yang anda inginkan untuk nama baru. kemudian klik tanggal tersebut. 2. 8. 5. Pindahkan kursor ke tanggal yang akan anda ubah.3. 4.

Klik icon Main Menu.1 Menggunakan fasilitas Mark Mark digunakan untuk menandai lokasi-lokasi (Waypoint) penting yang berkaitan dengan HRVC. Untuk caranya dapat anda lihat pada bagian MapSource. Keluar jendela dengan beberapa icon. Untuk menandai lokasi yang anda inginkan. Cara lain memanfaatkan fungsi Mark adalah dengan menekan rocker key beberapa detik. 3. selanjutnya akan tampil jendela Mark Waypoint (langkah ke-3). MARK 3. lakukan : 1. 18 . Terlihat jendela berikut. salah satunya adalah icon Mark > Klik icon Mark. Icon ini tergambar dalam GPS sebagai orang yang sedang membawa bendera. 2.Selain anda merubah pada GPS anda dapat pula merubahnya disaat anda sedang mengolah data di MapSource. III.

5. misalnya 001 untuk rumah Bapak Hidayat. lanjutkan seperti langkah di atas. INGAT: Hanya klik tanda Mark bila anda sudah berada dilokasi yang akan anda tandai. Isilah data untuk Mark seperti dalam lampiran I – FORMULIR ISIAN PEMETAAN RISIKO. misalnya nomor pada GPS menunjukkan angka 3 untuk rumah kepala desa maka pencatat harus tepat mencatatnya bahwa angka tiga pada GPS adalah rumah kepala desa. nomor pada bendera ini adalah sebagai panduan pencatat dalam mencatat tempat yang akan anda tandai. Adanya pencatat dalam pemetaan yang menggunakan fasilitas mark ini sangatlah dibutuhkan untuk mencatat nomor dan apa yang dimaksud dengan nomor tersebut.2 Menggunakan fasilitas mark dalam memetakan daerah Dalam melakukan pemetaan yang menggunakan fasilitas mark. Selanjutnya jendela akan menunjukkan Main Menu. Catat nomor tertentu untuk keterangan tertentu. untuk menandai lokasi selanjutnya klik icon Mark. 3. Lihat nomor pada bendera. Klik OK 6.4. jangan mengandalkan daya ingat untuk tidak mencatat. yang perlu diperhatikan adalah bahwa fasilitas ini digunakan untuk menandai tempat-tempat penting yang terkait dengan HRVC dan perumahan. 19 .

termasuk batas-batas dan kepemilikan) 4. pengguna GPS (KSR atau Sibat) 2. INGAT: Hanya klik tanda Mark bila anda sudah berada dilokasi yang akan anda tandai. 6. Tempat ibadah. fasos. Sumber air (sumur. Masyarakat. Penunjuk jalan (masyarakat setempat yang mengerti daerahnya – ingat. tidak semua masyarakat lokal tahu daerahnya. Bila anda tidak berdiri sedekat mungkin dengan titik yang akan ditandai maka akan membuat posisi yang kita tandai tidak tepat berada pada posisi yang sebenarnya. bertugas mengisi form pemetaan (KSR atau Sibat) 3. Rumah penduduk. Ketua tim. vulnerability dan capacity Untuk menggunakan fungsi track tentukan tim pemetaan dengan komposisi : 1. lansia dll. Fasilitas Mark ini digunakan untuk menandai: 1.Posisi pemegang GPS harus semaksimal mungkin dekat pada titik yang akan ditandai sebelum mengklik GPS. Fasum. Sekretaris. 4. sumber informasi Peran sekretaris dalam mencatat data GPS dilapangan sangat penting 20 . paling tidak catat nama kepala keluarga akan lebih baik bila mencatat pula anggota keluarga dan umurnya serta bila ada kondisi khusus (cacat. Tiang listrik 5. 3.). pompa atau sumber air lain). 2. Catat jenisnya. Jenis hazard.

Timbul jendela berikut. Data baru telah masuk. Gerakan kursor ke derajat (°) dengan menggunakan ►. 6.9” menjadi S 06°52’06. b. 4. selain dengan menggunakan fitur Mark kita juga dapat menggunakan cara lain. Demikian juga untuk merubah W menjadi E sesuai data.6”. yaitu dengan memasukan data koordinat yang telah kita miliki ke dalam GPS kita. Caranya adalah: 1. Klik Location. Tampil jendela Mark Waypoint. Setelah selesai klik OK. Klik Mark. E 107°37’12. 21 . Untuk merubah N menjadi S gunakan tanda panah atau ¯.3. misalnya N 38°51’13. Blok Location.3 Memasukan data koordinat ke dalam GPS Untuk memiliki data waypoint. e. Rubah angka sesuai data yang akan anda masukan. 2. c.5”. f. Caranya: a.1”. d. Otomatis akan kembali ke jendela Mark waypoint. 5. 3. W 094°47’12. Rubah koordinat yang telah ada sesuai dengan yang anda miliki.

Langkah-langkahnya adalah : 1. misalnya. 3. Untuk merubah simbol 22 . Nomor 001 telah menjadi Rumah Bapak Budi. 001.4 Merubah nomor mark menjadi nama Ada langkah mudah mengganti nomor mark menjadi nama sesuai dengan kenyataan. 5. misalnya lambang Tunnel untuk Terowongan. 2.5 Merubah simbol mark Pada saat anda menggunakan fasilitas Mark maka symbol yang otomatis tampil adalah symbol waypoint yang direpresentasikan dengan titik hitam. 4. orang berenang untuk swimming area (tempat/ kolam renang). Ketikan dengan menggunakan kursor nama yang anda kehendaki. 6. Kemudian klik OK pada jendela daftar huruf dan angka. misalnya nomor 8 untuk Masjid maka kita dapat langsung merubah angka 8 pada GPS menjadi Masjid Asy Syifa. pada contoh ini adalah No. Sebelum anda mengklik OK pada lembaran Mark pindahkan kursor ke nomor mark. 3. Pindahkan kursor ke tombol OK dibawah > Klik OK untuk menyimpan data tersebut ke dalam GPS.g. Anda dapat merubah simbol tersebut sesuai dengan kenyataan dilapangan. Kemudian klik nomor 001 tersebut. 3. Misalnya nomor 001 menjadi Rumah Bapak Budi.

Misalnya fasilitas kesehatan dengan lambang palang atau rumah/residence untuk rumah 4. 6. Simbol telah berubah. 3. Untuk caranya dapat anda lihat pada bagian MapSource.waypoint (titik hitam diatas nomor 010) pada fasilitas mark menjadi sesuai dengan kenyataan adalah dengan cara : 1. Kemudian tampil jendela yang menunjukkan beberapa symbol yang menurut anda tepat dengan yang anda harapkan. Pindahkan kursor ke symbol yang tepat. 23 . Kemudian klik. 5. Klik simbol tersebut. Selain anda merubah pada GPS anda dapat pula merubahnya disaat anda sedang mengolah data di MapSource. Pindahkan kursor ke ruang logo bendera. 2.

tempat-tempat favorit dll. Hal ini karena umumnya Satgana (terutama Satgana Daerah dan Pusat) berasal dari daerah lain atau belum mengetahui daerah yang terkena bencana. FIND Find digunakan untuk menemukan waypoint yang telah kita buat. > Klik icon Find. Klik icon Main Menu.1 Menemukan Waypoint Untuk menemukan waypoint. fungsi ini sangat bermanfaat disaat tim Satgana ingin mencari titik/lokasi bencana. oleh karena itu lakukanlah pemetaan sebaik mungkin sesuai dengan arahan para fasilitator. langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah : 1.IV. Kemampuan ini berguna dalam hal kecepatan dan ketepatan bantuan. Di sisi lain fungsi ini juga berguna bagi Sibat dan KSR yang sedang memutakhirkan data peta risiko di daerahnya. 4. Dalam ranah tanggap darurat bencana. Peran kesiapsiagaan bencana dalam hal pemetaan yang berbasiskan GPS akan bermanfaat dalam upaya penyelamatan ini. Tampil jendela dengan beberapa icon.). selain itu dapat pula digunakan untuk menemukan item yang ada pada peta dalam GPS (kota. 2. 24 .

25 .3. Tampil jendela Waypoint > klik Nearest atau By Name. Tampil jendela find > pindahkan kursor ke Waypoints > klik 4.

Klik icon Main Menu. Jendela Find tampil. atau klik Goto bila anda ingin membuat jalur langsung ke Waypoint atau klik tombol halaman untuk kembali. 8. Klik Waypoints yang anda inginkan. 4. lakukanlah langkah-langkah berikut : 1. 26 . 7. Elevation. 6.5. Distance dan Bearing. yaitu Location. Klik Map bila anda ingin mengetahui lokasinya di peta. Dengan daftar waypoint yang telah diambil datanya. Kemudian akan keluar jendela Waypoints yang berisi data Waypoint yang anda cari.2 Mencari Kota (Cities) Sedangkan untuk mencari kota (Cities).

Tampil jendela dengan beberapa icon. Jendela Find tampil. 5. salah satunya adalah icon Find > Klik icon Find. Tampil jendela find > pindahkan kursor ke Cities > klik 4. 3.2. 27 . Tampil jendela Cities > klik Nearest atau By Name.

penjelasan langkah-langkah tadi adalah untuk Nearest. Kemudian akan keluar jendela City yang berisi data kota yang anda cari. atau klik Goto bila anda ingin membuat jalur langsung ke Waypoint atau klik OK untuk kembali. 4 untuk mencari Waypoint dan City disebutkan dapat mengklik Nearest atau By Name. Klik Kota yang anda inginkan. 8.6. Pada poin No. 3. 28 . 7. Ketikan Waypoint atau City yang akan di cari pada jendela tersebut dengan menggunakan kotak-kotak alphabet yang tersedia dibawah jendela. Klik By Name. Klik Map bila anda ingin mengetahui lokasinya di peta. Tampil jendela Find yang memuat nama kota yang masih kosong. sedangkan untuk By Name dapat dilakukan dengan cara : 1. 2.

heading measurement. 29 . Pada tampilan Main Menu > klik icon Setup.4. Klik OK bila telah selesai mengetikan nama yang anda maksudkan. unit pengukuran. opsi interface dan sistem operasi mode.1 Menyetel waktu 1. V. Diantara yang dapat kita sesuaikan adalah waktu. tampilan layar. SETUP Pada menu Setup ini kita dapat menyesuaikan tampilan GPS kita. 5.

30 . Tampil jendela Setup. 4.2. selanjutnya akan tampil jendela 6. Bila anda ingin merubah tampilan Time Format ke dalam format 24 jam maka pindahkan kursor ke 12 Hour > klik. Pindahkan kursor ke 24 Hour > klik. 3. Klik icon Time. tampil jendela berikut 5.

s’’ karena kita akan bekerja di area yang kecil yaitu desa. Hal ini untuk mendapatkan keakurasian posisi yang baik.7.2 Menyetel unit 1. 9. Kita harus merubah Position Format ke dalam bentuk hddd°mm’ss. selanjutnya akan tampil jendela nama-nama kota. Anda telah selesai memformat waktu 8. Selanjutnya adalah menyetel Time Zone. Setelah anda memformat waktu pindahkan kursor ke Time Zone. Karena Bangkok menggunakan waktu yang sama dengan Indonesia. Time Zone kita adalah Bangkok. 5. Selanjutnya tampil jendela Units 3. pilihlah Bangkok dengan memindahkan kursor ke kota Bangkok kemudian klik kota Bangkok. Misalnya letak 2 rumah yang berdempetan dapat diketahui koordinatnya dengan 31 . Pada jendela Setup > klik icon Unit. 2.

s’’ adalah dengan cara seperti pada No. 4. Kemudian pilih Map Datum ke WGS 84 > klik . 5.4 Menyetel Distance/Speed 1. 2. 5. 5.s’’ > klik.3 Menyetel Map Datum 1. Pindahkan kursor ke format hddd°mm’ss. Position Format telah disetel. Cara menyetel ke format hddd°mm’ss. Pindahkan kursor ke kolom Position Format > klik. 6. Pindahkan kursor ke Distance/Speed > klik 32 . 7. Pindahkan kursor ke Map Datum > klik. Disusul dengan tampilnya jendela berikut.baik dari kedua rumah tersebut. 4 dan seterusnya.

misalnya menyetel Points atau Tracks.6 Menyetel Tampilan Peta 1. 5. Gunakan tombol ROCKER untuk memilih apa yang akan kita setel. Pindahkan kursor ke Elevation > klik 2. 33 .5 Menyetel Vertical Spd 1. Kemudian pilih Metric > klik.2. Pilih m/min > klik 5. Pilih Meters > klik. Pilih Setup Map > Klik 3. Selanjutnya adalah menyetel Elevation: 1. Buka Menu SetUp > Klik 2. Pindahkan kursor ke Elevation > klik 2.

Menyetel tampilan Points 7.4. Menyetel tampilan Tracks 6. Menyetel tampilan Text 8. Menyetel tampilan Information 34 . Menyetel tampilan General 5.

Menyetel tampilan Marine 5. ikuti langkah berikut : 1.7 Proximity Waypoints Fungsi ini akan memberitahukan kepada pengguna GPS bila pengguna GPS sudah memasuki suatu radius yang sudah di seting. Pilih titik yang akan dimasukkan dari daftar titik di halaman Waypoints atau dari daftar yang ada di daftar Find untuk membuka halaman informasi dari item yang dimaksud. misalnya 1 Km. Ini sangat berguna bila kita ingin diingatkan bila sudah memasuki radius tertentu. Pilih titik-titik yang kosong. Pilih Use untuk memasukkan titik tersebut ke dalam halaman Proximity Waypoints. misalnya desa yang sedang terkena bencana atau desa mitra. Maka bila GPS masuk ke dalam radius 1 Km dari titik waypoint yang kita seting. selanjutnya GPS akan memberikan pemberitahuan melalui berbunyinya alarm.9. Tekan Menu dua kali > Proximity 2. Tampilan Halaman Proximity Waypoints Untuk memasukkan titik waypoint sebagai Proximity Waypoints. 35 . kemudian tekan ENTER 3. 4.

yaitu dengan mengikuti langkah-langkah yang dipandu bila kita sudah memasukkan CD tersebut. Untuk mengaktifkan alarm atau mematikan alarm proximity Tekan MENU dua kali > Proximity > Proximity Alarm Tones kemudian centang atau hapus centang pada kotak Proximity Alarms.5. kita harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dari jendela MapSource. Untuk menghapus salah satu atau semua daftar pada Proximity Waypoints. MapSource merupakan piranti lunak keluaran Garmin sehingga sudah langsung “nyambung” dengan GPS receiver yang digunakan oleh PMI. 6. 3. 2. layar MapSource terlihat seperti pada gambar berikut : 36 . nada dan pesan “Near Proximity Point” akan tampil. VI. Gunakan halaman setup untuk memilih irama/nada alarm. Untuk menginstal MapSource kita membutuhkan CD MapSource (Trip and Waypoint Manager) yang menyertai GPS. Bila anda menekan alarm. Untuk menghapus semua daftar: tekan MENU > Remove All. atau bila masih jauh akan tampil pesan “Leaving Proximity Point”. Dengan menggunakan tombol ROCKER. pilih ruang Radius dan masukkan jarak yang akan digunakan. Pilih Proximity Alarm Tones. MENGOLAH DATA DENGAN MAPSOURCE MapSource merupakan salah satu piranti lunak SIG yang digunakan oleh PMI. Berkenalan dengan MapSource Sebelum jauh.1 Meng-instal MapSource Sebelum menjalankan MapSource. 5. langkah awal yang harus dilakukan adalah menginstal program MapSource terelebih dahulu. bisa mengunakan cara: pilih salah satu yang akan dihapus > tekan ENTER. Menginstal MapSource relatif mudah.8 Menyetel bunyi alarm proximity: 1.

Klik Help 3. Untuk memutakhirkan MapSource ikuti langkah berikut : 1.Jendela MapSource memiliki lima bagian yaitu: 1) toolbars. Buka MapSource 2. 2) data Tabs. Tampil indikator proses cek pemutakhiran 37 . 6. 3) splitter bar.0..7. Garmin sudah meluncurkan MapSource versi terakhir yaitu versi 6.13.. 4. 4) graphic map.2 Memutakhirkan MapSource Untuk meningkatkan kinerja MapSource kita dapat memutakhirkan MapSource yang sudah kita unduh. Klik Check for Software Updates . dan 5) status bar.

13. Koordinator lapangan KBBM/ CBRR 38 .7. Klik Yes 7.3 Mengunduh (download) dan Mengunggah (upload) data Setelah kita mendapatkan data dari lapangan yang tersimpan dalam alat penerima GPS kita harus mengunduhnya ke piranti lunak SIG. Proses pemutakhiran berlangsung. 8. Bila proses mengunduh selesai. Tampil kotak dialog pemutakhiran yang menyatakan bahwa MapSource versi 6. maka otomatis MapSource anda sudah termutakhirkan.5.0 tersedia untuk diunduh. 6. 6.

kita harus menyambungkan GPS dengan PC. kabel ini menyertai GPS kita pada saat kita membeli. hal ini dikarenakan masing-masing piranti lunak memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing. sehingga kita perlu menambahnya dengan kabel penghubung USB. dan GPS anda dalam posisi on/hidup. pada beberapa laptop kabel ini sudah tidak cocok lagi (karena kabel ini merupakan kabel PC interface). Kabel ini adalah bagian dari kemasan bersamaan dengan GPS pada saat kita membelinya. Menyambungkan GPS dengan Komputer Untuk mentransfer data. Mengunduh data Persiapan: Untuk mengunduh atau mengunggah data maka kita memerlukan kabel transfer (kabel data) USB. Selain menggunakan MapSource dan MapInfo anda dapat menggunakan juga piranti lunak SIG yang lain. Penulis menyarankan kita menggunakan ketiganya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. untuk itu gunakan kabel penghubung yang selalu ada di kemasan GPS.ditingkat Daerah. Cabang dan juga ketua Tim SIBAT harus tahu dan bisa mengoperasikan GPS dan memindahkan datanya ke MapSource dan MapInfo dan mengolahnya agar data dapat terpelihara. misalnya MapInfo memiliki kelebihan membuat peta tiga dimensi (3D). yakinkan bahwa GPS anda telah tersambung dengan PC. Data siap ditransfer. lihat cara mentransfer data. Sebelum mentransfer data. dikembangkan (up to-date) dan dapat digunakan sebagaimana mestinya di program KBBM/ CBRR. misalnya ArcView. hubungkan kabel transfer ke USB port pada GPS dan komputer 2. Namun sayangnya. 39 . Cara: 1.

Sambungkan kabel antara GPS dengan komputer 40 . ikuti langkah-langkah berikut : Untuk pertama kali mengunduh data : 1. Aktifkan program MapSource. Siapkan kabel transfer data dari GPS ke komputer. 2. 3.Untuk mengunduh data.

Tampil kotak dialog.4. 41 . proses transfer data. Aktifkan GPS yang akan anda unduh 5. klik waypoints dan track kemudian klik OK. Selanjutnya akan tampil. Klik icon yang bergambar GPS dengan arah panah ke atas 6. 7.

Setelah kotak dialog berikut tampil.8. Proses transfer data selesai. 11. Sebagai tanda bahwa data telah berhasil ditransfer maka terlihat pada sisi kiri adalah data yang telah berhasil ditransfer. 10. klik OK 9. Untuk transfer data berikutnya tidak perlu menginstall kabel data lagi. Kecuali : a. Titik usb yang anda gunakan adalah titik baru b. biasanya data tersebut diunggah untuk kepentingan : 42 . Menggunakan kabel data yang berbeda Mengunggah data Data yang ada di MapSource dapat diunggah ke alat penerima GPS.

klik data yang akan diunggah apakah itu maps. Buka file yang akan diunggah ke GPS. Mencari waypoint atau track yang ada di MapSource. 3. Tampil kotak dialog. 5. Menyimpan data yang sudah diolah di MapSource. Untuk mengunduh data. dan track kemudian klik OK. Klik icon yang bergambar GPS dengan panah ke bawah 4. 4.DBF” melalui DNR Garmin. 43 .1.SHP”. 2. Setelah kotak dialog yang menyatakan proses unggah telah selesai. Proses mengunggah data selesai. proses transfer data. misalnya untuk verifikasi. dan ”. waypoints. Aktifkan program MapSource.SHX”. 2. Memutakhirkan peta. 6. 3. klik OK 7. routes. Selanjutnya akan tampil. Data yang ada di MapSource ingin dieksport ke data dengan format “. “. ikuti langkah-langkah berikut : 1.

3. 44 . 2. Klik icon yang bergambar file. klik open. Aktifkan program MapSource. Pilih file yang akan dibuka.Membuka file 1.

Klik menu File > Save As. yaitu Save As dan Save. baik itu listrik yang mati atau komputer yang error. Pada bagian Save in tentukan di mana anda ingin menyimpan file peta naskah tersebut. 45 . Save digunakan bila anda telah mensave data tersebut sebelumnya. 3. Memilih Opsi Penyimpanan Ada dua pilihan save. Sedangkan Save As digunakan untuk mensave pertama kali atau data baru. Pada kotak Save As ketikan nama file untuk peta yang anda inginkan.Menyimpan file 1. 2. Pilihan Save akan sangat membantu jika anda masih sedang mengolah data dan ingin menyimpannya terlebih dahulu agar data yang sedang anda kerjakan tidak hilang karena suatu sebab.

Waypoints yang akan diubah akan berwarna kuning pada layar MapSource. Tekan icon Save Waypoints Mengubah nama dan lambang waypoints 1. 46 . yang ada di toolbar. Klik kanan nomor waypoints yang akan diubah. 3. 2. Tekan tombol Ctrl+S.Ada tiga cara untuk men-save file anda : 1. Klik waypoints properties. Buka file yang lambang waypoints-nya akan diubah. 3. Klik menu File > Save. 2.

klik tanda panah pada symbol dan pilih yang sesuai dengan nama yang anda buat.4. Bila ingin mengubah nama. Klik OK. blok pada kotak name kemudian ganti dengan nama seperti yang anda inginkan. 5. Keluar kotak dialog waypoints properties. waypoints telah berubah sesuai dengan keinginan anda. 47 . Untuk mengubah simbol.

2. 4. 3. Muncul kotak dialog klik delete waypoints. Klik kanan waypoints yang akan anda ubah. 48 . Aktifkan file MapSource yang akan anda hapus way-points-nya. Yakinkan anda sedang membuka waypoints.Menghapus waypoints Untuk menghapus waypoints yang tidak diinginkan. langkah-langkahnya adalah: 1.

Tracks yang akan diubah akan berwarna kuning pada layar MapSource. Klik tracks yang akan diubah. 3. Selanjutnya akan terlihat data tracks yang telah anda buat. 49 .Tracks Mengubah nama tracks Untuk mengubah nama lintasan track yang telah anda simpan. Klik icon tracks. ikutilah langkah-langkah berikut: 1. 2. Buka file yang tracks-nya akan diubah.

Muncul kotak dialog. blok space Name kemudian ketikan nama tracks sesuai dengan yang anda inginkan. Muncul kotak dialog Tracks Properties. kemudian klik Tracks Properties. 6. Klik kanan tracks yang akan diubah. Kemudian klik OK. 5.4. Nama tracks telah berubah. 50 .

2. menyambung. ikutilah langkahlangkah berikut : 1. Untuk membuat lintasan track baru. yaitu membuat. 51 . Klik Track Draw Tool 3. Posisikan ujung pensil pada ujung yang akan digambar. Yaitu data dengan nama batas desa 3. Buka file tracks yang akan disambung.6. terdapat fungsi baru Tracks.Membuat Tracks Baru Pada MapSource V. dan V. contoh berikut ini adalah data dua buah tracks perbatasan desa di Kabupaten Bandung. dan memotong tracks.4.

Yaitu data dengan nama batas desa 2 dan batas desa 3. Tarik garis sesuai dengan yang diinginkan. ikutilah langkah-langkah berikut : 1. Menyambung tracks Untuk menyambung lintasan track yang telah anda simpan. Buka file tracks yang akan disambung. yaitu yang sesuai dengan yang ada di lapangan.4. 52 . contoh berikut ini adalah data dua buah tracks perbatasan desa di Kabupaten Bandung.

Klik Track Joint Tool 4. Kedua track sudah tergabung.2. Klik track yang akan digabung 3. Nama data: Batas Desa 3 telah hilang 53 . Klik track kedua yang akan digabung 5. ini ditandai dengan: a.

54 .

Buka file tracks yang akan dipotong.b. ikutilah langkah-langkah berikut : 1. 55 . Memotong tracks Untuk memotong track yang telah anda simpan. Bila track di klik maka yang tampil hanya 1 track yang berwarna kuning (sebelumnya dua).

) 56 .2. atur daerah mana yang akan dipotong. Klik Track Divide Tool (gambar track yang dipotong gunting. (Lihat track yang berubah menjadi biru. Klik track yang akan dipotong. 3. itu adalah batas track yang akan terpotong.

Muncul kotak dialog klik delete tracks.Menghapus tracks Untuk menghapus tracks yang tidak diinginkan. 2. langkah-langkahnya adalah : 1. Klik kanan tracks waypoints yang akan anda ubah. Yakinkan anda sedang membuka tracks. 4. Aktifkan file MapSource yang akan anda hapus tracks-nya. 3. 57 .

perumahan. Tracks telah terhapus. Menumpangsusunkan data Pada saat kita melakukan pemetaan risiko. sumber penghidupan. Langkah-langkah menggabungkan data-data yang berbeda file dapat dilakukan dengan cara: 58 . HVRC atau jalur evakuasi saja. Dalam mengolah data peta risiko kita harus menggabungkan data-data tersebut dalam sebuah file yang telah lengkap memuat data yang diperlukan.5. Bahkan biasanya file yang berasal dari satu GPS belum lengkap untuk sebuah layer. Untuk memenuhi unsur-unsur peta dasar maka data-data dari GPS yang telah disimpan dalam file-file harus digabungkan. Sebuah file yang ada biasanya berasal dari satu GPS dan memuat sebuah data saja. maka kita telah mendapatkan data yang terdiri atas track dan mark yang berbeda file. misalnya untuk layer peta dasar sebuah GPS bisa jadi hanya mempunyai data sungai sedang GPS lain hanya mempunyai data batas dusun saja. misalnya data peta dasar.

misalnya sungai Martapura. 59 . 3.1. Buka file yang akan digabungkan. Buka file yang akan digabung. misalnya data sungai Landung. sehingga sungai tersebut berwarna kuning. 2. Klik data sungai pada Tracks. 4. Copy data tersebut.

misalnya file Sungai Landung dan Martapura. Klik paste. Agar data awal tidak hilang maka save data baru dengan nama file baru. 60 . 6. maka peta sungai Landung dan Martapura telah tergabung. Berikut ini akan diambilkan contoh menggabungkan data peta dasar dengan data perumahan.5.

1. Buka file peta dasar yang telah lengkap. 61 . Copy semua data yang ada. 2.

5.3. Paste data peta dasar yang telah di-copy. Buka file Perumahan. 62 . 4. Peta gabungan peta dasar dan perumahan telah selesai.

Demikian cara menggabungkan data dari beberapa file. Save dengan nama file baru. pilih printer yang akan anda gunakan di kotak Klik OK Untuk kepentingan program sebaiknya peta dicetak diatas kertas kalkir. caranya adalah dengan mengklik kotak berikut : 63 . untuk menggabungkan data track dan mark menggunakan cara yang sama. Bila komputer anda terinstal dengan program MapSource edisi terakhir yaitu Trip and Waypoint Manager V. Anda juga bisa mengklik icon Print Name. terkadang anda tidak dapat mencetak hasil kerja. yang ada di toolbar. yaitu: 1. Jika anda memiliki lebih dari satu printer. 2. 7. misalnya peta dasar dan perumahan.4. Agar anda dapat mencetak hasil kerja maka anda harus mengganti jenis tampilan dari Trip and Waypoint Manager V.4 menjadi European Metroguide V4. Mencetak dokumen Mencetak dokumen MapSource sama halnya seperti mencetak dokumen dari piranti lunak. Klik menu File > Print.6.

Fasilitas ini sangat membantu bila anda ingin meneliti data itu sebelum dicetak sehingga data yang anda cetak akan baik. anda bisa melihat bagaimana rupa data itu jika nanti tercetak.Selanjutnya ikuti langkah-langkah pencetakan seperti biasa. anda bisa melihat tampilan data anda jika data itu nanti akan dicetak. Tekan tombol Close untuk kembali ke semula. Sehingga. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan melalui cara : Klik menu File > Print Preview. Print preview Sebelum mencetak peta atau data. 64 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful