P. 1
Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

|Views: 1,086|Likes:
Published by khodijah amini

More info:

Published by: khodijah amini on May 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2014

pdf

text

original

Tugas ISBD

Khodijah Amini (M0211043)

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli
Edward T. Hall Kebudayaan adalah komunikasi dan komunikasi adalah kebudayaan. Iris Varner dan Linda Beamer Kebudayaan adalah sebagai pendangan yang koheren tentang sesuatu yang dipelajari, yang dibagi, atau yang dipertukarkan oleh sekelompok orang. Larry A. Samovar dan Richard E Porter Kebudayaan dapat berarti simpanan akumulatif dari pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, pilihan waktu, peranan, relasi ruang, konsep yang luas, dan objek material atau kepemilikan yang dimiliki dan dipertahankan oleh sekelompok orang atau suatu generasi. Gudkunts dan Kim Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang dipertukarkan oleh sejumlah orang dalam sebuah kelompok yang besar. Levo Henriksson Kebudayaan meliputi semua aspek kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup apapun bentuknya - baik itu mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat Roos Kebudayaan merupakan sistem gaya hidup dan merupakan faktor utama bagi pembentukan gaya hidup Rene Char Kebudayaan adalah warisan kita yang diturunkan tanpa surat wasiat Ignas Kleden Kebudayaan adalah nasib dan baru kemudian kita menanggungnya sebagai tugas. C.A Van Peursen Kebudayaan merupakan gejala manusiawi dari kegiatan berfikir (mitos, ideologi, dan ilmu), komunikasi (sistem masyarakat), kerja (ilmu alam dan teknologi), dan kegiatankegiatan lain yang lebih sederhana Geertz Kebudayaan adalah yang mengitari kita, yang menyerbu setiap aspek kehidupan. Budaya serentak konkret dan tersebar, dalam dan dangkal. Karl Mark

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

tindakan. yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat. baik secara individu maupun kelompok. dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.J. Stern Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi sosial.Tugas ISBD Kebudayaan adalah teori anti kebudayaan. M. misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya diantara para anggota suatu masyarakat. Koentjaraningrat Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan. Taylor Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks. Kupper Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku. William H. dan kemampuankemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat. Jacobs dan B. religi. K. yang kesemuanya merupakan warisan sosial. yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai. Edward B. kepercayaan. Dr. dan kesenian serta benda. Khodijah Amini (M0211043) Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide yang ada dalam pikiran manusia dalam pengalaman sehari hari yang sifatnya abstrak. yang didalamnya terkandung pengetahuan. hukum. ideologi. moral. adapt istiadat. Pesan-pesan tentang kebudayaan yang di harapkan dapat di Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli . Bounded Kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu. kesenian. Francis Merill Pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh sesorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis. Haviland Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat. Ki Hajar Dewantara Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat.

Robert H Lowie Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat. tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. intitusi agama. yang kemudian disebut sebagai superorganic. yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat. Sutan Takdir Alisyahbana Kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir. keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal. kebiasaan makan.norma sosial. Koentjaraningrat Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar .Tugas ISBD Khodijah Amini (M0211043) temukan di dalam media. adat istiadat. pemerintahan. Herskovits Kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi Kebudayanan sebagai semua hasil karya. dan lain-lain. Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli . mencakup kepercayaan. norma-norma artistic. ras. religius. Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat. Herskovits dan Bronislaw Malinowski Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan. Mitchell (Dictionary of Soriblogy) Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar dialihkan secara genetikal. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. sistem pendidikan dan semacam itu. dan cipta masyarakat. Melville J. Andreas Eppink Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial. Arkeolog R. ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial. Seokmono Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia. beserta dari keseluruhan budi pekertinya.

Dan C. dan Batty Budaya diartikan sebagai sekumpulan pengalaman hidup yang ada dalam masyarakat mereka sendiri. atau memenuhi kebutuhan material maupun emosionalnya Budaya menurut definisi struktural: Mau menunjuk pada hubungan atau keterkaitan antara aspek-aspek yang terpisah dari budaya sekaligus menyoroti fakta bahwa budaya adalah abstraksi yang berbeda dari perilaku konkret Budaya dilihat dari definisi genetis: Definisi budaya yang melihat asal usul bagaimana budaya itu bisa eksis atau tetap bertahan. Kluckon Budaya menurut definisi deskriptif: Cenderung melihat budaya sebagai totalitas komprehensif yang menyusun keseluruhan hidup sosial sekaligus menunjukkan sejumlah ranah (bidang kajian) yang membentuk budaya Budaya menurut difinisi historis : Cenderung melihat budaya sebagai warisan yang dialihturunkan dari generasi satu ke generasi berikutnya Budaya menurut definisi normatif: Bisa mengambil 2 bentuk. nilai-nilai. termasuk di dalamnya bagaimana perilaku dan keyakinan atau kepercayaan masyarakat itu sendiri Mofstede Budaya diartikan sebagai pemrograman kolektif atas pikiran yang membedakan anggotaanggota suatu kategori orang dari kategori lainnya. Definisi ini cenderung melihat budaya lahir dari interaksi antar manusia dan tetap bisa bertahan karena ditransmisikan dari satu generasi ke generasi berikutnya Lehman. Himstreet. budaya adalah aturan atau jalan hidup yang membentuk pola-pola perilaku dan tindakn yang konkret. menekankan peran gugus nilai tanpa mengacu pada perilaku Budaya menurut definisi psikologis: Cenderung memberi tekanan pada peran budaya sebagai piranti pemecahan masalah yang membuat orang bisa berkomunikasi. Yang kedua. belajar.simbol.Tugas ISBD Khodijah Amini (M0211043) A. Yang pertama. sikap.L. Krober. Pengertian in juga mengindikasikan bahwa komunikasi verbal dan non verbal dalam suatu kelompok juga merupakan tipikal dari kelompok tersebut dan cenderung unik atau berbeda dengan yang lainnya Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli . harapan. dan norma-norma untuk berperilaku Murphy dan Hildebrandt Budaya diartikan sebagai tipikal karakteristik perilaku dalam suatu kelompok. Dalam hal ini. Pengalaman hidup masyarakat tentu saja sangatlah banyak dan variatif. kepercayaan. bisa dikatan juga bahwa budaya adalah pemrograman kolektif yang menggambarkan suatu proses yang mengikat setiap orang segera setelah kita lahir di dunia Bovee dan Thill Budaya adalah system sharing atas simbol .

nilai.Tugas ISBD Khodijah Amini (M0211043) Mitchel Budaya merupakan seperangkat nilai-nilai inti. dan kegiatan goal-directed yang menjadi sadar tidak sadar diterima sebagai "benar" dan "benar" oleh orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota masyarakat. yang menentukan bagaimana seseorang bertindak. yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai. membuat kita peka terhadap masalah status. budaya yang berbeda struktur yang mendasari yang membuat bulat bulat masyarakat dan komunitas persegi persegi. asumsi tentang kehidupan. pengetahuan. yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran. Richard Brisling (1990: 11) Kebudayaan sebagai mengacu pada cita-cita bersama secara luas. Nostrand (1989: 51) Budaya sebagai sikap dan kepercayaan. dan memandang dirinya serta orang lain. dan spiritual. dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut. Ki Hajar Dewantara Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat. Croydon (1973: 4) Budaya adalah suatu sistem pola terpadu. Larson dan Smalley (1972: 39) Kebudayaan sebagai "blue print" yang memandu perilaku orang dalam suatu komunitas dan diinkubasi dalam kehidupan keluarga. namun semua yang mengatur perilaku manusia sepasti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.individu dan masyarakat. pembentukan dan penggunaan kategori. cara berpikir. Ini mengatur perilaku kita dalam kelompok. berperilaku. dan perilaku yang disampaikan oleh individu . dan membantu kita mengetahui apa tanggung jawab kita adalah untuk grup. Ralph Linton (1945: 30) Kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan Dari Masyarakat Yang manapun dan regular tidak Hanya mengenai sebagian Dari cara Hidup Name of ITU yaitu Masyarakat Yang dianggap lebih diinginkan Dibuat Tinggi atau lebih. kepercayaan. Raymond Williams (1961: 16) Budaya adalah seluruh kehidupan. materi. berperasaan. Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli . moral hukum. standar . intelektual.

yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam. kebudayaan itu bersifat abstrak.Moh. Dr. sehingga dalam kehidupan sehari-hari.Sidi Gazalba Kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu. bebas dari kontradiksi ruang dan waktu Parsudi Suparlan Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamanya. baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan. dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya Sutan Takdir Alisyahbana Mengatakan Kebudayaan merupakan manifestasi dari cara berfikir. Seokmono Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia. karsa dan rasa.Tugas ISBD Khodijah Amini (M0211043) Arkeolog R. Dari berbagai definisi tersebut. Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli . yang berupa cipta. Djojodigono(1958) Memberikan defenisi mengenai kebudayaan dengan mengatakan kebudayaan itu adalah daya dari budi. Effat al-Syarqawi Mengartikan kebudayaan sebagai khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya.Hatta Berpendapat Kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa Mangunsarkoro Kebudayaan adalah segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya Drs.

com/2011/03/definisi-kebudayaan-menurut-paraahli.org/wiki/Budaya. Diakses pada 8 April 2013 Pengertian Manusia dan Kebudayaan. Daftar Pustaka Pengertian dan Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli. Kebudayaan Nasional.wikipedia.html. Budaya.id/pengertian-manusia-dankebudayaan.web. Diakses pada 8 April 2013 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli .wordpress.html.com/pengertian_definisi_budaya_menurut_para_ahli_info481.com/2009/10/11/kebudayaan-nasional/. Dalam http://mediabacaan.blogspot. diakses pada 8 April 2013 Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli. diakses pada 8 April 2013 Dahlan. 2009.Tugas ISBD Khodijah Amini (M0211043) Kebudayaan Menurut Diri Sendiri Kebudayaan menurut saya adalah suatu perilaku atau perbuatan yang biasa dilakukan oleh seseorang atau suatu kelompok masyarakat sehingga hal itu menjadi suatu tradisi yang nantinya akan dapat diteruskan ke generasi selanjutnya. 2011. Dalam http://carapedia. Dalam http://sro. Dalam http://carapedia. Diakses pada 8 April 2013 2013. diakses pada 8 April 2013 Pengertian dan Definisi Budaya Menurut Para Ahli. Dalam http://dahlanforum.ht ml.html#.com/pengertian_definisi_kebudayaan_menurut_para_ahli_info495. Dalam http://id.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->