P. 1
Asam Karboksilat n Ester Ppt

Asam Karboksilat n Ester Ppt

|Views: 562|Likes:
Published by Ariska Andraini
ASAM KARBOKSILAT DAN ESTER
ASAM KARBOKSILAT DAN ESTER

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Ariska Andraini on May 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/07/2015

pdf

text

original

LOGO

Asam Karboksilat dan Ester
Created By :

Ariska Andraini

Asam karboksilat dan ester mempunyai persamaan dalam hal rumus umumnya yaitu CnH2nO2. Adapun perbedaannya terletak pada gugus fungsi dan strukturnya.

Asam butanoat ( asam karboksilat )

metil propanoat ( ester )

.

Asam Karboksilat .

.Rumus Umum • Rumus umum asam karboksilat adalah R-COOH atau ArCOOH. Ciri khusus dalam asam karboksilat adalah terdapatnya gugus fungsi karboksil (-COOH). dimana : R : Alkil Ar : Aril -COOH : Gugus karboksil.karboksil diambil dari karbonil (-CO-) dan hidroksil (-OH).

Tata Nama Karboksilat IUPAC TRIVIAL (nama umum) .

Nama IUPAC 1) Pemberian nama asam karboksilat dilakukan dengan mengganti akhiran –a pada nama alkana dengan –oat. . Contoh : 2) Tentukan rantai utama (rantai dengan jumlah atom karbon paling panjang yang mengandung gugus karboksil).

3) Tentukan substituen yang terikat rantai utama. tri-. sek-. Contoh : 5) Jika terdapat 2 atau lebih substituen berbeda dalam penulisan harus disusun berdasarkan urutan abjad huruf pertama nama substituen. dan neo-) diperhatikan dalam penentuan urutan abjad. 4) Penomoran substituen dimulai dari atom C gugus karboksil. ters-. Contoh : 7) Awalan di-. Contoh : bukan Asam-3-neopentil-2-metilheksanoat tetapi Asam 2-metil-3neopentilheksanoat . Contoh: 6) Penambahan kata “asam” pada awal nama senyawa. tidak perlu diperhatikan dalam penentuan urutan abjad sedangkan awalan yang tidak dipisahkan dengan tanda hubung (antara lain : iso-.

Contoh : . d) Penomoran substituen dimulai dari atom karbon yang mengikat gugus karboksil dengan huruf α. c) Penambahan kata “asam” pada awal nama senyawa. b) Tentukan substituen yang terikat pada rantai utama. β.penamaan yang didasarkan dari sumber penghasilnya. Nama TRIVIAL(Umum) 1) Tak bercabang 2) BERCABANG a) Tentukan rantai utama (rantai dengan jumlah atom karbon paling panjang yang terdapat gugus karboksil). γ.

Oksidasi alkil benzena d. Hidrolisis senyawa nitril . Oksidasi alkohol primer b. Karbonasi pereaksi Grignard c.Cara Pembuatan asam karboksilat a.

b. hidrogen klorida dan gas belerang dioksida . Reduksi Reduksi asam karboksilat dengan katalis litium alumunium hidrida menghasilkan alkohol primer. Reaksi dengan basa Asam karboksilat bereaksi dengan basa menghasilkan garam dan air. c.REAKSI a. Reaksi dengan tionil diklorida Asam karboksilat bereaksi dengan tionil diklorida membentuk klorida asam.

Reaksi yang terjadi merupakan reaksi kesetimbangan. f. e. . asam karboksilat membentuk ester.d. asam karboksilat membentuk amida dan air. asam karboksilat terdekarboksilasi membentuk alkana g. Halogenasi Asam karboksilat dapat bereaksi dengan halogen dengan katalis phosfor membentuk asam trihalida karboksilat dan hidrogen halida. Esterifikasi Dengan alkohol. Dekarboksilasi Pada suhu tinggi. Reaksi dengan amonia Dengan amonia.

pemusnah hama. pelapuk kayu.  Asam stearat: Dapat dipakai dalam pembuatan lilin  Na benzoat: garam dari asam karboksilat digunakan sebagai pengawet makanan. pembentuk karat pada besi.Kegunaan Asam Karboksilat  Asam format: sebagai penggumpal getah karet (lateks). .  Asam asetat:Dapat digunakan dalam pengolahan makanan dan penahan warna agar tidak luntur.

Ester Rumus Umum Tata Nama Cara Pembuatan Reaksi Kegunaan .

Ester merupakan salah satu turunan asam karboksilat yang memiliki rumus umum R-COO-R’. R’ : Alkil.: Gugus fungsi ester Rumus umum . dimana : R. Aril -COO.

Tata Nama Ester .

tetapi tanpa kata asam. kemudian diikuti nama asam tsb. diawali dengan menyebut nama gugus alkil/aril yang menggantikan atom H dalam gugus –COOH pada asam induknya. Langkah-langkah penamaan ester 1) Tentukan jenis alkil dan nama asam karboksilat (nama sistematik) yang terdapat dalam struktur. Contoh : Nama IUPAC . Dalam pemberian nama ester.

• 2) Urutan penulisan diawali nama alkil kemudian nama asamnya (tanpa kata “asam”). • Contoh : • Nama : Etil etanoat .

• Tentukan jenis alkil dan nama asam karboksilat (nama trivial) yang terdapat dalam struktur. Contoh : . Contoh : Nama Trivial • 2) Urutan penulisan diawali nama alkil kemudian nama asamnya (tanpa kata “asam”).

Cara Pembuatan Ester  Mereaksikan asam karboksilat dan alkohol dengan katalis asam  Mereaksikan klorida asam dengan alkohol  Mereaksikan anhidrida asam dengan alkohol .

. Reaksi ini disebut reaksi penyabunan.Reaksi Ester • Hidrolisis • Ester bereaksi dengan air pada suasana asam menghasilkan asam karboksilat dan alkohol. • Ester bereaksi dengan basa kuat encer menghasilkan garam asam karboksilat dan alkohol.

etil butirat (strawberi). 4dikarboksilat menghasilkan poliester. Etil asetat (pisang). oktil asetat (jeruk). • Minyak banyak digunakan untuk pembuatan sabun . amil valerat (apel) • Amil asetat sebagai pelarut damar • Bahan pembuat perekat dan cat emulsi • Bahan pembuat kain. yaitu dari hasil esterifikasi etilen glikol dengan asam benzena 1.Kegunaan Ester • Digunakan sebagai esen sintetis yang beraroma buah-buahan. amil asetat (nanas).

..!!!! Thank u for ur attention ...see u next time ...

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->