P. 1
Fungsi Water Pump Pada Mobil Dan Masalahnya

Fungsi Water Pump Pada Mobil Dan Masalahnya

|Views: 917|Likes:
Published by Denny Okfiari Anas
belajar yukkk
belajar yukkk

More info:

Published by: Denny Okfiari Anas on May 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/28/2014

pdf

text

original

Fungsi Water Pump Pada Mobil Dan Masalahnya

Fungsi water pump pada mobil - Water pump atau pompa air adalah salah satu komponen sistem pendingin yang terdapat pada mesin mobil berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin atau coolant mesin atau mensirkulasikan air radiator. Cara kerja water pump mobil adalah dengan berputar mengikuti putaran mesin yang di sambungkan oleh sebuah belt dari puli crankshaft atau poros mesin.

Beberapa masalah yang kerap terjadi pada water pump adalah terdengar bunyi kasar pada mesin mobil yang berasal dari kerusakan bearing water pump. Untuk periksa atau memastikan memang bunyi yang terdengar dari mesin berasal dari water pump, adalah dengan cara melepas belt yang ada di puli water pump kemudian periksa putaran puli water pump tersebut dengan tangan. Jika pada puli water pump terasa oblag bisa dipastikan bunyi kasar mesin berasal dari water pump. Cara lain jika pada puli water pump tidak terasa oblag atau kocak, adalah dengan memutar pelan-pelan puli water pump, jika terasa putaran puli water pump tidak lancar atau terasa tersendat saat di putar pelan dengan tangan, maka water pump sudah waktunya untuk di ganti. Karena putaran puli water pump yang terasa tersendat saat di putar dengan tangan adalah penyebab timbulnya bunyi yang terdengar dari mesin. Problem atau masalah lain pada water pump mobil adalah terjadinya kebocoran air pendingin mesin atau air radiator dari water pump. Kebocoran pada water pump ini bisa terlihat dari air menetes dari mesin mobil dan berada di sebelah kanan mesin jika terjadi pada mesin mobil dengan penggerak roda depan seperti pada kebanyakan mobil sedan. Dan tentu saja kebocoran air radiator lewat water pump ini akan menyebabkan air radiator berkurang dan perlu untuk ganti water pump dengan yang baru.

tidak perlu model elektrik. "Paling tidak cek setiap 10 ribu kilometer dan kuras setiap 20 ribu. Selain water pump yang diputar oleh puli dan belt. . Jika sudah demikian. Rembesnya air dari water pump ini tak boleh terjadi. Menjaga supaya water pump berumur panjang. Dengan adanya peranti ini.. Maka jika komponen ini bermasalah.otomotifnet.com) water pump itu bagian dari komponen radiator yang berfungsi untuk mengalirkan air radiator/menggerakkan air radiator sehingga air bisa bersirkulasi ke blok silinder untuk mendinginkan mesin." ungkap Loqy. Loqy menyarankan untuk rajin menguras air radiator. Biasanya memiliki debit air yang lebih banyak dan kencang. ada juga yang mengandalkan elektrikal. panggilan Nazly. (mobil.yang berfungsi untuk memompa air dari radiator menuju ke blok mesin. sebab terus menerus dialiri air. Masalah paling banyak ditemui yakni bearing dan bilahnya mengalami karat yang akhirnya menjadi keropos.Sistem Pendinginan Mesin Kenali Fungsi & Cara Kerjanya Water Pump Keberadaan water pump (pompa air) begitu penting untuk sistem pendinginan. yang memberikan efek sirkulasi air dan membuat mesin jadi tidak overheat. memungkinkan sirkulasi air berjalan dengan baik di mesin. jadi arti keseluruhan ya pompa air. besar kemungkinan mesin overheat. Namun untuk mobil harian. water pump ya seperti artinya mas. besar kemungkinan akan terjadi kebocoran. water artinya air dan pump artinya pompa. Namun umurnya akan semakin pendek jika air yang melewatinya memiliki kualitas yang kurang baik." sebutnya. Dalam suatu saat.water pump tidak hanya terdapat pada mesin diesel saja tapi juga untuk mesin bensin yang sudah memakai radiator baik sepeda motor maupun mobil. Komponen ini banyak dipakai oleh mobil balap yang sudah mengalami ubahan ekstrem. "Kalau sudah bermasalah sebaiknya ganti dengan yang baru dan sudah teruji mutunya. water pump pasti mengalami karat dan keropos.

tidak perlu model elektrik. besar kemungkinan akan terjadi kebocoran. memungkinkan sirkulasi air berjalan dengan baik di mesin. Maka jika komponen ini bermasalah. Namun untuk mobil harian. Rembesnya air dari water pump ini tak boleh terjadi. disarankan untuk rajin menguras air radiator. Suatu saat. Masalah paling banyak ditemui yakni bearing dan bilahnya mengalami karat yang akhirnya menjadi keropos. water pump pasti mengalami karat dan keropos. Selain water pump yang diputar oleh puli dan belt. besar kemungkinan mesin overheat. ada juga yang mengandalkan elektrikal. Biasanya memiliki debit air yang lebih banyak dan kencang.Keberadaan water pump (pompa air) begitu penting untuk sistem pendinginan. sebab terus menerus dialiri air. Dengan adanya peranti ini. Jika sudah demikian. . Komponen ini banyak dipakai oleh mobil balap yang sudah mengalami ubahan ekstrem. Paling tidak cek setiap 10 ribu kilometer dan kuras setiap 20 ribu. Menjaga supaya water pump berumur panjang. Kalau sudah bermasalah sebaiknya ganti dengan yang baru dan sudah teruji mutunya. Namun umurnya akan semakin pendek jika air yang melewatinya memiliki kualitas yang kurang baik.

kurang lebih 45% dari energi panas hilang menjadi gas buang atau gesekan dan 30% diserap oleh mesin itu sendiri. Bahan Radiator Bahan bahan dari radiator adalah berupa pipa yang terbuat dari logam.macam additifve. berfungsi untuk mendapatkan pendinginan yang lebih baik.yang juga sebagai peredam suara.dan juga anti beku).Air pendingin mesin aman sebab ruang pembakaran dikelilingi oleh air pendingin (air ditambah macam .SEDIKIT PENGERTIAN RADIATOR MOBIL Radiator memegang peranan penting dalam mesin otomotif (misal :mobil). Panas yang diserap oleh mesin harus dikeluarkan keudara sekeliling.Sistem pendiginan air lebih sulit dan lebih mahal dari pada sistem pendinginan udara. Bagian bagian radiator : Tutup radiator Terletak di bagian atas radiator.Air pendigin yang panas dapat juga berfungsi sebagai sumber panas pada pemanas udara. Selain itu alumuminium dapat lebih lama mencegah karat dibandingkan dengan logam yang lain.Pada umumnya mesin otomotif menggunakan sistem pendinginan air. Tangki atas .pembakaran bahan bakar dalam silinder mesin menyalurkan energi panas kedalam bentuk tenaga putar.Hanya kurang lebih 25% dari energi yang dikonversikan menjadi tenaga.Sistem pendingan dipasang untuk mendinginkan mesin agar tidak kelebihan panas. Radiator yang kita kenal pada umumnya digunakan pada kedaraan bermotor (roda dua atau roda empat). namun tidak jarang radiator juga digunakan pada mesin mesin yang memerlukan pendinginan exstra.Radiator berfungsi untui mendinginkan mesin. . Seperti pada mesin mesin produksi atau mesin mesin lainnya yang bekerja dalam kondisi kerja berat atau lama.Jika tidak maka akan menyebabkan mesin menjadi kelebihan panas dan akrirnya rusak.Pendingan mesin biasanya menggunakan sistem pendinginan udara atau pendinginan air. Fungsi Radiator adalah Radiator adalah suatu bagian atau komponen dari system pendinginan yang menggunakan system pendinginan air.Alumuminium Untuk kendaraan jenis atau keluaran terbaru wrata rata memakai bahan alumuminium untuk radiator bahan aluminium terbukti dapat meredam panas sehingga air yang terdapat dalam radiator cepat dingin. karena itu fungsi radiator adalah mendinginkan mesin. Biasanya yang memakai kuningan dan tembaga ini adalah mobil keluaran lama. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang dibutuhkan mesin.Tetapi sistem pendinginan air mempunyai beberapa keuntungan. Pada kendaraan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi system pendinginan.Kuningan & Tembaga Logam yang terbuat dari Kuningan dan tembaga merupakan bahan logam yang dapat menyerap panas sehingga cocok untuk dijadikan bahan radiator. yang diantaranya seperti : .Tetapi energi panas dari bahan bakar tidak sepenuhnya dapat dikonversikan kedalam bentuk tenaga.

.Berfungsi sebagai penampung air panas yang berasal dari mesin. Pada tangki bawah terdapat saluran pembuangan. Tangki bawah Berfungsi sebagai penampung air yang telah didinginkan dan akan disalurkan kembali ke mesin. Kisi kisi radiator Kisi kisi radiator terdiri dari pipa saluran air yang menghubungkan tangki atas dan bawah dan sirip sirip pendingin yang berfungsi sebagai penyerap panas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->