RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH FARMASI RUMAH SAKIT (PROFESI)

Oleh: Satibi, M.Si., Apt Endang Yuniarti, S.Si.M.Si.,Apt Dra Rosita Mulyaningsih, Sp.FRS., Apt

FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA 2011
1

inventory control. Disamping itu juga membahas manajemen pendukung dari pengelolaan obat di rumah sakit yang meliputi: manajemen sumber daya manusia. pendistribusian dan penggunaan obat di rumah sakit. Semester : Farmasi Rumah Sakit : FAP 5271 :2 : Wajib : :I 7. Tujuan pembelajaran: Mahasiswa mengenal dan memahami manajemen farmasi rumah sakit. 2 . Prasyarat 6. 9. Perkiraan banyaknya peserta: 70-80 mahasiswa 8. Nama Mata Kuliah 2. manajemen pendukung dalam manajemen obat. Tujuan pembelajaran Khusus Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: a. Produksi obat di rumah sakit. Sifat 5. SKS 4. farmasi rumah sakit dan panitia farmasi dan terapi serta formularium rumah sakit. manajemen keuangan. Materi-materi tersebut dipertajam dengan studi kasus pada tiap tahap pengelolaan obat. pengadaan. peran farmasi di rumah sakit dan Panitia Farmasi Rumah Sakit. pelayanan satu pintu serta patient safety. Kode 3. handling cytotoxic. pencegahan resep keluar dari farmasi (farmasi satu pintu). patient safety serta handling cytotoxic. PERENCANAAN PEMBELAJARAN 1. manajemen pengelolaan obat. Strategi pengembangan farmasi rumah sakit juga dibahas dalam mata kuliah ini 8. produksi di farmasi rumah sakit. manajemen informasi dan organisasi. Mengerti dan memahami organisasi rumah sakit. Pengelolaan obat yang dimulai dari seleksi.A. CSSD. Diskripsi singkat mata kuliah Manajemen Farmasi Rumah Sakit Mata kuliah Farmasi Rumah Sakit ini mempelajari tentang pendahuluan organisasi Rumah sakit dan Farmasi Rumah Sakit. sistem strililisasi alat kesehatan dan CSSD ( central sterilisation supply demand ). serta manajemen strategi pengembangan farmasi rumah sakit.

note book. mencegah resep keluar dari rumah sakit Memahami indikator-indikator dalam pengelolaan obat di rumah sakit Memahami tentang perubahan farmasi rumah sakit dari cost centre menuju revenue centre memahami handling cytotoxic dalam pelayanan farmasi memahami patien safety dalam sistem pelayanan di rumah sakit Memahami peranan farmasi dalam CSSD Memahami peran farmasi dalam produksi obat di rumah sakit B. OHP. i. note book. g. m. j. LCD. PUT dan EOQ dalam perencanaan obat. VEN. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1. OHP. Tanya jawab Whiteboard. c. pengadaan. d. Memahami sistem pelayanan satu pintu. sound system 3 . k. l. Jadwal Kegiatan Mingguan minggu ke I Pokok Bahasan Pendahuluan organisasi Rumah Sakit dan farmasi rumah sakit II Sistem manejemen informasi obat III Sistem informasi rumah sakit Substansi Klasifikasi Rumah Sakit Struktur Organisasi Rumah Sakit dan farmasi rumah sakit Staff Medik Panitia Farmasi dan terapi Formularium rumah sakit Ruang lingkup farmasi rumah sakit Standar pelayanan farmasi rumah sakit Pentingnya manajemen informasi obat Komponen dalam system informasi obat Pelaksanaan system informasi obat Pengertian sistem informasi Manajemen (SIM) Pentingnya sistem informasi di farmasi rumah sakit SIM dengan kompeterisasi Metode Pembelajaran Kuliah. f. tanya jawab Whiteboard. Soundsystem. h. e. Tanya jawab Fasilitas OHP. LCD. LCD dan whiteboard Kuliah. Memahami peran manajemen sumber daya manusia dalam farmasi rumah sakit Memahami pentingnya sistem informasi manajemen dalam farmasi rumah sakit Memahami pentingnya sistem pengendalian untuk pengelolaan obat di farmasi rumah sakit Memahami siklus pengeloaan obat dari seleksi. sound system Ceramah. distribusi dan penggunaan Memahami analisis pareto.b.

OHP. OHP. note book. CD handling cytotoxic 4 . LCD. mencegah resep keluar - VIII Studi kasus indikator pengelolaan obat di rumah sakit - IX Studi kasus patient saety dalam pelayanan farmasi di rumah sakit - X Studi kasus handling cytitoxic - Pengertian sistem pengendalian Pentingnya sistem pengendalian di farmasi rumah sakit Implementasi sitem pengendaliaan di rumah sakit Siklus pengelolaan obat Seleksi obat di rumah sakit Metode perencanaan Analisis VEN. LCD. note book. LCD. note book. note book. sound system. sound system Studi kasus Whiteboard. sound system Studi kasus Soal ujian.IV Sistem Pengendalian Farmasi rumah sakit - V Studi kasus Seleksi dan perencanaan obat dirumah sakit - VI Studi kasus pengadaan obat di rumah sakit VII Studi kasus distribusi obat di rumah sakit. OHP. LCD. sound system Studi kasus Whiteboard. OHP. LCD. note book. Studi kasus Whiteboard.PUT Inventory control Studi kasus seleksi dan perencanaan obat dengan dana terbatas M etode pengadaan obat di rumah sakit B uffer stok. OHP. sound system Studi kasus Whiteboard. note book.ABC. stok minimal dan maksimal E conomic order quantity R eorder point Metode distribusi di rumah sakit Penyimpanan obat di rumah sakit Pelayanan farmasi satu pintu Strategi mencegah resep keluar dari rumah sakit Pengertian indikator pengelolaan obat Indikaor seleksi dan perencanaan Indikator pengadaan Indikator penyimpanan dan distribusi Indikator penggunaan obat Standar efisiensi dan efektifitas pengelolaan obat Dasar hukum patient safety Arti penting patient safety Peran farmasis dalam patient safety Implementasi patient safety di rumah sakit Pengertian handling cytotoxic Peran farmasis dalam handling cytotoxic Fasilitas dalam handling cytotoxic Persyaratan dalam handling cytotoxic (HC) Implementasi HC Ceramah. sound system Studi kasus Whiteboard. OHP. LCD. tanya jawab Whiteboard. lembar jawaban.

note book. LCD. pengedaan obat. distribuís obat mencegah resep keluar dari rumah sakit. tanya jawab dan studi kasus berupa diskusi untuk merangsang mahasiswa belajar mandiri di rumah serta diskusi studi kasus yang ada. sedangkan kelompok lainnya (mahasiswa lain) sebagai penanya/penyanggah. note book. note book. patien safety. LCD. sound system Studi kasus Whiteboard. indikator pengelolaan obat. Dosen pengampu membuat dan mengisi formulir/ blangko penilaian diskusi pada setiap diskusi kelas. Dengan model diskusi tersebut diatas diharapkan dapat memberikan kesempatan yang sama terhadap semua mahasiswa untuk terlibat dalam diskusi kelas. LCD. sound system Kuliah tanya jawab Ujian tertulis Whiteboard. sound system Kuliah tanya jawab Whiteboard. Dalam studi kasus mahasiswa dibagi menjadi 8 (delapan) kelompok. menjawab dan menyanggah serta penguasaan materi dari masing-masing mahasiswa secara individu. note book. 5 . sound system Soal dan lembar jawaban 2. Hal ini dilakukan mengingat jumlah mahasiswa yang cukup besar. Keaktifan mahasiswa dalam diskusi kelas dinilai berdasarkan keaktifan bertanya. teknis dan bisnis Pengertian CSSD Alat dan fasilitas dalam CSSD Bahal dan alkes dalam CSSD Macam sterilisasi Pencegahan infeksi nosokomial Ruang lingkup produksi Macam produksi di IFRS Semua materi kuliah dan studi kasus Kuliah tanya jawab Whiteboard. Metode Pembelajaran dan Bentuk Kegiatan Pembelajaran dilakukan dengan ceramah tatap muka dikelas.XI Quality Assurance di Farmasi RS - XII Studi kasus merancang farmasi rumah sakit dari cost centre menuju revenue centre Peran Farmasis dalam CSSD - XIII - XIV XV Produksi di IFRS Ujian Akhir Pendahuluan tentang Quality Assurance Model Quality assurance di Farmasi rumah sakit Pelaksanaan Quality Assurance di Farmasi rumah sakit. OHP. Pengertian cost centre dan revenew centre Bisnis plan farmasi rumah sakit Tinjauan aspek pasat. OHP. Kepada masingmasing kelompok diberi tugas penelusuran jurnal atau case study terhadap kasus yang ada. Pada pelaksanana diskusi kelas dipilih masing-masing 1 kelompok penyaji. kemudian dibuat makalah untuk semua topik diskusi (seleksi dan perencanaan. dan handling citotoxic). OHP. LCD. OHP.

. J..< 55 E jika nilai < 45 D... 1997.< 65 D. 2nd Ed.. Strategic Management Concept and Cases.John Willey and Sons. Hasil Pembelajaran Hasil pembelajaran dapat diukur dari evaluasi yang dilakukan berupa kuis. penyusunan makalah dan ujian akhir semester. T. R. J. PERENCANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN 1. A. O’Connor. J.. ujian disipan aktivitas diskusi (keaktifan bertanya. Lea and Febiger.D.R. A. Model Quality Assurance Program for Hospital Pharmacy. Hospital Pharmacy. Philadelphia Quick.. 2. 1992. JR. University of Alabama 20% 20% 60% 100% Penilaian berdasarkan standar yang sudah ditetapkan. England Thompson. W.O. Managing Drug Supply. Fifth ed.R. P. Rankin. David. USA Hassan. P..A.R. 2005. Z.. jika nilai 65 . menjawab dan penguasaan materi). second edition. Ltd.C. Kumarin Press.< 75 C jika nilai 55 . DAFTAR PUSTAKA Anonim. Penilaian (student assessment) Aspek penilaian meliputi: Makalah Diskusi Ujian akhir TOTAL A. 1998.. West Harford.E. jika nilai 45 . Management.Jr. The McGraww-Hill Compony. Laing. Shane.. 3rd Ed.. ASHP Dessele. 1996. USA Brown. USA Schermerhorn. Strickland III.. Institutional Pharmacy Practice. Pharmacy Management Assentials for All Practice Setting . J.W. jika nilai >= 75 B. yaitu: 6 . 9th Ed. 1994.