P. 1
Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi

Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi

|Views: 124|Likes:
Published by 'sang Timur'

More info:

Published by: 'sang Timur' on May 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2013

pdf

text

original

SISTEM INFORMASI

Pengertian Sistem
Sistem

Kumpulan dari elemen- elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi

Dewi Anjani, M.Kom

yakni : masukkan.Kom . Keluaran dan Balikan atau control Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani. M.Model Sistem Masukan (input) Pengolahan (Processing) Keluaran (output) 1. pengolahan.1 Gambar Model Sistem Dari gambar Model sistem diatas menunjukkan bahwa sistem atau pendekatan sistem minimal harus mempunyai empat componen.

Kom Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi . M.Model Hubungan Elemen. Dewi Anjani. Sumberdaya mengalir dari elemen output dan untuk menjamin prosesnya berjalan dengan baik maka dihubungkan mekanisme control.Elemen Sistem Tujuan Mekanisme Kontrol Input Transformasi Output Gambar Model Hubungan Elemen-Elemen Sistem • sistem sebagai sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Berikut adalah karakteristik sistem yang dapat membedakan suatu sistem dengan sistem yang lainnya : 1.Karakteristik Sistem Untuk memahami atau mengembangkan suatu sistem.Kom . M. 2. Komponen ini bisa merupakan subsistem dari sebuah sistem. maka perlu membedakan unsur-unsur dari sistem yang membentuknya. Komponen (component) : Kegiatan-kegiatan atau proses dalam suatu sistem yang mentransformasikan input menjadi bentuk setengah jadi (output). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani. Batasan (boundary) : Penggambaran dari suatu elemen atau unsur mana yang termasuk di dalam sistem dan mana yang di luar sistem.

barang jadi) yang disediakan untuk lingkungan sistem oleh kegiatan dalam suatu sistem. kendala. Mempunyai Pengolahan (Process) : Kegiatan-kegiatan atau pengolahan dalam suatu system yang mentransformasikan input menjadi output 8. 5. 4. Masukan (input) : Sumber daya (data.Kom . laporan. dokumen. bahan baku. Mempunyai Sasaran dan Tujuan (Objective & Goals) :Dalam pembuatannya setiap system harus memiliki sasaran dan tujuan agar system tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya.Karakteristik Sistem 3. peralatan. M. 7. lingkungan yang menyediakan asumsi. mPenghubung (interface) : Tempat di mana komponen atau sistem dan lingkungannya bertemu atau berinteraksi. Keluaran (output) : sumber daya atau produk (informasi. Lingkungan (environment ) : Segala sesuatu di luar sistem. dan input terhadap suatu sistem. energi) dari lingkungan yang dikonsumsi dan dimanipulasi oleh suatu sistem. tampilan layer computer. 6. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.

M. Tugas2 2. Boundary (Batasan System) : KHS untuk semester 7 di STMIK Pranata Indonesia 3. Lembar absen yang sudah dikumpulkan dan diproses 2. Objective & Goal (Sasaran & Tujuan Sistem) – Goal : Untuk melayani mahasiswa untuk mendapatkan KHS semester 7 – Sasaran : Mahasiswa STMIK Pranata Indonesia Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani. Absen 6. BAAK 3. Dosen 2. Environment (lingkungan Luar System) : Ketua Jurusan 4. Interface (Penghubung Sistem) : Mahasiswa dengan STMIK 5. Nilai UAS 4. Komponen 1. Data nilai ujian & tugas dilakukan perhitungan tertentu yang akan menjadi komponennilai ujian & tugas 3.• Sistem KHS 1. Mahasiswa 2. Melakukan penghitungan secara keseluruhan dan kemudian dikonversikan menjadi huruf mutu 8. Proses (Pengolahan Sistem) 1. Nilai UTS 3.Kom Contoh Karakteristik Sistem . Output (Keluaran) : KHS 7. Input (Masukan) 1.

SISTEM ALAMIAH DAN BUATAN ( HUMAN MADE SYSTEM ) • Sistem alamiah (natural system ) : Sistem yang terbentuk melalui proses alami. Misalnya : sistem agama. SISTEM TERTENTU DAN TIDAK TERTENTU ( PROBABILISTIC SYSTEM ) • Sistem tertentu (deterministic system) : Sistem yang cara beroperasinya sudah dapat diprediksi.Kom .Klasifikasi Sistem 1. Sistem buatan manusia : Sistem yang dirancang dan dibangun oleh manusia yang melibatkan interaksi dengan mesin. 3. komputer. M. Misalnya : perusahaan. Misalnya: pengolahan data (komputer) • Sistem tak tentu : Sistem yang outputnya tidak dapat diprediksi dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas. SISTEM ABSTRAK DAN FISIK ( PHYSICAL SYSTEM ) • Sistem Abstrak : Sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara Fisik. 2. pencernaan. interaksi-interaksi didalamnya dapat dideteksi dengan pasti dan outputnya dapat diramalkan. • Misalnya : sistem tatasurya. Sistem Fisik : Sistem yang keberadaannya dapat dilihat secara fisik. Misalnya : sistem produksi di pabrik. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.

• Sebenarnya sistem tertutup tidak ada yang ada adalah relatif tertutup. • Sistem terbuka : Sistem yang mempunyai hubungan dengan dunia luar dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. M. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan ouput untuk subsistem yang lain.Klasifikasi Sistem 4. SISTEM TERTUTUP DAN TERBUKA ( OPEN SYSTEM) • Sistem tertutup : sistem yang tidak berhubungan dengan dunia luar dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya (bekerja secara otomatis).Kom . Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.

Data yang dihasilkan oleh TPS dapat dilihat atau digunakan oleh manajer.Jenis-Jenis Sistem Informasi Sistem informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda. • TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. M.Kom Transaction Processing Systems (TPS) . TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal. tergantung pada kebutuhan bisnis. Sistem informasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian : 1. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.

electronic scheduling. SIM menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan. M. termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan.Kom . tetapi mendukung spektrum tugas-tugas organisasional yang lebih luas dari TPS. Aspek-aspek OAS seperti word processing. yang biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data atau memanipulasikannya dengan cara-cara tertentu sebelum menyebarkannya secara keseluruhan dengan organisasi dan kadang-kadang diluar organisasi. dan juga dapat membatu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data). spreadsheets. 3 Sistem Informasi Manajemen (SIM) • SIM tidak menggantikan TPS . OAS mendukung pekerja data.Jenis-Jenis Sistem Informasi 2. insinyur dan doktor dengan membantu menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikannya ke organisasi atau masyarakat. KWS mendukung para pekerja profesional seperti ilmuwan. dan komunikasi melalui voice mail. email dan video conferencing. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani. Office Automation Systems (OAS) dan Knowledge Work Systems (KWS) OAS dan KWS bekerja pada level knowledge.

• DSS hampir sama dengan SIM karena menggunakan basis data sebagai sumber data. M. Sistem ahli (juga disebut knowledgebased systems) secara efektif menangkap dan menggunakan pengetahuanseorang ahli untuk menyelesaikan masalah yang dialami dalam suatu organisasi. Komponen dasar sistem ahli adalah knowledge-base yaikni suatu mesin interferensi yang menghubungkan pengguna dengan sistem melalui pengolahan pertanyaan lewat bahasa terstruktur dan anatarmuka pengguna. Sistem Ahli (ES) dan Kecerdasan Buatan (AI). Decision Support Systems (DSS). Berbeda dengan DSS. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.Kom . DSS meningalkan keputusan terakhir bagi pembuat keputusan sedangkan sistem ahli menyeleksi solusi terbaik terhadap suatu masalah khusus. Dua cara untuk melakukan riset AI adalah memahami bahasa alamiahnya dan menganalisis kemampuannya untuk berfikir melalui problem sampai kesimpulan logiknya. meskipun keputusan aktual tetap wewenang eksklusif pembuat keputusan. • AI dimaksudkan untuk mengembangkan mesin-mesin yang berfungsi secara cerdas.Jenis-Jenis Sistem Informasi 4. Sistem ahli menggunakan pendekatanpendekatan pemikiran AI untuk menyelesaikan masalah serta memberikannya lewat pengguna bisnis. 5. DSS bermula dari SIM karena menekankan pada fungsi mendukung pembuat keputusan diseluruh tahap-tahapnya.

kuesioner. konsultasi dan skenario. Kadang-kadang GDSS disebut dengan CSCW yang mencakup pendukung perangkat lunak yang disebut dengan “groupware” untuk kolaborasi tim melalui komputer yang terhubung dengan jaringan.Jenis-Jenis Sistem Informasi 6. maka group Decision support systems membuat suatu solusi. 7. Executive Support Systems (ESS). • ESS tergantung pada informasi yang dihasilkan TPS dan SIM dan ESS membantu eksekutif mengatur interaksinya dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa diakses seperti kantor. Group Decision Support Systems (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work Systems (CSCW) Bila kelompok. perlu bekerja bersama-sama untuk membuat keputusan semi-terstruktur dan tak terstruktur. GDSS dimaksudkan untuk membawa kelompok bersama-sama menyelesaikan masalah dengan memberi bantuan dalam bentuk pendapat.Kom . M. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.

M.Gambar Jenis Sistem Informasi Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.Kom .

Kom . Analisis sistem 3. Implementasi sistem Dan Melakukan Pemeliharaan / Perawatan Sistem Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.Daur Hidup Pengembangan Sistem Siklus Hidup Pengembangan Sistem dapat didefinisikan sebagai serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh professional dan pemakai system informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan system informasi. M. Evaluasi dan seleksi sistem 5. Perancangan sistem secara detail 6. Siklus hidup pengembangan sistem informasi saat ini terbagi atas enam fase. Perencanaan sistem 2. Perancangan sistem secara umum / konseptual 4. yaitu : 1.

Kom . M.Contoh Gambar Siklus Hidup Pengembangan Sistem Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.

M. CFO dan eksekutif senior perwakilan kelompok user yang lain. Manajemen puncak terdiri dari CIO.Siapa yang merencanakan sistem ? • Kebijakan untuk mengembangkan sistem informasi dilakukan oleh manajemen puncak karena manajemen menginginkan untuk meraih kesempatan yang ada yang tidak dapat di raih oleh sistem yang lama atau karenasistem yang lama masih mempunyai kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki (misal meningkatkan produktivitas. CEO. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani. • Manajemen puncak sangat berperan dalam perencanaan sistem. • Komite ini yang menghubungkan tujuan bisnis dan sistem informasi untuk mencapai tujuannya.Kom . efektivitas dan pelayanan). .Perencanaan Sistem • Perencanaan Sistem adalah proses membuat sebuah Laporan Perencanaan Sistem yang menggunakan sumber sistem informasi yang berhubungan dan mendukung tujuan bisnis dan operasi organisasi. • Perencanaan sistem berhubungan dengan perencanaan bisnis • Perencanaan Sistem menyangkut estimasi dari kebutuhan fisik. tenaga kerja dan dana yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan sistem serta operasinya.Perencanaan Sistem .

Kom . M.Tahapan Proses Perencanaan Sistem Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.

Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.Analisis Sistem . karena kesalahan di tahapan ini akan menyebabkan kesalahan di tahap selanjutnya • Hasil dari analisis sistem adalah: laporan yang dapat menggambarkan sistem yang telah dipelajari dan diketahui bentuk permasalahannya serta rancangan sistem baru yag akan dibuat atau dikembangakan. hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannya • Tahap analisis merupakan tahap yang paling kritis dan sangat penting. M. kesempatan.Kom .Analisis Sistem • Penguraian dari suatu Sistem Informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan.

Tujuan Analis Sistem .Tujuan Analisis Sistem • Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada fungsi manajerial di dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan • Membantu para pengambil keputusan • Mengevaluasi sistem yang telah ada • Merumuskan tujuan yang ingin dicapai berupa pengolahan data maupun pembuatan laporan baru • Menyusun suatu tahap rencana pengembangan sistem Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.Kom . M.

Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.Langkah-langkah • Mengidentifikasi masalah – Mengidentifikasi penyebab masalah • Analisis sistem – Mengidentifikasi solusi dari masalah • Analisis Kebutuhan – Mengidentifikasi data apa dan proses apa yang dibutuhkan pada sistem baru. M.Kom .Yang perlu diperhatikan oleh sistem analis • Mempelajari permasalahan yang ada secara terinci • Menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam memecahkan masalah • Membuat suatu pertimbangan apakah perlu atau tidak menggunakan cara komputerisasi . – Menentukan kebutuhan fungsional dan non-fungsional dari sistem baru.Sistem Analis .

Menulis dan Menampilkan Sistem Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani. Menggambarkan Spesifikasi Proses dan Keputusan Terstruktur 4.Sistem Analis . Menggunakan Diagram Aliran Data 2. Menganalisis Sistem Pendukung Keputusan Semiterstruktur 5.Kom . M. Menyiapkan Proposal Sistem 6. Menganalisis Data dengan Menggunakan Kamus Data 3.Proses Analis 1.

Jelaskan kenapa Sistem Informasi sangatlah penting dalam suatu pekerjaan! Berikan Contoh Kasusnya! 3. Berikan Contoh Aplikasi Sistem Informasi yang Anda Ketahui.Kom . M. Jelaskan tugas dan fungsi dari Sistem Informasi yang Anda ketahui dalam suatu organisai ataupun perusahaan! 2.Tugas 1. minimal 3 Contoh Aplikasi! Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dewi Anjani.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->