PERCOBAAN PEMBENTUKAN BAYANGAN OLEH LENSA POSITIF

I. Tujuan Percobaan. 1. Menentukan letak bayangan benda. 2. Menentukan fokus dari lensa positif. 3. Memahami jalannya sinar pada lensa positif dan proses pembentukannya. II. Teori Dasar. Lensa adalah benda bening yang dibatasi oleh dua bidang bias dengan minimal satu permukaan tersebut merupakan bidang lengkung. Suatu benda yang diletakkan relatif agak jauh dari atau di depan sebuah lensa positif, maka bayangan benda yang dibentuk oleh lensa dapat diamati atau ditangkap pada layar yang diletakkan di belakang lensa. Beberapa bentuk standar dari lensa ditunjukkan pada Gambar 1.

Gambar 1. Bentuk standar lensa: (a) lensa positif dan (b) lensa negatif.

Dalam pembahasan tentang lensa, dikenal apa yang dinamakan titik fokus pertama (F1) dan titik fokus kedua (F2). Titik fokus pertama merupakan titik benda pada sumbu utama yang bayangannya berada di tempat yang sangat jauh (tak hingga), sedangkan titik focus kedua adalah titik bayangan pada sumbu utama dari benda yang letaknya sangat jauh (tak hingga) seperti diilustrasikan pada Gambar 2.

Laboratorium Fisika Dasar – ITN Malang 1

4. 3. Definisi titik fokus pertama. F1 . Lensa positif. dengan persamaan : f = jarak fokus lensa S = jarak benda dengan lensa S’ = jarak bayangan dengan lensa. S. III. Bangku optik. dan titik fokus kedua. F2. 5.Gambar 2. titik fokus dapat dihitung dari jarak benda. dan jarak bayangan yang dibentuk. IV. 1. Alat-Alat Percobaan. Sumber cahaya. Layar. Susun set percobaan seperti gambar di bawah ini : Laboratorium Fisika Dasar – ITN Malang 2 . 2. S’. Untuk lensa tipis. Prosedur Percobaan 1. Benda.

Ukur jarak benda (dari lensa) dan catat sebagai S dan jarak bayangan ke lensa catat sebagai S’ 4. Jelaskan sifat lensa positif dan negatif Laboratorium Fisika Dasar – ITN Malang 3 . Geser‐geserkan lensa sampai diperoleh bayangan yang jelas pada layar. Tugas Pendahuluan 1. Letakkan benda sejauh mungkin dari layar 3. Ubah kedudukan benda terhadap layar dan tentukan jarak banyangan benda sebanyak 4 kali lagi. Untuk mencari bayangan suatu benda digunakan 3 sinar istimewa. Sebutkan dan gambarkan ketiga sinar istimewa tersebut.lampu – benda – lensa – layar 2. Datakan hasil percobaan di lembar data. 2. 5. V. Data Percobaan No 1 2 3 4 5 S (cm) S’ (cm) SS‘ S+S‘ f (cm) VI.

tentukan fokus lensa dari grafik. Hitung standart deviasinya (SD). Laboratorium Fisika Dasar – ITN Malang 4 . Sebutkan macam-macam lensa positif dan lensa negatif. 4. Buatlah grafik antara ss‘ dan s+s‘ . Hitung kesalahan relatif tiap percobaan (Kr) dan rata-ratanya. Tugas Akhir 1. V.3. 5. Tentukan jarak fokus lensa positif. 3. Jelaskan masingmasing lensa. serta jelaskan gambar grafik yang terbentuk. 2. Kesimpulan dari percobaan.