RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah Program Keahlian Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : : SMK Yaspi AL-Makmur Semua Program Keahlian Bahasa Inggris XI/I 21-23 6 x 45 menit Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary 2.4 Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang. : 1. Ungkapan tentang kegiatan masa lampau dikemukakan dengan benar. 2. Ungkapan untuk mengemukakan kegiatan di masa datang digunakan dalam Tense yang benar. 3. Surat pribadi yang menceritakan tentang kehidupan masa lalu dan rencana di masa depan ditulis dengan benar.

A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menggunakan ungkapan tentang kegiatan masa lampau dikemukakan dengan benar. 2. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk mengemuka-kan kegiatan di masa datang digunakan dalam Tense yang benar. 3. Siswa dapat membuat surat pribadi yang menceritakan tentang kehidupan masa lalu dan rencana di masa depan ditulis dengan benar. B. Materi Pembelajaran Language Focus 1. Telling about past events a. I saw the crowds were helping the accident victim. b. We had locked the room when she came. 2. Telling about future plans a. The meeting will be over at two PM. b. When you arrive at the office, I will be conducting a meeting. 3. Sample of a personal letter (telling about past and future events) Grammar review 1. Past Continus Tense 2. Past Perfect Tense 3. Simple Future Tense 4. Future Continuous Tense C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Role-Play (Bermain peran) D. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan ke-21: 1. Kegiatan Awal a. Guru memberikan salam kepada siswa. b. Guru memeriksa kehadiran siswa.

Guru memberikan tugas rumah.c. kemudian membacakan di depan kelas. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal. siswa memperhatikan dan menjawab pertanyaan yang disediakan oleh guru. Guru memeriksa kehadiran siswa. Pertemuan ke-23: 1. d. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat Past Continuous Tense dan Past Perfect Tense. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat Simple Future Tense dan Future Continuous Tense kemudian siswa mencatatnya. c. Kegiatan Awal a. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Guru membacakan sebuah teks yang berisi tentang perencanaan. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Kegiatan Inti a. c. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal. Siswa menerjemahkan bacaan/teks singkat yang menceritakan aktifitas yang dilakukan pada waktu lampau. Guru bercerita tentang aktifitasnya yang dilakukan pada waktu lampau. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi. Kegiatan Awal a. Guru memberikan salam kepada siswa. b. Kiatan Akhir a. c. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru memeriksa dan membahas hasil kerja siswa. d. dan siswa yang lain memberikan komentar. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Kegiatan Akhir a. Guru membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. c. b. Guru meminta beberapa siswa untuk bercerita singkat tentang aktifitas yang dilakukan pada waktu lampau. Siswa menuliskan aktifitas yang dilakukan pada waktu lampau. c. Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak. b. 3. 3. Kegiatan Inti a. Guru memberikan salam kepada siswa. d. d. Kegiatan Inti a. siswa mendengarkan. c. Pertemuan ke-22: 1. 2. b. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. c. e. 2. b. 2. . b. b.

Guru menyediakan surat pribadi kemudian siswa menganalisisnya.3. Visual: Gambar . 2. c. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. dan Sumber Belajar 1. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa. Kegiatan Akhir a. kemudian membacakan di depan kelas. b. b. Guru memberikan salam kepada siswa. 3. Guru memberikan tugas rumah. Guru memeriksa kehadiran siswa. Siswa menuliskan aktifitas yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang. VCD. e. c. Kegiatan Akhir a. Guru memberikan tugas rumah. c. Audio: Cerita b. b. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Alat. c. Pertemuan ke-24: 1. Speaker. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Pertemuan ke-25: 1. Kegiatan Inti a. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. c. c. b. Guru memberikan contoh surat pribadi (personal letter) kemudian menjelaskannya. d. Gambar. b. Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak. Kegiatan Akhir a. Guru memeriksa kehadiran siswa. Kegiatan Inti a. Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajarannya. Siswa membuat surat pribadi. E. Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. Media. d. c. dan Buku Cerita 2. Alat LCD Proyektor. Guru memberikan salam kepada siswa. Laptop. b. Kegiatan Awal a. Siswa menerjemahkan bacaan/teks singkat yang menceritakan aktifitas yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang. b. dan siswa yang lain memberikan komentar. Media a. Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. 2. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi. 3. Kegiatan Awal a. Guru memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.

Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2 c. 2) Menerjemahkan Sukoharjo. Tes Tertulis 1) Membuat surat pribadi. LKS Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI Semester Genap d. Audio Visual: Video 3. Jenis Penilaian: a. How to Say It F. Abdul Hamid Darwoto. 2) Bercerita tentang rencana (Setelah lulus sekolah/SMK). b.c. Tes Lisan 1) Bercerita tentang aktifitas masa lampau (pengalaman masa SD dan/atau SMP). Mengetahui. Global Access to the World of Work Book 2 b. S. Kepala SMK Tunas Wisata Indonesia Juli 2009 Guru Mata Pelajaran Drs.Pd. English Grammar in Use e. . Penilaian 1. Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test) 2. Sumber a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful