MOTTO DAN PERSEMBAHAN MOTTO 1. Dibalik kesedihan pasti ada kebahagiaan, dibalik musibah pasti ada anugrah. 2.

Lakukan semua perbuatan dengan keikhlasan. 3. Hargailah orang lain jika kau ingin dihargai. 4. Utamakan kejujuran. 5. Jagalah perkataan dan perbuatanmu. 6. Hidup adalah anugrah. PERSEMBAHAN Laporan prakrin ini saya persembahkan kepada kedua orang tua saya yang telah memberikan dukungan biaya dan do’anya kepada saya, guru – guru saya yang sudah membantu saya dalam melaksanakan prakrin ini dan keluarga besar Hotimart Agro Center yang sudah membagi ilmunya kepada saya.

KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas praktik kerja industry dengan baik. Laporan Praktik Kerja Industri ini penulis susun guna melengkapi syarat – syarat dalam melaksanakan prakrin. Laporan Praktik Kerja Industri ini menguraikan semua kegiatan yang ada dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri di PT Hortimart agro center. Laporan Praktik Kerja Industri ini tidak mampu penilis susun sendiri tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis untuk menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri ini. Atas selesainya Laporan Praktik Kerja Industri ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Bapak Nur Sufaan, S.Pd.M.Pd, selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Batealit Jepara. 2. Bapak Purwandono, S.Pd, selaku wakil kepala sekolah bagian kurikulum SMK Negeri 1 Batealit Jepara. 3. Bapak Zaenuri, S.Pd, selaku wakil kepala sekolah bagian kesiswaan SMK Negeri 1 Batealit Jepara. 4. Ibu Nailul Hikmah, STP, selaku ketua program keahlian Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman, dan guru pembimbing.

. Mas Dayu dan Mas Eko yang senantiasa membimbing penulis di lapangan. 6. Seluruh staff karyawan Hortimart Agro Center yang turut membantu penulis selama di Hortimart Agro Center. Bapak Ir. Bapak Suyono selaku pembimbing di Hortimart Agro Center.5. Semoga Laporan Praktik Kerja Industri ini dapat berguna bagi semua yang membaca. 7. selaku pemilik dan pengelola Hortimart Agro Center. 8. saran dan kritik dari pembaca sangat penulis harapkan untuk memperbaiki dan menyempurnakan laporan ini. Kedua orang tua saya yang senantiasa member dukungan kepada saya. Budi Darmawan. Oleh karena itu. Penulis menyadari bahwa Laporan Praktik Kerja Industri ini masih banyak kekurangan dan jauh dai kata kesempurnaan . 9.

dimana pihak sekolah bekerja sama dengan industri untuk memberikan ilmu kepada siswa yang belum pernah diberikan di sekolah. TUJUAN Pelaksanaan Praktik Industri merupakan salah satu upaya mencapai tujuan penyelenggaraan Program Sistem Ganda. Salah satu pelaksanaan pendidikan sistem ganda ini dilaksanakan di Hortimart agro center. B.BAB I PENDAHULUAN A. materi dan tempat. prasarana. pendidikan sistem ganda ini juga merupakan program yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan guna menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas sesuai jurusan masing – masing. yaitu : . ilmu. yang terletak di kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. LATAR BELAKANG Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (prakerin) di Hortimart agro center merupakan rangkaian program pendidikan SMK Negeri 1 Batealit yang dilaksanakan di industri dan diikuti oleh seluruh siswa tingkat XI dari semua jurusan. Rangkaian program ini merupakan salah satu pelaksanaan pendidikan sistem ganda. Selain keterbatasan tersebut. karena keterbatasan sarana.

nilai – nilai ekonomi dan jiwa kewirausahaan. dan etos kerja yang kritis. produktif dan kompetitif sesuai dengan tuntutan lapangan kerja. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas. 3.1. yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan. Memperkokoh keterkaitan dan kesepakatan (link dan match) antara sekolah dengan dunia kerja. 5. 2. menginternalisasikan sikap nilai dan budaya industry yang berorientasi kepada standar mutu. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional. 4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan. keterampilan. Memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta menguasai kompetensi keahlian produktif standar. .

Tahun 1996 – 1998 oleh Bapak Budi Dharmawan.Firma Gembol (sesuai dengan nama desa) 1979 – 1980 . Perusahaan ini sudah berganti – ganti nama dan pengelola. Budi Darmawan. Sejarah Umum Perusahaan Hortimart agro center didirikan pada tahun 1979 oleh Ir.Tahun 1998 – 2004 oleh Bapak Widodo Utomo .PT DJU (Darma Jaya Usaha) 1980 – 1984 .Tahun 2004 – 2006 oleh Bapak Budi Dharmawan.Tahun 1992 – 1996 oleh Bapak Budi Dharmawan.Tahun 1979 – 1992 oleh Bapak Budi Dharmawan . diantaranya : 1. kepala kebun Bapak Asrovie . kepala kebun Bapak Asrovie . Sejarah nama Hortimart Agro Center .PT Hortimart Agro Center 2006 – sekarang 2. Pengelola .BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN A.PT Hortimart Utama 1984 – 2006 . kepala kebun Bapak Slamet Suradi .

Mulai dari SD. bayam. Hortimart Agro Center terletak di sebelah utara DPC Partai PDI Perjuangan. Srikaya. SMA/ SMK. kangkung. yaitu : 1. Berada di atas tanah seluas 25 ha dengan ketinggian 450 dpl. Denah Lokasi Perusahaan PT. B. Letak Geografis PT Hortimart Agro Center Berdiri di atas tanah desa Bawen. Untuk lebih jelasnya. E. Hortimart Agro Center mempunyai beberapa cakupan usaha.Tahun 2006 – sekarang oleh Bapak Budi Dharmawan. Jeruk. kecamatan Bawen. dll. Cakupan Usaha PT. lihat gambar pada lampiran I. Berokan. Sirsat. D. RT 07/ 06. yang terdiri dari 15 staff dan 35 pekerja harian. dll. Dimana mereka masing – masing memiliki tingkat pendidikan yang berbeda – beda. Unit produksi tanaman multimusim (pepaya) . Unit produksi tanaman keras (Durian.) 3. dan berada di sebelah Timur jalan raya. S1 dan S2. Ketenagakerjaan PT.. Kelengkeng. Struktur Organisasi Perusahaan C. Hortimart Agro Center memiliki staff dan karyawan berjumlah 50 orang.) 2. SMP. Unit produksi tanaman semusim (sawi. 3. kelurahan Bawen. siomak.

4. Hortimart Green Resto dan Agro Wisata . Penjualan buah dan sayur 6. Nursery / Pembibitan tanaman 5.

Pimpinan Industri : Ir. Peserta : Suyono : Nailil Hikmah. Personalia 1. Penanggung jawab a. Budi Darmawan b. Waktu dan Tempat 1. Pembimbing a. Pembimbing Sekolah 3.Pd. Kepala Sekolah 2. S. B. STP : Nur Sufa’an.BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI A.pd : Peserta yang melaksanakan Praktek Kerja Industri di PT. Pembimbing DU / DI b. yaitu dari program keahlian Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman SMK Negeri 1 Batealit Jepara. M. Waktu Pelaksanaan . Hortimart Agro Center berjumlah 30 siswa.

No. 3. Jadwal Pelaksanaan No 1. Tempat Praktik Industri Tempat Praktik Kerja Industri ini dilaksanakan di PT. Tanggal 7 Januari 2013 8 – 12 Januari 2013 3. Bawen.Praktik Kerja Industri dilaksanakan selama 2 bulan.55 Bawen. mulai tanggal 7 Januari sampai dengan 7 Maret 2013. Hortimart Agro Center. 2. 21 – 26 Januari 2013 Melakukan sanitasi petak tajuk Penyiangan tanaman Melakukan penanaman Panen Menyiram Mengisi media Memupuk Wiwil Transplanting Memupuk Menyemai Menanam . yang beralamat di Jl.Telp (0298) 592344. 14 – 19 Januari 2013 Kegiatan Orientasi secara umum perusahaan 4. 2. Semarang No. Gatot Subroto. Kab.

4 – 9 Pebruari 2013 7. 11 – 16 Pebruari 2013 - Panen Penyiangan Membungkus buah Wiwil Penyiangan Menanam Menyiram Memupuk Menyemai Pemateri Memupuk Panen Penyiangan Menanam Melubangi talang Wiwil Menyulam tanaman Panen Menanam Penyiangan Menyemai Panen Memupuk .5. 28 Januari – 2 Pebruari 2013 6.

8. 18 – 23 Pebruari 2013 9. 4 – 6 Maret 2013 11. 25 Pebruari – 4 Maret 2013 10. 7 Maret 2013 - Wiwil Pemateri buah naga Memupuk Menanam Panen Pemateri Wiwil Belajar stek buah naga Panen Wiwil Penyiangan Pemupukan Panen Packing kangkung Belajar mencangkok dan sambung sisip Menanam Penyiangan Panen Menanam wiwil Penarikan prakerin C. Metode Pelaksanaan .

Observasi bertujuan untuk mengetahui atau memahami keadaan yang ada untuk melengkapi data –data yang dibutuhkan. Hortimart Agro Center yaitu dengan Bapak Suyono. sehingga kegiatan – kegiatan yang dilakukan di dunia industri dapat diketahui sendiri secara langsung. 4. Studi Pustaka Data – data yang diperoleh juga berasal dari buku yang menjelaskan tentang budidaya Tanaman Pak Choy. Data – data tersebut diperoleh dengan 2 cara yaitu : a. Selain dengan bapak suyono. Hortimart Agro Center 3. Observasi Pengenalan lingkungan secara langsung yang diawali pada awal pelaksanaan prakerin dan memahami hal – hal yang berhubungan dengan Prakti Kerja Industri. Data Primer .1. Buku tersebut dapat diperoleh dari perpustakaan dan dapat besumber dari makalah tentang budidaya tanaman Pak Choy. Wawancara Data – data teknik budidaya Pak Choy diperoleh dari wawancara dengan pembimbing eksternal dari PT. Praktik Kerja Lapangan Praktik tersebut dilakukan secara langsung atau terjun sendiri di lapangan. 2. data-data juga diperoleh dari wawancara dengan pegawai atau karyawn di PT.

dan praktik langsung yang meliputi beberapa kegiatan mengenai budidaya Pak Choy. Masing – masing siswa bias memilih 1 tanaman yang ingin difokuskan. b.Data primer adalah data yang diperoleh dari survey. selama 1 hari pada tanggal 8 Januari 2013. BAB IV KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI A. . Pemfokusan dimulai pada tanggal 16 Pebruari 2013 dan selesai pada tanggal 7 Maret 2013. kangkung ataupun bayam.00 – 10. Data Skunder Data skunder diperoleh dari catatan selama kegiatan praktik kerja lapang. Kemudian pada bulan kedua.00 – 12.00 untuk hari biasa dan pukul 06. pengamatan.00 untuk hari jum’at. Jam kerja dimulai pukul 06. Penempatan Kerja dan Waktunya Pertama kali penempatan kerja di PT. Hortimart Agro Center adalah dengan cara disebar ke setiap hanca dengan 3 – 4 siswa. jurnal kegiatan. Pemutaran dilakukan agar kita mengenali bagian – bagian di sayur. Pada minggu pertama. kita masih diputar di lingkungan sayur sampai bulan pertama. screen house dan lahan. Dan pada tanggal 9 Januari 2013 ditetapkan di sayur. misalnya tanaman Pak Choy. setiap siswa difokuskan pada satu tanaman. misalnya pad bagian media. buku. dan buku lainnya yang berhubungan dengan budidaya tanaman Pak Choy.

Tingginya tidak lebih dari 15 cm dengan bentuk daun yang lebar. tetapi membuka. agak keras dan berwarna coklat kehitaman. bergelombang atau rata. tepi daunnya bervariasi sperti berkerut. Adapun yang membedakan dengan sawi biasa adalah penampilannya. Tanaman semusim ini memiliki daun tunggal berbentuk lonjong. Disamping itu. atau hijau pucat. Penampilan Pak Choy sangat khas. Pelepah daun tersusun saling membungkus dengan pelepah daun yang lebih muda. Pak Choy memiliki akar serabut berbentuk bulat panjang (silindris) menyebar ke semua arah. Tangkai daun yang tebal serta bertumpuk ini menimbulkan kesan bahwa Pak Choy berpenampilan gemuk. Biji Pak Choy berbentuk bulat.B. Perbedaan yang lebih mencolok dengan sawi biasa adalah pangkal tangkai daun membesar dan berdaging tebal. berukuran kecil. hijau muda. Urat daunnyapun lebih besar. Warna daunnyapun berbeda. hijau keputihan. Batang Pak Choy sangat pendek berwarna hijau dan bersifat tidak keras. masih termasuk keluarga kesawian. Daun sebelah atas tumbuh merapat seperti bongkol dan lebih besar daripada daun di sebelah bawah. . Ciri Umum Tanaman Pak Choy Tanaman yang mempunyai nama latin Brassica Chinensis L. yang pada pangkal batang menggembung. daun juga memiliki tulang daun yang menyirip dan bercabang. permukaanya licin mengkilap. ada yang hijau tua. duduk daun melingkar batang. Tangkai daunnya pendek. yaitu tangkai daunnya pendek dibandingkan sawi biasa. sehingga popular disebut sawi daging.

Hasil penyerbukan ini terbentuk buah yang berisi biji. Biji Pakchoy termasuk buah tipe polong. Jarang ditanam di daerah dataran rendah. Selain itu. walaupun dapat membentuk maka kropnya kecil sekali atau kropos. Secara umum. Pakchoy membutuhkan suhu optimum antara 19 . Pakchoy adalah tanaman semusim yang banyak ditanam di daerah pegunungan. daya serap hama ulat plutella akan meningkat. Waktu penanaman yang baik pada permulaan musim penghujan dan akhir musim kemarau. Penanaman di musim kemarau di dataran tinggi tidak menjadi halangan asalkan perairannya cukup. draenase baik. Curah hujan yang tinggi menyebabkanpembentukan marfologi tanaman berlangsung lambat. tanah yang mudah menyerap air. walaupun sebenarnya dapat dilakukan.200 m dpl. dapat berbungan secara alami di daerah tropika. Syarat tanah ideal adalah gembur. Kondisi tanah yang sesuai untuk Pakchoy adalah jenis tanah regosol. Penyerbukan bunga Pakchoy dapat berlangsung dengan bantuan serangga lebah maupun tangan manusia. Hal ini disebabkan di dataran rendah tanaman Pakchoy tidak dapat membentuk krop. aerasi baik. Pakchoy dapat tmbuh subur di dataran tinggi dengan ketinggian tempat antara 100 – 1. yakni bentuknya memanjang dan berongga. . Ketiga jenis tanah tersebut merupakan tanah lempung ringan (tekstur tanah sampai lempung berdebu). banyak mengandung bahan organic (humus). dan PH yang cocok untuk menanam Pkchoy antara 6 -7. andosol dan latosol. kedalaman tanah (solum tanah) cukup dalam.Beberapa varietas pakchoy baik varietas local maupun varietas yang berasal dari luar negeri.21ᵒ C selama pertumbuhan.

Penyiraman . diantaranya : 1. Gergaji besi : digunakan untuk memotong talang 2. Uraian Tugas Selama perawatan pada tanaman pakchoy. ada beberapa tugas agar perawatan berjalan dengan baik. Mesin a. menyampur media : digunakan untuk melakukan penyiangan di bawah talang : digunakan untuk menyiram tanaman : digunakan untuk mengukur Ph tanah d. Alat : a. Cangkul b. Pengukur Ph e. Pisau : digunakan untuk melakukan pemanenan g. Alat dan Mesin Produksi Dalam melakukan budidaya Pakchoy memerlukan alat – alat dan mesin sebagai berikut : 1. Gembor : digunakan untuk menggemburksn tanah.C. Pengkur cc / liter (gelas ukur) : untuk mengukur pupuk sebelum dicairkan f. Gratul c. Bor : digunakan untuk melubangi talang D.

Jadi. karena gulma merupakan inang dari penyakit. E. Pemupukan Pemupukan dilakukan untuk memberi tambahan nutrisi pada tanaman . Penyiraman ini dilakukan setiap hari. maka kegiatan pengairan sangat penting dilakukan. 2. Tujuannya untuk meminimalisir adanya persaingan nutrisi antara tanaman Pakchoy dengan gulma – gulma pengganggu dan menghindari adanya penyakit. 3. Penyiangan Penyiangan merupakan kegiatan pembuangan gulma disekitar tanaman agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut. Pemupukan pada tanaman Pakchoy dilakukan 1 minggu sekali menggunakan pupuk vg baster. Proses Pengolahan Lahan Proses pengolahan lahan secara umum dilakukan dengan cara penggemburan dan pembuatan bedengan.Air merupakan salah satu unsur yang penting dalam pertumbuhan tanaman. Tahap – tahap penggemburan yaitu pencangkulan untuk memperbaiki struktur tanah dan sirkulasi udara dan pemberian pupuk dasar untuk memperbaiki fisik serta kimia tanah yang akan . pemupukan adalah tindaka penambahan nutrisi pada tanaman. Jadi penyiraman adalah kegiatan pemberian air pada tanaman untuk menjaga kelembaban tanaman agar tidak layu dan memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman tersebut. Penyiangan ini dilakukan dengan cara mencabut gulma disekitar tanaman Pakchoy.

kapur dolomit juga penting dalam penyiapan tanah. yaitu melalui benih. sekam padi dan kapur dolomit. Perbanyakan Tanaman Secara Generatif Tanaman Pakchoy diperbanyak dengan cara generatif. Kedalaman tanah yang dicangkul sedalam 20 sampai 40 cm. Derajat kemasaman (pH) yang optimum untuk pertumbuhannya adalah antara pH 5 – 7. Perbandingan tanah. Selain pupuk kandang dan sekam padi. sekam padi 1 L/m2 jika menggunakan dosis liter. Warna kulit benih coklat kehitaman.menambah kesuburan lahan yang akan kita gunakan. semak atau pepohonan yang tumbuh. Benih sawi berbentuk bulat. Benih merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan usaha budidaya Pakchoy. Benih yang baik akan menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan bagus. sedangkan kapur dolomit 1 gr/m2. kemudian dibiarkan selama 2 -3 hari sebelum ditanam. kecil – kecil. Dosis atau ukuran pupuk kandangnya adalah 5 kg/m2. Pemberian pupuk organik dan sekam padi sangat penting untuk penyiapan tanah. pupuk kandang dan sekam padi yang digunakan adalah 4 : 4 : 2. sedangkan tinggi gulutannya antara 40 – 50 cm. Setelah proses penggemburan dilakukan. lahan diberi pupuk kandang. Tanah yang hendak digemburkan harus dibersihkan dari bebatuan. F. Benih yang akan kita gunakan harus . mengkilap dan agak keras. Setelah semuanya diberikan. lahan digemburkan kembali agar bahan – bahan tersebut tercampur secara merata. Pemberian kapur dolomit ini bertujuan untuk menaikkan derajat keasaman tanah. Permukaanya licin. rerumputan.

Media yang digunakan dalam pot tray adalah sekam padi bakar dan pupuk kandang halus. Penyiraman Penyiraman dilakuakan tergantung pada musim. Selain itu juga harus memperhatikan kemasan benih harus utuh. misalnya tanaman yang akan diambil sebagai benih harus berumur lebih dari 70 hari. Juga memperhatikan proses yang akan dilakukan mestinya dengan dianginkan. tempat penyimpanan dan diharapkan lama penggunaan benih tidak lebih dari 3 tahun. setiap lubang tanam ditanami 2 tanaman. G.mempunyai kualitas yang baik. Cara yang baik untuk perbanyakan tanaman Pakchoy adalah dengan cara penyemaian di pot tray dengan ketentuan 1 lubang pot tray untuk 2 benih. karena sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan di dapat. Dan penanaman sawi yang akan dijadikan benih terpisah dari tanaman sawi yang lain. Apabila benih yang kita gunakan dari hasil penanaman kita harus memperhatikan kualitas benih itu. Setelah bibit berumur 8 – 10 hari bibit siap ditransplanting ke lahan. seandainya beli harus kita perhatikan lama penyimpanan. Pemeliharaan dapat dilakukan dengan cara : 1. Pemeliharaan Tanaman Pemeliharaan pada tanaman Pakchoy sangat penting dilakukan. Caranya.varietas. bila musim penghujan dirasa berlebih maka kita perlu melakukan pengurangan air yang ada. tetapi sebaliknya . dengan perbandingan 1 : 1. Kemasan yang baik adalah dengan alumunium foil. suhu dan tempat penyimpanan. Benih disemai dalam pot tray antara 8 – 10 hari. kadar air.

bila musim kemarau tiba kita harus menambah air demi kecukupan tanaman Pakchoy yang kita tanam. atau juga dapat mencegah hama dan penyakit yang menyerang tanaman pokok. karena merupakan sumber makanan bagi tanaman agar tumbuh subur dan sehat. gratul ataupun cangkul. Waktu penyiraman yang baik adalah pagi hari atau sore hari. Penyiangan Penyiangan biasa dilakukan 2 – 4 kali selama masa pertanaman Pkchoy. Penyulaman Penyulaman ialah tindakan penggantian tanaman lam dengan tanaman baru karena terserang hama atau busuk. sehingga pemberian air lebih efektif. karena waktu itu penguapan air tanaman tidak terlalu tinggi. yaitu tanaman yang mati atau terserang hama dan penyakit diganti dengan tanaman yang baru. Biasanya penyiangan dilakukan 1 atau 2 minggu setelah penanaman. Caranya sangat mudah. disesuaikan dengan kondisi keberadaan gulma pada bedeng penanaman. . Gulma disekitar tanaman harus dicabut karena agar tidak terjadi perebutan makanan antara tanaman sawi dan tanaman pengganggu. Bila tidak terlalu panas. Pemupukan Pemupukan adalah salah satu unsure yang penting bagi tanaman. Hal ini dikarenakan dapat menjadi inang bagi hama dan penyakit. 3. 2. Cara penyiangannya adalah dengan mencabut gulma (rumput liar) dengan alat bantu tangan. 4. penyiraman bisa dilakukan sehari sekali.

yaitu pada minggu pertam setelah penanaman. larutan tersebut dicampur dengan air 10 liter kemudian disemprotkan pada tanaman yang terkena aphid. tetapi member kesan kotor pada tanaman. Pada dasarnya. minggu kedua setelah penanaman.) . Cara pemupukannya adalah dengan cara dilarutkan kemudian disiramkan. Cara pengaplikasiannya adalah dengan cara mencairkan sabun hijau tersebut dengan spirtus. Pupuk yang digunakan adalah pupuk vg. dan minggu ketiga setelah penanaman. 5.boster disiramkan / digunakan untuk 35 tanaman. yaitu pada waktu menyiram.Pemupukan pada tanaman Pakchoy dilakukan 3 kalipemupukan. Aphid (Aphis Gossypii) Aphid atau sering disebut kutu daun ini adalah hama yang paling sering menyerang tanaman pakchoy. b. Ulat Plutella (plutella xylostella L. 1 liter larutan pupuk vg. Pengendalian Hama dan Penyakit Pengendalian hama dan penyakit ini sangat penting dilakukan. Setelah cair.boster dengan dosis 5 gram/liter. Atau bias juga dengan menggunakan sabun hijau dengan dosis 1 gr untuk 5 cc spirtus. kita melakukan penyiraman dari atas sampai aphidnya jatuh. Hama ini paling banyak ditemukan pada musim kemarau. hama ini tidak merusak tanaman pakchoy. Hama – hama yang sering menyerang tanaman pakchoy adalah sebagai berikut : a. Cara pemberantasannya adalah dengan menjatuhkan aphid itu sendiri.

Pencucian dan Pembuangan Kotoran Setelah pakchoy dipanen. Pemberantasannya bisa dilakukan dengan cara manual. tanaman pakchoy harus melalui beberapa tahap seperti di bawah ini : 1. Sortasi . H. tanaman masih dalam kondisi segar. I. sehingga daun tinggal kulit arinya (lapisan epidermis). Kemudian hasil panen diletakkan di keranjang dan ditata rapi. Cara pemanenan pakchoy dilakukan dengan cara memotong bagian batang daun dengan menggunakan pisau tajam. 2. Ciri hama ini adalah imagonya berupa ngengat kecil berwarna coklat – kelabu. karena pada pagi hari. pakchoy perlu dicuci dan dibersihkan dari sisa – sisa kotoran yang masih menempel.. Waktu yang paling baik untuk melakukan pemanenan adalah pada pagi hari. yaitu dengan cara membuangi ulat tersebut pada tanaman pakchoy. Pemanenan Panen adalah kegiatan memetik hasil yang dilakukan setelah tanaman cukup umur. Penanganan Pasca Panen Setelah dilakukan pemanenan. Produksi utama pakchoy adalah daunnya.ulat plutella memakan daging daun. Ngengatnya aktif pada senja dan malam hari. Pemanenan dilakukan setelah tanaman berumur antara 30 – 35 hari.

Pakchoy yang rusak dan jelek dipisahkan dari pakchoy yang bagus.Setelah dicuci. 5. Tidak kerdil 3. Kriteria pakchoy yang baik adalah : a. pakchoy perlu dipilih dan dipilah.- BAB V PENUTUP .000. Setiap kemasan beratnya 3 ons dan dijual dengan harga Rp. membentuk krop yang besar c. Pengemasan Pengemasan di Hortimart Agro Center dengan cara timbangan dan dikemas dengan menggunakan kantong plastic khusus. Daunnya tidak berlubang b.

serta melatih kedisiplinan dan etos kerja sebagai karyawan.A. yang sebelumnya tidak pernah didapatkan di dunia pendidikan formal. Selain itu. Sekolah a. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan : 1. siswa menjadi tahu bagaiman dunia industry yang sebenarnya dan bagaimana rasanya menjadi benar – benar seorang karyawan. Kesimpulan Program Praktik Kerja Industri member banyak manfaat bagi siswa yang melaksanakannya. Sasaran Prakerin merupakan program yang dilaksanakan bagi setiap siswa SMK. Setelah melaksanakan prakerin. lebih meningkatkan rasa toleransi. meningkatkan kedisiplinan yang lebih pada karyawan dan siswa prakerin. . membekali siswa dengan materi yang lengkap sebelum terjun ke dunia Industri. b. B. 2. b. siswa mendapat berbagai pengalaman dan pengetahuan yang lebih rinci mengenai tanaman yang difokuskan. PT. melakukan persiapan pada jauh – jauh hari. Hortimart Agro Center a. Dengan adanya Praktik Kerja Industri ini. siswa menjadi tahu tejnis atau praktinya dari materi yang pernah disampaikan di sekolah.

c. menilai siswa prakerin dengan objektif. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful