P. 1
Geografi

Geografi

|Views: 7|Likes:
gempa bumi dan jenisnya
gempa bumi dan jenisnya

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Diffary Ramadhan Halun Didif on May 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2014

pdf

text

original

KELOMPOK 3

Andi Nur Ildha Arfanita (05) Diffary Halun Ramadhan (09) Rezky Esa Putri (11)  Debby Haniel (12) Lita Damayanti (27)

Pengertian Gempa Bumi Gempa bumi / Seisme adalah peristiwa bergetarnya permukaan bumi secara tiba-tiba akibat gelombang seismik terhadap lapisanlapisan batuan (litosfer). .

Gempa Bumi Vulkanik c. Gempa Bumi Tektonik b.JENIS GEMPA BERDASARKAN PENYEBABNYA Jenis gempa bumi dapat dibedakan berdasarkan penyebab terjadinya seperti: a. Gempa Bumi Runtuhan d. Gempa Bumi Tumbukan .

Gempa jenis ini terjadi sekitar 3% setiap tahunnya. maka rongga dapat runtuh karena tidak mampu lagi menahan beban di atas rongga.GEMPA BUMI RUNTUHAN Gempa bumi runtuhan (terban) adalah gempa bumi yang di sebabkan runtuhnya atap gua atau terowongan tambang di bawah tanah. Runtuhnya gua dan terowongan yang besar bisa mengakibatkan getaran yang kuat. Jika batuan pada atap rongga atau pada dinding rongga mengalami pelapukan. .

.GEMPA BUMI TUMBUKAN Gempa bumi tumbukan terutama disebabkan oleh meteor besar yang jatuh ke bumi. Gempa seperti ini jarang terjadi.

ada energi yang mendesak lapisan bumi. gempa di sekitar Gunung Merapi sewaktu akan meletus. Pada saat dapur magma bergejolak. Energi yang mendesak lapisan bumi mampu mengangkat lapisan bumi sampai ke permukaan di sertai getaran. Contohnya.GEMPA BUMI VULKANIK Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas gunung api atau letusan gunung api. . Gunung api yang akan meletus biasanya mengakibatkan gempa bumi.

Jenis-jenis gempa berdasarkan hiposentrum antara lain : • Gempa dalam : gempa yang hiposetrumnya terletak antara 300-700 km di bawah permukaan bumi. Laut Flores. Contohnya : gempa yang pernah terjadi di bawah Laut Jawa. dan Laut Sulawesi.Jenis-Jenis Gempa Berdasarkan Letak Hiposentrumnya Hiposentrum. merupakan suatu titik atau garis di dalam litosfer (lapisan batuan) bumi yang menjadi sumber gempa. . gempa ini tidak begitu mengguncang permukaan bumi. Karena letak hiposenternya yang dalam.

Jika pergeseran itu cukup besar dan terekam oleh seismograf maka akan menyebabkan terjadinya gempa bumi tektonik. gempa bumi tektonik di Yogyakarta dan Klaten.GEMPA BUMI TEKTONIK Gempa bumi tektonik disebabkan oleh adanya pergeseran pergeseran di dalam bumi secara tiba tiba. . Contohnya. Ketegangan ketegangan yang terjadi di dalam bumi akan mengaktifkan kembali sesar sesar lama yang sudah tidak aktif. Gejala ini sangat erat hubungannya dengan pembentukan pegunungan yang biasanya diikuti dengan pemebentukan sesar sesar baru.

GEMPA TEKTONIK GEMPA VULKANIK GEMPA RUNTUHAN .

. • Gempa dangkal adalah gempa yang hiposentrumnya terletak kurang dari 100 km dibawah permukaan bumi. Gempa ini berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan besar. dan Teluk Tomini.• Gempa Intermidier adalah gempa yang hiposentrumnya terletak antara 100-300 km dibawah permukaan bumi. Gempa ini menimbulkan kerusakan ringan. Nusantara Tenggara. Contohnya gempa yang pernah terjadi di sebelah selatan Jawa.

SKALA MERCALLI Sebelumnya. Mercalli. Neumann. satuan gempa dinyatakan dengan skala Mercalli. bernama G. . Skala Mercalli terbagi menjadi 12 skala berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa bumi. Wood dan F. Satuan ini ditemukan tahun 1902 oleh orang Italia. Skala ini dimodifikasi pada tahun 1931 oleh ahli gempa H. Skala MMI (Mercalli Modify Intensity) hingga kini masih digunakan terutama jika tidak ada peralatan seismograf yang digunakan.

. seorang ahli ilmu gempa bumi (seismologi). Skala ini diciptakan pada tahun 1935 oleh Charles F. kekuatan gempa bumi digambarkan dengan pecahan desimal dan ada hubungan dengan energi gempa. Richter. Menurut skala Richter. Skala Richter mengukur kuatnya gelombang kejut yang ditimbulkan gempa bumi.SKALA RICHTER Skala yang diukur oleh alat seismograf umumnya adalah Richter.

maka setiap angka mewakili kekuatan yang 10 kali lebih kuat dibandingkan angka sebelumnya.5 dapat tercatat pada seismograf di seluruh dunia dan terjadi ribuan kali dalam setahun termasuk gempa kecil.3 dikelompokkan sebagai gempa bumi sedang atau menengah dan kekuatan 6.Menurut skala Richter. Gempa bumi dengan kekuatan 4.3 termasuk kelas gempa bumi kuat. kekuatan gempa bumi digambarkan dengan pecahan desimal dan ada hubungan dengan energi gempa . Kekuatan 5.0 atau lebih kecil dianggap gempa mikro. gempa dengan kekuatan 2. biasanya tidak dapat dirasakan oleh manusia dan hanya tercatat pada seismograf terdekat. Karena skala Richter menggunakan kelipatan logaritma. Sebagai contoh. .

Gerakan vertical pada kerak bumi dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang ada di atasnya.Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energy laut.Namun 90% tsunami adalah akibat gempa bumi dalam laut.PENYEBAB TERJADINYA TSUNAMI Tsunami dapat terjadi jika terjadi ganggun yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air seperti letusan gunung api. .gempa bumi.longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi.yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibattkan terjadinya tsunami.Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus contohnya Gunung Krakatau.

Episenter terletak di atas permukaan bumi. Titik di permukaan bumi tepat di atas hiposenter disebut dengan episenter. Hiposentrum adalah sumber gempa di kedalaman bumi tertentu. Lokasi pusat gempa ditentukan berdasarkan pengukuran gelombang seismik. Hiposentrum Pusat gempa disebut juga dengan istilah hiposenter (hypocenter/hiposentrum) yang berasal dari bahasa Yunani υπόκεντρον yang berarti "di pusat". Berlawanan dengan Hiposenter (Hiposentrum) yang menjadi pusat gempa dan yang terjadi di dalam bumi. di atas lokasi gempa. Episentrum Episentrum adalah titik di permukaan bumi yang berada tepat di atas atau di bawah kejadian lokal yang memengaruhi permukaan bumi.C. . D. adalah titik di dalam bumi yang menjadi pusat gempa bumi.

B. Pada prinsipnya. Seismograf Seismograf adalah sebuah perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. kita dapat menentukan pusat gempa atau posisi dimana gempa tersebut terjadi. atau grafik aktivitas gempa bumi sebagai fungsi waktu yang dihasilkan oleh seismometer.Alat-Alat Pengukur Gempa A. Seismogram Seismogram atau rekaman gerakan tanah. Rekaman ini dapat dipergunakan salah satunya untuk menentukanmagnitudo gempa tersebut. Dengan begitu. . dapat diketahui kekuatan dan arah gempa lewat gambaran gerakan bumi yang dicatat dalam bentuk seismogram. Selain itu dari beberapa seismogram yang direkam di tempat lain. seismograf terdiri dari gantungan pemberat dan ujung lancip seperti pensil.

Isoseista Isoseista yaitu garis dipermukaan bumi yang menghubungkan tempat-tempat dengan intensitas gempa yang sama .E. Teduhseisme Teduhseisme. G. yaitu daerah berbentuk gelang pada permukaan bumi yang tidak diguncang gelombang primer dan sekunder. Homoseista Homoseista yaitu garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat dipermukaan bumi yang dilalui gempa pada waktu yang sama. F.

Berdasarkan hiposentrumnya. gempa vulkanik. gempa dibedakan menjadi gempa linier dan gempa sentral. gempa intermediet. Berdasarkan bentuk episentrum. Berdasarkan penyebabnya.KESIMPULAN Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. gempa dibedakan atas gempa tektonik. . dan gempa dangkal. gempa dibedakan menjadi gempa dalam. gempa runtuhan. dan gempa buatan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->