Nama : Ahmad Rizqy Bp : 1110612087 ASAM AMINO ( TREONIN

)

Asam amino adalah salah satu senyawa yang ada didalam tubuh makhluk hidupyang diantaranya hewan dan manusia yang berguna untuk sebagai sumber bahan

utama pembentukan protein dalam tubuh. Kira-kira 75% asam amino digunakan untuk sintesis protein. Proses metabolisme asam amino mendasari dan memberi pengaruh bagitubuh juga zat lain yang terdapat pada tubuh. Prosesnya yang berkesinambungan juga berkaitan dengan proses pembentukan bahan tertentu bagi kepentingan biologis tubuh. Hal tersebut ini merupakan proses kontinu. Karena protein didalam tubuh secara terus menerus diganti ( protein turnover ).

Kegunaan asam amino. Asam amino adalah unsur2 yang membentuk protein. Kumpulan asam amino di sebut sebagai protein. Sebagai contoh sederhana pengandaian : sebuah bangunan bisa diartikan sebagai protein, sedangkan semen, batu-bata, atap, jendela, pintu, kayu dan bahan2 yang membentuk bangunan tersebut bisa diibaratkan sebagai asam amino.

Asam Amino sendiri di bagi menjadi 3 jenis : 1. Asam amino essensial. 2. Asam amino nonessendial. 3. Asam amino essensial bersyarat.

Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapat dari konsumsi makanan. Asam amino non-esensial adalah asam amino yang bisa diprosuksi sendiri oleh tubuh, sehingga memiliki prioritas konsumsi yang lebih rendah dibandingkan dengan asam amino esensial. Asam amino esensial bersyarat adalah kelompok asam amino non-esensial, namun pada saat tertentu, seperti setelah latihan beban yang keras,

ikan. Asam Amino Treonin Treonin merupakan salah satu dari 20 asam amino penyusun protein. Kehadiran enzim treonin-kinase dapat menyebabkan fosforilasi pada treonin. (2S. yang jarang muncul di alam. Meskipun demikian. Asam ketobutirat kemudian diubah menjadi propionil KoA yang selanjutnya diubah menjadi suksinil KoA. senyawa antara penting pada biosintesis metabolit sekunder. treonin memiliki dua pusat perputaran sehingga ada empat kemungkinan stereoisomer untuk treonin. nama L-treonin hanya dipakai untuk satu enantiomer: asam (2S.3R)-2-amino-3hidroksibutanoat. atau dua diastereomer bagi L-treonin. treonin bersifat esensial. Secara struktural. dinamakan L-allotreonin. Diastereomer kedua. Treonin banyak terkandung pada produk-produk dari susu. CH3CH2COCOOH Asam α ketobutirat CH3CHOH-COCOOH . daging.3S). dan biji wijen. kegunaan threonin (thr) oSalah satu asam amino yang membantu detoksifikasi oMembantu pencegahan penumpukan lemak pada organ hati oKomponen penting dari kolagen oBiasanya kekurangannya diderita oleh vegetarian Metabolisme Treonin Anaerob Treonin mengalami metabolisme yang serupa dengan serin. menghasilkan fosfotreonin. Rantai samping treonin dapat mengalami glikolisasi dengan atom oksigen.produksi dalam tubuh tidak secepat dan tidak sebanyak yang diperlukan sehingga harus didapat dari makanan maupun suplemen protein. Bagi manusia.

bayam. Asam amino esensial. rantai asam amino. dan untuk orang dewasa adalah 7 mg per kg. rajmah. Colocasia. berat badan. RDA untuk anak-anak adalah 28 mg. jambu mete. gandum kuman.3R-2-amino3-hidroksibutanoat Thr T Singkatan . nangka.Asam α keto β ketobutirat CH3-CHOH-CH-COOH NH2 Treonin Di samping metabolisme tersebut treonin juga dapat diubah menjadi glisin dan asetaldehida dengan cara pemecahan molekulnya. Cheraksin William menemukan manfaat treonin untuk mencegah dan mengobati penyakit gangguan mental. struktur asam amino. telur. dan melindungi hati. apel. asam amino protein. labu pahit. beras. CH3CHO + CH2COOH Reaksi pemecahan molekul trionin ini berlangsung dengan enzim aldolase treonin dan Sumber treonin Treonin tersedia dalam banyak pada jagung. suplemen asam amino. daging babi. fieldbean. agathi. Treonin Nama sistematik Asam 2S. selada. biji wijen. susu. dan kembang kol. Defisiensi treonin pada anak-anak dapat berakibat gangguan mental berupa mudah tersinggung. dan makanan asam amino. CH3-CHOH-CH-COOH piridoksal fosfat sebagai koenzim. Sebenarnya asam amino ini bekerja pada sistem pencernaan. kesemek. 20 asam amino. biji bunga matahari. dan ragi. Temukan informasi lengkap dan diperbarui pada asam amino.

96 [72-19-5] CC(O)C(N)C(=O)O Threonin Treonin merupakan suplemen gizi yang penting.Kode genetic Rumus kimia Massa molekul Titik lebur Massa jenis Titik isoelektrik pKa Nomor CAS SMILES ACx (x = sembarang basa N) C4H9NO3 119.20 8.60 2. produk susu. kue. dan triptofan sebagai restorasi kelelahan manusia.12g mol-1 256°C ? g cm-3 5. dapat memperkuat sereal. efek untuk mempromosikan pertumbuhan dan .

sistein. treonin. . pakan ayam. pakan udang dan pakan belut. Defisiensi beberapa asam amino seperti lisin dan metionin sering terjadi dalam penyusunan pakAan. . sebagai pakan treonin asam amino secara luas digunakan untuk menambah pakan babi. Karakteristik Treonin : .Mengatur keseimbangan asam amino dalam pakan untuk meningkatkan pertumbuhan. Defisiensi terhadap asam amino lainnya juga dapat terjadi. Treonin sebagai asam amino pembatas ketiga maka dalam penyusunan pakan ketersediaannya perlu diperhatikan. . metionin). gandum. Bahan pakan sumber energi yang umum digunakan seperti jagung. Efek penambahan Treonin dalam pakan terhadap pertumbuhan ayam pedaging.Dapat mengurangi kotoran ternak dan isi nitrogen urin. sorgum. Menurut Grau (1978 yang disitasi oleh Surisdiarto. Menurut Anggorodi (1995) lisin. dan bekatul kandungan treoninnya rendah. dan triptopan merupakan asam amino pembatas pertumbuhan.Dapat mengurangi biaya bahan pakan. pengelolaan dan produksi serta merupakan bagian semua enzim dalam tubuh (Rasyaf.Meningkatkan pencernaan asam amino nilai gizi bahan pakan rendah . tergantung dari bahan pakan yang digunakan. Semua asam amino tersebut harus terpenuhi dalam jumlah yang seimbang.perkembangan. 1999). Zat tersebut diperlukan untuk pertumbuhan.Dengan peningkatan standar hidup dan berkembang biak industri. . konsentrasi amonia dan pelepasan Hewan Bangunan dalam hal kecepatan.Dapat meningkatkan kualitas daging. pakan babi. protein membantu melestarikan sumber daya.Dapat menghasilkan diet rendah protein. Protein tersusun dari asam amino yang berjumlah 20 sampai 22 buah sehingga kebutuhan protein pada dasarnya adalah kebutuhan akan masing – masing asam amino. asam amino mengandung belerang (sistin. sehingga dilakukan penambahan lisin dan metionin sintetis ke dalam pakan. Pemakaian bahan pakan tersebut dalam pakan jika tidak diimbangi dengan penggunaan bahan pakan yang mengandung treonin tinggi . 1992). Protein adalah unsur pokok alat tubuh dan jaringan lunak tubuh aneka ternak unggas.

77% sedangkan pakan basal dengan defisien treonin yang disusun dari jagung. Penelitian terhadap kebutuhan treonin pada ayam pedaging telah banyak dilakukan. tepung bulu. Treonin merupakan unsur pokok yang sangat penting pada kolagen yang membantu pencernaan dan usus untuk dapat berfungsi c dengan lebih baik (Anonimus. Menurut Rosa et al. dan penilalanin yang tinggi.63 – 0. Defisiensi treonin ini terjadi karena kandungan treonin dalam sesame seed hanyalah 1.68 – 0. metionin. 0.72%. Treonin terdapat dalam bentuk L-treonin (Anonimus. bungkil kacang tanah. dan Rosa et al. (2001) kebutuhan treonin ayam pedaging strain Arbor Acres adalah 0.67% (Kidd et al. b sehingga harus dipenuhi dalam makanan (Anonimus. dan 0. 2008 ). sedangkan defisiensi lisin telah ditutupi dengan menambahkan lisin sintetis dan kandungan metionin dalam pakan tidak defisien karena menurut Almquist (1944) yang disitasi oleh Grau dan Kamei (1949) sesame seed mengandung arginin. 1994). Kebutuhan treonin untuk ayam finisher berkisar antara 0. dan asam amino memiliki kebutuhan treonin 0. Pada kandungan protein yang sama yaitu 20%. Berdasarkan kondisi ini maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap treonin. tepung ikan (herring) akan menimbulkan defisiensi treonin dalam pakan.67% (Lugo and Austic.66 – 0.4%. bungkil kedelai. Treonin dan Kebutuhan Asam Amino untuk Ayam Pedaging Treonin adalah asam amino essensial yang tidak dapat disintesa oleh tubuh unggas.71%. 2008 ).. pakan basal dengan defisien treonin yang disusun dari gandum.60 – 0. Seharusnya treonin sintetis juga ditambahkan ke dalam pakan tersebut karena bila ketiga asam amino pembatas dapat terpenuhi maka pertumbuhan ayam pedaging dapat maksimal.seperti tepung darah.68% sedangkan ayam pedaging strain Leghorn kebutuhan treoninnya 0. 1988).(1996). Menurut Wahju (2004) defisiensi salah satu asam amino bisa menyebabkan penurunan pertumbuhan. Kidd et al. Menurut Wahju (2004) penambahan .83%. diantaranya oleh Davis dan Austic (1982).78%. dan asam amino memiliki kebutuhan treonin 0. 1999). (2001) dengan hasil kebutuhan treonin pada ayam starter secara berturut – turut 0.

dan tingkat kortisol objektif diukur pada siswa usia perguruan tinggi.Risiko ini ditemukan terlepas dari sumber asal (misalnya daging. 20:5. Ini juga dapat disintesis oleh manusia dari makanan linolenat. Asam lemak linolenat hanya dapat diperoleh oleh manusia melalui makanan mereka karena tidak adanya 12 diperlukan . dan asam dokosaheksaenoat (DHA) yang berguna untuk mencegah Alzheimer.asam Eicosapentaenoic (EPA. dan peningkatan risiko kanker prostat. Karena efektivitas asam n -3 lemak rantai panjang tak jenuh ganda (LC-PUFA) sintesis menurun ke bawah jeram dari linolenat konversi asam. asam αlinolenat (ALA).dan 15-enzim desaturase membuat de novo sintesis dari asam stearat mustahil. khususnya dalam mencegah rusaknya membran sel. 18:2. menemukan bukti bias . Sebuah studi tahun 2006 besar tidak menemukan hubungan antara jumlah linolenat asupan asam dan secara keseluruhan risiko kanker prostat. produksi dan terutama efisiensi penggunaan pakan. biji ganja (Cannabis sativa) (20%). ASAM LEMAK ( LINOLENAT ) Asam linolenat merupakan asam lemak tak jenuh majemuk (polyunsaturated fatty acid.metionin ke dalam pakan ayam pedaging menghasilkan perbaikan dalam pertumbuhan. n -6) umumnya diasumsikan untuk mengurangi sintesis EPA karena persaingan antara linolenat dan LA untuk desaturation umum dan enzim pemanjangan. Asam linoleat (LA. Sebuah penelitian (2009) terakhir metastudy. sintesis DHA dari linolenat bahkan lebih terbatas daripada EPA. bagaimanapun. tingkat stres. tetapi dengan efisiensi hanya beberapa persen. dan biji raps (Brassica napus) (9%).Beberapa studi telah menunjukkan hubungan antara alfa-linolenat (ALA). adalah asam lemak Omega-3 yang dikenal memiliki khasiat lebih daripada asam-asam lemak lain. 22:6. Sebuah studi 2005 menemukan bahwa pemberian harian asam lemak linoleat secara signifikan mengurangi kecemasan baik yang dilaporkan sendiri. n -3) dan docosahexaenoic asam (DHA. n -3) sudah tersedia dari minyak ikan dan memainkan peran penting dalam proses metabolisme banyak. yang melimpah di biji rami minyak. PUFA) yang tersusun dari rantai 18 atom karbon. Salah satu isomer asam linolenat. Asam lemak ini juga merupakan prekursor asam lemak Omega-3 lain yang dijumpai pada tubuh manusia: asam eikosapentaenoat (EPA). minyak sayur). Asam α-linolenat nabati dapat diperoleh misalnya dari minyak biji flax (Linum usitatissimum) (55%).

publikasi dalam studi sebelumnya.Kekurangan ini berperan dalam hampir semua penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan kanker. dan sindrom pramenstruasi. radang sendi. struktur Linolenat : CH3CH2CH=CHCH2CH=CHCH2=CH (CH2) 7CO2H Sumber : Minyak biji rami DAFTAR PUSTAKA Dwi Cahyaningrum. neuropati diabetes. dan dalam jumlah kecil di kenari. ditekan dingin minyak canola. NMT UNBRAW.makanan ini tidak terlalu populer dalam makanan khas Amerika. asam alfa-linolenat (LNA atau ALA). EFEK PENAMBAHAN TREONIN DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN AYAM PEDAGING. biji gandum (bagian diambil ketika membuat tepung putih). Dengan sejauh ini sumber makanan terbaik. dan milik keluarga omega-3 asam lemak. peningkatan risiko cukup kecil. sehingga tidak mengherankan bahwa sekitar 95-99% dari penduduk AS kekurangan di ALA lemak esensial. dan menyimpulkan bahwa jika ALA memberikan kontribusi untuk kanker prostat meningkat risiko. Anda dapat menemukan ALA dalam rami (berlimpah). kondisi kulit. ALA adalah biji rami dan minyak rami. . 2008 . dan sayuran berdaun hijau gelap (dalam jumlah kecil). Makanan . skripsi. fungsi kekebalan tubuh.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful