Bahan Adonan Cokelat

Bahan Adonan Cokelat : 1. 2. 3. 4. 5.

100 g mentega 100 g cokelat bubuk berkualitas bagus 200 g gula pasir 1/2 sdt vanili bubuk 2 butir telur ayam, kocok

Ayakan yang dijadikan satu untuk Cara Membuat kue brownies : 1. 75 g tepung terigu 2. 1/2 sdt baking powder 3. 1/4 sdt garam Adonan untuk Keju: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 150 g cream cheese/keju krim 3 sdm mentega, kocok hingga lembut 3 sdm gula pasir 2 butir telur ayam 1/4 sdt vanili bubuk 4 sdm tepung terigu

Cara Membuat kue brownies : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Siapkan loyang segi empat 20×20×4 cm. Semir margarin dan taburi sedikit tepung terigu. Adonan Cokelat: Campur mentega dan cokelat bubuk. Kemudian Jerangkan di atas api kecil hingga meleleh. Angkat. Tambahkan gula dan vanili, aduk rata. Tambahkan telur, aduk rata. Masukkan campuran terigu, aduk rata. Sisihkan. Adonan Keju: Kocok cream cheese hingga lembut.

Tetapi ada kalanya saat anak bosan dan lebih memilih untuk jajan diluar. 9. Penyelesaian Cara Membuat kue brownies : Taruh 1 sdm penuh adonan cokelat di dasar loyang. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue sus itupun sangat mudah didapat dan harganya pun tterjangkau .8. Kue yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Kue cantik berisikan saus fla manis tersebut selain mudah membuatnya juga tidak memakan waktu yang lama untuk membuatnya. telur dan vanili sambil kocok rata. Karena semakin maraknya jajanan yang kurang sehat maka saya berinisiatif untuk membuat jajanan yang sehat. Dengan pisau atau garpu buat gerakan zigzag pada adonan hingga terbentuk pola marmer. Panggang dalam oven panas 180 C selam 45 menit hingga kue matang. bahkan bahan-bahan lain yang tak kalah berbahayanya. pandan. Saya pilih keenam rasa tersebut bukan tanpa alasan tetapi karena dilihat dari selera konsumen yang disini saya peruntukan untuk anak-anak dan mereka cenderung membeli atau memakan makanan . lezat. 12. Jajanan tersebut adalah kue sus . Tetapi kue sus yang saya pasarkan ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih manggugah selera kita untuk menyantapnya . Kue sus warna warni Latar Belakang Masalah Akhir-akhir ini banyak sekali pemberitahuan tentang banyaknya anak-anak kecil antara TK sampai SD yang keracunan makanan hal ini disebabkan karena salahnya mereka memilih makanan. Angkat. Seperti yang sering kita jumpai yaitu banyaknya jajanan yang mengandung pemanis buatan. Karena kita hanya memerlukan oven dan mixer. Yang seharusnya disalahkan adalah para pedagang yang menjual jajanan yang kurang sehat dan tidak higienis. enak. Selain bahan-bahan dan cara pembuatannya yang mudah alat untuk membuat kue sus itupun tersebut juga sangat mudah dicari. Anak-anak pun tidak dapat disalahkan karena mereka belum mengetahui dampak atau resiko dari membeli makanan tersebut mereka hanya memikirkan rasa dan bentuk dari jajanan tersebut. pewarna textil. gula. Tambahkan terigu. susu. 13. Karena mudahnya membuat. Kerjakan berselang-seling hingga adonan habis dan loyang tertutup adonan. Modifikasi itu berupa rasa fla yang umumnya biasa saja kini saya buat menjadi berbagai macam rasa yakni strawberry. dinginkan. higienis dan tentu saja bergizi. 10. Tidak dipungkiri dijaman yang serba sulit ini pedagang berusaha untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan akibatnya. aduk rata. Tambahkan mentega. bahan-bahannya yang terjangkau dan alat yang mudah didapat itulah saya memilih kue sus sebagai jajanan yang saya pasarkan. akhirnya selesai juga Cara Membuat kue brownies 14. coklat. mangga. Taruh di sisinya 1 sdm adonan keju. Potong-potong dan sajikan. Dalam hal ini orang tua tidak sepenuhnya dapat disalahkan karena mereka sudah berusaha memberi yang terbaik untuk buah hati mereka seperti member bekal kepada anak. dan kacang. 11.

Dalam kue cantik aneka rasa inipun kita sudah mendapatkan banyak keuntungan seperti rasa yang enak dengan aneka macam pilihan rasa. dan gurihnya kacang selain itu rasa-rasa diatas juga mengandung banyak gizi dan vitamin. pewarna textil. pengawet. Karena kue sus warna warni buatan saya tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti pemanis butan. Saya pun optimis bahwa kue sus saya yang saya beri nama “Kue Sus Warna Warni” akan disukai oleh masyarakat luas khususnay anak-anak. Rumusan Masalah 1. Kudapan manis nan cantik ini biasanya dinikmati sebagai camilan biasa sebagai teman untuk bersantai dan sebagai teman minum teh.000. Kegunaan Kue Sus Warna Warni Kue sus sendiri itu merupakan salah satu jajanan yang sudah ada sejak puluhan tahu yang lalu. Apakah manfaat dari kue sus warna warni yang saya buat ? Tujuan dari Pembuatan Kue Sus Warna Warni Tujuan dari penjualan atau pemasaran kue sus warna warni saya adalah supaya para orang tua tidak terlalu pusing.00 perkemasan isi 10 buah (per kemasan dapat di isi dengan berbagai macam rasa sesuai dengan selera anda) khusus selam masa promosi kami memberikan bonus 1 kue sus war na warni untuk pembelian 10 kue sus warna warni untuk semua rasa. lezat. Kue cantik dengan aneka rasa ini pun dapat dinikmati oleh semua usia dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. maka tidak salah jika anda mencoba kue cantik warna warni dengan berbagai macam pilihan rasa ini. Apa kelebihan dari kue sus warna warni buatan saya ? 2.bahan lainnya yang sangat membahayakan jiwa.dikarenakan mereka melihat dari bentuk fisiknya. dan bahan. Selain mudah didapat harga kue sus warna warni buatan saya yang saya jual pun tidak terlalu mahal dan masih bisa dijangkau oleh semua kalangan yaitu Rp 1500. Kudapan manis ini tergolong sebagai makanan ringan karena kue sus warna warni ini tidak terlalu mengenyangkan tetapi cukup untuk mengganjal perut disela sela aktivitas ataupun pada saat kita bersantai. susu. higienis. kuningnya mangga juga rasa yang lezat dari manisnya cokelat. sehat dan tentu saja harga yang terjangkau. higienis. dan bergizi untuk anak mereka.00 per buah dan Rp 15. cemas atau khawatir lagi dalam memilih jajanan yang sehat. seperti warna-warna yang cerah seperti warna pink strawberry. . wanginya pandan. Apakah tujuan dari pembutan kue sus warna warni buatan saya ? 3.

. Akan tetapi meskipun kue sus warna warni buatan saya tidak menggunakan bahan kimia dan pengawet buatan rasa yang dihasilkan pun tidak kalah dengan kue sus lainnya yang sudah bermerek dan terkenal. yaitu: 1. Pemasaran Kue Sus Warna Warni Produk kue sus warna warni yang saya buat saya pasarkan dengan berbagai macam cara . 2 Orang bertugas untuk mengisi fla aneka rasa ke dalam kue sus warna warni 4. Jam kerja kami adalah dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. sebab bentuk dan rasa dari kue sus warna warni tersebut tidak kalah dengan jajanan yang biasa anak-anak sukai. 1 Orang bertugas memasarkan kue sus warna warni Manfaat dari Usaha Kue Sus Warna Warni Usaha kue sus warna warni yang saya geluti sangat bermanfaat selain untuk saya sendiri usaha ini pun bermanfaat untuk membantu saudara dan tetangga saya yang kekurangan financial. Pembagian kerja dibagi menjadi 3. dan bergizi bagi para buah hati mereka. kue sus war na warni buatan saya hanya bisa bertahan selama 3 hari karena saya tidak menggunakan bahan pengawet apapun. Hal tersebut saya lakukan semata-mata untuk menjaga kepuasan konsumen supaya konsumen tdak menyesal telah membeli produk kue sus warna warni buatan saya.maka kue sus warna warni buatan saya dapat dinikmati setiap hari kapan pun dan dimana pun tanpa perlu memikirkan efek samping atau dampak buruknya. Gambaran Umum Usaha Kue Sus Warna Warni Usaha kue sus warna warni yang saya geluti merupakan jenis usaha rumahan atau usaha kecil karena hanya mempekerjakan 6 orang karyawan mereka terdiri dari saudara dan tetangga dekat saya. 2 Orang bertugas membuat fla kue sus warna warni 3. Karena rasanya yang bermacam-macam sehingga dapat disesuaikan dengan selera masyarakat yang juga beraneka macam. Dan produk kue sus warna warni buatan saya juga bisa dihidangkan sebagai tenman minum teh disaat tamu datang berkunjung juga bisa sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk sanak saudara. higienis. 1 Orang bertugas membuat kulit kue sus warna warni 2. Dengan adanya kue sus warna warni ini pun mempermudah para orang tua dalam memberikan makanan ringan yang lezat.

a. Dengan promosi dari mulut kemulut dan penyebaran pamflet produk kue sus warna warni. kantin sekolah dan tempat.00 f.000. dan perumahan) maka akan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan untuk berjualan. Oven Rp 250. Sendok serba guna 8 buah @ Rp 2. karena lokasi tempat tinggal (rumah) saya yang strategis (pinggir jalan dan dekat dengan kantor. Mixer 3 buah @ Rp50. Alat pembuat kulit kue sus 2 buah . Ketiga.000.000.tempat yang biasa digunakan untuk bersantai. Perincian Biaya Kue Sus Warna Warni Rincian biaya dari kue sus warna warni saya bagi menjadi 2 yaitu : 1.00 = Rp 150.000.00 b. Tempat adonan fla 6 buah @ Rp 8. sekolah.00 = Rp 48. toko-toko kecil .000. Kedua.Pertama.00 d.00 c. Karena lokasinya yang strategis dan cukup ramai maka rasanya tidak mustahil jika kue sus warna warni buatan saya akan laku terjual. Dengan menjualnya langsung di rumah.000.000. Tempat adonan kulit sus Rp 10.00 = Rp 9. Biaya Awal Biaya ini terdiri dari biaya-biaya diluar dari pembuatan kue sus warna warni tersebut karena biaya awal ini terdiri dari alat-alat yang diperlukan untuk pe mbuatan kue sus warna warni.00 g.000. Gunting 3 buah @ Rp 3.000. Dengan menitipkannya ke warung-warung.000.00 e.00 = Rp 16.

500.00 = Rp 160.00 j.00 i.000. Etalase Rp 150.00 .00 2.00 f. Biaya Kue Sus Warna Warni Biaya ini terdiri dari semua yang berhubungan langsung dengan pembuatan kue sus warna warni mulai dari bahan sampai dengan gaji para karyawan.000. Lain-lain Rp 50. a.00 h.000.000. Strawberry @ Rp 5.00 d.@ Rp 4.000.000. Cokelat @ Rp 5. Susu @ Rp 5.000.000. Meja 2 buah @ Rp 80.000.00 g.000.00 c. Tepung terigu @ Rp 5. Gula pasir @ Rp 7.000.00 b.00 = Rp 8. Kacang @ Rp 5.00 e. Mangga @ Rp 5.000.

Rum @ Rp 5. Telur @ Rp 8.000.00 j.00 k.h.00 r. Garam halus @ Rp 6.500. Perasa dan pewarna pandan @ Rp 5.00 m.000. Pasta vanili @ Rp 3.00 q.000.000.000.000.00 Proses Pembuatan Produk Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlikan dalam membuat kue sus dan cara pembuatannya : .000. Mentega @ Rp 4. Baking powder @ Rp 5. Air (bias menggunakan air matang) l. Margarin @ Rp 4. Tepung maizena @ Rp 3.00 i. Susu tawar cair @ Rp 6.00 p.000.00 n.00 o.000.

2. 3. Tuang adonan ke dalam plastic segi tiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang. Setelah adonan hangat. Angkat. Kulit: Didihkan air. Angkat. . Rebus hingga mendidih. masak sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang kental.Bahan Kulit: 125 g margarin 125 g tepung terigu protein sedang/cap segi tiga biru 4 butir telur ayam 250 ml air ¼ sdt baking powder ½ sdt garam halus Bahan Vla: 300 ml susu tawar cair 4 sdm tepung maizena 2 sdm tepung terigu 75 g gula pasir 2 butir kuning telur 1 sdm mentega ¼ sdr pasta vanili 1 sdm rum ¼ sdt garam Cara Membuat: 1. matang dan berwarna kuning kecokelatan. Semprotkan adonan di atas loyang beroles margarin. kalis tidak lengket di panci. Masukkan tepung terigu. masukan baking powder dan telur satu persatu sambil dimixer atau diaduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata. licin. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200oC hingga kue mengembang. 4. margarine dan garam.

. Hidangkan. Angkat. Akibatnya adonan tidak akan mengembang karena telur menjadi matang. tepung terigu. Potong sisi kue. Atur di dalam piring saji. Perubahan suhu secara drastis ketika oven dibuka akan menyebabkan adonan turun dan bantat. kuning telur dan rum.5. Untuk 15 Buah Tip: Jangan memasukan telur ketika adonan masih di atas perapian atau adonan masih panas. Selagi panas. vanili. tambahkan mentega. Masak hingga mendidih. Vla: Larutkan tepung maizena. Jangan membuka oven ketika adonan belum mengembang sempurna dan kokoh. isi dalamnya dengan vla. Aduk rata. Masukan telur ketika adonan sudah suam-suam kuku. gula dan garam dengan susu tawar cair. Dinginkan. mengental dan matang. Vla siap digunakan. 6.

Aneka Kue Sus March 17. 2008 · Filed under pastry Sumber: NCC Adonan dasar Kue Sus .

Setelah dikeluarkan dari oven.! ***** Aneka Vla dan Isian Kue Sus Vla Vanilla (untuk vla coklat. karena akan mengakibatkan kulit tidak kokoh. mentega. Tusuk-tusuk kue sus dengan tusuk gigi di beberapa tempat setelah dikeluarkan dari oven untuk memudahkan keluarnya uap air. supaya bagian bawahnya tidak beruap dan malah jadi lembek. Sruuutt…. Tips: Sumber: Riana Ambarsari      Jangan membuka oven selama memanggang. Cara mengisi kue sus: gunting sedikit kulitnya. masukkan tepung terigu. Kalau tidak ada rak kawat. masak air. masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata 4. angkat dan dinginkan 3. jangan dikeluarkan dulu dari oven. tambahkan coklat bubuk (1-3 sdm) ketika mendidihkan susu dan gula pasir) Bahan: 2 btr kuning telur 50 gr tepung maizena . Tunggu sampai sudah tidak ada buih mentega lagi yang keluar. semprotkan di atas loyang (spuit 1 M) yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung 5. dan gula sampai mendidih 2.Bahan: 200 ml air 125 gr margarine 1 sdm gula pasir 150 gr tepung terigu cakra 4 btr telur Cara membuat: 1. segera pindahkan kue sus ke rak kawat. Oven pada temperatur 200 derajat C selama kurleb 20 menit atau sampai tidak keluar buih-buih lagi. masukkan adonan ke dalam plastik segitiga. baru angkat kue dari oven. semprotkan isi dengan menggunakan plastik segitiga. cari cara supaya bagian bawahnya bisa kontak langsung dengan udara. aduk cepat hingga kalis (dengan balloon whisk). Kalau sudah lewat 25 menit di permukaan kue masih ada mentega berbuih-buih. Timing yang tepat sangat penting untuk mendapatkan kulit yang kokoh dan tidak melembek ketika dingin.

bisa diganti ekstrak vanilla) Cara membuat: 1. biarkan mendidih sekali lagi. Lalu tuang kembali ke dalam adonan susu. Aduk rata. Masukkan margarine dan vanilla extract. Didihkan sisa susu dengan gula pasir. Tuang larutan tepung maizena. kocok Cara membuat Campur kedua bahan. campurkan ke dalam repung maizena. diganti dengan susu evaporated) 75 gr gula pasir 1 sdm rhum (optional. Diplomat Cream Bahan: 1 resep pastry cream 150 ml Whipped Cream. Angkat. sisihkan 2. cairkan tepung maizena dengan sedikit susu. Aduk tepung terigu. Sisihkan 2. aduk cepat dan rata. kocok hingga lembut Caramel Glaze Bahan 120 gr gula pasir 50 ml susu segar 40 gr madu 75 gr margarine . Ambil sebagian adonan ini dan tuang kedalam telur kocok. dan susu.500 ml susu segar (kalau mau lebih mantap. masak hingga mendidih dan matang 3. kocok lepas kuning telur. Pastry Cream Bahan: 10 btr kuning telur 200 gr gula pasir 50 gr tepung terigu 50 gr tepung maizena 850 ml susu segar 100 gr margarine Vanilla extract Cara membuat 1. aduk agar gula larut. kocok kuning telur dan gula hingga kental. maizena.

iris halus 50 gr kentang. rebus 1 sdm peterseli. lada bubuk. tipiskan puff pastry. tuang susu sedikit demi sedikit. Tambahkan tepung terigu.Cara membuat 1. masukkan margarine. aduk rata. masak susu. iris kecil. 2. Aduk rata 3. isi bagian tengahnya dengan diplomat cream dan oles susnya dengan caramel glaze ***** Sus ala Papa Beard . parut kasar atau potong2 kecil dan rebus sebentar 25 gr buncis. gula. dan pala bubuk secukupnya. cincang halus 250 gr daging ayam cincang Garam. lada. Cara membuat: 1. dan madu hingga kecoklatan 2. Ragout Ayam Bahan: 4 sdm margarin ½ bh bawang Bombay 1 sdm tepung terigu 200 ml susu segar 25 gr wortel. masukkan sayursayuran. Masukkan garam. cetak bulat kurleb 20cm. tumis bawang Bombay hingga matang 2. dan pala bubuk. panaskan margarine. Aduk rata Saint Honore Bahan: 1 resep kulit sus Puff pastry siap pakai 1 resep diplomat cream Caramel glaze Cara membuat 1. 4. 3. tusuk-tusuk dengan garpu semprotkan adonan sus di sekeliling pinggirnya Oven hingga matang dan kecoklatan (30 menit dengan suhu 180 derajat C) setelah dingin. aduk cepat. angkat.

masak air. gula dan garam hingga mendidih. semprot adonan yang sudak terbentuk dengan air dalam semprotan spray. mentega. Semprotkan di atas loyang yang sudah dipoles margarine dan ditabur tepung. aduk rata hingga kalis. kecilkan api. 3. Masukkan dalam piping bag. Masukkan tepung terigu.Bahan: 100 gr mentega 200 ml air 1 sdm gula pasir ½ sdt garam 160 gr terigu protein tinggi banget (BRD/Komachi/Cakra Emas) 4 btr telur ¼ sdt amoniak ¼ sdt DABP (Double Action Baking Powder) Cara membuat: 1. cairkan tepung custard dengan sedikit susu. gula pasir. aduk rata (kocok mikser dengan kecepatan rendah) 3. aduk rata susu. aduk rata. tepung custard. Untuk kesan pecah-pecah seperti sus papa beard. masak hingga kental. Masukkan telur. amoniak dan DABP. Satukan adonan custard dengan Whipped Cream kocok. Dinginkan 2. aduk rata (jangan samapai ada yang menggumpal) 2. oven dengan suhu 200’ Vla ala Papa Beard Bahan 400 ml susu segar 50 gr gula pasir 40 gr tepung custard 150 ml Whipped Cream 1 sdt vanilla extract Cara membuat 1. gunakan sebagai isi sus (lebih yummy kalau dalam keadaan dingin) ***** Sus Kering Bahan: 150 gr tepung 100 gr margarine . Kocok Whipped Cream dan vanilla hingga kaku 4. Angkat dan dinginkan.

4. dinginkan. angkat. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. 3.  Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata. mentega dan gula hingga mendidih. keju. didihkan margarin. Oven kembali selama 20 menit hingga kering. Kue sus isi fla durian Adonan Dasar Kulit Sus Bahan:  200 ml air     125 gr Margarin 1 sdm gula pasir 150 gr tepung terigu 4 butir telur Cara membuat kulit sus:  Masak air. aduk cepat hingga kalis. semprotkan diatas loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung. Masukkan tepung terigu. Matikan api. Biarkan dingin Masukkan telur.250 ml air 5 kuning telur 2 putih telur 1 sdt baking powder 1/2 sdt garam 1 sdm keju parmesan/keju cheddar parut Cara membuat 1. Kocok hingga rata Semprotkan kecil2 ke loyang Oven dengan suhu 180 derajat C. lalu setelah 10 menit turunkan suhu menjadi 140 derajat C. 5. air dan garam masukkan tepung terigu sambil diaduk rata.   . 2. dan baking powder.

lalu angkat. Oven selama 25 menit dengan temperatur 200 C Fla Durian Bahan : 200 ml susu cair 50 gr gula pasir  40 gr tepung maizena  4 butir kuning telur. angkat lalu tambahkan durian. Selamat menikmati! Adonan Dasar Kulit Sus Bahan:      200 ml air 125 gr Margarin 1 sdm gula pasir 150 gr tepung terigu 4 butir telur Cara membuat kulit sus:   Masak air. kocok rata  50 gr daging buah durian Cara membuatnya :     Campurkan susu. mentega dan gula hingga mendidih. gula dan maizena. Masukkan tepung terigu. Masukkan kocokan telur. didihkan. aduk rata dan masak lagi di atas api kecil. Isikan fla pada bagian tengah sus yang telah digunting. dinginkan. . angkat. aduk cepat hingga kalis. aduk hingga rata dan dinginkan.

Sisihkan. Angkat Isikan fla pada bagian tengah sus yang telah digunting. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. Tuang larutan tepung maizena. semprotkan diatas loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung. Oven selama 25 menit dengan temperatur 200 C Fla vanila Bahan:      2 butir kuning telur 50 gr tepung Maizena 500 ml susu segar 75 gr gula pasir 1 sdm rhum (jika suka) Cara membuat Fla:   Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu. biarkan mendidih sekali lagi. Selamat menikmati! . kocok lepas kuning telur.   Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata. aduk cepat dan rata. Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. satukan.

Bahan Kulit:       125 g margarin 125 g tepung terigu protein sedang/cap segi tiga biru 4 butir telur ayam 250 ml air ¼ sdt baking powder ½ sdt garam halus Bahan Vla:          300 ml susu tawar cair 4 sdm tepung maizena 2 sdm tepung terigu 75 g gula pasir 2 butir kuning telur 1 sdm mentega ¼ sdr pasta vanili 1 sdm rum ¼ sdt garam .

Rebus hingga mendidih. Semprotkan adonan di atas loyang beroles margarin. gula dan garam dengan susu tawar cair. Aduk rata. Vla: Larutkan tepung maizena. kalis tidak lengket di panci. Akibatnya adonan tidak akan mengembang karena telur menjadi matang. Perubahan suhu secara drastis ketika oven dibuka akan menyebabkan adonan turun dan bantat. Atur di dalam piring saji. tambahkan mentega. Masukan telur ketika adonan sudah suam-suam kuku. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200oC hingga kue mengembang. tepung terigu. Tuang adonan ke dalam plastic segi tiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang. Angkat. Angkat. Potong sisi kue. Untuk 15 Buah Tip:   Jangan memasukan telur ketika adonan masih di atas perapian atau adonan masih panas. Dinginkan. margarine dan garam. matang dan berwarna kuning kecokelatan. Selagi panas. vanili. Masak hingga mendidih. kuning telur dan rum. Angkat. Jangan membuka oven ketika adonan belum mengembang sempurna dan kokoh. Setelah adonan hangat. isi dalamnya dengan vla. Vla siap digunakan. masukan baking powder dan telur satu persatu sambil dimixer atau diaduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata. Masukkan tepung terigu. mengental dan matang. licin.Cara Membuat:       Kulit: Didihkan air. Hidangkan. . masak sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang kental.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful