A.

SEJARAH PERMAINAN HOCKEY Nama hockey kemungkinan berasal dari bahasa perancis “hocquet” atau shepherd’s crook, dan merujuk pada stik bengkok yang digunakan untuk memukul bola kecil. Pertandingan ini menjadi lebih terorganisir di akhir abad ke 19 dan menjadi salah satu cabang olimpiade sejak tahun 1908. Hingga tahun 1970an, permainan ini di level internasional dimainkan di rumput asli, tetapi telah menjadi semakin menarik dan terampil, india mendominasi olah raga ini selama lebih dari 3 dekade, memenangkan seluruh 6 mendali emas dan 30 pertandingan secara berturut-turut dari tahun 1928 hingga 1956. Perkumpulan hoki pertama berdiri di Blackhealth, London tahun 1861. Baru tahun 1900 peraturanperaturan mulai diseragamkan dan pada tahun 1908, hoki dipertandingkan dalam London games, Induk organsiasi Hoki Internasional terbentuk di Paris pada tahun 1924 dengan nama Federation Internationale de Hockey Surgazon , disingkat FIH. Menurut Sejarah Permainan hockey berasal dari wilayah Persia, dan sudah dimainkan sekitar 4000 tahun yang lalu. Ukiran-ukiran pada gua di Beni Hassan di lembah Nill menggambarkan, berabadabad yang lalu oleh orang-orang Mesir bermain suatu permainan yang mirip hockey. Juga di Yunani sekitar 500 tahun sebelum Masehi. B. ALAT YANG DIPAKAI DALAM PERMAINAN HOCKEY 1. STICK Stick atau tongkat pemukul adalah alat untuk memukul, mendorong, dan menggiring bola dalam permainan hockey.

Stick Hockey ada yang terbuat dari kayu dan ada yang terbuat dari Campuran Plastik dan Fiberglass. Stick Untuk penjaga gawang di design lebih ringan dan lepeh, bertujuan untuk memudahkan penjaga gawang dalam mendorong dan menahan bola yang datang ke gawang. 2. BOLA Bola Hockey Berukuran Kecil, kurang lebih ukuran Bola Tennis lapangan namun Tekstur nya keras karena terbuat dari Plastik dan fiber

5. Legguards Legguards adalah Satu set pelindung untuk Penjaga gawang yang bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada penjaga gawang dalam bermain. hal ini bertujuan untuk melindungi seluruh bagian bagian kaki pemain dari Bola Yang keras. dari mata kaki hingga bawah lutut.3. Shin guards hockey bentuknya lebih panjang. . 6. Gloves Gloves digunakan untuk melindungi tangan dan juga untuk mempererat genggaman pada stick. Gum Sheeld (pelindung gigi) Gum sheeld digunakan bertujuan untuk melindungi gigi dari terjangan bola yang keras. Shin Guards (Pelindung kaki) Pelindung kaki Hoockey Berbeda dengan pelindung kaki sepak bola. 4.

C. Back kanan 8. Gelandang kiri Ukuran Lapangan Hockey Hampir sama Dengan Sepak Bola Yaitu Panjang 100 yard dan Lebar 60 Yard dan hanya berbeda garis lapangan dan ukuran gawang. Kanan luar 2. Gelandang tengah 11. yang terdiri atas 11 orang dari masing-masing regu. Kanan dalam 3. CARA BERMAIN HOCKEY Olahraga Hockey adalah permainan yang dipertandingkan oleh 2 (dua) regu. Back kiri 9. Seperti dimaklumi satu regu yang terdiri atas 11 pemain adalah : 1. ukuran Gawang Hockey lebih kecil dari gawang sepak bola. Penjaga gawang 7. Kiri dalam 5. . Penyerang tengah 4. Kiri luar 6. Gelandang kanan 10.

2. TEKNIK DASAR BERMAIN HOKI 1. Push ( Mendorong Bola) Teknik Ini Bertujuan Untuk Memberikan bola kepada teman atau mengarahkan ke gawang dengan jarak yang pendek. Dribble (Menggiring Bola) Teknik Ini Bertujuan agar Bola Tidak lepas dari pemain dan juga berguna untuk melewati lawan. Tapping (Setengah Teknik Ini bertujuan untuk memukul bola dengan Jarak Yang cukup Jauh.D. 3. Memukul) .

Reverse Hit (Hit Teknik ini untuk memukul bola dengan teknik Hit Dengan posisi stick terbalik. 5.4. Terbalik) 6. Drag Flick Teknik ini bertujuan untuk Mendorong bola Keatas dengan jarak yang jauh. dalam sepak bola sama seperti Umpan Lambung dari sisi belakang. Hit Hit adalah teknik memukul bola dengan keras dan teknik ini bertujuan untuk memukul bola dengan jarak yang jauh. .

Penalty Stroke Penalty stroke diberikan disebabkan kesalahan yang dilakukan dalam D atau striking circle bila seorang pemain yang bertahan dengan jelas menghalangi sebuah bola yang akan masuk dengan cara yang tidak dibenarkan. Penalty stroke dilakukan dari jarak 7.E. Melakukan permainan yang dapat membahayakan. PERATURAN PERMAINAN HOKI Olahraga Hoki adalah permainan yang dipertandingkan oleh 2 (dua) regu. menggigit atau menahan stick lawan Menghalangi lawan dengan badan atau stick. Penalty corner ini diberikan bilamana seorang diketahui dengan jelas menyentuh bola disebelah daerah gawangnya atau disebabkan sesuatu hal yang dilakukannya di dalam D atau striking circle. menendang dan menahan bola dengan bagian tubuh badan yang mana saja.Di dalam D (Striking circle) hanya penjaga gawang diperbolehkan bermain dengan kakinya. sepanjang bola tersebut jatuh dengan segera. Memukul.Menahan bola dengan tangan (sesuai peraturan yang berlaku). yang terdiri atas 11 orang dari masing-masing regu. Menendang atau menahan bola dengan kaki (kecuali penjaga gawang sesuai peraturan).  Seorang pemain diperbolehkan untuk : . menahan atau menjatuhkan serta menyandung lawannya. . Penalty corner – short corner Penalty corner dapat dilakukan di atas garis pinggi gawang regu yang mendapat hukuman di sebelah mana saja. Bilamana penjaga gawang dapat . Peraturan Umum dari permainan Hoki adalah sebagai berikut :  Seorang pemain dilarang untuk : Mengangkat stick di atas pundaknya bilamana dapat membahayakan. Hukuman yang dapat diberikan adalah : 1. Free hit/pukulan bebas Pukulan bebas dilakukan pada tempat dimana pelanggaran terjadi. Memukul bola ke udara. 3.31 m dari depan gawang. 2. namun sekurang-kurangnya 2. jadi bukan menangkap bola melainkan menahan bola dengan telapan tangan yang terbuka. Pemain-pemain lainnya harus berada di belakang garis 25 yard. mendorong. tetapi ia tidak bolah berbaring di atas atau di depan bola.75 m dari tiang gawang yang terdekat.

Pemain-pemain lain dengan sticknya harus berada sekurang-kurangnya dalam jarak 4.63 pada arah dimana bola tersebut meninggalkan atau keluar lapangan.63 m dari gawang. Corner hit tersebut dilakukan dari jarak 9. (6) Hit – in/pukulan ke dalam Bilamana seorang memukul atau menyentuh bola dengan sticknya melampaui garis pinggir. Untuk hit ini pemain-pemain dari regu yang menyerang harus berada di belakang garis D atau striking circle.menahan bola maka regu yang bertahan diberikan pukulan bebas (free hit) dari suatu titik 14. hit ini dilakukan di atas garis oleh seorang pemain lawan dari tempat dimana bola itu keluar lapangan.55 m dari yang memukul bola. Offside Offiside adalah bilamana seorang pemain melampaui 2 pemain lawan di depannya apabila berada di daerah lapangan lawan. .14 m dari tiang gawang terdekat. 4. Corner hit – long corner Corner hit diberikan bilamana seorang pemain dengan tidak sengaja memukul atau memainkan bola ke belakang garis gawangnya dari jarak kurang dari garis 25 yard. 5. 6. Apabila bola yang dipukul oleh seorang penyerang melampaui garis gawang maka hitnya atau free hit dilakukan dari suatu titik 14.