a) Definisi Diet Food Combining Food combining mulai dilirik karena saat ini pola makan masyarakat semakin

tidak sehat. Orang dengan gaya hidup modern cenderung hanya ingin makan enak dan instan. Akibatnya, lemak menumpuk di dalam tubuh sehingga berat badan pun nak dan tubuh menjadi rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Food combining merupakan konsep pengaturan asupan makanan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah tubuh. Para ahli gizi berpendapat bahwa tubuh manusia mampu mencerna berbagai asupan makanan tanpa harus mengatur apa yang dimakan. Food combining merupakan cara makan yang tidak biasa. Tubuh manusia terpaksa merombak proses penyerapan semua asupan gizi, termasuk lemak. Ketika asupan makanan dirombak, fungsi lemak yang seharusnya member tenaga pada tubuh pun tidak terjadi karena persediaannya sudah tidak ada. Akibatnya, lemak diambil langsung dari tubuh. b) Prinsip Dasar Diet Food Combining FOOD COMBINING (FC) tidaklah rumit. Pola makan FC dirancang selaras dengan siklus metabolisme tubuh, supaya proses pencernaan makanan, penyerapan sari makanan dan pemanfaatannya untuk tubuh, serta pembuangan sampah makanan berlangsung efektif dan efisien. Dengan demikian, seluruh organ tubuh dapat bekerja sesuai kapasitasnya, dan tidak kelebihan beban kerja. Bila kelebihan beban kerja, organ tubuh akan "kelelahan." Tandanya, antara lain meningkatnya kadar gula darah (akibat radang pankreas) atau kolesterol/trigliserida darah (antara lain gangguan pada empedu). Pola makan yang dikenak dengan sebutan “kombinasi makanan serasi” juga mampu mendayagunakan system pencernaan sesuai dengan apa yang dimakan. Para penganut food combining akan mengelompokkan makanan yang dikonsumsi dengan kombinasi tertentu berdasarkan unsure gizinya. Misalnya, kombinasi zat pati dan serat atau kombinasi protein dan serat sayuran. Prisnsipnya diet berteori kalau sekelompok makanan tertentu membutuhkan waktu cerna yang berbeda. Tubuh akan mencerna makanan dengan lebih baik bila kita mengkonsumsi makanan yang memiliki waktu cerna yang sama. Protein, umpamanya, memiliki waktu cerna yang panjang, sedangkan karbohidrat pendek. Karena itu keduanya tidak boleh dimakan berbarengan. Sebaliknya, protein dapat dikonsumsi

 Food combining lebih memprioritas untuk mengkomsusi buah lebih banyak dnegan mengurangi nasi. terutama vitamin D. kalsium. karena dapat membuang gula darah dan tubuh menjadi kuat lagi. Agar berhasil untuk dilakukan harus dapat mengimbangi perubahan pola makan yang cukup dramatis. agar program diet tidak terlalu menjadi beban. dan zat besi.bersamaan dengan sayur-sayuran hijau. http://tipsmodem. protein nabati. Walaupun memang cukup banyak orang sukses menurunkan berat badan dengan cara diet ini. Rasa lemak juga bisa diatasi dengan bergerak seperti lari atau jalan cepat. kebutuhan gulanya diambil dari cadangan gula daarah atau lemak otot sehingga tubuh tidak akan jatuh lemas. Mengkonsumsi makanan dengan cara yang salah akan membuatnya busuk dan tidak dapat dicerna dengan baik. dalam jangka panjang diet ini bisa menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.  Selain sangat rendah kalori. Perombakan lemak bisa ditujukan untuk persediaan tenaga.blogspot. Jadi bila Anda tahu kapan waktu makan yang tepat serta berhasil menghindari makanan tertentu dikonsumsi pada saat yang bersamaan. karena tidak tahu. kebanyakan orang malah minum minuman yang mengandung gula ketika badannya lemas. c) Keuntungan dan Kekurangan Food Combining Kekurangan Food Combining  Caranya tidak mudah untuk diikuti karena harus melakukan perubahan pola makan yang cukup drastis untuk menjalankan diet ini. Prombakan lemak. dan bobot Anda pun akan turun dengan sendirinya. otomatis pencernaan Anda bekerja lebih baik.  Tambahkan suplemen untuk menyiasati kekurangan vitamin dan mineral. Namun. Keuntungan orang yang banyaj bergerak adalah kestabilan gulanya terus terjaga. sehingga menyebabkan terjadinya timbunan lemak.html#_ . Penurunan berat badan yang baik dianggap berkaitan erat dengan pencernaan yang baik.com/2012/07/pengertian-food-combining. dengan cara dapat memilih kombinasi makananan yang disukai. Jika orang yang kelebihan zat gizi (gemuk) hanya saran jus. jangan terlalu dibiasakan untuk minum jus sesudah makan. B2.

com/2008/11/contoh-menu-food-combining. mangga. bit. pepeya. Berikut tahapan siklus food combining : . apel. nenas.d) Contoh menu food combining Waktu Menu  1 atau 2 gelas air putih hangat + sedikit air jeruk nipis – pembentuk basa Pagi  1 atau 2 gelas jus buah segar (jeruk.  1 porsi setup aneka sayur (wortwl dan buncis) – pembentuk basa. dsb) – pembentuk basa  1 porsi buah segar jika masih lapar (pepaya. dsb) – pembentuk basa. seledri.  1 gelas jus buah segar atau 1 buah pisang atau 1 gelas susu kedelai – Sore pembentuk basa  1 atau 2 potong kue kecil atau jajan pasar (asal tidak terlalu sering) – pembentuk asam. tomat. dsb) – pembentuk basa  1 gelas jus sayur mentah (jus wortel. http://4lvoe.blogspot.html e) Siklus Diet Food Combining Untuk diet food combining dalam metabolisme makanan dalam tubuh melewati berdasarkan tahapan siklus karena dengan patokan siklus metabolisme ini. Siang  1 porsi ayam panggang kecap asin (maksimal setengah ekon ayam kampung) – pembentuk asam.  1 gelas jus sayur mentah – pembentuk basa  1 porsi nasi (dianjurkan nasi dari beras merah) – pembentuk asam Malam  1 porsi balado terong – pembentuk basa  1 porsi perkedel tahu jamur panggang – pembentuk basa  1 porsi sayur kukus bumbu urap – pembntuk basa Sebelum Tidur  1 gelas jus buah atau jus sayur – pembentuk basa. kita bisa mengatur pilihan makanan. mentimun.

Bagi pemula.12. almon. Buah menyediakan energi siap pakai.Pukul 04. Air jeruk lemon/nipis merupakan tonikum bagi hati/liver kita.00: Siklus pencernaan makanan Pukul 21. lassi (jus buah dengan tambahan plain yoghurt). Bisa buah potong. seperti kenari. saat tubuh belum siap untuk menjalankan fungsi mencerna makanan. Jika diperlukan rasa kenyang lebih lama.00 .04. lemak kacang-kacangan tergolong lemak sehat yang mudah dicerna. buah-buahan segar lebih cepat meninggalkan lambung. walnut. kita perlu mengonsumsi buah lagi untuk memenuhi tuntutan rasa lapar dan menjaga konsentrasi gula darah agar kita tetap berenergi. hazel-nut. Karena mudah dicerna.00 . berupa gula buah. Bisa juga sajian buah diperkaya dengan sedikit (kira-kira 1-2 sendok makan) kacang-kacangan panggang/sangrai. Sama seperti gula buah.00 . yang mudah dicerna dan dapat diserap tubuh secara efisien. sehingga kita lebih mudah lapar. tambahan air jeruk lemon/nipis boleh dikurangi sesuai kemampuan dan boleh dibubuhi madu alam murni. atau smoothie (jus buah dengan campuran pisang). Kira-kira setiap 2 jam. tanpa mengerahkan energi metabolisme terlalu besar. salad buah.00: Siklus penyerapan sari makanan dan asimilasi Bangun Tidur Minum segelas air putih yang dibubuhi 2-3 sendok makan air jeruk lemon/nipis akan membantu proses detoksifikasi alami yang sedang terjadi. . jus buah. brazil nut.21. Hal ini sangat sesuai dengan siklus metabolisme yang masih berada pada siklus pembuangan. kacang tanah. kacang mete. hidangan buah atau jus buah dapat diperkaya dengan yogurt tawar (plain yoghurt) tanpa tambahan pemanis sintetis. pewarna.00: Siklus pembuangan sampah makanan Pukul 12. dan esens. sehingga ia bekerja lebih giat menyaring dan membuang toksin. Makan Pagi & Kudapan Pagi Menu makan pagi yang paling cocok adalah buah segar.

dan plain yoghurt. tomat. Komposisi asam amino telur yang baik menjadikan protein telur mudah dicerna. kombinasi serasi untuk menu protein (hewani) FC Vegetarian adalah sayuran. Untuk sajian telur omelet. seperti telur. Bahan makanan hewani dalam menu FC Vegetarian. sedangkan pati 2-3 jam).00). meskipun pada makan siang maupun malam tubuh kita sudah dalam siklus mencerna. Keju alami dan plain yoghurt digolongkan bahan makanan yang telah separuh tercerna (predigested foods). Telur mengandung protein berisi asam-asam amino mudah cerna. kita mengonsumsi menu protein pada malam hari (pukul 19. sajian telur rebus atau omelet telur disantap terpisah dari konsumsi buah. termasuk yang mudah dicerna. makanan hewani yang boleh dimakan pada pagi hari menurut aturan FC adalah telur yang dimasak tanpa atau menggunakan sedikit minyak goreng. Makanan hewani membutuhkan waktu cerna lebih lama daripada pati (hewani 4-6 jam. menu protein (hewani) bebas ditempatkan pada siang maupun malam hari. boleh diperkaya dengan tempe-tahu. tumpukan makanan yang telat tercerna akan "membusuk" dan menjadi toksin. telur boleh dicampur sayuran. Namun untuk pola makan FC Vegetarian. brokoli. bawang bombai. Buah dikonsumsi 15-30 menit sebelum menyantap telur. .00). keju alami. karena ikatan proteinnya sudah diuraikan oleh mikroba menjadi asam-asam amino bebas. kemungkinan berpindah ke siklus penyerapan (pukul 21. Akibatnya. Hanya saja. paprika. Bila jam Walaupun mudah cerna. makan siang & malam Siang hari merupakan waktu paling ideal untuk menyantap menu protein (hewani) dibanding malam hari. seperti wortel. Proses pengolahan tahu dari butir-butir kedelai menjadi bubur kedelai membuat ikatan protein dalam tahu lebih mudah dicerna tubuh.Selain plain yoghurt.

kacang tolo. Karena itu. Dengan demikian. bisa ditambahkan polong-polongan secukupnya saja. Aturan baku FC. pilih jus sayuran yang cita rasanya enak . Sama seperti plain yoghurt. misalnya salad atau sup. dan fitonutrisi bagi tubuh.Demikian halnya yang terjadi pada tempe. kacang merah. asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Agar nyaman. Jus Sayuran Setelah Makan Minum secangkir atau segelas jus sayuran merupakan penutup mengasyikkan dari serangkaian makanan sehat kita. Sebagian sayuran tersebut dikonsumsi mentah. Pilihan ini juga paling tepat bila kita sedang dalam program penurunan berat badan. Mencampurkan polong-polongan dengan makanan hewani (daging. karena menyulitkan kerja pencernaan. umbi-umbian). bihun. enzim. Bila diisi dengan kudapan pati. Contoh polong-polongan antara lain kacang hijau. Untuk menu pati. unggas. Namun karena program FC kita dirancang untuk menu Vegetarian. garbanzo (chickpea). selain dikombinasikan dengan sayuran dan tempe-tahu. lambung kita sudah kosong. tempe juga dikelompokkan sebagai makanan telah separuh tercerna (predigested food). Mikroba (kapang) yang tumbuh pada butirbutir kedelai memecah proteinnya menjadi asam-asam amino sederhana yang mudah dicerna dan diserap tubuh. tubuh sudah akan siap mencernanya dengan baik. Polong-polongan kaya protein dan sekaligus kaya pati. miju-miju (lentil). ikan) merupakan kombinasi yang buruk. pasta. sebagian sayuran dikonsumsi sebagai jus sayuran. ketika tiba waktu mengudap pada sore hari. konsumsi protein (hewani) dan pati setiap hari harus diimbangi dengan porsi sayuran sebanyak 3 kalinya. dalam FC polongpolongan tidak dimasukkan kelompok protein. maka menu protein (hewani) kita untuk makan siang. Kudapan Sore Kudapan sore yang paling aman adalah sayuran. termasuk yang mudah dicerna. Namun polong-polongan masih mungkin dikombinasikan dengan pati (nasi. untuk memasok kebutuhan vitamin antioksidan. Bila tak mampu menghabiskan sayuran sebanyak itu.

Bila cita rasanya masih kurang menggugah. kol hijau atau kol merah (manis). minum teh herba hangat. Pasangan serasi untuk pati adalah sayuran.dan kita sukai. kluwih. sayuran bisa dimakan seberapa pun kita mampu dan bisa dikombinasikan dengan protein (hewani) maupun pati. f) Cara mengombinasikan makanan Mengatur kombinasi makanan FC tidaklah serumit yang disangka. Tomat mentah bisa dikombinasikan dengan pati. nangka muda. Artinya. hidangan utama pati cukup dinikmati satu kali sehari. dibubuhi sedikit air jeruk lemon. tambahkan 1-2 sendok makan air jeruk lemon/nipis. Sebenarnya mudah saja. Kedua: Sayuran Sayur-sayuran termasuk kelompok makanan netral tidak dibatasi. taoge (netral). Artinya. mentimun (netral). Pati tidak serasi dikombinasikan dengan protein (hewani). Misalnya jus dari bahan paprika (manis). jagung muda. wortel (manis). Utamakan bahan makanan kaya pati yang sealami mungkin dan tidak banyak mengalami proses pengolahan (whole food). buncis mini alias baby buncis (manis). misalnya sebagai hidangan penutup (dessert). tapi tomat yang dimasak kurang serasi berpadu dengan pati. Misalnya tomat pada saus tomat daging cincang untuk siraman spageti bolognaisse. Buah juga tidak disarankan dikonsumsi setelah kita menyantap makanan lain. tomat (manis asam). buah dimakan 20-30 menit sebelum menyantap makanan lain. Untuk menyelaraskannya dengan metabolisme. ganti tomat yang dimasak dengan bahan lain. Sebaliknya. Teh herba bisa juga diminum di seore hari bersama kudapan sore. Pangan sumber pati yang baik bagi pelaku FC Vegetarian di antaranya nasi beras merah. Pertama: Buah Buah merupakan makanan yang harus dikonsumsi tersendiri. kapri manis (manis). ganti dengan paprika merah. seperti kentang. buah tidak dikombinasikan atau dimakan bersamaan dengan bahan makanan lain. termasuk sayuran kaya pati. nasi beras putih tumbuk. nasi beras . labu kuning. Untuk malam menjelang tidur. Ketiga: Pati Dalam FC. asalkan mengetahui dan menguasai dulu prinsip utamanya. batang seledri stik (manis).

jus buah manis bisa dikombinasikan dengan pati. kacang merah. sagu ambon. ubi jalar. dan lain-lain) tidak secara khusus dimasukkan ke dalam kelompok protein dalam FC. Buah kering (kismis. Walaupun berlimpah protein nabati. Sebagai contoh. dan sering dimanfaatkan sebagai pemanis alami pengganti gula pasir. yakni pati maupun protein (hewani). antara lain gula buah (fruktosa). Lemak Tinggalkan margarin dan minyak samin. Protein dalam pengertian FC secara khusus berarti protein hewani. dan sirup mapel. Netral dalam arti bisa dikombinasikan dengan pati maupun protein (hewani). sultana. Menurut sejumlah riset. bukan instant oats. agar tidak mengganggu proses pencernaan makanan utama. Satu jenis saja makanan hewani untuk sekali makan. sebagai pemanis alami pengganti gula pasir. Kelima: Bahan Makanan Netral Dibatasi Kelompok makanan ini tergolong netral. nasi jali (barley). Keempat: Protein Sama seperti hidangan utama pati. hidangan utama protein cukup dinikmati satu kali dalam sehari. Namun polong-polongan masih bisa dikonsumsi secukupnya jika dikombinasikan dengan pati. sehingga bahan makanan yang tercampur bersamanya juga menjadi lama proses cernanya. aprikot) termasuk kelompok pati. gula stevia. Penggunaannya harus dibatasi. polong-polongan (kacang hijau. Kombinasi polong-polongan dengan pati juga kurang serasi. tetapi penggunaannya harus dibatasi. karena jus buas manis berlimpah gula buah (fruntosa). tidak bercampur beberapa makanan hewani. spageti whole wheat. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna lemak. sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Kandungan pati dan seratnya yang tinggi membuat polong-polongan tidak serasi dikombinasikan dengan makanan hewani. Meskipun bukan kelompok pati. kurma. havermut pecah kulit (rolled oats maupun quick cooking oats. nasi kukus lebih mudah dicerna daripada nasi goreng yang telah ditambah minyak goreng atau nasi kuning yang telah dibubuhi santan. karena produk lemak terhidrogenerasi (minyak goreng yang dipadatkan) ini tidak sehat. lemak trans dalam margarin dan minyak samin meningkatkan kepekatan darah sehingga rawan . kacang tolo. juga dimasukkan dalam kelompok pati.jagung. Pemanis alami lainnya.

kunyit. jahe. vanili. . gulai instan.com/melawankanker/vegetarian/prinsipfc. seperti minyak jagung. Gunakan minyak zaitun. cabai. daun jeruk. menaikkan kadar kolesterol jahat LDL tapi malah menurunkan kadar kolesterol baik HDL mengganggu irama jantung. Pilihan lainnya: minyak kelapa dan minyak sawit. Untuk menggoreng (deep frying) pada suhu sedang. dan buttermilk bisa dikombinasikan dengan pati maupun protein (hewani) dalam jumlah terbatas. double cream/thick cream. single cream/heavy cream. Bumbu masak instan. Jakarta : PT ArgoMedia Pustaka. misalnya kunyit. Lupakan vetsin (MSG) dan produk banyak mengandung bahan tersebut. daun salam.reocities. krim asam (sour cream). daun pandan. Agus. 2009. minyak kacang tanah.html Sumanto. Beberapa dari bahan-bahan alami juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna dan biang aroma. Bumbu dan Rempah Manfaatkan bahan alami dan segar untuk membumbui masakan dan hidangan lain. tapi sebaiknya pilih extra light olive oil. Untuk menumis. minyak biji matahari. bumbu nasi goreng instan. boleh menggunakan minyak kanola (canola oil). Jauhi bahan tambahan makanan (food additives) sintetis. sebagai minyak salad. dan menggerogoti sistem kekebalan tubuh. daun pandan. terutama extra virgin olive oil. seperti kaldu blok dan kaldu bubuk.mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Minyak tersebut sangat mudah rusak jika dipanaskan atau kemungkinan dibubuhi antioksidan sintetis maksimal untuk menjaga stabilitasnya. seperti bumbu sup instan. kayumanis. Tetapi hindari minyak goreng yang sifat lemaknya sangat kurang jenuh. daun suji. merica. Tetap Langsing dan Sehat dengan Terapi Diet. vanili. Produk Susu Plain yoghurt. http://www. seperti jahe. kita masih memanfaatkan minyak zaitun. termasuk yang sebaiknya ditinggalkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful