BIOGAS 1. Bahan baku = kotoran hewan 2.

Bakteri yg terlibat = Bakteri yang membantu dalam proses-prosses ini ialah : Bakteri yang membantu dalam proses Streptococcus bovis, . Butyrivibrio fibrisolvens, Bacteroides succinogenes, , Methanobrevibacter ruminantium,Methanobacterium formicicum , Methanobacillus, ethanomicrobium mobile, Methanococcus, Methanobacterium, dan Methanosarcina 3. Mekanisme pembentukan gas bio. Pembentukan gasbio dilakukan oleh mikroba pada situasi anaerob, yang meliputi tiga tahap yaitu tahap Hidrolisis, tahap Asidifikasi dan tahap pembentukan gas metan (metanogenik). Pembentukan gas bio dapat dilihat pada gambar 1. di bawah ini.

·

Gambar 1. Pembentukan Gas Bio 1. Tahap I (Hidrolisis). Tahap ini dikenal pula sebagai tahap pemecahan polimer oleh enzim yang berasal dari bakteri. Pada tahap hidrolisis terjadi pelarutan bahan-bahan organic dan pencernaan bahan organic komplek menjadi sederhana, perubahan struktur bentuk primer menjadi bentuk monomer dengan bantuan air (hidro). Contohnya ialah : Celulosa yang terdiri dari polimer gula dipecah menjadi gugus gula oleh selulase, · amilosa oleh amylase menjadi gula (monosakarida), · protein oleh protease menjadi peptide dan asam amino · lemak oleh lipase menjadi asam lemak. 2. Tahap pengasaman. Pada tahap ini, bakeri mengubah senyawa rantai pendek hasil proses pada tahap hidrolisis menjadi asam asetat, hidrogen (H2) dan karbondioksida (CO2).

·

asam amino.com/2012/03/prinsip-teori-pembentukan-gas-bio_28. Sebagai contoh bakteri ini menggunakan hidrogen. CO2 dan asam asetat untuk membentuk metana dan CO2. Pembentukan asam pada kondisi anaerobik tersebut penting untuk pembentuk gas metana oleh mikroorganisme pada proses selanjutnya.· Bakteri tersebut merupakan bakteri anaerobik yang dapat tumbuh dan berkembang pada keadaan asam. H2S. karbondioksida. Tanpa adanya proses simbiotik tersebut.blogspot. Reaksi-reaksi kimia yang berlangsung pada saat pembentukan gas http://tinisudartini. akan menciptakan kondisi toksik bagi mikroorganismepenghasil asam. asam butirat). Bakteri penghasil asam dan gas metana bekerjasama secara simbiosis. Sedangkan bakteri pembentuk gas metana menggunakan asam yang dihasilkan bakteri penghasil asam. 3. bakteri tersebut memerlukan oksigen dan karbon yang diperoleh dari oksigen yang terlarut dalam larutan. Untuk menghasilkan asam asetat. Tahap Pembentukan Gas Metana Pada tahap ini bakteri metanogenik mendekomposisikan senyawa dengan berat molekul rendah menjadi senyawa dengan berat molekul tinggi. Bakteri penghasil asam membentuk keadaan atmosfir yang ideal untuk bakteri penghasil metana. dan sedikit gas.html PODUKSI BIOGAS . alkohol. Selain itu bakteri tersebut juga mengubah senyawa yang bermolekul rendah menjadi asam organic (Asam propionate.

135 Kcal per m3. dan keasaman pada kondisi tertentu. Proses pembentukan gas bio Gasbio dibentuk dalam tangki pencerna biogas oleh bahan organik sekitar 60-90 hari dengan proses pembentukan gas dilakukan dalam 3 tahap : a. Nilai energi setara dengan 21. Seperti : Sampah C/N nilai 12. Jenis Bakteri . dan lainnya yang dicampur air dalam perbandingan tertentu dalam ruang tertutup/ anaeroob .1 %. unsur karbon untuk pembentukan gas methan dan nitrogen dibutuhkan bakteri untuk pembentukan sel. sedangkan sisanya CO2.A. namun gas methan masih sedikit dan setelah 3 minggu produksi gas metan 54-70 %.7-23 MJ per m3. N2 0. Pengertian Biogas Biogas adalah gas yang terjadi dari proses mikro organisme dari bahan organik seperti sampah. Escherichia. Sedangkan Amien ( 1983) mengatakan bahwa biogas adalah menghasilkan gasbio yang terdiri dari campuran gas metan ( CH4) sekitar 60-70%. bakteri yang berpengaruh dalam pembentukan biogas yaitu bakteri pembentuk asam (Pseudomonas. O2 0. menjadi asam-asam organik untuk pertumbuhan dan perkembangan sel bakteri. Menurut Buren ( 1985 ) Biogas adalah gas yang dihasil dari fermentasi bahan organik dengan suhu. c. Kandunngan bahan kering untuk bahan baku biogas sekitar 7-9 % . CO2 21-35%. Gas metan terbentuk setelah ada situasi anaeroob. Tahap Pengasaman : proses selanjutnya akan terbentuk pengasaman. jika kandungan kotoran sapi perah mencapai 14 % maka pengencerannya diberikan air dengan jumlah yang sama. kotoran sapi 18. Kadarwati ( 2003) Bahan baku pembentukan gas bio dipengaruhi oleh unsur carbon dengan nitrogen ratio yang optimal 25 –30 .1 %. b.5-2 %. nyala api yang terbentuk berwarna biru dengan panas pembakaran sekitar 19. B. H2S kecil. nilai bahan baku.5 MJ atau 5. kotoran manusia. . Tahap pelarutan/ penghancuran : dengan proses pelarutan bahan organik yang sukar larut akan mengalami penghancuran menjadi bahan organik yang mudah larut. Gas bio mudah terbakar dan hampir tidak meninggalkan bau-bau . Bahan baku biogas dari limbah ternak Kotoran ternak merupakan bahan organik yang potensial untuk bahan baku biogas dimana strukturnya yang halus dan perlu diecerkan dengan menambahkan air sumur atau air sumber/ mata air. CO 0. kotoran ternak. H2S dan lainnya. Tahap pembentukan gas/ methanogenik: proses pembentukan gas kelanjutan dari proses sebelumnya dari perkembangan sel mikroorganisme dengan spesies tertentu yang menghasilkan gas metan (CH4).

http://forumkitabbppbatu.com/limbah/ .wordpress.Flavobacterium dan Alcaligenes) yang melarutkan bahan organik menjadi asam –asam lemak sedangkan bakteri metana Pelatihan budidaya sapi potong bagi penyuluh pembentuk gas dari asam lemak menjadi gas methan antara lain: Methanobacterium. Methanosar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful