Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Tuesday, February 9, 2010 Dituliskan oleh Syiham Al Ahmadi Gangguan sistem pencernaan dapat disebabkan oleh pola makan, kebiasaan hidup, infeksi, maupun gangguan alat-alat dalam. Beberapa gangguan yang terjadi dalam pencernaan makanan adalah sebagai berikut. 1. Paratitis, disebut juga penyakit gondong. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Hal ini merupakan suatu kondisi, yaitu terjadinya infeksi pada kelenjar parotis. 2. Xerostomia, kelainan yang menyebabkan produksi saliva sedikit. 3. Gastritis, yaitu radang kronis yang terjadi pada lapisan mukosa dinding lambung, penyebabnya karena makanan yang terkena kuman atau kelebihan HCl. 4. Disfagia, adalah keadaan lambung yang rusak akibat alkohol dan suatu racun tertentu. 5. Peritonitis, terjadi akibat peradangan yang terjadi pada selaput perut. 6. Hepatitis, yaitu infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Penyakit ini dapat menular melalui makanan atau minuman, transfusi darah, hubungan seksual, pemakaian jarum suntik lebih dari satu orang. 7. Apendisitis, penyebabnya karena adanya radang yang terjadi pada usus buntu. Keadaan ini bisa disebabkan karena makanan yang membusuk atau karena infeksi bakteri. 8. Konstipasi disebut juga sembelit, yaitu keadaan sulit buang air besar pada seseorang. Ini bisa disebabkan karena penyerapan air di dalam usus besar yang berlebih, sehingga feses menjadi keras. Perasaan stres dan takut juga dapat memicunya. 9. Diare, penyakit ini diakibatkan oleh infeksi bakteri pada kolon sehingga mengakibatkan gangguan pada penyerapan air, akibatnya feses menjadi encer atau mencret. 10. Hemoroid, penyakit ini muncul karena pecahnya pembuluh vena di daerah anus. Sembelit dapat memicu terjadinya kelainan ini.

Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia
Posted on April 25, 2010 by yetisyukriyati| Leave a comment

Contoh gangguan – gangguan pada sistem pencernaan pada manusia adalah
1. Gastritis

Artinya adalah peradangan mukosa lambung. Gangguan ini umum terjadi, terutama pada orang yang berusia lanjut. Gastritis jarang menyebabkan gejala – gejala yang serius. Gastritis menimbulkan peradangan yang tidak begitu berbahaya, tetapi berlangsung lama sehingga menyebabkan rusaknya mukosa lambung. Para peneliti saat ini yakin hamper tidak ada makanan yang menyebabkan iritasi pada bagian lambung, kecuali cairan asam lambung yang berlebihan. 2. Konstipasi Gangguan ini berarti lambatnya pergerakan feses melalui usus besar dan sering dihubungkan dengan jumlah feses yang kering dank eras pada kolon yang menumpuk karena lamanya waktu penyerapan cairan. Penyebab konstipasi adalah kebiasaan buang air yang tidak teratur dan kurangnya minum air putih juga makan makanan yang berserat.

yaitu dengan mengonsumsi pil pelarut lemak serta mengurangi porsi dan jadwal makan. 3. 5. Memakan makanan kaleng yang dapat terkontaminasi bakteri Clostridium botulium . Melakukan diet dengan ekstrim. yaitu makan besar – besaran atau sebanyak – banyaknya tetapi dimuntahkan kembali dengan sengaja menggunakan obat pencahar. Minuman keras yang dapat memicu pengeluaran getah lambung. mukosa akan teriritasi secara luas sehingga kecepatan sekresinya sangat tinggi. Gas nitrogen dan oksigen lebih banyak berada dalam lambung dan dapat dikeluarkan dengan bersendawa. 4. gas yang dihasilkan bakteri atau gas dari difusi darah yang masuk ke saluran pencernaan. Gas – gas tersebut berupa udara yang tertelan. Penyebab umum dari pankreasitis adalah alkohol dan terhambatnya tonjolan vateri ( akhir saluran pengeluaran pankreas ) oleh batu empedu. Flatus Masuknya gas – gas dalam saluran pencernaan. Diare ada yang disebabkan oleh bakteri kolera dan terkadang oleh bakteri lain seperti Bacillus. Toksin kolera menstimulus sekresi elektrolit dan cairan yang berlebihan dari ileum dan usus besar. Diare Diare terjadi akibat pergerakan yang cepat dari materi tinja sepanjang usus besr. sedngkan gas-gas lain. EDISI SPESIAL Halaman Berita Kelainan Dan Gangguan Pada Sistem Pencernaan with 16 comments Beberapa macam kelainan dan gangguan pada sistem pencernaan manusia. antara lain adalah sebagai berikut : . metana dan hydrogen lebih banyak berada dalam usus besar yang dihasilkan oleh bakteri.3. yaitu CO2. patogen usus besar. infeksi paling luas terjadi pada usus besar dan pada ileum. Gangguan sistem pencernaan ini dapat terjadi karena : 1. Pankreasitis Merupakan peradangan dan ini dapat terjadi baik dalam bentuk pankreasitis akut (berlangsung cepat dan parah) maupun pankreasitis kronis (berlangsung lama). Bulimia. Dimanapun infeksi terjadi. 2. 4. Pada diare.

8. Gejala-gejala hemaroid meliputi rasa gatal-gatal. 2. ketidaksanggupan mencerna (salah cerna) berlangsung terus menerus. Geajala-gejala keracunan makanan meliputi muntah-muntah. Bakteri dalam makanan dapat membahayakan atau menghasilkan racun yang membahayakan tubuh. Hemaroid cenderung berkembang pada orang-orang yang terlalu lama duduk terus menerus atau pada orang yang menderita sembelit. Kondisi ini disebut radang usus buntu atau apendistis. umumnya disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam makanan. usus besar mengabsorpsi air secara berlebihan dari feses dan menyebabkan feses menjadi kering dan keras. Radang yang akut dapat disebabkan oleh makanan yang kotor. sering meluas melalui air atau makanan yang terkontaminasi oleh virus. zat-zat beracun. Bila hal ini terjadi. 3. nyeri dan pendarahan. adalah suatu radang yang akut atau kronis pada lapisan mukosa dinding lambung. yaitu gejala-gejala permulaan dari kanker lambung hampir sama dengan gejala-gejala yang disebabkan gangguan lain pada alat pencernaan. rasa gelisah. Hemaroid. 6. 5. cemas. atau makanan yang dapat menimbulkan iritasi pada dinding usus. takut atau stress. . Sembelit yang kronis bila defekasi terlambat. sedikit rasa muak. kehilangan nafsu makan. pengeluaran feses menjadi sulit. Kanker lambung. dan radang yang kronis disebabkan oleh kelebihan asam dalam lambung.1. adalah pembengkakkan vena didaerah anus. 4. Menahan buang air besar pada waktu-waktu yang normal dapat menyebabkan sembelit. bila usus buntu (umbai cacing) meradang. Semebleit dapat juga disebabkan emosi seperti rasa gelisah. Diare. Radang hati yang menular (Hepatitis). Keracunan makanan. antara lain merasa panas. nyeri (sakit) rongga dada dan perut serta demam. Gastritis. dapat ditimbulkan karena adanya iritasi pada selaput dinding kolon oleh bakteri disentri. diet yang jelek. dan kadang-kadang timbul rasa nyeri pada lambung. Hemaroid juga sering terjadi pada wanita hamil dan orang-orang yang terlalu gemuk. 7. rasa gembung dan rasa gelisah sesudah makan. merupakan infeksi virus pada hati. Radang usus buntu. membengkak dan terisi oleh nanah. diare.

Mereka cenderung keras kepala. emosional. Hoon Cho. WHO memperkirakan lebih dari 250 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes. baik secara sosial maupun ekonomi. Wartawan. Penderita diabetes lebih banyak mendapatkan manfaat dalam perawatan holistik untuk tubuh dan pikiran. Seperti yang disampaikan seorang profesor akupunktur dr. ketidakseimbangan glukosa darah di otak dapat terjadi. dan sekitar 300 juta orang berisiko menderita penyakit diabetes. seperti akupunktur. dan mengendalikan. direktur. Berdasarkan teori lima elemen. pengusaha. “Mengapa kita berpikir seperti ini? Mengapa kita selalu mengkhawatirkan diri kita agar menjadi lebih cerdas? Lantas . Umumnya dipercaya bahwa kondisi mental yang obsesif merupakan ketidakseimbangan fungsional dari energi pankreas dan limpa. Penderita membutuhkan jantung yang tenang dan baik. Jika tidak. Dari sudut pandang ilmu pengobatan Cina. seperti pencernaan. dan akhirnya melukai seluruh tubuh dan melelahkan pankreas itu sendiri. dan aktivitas pikiran. Setiap tahun penderita diabetes bertambah 7 juta orang. Diabetes dapat juga disebabkan sebagai hasil dari pembakaran energi pankreas akibat keinginan mencapai lebih banyak hal dalam hidup akan kesuksesan materi. Kelompok limpa dan pankreas merupakan „rumah‟ dari energi yang berkaitan dengan mekanisme fisik yang berbeda. penderita diabetes tidak boleh terlalu analitis atau terlalu khawatir. Ilmu pengobatan Cina mengatakan tentang kapasitas mencerna kepahitan. qigong. pengaturan dan penyimpanan lemak. diabetes sudah merupakan masalah global dengan dampak yang sangat buruk pada manusia. dan ginjal yang sabar untuk mendukungnya. dan politisi berisiko tinggi menderita diabetes. hati tanpa kekhawatiran. penulis. pengacara. sirkulasi getah bening. meditasi. dan yoga. profesor. Apakah ilmu pengetahuan terkini telah menemukan obatnya? Atau akankah ilmu pengetahuan terus mencari cara yang memungkinkan penderita tetap hidup dengan diabetes seumur hidupnya? Penyakit Diabetes dari Sudut Pandang Ilmu Pengobatan Cina Dalam ilmu pengobatan Cina dikenal dengan teori lima elemen. reproduksi. penderita diabetes cenderung lebih rentan terhadap obsesi.Menurut IDF (International Diabetes Federation). Penderita diabetes sering kali sangat cerdas dan secara mental aktif.

buah yang dimakan bersama kulitnya ( apel. gum. rebung. beta-glukan. sayuran tunas ( asparagus. taoge ). daun sayuran / atau sayuran yang dimakan bersama batangnya ( kailan. Bentuknya mirip busa spon dan mampu menyerap airtiga kali volumenya. kacang kapri. berkat jasa dua orang ilmuwan asal Inggris. buncis ). hemiselulosa dan lignin. penyakit diabetes juga dikenal dengan penyakit orang kaya. rumput laut. beras merah. Menurut pendapat saya lebih baik menjadi sehat daripada terlalu cerdas!”. Bahan makanan sumber pektin diantaranya adalah jeruk.Memperlambat kenaikan gula darah.kita akan menjadi penderita diabetes yang cerdas.selulosa. Berdasarkan jenisnya. Kesimpulan mereka . kacang hijau dan kacang tolo. Serat makanan sebenarnya adalah bahan yang menyusun dinding sel tanaman. havermouth. Ketika itu. gandum. orang Barat yang pola makannya miskin serat akan menjadi lebih sehat jika mau meningkatkan konsumsi seratnya. setelah mereka berdua lama bekerja di Afrika Selatan.Memberikan perasaan kenyang lebih lama. sayuran buah ( tewel / gori / nangka muda. karena itu hanya terdapat dalam bahan makanan asal tumbuh – tumbuhan. . pir. dikenal dua macam serat . psillium. Sedangkan kelompok serat yang larut dalam air diantaranya adalah: . sayuran polong ( kacang panjang. pisang. sehingga dibutuhkan sedikit insulin untuk mengubah . Bahan makanan sumber serat tak larut dalam air diantaranya bekatul. Apa saja fungsi utama serat larut air? .pektin. sehingga perolehan energi menjadi berkurang. . kacang merah.Menghambat proses pencernaan di dalam usus. apel. pir. sereal. anggur ). Mengkonsumsi makanan berserat diketahui dapat menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh dan sangat bermanfaat bagi diabetisi. yaitu serat yang tak larut dalam air dan serat yang larut dalam air. Pektin dimasukkan ke dalam serat larut dalam air karena bentuk fisiologisnya berbentuk gel . keluwih ). seledri ). Menurut cerita orang Cina. biji – bijian ( termasuk selasih ) dan cincau. sawi. jagung. Manfaat mengkonsumsi makanan berserat didalam bidang kesehatan telah dikenal sejak tahun 1970. Kelompok serat tak larut dalam air terdiri dari: . mereka menemukan bahwa penyakit – penyakit yang banyak menyerang orang Eropa ternyata jarang menyerang orang Afrika yang pola makannya kaya makanan berserat. pepaya.

serta mengeluarkannya melalui proses buang air besar (BAB). Coba simak daftar makanan kaya serat berikut ini : a. Membantu proses detoksifikasi. Anda merasa bahwa selama ini jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat . Fungsi utama serat tidak larut adalah memperpendek waktu transit makanan di dalam usus dan meningkatkan massa tinja. Alpokat.Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan motilitas (pergerakan) usus besar. Pisang 4 e. . mengurangi risiko wasir dan kanker kolon.Mengurangi risiko penyakit jantung. Mencegah usus buntu. taoge 3 Berdasarkan penelitian dan pengamatan dari para ahli kesehatan bahwa dengan sering mengkonsumsi makanan berserat dalam porsi yang wajar dimana akan bermanfaat sekali bagi tubuh kita. Sementara itu serat pangan tidak larut adalah serat yang tidak dapat larut. Mencegah sembelit 9. . . Memperbaiki mood 7. Seandainya jika sampai saat ini . dan kolesterol. Apel . Jeruk Keprok 7 ( kandungan serat per gram % ) b. Brokoli . sehingga proses BAB lancar. Membuat awet muda 11. memperlancar proses BAB. membantu mengatasi anemia 5. rambut dan kuku 3. Membantu mengatasi diabetes 8.Membantu mengendalikan berat badan dengan memperlambat munculnya rasa lapar. Tabel Makanan Berserat Tinggi: . lemak. Jeruk Bali 6 c. maka mulai saat inilah waktu yang paling tepat untuk lebih banyak lagi mengkonsumsi makanan berserat . jagung muda. Membantu perkembangan BAKTERI BAIK dalam usus 6.Meningat asam empedu. Bayam. Pir. wortel 5 d. karena makanan berserat akan membantu sekali dalam hal : 1. Kiwi. Menurunkan kolesterol 2. Membantu menurunkan berat badan 10. baik di dalam air maupun di saluran pencernaan. Membantu mencegah kanker usus besar dan kanker payudara 12. Sifat yang menonjol adalah kemampuannya menyerap air serta meningkatkan tekstur dan volume tinja. . 4.glukosa menjadi energi. Memperindah kulit. Jambu Biji . Strawberi. Buncis.