RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran Kelas / Semester Pokok Bahasan Alokasi Waktu

: IPA Fisika : VIII SMP / Genap : Pengertian Gaya, Pengaruh Gaya dan Jenis-jenis gaya : 20 menit (1x pertemuan)

I.

Standar Kompetensi 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

II.

Kompetensi Dasar 5.1. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya

III. Indikator a. Kognitif Produk 1) Mendefinisikan pengertian dari gaya 2) Menyebutkan pengaruh yang disebabkan oleh gaya 3) Menyebutkan jenis-jenis gaya b. Kognitif Proses 1) Mendiskusikan pengertian gaya 2) Mendiskusikan pengaruh yang disebabkan oleh gaya 3) Mendiskusikan jenis-jenis gaya c. Psikomotorik 1) Melakukan percobaan sesuai prosedur untuk mengetahui pengaruh yang disebabkan oleh gaya dan jenis-jenis gaya 2) Mengamati perubahan bentuk pada plastisin 3) Mengamati perubahan posisi pada paku 4) Mengamati pertambahan panjang pada karet saat ditarik 5) Mengamati arah gerakan bola kasti saat diberi gaya d. Afektif 1) Karakter: Berpikir kritis-kreatif, bertanggung jawab, menghargai pendapat teman

IV. Kognitif Produk 1) Siswa dapat mendefinisikan pengertian dari gaya melalui diskusi informasi dengan benar 2) Siswa dapat menyebutkan pengaruh yang disebabkan oleh adanya gaya melalui eksperimen dengan benar 3) Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis gaya melalui eksperimen dengan benar b. Tujuan Pembelajaran a. Psikomotorik 1) Siswa dapat melakukan percobaan sesuai prosedur untuk mengetahui pengaruh yang disebabkan oleh gaya dan jenis-jenis gaya melalui eksperimen dengan benar 2) Siswa dapat mengamati perubahan bentuk pada plastisin melalui eksperimen dengan benar 3) Siswa dapat mengamati perubahan posisi pada paku melalui eksperimen dengan benar 4) Siswa dapat mengamati pertambahan panjang pada karet saat ditarik melalui eksperimen dengan benar 5) Siswa dapat mengamati arah gerakan bola kasti saat diberi gaya melalui eksperimen dengan benar d. menghargai pendapat teman.2) Keterampilan sosial: melakukan komunikasi meliputi presentasi. bertanggung jawab. 2) Keterampilan sosial . bertanya dan berpendapat. Afektif 1) Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa. pengamat menilai siswa membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: Berpikir kritis-kreatif. Kognitif Proses 1) Siswa dapat mendiskusikan pengertian gaya melalui diskusi dengan benar 2) Siswa dapat mendiskusikan pengaruh yang disebabkan oleh adanya gaya dan jenis-jenis gaya melalui diskusi dengan benar 3) Siswa dapat mendiskusikan jenis-jenis gaya melalui diskusi dengan benar c.

Gaya-gaya yang termasuk dalam gaya sentuh antara lain. dan gaya gesek. Jenis-jenis Gaya Ada dua jenis gaya. c. yaitu. d. Materi A. Seperti menarik pintu. 2. mangga yang sudah masak jatuh dari pohonnya dan tarik-menarik/tolak-menolak antara dua kutub magnet bekerja gaya yang disebut dengan gaya tak sentuh. mendorong meja. pengamat menilai siswa membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan melakukan komunikasi meliputi presentasi. gaya otot. ketika menarik sebuah buku dan mendorong sebuah pulpen. Pada kegiatan-kegiatan itu bekerja gaya yang disebut dengan gaya sentuh. Pengertian Gaya Gaya adalah suatu pengaruh pada sebuah benda yang berupa tarikan dan dorongan. Merubah ukuran benda (panjang) B. Sebagai contoh. bertanya. Menyebabkan benda diam menjadi bergerak dan sebaliknya (perubahan posisi benda) b. 1. V. . Mengubah arah gerak benda. gaya tarik. mengangkat kursi. Gaya Sentuh Dalam kehidupan sehari-hari sering melakukan kegiatan mendorong maupun menarik suatu benda. Gaya-gaya yang termasuk dalam gaya tak sentuh antara lain. Gaya tak sentuh merupakan gaya yang bekerja tidak melalui sentuhan secara langsung terhadap benda. Mengubah bentuk suatu benda. Gaya sentuh merupakan gaya yang bekerja melalui sentuhan langsung terhadap benda. Gaya Tak Sentuh Pada peristiwa daun-daun berguguran dari ranting pohon.Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa. gaya gravitasi. berpendapat dan menjadi pendengar yang baik. Gaya tidak selalu menyebabkan benda bergerak namun gaya dapat menyebabkan hal-hal berikut dalam kondisi tertentu. gaya pegas. yaitu : a. gaya listrik dan gaya magnet. maka tarikan dan dorongan itu akan membuat buku dan pensil bergerak atau berpindah tempat.

Guru bertanya “Apa yang terjadi pada bola tersebut? dan Bagaimana arahnya?” 4. Salam dan mengabsen kehadiran siswa 2.Eksperimen VII. Motivasi Guru menampilkan sebuah gambar gaya anak muda dan gambar seseorang yang sedang mendorong mobil.VI.Diskusi . Guru menampilkan video seseorang yang menendang bola dan dihadang oleh lawan. Kegiatan Pendahuluan (3 menit) 1. Guru bertanya “Manakah yang termasuk gaya dalam fisika?” Guru juga mempraktekkan dengan mendorong meja dan menarik bolpen. Kegiatan Belajar Mengajar A. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan pembelajaran : Ketrampilan Proses Metode pembelajaran : . Guru bertanya “Apa penyebab benda dapat bergerak?” 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran B. Prasyarat Konsep Mengulas materi Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan. Kegiatan Inti (15 menit) Eksplorasi : eksperimen mengenai gaya sentuh dan tak sentuh serta pengaruh gaya 1) Guru memberi informasi melalui diskusi mengenai pengertian dari gaya dan jenis-jenis gaya 2) Mengatur siswa ke dalam kelompoknya masing-masing yang sudah dibentuk secara heterogen 3) Kegiatan Kelompok (melakukan eksperimen dan kerja kelompok) a) Membagikan LKS pada tiap-tiap kelompok sebagai acuan untuk melakukan eksperimen dan kerja kelompok . Kemudian guru mendefinisikan bahwa peristiwa tersebut merupakan pengertian dari gaya dan gaya tidak harus menyebabkan benda bergerak.

. Jakarta: Erlangga. BSE IPA SMP/MTs Kelas VIII edisi 4. 2007. 2008. 1997. Jakarta: PT. IPA SMP untuk Kelas VIII. 2008. Spidol. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya 4. Sumarwan dkk. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar. Paul A. Jakarta: Erlangga. Jakarta: Erlangga. karet gelang dan bola kasti Media : Laptop. Douglas C. Saeful Karim dkk. Setia Purna Inves. Media dan Sumber Belajar Alat dan Bahan : plastisin buatan. Jakarta: PT Mentari Pustaka. paku besi. 2008. FISIKA edisi keempat jilid 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. LCD. . Rinie Pratiwi dkk. Papan tulis Sumber Belajar : Agus Krisno dkk. magnet batang. Guru memberikan penegasan materi 2. 1998. Guru memberikan tugas mandiri VIII. Kegiatan Penutup (2 menit) 1. Bahan. FISIKA Untuk Sains dan Teknik.b) Guru melakukan demonstrasi untuk membimbing siswa bekerja dalam kelompok untuk melakukan eksperimen dengan panduan LKS Elaborasi : Analisis hasil eksperimen dengan : 1) Mengontrol siswa saat berdiskusi dan menjawab pertanyaan LKS 2) Membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari 3) Meminta salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusi serta siswa lain mendengarkan dan bertanya atau pun berpendapat Konfirmasi : memberikan umpan balik dan penguatan tentang hasil eksplorasi dan elaborasi dengan : 1) Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya dan guru menjawabnya 2) Guru menjawab lembar diskusi pada LKS sebagai sarana pembenaran C. 3. Tippler. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VIII. Guru bersama siswa membuat rangkuman dan kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari pada pertemuan itu. Alat. Giancoli.

Kompetensi Dasar 5. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya. Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi Teknik Instrumen : Tes Tertulis dan Nontes : : Tugas menuliskan fenomena di lingkungan sekitar yang  Tes tertulis termasuk ke dalam 2 jenis gaya (gaya sentuh dan gaya tak sentuh) serta menyebutkan pengaruh dari gaya tersebut. Memahami peranan usaha. penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya III.1. dan energi dalam kehidupan sehari-hari. Standar Kompetensi 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. BSE IPA Kelas VIII jilid 2.  Nontes : Lembar Kerja Siswa Penilaian : Jumlah Jawaban Skor 1-2 50 3-4 60 5-8 70 8-10 80 LEMBAR KERJA SISWA (LKS) Mata Pelajaran Pokok Bahasan Satuan Pendidikan Kelas/ Semester Waktu : IPA Fisika : Jenis-jenis gaya dan Pengaruh Gaya : SMP : VIII/ genap : 20 menit (1x pertemuan) I. Indikator Kognitif Produk a) Mendefinisikan pengertian dari gaya b) Menyebutkan pengaruh yang disebabkan oleh gaya c) Menyebutkan jenis-jenis gaya . Lembar Kerja Siswa IX. gaya.Wasis dan Sugeng Yuli Irianto. II.

................................................. 3....... 4. : Diskusi dan Eksperimen Kegiatan Pembelajaran A. Menyebutkan jenis-jenis gaya B......... Pengaruh gaya yang bekerja pada plastisin yakni mengubah …………………... Perhatikan alat dan bahan yang diberikan pada kelompokmu kemudian lakukan eksperimen! 1................. Bagaimana ukuran karet gelang setelah ditarik ……………………………………………....... Tujuan : 1.. Pengaruh gaya yang bekerja pada paku yakni mengubah …………………....... Dekatkan magnet batang dengan paku tersebut........ 3............. Langkah Kegiatan Perhatikan demonstrasi yang dilakukan oleh guru! 1................................ 4.................................. Amati panjang awal dari karet gelang tersebut dan beri tanda... ...... apa yang terjadi? ........ Cekungan pada plastisin terjadi akibat gaya ........................... Bagaimana bentuk plastisinnya? ………………………………………………………… 2................................ Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan : Ketrampilan Proses Metode V..................... Kemudian tariklah karet gelang tersebut dan beri tanda lagi........... Perhatikan bentuk atau keadaan awal plastisin... 2.............................................. Letakkan paku di atas meja dan perhatikan posisi awal paku................. Pada peristiwa tersebut bekerja gaya ………………………….... apa yang terjadi? …………………………………........... Menyebutkan pengaruh gaya 2........ Setelah plastisin ditekan dengan ibu jari.......IV.... Alat dan Bahan : 1 buah plastisin buatan 1 buah magnet batang 1 buah paku besi 1 buah karet gelang 1 buah bola kasti C....... Perhatikan karet gelang yang kamu dapatkan.

...………………………………………………………… ..................... Pada karet gelang tersebut bekerja gaya ………………………………………….. 3............... Contoh dari jenis-jenis gaya tersebut adalah..................………………………………………………………........ Kesimpulan 1... Gaya………………….......................... 2................ Gaya…………………… ... yaitu .................... Pengaruh gaya yang bekerja pada bola kasti yaitu mengubah ……………………………. Ambillah bola kasti yang disediakan guru........1 2 Keterangan Gambar: 1.................. Pengaruh gaya terhadap benda antara lain: -……………………………………………………………. Kemudian letakkan di atas meja............... ..... -…………………………………………………………..... Pengaruh gaya yang bekerja pada karet gelang yaitu mengubah ... Pada peristiwa tersebut bekerja gaya .. Salah satu teman memberi gaya dengan cara menggelindingkan dan satu teman yang lain (berhadapan) menghadang bola dengan tangan dan kembali memberi gaya pada bola kasti tersebut dengan arah berlawanan... -…………………………………………………………….. Sebelum ditarik 2... 1.………………………………………………………… ............................... dan ………………. Setelah ditarik 5............... D. 2... .......................... Jenis-jenis gaya terbagi menjadi ........………………….....…....……………………………………………………...... -……………………………………………………………...... 6...................

Gaya otot saat menendang bola (gaya sentuh) yang mengubah arah benda 3. Gaya saat membengkokkan sebuah kawat (gaya sentuh) yang mengubah bentuk benda 7. Gaya gravitasi buah jatuh dari pohonnya (gaya tak sentuh) yang mengubah benda diam menjadi bergerak 5. Gaya memindahkan buku/benda (gaya sentuh) yang mengubah posisi benda 8. Jawaban bisa beranekaragam dari masing-masing siswa. Gaya ketika mendorong sepeda motor/mobil yang mogok (gaya sentuh) yang mengubah benda diam menjadi bergerak 4. Gaya tarik menarik antar muatan listrik (gaya tak sentuh) yang mengubah posisi muatan listrik tersebut . Gaya gesek pada saat mengerem ban sepeda (gaya sentuh) yang merubah arah benda 6.Tugas! Tuliskan fenomena di lingkungan sekitar yang sering kalian temui mengenai jenis gaya serta identifikasikan pengaruh gaya tersebut! Kunci : jawaban dari siswa minimal 5. Gaya tarik pada gerobak (gaya sentuh) yang mengubah benda diam menjadi bergerak 2. antara lain: 1.