P. 1
Sambutan Bupati Pada Lokakarya Multipihak Implementasi PERDA No 3 Tahun 2013

Sambutan Bupati Pada Lokakarya Multipihak Implementasi PERDA No 3 Tahun 2013

|Views: 16|Likes:
Published by Ronny Budiman
Sambutan bupati pada lokakarya multipihak implementasi perda kesehatan
Sambutan bupati pada lokakarya multipihak implementasi perda kesehatan

More info:

Published by: Ronny Budiman on May 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2013

pdf

text

original

SYALOOM !

SAMBUTAN BUPATI MINAHASA UTARA LOKAKARYA MULTIPIHAK IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN MINAHASA UTARA NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG PELAYANAN PUBLIK KESEHATAN 9 APRIL 2013
YANG TERHORMAT, • PIMPINAN DAN ANGGOTA BADAN LEGISLASI DPRD KABUPATEN MINAHASA UTARA • PIMPINAN DAN ANGGOTA KOMISI C DPRD KABUPATEN MINAHASA UTARA • SEKRETARIS DAERAH DAN PARA ASSISTEN SETDA KABUPATEN MINAHASA UTARA • KOORDINATOR BASICS-CIDA PROPINSI SULAWESI UTARA DAN JAJARANNYA • KEPALA SKPD SE-KABUPATEN MINAHASA UTARA • ORGANISASI MASYARAKAT SIPIL • ORGANISASI PROFESI KESEHATAN • PARA FASILITATOR DAN PESERTA LOKAKARYA SEKALIAN YANG KAMI HORMATI

Salam Sejahtera bagi kita semua. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita patut mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat dan cinta kasih-Nya sehingga kita bisa menikmati hari ini dengan tubuh yang sehat dan diberkati.

Hadirin yang kami hormati..... Kesehatan bagi setiap orang pada hakikatnya merupakan bagian dari hak asasi manusia. Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB menyebutkan bahwa setiap orang berhak mendapatkan

yaitu keadaan biopsikososial yang oleh World Health Organization (WHO) merumuskan dengan cakupan yang lebih luas. kondisi dan kemampuan masyarakat baik laki-laki.suatu standar kehidupan yang memadai untuk kesehatan. Tidak hanya kesadaran masyarakat yang perlu digiatkan untuk berperilaku hidup sehat. UndangUndang tentang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 serta aturanaturan lainnya yang berkaitan dengan pelayanan di bidang kesehatan. namun perlu adanya kebijakan yang sifatnya memaksa para pihak yang terkait dengan layanan kesehatan untuk mendorong pembangunan kesehatan yang lebih baik. Setiap orang menginginkan dirinya dalam keadaan sehat. Hal ini juga diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28. yaitu keadaan menerima manfaat dari pelayanan kesehatan maka pemerintah perlu membuat regulasi untuk menjamin kesetaraan dalam pelayanan kesehatan. maupun sosial. ia harus dalam keadaan sempurna baik fisik. mengakses dan fundamental setiap individu karena itu pemerintah bertanggung jawab agar hak hidup sehat penduduknya terpenuhi. Artinya orang yang tidak berpenyakit pun belum tentu dikatakan sehat.1948 yang menyatakan bahwa kesehatan adalah hak yang tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat fisik. Untuk mencapai kondisi sehat dengan keadaan sempurna fisik. Hal ini didasari oleh amanah Organisasi Kesehatan Sedunia WHO. maka layanan kesehatan sebagai sarana untuk mewujudkan keadaan sehat tersebut perlu mendapat perhatian serius. maupun sosial. perempuan maupun anak-anak dalam berpartisipasi. . mental. akan tetapi juga kesempurnaan mental maupun sosial. mental. Oleh karena adanya keberagaman kebutuhan. termasuk jika diperlukan tindakan afirmatif.

pembangunan karena ikut pendapatan. Kesehatan akan dalam pembangunan. Pembangunan Bidang Kesehatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. pembangunan kapasitas dasar manusia akan Keberhasilan pembangunan kesehatan juga akan berpengaruh terhadap pembangunan bidang pendidikan karena hanya orang yang sehat yang akan dapat mengikuti proses belajar dengan baik. kesehatan memiliki kedudukan yang sangat strategis kesehatan merupakan salah satu faktor yang memenuhi kebutuhan menentukan kualitas manusia. dengan tujuan untuk meningkatkan usia harapan hidup bagi peningkatan perlindungan terutama diarahkan meningkatkan kemampuannya dalam mengakses berbagai sumber daya baik sumber daya ekonomi maupun sumber daya sosial guna meningkatkan kualitas dan akan kesejahteraan meningkatkan hidupnya.. meningkatnya produktivitas kerja akan berarti meningkatkan meningkatnya produksi. dan meningkatnya produksi Dengan meningkatnya miskin melalui pemberian fasilitas kemudahan bagi penduduk miskin untuk mengakses pelayanan kesehatan. Dalam perspektif penanggulangan kemiskinan yang merupakan prioritas pembangunan Bidang manusia. bersama dengan meningkatkan dasar Pendidikan Meningkatnya kapasitas .. dan meningkatnya kemampuannya daya dalam beli berarti akan meningkatkan hidupnya.. Meningkatnya kesehatan kesehatan bagi penduduk produktifitas kerja penduduk.. Seiring dengan perubahan paradigma pembangunan manusia.Hadirin yang kami hormati. pendapatan berarti akan meningkatkan daya beli masyarakat.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa implementasi kebijakan merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses kebijakan bahkan jauh lebih penting daripada pembuatan kebijakan. dan (3) memberikan informasi dan edukasi kesehatan yang seimbang dan bertanggung jawab. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang diinisiasi oleh Komisi C DPRD telah menghasilkan Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa Utara Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pelayanan Publik Bidang Kesehatan untuk dijadikan norma atau aturan hukum yang akan mengatur Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Minahasa Utara. Kita tahu bersama bahwa tujuan Perda ini adalah: implementasinya. (2) meningkatkan mutu dan pemerataan pelayanan. Sejalan dengan itu Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara telah berupaya dalam meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan. Dalam rangka pencapaian tujuan sebagaimana yang diamanatkan dalam PERDA ini. Sejalan dengan itu (1) meningkatkan keterjangkauan masyarakat terhadap pelayanan . Pencapaian target. terjangkau dan dibutuhkan masyarakat sebagai bagian dari Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam mewujudkan kesejahteraan masyarkat. Oleh karena itu untuk dapat mengetahui apakah tujuan kebijakan yang telah dirumuskan tersebut dapat tercapai atau tidak... Perlu diketahui bahwa suatu kebijakan yang telah dirumuskan tentunya memiliki tujuan-tujuan atau target tertentu yang ingin dicapai. baru akan terealisasi jika kebijakan tersebut telah diimplementasikan. maka kebijakan tersebut harus diimplementasikan.. maka perlu diperhatikan proses kesehatan diantaranya membuat kebijakan yang mengatur keberlangsungan pelayanan kesehatan yang bermutu..Hadirin yang kami hormati.

Hadirin yang kami hormati. Untuk itu saya atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara memberikan penghargaan bagi pihak BASICS-CIDA yang telah keberhasilannya. Proses ini sangat memegang peranan penting dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada semua pihak tentang maksud dan tujuan serta pentingnya PERDA ini.. yaitu: mewujudkan tercapainya tujuan PERDA yang telah ditetapkan. Faktorfaktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi PERDA yaitu: tujuan perda itu sendiri. esensi dan penerapan Perda ini.. agar tujuan yang diharapkan sesuai amanat PERDA ini dapat dicapai. sehingga terdapat berbagai macam faktor disekelilingnya yang turut mempengaruhi implementasi PERDA tersebut. Perlu kita sadari. komunikasi. bahwa Implementasi PERDA tidak selalu berjalan mulus.. Tahap Sosialisasi merupakan tahap awal sebagai titik tumpu dalam penyebaran informasi tentang keberadaan. Untuk itu kita harus selalu dan terus memperhatikan faktor-faktor tersebut agar tidak menghambat dalam proses implementasi PERDA ini. karakteristik agen pelaksana. Tahap Pelaksanaan dan Tahap Monitoring. banyak faktor yang dapat mempengaruhi Tahap Sosialisasi. kondisi sosial ekonomi dan politik . sumber-sumber perda. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya implementasi PERDA tidak selalu berada pada tempat yang vakum.maka implementasi PERDA Nomor 13 Tahun 2013 dalam hal ini dimaksudkan sebagai serangkaian tindakan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam rangka dan sikap aparat pelaksana.. Proses implementasi PERDA ini akan dilaksanakan dalam tiga tahapan kegiatan yang berlangsung secara terus menerus.

menginisiasi kegiatan Lokakarya Multipihak ini sebagai bagian dari Tahap Sosialisasi dalam Implementasi PERDA Kabupaten Minahasa Utara Nomor 13 Tahun 2013 ini. F. Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa Utara Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pelayanan Publik Kesehatan ini saya buka dengan resmi. 9 April 2013 Bupati Minahasa Utara SOMPIE S. Lokakarya ini dapat mewujudkan kesepahaman bersama dan kerjasama dari berbagai pihak yang terlibat di dalamnya baik yang mewakili Pemerintah. petunjuk dan bimbingannya kepada pengabdian kita semua. Menjadi harapan Selamat mengikuti kegiatan Lokakarya ini ! Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan kasih dan berkatnya. Sekian dan terima kasih. Manado. Legislatif dan Eksekutif maupun yang mewakili masyarakat dalam hal ini Organisasi Masyarakat Sipil dalam menghasilkan bagaimana cara dan proses Implementasi Perda Pelayanan Publik Bidang Kesehatan ini agar mencapai tujuan yang diharapkan demi meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat di Kabupaten Minahasa Utara yang kita cintai ini. Pakatuan wo pakalawiren Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. SINGAL . Dan Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa maka Kegiatan Lokakarya Multipihak Implementasi kami.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->