RESUME NEUROSAINS DALAM PEMBELAJARAN PAUD BAB 2 DAN BAB 3 DOSEN Drs. ASEP SURATMAN, M.

Pd

DISUSUN OLEH FELIYANAH A1I112080
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN
PROGRAM SARJANA KEPENDIDIKAN BAGI GURU DALAM JABATAN

BAB 2 : STRUKTUR. DAN PERKEMBANGAN OTAK DALAM FUNGSI KEBAHASAAN . FUNGSI.

Komponen yang lainnya adalah sumsum tulang belakang. dan saraf tepi. sedangkan sumsum tulang belakang terletak pada bagian ruang dalam belakang. DAN PERTUMBUHAN OTAK  Otak adalah salah satu komponen dalam sistem susunan syaraf manusia. limbic system ( sistem limbik ). FUNGSI. .STRUKTUR. sedangkan saraf tepi terletak berada diluar dua ruangan tadi.  Struktur otak letaknya berada pada bagian ruang tengkorak. cerebellum( otak kecil ). brainstem ( batang botak ).  Bagian otak terdiri dari : cerebrum( otak besar ).

jika diatas 6 tahun maka yang terjadi reorganisasi intrahemisferik( di dalam bagian otak). bahasa atau ujarannya tidak lancar.  Afasia disebabkan oleh peralihan fungsi bahasa dari hemisfer kiri ke hemisfer kanan . mengganti bunyi-bunyi dengan bunyi yang tidak sesuai. sering melakukan kesalahan pengucapan. produksi bahasanya lambat.  Gejala afasia antara lain: sedikit bahasa. Afasia dapat berpengaruh terhadap fungsi dan produksi bahasa secara alamiah menjadi tidak normal.  Afasia merupakan penyakit bertutur kata yang diakibatkan oleh kerusakan otak. Hal ini terjadi pada usia dibawah 6 tahun. .AFASIA DAN LOKALISASI FUNGSI-FUNGSI BAHASA  Afasia adalah istilah umum yang digunakan untuk mengacu pada gangguan berbicara karena kerusakan otak. kesulitan dalam mendeskripsikan atau mendiskusikan sesuatu. sehingga terjadi perbaikan fungsi pada bahasa anak.

TEORI LATERALISASI  Tes Menyimak Rangkap ( dischotic listening )  Tes Stimulus Elektris ( electrical stimulation of brain )  Tes Grafik Kegiatan Elektrik ( electris-encephalo-graphy)  Tes Wada (tes amysal)  Teknik Fisiologi Langsung (direct physiological technique)  Teknik Belah-Dua Otak (besected brain technique) .

TEORI LOKALISASI  Teknik Stimulus Elektrik  Teknik Perbedaan Anatomi Otak  Cara Melihat Otak dengan PET (positron emission tomogrphy) .

OTAK WANITA Otak Wanita lebih Seimbang  Otak Wanita Lebih Tajam  Lebih Awet dan Selektif  .

 Lateralisasi adalah pembagian tugas pada bagian otak. yaitu hemisfer kanan dan kiri. .  Lateralisasi belum terjadi ketika anak baru dilahirkan akan tetapi Lateralisasi terjadi menjelang anak berusia 12 tahun.KESIMPULAN  Hubungan Otak dan Bahasa Sangat Erat sekali. sejak zaman mesir kuno.  Afasia adalah gangguan berbicara karena kerusakan otak.

BAB 3 : PERBEDAAN FUNGSI OTAK KANAN DAN OTAK KIRI MANUSIA .

GAMBAR OTAK .

menyanyi.FUNGSI OTAK KANAN Otak kanan adalah otak yang berada disebelah kanandalam posisi anatomis (frontal). melukis. dan lain-lain)  Mengendalikan ekspresi manusia  Pusat khayalan dan kreativitas  Berfikir lateral dan tidak terstruktur  Tidak memikirkan hal-hal secara detail  Cara kerjanya long term memory ( memori jangka panjang)  Lebih ahli dalam menentukan ruangan/tempat dan warna  Bila terjadi kerusakan pada area otak kanan yang terganggu adalah area kemampuan visual dan emosi . Fungsi otak kanan antara lain :  Perkembangan emosi (EQ)  Hubungan antar manusia (sosialisasi)  Fungsi komunikasi (perkembangan bahasa non verbal)  Perkembangan intuitif  Seni (menari.

maka yang terganggu adalah fungsi berbicara . . Adapun fungsi otak kiri antara lain :  Perkembangan intelegensi (IQ)  Pusat perkembangan logika dan rasio (seperti matematika)  Berfikir secara sistematis  Bahasa verbal  Berfikir linear dan terstruktur  Berfikir analisis dan bertahap  Cara berfikir nya short term memory (memory jangka pendek)  Jika terjadi gangguan pada otak kiri . bahasa dan matematika.FUNGSI OTAK KIRI Otak kiri adalah otak yang berada disebelah kiri dalam posisi anatomis (posisi frontal).

koordinasi gerakan. postur.STRUKTUR OTAK DAN FUNGSINYA Sistem saraf pusat terdirv dari otak. Adapun struktur otak dan fungsinya sebagai berikut :  Cerebrum (otak besar) Adalah bagian terbesar dari otak manusia yang berhubungan dengan fungsi otak yang lebih tinggi seperti pikiran dan tindakan.  Sistem limbik . dan sistem saraf perifer yang terbuat dari serabut saraf. sumsum tulang belakang. dan keseimbangan.  Cerebellum (otak kecil) Struktur yang berhubungan dengan pengaturan.

 Idealnya otak kiri dan kanan harus seimbang dan semua fungsinya berfungsi secara optimal. logika.  Otak kanan berfungsi dalam perkembangan emosi.PERBEDAAN OTAK KIRI DAN KANAN  Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan rasio. serta pengendalian emosi. misalnya komunikasi. serta pusat matematika. kemampuan menulis dan membaca.  Untuk mengoptimalkan dan menyeimbangkan kinerja dua belah otak bisa dengan menggunakan teknik Brainwave Entrainment atau Terapi Gelombang Otak. sosialisasi. .

WASSALAM .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful