P. 1
Hubungan Unsur Geografis Dan Penduduk Asia Tenggara

Hubungan Unsur Geografis Dan Penduduk Asia Tenggara

|Views: 443|Likes:
Published by Cicie Ccyder

More info:

Published by: Cicie Ccyder on May 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2015

pdf

text

original

Hubungan Unsur Geografis dan Penduduk Asia Tenggara

Indonesia dan negara-negara tetangga terletak di kawasan Asia Tenggara. Untuk menjaga stabilitas di kawasan Asia Tenggara dibentuk organisasi yang bernama ASEAN. Unsur geografis suatu tempat memengaruhi kehidupan penduduknya. Pengaruh tersebut terlihat dari mata pencaharian, kebiasaan, adat istiadat, dan hasil budaya lainnya. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki banyak kesamaan geografis karena letaknya yang berdekatan. Oleh karena itu kondisi sosial, ekonomi, dan budayanya banyak memiliki kesamaan. A. Pengertian unsur geografis Unsur geografis adalah keadaan alam di muka bumi yang membentuk lingkungan hidup manusia. Yang termasuk unsur geografis adalah bentang alam, letak, luas, batas, iklim. Unsur geografis merupakan salah satu objek geografis. Objek geografis digolongkan menjadi dua, yaitu: objek geografis fisik dan objek geografis non fisik. Objek geografis fisik antara lain bentang alam, letak, luas, batas, dan iklim. Sedangkan objek geografis non fisik adalah keadaan penduduk dan aktivitasnya. 1) Bentang alam di Asia Tenggara Bentang alam adalah keadaan umum suatu wilayah.

Peta wilayah Asia Tenggara

Cicie Ccyder

Dari gambar peta di atas dapat kita lihat bahwa wilayah Asia Tenggara terbagi atas dua bagian utama, yaitu : 1. Daratan Berbentuk Semenanjung Semenanjung adalah tanjung yang besar. Wilayah yg berbentuk semenanjung adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kampuchea, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat. 2. Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan adalah Filipina, Indonesia, wilayah Malaysia bagian timur, Singapura, dan Timor Leste. 2) Letak, Luas, dan Batas Letak astronomis adalah letak yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur. Sedangkan letak geografis adalah letak yang didasarkan posisi suatu wilayah terhadap wilayah lainnya. Letak astronomis Asia Tenggara adalah 28°LU – 11°LS dan 92°BT – 141°BT. Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:  Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat  Laut Cina Selatan di utara  Samudra Pasifik di timur. Juga di antara dua benua, yaitu :  Benua Asia  Benua Australia Luas wilayah Asia Tenggara ± 2.256.781 km2 Beserta wilayah perairannya ± 4.511.167 km2 3) Keadaan iklim Iklim merupakan salah satu unsur geografis. Iklim ialah keadaan rata-rata cuaca dalam jangka waktu lama dan meliputi daerah
yang sangat luas.

Iklim ada dua jenis, yaitu iklim matahari dan iklim fisis. Iklim matahari adalah keadaan iklim yang didasarkan pada letak suatu wilayah terhadap garis astronomis.

Cicie Ccyder

90° LU 661/2 ° LU 40 ° LU 231/2 ° LU 0° 661/2 ° LS 40 ° LS 231/2 ° LS 90 ° LS

B. Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara Tanah Tanah di Asia Tenggara dibagi menjadi dua yaitu, Tanah Vulkanik dan tanah Aluvial (endapan) Hutan (Flora dan Fauna) Kawasan Asia Tenggara sebagian besar beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Keadaan ini menumbuhkan hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna. Perairan (Kecuali Laos) semua negara di kawasan Asia Tenggara memiliki wilayah laut. Laut merupakan sumber daya alam yang penting. Tambang (kecuali Singapura) setiap negara di kawasan Asia Tenggara memiliki hasil tambang. C. Penduduk di kawasan Asia Tenggara 1. Suku Bangsa di kawasan Asia Tenggara Menurut A. L Kroeber, suku bangsa yang tinggal di kawasan Asia Tenggara merupakan keturunan dari dua ras, yaitu : a . Ras Negroid yang menempati Semenanjung Melayu dan wilayah Negara Filipina. b. Ras Mongoloid, yang menempati Kepulauan Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Ras Mongoloid yang ada di Indonesia dibedakan menjadi dua, yaitu: 1) Proto Melayu (Melayu Tua), menurunkan suku Batak, Dayak, Toraja. 2) Deutro Melayu (Melayu Muda), menurunkan suku Bali, Jawa, Minangkabau.

Cicie Ccyder

Adapun suku-suku yang jumlahnya besar di Asia Tenggara : Suku bangsa Lao Yao dan Thai di Laos dan Thailand. Suku bangsa Semang dan Sakai di Malaysia. Suku bangsa Khmer di Kamboja. Suku bangsa Man, Tho, Muong ,dan Vietnam di Vietnam. Suku bangsa Jawa, Sunda, Bali, Batak, dan Dayak di Indonesia. Suku bangsa Cina, India, Melayu, dan Pakistan di Singapura. 2. Jumlah penduduk di kawasan Asia Tenggara Pada tahun 2003, jumlah penduduk di kawasan Asia Tenggara adalah 544 juta jiwa. 3. Mata pencaharian penduduk di kawasan Asia Tenggara Sebagian besar penduduk di kawasan Asia Tenggara bermata pencaharian sebagai petani, kecuali Singapura. Sebagian besar penduduk Singapura bekerja dalam bidang industri dan perdagangan. 4. Persebaran penduduk di kawasan Asia Tenggara Sebagian besar (63 %) penduduk di kawasan Asia Tenggara tinggal di pedesaan, kecuali Singapura. Sebagian besar (95 %) penduduk Singapura tinggal di perkotaan, karena Singapura merupakan sebuah negara kota.

o0o

Cicie Ccyder

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->