MAKALAH

“Strategi Sukses Berwirausaha ala Bob Sadino”

Disusun oleh: Karinda Nita Santi 1335121127

PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2012

akhir kata penulis sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Jakarta. M. terima kasih. selaku dosen pembimbing mata kuliah Bahasa Indonesia yang telah memberikan bimbingan dan pengarahannya. Mudah-mudahan semua yang didapat dan dituangkan dalam makalah ini bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. bilamana di dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. S. Ucapan terima kasih tak lupa kami sampaikan kepada ibu Nurusyifa.. Desember 2012 Penyusun . S. Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Jakarta pada akhir semester ganjil 2012. untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini di masa yang akan datang. juga kepada semua pihak yang telah membantu demi terselesaikannya makalah ini. Hum.KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas rahmat dan hidayah-Nya Sehingga penulisan makalah “Strategi Berwirausaha ala Bob Sadino” dapat terselesaikan dengan baik.

Untuk mengetahui strategi Bob Sadino dalam berwirausaha 5. Bahwa kedua hal tersebut merupakan salah satu modal utama dalam dunia wirausaha.3 Tujuan 1.1 Latar Belakang Seseorang yang hendak masuk ke dalam dunia wirausaha. Untuk mengetahui dan memahami pengertian serta ciri-ciri wirausaha 2. 1. Bagaimana pandangan islam terhadap wirausaha? 5. Hal tersebut menjadi bukti bahwa finansial bukanlah penentu utama proses keberhasilan dalam berwirausaha. Namun perlu juga diingat. Dari enam butir telur ayam yang dijajakannya berkeliling dari rumah ke rumah inilah. bahwa kedua hal tersebut bukan merupakan satu-satunya hal yang menentukan keberhasilan seseorang dalam dunia wirausaha. persaingan. memulai kisah suksesnya hanya dari enam butir ayam kampung. Apakah pengertian wirausaha? 2. Salah satu entrepreneur yang memulai usahanya dari nol adalah Bob Sadino. Tokoh yang dikenal karena hobinya bercelana pendek dalam berbagai acara ini. Masih ada faktor lain yang bisa menjadi penentu keberhasilan seseorang dalam menjalankan aktivitas wirausaha mereka. Untuk mengetahui dan memahami pandangan islam terhadap wirausaha 4. tidak cukup hanya bermodal keberanian dan dukungan finansial yang kuat semata. Diantara faktor tersebut ialah faktor pasar. Apa saja sifat yang harus dimiliki seorang wirausahawan? 4. Untuk mengetahui sifat yang harus dimiliki wirausahawan 3. Bagaimana meningkatkan minat berwirausaha pada mahasiswa? 1. yang kemudian menjadi modal awal keberhasilannya mendirikan kerajaan bisnis di Indonesia.BAB I PENDAHULUAN 1. Untuk mengetahui cara meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha . Bagaimana ciri-ciri dan watak wirausaha? 3. produksi serta kekreatifan wirausahawan tersebut.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimana strategi sukses berwirausaha ala Bob Sadino? 6.

berasal dari bahasa Perancis interprende yang berarti mengambil pekerjaan (to undertake). Prinsip-Prinsip Wirausaha (Liberty: Yogyakarta. Kewirausahaan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Islam & Wirausaha Inovatif (Malang: UIN Press. motivasi. 2007).1 Bila ditinjau dari segi etimologi wirausaha berasal dari kata wira dan usaha. serta mengatur permodalan operasinya. 5 Suryana. Jadi seorang wirausaha dapat diartikan sebagai seorang yang berkemauan keras dalam melakukan tindakan yang bermanfaat dan patut menjadi teladan hidup. tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti. keterampilan. nilai-nilai pribadi.5 Seorang wirausaha bukan manusia hasil cetakan melainkan seseorang yang memiliki kualitas pribadi yang menonjol yang nampak dari sikap. hal. Atau lebih sederhana dapat dirumuskan sebagai berikut: “Seorang yang berkemauan keras dalam bisnis yang patut menjadi teladan”2 Menurut Kuratko dan Hodgetts sebagaimana yang dikutip oleh Manurung. 22 6 Suharyadi. 2008). kata wira berarti teladan atau patut dicontoh. Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses (Jakarta: Salemba Empat.BAB II PEMBAHASAN 2.4 Menurut Harris. menyusun operasi untuk pengadaan produk baru. 1 2 Kasmir. 2007). Berjiwa berani mengambil risiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha. 2006). berfikir dengan penuh perhitungan. serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaannya. 27 4 Ibid. hal. hal. dan kualitas individual yang meliputi sikap. Kewirausahawan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Dini (Jakarta: Salemba Empat. menyatakan bahwa entrepreneur (wirausahawan). 9 . hal.3 Zimmerer dan Scarborogh mendefinisikan wirausahawan adalah seseorang yang menciptakan sebuah bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan bisnis dengan cara mengidentifikasikan peluang dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan untuk mendirikannya.1 Pengertian Wirausaha Secara sederhana arti wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil risiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. 16 Tarsis Tarmudji. hal.dkk.6 Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. 4 3 Muhammad Yunus. serta mencapai pilihan dari berbagai alternatif masalah dan solusinya. wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru. motivasi dan perilaku yang mendasarinya. sedangkan usaha berarti kemauan keras memperoleh manfaat. menentukan cara produksi baru. memasarkannya. 2000). wirausaha yang sukses adalah pada umumnya mereka yang memperoleh kompetensi yaitu yang memiliki ilmu pengetahuan. Wirausahawan yang sukses haruslah orang yang mampu melihat ke depan.

Berorientasi pada tugas dan hasil 3.3 Syarat – Syarat Wirausaha Setiap wirausahawan pasti ingin sukses dalam menjalankan usahanya. Independen dalam pertimbangan. Membutuhkan dan menerima otonomi 8. Memiliki rasa tepo seliro (toleransi yang tinggi) 5. Berorientasi pada masa depan Adapun watak yang melekat pada seorang wirausaha adalah: 1. energik dan inisiatif 4. Inovatif dan kreatif serta fleksibel 2.1.1 Ciri–ciri dan Watak Wirausaha7 Seseorang dapat dikatakan sebagai wirausaha apabila ia memiliki ciri–ciri sebagai berikut: 1. Kebutuhan untuk berprestasi. Sulistiyani “Pengantar Wirausaha” http://pkbmedukasi. Berani mengambil risiko 10.2. menanggapi saran dan kritik 6. Memiliki sikap mental yang positif 2. berorientasi laba. Mempunyai dorongan kuat. kemandirian. Mampu menerima perbedaan 6.wordpress. tekad kerja keras 3.1. Melihat sesuatu dengan cara pandang yang berbeda 3. ketekunan dan ketabahan. Rajin mencoba hal–hal yang baru ( inovatif ) 7 Elisabeth T. Percaya pada diri sendiri 9. Perilaku sebagai pemimpin. Kepemimpinan 5. Tekun dan ulet 2. Terbuka pada pengalaman 2. Kemampuan untuk mengambil risiko yang wajar dan menyukai tantangan 5. Keyakinan.com/pengantar-wirausaha/ (akses 19 Desember 2012) . Percaya diri 2. diperlukan sifat–sifat sebagai berikut : 1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi 4. individualitas dan optimisme 2. Orisinalitas 6. Berani mengambil risiko 4. pemikiran dan tindakan 7. Untuk itu seorang wirausahawan harus membekali dirinya dengan hal–hal seperti berikut : 1.1. Mampu berpikir kreatif 3.2 Sifat – Sifat yang Harus Dimiliki Wirausaha Untuk menjadi seorang wirausahawan sukses. bergaul dengan orang lain.

dan matinya manusia sudah ditentukan oleh Allah.Cit.10 Dalam Alquran surat Ar-Ra’d ayat 11 telah dijelaskan untuk melakukan usaha dan mencoba tanpa harus menggantungkan diri pada orang lain.Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…” (QS. Memiliki motivasi dan semangat juang yang tinggi 5.8 Senada dengan pendapat tersebut. yaitu bermental mandiri dan berani menanggung risiko walaupun dalam kondisi yang tidak pasti. Op.4.Cit. hal. wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut. Mampu berkomunikasi 2. kata wirausaha sering berkaitan dengan usaha atau kegiatan bisnis. walaupun dalam salah satu hadist ada penjelasan bahwa rejeki. Wirausahawan adalah seorang yang memiliki kemampuan menilai peluang usaha yang dikombinasikan dengan kemampuan dan sumber daya demi meraih keuntungan. Berikut ayat yang menyatakan hal tersebut: Artinya: “…. Agar kita termasuk orang yang ‘menang’.9 Jadi seorang wirausaha harus mempunyai mental berani menanggung risiko.2 Wirausaha Menurut Pandangan Islam Menurut Alma. jodoh. sebagaimana teori yang dikemukakan para ahli sekarang. termasuk aspek bisnis mendapat perhatian dalam Alquran. Selain itu. 10 Muhammad Yunus. maka kita yang merupakan umatnya diperintahkan untuk giat bekerja.. Namun bukan berarti manusia harus menyerah pada takdir sebelum berusaha atau berikhtiar.. Allah berfirman: 8 9 Suryana.Cit. Kasmir menambahkan bahwa arti wirausaha adalah orang yang berani mengambil risiko dalam berbagai kesempatan. Op. 22 Kasmir. hal. Islam adalah agama komprehensif. 29 . Op. Ar-Ra’d: 11) Dari ayat di atas secara tegas menerangkan bahwa manusia diperintahkan untuk berusaha tanpa harus bersandar pada nasib.

jujur. dan ekonomi maka dia termasuk sebagai wirausaha yang andal dalam menjalankan strategi-strategi dan kebijakan yang telah dilaksanakan dalam bidang ekonomi. ajaran islam mendorong umatnya bekerja keras. Wirausaha dapat dikatakan sebagai orang yang perang melawan persaingan dalam bidang ekonomi dan barang siapa yang perang berwirausaha sesuai dengan norma hukum. hlm.11 Pada hakikatnya islam adalah agama yang mengajarkan nilai-nilai etik. Ash-Shaffat: 61) Sebagai wirausaha (pelaku bisnis) suatu usaha apapun. pada 9 Maret 1933. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara.12 2. Dalam islam sendiri sudah menjadi kewajiban manusia untuk selalu berusaha dan berdoa dalam menjalankan kewajiban mencari nafkah (wirausaha) pada jalan agama. (QS.Artinya: “Untuk kemenangan serupa ini hendaklah berusaha orang-orang yang bekerja”. Mencari nafkah atau berwirausaha dalam jalan agama disini karena berwirausaha itu termasuk dalam kategori orang-orang yang mau bersungguhsungguh dalam menjalankan hidup. Secara normatif. Lampung. adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Bob Sadino atau akrab dipanggil om Bob. dapat dipercaya atau jujur adalah sebagian dari nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi oleh wirausaha muslim. dan amanah. hlm. berlaku jujur dalam berbisnis. Sewaktu orang tuanya meninggal.. dan mencari usaha dari tangan sendiri untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. beberapa ayat Alquran dan Hadist yang berhubungan dengan etos kerja dapat dijadikan dasar bahwa islam sangat memperhatikan kewirausahaan. 231-233 Ibid. Banyak sekali ajaran islam yang mengajarkan umatnya agar mau bekerja keras untuk diri sendiri. ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Dalam 11 12 Ibid. Dalam banyak kesempatan. tidak terkecuali bidang ekonomi. Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan. moral dan spiritual yang berfungsi sebagai pedoman hidup bagi pemeluknya. agama.. Akuntabilitas suatu perusahaan akan dapat terjaga apabila didukung oleh karyawan yang gigih.3 Siapakah Bob Sadino? Lahir dengan nama Bambang Mustari Sadino di Tanjung Karang. 11-19 . Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. pengusaha dituntut memiliki kekuatan dan nilai-nilai yang mampu menjunjung tinggi bisnisnya.

Ia membawa serta dua Mercedes miliknya. Tidak jarang pasangan tersebut dimaki pelanggan. ayam saja bisa berjuang untuk hidup. Ketika beternak ayam itulah muncul inspirasi berwirausaha. Bisnis pasar swalayan Bob berkembang pesat. Soelami Soejoed. rencana tidak harus selalu baku dan kaku. ia sendiri yang menjadi sopirnya. Di sana. karena mereka fasih berbahasa Inggris. Baginya uang bukan yang nomor satu. Namun sayang. Jakarta Selatan sementara yang lain tetap ia simpan. menjadi pemilik tunggal super market (pasar swalayan) Kem Chicks. buatan tahun 1960-an. berani mencari dan menangkap peluang. temannya menyarankan Bob memelihara ayam untuk melawan depresi yang dialaminya. Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia. ia bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Bob tertarik. Pada tahun 1967. komitmen. Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. di mana terdapat banyak menetap orang asing. Dalam tempo satu setengah tahun. Bob beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri. Gajinya ketika itu hanya Rp100. Pekerjaan pertama yang dilakoninya setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki. Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Karena itu ia juga menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa daerah. dari pribadi feodal menjadi pelayan. Ia dan istrinya sering jungkir balik. Suatu hari. Bob dan istrinya tinggal di kawasan Kemang. Ia mendapat ilham. ia dan istrinya memiliki banyak langganan. lama kelamaan Bob yang berambut perak. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya.perjalanannya itu. Namun mereka mengaca pada diri sendiri. memperbaiki pelayanan. Sebagai peternak ayam. Bob bertemu dengan pasangan hidupnya. Ia selalu tampil sederhana dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang. Jerman. mengelola kebun-kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Yang penting kemauan. merambah ke agribisnis. Ketika tinggal di Belanda itu. babu orang asing sekalipun. terutama orang asing. Ia pun sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya. Perubahan drastis pun terjadi pada diri Bob. Setelah itu. suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. setiap hari menjual beberapa kilogram telur. Bob memperhatikan kehidupan ayam-ayam ternaknya. khususnya holtikutura. Bob dan istrinya. tentu manusia pun juga bisa. Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang. ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih sembilan tahun. Jakarta. yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia .-.

hamburger. “Kisah Sukses Pengusaha Bob Sadino.blogspot. Ini bentuk kerja samanya eksklusif antara Pak Bob dan Pak Made.1 Pendidikan Itu Racun14 Hasil wawancara di bawah ini di kutip dari salah satu majalah bisnis terkemuka di Indonesia. Salah satu wacana untuk calon pengusaha. “Kalau mau kaya jangan pintar-pintar“.” kata Bob. Kita harus lebih profesional dengan mengatakan suatu bentuk ikatan bisnis. saya mau jual produk ke siapa saja. itu milik Made. “Yang paling penting tindakan.” http://bob-sadino. Made kalau tidak salah mulai dengan apa adanya. mengatakan hubungannya dengan Edam Burger sebatas hubungan bisnis belaka. Kemudian dia mau cari sesuatu yang terbaik buat para langganannya. dan lainlain. ucapan pengusaha eksentrik pemilik Kemfood. saya tidak tahu. daging asap. Made ingin membeli produk saya.html (akses 19 Desember 2012) . Kelemahan banyak orang. coba saja mana yang paling baik.13 2. Ya mungkin oleh dia ditambahkan disana-sini.com/2009/12/biografi-bob-sadino-pengusaha-sukses. Formula dari Bapak dan Made? Formula khusus dari saya sendiri. Namun. Bob Sadino.” http://kolombiografi. terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. Made tinggal menyuguhkannya.lakukan. mayonesnya. Jadi formulanya semuanya khusus ? Dari dagingnya. “Pendidikan itu Racun.3. Dia mendekati saya dan mengatakan.com/kabar-kabari/bincang/15-pendidikan-ituracun. Dia dengar ada kemfoods yang usahanya adalah membuat daging olah yang bentuknya sosis. ‘Bapak bisa tidak membuat hamburger khusus untuk saya ?’ Saya bilang gampang sekali dan saya kasih beberpa macam hamburger. Jadi tidak ada kerja sama dengan bentuk seperti ini dengan pengusaha lain? 13 Biografi Tokoh Dunia. kita punya formula sendiri. semoga bermanfaat. Produk saus saya yang ditambah apa lagi. Setelah dia temukan yang terbaik. ia mengaku memang punya banyak kemiripan dengan Made sebagai pemilik Edam. sampai sausnya kita buatkan untuk Made.html (akses 19 Desember 2012) 14 Edy Zaqeus. Ia juga mengatakan terbuka kemungkinan kerja sama dengan siapa saja untuk membuka bisnis serupa dengannya. Awalnya bagaimana Bapak bisa kerja sama dengan Made? Sebetulnya terlalu cepat kalau kita bilang kerja sama.

Tentunya Indonesia membutuhkan lebih banyak Made. Pasti. Karena kamu pintar kamu mikir dulu. Jadi kalau mau mulai sesuatu dan memegang empat faktor ini dan terutama faktor yang terakhir yaitu tidak cengeng. Itu faktor kan. Datang saja ke saya. Saya kasih contoh. Sebagai seorang entrepreneur dia punya kemauan yang luar biasa besar. tahu laku atau tidak. Katanya cari untung. Dia juga orang yang tidak cengeng. Kalau saya ditanya faktor apa yang menjadi kunci keberhasilan. dia komit mau jual burger. Kalau ada yang ingin dibuatkan khusus hamburger lagi ya saya buat khusus untuk dia. Karena saya bodoh. saya suruh orang lain . Anda mau. Masih sedikit yang punya visi seperti Made. logis tidak. Kan tidak. Made ini bukan orang pertama yang datang ke Bapak tapi dia mungkin yang pertama sukses. apakah untung terus. Itu ada kemiripan dengan saya. Tidak ragu-ragu lagi. Kalau bapak lihat banyak pengusaha kita yang seperti Made. Saya suruh orang yang hitung. makanya saya berhasil. Kemudian kalau orang dagang cari untung. Orang dagang rata-rata cari apa. ada tekad yang bulat. Kemudian dia punya tekad yang bulat sekali. tunggu dulu. Seratus Made tidak cukup. dan tidak cengeng. Untuk meniru visi Edam kan tidak susah. Entrepreneur harus punya keberanian. Kalau kamu tidak berani. bisa sama dengan Edam atau bahkan melebihi Edam. Dia juga punya keberanian yang luar biasa untuk mau mulai jual hamburger dengan harga yang lumayan terjangkau. Menurut Bapak. tidak akan kemana. Kalau ditanya banyak atau sedikit.Terbuka kerja sama dengan siapa saja tapi apa yang saya jual kepada Made hanya untuk Made. Sehingga ketika dia mulai bertindak sudah tertinggal jauh sama yang tidak ngitung. pendidikan tinggi itu penting bagi pengusaha ? “Pendidikan itu racun buat saya”. Kalau saya bilang tadi cari rugi. Lalu apa bedanya. Kalau saya bilang saya dagang cari rugi. Keberanian mengambil peluang. Kan tidak. kenapa tidak ditiru. Entrepreneur itu tidak pakai hitung-hitungan begitu. Jadi orang pinter itu kebanyakan ngitung untung ruginya. Jadi kalau ada yang punya sifat seperti itu. Atau kalau tidak mau bikin burger dengan merek sendiri. Itu saja. gampang. jawaban saya sederhana. Jadi itu faktor utama kalau kita ingin berusaha ? Tadi kan empat faktor. tapi yang jelas Edam laku ya sudah pergi ke Edam. apakah rugi terus. Anda melihatnya apa perbedaan Made dengan yang lain itu? Saya tidak bisa menyebutkan secara spesifik bedanya apa. Terus bagaimana kamu mau jadi seperti Made. Karena saya bodoh. saya akan jawab begitu. ada keberanian. Tapi kemiripan sifatsifat Made dengan saya banyak. saya katakan pasti akan jadi Edam. Karena saya tidak sekolah. Saya tidak pernah ngitung dari dulu. Edam sudah ada contoh. Kalau dilihat pengusaha kita banyak yang bermain untuk kalangan menengah atas dengan modal yang besar. Komitmen. Ada yang bilang tidak logis.

Makan dianggap sebagai kewajaran jika orang tidak punya masalah untuk mendapatkan makanan. “Kalau saya mengharapkan besok saya bisa makan. Jadi kita sebenarnya bolak-balik saja. “Bukan dengan memicu dan memacu. dan besok saya dapat makan. Para orang tua itu melepaskan tanggung jawab mendidik anak dan seenaknya membebankan tugas itu pada sekolah.” tegas Bob. Bahasanya bernuansa sufistik. Jalankan saja. yang mana mereka dianggapnya sebagai anak-anak sendiri. Makin digali. yang pernah jadi sopir taksi dan nguli di Jakarta dengan upah Rp100.html?start=2 (akses 19 Desember 2012) . Tanpa sadar mereka sedang memperkosa pikiran anakanak. Itulah semangat Bob dalam menggerakkan para karyawan di Kemchicks Group. Akhirnya. karena saya bodoh. ternyata begitu sederhana. Jalan saja.per hari.” http://bob-sadino. tapi kemandirian juga harus ditumbuhkan. Tidak usah mikir. yang kemana-mana pakai celana pendek. banyak orang tidak pernah memahami arti sepiring nasi. karena banyak orang yang tidak mau dipicu dan dipacu.3. Saya jamin orang yang belajar itu tidak bisa kaya. Saya jamin. Kalau salah ya belok.yang hitung.” tutur Bob. Di mana letak kepintaran saya adalah menyuruh orang menghitung.. Padahal. “Apa Arti Kesuksesan. saya sudah sukses. Jadi saran Bapak untuk calon pengusaha? Tidak usah pakai rencana. Saya bisa sukses karena saya bodoh dan kamu tidak bisa sukses karena kamu pintar. Ungkapan-ungkapan yang sederhana.com/kabar-kabari/bincang. yang lulus SMA tahun 1953 itu mengkritik keras kecenderungan para orang tua yang malas mendidik sendiri anak-anaknya. Bob. Teramat sayang jika orang hanya mengingat seorang Bob Sadino sebagai pengusaha nyentrik. tetapi juga memberi pilihan sebebas-bebasnya. Salah lagi ya belok lagi.” ungkap bos Kemchicks Group ini. 2. Bagi Bob. pernah tidak makan. Kenapa.2 Bob Sadino: Sepiring Nasi Kesuksesan15 Sukses bagi seorang entrepreneur sejati seperti Bob Sadino. Ia bilang. lugas. Di mana letak kebodohan Anda. Namun itulah egoisnya orang tua. Disiplin harus ditegakkan. karena Anda pintar. kata pengusaha gaek yang pernah ikut-ikutan temannya kuliah di Fakultas Hukum UI ini. Jadi tidak usah ngitung. dan kadang provokatif namun kaya makna itu. sepiring nasi mempunyai arti yang sangat besar dan sangat mendalam. Ia mengaku sangat keras dalam mendidik anak-anaknya. semua anak bebas menentukan pilihan. Tapi bagi orang yang pernah lapar. Apakah saya bisa mengalunkan irama yang indah 15 Edy Zaqeus. jadi Anda ngitung. sering mereka memaksakan kehendak pada anak-anak dalam hal memilih jenis pendidikan. menjadikannya bak seorang “Guru Zen” dalam hal bisnis. makin ketemulah sosoknya sebagai seorang Master Kehidupan. “Mungkin titik berangkat saya itu yang membuat saya bisa begini hari ini. “Saya ini seperti sebuah gitar tua di atas meja. keteladanan sangat bermakna untuk membangun mental seseorang.

Karena selain didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul. sampai di kantornya di kawasan industri Pulo Gadung. pihak universitas harus memasukkan wirausaha sebagai salah satu mata kuliah wajib yang lebih menekankan pada praktik bukan materi seperti yang ada saat ini.16 BAB III 16 Tubagus S. Namun itu semua kami kira kurang cukup karena kegiatan-kegiatan worksop yang dilakukan kurang besifat mengikat dan tidak ada kontrol dari universitas apakah mahasiswa tersebut sudah mencoba untuk berwirausaha atau belum. Untuk menciptakan generasi yang unggul tidak hanya dengan membebani mahasiswa dengan berbagai macam mata kuliah yang hanya bersifat teori saja. bukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Dan untuk menciptakan wirausahawan baru. Padahal bila kita cermati perekonomian suatu bangsa dapat dilihat dari berapa besarkah wirausahawan yang ada di negara tersebut. Memang sudah banyak cara yang dilakukan pihak universitas. Pertumbuhan wirausaha Indonesia yang saat ini dibilang sangat kecil tentu tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar. Hal ini terjadi karena mindset mahasiswa yang dididik untuk mengejar lowongan pekerjan. Kemampuan mahasiswa dibidang akademik saja kami kira belum cukup untuk menjadi bekal bila mereka terjun ke masyarakat kelak. sekarang yang dibutuhkan adalah bagaimana cara pihak universitas untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang berwirausaha. Persaingan disini bukanlah hanya dibidang akademik. Berikut petikan wawancara antara Bob Sadino. Namun keunggulan mahasiswa dapat dilihat juga dari berapa besar mahasiswa tersebut bisa bersaing dan mampu memberikan manfaat bagi orang banyak. 2. seperti workshop wirausaha dan lain-lain. Tamimi. Nah.id/files/2011/04/tubagus-sukron-t1. Dan saran kami untuk menciptakan wirausahawan baru dikalangan mahasiswa.atau buruk.pdf (akses 19 Desember 2012) . tergantung siapa yang memetiknya. “Meningkatkan Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa” http://tamimi.4 Meningkatkan Minat Wirausaha di Kalangan Mahasiswa Mahasiswa adalah agent of change atau agen perubahan yang akan menentukan masa depan bangsa.” ungkap Bob saat didesak untuk mengeluarkan seluruh ‘ilmunya’ oleh Edy Zaqeus.students.uii. Karena seperti kita ketahui banyak mahasiswa yang berprestasi namun malah menambah jumlah angka pengangguran di Indonesia. apakah bangsa itu akan mundur atau maju. jika kita tak lebih dulu mengosongkan cangkir itu. sang “Guru Zen” bisnis. dengan salah satu pengagumnya. Edy Zaqeus. Dengan memasukan wirausaha dalam lingkup mata kuliah praktik wajib tentunya secara tidak langsung akan memberikan semangat bagi mahasiswa untuk mencoba berwirausaha karena hal itu bekaitan pula dengan nilai yang akan diperoleh. Kalau pikiran ini kita umpamakan sebuah cangkir teh. Wawancara berlangsung sepanjang perjalanan dari rumah Bob di Lebak Bulus.ac.lingkungan akademik yang ada di universitas lebih memudahkan mahasiswa untuk mempelajari dan memahami langkah dan cara untuk meniti bidang wirausaha. sebenarnya universitas-universitas di Indonesia memiliki peluang besar untuk itu. Jakarta Timur. namun dibidang yang lebih luas seperti wirausaha yang memang saat ini sangat digalakkan oleh pemerintah. maka kita tak bakalan pernah bisa mengenal “tehnya” Bob Sadino. Jakarta Selatan.

Lelaki yang ‘berseragam’ celana pendek itu sempat menjadi supir dan kuli bangunan. Namun kini. Jadi mereka tak lagi berpikir untuk mencari pekerjaan.1 Kesimpulan Wirausaha merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis. (2) Manajemen konflik. .2 Saran Diharapkan mahasiswa sebagai agent of change atau agen perubahan dapat merubah Negara ini menuju lebih baik. 3. (3) Kemauan.PENUTUP 3. dan keberanian mengambil peluang. komitmen tinggi. Jakarta Selatan. mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan mengambil tindakan yang tepat dalam memastikan keberhasilan. ia adalah pemilik tunggal supermarket Kem Chicks di daerah Kemang. yaitu salah satunya dengan cara berwirausaha. sehingga kelak Indonesia bisa menjadi Negara maju nantinya. tetapi lebih kepada menciptakan lapangan pekerjaan. Adapun rahasia sukses ala Bob Sadino yaitu: (1) Berikan pelayanan terbaik. Salah satu entrepreneur sukses di Indonesia adalah Bob Sadino.

Kisah Sukses Pengusaha Bob Sadino. Islam & Wirausaha Inovatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.html?start=2 (akses 19 Desember 2012) . 2006 Kasmir. Liberty: Yogyakarta.blogspot. Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. http://kolombiografi. Elisabeth T. Kewirausahaan. Muhammad. Jakarta: LET’S GO Indonesia. Malang: UIN Press. Pendidikan itu Racun. Valentino. http://pkbmedukasi. Edy. Jakarta: Salemba Empat. Apa Arti Kesuksesan.com/2009/12/biografi-bob-sadino-pengusaha-sukses. http://bob-sadino. Tarsis. 2007 Yunus.com/kabar-kabari/bincang/15pendidikan-itu-racun. 2008 Dinsi. Pengantar Wirausaha.html (akses 19 Desember 2012) Zaqeus. Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian. http://bob-sadino. 2000 Suryana. 2004 Sulistiyani.DAFTAR PUSTAKA Tarmudji.com/kabar-kabari/bincang.html (akses 19 Desember 2012) Zaqeus. Prinsip-Prinsip Wirausaha. Edy.com/pengantar-wirausaha/ (akses 19 Desember 2012) Biografi Tokoh Dunia.wordpress.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful