P. 1
Solusi Pencemaran Lingkungan.ppt

Solusi Pencemaran Lingkungan.ppt

|Views: 206|Likes:
Published by Juli Tantri

More info:

Published by: Juli Tantri on May 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/05/2013

pdf

text

original

SOLUSI PENCEMARAN LINGKUNGAN

KELOMPOK 4 Nurdiana Nasution ( 4123341033) Sandra Silvia Siregar (4123341044) Silfia Apriana Hasibuan (4123341046) Susanti Simanjuntak (4123341052) Vidia Imanda Pasaribu (4123341054)

Pengertian Pencemaran
 masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat,

energi dan atau komponen lain ke dalam air atau udara  berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air atau udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan
 Pencemaran Air  Pencemaran Tanah  Pencemaran Udara

Pencemaran Air
 Artinya proses masuknya bahan kimia

atau berkurangnya kualitas air.  Penyebab : pembuangan detergen ke perairan, pemupukan tanah persawahan atau ladang dengan pupuk buatan, kemudian masuk ke perairan.

Solusi Pencemaran Air
 Tidak membuang sampah rumah tangga secara

sembarangan.  Tidak menggunakan pupuk dan pestisida secara berlebihan.  Tidak menggunakan deterjen fosfat, yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air.  Melakukan penanaman pohon.

Pencemaran Tanah
 Artinya : masuknya komponen sampah

yang tidak dapat diurai oleh tanah, sehingga merusak kualitas kesuburan tanah.  Penyebab : limbah padat yang berasal dari sampah rumah tangga (domestik), industri dan alam (tumbuhan).

Jenis-jenis sampah

Sampah dapat dibedakan menjadi:  Sampah organik barasal dari makhluk hidup.  Sampah anorganik berasal dari limbah pabrik

Solusi Pencemaran Tanah
 Tidak membuang sampah sembarangan  Memisahkan sampah organik dan anorganik  Menggunakan bungkus dari kertas sebagai pengganti plastik

Pencemaran Udara
 Pencemar udara berbentuk gas
Beberapa gas dengan jumlah melebihi batas toleransi lingkungan, dan masuk ke lingkungan udara, dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup. Pencemar udara yang berbentuk gas adalah karbon monoksida, senyawa belerang (SO2 dan H2S), seyawa nitrogen (NO2), dan chloroflourocarbon (CFC).

 Pencemar udara berbentuk partikel cair atau padat
Partikel yang mencemari udara terdapat dalam bentuk cair atau padat. Partikel dalam bentuk cair berupa titik-titik air atau kabut. Partikel dalam bentuk padat dapat berupa debu atau abu vulkanik

Penyebab Pencemaran Udara
 Kadar CO2 yang terlampau tinggi di udara dapat

 


menyebabkan suhu udara di permukaan bumi meningkat dan dapat mengganggu sistem pernapasan. Kadar gas CO lebih dari 100 ppm di dalam darah dapat merusak sistem saraf dan dapat menimbulkan kematian. Gas SO2 dan H2S dapat bergabung dengan partikel air dan menyebabkan hujan asam. Keracunan NO2 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, kelumpuhan, dan kematian. CFC dapat menyebabkan rusaknya lapian ozon di atmosfer.

Solusi Pencemaran Udara
 Pemberian izin bagi angkutan umum kecil lebih dibatasi
 Uji emisi dilakukan secara berkala pada

kendaraan umum maupun pribadi.  Penanaman pohon-pohon yang berdaun lebar di pinggir-pinggir jalan.  Pembuatan Bahan Bakar Nabati (BBN)

THANK’S FOR ATTENTION

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->