RELASI DAN FUNGSI

Relasi Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah pemasangan anggota-angggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B. Relasi dapat dinyatakan dengan 3 cara, yaitu : l. Diagaram panah 2.Himpunan pasangan berurutan 3.Diagram Cartesius Contoh : Via: aku senang permen dan coklat Andre: aku senang coklat dan es krim Ita: aku suka es krim Dari contoh di atas dapat dibuat dua himpunan, yaitu : -Himpunan A adalah himpunan nama orang A = { Via, Andre, Ita } -Himpunan B adalah himpunan makanan kesukaan B = { es krim, coklat, permen } Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah "makanan kesukaan" dan dapat dinyatakan dengan : a.Diagram panah

via Andre Ita

permen coklat es krim

b.Himpunan pasangan berurutan
{ (Via,permen) , (Via,coklat) , (Andre,coklat) , (Andre,es krim) , (Ita,es krim)}

c.

Diagram Cartesius

p erm en

c ok la t

e s k rim

via

andre

ita

Latihan 1
1.Ria, Budi, dan Edy gemar bermain bulu tangkis. Eko dan Andi gemar bermain bola basket. Ali gemar bermain bulu tangkis dan bola basket. a. Jika A adalah himpunan nama anak dan B adalah himpunan permainan, maka : Tunjukkanlah relasi di atas dengan diagram panah! b. Nyatakanlah relasi tersebut dengan himpunan pasangan berurutan 2. Perhatikan gambar di bawah ini!

Anggota himpunan pertama adalah … b. Anggota himpunan kedua adalah … 5. tulislah anggota Q! c)Nyatakan relasi himpunan P ke Q dengan diagram panah. tulislah anggota B ! c)Nyatakan relasi himpunan A ke himpunan B dengan diagram panah.Lakukan wawancara sederhana terhadap 10 orang temanmu.4). (3. a)Jika P himpunan nama teman-temanmu.5). a. a)Jika A himpunan nama teman-temanmu. jeruk apel anggur Ani Ida Bayu Relasi pada diagram cartesius di samping dapat dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan.Perhatikan gambar di. tulislah anggota P! b)Jika Q himpunan nama-nama bulan kelahiran teman-temanmu. (6.6) } adalah himpunan pasangan berurutan dari suatu relasi. d)Adakah anggota P mempunyai bulan kelahiran lebih dari satu? e)Adakah anggota P yang tidak mempunyai bulan kelahiran? f)Apa yang dapat kalian simpulkan dari relasi di atas? .6). kemudian tanyakan nomor sepatu mereka. yaitu … Diagram panah dari relasi tersebut adalah … 4. relasinya bulan kelahiran. kemudian tanyakan bulan kelahiran mereka. dengan relasi nomor sepatu.P 3 5 6 Q 2 4 8 Tuliskanlah relasi/hubungan dari himpunan P ke himpunan Q! 3.Lakukan wawancara sederhana terhadap 5 orang temanmu. Sebutkan nama relasi dari himpunan A ke himpunan B Fungsi / Pemetaan Pengertian Fungsi Diskusikan dengan teman-teman! 1.{ (3.4). tulislah anggota A! b)Jika B himpunan nomor sepatu teman-temanmu. Kemudian. (4. jawablah pertanyaan berikut. (6. jawab pertanyaan berikut. Kemudian. (5. d)Adakah anak yang memiliki nomor sepatu lebih dari satu? 2. bawah ini.5).

yaitu himpunan B yang mempunyai kawan di himpunan A Latihan 1. Iman}. adakah relasi yang menghubungkan setiap anggota himpunan A ke himpunar.Kodomain = d.Pada relasi di atas.Range = . disebut daerah asal atau domain. sehingga setiap anggota himpunan A dipasangkan dengan tepat satu anggota himpunan B. Tuti. Adi.Domain = c. 39. {37. Himpunan B = {37.Manakah yang merupakan pemetaan? 2. 38. Contoh fungsi/pemetaan: Contoh bukan fungsi/pemetaan: Perhatikan gambar di bawah ini Himpunan A = { Nia.Perhatikan gambar diagram panah di samping! a. suatu fungsi/pemetaan dari himpunan A ke himpunan B adalah : Suatu relasi khusus. 38. di sebut daerah kawan atau kodomain. . B di mana setiap anggota A mempunyai pasangan satu di anggota B? Relasi seperti ini disebut fungsi atau pemetaan.Relasi yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q adalah … b. Jadi. 40}. 39} disebut daerah hasil atau range.

{(3. tentukanlah: a.Notasi fungsi f adalah f : x → 2 x + 1 b.4} dan B = {5. Manakah dari grafik Cartesius berikut yang merupakan pemetaan? Merumuskan Suatu Fungsi Pada gambar di samping tampak bahwa anggota himpunan P dipasangkan dengan anggota himpunan B 1.Tentukan nilai f(2) Jawab : a.2). {(a. {(a. Relasi manakah yang merupakan pemetaan? a. ditulis 1 → 4 2.jika f ( a) = 1 5 . ditulis 2 → 5 3 . ditulis 3 → 6 4 .5).5)} 5.3.(a.3)} c.(d.2.3. Himpunan pasangan berurutan dari relasi A→ B adalah …. Fungsi f : x → 2 x + 1 .5). a. Tiga kurangnya dari 5.(b. rumus fungsi b.7}.4.(8.(d. range c. Tiga kurangnya dari 7.Diketahui A = { 1. maka f ( x ) = 2 x + 1 .(6.4).(4. 4.(c.(6. Tiga kurangnya dari 6.b)} d.b).Tulislah rumus f c.b). jika x E { 1. Rumus fungsi adalah f ( x ) = 2 x + 1 c.(c. Tiga kurangnya dari 4 .4).Tulislah notasi fungsi f b.Rumus fungsi f ( x ) = 2 x + 1 f (2) =(2 x 2) + 1 f(2)=4+1 f(2)=5 2.2.4). Bila f ( a) = 1 5 .). Pemetaan A → B mengawankan setiap bilangan ganjil dengan bilangan genap dan bilangan genap dengan bilangan genap. tentukan nilai a Jawab: a. maka : f : 1 →1 + 3 f : 2 → 2+3 f:3 → 3+3 f : 4 →4 + 3 Dalam bentuk notasi fungsi menjadi : f : x → x + 3 Dan rumus fungsinya adalah f(x) = x + 3 Contoh : 1.4).Setiap pasangan himpunan berurutan di bawah ini menunjukkan relasi dari himpunan P ke himpunan Q.(5.b). ditulis 4 → 7 Jika relasi di atas adalah f.6)} b.4}. {(4.6.3.Fungsi f memetakan setiap x anggota daerah asal ke 2 x + 1 dari daerah kawan.(7.3).Rumus fungsi f adalah f ( x ) = 2 x + 1 c.

Anggota himpunan pasangan berurutan dari pemetaan f ( x) = 3 .. f ( 1 ) = 2 . 9 } nilai a = 7 1.x adalah (2. rumus fungsi b. 1 + 1 = 2 + 1 = 3 f2)=2.a) dan ( . bayangan dari 1 adalah . lengkapi tabel berikut! c.2 .4 ) ( x + 2 ) .2 adalah . d. 1.2+1=4+1=5 f3)=2.Tentukanlah nilai a dan b ! . rumus fungsi adalah b.. maka f ( x + 5 ) adalah . f(-2) d.b. tentukan : a. jika f ( a) = . 4 + 1 = 8 + 1 = 9 range fungsi = { 3 . Suatu fungsi dirumuskan f ( x) = ( x .1 dengan x = {0. himpunan daerah hasil = 2 .. 4 . f(3) = e..6 .. b). 3 } a. Suatu fungsi f : x →5 x . Jika fungsi f(x) = 8 x . 5 . maka range dari ..3+1=6+1=7 f ( 4) = 2 .l. maka nilai a adalah f ( a) = 2 a + 1 15 =2a+1 2a=15-1 2 a = 1 4 maka a = 7 maka 3 .. 7. 5 . 2 .. bayangan dari 5 c.l . Diketahui fungsi f : x → 3 x .