P. 1
Laporan Pengamatan Struktur Daun, Batang Dan Akar BaB II

Laporan Pengamatan Struktur Daun, Batang Dan Akar BaB II

|Views: 2,660|Likes:
Published by fanbee48
asasasa
asasasa

More info:

Published by: fanbee48 on May 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2013

pdf

text

original

A.

Laporan Hasil Pengamatan struktur Akar, Batang & Daun
Tujuan : Mengamati Struktur pada organ Daun, Batang dan Akar pada tumbuhan dengan
menggunakan Mikroskop. Dan agar dapat membedakan struktur dari akar, batang dan daun dari tumbuhan dikotil dan monokotil sehingga dapat lebih memahami apa perbedaan dan persamaan dari struktur organ Daun, Batang dan Akar pada tumbuhan Dikotil dan Monokotil dengan menggunakan preparat yang sudah jadi dan preparat yang disiapkan sendiri.

Dasar Teori :
- Struktur organ tumbuhan baik dikotil maupun monokotil. - Membandingkan masing-masing organ tumbuhan. - Jaringan-jaringan yang membentuk sebuah organ pada tumbuhan. - Bagian-bagian dari organ tumbuhan.

Alat & Bahan
1. Kecambah Kacang 2. Daun Kembang Sepatu 3. Air 4. Mikroskop 5. Kaca Objek 6. Silet/cutter 7. Pipet 8. penjepit 9. Tisu 10. Preparat batang dikotil dan monokotil (yang sudah jadi)

Cara Kerja Pengamatan Pada Akar
1. Membuat irisan setipis mungkin secara melintang pada akar kecambah setipis dengan menggunakan Silet yang tajam. 2. Menggunakan penjepit untuk meletakan bagian akar yang sudah dipotong setipis mungkin di atas kaca objek yang sudah disiapkan. 3. Meletakan kaca objek yang sudah berisi irisan melintang akar kecambah pada mikroskop 4. Mengamati dan Menggambar hasil yang terlihat pada mikroskop. Biologi XI IA 3, 2010

3. 2010 . Mengamati dan menggambar hasil pengamatan yang terlihat pada mikroskop. Meletakan kaca objek pada mikroskop. 4. Mengamati dan menggambar hasil pengamatan berupa struktur batang dikotil dan monokotil yang terlihat pada mikroskop. Menggunakan penjepit untuk meletakan hasil irisan melintang pada daun kembang sepatu pada kaca objek yang telah disiapkan.Cara Kerja Pengamatan Pada Batang 1. Cara Kerja Pengamatan Pada Daun 1. Membuat irisan melintang pada daun kembang sepatu setipis mungkin dengan menggunakan silet yang tajam. Meletakan preparat yang sudah jadi dari batang dikotil dan monokotil pada mikroskop secara bergantian. 3. 2. Biologi XI IA 3. Dalam mengamati struktur pada batang dikotil dan monokotil dapat menggunakan preparat jadi yang telah dipersiapkan sebelumnya 2.

2010 .Hasil Pengamatan Pada Penampang Melintang Akar Akar monokotil Akar Dikotil Hasil Pengamatan Pada Penampang Melintang Batang Batang monokotil Batang Dikotil Hasil Pengamatan Pada Penampang Melintang Daun Daun monokotil Daun dikotil Biologi XI IA 3.

Batang Pada batang dikotil. dan tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Letak xylem primer tetap di tengah-tengah akar. Susunan anatomi daun adalah tersusun atas jaringan : Epidermis Parenkim (mesodfil) Ikatan pembuluh berupa Xilem Dan Floem B. epidermis. Prokambium berasal dari meristem apical. tunas ketiak. koerteks. Susunan anatomi akar tersusun atas jaringan : Epidermis Korteks Endodermis Stele (silinder Pusat) Biologi XI IA 3. sedang floem akan terdesdak ke tepi endodermis. 2010 . Prokambium yang terletak di antara xylem dan floem akan berkembang menjadi kambium. Akar Akar berasal dari meristem apical di ujung akar yang akan berdifernsisasi menjadi jaringan primer. Jaringan sekunder pada akar dikotil berasal dari cambium. yang pertama adalah daun. Akar monokotil tidak memiliki cambium sehingga tidak memiliki jaringan sekunder. pertumbuhan batang dimulai dari meristem apical ujung batang yang akan berdiferensiasi menjadi jaringan primer seperti bakal daun. Ikatan pembuluh berasal dari prokambium. Organ pada tumbuhan terbagi atas 3 bagian.Pembahasan Organ adalah kumpulan dari jaringan-jaringan. ikatan pembuluh. gutas (pentikan air). sehingga di antara kelompok ikatan pembuluh terdapat kelanjutan parenkim empulur seperti jari-jari roda. kedua adalah batang. Daun Daun merupakan organ fotosintesis. A. Susunan anatomi batang tersusun dari jaringan : Epidermis Korteks Stele (silinder pusat) Karena kelompok ikatan pembuluh tidak merata ke sekelilinh ikatan cambium. C. alat ekskresi (penguapan). dan empulur. dan ketiga adalah akar.

Yaitu berupa daun.wikipedia. 2006. 19-30 Biologi untuk SMA KELAS 2 (KTSP).erlangga. 2006. 2006.com//org//jaringan-tumbuhan//akarbatang-daun Biologi XI IA 3. Daftar Pustaka Biologi untuk SMA kelas XI (ktsp). akar dan batang. Beberapa dari struktur/ciri-ciri yang terdapat dari ke-3 organ tumbuhan tersebut memiliki kesamaan satu sama lain. hal 48-57 http://www. hal 15-16 Serasi Kelas XI Semester I.Kesimpulan Organ-organ yang terdapat pada tumbuhan. Dan juga dari ketiga organ tumbuhan tersebut memiliki perbedaannya masing-masing. Namun tujuan dari adanya ketiga organ tersebut adalah untuk melangsungkan terjadinya kehidupan bagi tumbuhan itu sendiri yang akan menghasilkan manfaat bagi manusia yang menjaga dan merawatnya. hal.esis. 2010 .

2010 .Lampiran Biologi XI IA 3.

2010 .LAPORAN PERCOBAAN Mata Pelajaran BIOLOGI (jaringan tumbuhan) Nama :: M. Taufan Iskandar Kelas :: XI-IA 3 Biologi XI IA 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->