P. 1
Sejarah Komputer Dari Generasi Pertama Hingga

Sejarah Komputer Dari Generasi Pertama Hingga

|Views: 23|Likes:
Published by adhari_globalnet

More info:

Published by: adhari_globalnet on May 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2013

pdf

text

original

TUGAS SISTIM OPERASI

DIBUAT OLEH : NAMA NIM SMESTER PRODI DOSEN MK : Rosita Aini : 1010 1182 61090 : V (Lima) : Manajemen Informatika : Harianjah,S.Pd : Sistim Operasi

SEKOLAH TINGGI TEKLOGI UNGGULAN SWARNADWIPA (STT-US) TELUK KUANTAN TAHUN 2012

KATA PENGANTAR Bismillahirahmanirrahim
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-nyalah penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini ditulis berdasarkan hasil dari kerja penulis yang membahas “Perkembangan Sistem Operasi Komputer Dari Awal Sampai Sekarang” yang bertujuan untuk memberi pengetahuan luas kepada pembaca .serta wawasan bagi pembaca mengenai apa saja yang bisa kita ambil atau pahami dalam “Sistem Operasi Komputer Dari Awal Sampai Sekarang”. Penulis menyadari banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini.itu dikarenakan kemampuan penulis yang terbatas .Namun berkat bantuan dan dorongan serta bimbingan dari Bapak atau Dosen mata kuliah “Sistim Operasi” berbagai bantuan dari berbagai pihak .akhirnya makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Penulis berharap dengan penulisan makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan pembaca umumnya serta semoga dapat menjadi bahan pertimbangn dan meningkatkan prestasi di masa yang akan datang

Teluk Kuantan, 08 Oktober 2012

Penulis

(ROSITA AINI)

Perkembangan Sistem Operasi Komputer dari Awal sampai Sekarang
setiap siswa pasti penasaran bagaimana sih awal mula kita bisa sampai mengenal sistem operasi komputer sampai sekarang muncul banyak sistem operasi yang berbeda-beda dan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, lebih lanjut para siswa yang memiliki rasa penasaran sangat tinggi tentu suatu saat nanti berharap agar suatu hari ia bisa menciptakan suatu sistem operasi yang lebih baik dari semuanya.

Oleh sebab itu mudah-mudan artikel yang telah ada pada blog teman kita ini akan bisa menambah pengatahuan tentang sejarah perkembangan sistem operasi dari masa ke masa
Operating System (OS) Dari Masa ke Masa (1981-2009) GUI atau singkatan dari Graphical User Interface yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat keras komputer serta memudahkan dalam mengoperasikan sebuah sistem operasi (user friendly). Selama bertahun-tahun berbagai GUI yang telah dikembangkan untuk berbagai sistem operasi seperti OS / 2, Macintosh, Windows, amiga, Linux, Symbian OS, dan banyak lagi. Dalam artikel ini saya hanya menampilkan beberapa kemajuan yang signifikan dalam desain GUI (bukan sistem operasi) serta antarmuka pengguna berbasis grafik pada sistem operasi yang ada saat ini. Ada beberapa yang tidak saya sertakan dan itu bukan berarti tidak termasuk dalam kamajuan desain, tapi tampilan yang ada di artikel merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer.

GUI pertama kali dikembangkan oleh para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di tahun 70-an. Penelitian ini membuka era baru dalam inovasi komputer grafis. Komputer pribadi (personal computer) pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis modern adalah Xerox Alto, yang dikembangkan pada tahun 1973. Sistem ini juga bukan sebagai produk komersial dan dimaksudkan terutama untuk penelitian di universitas.

1981-1985 Xerox 8010 Star (dirilis pada 1981)
Ini adalah sistem pertama yang disebut sebagai komputer desktop yang terintegrasi penuh, termasuk aplikasi dan GUI dan dikenal sebagai “The Xerox Star”, kemudian berganti nama

menjadi “Viewpoint” dan kemudian berganti lagi namanya menjadi “GlobalView”.

Apple Lisa Office System 1 (dirilis pada 1983)
Sistem dikenal sebagai Lisa OS, atau singkatan dari Office System. Hal ini dikembangkan oleh Apple dengan maksud sebagai pemrosesan dokumen workstation. Sayangnya workstation ini tidak bertahan lama, hal itu dibunuh oleh Apple Macintosh sistem operasi yang lebih terjangkau. Ada beberapa tambahan untuk upgrade ke versi Lisa OS, Lisa OS 2 di tahun 1983 dan Lisa OS 7 / 7 3,1 pada tahun 1984, dan dapat di upgrade oleh sistem itu sendiri, tapi sistem ini belum memakai (GUI).

VisiCorp Visi On (dirilis pada 1984)
VisiCorp pertama kali dikembangkan GUI desktop yang ditujukan untuk IBM PC. Sistem ini ditargetkan untuk perusahaan-perusahaan besar dan hadir dengan harga yang tinggi. Sistem GUI ini memanfaatkan mouse dengan built-in installer serta tidak menggunakan ikon pada tampilannya.

Mac OS System 1.0 (dirilis pada 1984)
Sistem 1.0 sistem operasi pertama yang dikembangkan GUI untuk Macintosh. Beberapa fitur ini merupakan dari sistem operasi modern, karena pada setiap jendela (window) sudah disertai dengan ikon. Pada setiap jendela dapat dipindahkan dengan mouse dan tak hanya jendela, file dan folder pun dapat disalin dengan hanya menyeret dan menempatkan (dragging and dropping) ke lokasi atau target yang diinginkan pengguna.

Amiga Workbench 1.0 (dirilis pada 1985) Ketika pertama kali dirilis, saat itu Amiga berada di posisi depan, karena sistem GUI ini sudah memiliki fitur warna (empat warna: hitam, putih, biru, oranye), kemampuan multitasking, dukungan suara stereo dan mengatur ikon (selected dan unselected).
search

Windows 1.0x (dirilis pada 1985)
Di tahun ini, Microsoft akhirnya berhasil mengejar posisi seluruh sistem operasi antarmuka dengan merilis Windows 1.0, pertama sistem operasi berbasis GUI (meskipun tidak ada yang berani untuk mengakui sebagai salah satunya). Sistem ini menampilkan 32 × 32 piksel ikon dan warna grafis. Fitur yang paling menarik lainnya (yang kemudian dihilangkan) adalah ikon animasi jam analog.

GEM (dirilis pada 1985)
GEM (Graphical Environment Manager) adalah gaya windowing GUI diciptakan oleh Digital Research, Inc (DRI). GEM awalnya dibuat untuk digunakan dengan CP / M sistem operasi pada Intel 8088 dan Motorola 68000 mikroprosesor dan kemudian dikembangkan untuk bisa berjalan di DOS juga. Kebanyakan orang akan mengetahui GEM sebagai salah satu GUI untuk komputer Atari ST. GEM juga digunakan pada seri Amstrad komputer IBM yang kompatibel dan merupakan inti untuk Ventura Publisher dan beberapa program DOS lainnya.

1986 – 1990 IRIX 3 (dirilis pada 1986, first release 1984)
IRIX merupakan sistem operasi 64-bit yang diciptakan untuk UNIX. Sebuah fitur menarik pada GUI ini adalah dukungan untuk ikon vektor. Fitur ini sudah memakai GUI dan merupakan pelopor bahkan sebelum Mac OS X merilisnya.

GEOS (dirilis pada 1986)
The GEOS (Graphic Environment Operating System) sistem operasi ini dikembangkan oleh Berkeley Softworks (Kemudian GeoWorks). Sistem ini awalnya dirancang untuk Pengolah kata Commodore 64 dan dengan tampilan grafis yang disebut geoWrite Cat dan sebuah program yang Disebut geoPaint.

Windows 2.0x (dirilis pada 1987)
Dalam versi ini, perkembangan GUI telah membaik secara signifikan diantaranya, Jendela bisa tumpang tindih, dapat diubah ukurannya, dimaksimalkan dan diminimalkan.

OS/2 1.x (dirilis pada 1988)
OS / 2 awalnya dikembangkan bersama oleh IBM dan Microsoft, tetapi pada tahun 1991 kedua perusahaan berpisah dengan menggabungkan teknologi Microsoft GUI pada Windowsnya sendiri dan IBM mengembangkan OS / 2. GUI yang digunakan dalam OS / 2 yang disebut “Presentation Manager”. Versi ini hanya didukung GUI dan ikon monokrom.

NeXTSTEP / OPENSTEP 1.0 (dirilis pada 1989)
Steve Jobs muncul dengan ide untuk menciptakan komputer yang sempurna untuk sebuah riset di universitas dan laboratorium. Ide ini kemudian berkembang menjadi sebuah perusahaan bernama NeXT Computer Inc. Komputer NeXT yang pertama dirilis pada tahun 1988, kemajuan yang signifikan ini dibuat pada tahun 1989 dengan pembebasan dari 1.0 NeXTSTEP GUI, yang kemudian berkembang menjadi OPENSTEP. GUI’s tersebut tampil dengan ikon lebih besar (48 × 48) dan memperkenalkan warna tambahan. GUI tersebut awalnya memiliki warna monokrom, tapi versi 1.0 juga mulai mendukung monitor warna. Dengan GUI modern, Screenshot ini memberikan beberapa kemudahan dalam mengoperasikannya.

OS/2 1.20 (dirilis pada 1989)
Versi berikutnya merupakan upgrade dari versi minor GUI yang menunjukkan sedikit perbaikan di banyak area. Ikon tampak lebih bagus dan tampilan jendela yang halus.

Windows 3.0 (dirilis pada 1990)
Dengan versi ini, Microsoft telah menyadari potensi terhadap perkembangan GUI mereka dan mulai meningkatkan secara signifikan. Sistem operasi itu sendiri mendukung peningkatan standar dan mode 386, yang dibuat menggunakan kapasitas memori yang lebih tinggi dari 640 KB dan penyimpanan data dengan menggunakan hard disk, sehingga kemampuan untuk menggunakan resolusi layar yang lebih tinggi dan tampilan grafis yang lebih baik, seperti Super VGA 800 × 600 dan 1024 × 768 . Selain itu, Microsoft menyewa Susan Kare untuk merancang ikon Windows 3.0 untuk ditambahkan pada GUI.

1991 – 1995 Amiga Workbench 2.04 (dirilis pada 1991)

Banyak sekali perbaikan GUI yang dilakukan pada versi ini. Skema warna berubah dan tampak 3D pun sudah diperkenalkan. Desktop dapat dibagi secara vertikal ke resolusi layar yang berbeda serta kedalaman warna yang kini tampak sedikit aneh. Resolusi default Workbench adalah 640 × 256, tetapi harus didukung perangkat keras dengan resolusi yang lebih besar juga.

Mac OS System 7 (dirilis pada 1991)
Mac OS versi 7.0 adalah GUI pertama pada Mac OS dengan dukungan warna. Tampilan halus dengan nuansa warna abu-abu, biru dan kuning serta ditambahkan pula pada setiap ikon.

Windows 3.1 (dirilis pada 1992)
Versi Windows disertai TrueType font yang pra-instal. Hal ini secara efektif untuk pertama kalinya Windows membuat sebuah desktop publishing platform fungsional. Sejak Windows 3.0, Adobe Type Manager (ATM) sistem font dari Adobe sudah mulai berfungsi. Versi ini juga berisi skema warna bernama Hotdog Stand, yang berisi warna cerah merah, kuning dan hitam.

Skema warna ini dirancang untuk membantu orang-orang yang buta warna saat melihat teks / gambar pada layar monitor.

OS/2 2.0 (dirilis pada 1992)
Ini adalah GUI pertama yang menjadi sasaran penerimaan internasional, dalam hal kegunaan dan aksesibilitas. Seluruh GUI yang dikembangkan menggunakan desain objectoriented. Setiap file dan folder adalah suatu objek yang dapat dikaitkan dengan file lain seperti folder dan aplikasi. Hal ini juga mendukung fungsi drag dan drop serta template.

Windows 95 (dirilis pada 1995)
User interface benar-benar dirancang ulang sejak versi 3.x. Ini adalah versi Windows pertama di mana sebuah tombol ditambahkan ke setiap jendela (Minimal, Maximal dan Restore). Tim desain memberikan area (dapat diaktifkan, dinonaktifkan, dipilih, diperiksa, dll) untuk ikon dan grafis lainnya. Dan perkembangan pada versi ini untuk pertamakalinya adalah dengan adanya Tombol Start yang terkenal saat itu.Ini merupakan salah satu kemajuan Microsoft mengenai sistem operasi itu sendiri dan serta tampilan GUI.

1996 – 2000 OS/2 Warp 4 (dirilis pada 1996)
IBM merilis OS / 2 Warp 4 yang membawa signifikan dengan facelift ke setiap jendela atau ruang. Ikon diletakkan di desktop, di mana file dan folder custom juga bisa dibuat. Dalam versi ini juga menyertakan fungsi penghapusan (Shredder) yang mirip dengan Windows ‘Recycle Bin’ atau Mac OS ‘Trash’. Perbedaan dalam fungsi ini yaitu saat menghapus file atau folder secara langsung dan tidak menyimpannya terlebih dahulu yang memungkinkan pengguna dapat menggunakannya atau mengembalikannya.

Mac OS System 8 (dirilis pada 1997) Mac OS 8 merupakan salah satu pengadopsi awal dari gaya isometrik ikon yang disebut pseudo-3D ikon. Tema warna Abu platinum yang digunakan di sini menjadi merek dagang untuk versi masa depan GUI.

Windows 98 (dirilis pada 1998)
Gaya ikon hampir sama seperti dalam Windows 95, dan untuk rendering seluruh GUI bisa menggunakan lebih dari 256 warna. Windows Explorer hampir sepenuhnya berubah dan “Active Desktop” muncul untuk pertama kalinya.

KDE 1.0 (dirilis pada 1998)
KDE berusaha untuk memenuhi kebutuhan untuk sebuah desktop yang mudah digunakan untuk Unix workstation, mirip dengan lingkungan desktop yang bisa ditemukan pada MacOS atau Window95/NT. Sistem ini sepenuhnya gratis termasuk kode sumbernya yang dapat dimodifikasi.

BeOs 4.5 (dirilis pada 1999) Sistem operasi BeOS dikembangkan untuk komputer pribadi. Pada awalnya ditulis BeIn pada tahun 1991 untuk dijalankan pada hardware BeBox. Hal ini kemudian dikembangkan lebih lanjut untuk memanfaatkan teknologi dan perangkat keras yang lebih baru seperti multiprocessing simetris dengan memanfaatkan modul I / O bandwidth, merasuk multithreading, multitasking dan 64-bit sistem file journal dikenal sebagai BFS.

GNOME 1.0 (dirilis pada 1999)
Desktop GNOME ini diutamakan untuk Red Hat Linux, kemudian dikembangkan lagi untuk distributor Linux lainnya juga.

2001 – 2005 Mac OS X (dirilis pada 2001) Pada awal tahun 2000 Apple mengumumkan sistem operasi dengan tampilan Aqua dan pada tahun 2001 perusahaan tersebut merilis sistem operasi baru yang disebut Mac OS X. Dengan ukuran ikon default 32 x 32 dan 48 x 48 yang dapat diubah menjadi 128 x 128 piksel anti-alias dan ikon semi-transparan. Banyak kritik setelah merilis GUI ini. Tampaknya pengguna belum cukup siap oleh perubahan besar ini, tetapi mereka (konsumen) cukup cepat mengadopsi gaya baru GUI ini.

Windows XP (dirilis pada 2001) Sejak sistem operasi dirilis, Microsoft cenderung sepenuhnya ke GUI, tidak terkecuali Windows XP. Pada versi ini tampilan GUI Windows mengalami perubahan total dan skinnable, sehingga pengguna dapat mengubah seluruh tampilan GUI serta tampilan Ikon pun dapat di ubah secara otomatis.

KDE 3 (dirilis pada 2002) Sejak versi 1.0, K Desktop Environment mengalami perubahan secara signifikan. Mereka merubah semua fitur grafis dan ikon sehingga terlihat menyatu di setiap jendela.

2007 – 2009 (current) Windows Vista (dirilis pada 2007) Ini adalah respon Microsoft kompetisi mereka. Mereka juga cukup banyak penambahan fitur 3D dan animasi. Sejak Windows 98, Microsoft telah selalu berusaha meningkatkan desktop. Dengan Windows Vista mereka merilis widget yang baik sebagai pengganti Active Desktop.

Mac OS X Leopard (dirilis pada 2007) Dengan 6 generasi, sistem Mac OS X Apple, sekali lagi meningkatkan user interface, GUI merupakan sebuah dasar untuk versi Aqua seperti candy scroll dan grey platinum, serta warna biru. Dalam GUI yang baru ini terdapat fitur 3D yang terlihat jelas, 3D dock terbaru dan banyak lagi animasi interakitf.

\ GNOME 2.24 (2008) GNOME menempatkan banyak perubahan dalam menciptakan tema dan karya seni ke v2.2.4 dengan tujuan “untuk membuat komputer terlihat baik”.

KDE (v4.0 Jan. 2008, v4.2 Mar. 2009) Versi 4 dari K Desktop Environment menghasilkan banyak peningkatan baru pada GUI seperti animasi, rapih, pengelolaan jendela yang efisien dan adanya dukungan untuk desktop widget. Ukuran ikon mudah diatur dan hampir setiap desain elemen akan jauh lebih mudah untuk dikonfigurasi. Beberapa perubahan yang paling mencolok meliputi ikon baru, tema dan suara, yang disediakan oleh proyek Oxygen. Semua ikon ini akan lebih fotorealistik. Ini jelas merupakan suatu kemajuan besar dari KDE versi sebelumnya. Kini dapat juga dijalankan di platform Windows dan Mac OS X.

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi

Sistem operasi adalah inti dari pemrograman computer terutama yang berkaitan dengan arsitektur computer. Sistem operasi pada dasarnya adalah sebuah aplikasi program yang berfungsi sebagai interface untuk mengkoordinasikan sumber daya yang berbeda dari komputer. Weizer (1981) telah mencatat, sistem operasi telah berevolusi sejak tahun 1940-an melalui sejumlah generasi yang berbeda, yang secara kasar sesuai dengan decade. Sejarah Awal; tahun 1940-an dan 1950-an : Pada tahun1940-an awal sistem elektronik digital tidak memiliki sistem operasi. Computer pada waktu itu begitu primitive dibandingkan dengan hari ini dimana bahwa programprogram dimasukan ke dalam computer 1 bit dalam satu waktu pada baris mechanical switches. Akhirnya, bahasa mesin ( terdiri dari string dari digit biner 0 dan 1) diperkenalkan dapat mempercepat proses pemrograman (Stern, 1981). Ssitem dari tahun 1950-an pada umumnya run hanya satu pekerjaan pada satu waktu. Pada era ini dikenal Input Output Control System (IOCS). Hal ini dapat menyederhanakan dan mempercepat proses pengkodean. Tahun 1960-an ; Era timesharing dan multiprogramming : Generasi berikutnya computer diperkenalkan pada awal 1950-an. Versi awal sistem operasi yang digunakan oleh General Motors Research laboratories. IBM 701 adalah sistem operasi pertama yang dilengkapi arsitektur computer. Itu adalah tanda besar dalam sejarah sistem operasi. Jenis sistem computer dikenal sebagai sistem batch processing. Sistem batch processing juga terus mendominasi computer decade berikutnya. Namun operasi perifer simultan on line (Spooling) telah ditambahkan sebagai teknik yang digunakan pada tahun 1960-an. Teknik baru ini berusaha untuk membuat operasi pemrograman lebih cepat dari sebelumnya. Tahun 1970 : Pengembangan sistem operasi UNIX dimulai. Ia kemudian dirilis sebagai kode sumber C untuk membantu portabilitas, dan kemudian versi yang diperoleh untuk komputer yang berbeda, termasuk IBM PC. Dan klon-nya (seperti Linux) masih banyak digunakan pada server jaringan dan Internet. Awalnya dikembangkan oleh Ken Thomson dan Dennis Ritchie. Tahun 1975 : Unix dipasarkan. Tahun 1980 – Oktober : Pengembangan MS-DOS/PC-DOS dimulai. Microsoft (dikenal terutama untuk bahasa pemrograman mereka) yang ditugaskan untuk menulis Sistem Operasi untuk PC, Digital Research gagal mendapatkan kontrak (ada banyak legenda untuk alasan yang nyata untuk ini). DR’s Operating System, CP/M-86 kemudian dikirim tapi sebenarnya lebih mudah untuk adaptor tua CP / M program untuk DOS daripada CP/M-86, dan CP/M-86 biaya $ 495.Sebagai Microsoft tidak memiliki sistem operasi untuk menjual mereka membeli 86 Seattle Computer Produk-DOS yang telah ditulis oleh Tim Paterson awal tahun yang (86-DOS juga dikenal sebagai Q-DOS, Quick & Dirty Operating System, itu adalah lebih-atau-kurang 16bit versi CP / M). Hak benar-benar dibeli pada bulan Juli 1981. Hal ini dianggap bahwa IBM ditemukan lebih dari 300 bug dalam kode ketika mereka menundukkan sistem operasi untuk menguji mereka, dan menulis ulang banyak kode. Tim Paterson DOS 1.0 adalah 4000 baris assembler. 1981 – 12 Agustus : Microsoft (dikenal terutama untuk bahasa pemrograman mereka) telah ditugaskan oleh IBM untuk menulis sistem operasi, mereka membeli program yang disebut 86-DOS dari Tim Paterson yang longgar didasarkan pada CP / M 80. Program akhir dari Microsoft dipasarkan oleh IBM sebagai PC-DOS dan oleh Microsoft sebagai MS-DOS, kolaborasi pada versi berikutnya terus sampai versi 5.0 pada tahun 1991. Dibandingkan dengan versi modern dari versi DOS 1

sangat dasar, perbedaan yang paling menonjol adalah kehadiran hanya 1 direktori, direktori root, pada setiap disk. Sub-direktori yang tidak didukung sampai versi 2.0 (Maret, 1983). MS-DOS (dan PC-DOS) adalah sistem operasi utama untuk semua PC-IBM kompatibel komputer sampai 1995 ketika Windows ’95 mulai mengambil alih pasar, dan Microsoft berbalik kembali pada MS-DOS (meninggalkan MS-DOS 6.22 dari tahun 1993 sebagai versi terakhir yang ditulis – meskipun Shell DOS pada Windows ’95 menyebut dirinya MS-DOS versi 7.0, dan memiliki beberapa fitur yang ditingkatkan seperti mendukung nama file panjang).Menurut Microsoft, pada tahun 1994, MS-DOS berjalan pada beberapa 100 juta komputer di seluruh dunia. 1982 – Maret : MS-DOS 1.25, PC-DOS 1.1 1983 – Maret : MS-DOS 2.0, PC-DOS 2.0 Diperkenalkan dengan IBM XT versi ini termasuk gaya UNIX struktur hirarki sub-direktori, dan mengubah cara di mana program dapat memuat dan mengakses file pada disk. 1983 – Mei : MS-DOS 2.01 1983 – Oktober : PC-DOS 2.1 (untuk PC Jr). Seperti Jr PC ini tidak sukses besar dan cepat menghilang dari pasar. MS-DOS 2.11 1984 – Agustus : MS-DOS 3.0, PC-DOS 3.0 Dirilis untuk AT IBM, itu didukung hard disk yang lebih besar serta High Density (1,2 MB) 5¼” floppy disk. 1985 – Maret : MS-DOS 3.1, PC-DOS 3.1 . Ini adalah versi pertama DOS untuk memberikan dukungan jaringan, dan menyediakan beberapa fungsi baru untuk menangani jaringan. 1985 – Oktober : Versi 2,25 termasuk dukungan untuk set karakter asing, dan dipasarkan di Timur Jauh. 1985 – November : Microsoft Windows Diluncurkan. Tidak benar-benar banyak digunakan sampai versi 3, yang dirilis pada tahun 1990, Windows diperlukan DOS untuk menjalankan dan begitu juga bukan sistem operasi lengkap (sampai Windows ’95, dirilis pada 21 Agustus 1995). Ini hanya memberikan GUI mirip dengan Macintosh., Pada kenyataannya begitu mirip bahwa Apple mencoba untuk menuntut Microsoft untuk menyalin ‘tampilan dan nuansa’ sistem operasi mereka. Kasus pengadilan ini tidak dijatuhkan sampai Agustus 1997. 1985 – Desember : MS-DOS 3.2, PC-DOS 3.2. Versi ini adalah yang pertama untuk mendukung 3 ½ “disk, meskipun hanya yang 720KB. Versi 3.2 tetap versi standar sampai tahun 1987 ketika versi 3.3 dirilis dengan IBM PS / 2. 1990 – Mei 22 : Pengenalan Windows 3.0 oleh Bill Gates & Microsoft. Memang benar multitasking (atau berpura-pura berada di komputer kurang dari satu 80386, dengan beroperasi dalam mode ‘Real’) sistem. Ini mempertahankan kompatibilitas dengan MS-DOS, pada 80386 bahkan memungkinkan program tersebut untuk multitask – yang mereka tidak dirancang untuk dilakukan. Hal ini menciptakan sebuah ancaman nyata ke Macintosh dan meskipun produk sejenis, IBM OS / 2, itu sangat sukses. Berbagai perbaikan dibuat, versi 3.1, 3.11 – namun langkah besar berikutnya tidak datang sampai Windows ’95 pada tahun 1995 yang didasarkan jauh lebih berat pada fitur dari 80386 dan memberikan dukungan untuk aplikasi 32 bit.1987 Microsoft Windows 2 dirilis. Itu lebih populer daripada versi asli tapi itu tidak ada pikiran khusus Anda, Windows 3 (lihat 1990) adalah versi yang benar-benar berguna pertama. 1987 – April :

MS-DOS 3.3, PC-DOS 3.3 . Dirilis dengan IBM PS / 2 versi ini termasuk dukungan untuk High Density (1,44 MB) 3 ½ “disk. Hal ini juga didukung partisi hard disk, hard disk membelah menjadi 2 atau lebih drive logis. 1987 – April : OS / 2 Diluncurkan oleh Microsoft dan IBM. Sebuah perangkat tambahan kemudian, OS / 2 Warp banyak memberikan perangkat tambahan 32-bit membual oleh Windows ’95 – tetapi beberapa tahun sebelumnya, namun produk gagal mendominasi pasar dengan cara Windows ’95 lakukan 8 tahun kemudian. 1987 – Oktober / November : Compaq DOS (CPQ-DOS) dirilis v3.31 untuk mengatasi dengan partisi disk> 32MB. Digunakan oleh beberapa OEM lainnya, namun tidak didistribusikan oleh Microsoft. 1988 – Juli / Agustus : PC-DOS 4.0, MS-DOS 4.0 Versi 3.4 – 4.x yang membingungkan karena kurangnya korelasi antara IBM & Microsoft dan juga USA & Eropa. Beberapa versi ‘Internal Gunakan hanya’ juga diproduksi. Versi ini mencerminkan peningkatan kemampuan perangkat keras, itu didukung hard drive lebih besar dari 32 MB (hingga 2 GB) dan juga EMS memori. Versi ini tidak benar diuji dan bug dikuasai, menyebabkan sistem crash dan kehilangan data. Rilis asli IBM, tapi Microsoft versi 4.0 (bulan Oktober) ada versi yang lebih baik dan 4.01 dirilis (bulan November) untuk memperbaiki hal ini, maka versi 4.01a (pada bulan April 1989) sebagai perbaikan lebih lanjut. Namun banyak orang tidak bisa percaya ini dan kembali ke versi 3.3 sementara mereka menunggu untuk menulis ulang lengkap (versi 5 – 3 tahun kemudian). Beta versi 4.0 Microsoft tampaknya dikirim sedini ’86 & ’87. 1988 – November : MS-DOS 4.01, PC-DOS 4.01 . Ini banyak pengguna bug terlihat pada versi 4.0, tapi banyak dikoreksi hanya beralih kembali ke versi 3.3 dan menunggu versi benar ditulis ulang dan sepenuhnya diuji – yang tidak datang sampai versi 5 pada bulan Juni 1991. Dukungan untuk partisi disk> 32Mb. 1990 – Mei 22 : Pengenalan Windows 3.0 oleh Bill Gates & Microsoft. Memang benar multitasking (atau berpura-pura berada di komputer kurang dari satu 80386, dengan beroperasi dalam mode ‘Real’) sistem. Ini mempertahankan kompatibilitas dengan MS-DOS, pada 80386 bahkan memungkinkan program tersebut untuk multitask – yang mereka tidak dirancang untuk dilakukan. Hal ini menciptakan sebuah ancaman nyata ke Macintosh dan meskipun produk sejenis, IBM OS / 2, itu sangat sukses. Berbagai perbaikan dibuat, versi 3.1, 3.11 – namun langkah besar berikutnya tidak datang sampai Windows ’95 pada tahun 1995 yang didasarkan jauh lebih berat pada fitur dari 80386 dan memberikan dukungan untuk aplikasi 32 bit. 1991 – Juni : MS-DOS 5.0, PC-DOS 5.0 . Dalam rangka mempromosikan OS / 2 Bill Gates mengambil setiap kesempatan setelah rilis untuk mengatakan ‘DOS sudah mati’, namun pengembangan DOS 5.0 mengarah pada menjatuhkan permanen OS / 2 pembangunan. Versi, setelah berantakan versi 4, adalah benar diuji melalui distribusi dari versi Beta ke lebih dari 7.500 pengguna. Versi ini mencakup kemampuan untuk meload device driver dan program TSR di atas batas 640KB (ke UMBs dan HMA), membebaskan RAM lebih untuk program. Versi ini menandai berakhirnya kolaborasi antara Microsoft dan IBM pada DOS. 1991 – Agustus :

1992 – April Pengenalan Windows 3.1 Linux lahir dengan posting berikut ke Newsgroup Usenet comp.os.minix:
Halo semua orang di luar sana menggunakan minixAku melakukan sebuah sistem (gratis) operasi (hanya hobi, tidak akan besar dan profesional gnu sejenisnya) untuk 386 (486) klon DI.

posting ini oleh seorang mahasiswa Finlandia, Linus Torvalds, dan hobi ini tumbuh dari awal yang sederhana menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan, UNIX-seperti di dunia saat ini. Sekarang berjalan pada berbagai jenis komputer, termasuk Sun SPARC dan Compaq Alpha, serta banyak ARM, MIPS, PowerPC dan Motorola komputer berbasis 68000. Pada tahun 1992, proyek GNU ( http://www.gnu.org/ ) mengadopsi kernel Linux untuk digunakan pada sistem GNU sementara mereka menunggu untuk pengembangan (mereka Hurd) kernel sendiri akan selesai. Tujuan Proyek GNU adalah untuk memberikan UNIX lengkap dan bebas seperti sistem operasi, menggabungkan Linux atau platform Hurd dengan suite lengkap dari perangkat lunak bebas untuk berjalan di atasnya. Dalam rangka memungkinkan untuk membawa nama GNU, hak cipta kernel Linux diubah menjadi GNU Public License Agreement ( http://www.gnu.org/copyleft/gpl.html ) pada tanggal 1 Februari 1992. 1992 – April : Pengenalan Windows 3.1 1993 – 27 Juli : Windows NT 3.1, rilis pertama dari seri Windows NT, dirilis. Namanya dipilih agar sesuai dengan versi terbaru dari versi 16 bit dari Microsoft Windows. NT berisi benar-benar baru ‘kernel’ di bagian inti dari sistem operasi, seperti Windows 3.x ini tidak didasarkan di atas MSDOS. Hal ini dirancang untuk menjadi platform independen, pengembangan asli ditargetkan pada prosesor Intel i860 tapi porting ke MIPS dan kemudian populer prosesor Intel 80386. ’Win32′ API dikembangkan untuk Windows NT, menyediakan 32 bit API asli yang programmer terbiasa dengan versi 16 bit dari Microsoft Windows akan di rumah dengan. 1993 – Desember : MS-DOS 6.0. Ini termasuk program Hard-Disk kompresi disebut DoubleSpace, tetapi sebuah perusahaan komputer kecil yang disebut ‘Stac’ mengklaim bahwa DoubleSpace sebagian salinan mereka Kompresi Program, Stacker. Setelah membayar kerusakan Microsoft menarik DoubleSpace dari MS-DOS 6.2, merilis sebuah program baru – DriveSpace – dengan versi MSDOS 6.22. Dalam operasi dan antarmuka pemrograman DriveSpace tetap hampir identik dengan DoubleSpace. MS-DOS 6.22 masih versi terakhir dari MS-DOS dirilis, karena Microsoft berpaling upaya untuk Windows ’95. Windows ’95 (dan kemudian) shell DOS laporan dirinya sebagai DOS 7 – dan termasuk beberapa perangkat tambahan, misalnya dukungan untuk nama file panjang. 1994 – Maret 14 : Linus Torvalds merilis versi 1.0 dari Linux Kernel. 1994 – September : PC-DOS 6.3 Pada dasarnya sama dengan versi 5.0 rilis oleh IBM ini termasuk perangkat lunak yang lebih paket, seperti Stacker (program yang menyebabkan malu Microsoft begitu banyak) dan perangkat lunak anti-virus. 1994 – September 21 : Microsoft merilis Windows NT 3.5. Ini termasuk banyak fitur yang hilang dari rilis 3.1 asli, termasuk dukungan untuk file yang dikompresi dan kompatibilitas Netware. 1995 – Maret : Linus merilis Linux Kernel v1.2.0 (Linux’95). 1995 – 30 Mei :

Fitur utama dari Windows NT 3.51 adalah versi yang mendukung prosesor IBM Power PC. Penundaan dalam rilis prosesor berarti penundaan dalam rilis Windows NT 3.51 (NT 3,51 hanya ada karena prosesor tidak siap pada waktunya untuk NT 3.5). Sebagai tim pengembangan menunggu untuk rilis prosesor mereka tetap bug dalam basis kode yang ada. Hal ini membuat NT 3.51 handal dan karena itu populer dengan pelanggan. 1995 – Agustus 21 [POSS.23] : Windows ’95 diluncurkan oleh Bill Gates & Microsoft. Tidak seperti versi Windows sebelumnya, Windows ’95 adalah sebuah sistem operasi keseluruhan – tidak bergantung pada MS-DOS (meskipun beberapa sisa-sisa dari sistem operasi lama masih ada). Windows ’95 ditulis khusus untuk 80386 dan komputer yang kompatibel untuk membuat ‘penuh’ penggunaan 32 bit yang pengolahan dan kemampuan multitasking, dan dengan demikian dalam beberapa hal itu jauh lebih mirip dengan Windows NT dari Windows 3.x. Baik Windows 95 dan Windows NT menyediakan API Win32 untuk programmer, dan ketika Windows NT 4 dirilis itu sebuah antarmuka pengguna yang hampir identik dengan Windows 95.Sayangnya, untuk menjaga kompatibilitas, Windows 95 tidak memaksakan perlindungan memori yang sama dan langkahlangkah keamanan yang NT dan begitu menderita dari stabilitas jauh lebih buruk, kehandalan dan keamanan. Meskipun luar biasa mirip dalam fungsi untuk OS / 2 Warp (diproduksi oleh IBM tahun dan beberapa Microsoft sebelumnya, tapi dipasarkan oleh IBM), Windows ’95 telah terbukti sangat populer. 1996 : Windows ’95 OSR2 (OEM System Release 2) telah dirilis – sebagian untuk memperbaiki bug yang ditemukan di rilis 1 – tetapi hanya kepada pengecer komputer untuk dijual dengan sistem baru. Sebenarnya ada dua rilis dipisahkan dari Windows 95 OSR2 sebelum pengenalan Windows ’98, yang kedua berisi baik dukungan USB dan FAT32 – nilai jual utama dari Windows ’98. FAT32 adalah sistem pengarsipan baru yang menyediakan dukungan untuk paritions disk lebih besar dari 2.1GB dan lebih baik dalam mengatasi disk besar (terutama dalam hal ruang terbuang). 1996 – 9 Juni : Linux 2.0 dirilis. 2.0 adalah perbaikan yang signifikan dibandingkan versi sebelumnya: itu adalah yang pertama untuk mendukung beberapa arsitektur (awalnya dikembangkan untuk prosesor Intel 386, sekarang mendukung Digital Alpha dan akan segera mendukung Sun SPARC banyak lainnya). Ini juga merupakan kernel stabil pertama yang mendukung SMP, modul kernel, dan banyak lagi. 1996 – 31 Juli : Windows NT 4.0 dirilis. Fitur utamanya adalah update dari antarmuka pengguna untuk mencocokkan Windows 95. 1998 – 25 Juni : Microsoft merilis Windows ’98. Beberapa pengacara AS berusaha untuk memblokir rilis baru sejak O / S interface erat dengan program lain seperti Microsoft Internet Explorer dan secara efektif menutup pasar perangkat lunak tersebut kepada perusahaan lain. Microsoft berjuang kembali dengan surat ke Gedung Putih menunjukkan bahwa 26 dari sekutu industri mengatakan bahwa keterlambatan dalam rilis baru O / S dapat merusak ekonomi AS. Nilai jual utama dari Windows ’98 adalah dukungan untuk USB dan dukungan untuk paritions disk lebih besar dari 2.1GB. 1999 – 25 Januari :

Kernel Linux 2.2.0 Dirilis. Jumlah orang yang menjalankan Linux diperkirakan lebih dari 10 juta, sehingga tidak hanya sebuah sistem operasi penting di dunia Unix, namun salah satu yang semakin penting di dunia PC. 2000 – Februari 17 : Peluncuran Resmi Windows 2000 – pengganti Microsoft untuk Windows 95/98 dan Windows NT. Diklaim menjadi lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada versi sebelumnya dari Windows. Hal ini sebenarnya keturunan dari seri NT, sehingga trade-off untuk peningkatan kehandalan adalah bahwa hal itu tidak akan menjalankan beberapa game berbasis DOS tua. Untuk menjaga pasar rumah tangga yang bahagia Microsoft juga merilis Windows ME, anggota terbaru dari seri 95/98. 2001 – 4 Januari : Linux kernel 2.4.0 dirilis. 2001 – Maret 24 : Apple merilis MacOS X. Pada intinya adalah Darwin ‘, Open Source operaing sistem pada FreeBSD `. Menggunakan MacOS X akhirnya memberikan manfaat stabilty pengguna Mac dari arsitektur memori dilindungi bersama perangkat tambahan lainnya, seperti preemptive multitasking. Basis BSD juga membuat porting aplikasi UNIX ke MacOS lebih mudah dan memberikan pengguna Mac perintah baris fitur lengkap antarmuka GUI bersama mereka. 2001 – 25 Oktober : Microsoft merilis Windows XP – versi terbaru dari sistem operasi Windows mereka. Berdasarkan seri kernel NT, itu dimaksudkan untuk menyatukan kedua seri NT/2000 dan Windows 95/98/ME seri menjadi satu produk. Tentu, Tentu saja, itu tadinya berharap bahwa ini akan terjadi dengan Windows 2000 tetapi yang gagal. Kegagalan ini sebagian besar karena kompatibilitas dengan beberapa aplikasi yang lebih tua, terutama untuk masalah rumah pengguna dengan game MS-DOS berbasis. Windows XP berutang keberhasilannya sebagian untuk beberapa Berbagai perbaikan dalam kesesuaian, dan sebagian ke waktu lulus – render banyak perangkat lunak yang tidak kompatibel usang pula. 2003 – 24 April : Windows Server 2003 adalah inkarnasi terakhir dari apa yang mulai hidup sebagai Windows NT. Windows Server 2003 adalah, seperti namanya, ditargetkan pada server bukan workstation dan PC di rumah, mereka adalah alam dari Windows XP. Keamanan dan reliabilitas adalah tujuan utama selama pengembangan dan peluncuran Windows Server 2003, kritis jika Windows adalah untuk menggantikan sistem UNIX yang melayani banyak perusahaan. 2003 – 24 Oktober : MacOS 10.3 terus meningkatkan MacOS X, dengan update besar untuk ‘Aqua’ (user interface) serta peningkatan kinerja dan fitur baru. 2003 – 17 Desember : Linux kernel 2.6.0 dirilis. Banyak fitur dari uClinux (dirancang untuk mikrokontroler melekat) telah terintegrasi, bersama dengan dukungan untuk NUMA (digunakan dalam jumlah besar, sistem multi-prosesor). sebuah scheduler ditingkatkan dan perbaikan skalabilitas membantu memastikan Linux akan menjaga reputasi untuk berjalan pada segala sesuatu mulai dari embedded device kecil sampai server perusahaan kelas besar dan bahkan mainframe. Seperti selalu mendukung untuk kelas baru dari perangkat keras secara signifikan telah diperbaiki.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->