RESUME NEUROSAINS DALAM PEMBELAJARAN PAUD BAB 2 DAN BAB 3 DOSEN Drs. ASEP SURATMAN, M.

Pd

DISUSUN OLEH FELIYANAH A1I112080
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN
PROGRAM SARJANA KEPENDIDIKAN BAGI GURU DALAM JABATAN

BAB 2 : STRUKTUR. FUNGSI. DAN PERKEMBANGAN OTAK DALAM FUNGSI KEBAHASAAN .

DAN PERTUMBUHAN OTAK  Otak adalah salah satu komponen dalam sistem susunan syaraf manusia. cerebellum( otak kecil ).  Struktur otak letaknya berada pada bagian ruang tengkorak.STRUKTUR. . Komponen yang lainnya adalah sumsum tulang belakang.  Bagian otak terdiri dari : cerebrum( otak besar ). FUNGSI. dan saraf tepi. brainstem ( batang botak ). sedangkan saraf tepi terletak berada diluar dua ruangan tadi. sedangkan sumsum tulang belakang terletak pada bagian ruang dalam belakang. limbic system ( sistem limbik ).

jika diatas 6 tahun maka yang terjadi reorganisasi intrahemisferik( di dalam bagian otak).  Gejala afasia antara lain: sedikit bahasa.  Afasia disebabkan oleh peralihan fungsi bahasa dari hemisfer kiri ke hemisfer kanan . sering melakukan kesalahan pengucapan. mengganti bunyi-bunyi dengan bunyi yang tidak sesuai. sehingga terjadi perbaikan fungsi pada bahasa anak.  Afasia merupakan penyakit bertutur kata yang diakibatkan oleh kerusakan otak. Hal ini terjadi pada usia dibawah 6 tahun.AFASIA DAN LOKALISASI FUNGSI-FUNGSI BAHASA  Afasia adalah istilah umum yang digunakan untuk mengacu pada gangguan berbicara karena kerusakan otak. kesulitan dalam mendeskripsikan atau mendiskusikan sesuatu. . produksi bahasanya lambat. Afasia dapat berpengaruh terhadap fungsi dan produksi bahasa secara alamiah menjadi tidak normal. bahasa atau ujarannya tidak lancar.

TEORI LATERALISASI  Tes Menyimak Rangkap ( dischotic listening )  Tes Stimulus Elektris ( electrical stimulation of brain )  Tes Grafik Kegiatan Elektrik ( electris-encephalo-graphy)  Tes Wada (tes amysal)  Teknik Fisiologi Langsung (direct physiological technique)  Teknik Belah-Dua Otak (besected brain technique) .

TEORI LOKALISASI  Teknik Stimulus Elektrik  Teknik Perbedaan Anatomi Otak  Cara Melihat Otak dengan PET (positron emission tomogrphy) .

OTAK WANITA Otak Wanita lebih Seimbang  Otak Wanita Lebih Tajam  Lebih Awet dan Selektif  .

yaitu hemisfer kanan dan kiri. sejak zaman mesir kuno.  Afasia adalah gangguan berbicara karena kerusakan otak.  Lateralisasi belum terjadi ketika anak baru dilahirkan akan tetapi Lateralisasi terjadi menjelang anak berusia 12 tahun.  Lateralisasi adalah pembagian tugas pada bagian otak. .KESIMPULAN  Hubungan Otak dan Bahasa Sangat Erat sekali.

BAB 3 : PERBEDAAN FUNGSI OTAK KANAN DAN OTAK KIRI MANUSIA .

GAMBAR OTAK .

FUNGSI OTAK KANAN Otak kanan adalah otak yang berada disebelah kanandalam posisi anatomis (frontal). dan lain-lain)  Mengendalikan ekspresi manusia  Pusat khayalan dan kreativitas  Berfikir lateral dan tidak terstruktur  Tidak memikirkan hal-hal secara detail  Cara kerjanya long term memory ( memori jangka panjang)  Lebih ahli dalam menentukan ruangan/tempat dan warna  Bila terjadi kerusakan pada area otak kanan yang terganggu adalah area kemampuan visual dan emosi . Fungsi otak kanan antara lain :  Perkembangan emosi (EQ)  Hubungan antar manusia (sosialisasi)  Fungsi komunikasi (perkembangan bahasa non verbal)  Perkembangan intuitif  Seni (menari. melukis. menyanyi.

maka yang terganggu adalah fungsi berbicara . bahasa dan matematika. Adapun fungsi otak kiri antara lain :  Perkembangan intelegensi (IQ)  Pusat perkembangan logika dan rasio (seperti matematika)  Berfikir secara sistematis  Bahasa verbal  Berfikir linear dan terstruktur  Berfikir analisis dan bertahap  Cara berfikir nya short term memory (memory jangka pendek)  Jika terjadi gangguan pada otak kiri .FUNGSI OTAK KIRI Otak kiri adalah otak yang berada disebelah kiri dalam posisi anatomis (posisi frontal). .

Adapun struktur otak dan fungsinya sebagai berikut :  Cerebrum (otak besar) Adalah bagian terbesar dari otak manusia yang berhubungan dengan fungsi otak yang lebih tinggi seperti pikiran dan tindakan.  Sistem limbik . koordinasi gerakan. dan sistem saraf perifer yang terbuat dari serabut saraf. postur.  Cerebellum (otak kecil) Struktur yang berhubungan dengan pengaturan. sumsum tulang belakang.STRUKTUR OTAK DAN FUNGSINYA Sistem saraf pusat terdirv dari otak. dan keseimbangan.

logika.  Otak kanan berfungsi dalam perkembangan emosi. sosialisasi. serta pengendalian emosi.  Idealnya otak kiri dan kanan harus seimbang dan semua fungsinya berfungsi secara optimal. kemampuan menulis dan membaca.PERBEDAAN OTAK KIRI DAN KANAN  Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan rasio.  Untuk mengoptimalkan dan menyeimbangkan kinerja dua belah otak bisa dengan menggunakan teknik Brainwave Entrainment atau Terapi Gelombang Otak. misalnya komunikasi. serta pusat matematika. .

WASSALAM .