Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru - Pemasaran merupakan hal penting dalam sebuah brand atau produk, entah

itu produk baru atau produk yang telah memiliki konsumen yang jelas. Dalam dunia pemasaran sangat menentukan bagaimana sebuah perusahaan akan sukses, jalan di tempat atau bahkan gulung tikar.

Pemasaran selalu menjadi kajian utama untuk sebuah produk, berbagai macam strategi dan taktik akan dilakukan agar produk laku di pasaran, berikut kami berikan penjelasan tentang strategi pemasaran untuk produk baru. Pemasaran adalah Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha untuk

merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan perusahaan.

Konsep Pemasaran KONSEP PRODUKSI Berorientasi pada proses produksi. Asumsi: konsumen hanya akan membeli produk yang murah dan gampang didapat. Fokus efisiensi biaya dan ketersediaan barang.

KONSEP PRODUK Asumsi: konsumen lebih menghendaki produk yang berkualitas, kinerja, fitur, atau penampilan super. Fokus: inovasi produk, riset, pengembangan, pengendalian kualitas

KONSEP PENJUALAN Berorientasi pd tingkat penjualan. Konsumen harus dipengaruhi, Fokus: perbaikan teknik penjualan, promosi.

KONSEP PEMASARAN Berorientasi pada pelanggan (eksternal). Asumsi: konsumen hanya membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan/kepuasan. Fokus: pemahaman prilaku konsumen secara menyeluruh.

ORIENTASI PADA KONSUMEN a. menentukan kebutuhan pokok

menentukan produk dan program pemasaran d.  COMPETITOR : Memperhatikan faktor pesaing: strategi. Pentingnya kerjasama saling menguntungkan dengan pelanggan dlm jangka panjang juga kerja sama dengan jaringan kolaborator. kekuatan. menentukan dan melaksanakan strategi INTEGRATED MARKETING KEPUASAN KONSUMEN Pemasaran dan Penciptaan Nilai  CUSTOMERS : Berawal dari kebutuhan/keinginan pelanggan dan berakhir dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan. kompetensi inti dll  COMPANY : Tidak menekankan pada aspek transaksi melainkan fokus pada aspek relational. . menentukan kelompok pembeli c.b. kelemahan. mengadakan penelitian e.

PENGENDALIAN: Pengendalian dilakukan untuk memantau kemajuan. Strategi adalah Satu kesatuan rencana yang menyeluruh dan terpadu untuk mencapai tujuan. 5. Taktik adalah Cara dalam menjalankan rencana tersebut. distribusi fisik dan pemasaran. 4. SITUASI PEMASARAN SEKARANG:berupa deskripsi pasar. yaitu teknik yang dipakai untuk melaksanakan strategi. RINGKASAN EKSEKUTIF: Suatu ringkasan pendek ttg tujuan-tujuan utama. berapa besar biayanya?. AGGARAN: Pada sisi pengeluaran. Membantu menemukan titik2 penting rencana dg cepat. termasuk segmensegmen pasar utama. posisi persaingan. 3. Strategi dan Taktik 1.Unsur Unsur Pemasaran 1. Perencanaan dasar suatu aksi yang pilih untuk mencapai suatu tujuan. 8. Kapan kita akan melakukan?. 7. Logika pemasaran (rencana permainan)yang dengannya unit usaha berharap dapat mencapai tujuan. TANTANGAN DAN PELUANG: Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terhadap perkembangan penting yang akan mempengaruhi perusahaan. dan rekomendasi. Anggaran adalah biaya produksi. siapa yang bertanggungjawab?. 2. 2. . dan distribusi. tinjauan produk. TUJUAN DAN ISU:dinyatakan sebagai sasaran yang akan dicapai sepanjang kaidah rencana. Memancing Isu-isu utama untuk meningkatkan pangsa pasar. PROGRAM TINDAKAN: Untuk menjawab Apa yang akan dilakukan?. STRATEGI PEMASARAN:Rencana permainan untuk mencapai tujuan… 6.