PROGRAM SEMESTER TEMATIK Tema : DIRI SENDIRI Kelas I Semester 1

I. STANDAR KOMPETENSI

:

1. IPS

: 1. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga

2. IPA

: 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya

3. PKn

: 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan

4. Matematika

: 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

5. Bahasa Indonesia • • • • Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis : 1. Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan : 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin

61

PROGRAM SEMESTER TEMATIK TEMA : DIRI SENDIRI KELAS I SEMESTER 1 Kegiatan Pembelajaran Juli Agustus September Oktober Nopember Desember

Kompetensi Dasar IPS 1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat.

Materi Ajar

AW

Karakter

3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.

 Memperkenalkan diri, menyebutkan nama, alamat tempat tinggal, serta alamat sekolah serta usia.

3 JP

Perhatian Berani, Percaya diri Teliti Disiplin Runtut

 Menceritakan anggota keluarga yang tinggal di rumah ( nama, hubungan keluarga )

Santun Aktif, Terbuka Cinta Ilmu

62

IPA 1.1 Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. Bagian – bagian anggota tubuh , kegunaan dan cara perawatannya.  Melakukan pengamatan model atau gambar anggota tubuh untuk mengetahui kegunaanya 3 JP Perhatian Kompetitif Berani, Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif Analitis cinta Ilmu Tanggung Jawab Berpola Hidup Sehat

Mengenali dan menjelaskan cara perawatan anggota tubuh yang diamati.

63

pensil . Terbuka. Analitis. 3 JP Teliti.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin. daun 3 JP Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani 64 . agama.1 Membilang banyak benda. buku . Berani Aktif  Mencari contoh dari pengalaman sehari-hari tentang kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.PKn 1. dan suku bangsa. Matematika 1. Cinta Ilmu Analitis. Hidup rukun dalam perbedaan  Mendiskusikan tentang perbedaan secara fisik antara laki-laki dan perempuan. Kritis. Oprasi hitung bilang  Membilang banyak benda di sekitar siswa ( meja.

1.2 Mengurutkan banyak benda.jendela. lalu membacanya dengan benar. manikmanik atau 65 .  Mengelompokkan benda ( kelereng.  Menuliskan lambang bilangan yang tepat sesuai dengan benda yang dihitung. untuk mencari fakta lebih banyak atau lebih sedikit. dll) Rasional Cinta Ilmu  Mengelompokkan dua benda dengan jumlah yang berbeda.

Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengarkan  Mengamati gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.kancing) dengan cara berurut dari yang sedikit ke yang banyak. sehingga menemukan pola bilangan yang teratur dari yang terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.1 Membedakan bunyi bahasa. Perhatian Teliti Disiplin 15 JP Aktif  Menyanyikan 66 . 3. atau 4 Bahasa Indonesia 1.  Memilih bilangan yang berpola loncat 2.

lagu pergi belajar Santun Berani 2. keluarga. dengan kalimat sederhana Gemar Membaca Gemar Percaya Diri Aktif 2. tempat tinggal.3 Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. warna dan permukaannya.  Melakukan pengamatan terhadap bendabenda di sekitar untuk dideskripsikan dalam bentuk.1Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun. Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.  Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama. Menulis Patuh Aturan Logis Kritis Analitis Tanggung Jawab  Mengamati gambar anggota tubuh dan 67 .

menyebutkan kegunaannya. kata dan kalimat. kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. lingkaran. bentuk huruf  Menjiplak bentuk gambar. Menjiplak berbagai bentuk gambar. Penulisan huruf. 4.3.  Menyalin/ mencontoh huruf. lingkaran . Gambar. lingkaran dan bentuk huruf 4.  Menebalkan gambar. kalimat dari papan tulis dengan bentuk huruf yang benar. dan bentuk huruf. lingkaran dan bentuk huruf . kata .1. Mencontoh huruf . 4. 68 .2. Menebalkan berbagai bentuk gambar. lingkaran dan bentuk huruf.

. Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( .... Menyalin kata.. kalimat dari buku / papan tulis ke dalam buku sendiri dengan bentuk huruf yang benar................................................................ ) NIP...... ... .... 69 .......... ( ...................................... ) NIP.................

70 .

Bahasa Indonesia • • • • Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis : 1. menebalkan. Memahami bunyi bahasa. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 4. mencontoh. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya 3. PKn : 1. Menulis permulaan dengan menjiplak. Mengungkapkan pikiran. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : DIRI SENDIRI Kelas I Semester 1 I. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. IPA : 1. STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 5. IPS : 1. melengkapi dan menyalin 71 . Matematika : 1. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan : 3.

Percaya diri Teliti Disiplin Runtut Santun Aktif.  Memperkenalkan diri. alamat tempat tinggal.  Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah. keluarga. menyebutkan nama. serta alamat sekolah serta usia. dan kerabat. hubungan keluarga )  Menyebutkan nama ayah dan ibu.  Menyebut nama lengkap dan panggilan beserta usia.2 Mengidentifikasi identitas diri. Tertulis Lisan Obyektif LKS 3 JP Buku Ilmu Pengeta huan Sosial SD Kelas I Penerbit Erlangga Hal : 116 Perhatian Berani. keluarga dan kekerabatan. IPA 72 . Terbuka Cinta Ilmu Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi  Menceritakan anggota keluarga yang tinggal di rumah ( nama.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : DIRI SENDIRI KELAS I SEMESTER 1 Penilaian AW Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Sumber Belajar Karakter IPS 1. Identitas diri. serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.

 Melakukan pengamatan model atau gambar anggota tubuh untuk mengetahui kegunaanya  Menunjukkan bagianbagian tubuh ( mata. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif Analitis cinta Ilmu Tanggung Jawab Berpola Hidup Sehat Non Perbuatan Obyektif Lembar Observasi  Mengenali dan menjelaskan cara perawatan anggota tubuh yang diamati. Bagian – bagian anggota tubuh .  Menunjukkan cara merawat tubuh. Tertulis Lisan Obyektif LKS 3 JP Buku Ilmu Sains/IP A SD Kelas I Penerbit Erlangga Hal : 211 Perhatian Kompetitif Berani.  Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat. hidung. 73 .Penilaian AW Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Sumber Belajar Karakter 1. telinga .1 Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. dll)  Menceritakan kegunaan bagianbagian tubuh yang diamati. kegunaan dan cara perawatannya.

74 . Terbuka. Perbuatan  Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh lakilaki dan perempuan. dan suku bangsa. Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 3 JP Buku Pendidik an Kewarga negaraa n Kelas 1 Penerbit Grafindo Media Pratama Hal : 4 13 Teliti. Hidup rukun dalam perbedaan  Mendiskusikan tentang perbedaan secara fisik antara laki-laki dan perempuan. Analitis.  Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.  Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan. agama.Penilaian AW Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Sumber Belajar Karakter PKn 1. Berani Aktif Kritis.2 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin. Cinta Ilmu Analitis.  Mencari contoh dari pengalaman seharihari tentang kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh lakilaki dan perempuan.

3 Membilang banyak benda.  Menuliskan lambang bilangan yang tepat sesuai dengan benda yang dihitung. dll)  Menyebutkan banyak benda Tertulis Lisan Obyektif LKS Buku 3 JP Pelajara n Matemat ika SD Kelas 1 Penerbit Erlangga halaman : hal 1 – 41. lalu membacanya dengan benar. untuk mencari fakta lebih banyak atau lebih sedikit. pensil . buku . Oprasi hitung bilang  Membilang banyak benda di sekitar siswa ( meja. 75 . Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional Cinta Ilmu Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi  Mengelompokkan dua benda dengan jumlah yang berbeda.  Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit. daun jendela.  Membaca dan menulis lambang bilangan.Penilaian AW Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Sumber Belajar Karakter Matematika 1.

sehingga menemukan pola bilangan yang teratur dari yang terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.Penilaian AW Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Sumber Belajar Karakter 1.  Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil  Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar. 76 .  Mengelompokkan benda ( kelereng.4 Mengurutkan banyak benda.  Memilih bilangan yang berpola loncat 2. dan 4. atau 4  Membilang loncat 2. manik-manik atau kancing) dengan cara berurut dari yang sedikit ke yang banyak. 3. 3.

dengan menyebutkan nama. 2. Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengarkan  Mengamati gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah. tempat tinggal. keluarga.1Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun. Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP Buku Bina Bahasa Indonesi a dan Sastra SD kelas 1 Penerbit Erlangga hal: 1 – 10 Aktif Percaya Diri Gemar Membaca Gemar Menulis Patuh Aturan Teliti Santun Berani Perhatian Disiplin Aktif Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi  Menyanyikan lagu pergi belajar  Mendengarkan dan menyanyikan lagu. dengan kalimat sederhana  Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana dan santun.Penilaian AW Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Sumber Belajar Karakter Bahasa Indonesia 1.   Mencocokkan gambar dengan informasi. 77 . Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.2 Membedakan bunyi bahasa.  Memperkenalkan diri Kalimat sederhana untuk memperkenalk an diri.

lingkaran dan bentuk huruf . warna dan permukaannya. Menjiplak berbagai bentuk gambar.  Menjiplak bentuk gambar. pengamatan terhadap benda-benda di sekitar untuk dideskripsikan dalam bentuk.Penilaian AW Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Sumber Belajar Karakter  Melakukan 2.4.  4. bentuk dan permukaan benda Kritis Analitis Tanggung Jawab Logis  Menyebutkan nama anggota tubuh dan kegunaanya dengan kalimat sederhana. 78 .3Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.  Mengamati gambar anggota tubuh dan menyebutkan kegunaannya. lingkaran . dan bentuk huruf.  Menyebutkan warna . Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.

 Menyalin kata. Mencontoh huruf .6. kata dan kalimat. Menebalkan berbagai bentuk gambar.  Menyalin / mencontoh huruf. kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. Gambar. kata . lingkaran. lingkaran dan bentuk huruf  Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. kalimat dari buku / papan tulis ke dalam buku sendiri dengan bentuk huruf  Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan 79 .Penilaian AW Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Sumber Belajar Karakter 4. kalimat dari papan tulis dengan bentuk huruf yang benar. Penulisan huruf. lingkaran dan bentuk huruf. kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. lingkaran dan bentuk huruf.5.  Menyalin/ mencontoh huruf. kata.  Menebalkan berbagai bentuk gambar. bentuk huruf  Menebalkan gambar. 4.

. 80 ......... ) NIP......Penilaian AW Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Sumber Belajar Karakter yang benar................... menyalinnya kembali pada buku sendiri............... ( ......... Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( ..................................... ) NIP........................ ........................ .....

perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 5. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4.PROGRAM SEMESTER TEMATIK Tema : LINGKUNGAN Kelas I Semester 1 I. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 4. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan : 3. Mengungkapkan pikiran. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. Menulis permulaan dengan menjiplak. IPS : 1. Matematika : 1. mencontoh. melengkapi dan menyalin 81 . PKn : 1. IPA : 1. Memahami bunyi bahasa. menebalkan. Bahasa Indonesia • • • • Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis : 1. STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya 3.

1 Menceritakan pengalaman diri Materi Ajar AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Peristiwa masa kecil  Mengingat peristiwa yang berkesan yang diceritakan orang tua.  Mengemukakan pengalaman sehari-hari yang dialami ketika menuju sekolah . Logis. Analitis. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif. Kritis. di sekolah atau pulang sekolah. 2x perte muan Perhatian Berani. Cinta Ilmu 82 . atau kejadian sehari-hari yang tidak dapat dilupakan dan menceritakan kembali kepada teman-temannya.PROGRAM SEMESTER TEMATIK TEMA : LINGKUNGAN KELAS I SEMESTER 1 Kegiatan Pembelajaran Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Kompetensi Dasar IPS 1.

Analitis. Berpola Hidup Sehat 83 . udara. air. cinta Ilmu Santun Patuh Aturan Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat. Percaya diri Teliti Disiplin  Menyusun daftar jenis makanan yang dapat menyehatkan tubuh dan makanan yang tidak menyehatkan tubuh.Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan. Logis.  Menyebutkan dan mengelompokkan beberapa kebutuhan manusia agar tetap sehat dan kuat. pakaian.IPA 1. 2 x perte muan Perhatian Berani. lingkungan)  Mengamati berbagai makanan untuk mengelompokkan makanan yang sehat dan tidak sehat. Aktif. Kritis.1.

2X perte muan Teliti. dan suku bangsa Hidup rukun dalam perbedaan. agama.  Mendiskusikan pengaruh udara kotor bagi manusia. Cinta Ilmu Analitis. kristen. PKn 1. Logis.  Melakukan pengamatan gambar tempat ibadah umat Islam.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin. Analitis. dan Hindu. Berani Aktif Kritis. Memperhatikan beberapa sampel air yang sehat dan tidak sehat. Toleran  Mengelompokkan beberapa kegiatan keagamaan dari tiap agama yang diakui di Indonesia berdasarkan 84 . Budha.

Terbuka.  Mencari informasi tentang kitab suci dan pemuka agama yang diakui di Indonesia kepada orang lain yang berada di sekolah. Matematika 1. 10 x perte muan Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional  Membaca dan mengingat simbol kunci ( + ) untuk Cinta Ilmu 85 .3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. Oprasi hitung Bilangan  Pembuktian bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari.pengalaman sendiri atau orang lain.

menambah, dikumpulkan, diberi lagi, membeli lagi, datang lagi , dan lain-lain.

 Membaca dan mengingat simbol kunci ( - ) untuk diberikan kepada, dipinjam, diminta, diambil, pergi, lari, terbang, dan lain – lain.

 Membaca dan mengingat simbol kunci ( = ) digunakan untuk menyatakan hasil.

 Membaca dan menghapalkan fakta dasar

86

penjumlahan dan pengurangan sampai 20

 Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.

Bahasa Indonesia Mendengarkan 1.1 Membedakan  Pengucapan  Mendengarkan 10 x perte Aktif

87

bunyi bahasa

bunyi atau suara tertentu di sekitar

berbagai bunyi/suara dari benda langsung atau dari suara tiruan ( suara binatang, kendaraan, benda)

muan

Disiplin Perhatian Teliti Santun Berani Aktif Percaya Diri Gemar Membaca Gemar Menulis Patuh Aturan Logis

 Membedakan suara buatan dan suara alami.  Pelafalan bunyi bahasa.

1.2 Melaksanakan
sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana

 Melakukan peniruan bunyi yang menyerupai suara mobil, motor, burung, ayam, dan lainlain.  Mengelompokkan bunyi –bunyi tersebut kedalam 3 kelompok : suara binatang, suara kendaraan,

88

3.  Memasangkan kartu huruf yang dikenali untuk dibentuk menjadi 89 .2 Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang santun tepat dan bahasa yang  Memperagakan kalimat sapaan dengan ekspresi yang baik di hadapan teman – temannya.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang  Membaca kata . Tanggung Jawab  Meniru kalimat 2. kalimat. Kritis Analitis  Memperagakan gerakan binatang.dan suara benda yang dikenali.  Kalimat sapaan sapaan yang dicontohkan guru. kendaraan atau benda disertai bunyinya.

lingkaran . dan bentuk huruf  Menjiplak bentuk huruf dan gambar.2Menebalkan berbagai bentuk gambar. 4.  Menebalkan bentuk huruf dan gambar.3 Mencontoh  Melakukan salin tatap beberapa kata yang ditulis huruf .tepat kata.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar.  Membaca dengan suara yang nyaring kata-kata yang dibentuk menjadi kalimat sederhana.  Melakukan penjiplakan dan penebalan bentuk huruf dengan langkah penulisan yang benar. 4.  Melakukan penjiplakan dan penebalan bentuk gambar yang rapi. kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan 90 . lingkaran dan bentuk huruf. 4.

guru di papan tulis dengan bentuk huruf yang benar... ...  Menuliskan katakata yang diucapkan guru ke dalam buku tulis sendiri...................................................... ........ ( ............... 91 .......... Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( ................ ) NIP..................tulis dengan benar.............. ) NIP.........

Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 4. PKn : 1. Bahasa Indonesia • • • • Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis : 1.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : LINGKUNGAN Kelas I Semester 1 I. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. IPA : 1. STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengungkapkan pikiran. melengkapi dan menyalin 92 . Matematika : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 5. mencontoh. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya 3. Menulis permulaan dengan menjiplak. IPS : 1. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan : 3. Memahami bunyi bahasa. menebalkan.

 Mengemukakan pengalaman seharihari yang dialami ketika menuju sekolah . Cinta Ilmu Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 93 . Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif. Logis.1 Menceritakan pengalaman diri Peristiwa masa kecil  Mengingat peristiwa yang berkesan yang diceritakan orang tua. di sekolah atau pulang sekolah  pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua. atau kejadian sehari-hari yang tidak dapat dilupakan dan menceritakan kembali kepada teman-temannya. Analitis.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : LINGKUNGAN KELAS I SEMESTER 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi IPS 1.  Menceritakan pengalaman pergi . Kritis. di sekolah atau pulang sekolah.  Menceritakan kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 JP Catatan guru dari berbagai sumber Perhatian Berani.

cinta Ilmu Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 94 .Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan.  Menyebutkan dan mengelompokkan beberapa kebutuhan manusia agar tetap sehat dan kuat. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif. udara dan lingkungan untuk tumbuh sehat.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi IPA 1. pakaian.19 Perhatian Berani. lingkung-an)  Mengamati berbagai makanan untuk mengelompokkan makanan yang sehat dan tidak sehat  Menjelaskan perlunya air.  Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh. pakaian. udara. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 JP Buku Sains SD Kelas 1 Penerbit Erlangga Hal : 15. Kritis.1. makan. Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat. Logis. air.  Menyusun daftar jenis makanan yang dapat menyehatkan tubuh dan makanan yang tidak menyehatkan tubuh. Berpola Hidup Sehat Analitis.

2 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin. air. pakaian. 95 .  Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 JP ’ Catatan guru Dari berbagai sumber. udara. PKn 1.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi  Membedakan jenis  Memperhatikan beberapa sampel air yang sehat dan tidak sehat. Teliti. Cinta Ilmu Analitis. Logis. dan Hindu. Berani Aktif Kritis. Budha. makanan. dan lingkungan yang baik untuk tumbuh sehat.  Melakukan pengamatan gambar tempat ibadah umat Islam. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Mendiskusikan pengaruh udara kotor bagi manusia. dan suku bangsa  Mengelompokkan beberapa kegiatan keagamaan dari tiap agama yang diakui di Indonesia  Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama Hidup rukun dalam perbedaan. kristen. agama.

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi berdasarkan pengalaman sendiri atau orang lain.  Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari. Karakter  Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang ada di Indonesia. Toleran Terbuka. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 10 JP Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1 Penerbit Erlangga Hal : 49 – 68 Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional Cinta Ilmu 96 .4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Analitis.  Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia. Matematika 1.  Mencari informasi tentang kitab suci dan pemuka agama yang diakui di Indonesia kepada orang lain yang berada di sekolah.  Membaca dan  Membaca dan Oprasi hitung Bilangan  Pembuktian bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan seharihari.

menggunakan simbol +. dikumpulkan. diberi lagi. pergi. dipinjam. dan lain – lain. dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20 Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Membaca dan mengingat simbol kunci ( . membeli lagi.) untuk diberikan kepada. dan lain-lain. diminta.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi mengingat simbol kunci ( + ) untuk menambah. lari. terbang. diambil. -.  Membaca dan mengingat simbol kunci ( = ) digunakan untuk 97 . datang lagi .

Tertulis Lisan Obyektif LKS 10 JP Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD kelas 1 Perhatian Disiplin Aktif 98 . Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Membaca dan menghapalkan fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20.  Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa. Bahasa Indonesia 1.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi menyatakan hasil.  Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.  Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.  Pengucap an bunyi atau suara tertentu  Mendengarkan berbagai bunyi/suara dari benda langsung atau dari suara  Membedakan berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat.

motor. 99 . kendaraan atau suara benda. ayam. Percaya Diri Gemar Membaca Gemar Menulis Patuh Aturan  Pelafalan bunyi 2.  Mengelompokkan bunyi –bunyi tersebut kedalam 3 kelompok : suara binatang.1Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun. kendaraan. dan Analitis Kritis Logis Berani Teliti Karakter  Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti. burung. dan lain-lain. Aktif  Melakukan peniruan bunyi yang menyerupai suara mobil. benda) Teknik Perbuatan Bentuk Instrumen Non Obyektif Contoh Instrumen Lembar Observasi AW Sumber Belajar Penerbit Erlangga hal : 11 – 20 Santun  Membedakan suara buatan dan suara alami. suara kendaraan. bahasa.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi di sekitar tiruan ( suara binatang.

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi 2. 4. Tanggung Jawab Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Menjiplak berba  Memasangkan kartu huruf yang dikenali 100 .  Memperagakan kalimat sapaan dengan ekspresi yang baik di hadapan teman – temannya.2 Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana  Memperagakan gerakan binatang.2 Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun  Kalimat sapaan  Meniru kalimat sapaan yang dicontohkan guru.2 Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhan 2.1 suara benda yang dikenali. dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun.  Menyapa teman sebaya. kendaraan atau benda disertai bunyinya. 2. guru.

kalimat.  Melakukan penjiplakan dan penebalan bentuk huruf dengan langkah penulisan yang benar. lingkaran dan bentuk huruf 101 . kata –kata dan kalimat sederhana Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 4.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi untuk dibentuk menjadi kata.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar. membacanya sebagai suku kata.  Menebalkan berbagai bentuk gambar.  Melakukan penjiplakan dan penebalan bentuk gambar yang rapi.  Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat  Membaca kata .  Menebalk 4.  Mengenali hurufhuruf dan 3. an bentuk huruf dan gambar. lingkaran dan bentuk huruf.  Membaca dengan suara yang nyaring kata-kata yang dibentuk menjadi kalimat sederhana. dan bentuk huruf  Menjiplak bentuk huruf dan gambar. lingkaran .2Menebalkan berbagai bentuk gambar.

 Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.3Mencontoh huruf .  Menyalin / mencontoh huruf. kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.  Melakukan salin tatap beberapa kata yang ditulis guru di papan tulis dengan bentuk huruf yang benar. kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.  Menuliskan katakata yang diucapkan guru ke dalam buku tulis sendiri. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar Uji Kompetensi Remedial 102 .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi 4. kata.

................................... 103 ..... ( ............................................ ....... ) NIP.......... ) NIP.............................Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian kompetensi Pengayaan Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( .... .............

Matematika : 1. PKn : 1. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 5. Memahami bunyi bahasa. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. Mengungkapkan pikiran. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. Bahasa Indonesia • • • • Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis : 1. IPA : 1. menebalkan. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 2. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan : 3. STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya 3. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 4. IPS : 1. Menulis permulaan dengan menjiplak. mencontoh. melengkapi dan menyalin 104 .PROGRAM SEMESTER TEMATIK Tema : KELUARGA Kelas I Semester 1 I.

Logis.  Menyampaikan peristiwa yang paling berkesan 105 . Terbuka Cinta Ilmu Aktif.2 Menceritaan pengalaman diri Materi Ajar AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Pengalaman masa kecil  Menceritakan kejadian yang berkesan ketika sekolah di TK. menyebutkan nama guru-guru dan teman-teman yang dikenalnya. Kritis. Percaya diri Teliti Disiplin Santun  Menceritakan teman sebaya di rumah dan kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Analitis.PROGRAM SEMESTER TEMATIK TEMA : KELUARGA KELAS I SEMESTER 1 Kegiatan Pembelajaran Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Kompetensi Dasar IPS 1. 3x perte muan Perhatian Berani.

Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif. Logis.ketika masih kecil.3 Membiasakan hidup sehat. tidur teratur pada kesehatan tubuh.  Melakukan peragaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. cinta Ilmu Tanggung  Menjelaskan beberapa keuntungan menggunting kuku. Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat. baik dengan keluarga atau teman. 106 . Kritis. IPA 1. Analitis. melakukan olah raga. atau sesudah melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan menjadi kotor. 3x perte muan Perhatian Berani.

Toleran Hidup rukun dalam perbedaan.  Menyebutkan suku yang diketahuinya. Logis. 3x Perte muan Teliti. Cinta Ilmu Berani Aktif Kritis.  Menyusun perbedaan dari tiap suku yang ada di Indonesia melalui ciri-ciri bahasa dan adat Analitis.Jawab  Mengemukakan contoh-contoh kerugian yang pernah dialami sendiri atau orang lain dari tidak menjaga kesehatan PKn 1.  Mengelompokkan suku yang terbesar. dan suku bangsa .1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin. 107 . agama.

 Menterjemahkan / mencari arti dari semboyan Bhineka tunggal Ika Matematika 1. Operasi hitung bilangan  Mengungkapkan contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.3 Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20. 15 JP Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional Cinta Ilmu  Menemukan 0 sebagai hasil dari pengurangan bilangan dengan bilangan itu 108 .istiadatnya.

3 Menyebutkan tokoh-tokoh 109 . Bahasa Indonesia 1.  Mengelompokkan kegiatan menjadi 2 kelompok. 2.1 Menentukan waktu ( pagi. siang. malam) hari dan jam ( secara bulat) Satuan pengukuran  Menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan sehari hari. kelompok lama dan kelompok sebentar.sendiri.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana. Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah (untuk dibacakan oleh guru ) Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah (untuk dibacakan oleh guru ) Perhatian Teliti Menceritakan kembali isi dongeng Santun Disiplin 15 JP Aktif 1.

Gemar Memperagakan tokoh dongeng di Gemar Menulis Mengikuti sapaan kalimat yang Patuh Aturan Logis Kritis Analitis Tanggung 2.1 Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun. 110 .benda Memperhatikan Deskripsi bendagambar ”pasar buahJawab depan kelas 2. kalimatnya Berani Aktif Menjawab pertanyaan menjelaskan dongeng. lalu mengucapkan sendiri tanpa dibantu.3Mendeskripsikan benda.dalam cerita dengan sendiri. Kalimat sapaan Membaca dan isi Percaya Diri diucapkan guru. Memperagakan penyampaian kalimat sapaan tersebut kepada temannya.

Membuat daftar buah-buahan yang dikenal baik dari warna dan rasa. Memperhatikan katakata yang ditulis lalu dibaca dengan nyaring dengan lafal yang benar.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sendiri benda di sekitar buahan ”. untuk menyampaikan cerita dibalik gambar. 3. Membaca dengan suara yang dapat didengar orang lain beberapa kata yang tergabung menjadi 111 . mengelompokkan buah-buahan yang berwarna merah dan hijau.

kalimat yang sederhana.

Membaca beberapa kalimat yang tergabung menjadi teks pendek dengan intonasi dan lafal yang tepat.

4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

Menjiplak dan menebalkan bentuk huruf dan gambar untuk melenturkan motorik halus, dengan teknik penulisan yang benar.

4.2Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.

 Menyalin kalimat yang ditulis di papan tulis ke dalam buku sendiri, dengan tulisan yang

112

terbaca dan bentuk yang tepat.

4.3 Mencontoh huruf , kata, atau Kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.

 Mengamati gambar tentang benda-benda yang umum untuk menyempurnakan kalimat.

4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan Gambar

Uji Kompetensi Remedial Pengayaan

113

Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI

………………………20…… Guru Kelas I

( ...................................... ) NIP. ..................................

( ...................................... ) NIP. ..................................

114

STANDAR KOMPETENSI : 1. mencontoh. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. IPA : 1. Bahasa Indonesia • • • • Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis : 1.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : KELUARGA Kelas I Semester 1 I. Menulis permulaan dengan menjiplak. menebalkan. melengkapi dan menyalin 115 . Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya 3. PKn : 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 2. Mengungkapkan pikiran. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan : 3. IPS : 1. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 5. Memahami bunyi bahasa. Matematika : 1. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4.

Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 3 JP Buku Pengetahuan Sosial SD kelas 1 Penerbit Erlangga Hal . Analitis. Perhatian Berani. 45 -51 Buku  Menceritakan teman sebaya di rumah dan kegiatan yang dilakukan bersamasama. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 116 .  Menyampaikan peristiwa yang paling  Menceritakan peristiwa masa kecil Terbuka Aktif. menyebutkan nama guru-guru dan temanteman yang dikenalnya.2 Menceritaan pengalaman diri Pengalaman masa kecil  Menceritakan kejadian yang berkesan ketika sekolah di TK.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : KELUARGA KELAS I SEMESTER 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi IPS 1.  Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.  Menceritakan tentang teman main di rumah. Pengetahuan Sosial SD kelas 1 Penerbit Grasindo Logis. Kritis.

 Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan. Catatan guru  Menjelaskan beberapa keuntungan menggunting kuku.3 Membiasakan hidup sehat.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi berkesan ketika masih kecil. Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat. melakukan olah raga. cinta Ilmu dari berbagai sumber. atau sesudah melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan menjadi kotor. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Cinta Ilmu Karakter 117 . yang paling berkesan. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 3x pert emu an Buku Sains SD Kelas 1 Penerbit Erlangga Hal : 15 – 24 Perhatian Berani. baik dengan keluarga atau teman.  Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga.  Melakukan peragaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Logis. tidur teratur pada kesehatan tubuh. Kritis. Analitis. IPA 1.  Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang .

olah raga beristirahat dan tidur ) PKn 1.  Mengemukakan contoh-contoh kerugian yang pernah dialami sendiri atau orang lain dari tidak menjaga kesehatan  Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. agama.  Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Tanggung Jawab Karakter  Menyusun perbedaan dari tiap suku yang  Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat 118 .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi beristirahat dan tidur yang teratur agar tubuh sehat dan kuat. memotong kuku.4 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin. ( cuci tangan. dan suku bangsa . Hidup rukun dalam perbedaan.  Mengelompokkan suku yang terbesar. Logis.  Menyebutkan suku yang diketahuinya. Cinta Ilmu Berani Aktif Kritis. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 3 JP Buku Pendidikan Kewarganegar aan Kelas 1 Penerbit Grafindo Media Pratama Teliti.

Toleran Karakter 119 . sumber. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Hal : 4 – 13 Analitis. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1 Penerbit Erlangga halaman : hal 49 – 68.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi ada di Indonesia melalui ciri-ciri bahasa dan adat istiadatnya. Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional Cinta Ilmu  Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika. Operasi hitung bilangan  Mengungkapkan contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.  Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.  Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.4 Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20. Catatan guru dari berbagai  Menterjemahkan / mencari arti dari semboyan Bhineka tunggal Ika Matematika 1. dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.

malam) hari dan jam ( secara bulat) Satuan pengukuran  Menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan sehari hari.1 Menentukan waktu ( pagi. siang.  Mengelompokkan kegiatan menjadi 2 kelompok.5 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 2. kelompok lama dan kelompok sebentar.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi  Menemukan 0 sebagai hasil dari pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri.  Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.  Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama. Bahasa Indonesia 1. Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah (untuk dibacakan  Menceritakan kembali isi dongeng dengan Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah (untuk dibacakan oleh guru )  Mendemontrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD kelas 1 Penerbit Erlangga hal : Teliti Perhatian Disiplin Aktif 120 .

Percaya Diri Gemar Membaca 2.1 Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar 21 – 32 Santun Karakter 121 .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi oleh guru ) 1. Aktif  Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas. Kalimat sapaan  Mengikuti kalimat sapaan yang diucapkan guru.6 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita  Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. lalu mengucapkan sendiri tanpa dibantu. Analitis Kritis  Menyapa teman sebaya.  Memperagakan penyampaian kalimat sapaan tersebut kepada temannya. Logis Patuh Aturan Gemar Menulis Berani kalimatnya sendiri. guru. dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa cara yang santun.

benda-benda di sekitar  Memperhatikan gambar ”pasar buahbuahan ”. kata-kta dan kalimat 122 .  Mengenali hurufhuruf dan membacanya sebagai suku kata. untuk menyampaikan cerita dibalik gambar.  Memperhatikan katakata yang ditulis lalu dibaca dengan nyaring dengan lafal yang benar.  Bercerita berdasarkan gambar.benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sendiri  Membuat daftar buahbuahan yang dikenal baik dari warna dan rasa.3 Mendeskripsikan benda. Tanggung Jawab Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 3.  Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. mengelompokkan buah-buahan yang berwarna merah dan hijau.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Deskripsi 2.

lingkaran. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Membaca dengan suara yang dapat didengar orang lain beberapa kata yang tergabung menjadi kalimat yang sederhana.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi sederhana.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar. dan  Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.  Menjiplak dan menebalkan bentuk huruf dan gambar untuk melenturkan  Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.  Membaca beberapa kalimat yang tergabung menjadi teks pendek dengan intonasi dan lafal yang tepat. 123 .  Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. 4.

Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 4. kalimat. motorik halus. kata.  Menyalin kalimat yang ditulis di papan tulis ke dalam buku sendiri.  Menyalin / mencontoh huruf kata .  Menebalkan berbagai bentuk gambar.  Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru 124 .3Menebalkan berbagai bentuk gambar. dengan teknik penulisan yang benar. dari papan tulis atau buku dengan benar.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi bentuk huruf. dengan tulisan yang terbaca dan bentuk yang tepat. 4.3 Mencontoh huruf . dan bentuk huruf. lingkaran dan bentuk huruf. atau Kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.

.. ....Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi dan menyalinnya pada buku sendiri............. ...........................  Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar... ) NIP......... Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 4........... ( ............... ) NIP................... 125 ................................. Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( ....4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan Gambar  Mengamati gambar tentang benda-benda yang umum untuk menyempurnakan kalimat..........

Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : 3.PROGRAM SEMESTER TEMATIK Tema : PENGALAMAN Kelas I Semester 1 I. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 5. menebalkan. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 4. melengkapi dan menyalin 126 . IPA : 2. IPS : 1. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat 3. Matematika : 2. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. Mengungkapkan pikiran. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. PKn : 1. Memahami bunyi bahasa. Menulis permulaan dengan menjiplak. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa. mencontoh. STANDAR KOMPETENSI : 1. Bahasa Indonesia • • Mendengarkan Berbicara : 1.

Kritis. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif.3 Menceritakan pengalaman Materi Ajar AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Menguraikan pengalaman masa kecil. Logis.  Menjelaskan cerita dalam foto yang menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. 1.PROGRAM SEMESTER TEMATIK TEMA : PENGALAMAN KELAS I SEMESTER 1 Kegiatan Pembelajaran Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Kompetensi Dasar IPS 1. 3x Perte muan Perhatian Kompetitif Berani.4 Menceritakan kasih sayang antar anggota  Mengamati beberapa gambar yang mengisahkan kasih sayang orang 127 . Analitis.  Mengungkapkan perasaan ketika melihat foto / mengingat pengalaman tersebut.

keluarga.  Membacakan doa untuk orang tua setiap saat.  Menjelaskan sikap yang baik seorang anak kepada orang tuanya. tua kepada anaknya.  Membandingkan kasih sayang orang tua dan orang lain.  Menyebutkan 128 . Terbuka Cinta Ilmu Tanggung Jawab  Menyebutkan bukti –bukti bahwa orang tua menyayangi anaknya.

rapi dan tidak rapi untuk mendiskusikan cara merawat lingkungan rumah agar selalu bersih. Percaya diri Teliti Disiplin Santun 129 .  Menjelaskan manfaat saling menyayangi dengan anggota keluarga.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah  Mengamati model / gambar rumah yang bersih dan tidak bersih . 3X perte muan Perhatian Kompetitif Berani.anggota keluarga yang ada di rumah. IPA 2.  Menjelaskan sikap yang baik antar anggota keluarga.

mengelap meja dan bangku. Patuh Aturan Kerjasama. Aktif. Cinta Ilmu Analitis. Logis. serta membuang sampah pada tempatnya. Terbuka cinta Ilmu Tanggung Jawab Berpola Hidup Bersih PKn 1. 130 .  Menunjukkan model / gambar yang menceritakan hidup rukun untuk 3 x Perte muan Teliti. Analitis.  Menunjukkan alat – alat kebersihan yang digunakan di dalam rumah/ sekolah dan di luar rumah/ sekolah. Kritis.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di Hidup rukun dalam perbedaan. Mendemontrasikan cara merawat lingkungan sekolah dengan melakukan menyapu. Toleran.

Kerjasama. Logis. dan malam hari. Kritis.rumah maupun di sekolah menemukan manfaat hidup rukun. Menentukan Waktu ( pagi. siang hari. 3x 35 menit Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional Cinta Ilmu 131 . malam) hari.  Mendiskusikan / mencari contoh akibat jika tidak menjaga kerukunan Matematika 12. Berani Aktif  Membandingkan dari gambar/ model/ kisah yang menunjukkan hidup rukun dan tidak rukun. Terbuka. dan jam (secara utuh) Satuan pengukuran  Menyebutkan aktifitas yang biasa dilakukan pada pagi hari. Analitis. siang.

 Menyebutkan nama hari secara berurut dalam seminggu dimulai dari senin.  Menyebutkan nama bulan kelahiran untuk menyusun nama bulan dari bulan ke satu sampai ke dua belas. Menyusun daftar kegiatan yang dilakukan pada pagi hari. dan malam hari. 132 . siang hari.  Mengenal kegunaan jam sebagai penunjuk waktu.

 Membaca tanda waktu yang ditunjukkan dengan jarum jam analog .  Meletakkan jarum pendekdan jarum panjang pada gambar jam. 133 .  Menggambar jam sesuai dengan kegiatan yang ditunjukkan dengan gambar. sesuai dengan waktu yang diminta.

2.Bahasa Indonesia 1.1 Membedakan bunyi bahasa  Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar. gerak mimik yang sesuai.  Mendengarkan model / tiruan suara binatang yang. 134 . Perhatian  Menyebutkan nama binatang yang ditirukan suaranya.4 Mendeklamasikan dengan lafal dan intonasi yang sesuai. Gemar Menulis Patuh Disiplin Aktif  Menjelaskan ciriciri binatang yang ditirukan suaranya.  Puisi anak  Mendeklamasikan puisi / lagu disertai ekspresi. Teliti Santun Berani Aktif Percaya Diri Gemar Membaca  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.

 Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami Jawab  Menyebutkan huruf.  Menyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di sekolah. kalimat sederhana. kata . Aturan Logis Kritis Analitis Tanggung  Membaca nyaring suku kata.huruf dan membacanya menjadi suku kata. dan kata. 135 . Membuat kesimpulan tentang isi puisi.  Membaca dengan suara nyaring gabungan katakata di papan tulis.

kata dan kalimat sederhana.  Menuliskan kembali kata. kata. lingkaran. 4.3 Mencontoh huruf . lingkaran dan bentuk huruf.  Menjiplak dan menebalkan bentuk gambar dan huruf . 4.3. atau kalimat sederhana  Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru 136 . suku kata. dan bentuk huruf.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. kalimat sederhana dari papan tulis atau buku dengan tulisan lepas.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar.  Bentuk huruf dan gambar. kata dan kalimat sederhana 4.  Huruf.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar. suku kata.  Membaca kalimat yang ditulis dalam buku tulis sendiri.

4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar  Gambar sederhana  Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan seharihari  Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati. 4. pada buku tulis sendiri.dari buku atau papan tulis dengan benar. Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I 137 .

..... ( ..................... 138 . ) NIP...... ) NIP.. .......................( ...... ...................................................................................

mencontoh. Bahasa Indonesia • • Mendengarkan Berbicara : 1. Matematika : 2. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : 3. Mengungkapkan pikiran. IPA : 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 5.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : PENGALAMAN Kelas I Semester 1 I. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat 3. menebalkan. melengkapi dan menyalin 139 . perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. PKn : 1. Memahami bunyi bahasa. STANDAR KOMPETENSI : 1. Menulis permulaan dengan menjiplak. IPS : 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 4.

5 Menceritakan pengalaman Menguraikan pengalaman masa kecil. 45-51  Mengungkapkan perasaan ketika melihat foto / mengingat pengalaman tersebut. Kritis. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 3 JP Buku Pengetahuan Sosial SD kelas 1 Penerbit Erlangga Hal . Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 140 . Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif.  Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya. Logis.  Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan . Perhatian Kompetitif Berani. Foto keluarga siswa sebagai sumber belajar.  Menjelaskan cerita dalam foto yang mnceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : PENGALAMAN KELAS I SEMESTER 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi IPS 1.

 Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga. 141 . Cinta Ilmu Tanggung Jawab  Menyebutkan bukti – bukti bahwa orang tua menyayangi anaknya.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi 1.  Menjelaskan sikap yang baik seorang anak kepada orang tuanya. Terbuka  Membandingkan kasih sayang orang tua dan orang lain. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Analitis.6 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.  Mengamati beberapa gambar yang mengisahkan kasih sayang orang tua kepada anaknya.

IPA 2.  Menjelaskan sikap yang baik antar anggota keluarga.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi  Membacakan doa untuk orang tua setiap saat.  Menjelaskan manfaat saling menyayangi dengan anggota keluarga.1 Mengenal cara Perawatan dan  Mengamati model /  Menjelaskan cara Tertulis Obyektif LKS 3 JP Buku Sains SD Perhatian 142 . Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menyebutkan anggota keluarga yang ada di rumah.

membersihkan rumah dan halaman. Toleran. Kritis. Aktif. mengelap meja dan bangku. rapi dan tidak rapi untuk mendiskusikan cara merawat lingkungan rumah agar selalu bersih. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Lisan Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Kelas 1 Penerbit Erlangga Hal : 25 – 38 Kompetitif Berani.  Menunjukkan alat – alat kebersihan yang  Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan Terbuka 143 . Logis. Patuh Aturan Kerjasama. Percaya diri Teliti Disiplin Santun  Mendemontrasikan cara merawat lingkungan sekolah dengan melakukan menyapu. Analitis.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi menjaga lingkungan agar tetap sehat pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah gambar rumah yang bersih dan tidak bersih . serta membuang sampah pada tempatnya.  Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.

Analitis. rumah dan sekolah. Berani Aktif Kritis. Logis. Kerjasama. Terbuka.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi digunakan di dalam rumah/ sekolah dan di luar rumah/ sekolah.  Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.  Menunjukkan model / gambar yang menceritakan hidup rukun untuk menemukan manfaat hidup rukun. Pratama  Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun. Hal : 14 – 21 Teliti.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah maupun di sekolah Hidup rukun dalam perbedaan. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter cinta Ilmu Tanggung Jawab Berpola Hidup Bersih PKn 1. Cinta Ilmu Analitis. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 3 x Pert emu an Buku Pendidikan Kewarganegar aan Kelas 1 Penerbit Grafindo Media  Membandingkan dari gambar/ model/ kisah yang menunjukkan hidup rukun dan tidak rukun. 144 .

dan jam (secara utuh) Satuan pengukuran  Menyebutkan aktifitas yang biasa dilakukan pada pagi hari. dan malam hari. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 3 JP Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1 Penerbit Erlangga  Menyusun daftar kegiatan yang dilakukan pada pagi hari. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menyebutkan nama hari secara berurut dalam seminggu 145 . siang.  Mengurutkan namanama hari dalam seminggu. Menentukan Waktu ( pagi. malam) hari.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi  Mendiskusikan / mencari contoh akibat jika tidak menjaga kerukunan Matematika 12. siang. siang hari.  Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi. halaman : hal 145– 165 Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional Cinta Ilmu  Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan. siang hari. dan malam hari. dan malam hari.

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi dimulai dari senin.  Menggambar jam sesuai dengan  Menggambar jam sesuai dengan 146 .  Mengenal kegunaan jam sebagai penunjuk waktu. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menyebutkan nama bulan kelahiran untuk menyusun nama bulan dari bulan ke satu sampai ke dua belas.  Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.  Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.  Membaca tanda waktu yang ditunjukkan dengan jarum jam analog .

 Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat. Tertulis  Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata. Bahasa Indonesia 1.  Mendengarkan model / tiruan suara binatang yang.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi kegiatan yang ditunjukkan dengan gambar.2 Membedakan bunyi bahasa  Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar.  Menyebutkan nama binatang yang ditirukan suaranya. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Teliti Santun Berani Lisan Obyektif LKS Aktif Disiplin Perhatian 147 . kata –kata dan kalimat sederhana. sesuai dengan waktu yang diminta. kegiatan Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Meletakkan jarum pendekdan jarum panjang pada gambar jam.

 Menyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di sekolah. Analitis Tanggung Jawab Gemar Membaca Aktif Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Membuat kesimpulan tentang isi puisi. kata .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi  Menjelaskan ciri-ciri binatang yang ditirukan suaranya Percaya Diri  Puisi anak  Mendeklamasikan puisi / lagu disertai ekspresi. Menulis Patuh Aturan Logis Kritis 2.  Membaca nyaring suku kata.  Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.5 Mendeklamasikan dengan lafal dan intonasi yang sesuai. 148 . gerak mimik yang sesuai. Gemar  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.

dan kata.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi kalimat sederhana.  Membaca dengan 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. 149 .  Membaca kalimat yang ditulis dalam buku tulis sendiri.  Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menyebutkan hurufhuruf dan membacanya menjadi suku kata.  Menjiplak berbagai suara nyaring gabungan kata-kata di papan tulis.

4 Menebalkan berbagai bentuk gambar. kata dan kalimat sederhana. kalimat. suku kata.  Bentuk huruf dan gambar. suku kata. dan bentuk huruf. dan bentuk huruf.  Huruf. kata.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar.  Menjiplak dan menebalkan bentuk gambar dan huruf .  Menebalkan berbagai bentuk gambar. lingkaran dan bentuk huruf. 4. atau kalimat  Gambar sederhana  Mengamati gambar yang menceritakan  Menyalin / mencontoh huruf kata .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi 4. kata dan kalimat sederhana  Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri. bentuk huruf dan gambar. lingkaran. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 4. 150 .  Menuliskan kembali kata.5 Mencontoh huruf . kalimat sederhana dari papan tulis atau buku dengan tulisan lepas.

4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar Uji Kompetensi dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.  Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung  Melengkapi kalimat 4. 151 . kegiatan sehari-hari dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.

...........Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Pencapaian Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter ( ....... ........................ ) NIP................ ( ................................................. ) NIP......... 152 ............. ..................

perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. mencontoh. Bahasa Indonesia • • Mendengarkan Berbicara : 1. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. Mengungkapkan pikiran. 5. Matematika : 2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat 3. STANDAR KOMPETENSI : 1. PKn : 1. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.PROGRAM SEMESTER TEMATIK Tema : BUDI PEKERTI Kelas I Semester 1 I. IPA : 2. pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : 3. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 4. menebalkan. Menulis permulaan dengan menjiplak. Memahami bunyi bahasa. melengkapi dan menyalin 153 . perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa. IPS : 1.

paman. Kerjasama Aktif. sepupu ) Kritis. 2X 35 menit Perhatian Berani. kakek.PROGRAM SEMESTER TEMATIK TEMA : BUDI PEKERTI Kegiatan Pembelajaran KELAS I SEMESTER 1 Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Kompetensi Dasar IPS 1. adik. kakak. Percaya diri Teliti Disiplin  Menyebutkan anggota keluarga yang terlihat pada foto. nenek.7 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. Logis.  Mengamati gambar foto keluarga yang terdiri dari anggota keluarga besar. bibi. ibu. Materi Ajar AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. ( ayah. Santun Patuh Aturan  Menuliskan 154 .

kebiasaan. suku.( jenis kelamin. Terbuka Cinta Ilmu  Mengemukakan pendapat dalam menyelesaikan masalah dalam kemajemukan keluarga .  Menjelaskan manfaat kerukunan dalam kemajemukan keluarga 155 .kemajemukan anggota keluarga pada lembar kerja siswa untuk mendiskusikannya . agama. bahasa ) Analitis. Toleran.

Kritis Logis Aktif Analitis cinta Ilmu Tanggung Jawab Aturan 156 . 2x 35 menit Perhatian Berani.  Mengamati lingkungan sekitar. Kerjasama  Mengamati lingkungan sekolah ( dari lantai 2) dapat diamati macammacam kendaraan. ( luar kelas) untuk mencari ciri-ciri lingkungan sehat dan ciri-ciri lingkungan tidak sehat. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh  Mendiskusikan hasil pengamatan.IPA 2. cerobong asap) dan kondisi lingkungan sekitar sekolah.2 Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat. Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.

2x 35 menit Teliti. Mendiskusikan hasil pengamatan . Cinta Ilmu Analitis.  Menyebutkan perbedaan antara tiap individu anggota keluarga / teman sekolah. Logis. Analitis. 157 . PKn 1. Hidup rukun dalam perbedaan. Kritis.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah. Berani Aktif  Menjelaskan tidak menghargai perbedaan dapat menimbulkan perselisihan.  Membiasakan membuang sampah pada tempatnya di mana pun berada. Berpola Hidup Sehat  Menjelaskan hasil diskusi dengan tanya jawab.

i Perbedaan  Menunjukkan sikap tidak membedabedakan dalam bergaul di rumah maupun disekolah Matematika 2. Mengharga  Menjelaskan bahwa perbedaan suatu karunia dari allah SWT.  Menyebutkan contoh kegiatan sehari –hari yang dapat dilakukan dengan waktu 2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung. Satuan pengukuran.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari Menyebutkan contoh kegiatan sebentar 10 x 35 menit Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional Cinta Ilmu 158 . Terbuka.pertengkaran dan permusuhan.

panjang ) dan membandingka nnya.hari (pendek. ( panjang. 159 .  Mengamati benda-benda di sekitar dan memperkirakan panjangnya dengan kata-kata sehari-hari.  Mendiskusikan dan membedakan kegiatan yang sebentar dan lama. sehari-hari yang dapat dilakukan dengan waktu lama. pendek)  Mengelompokkan benda yang panjang dan benda yang pendek.

( benda yang ada di sekitar siswa ) 160 . Menyebutkan benda yang termasuk kategori panjang dan pendek. (kata perbandingan sehari-hari lebih panjang atau lebih pendek )  Mengisi daftar observasi yang mencari fakta panjang dari suatu benda.  Mengamati benda dan membandingkan panjang benda tersebut.

 Mengelompokkan tempat yang termasuk kategori jauh dan dekat.4 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita  Menyimak dongeng untuk menceritakan Santun Berani Aktif Teliti Perhatian 10 x 35 menit Disiplin Aktif 161 .  Bermain bisikbisik untuk menyampaikan pesan dan melakukan sesuatu sesuai dengan pesan yang disampaikan .  Menceritakan jarak dari rumah ke sekolah. 1. Bahasa Indonesia 1.3 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru. Menjelaskan ciri dekat dan jauh.

Gemar Menulis  Menyebutkan sifat tokoh yang baik untuk ditiru.  Membaca kalimat sederhana 162 .1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat  Membaca nyaring suku kata dan kata .kembali isi dongeng tersebut dengan bahasa yang sederhana. Analitis Tanggung Jawab Kritis Membaca Percaya Diri 3. Gemar  Melakukan tanya jawab seputar isi dongeng. Patuh Aturan Logis  Memperagakan tokoh dalam dongeng tersebut.

2 Menebalkan berbagai bentuk gambar.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar.dengan lafal dan intonasi yang tepat.3Mencontoh huruf. 4. 4. 163 . dan bentuk huruf.  Menjiplak dan menebalkan kalimat dengan bentuk huruf yang benar. 4. atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. lingkaran. kata. lingkaran dan bentuk huruf.  Menuliskan kalimat yang didiktekan dengan tulisan lepas lalu disalin kedalam tulisan tegak bersambung.

4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan Gambar  Mengamati gambar yang menceritakan suasana di kelas.  Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai gambar  Mencari kata yang tepat (disediakan) agar menjadi kalimat yang baik. Menyalin kalimat dari buku pada buku sendiri. Uji Kompetensi Remedial Pengayaan 164 .

............................................. ) NIP.............. ) NIP............................................. .............. ( .... .. 165 ............Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( ...........

melengkapi dan menyalin 166 . Mengungkapkan pikiran. Menulis permulaan dengan menjiplak. IPA : 2. Memahami bunyi bahasa. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa. Bahasa Indonesia • • Mendengarkan Berbicara : 1. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. 5. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. Matematika : 2. STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat 3. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. mencontoh. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 4. pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : 3. IPS : 1. menebalkan. PKn : 1.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : BUDI PEKERTI Kelas I Semester 1 I.

kebiasaan.8 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. kakek. Logis. ( ayah. Kritis.  Mengamati gambar foto keluarga yang terdiri dari anggota keluarga besar.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : BUDI PEKERTI KELAS I SEMESTER 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter IPS 1. dll ) ( Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi jenis kelamin. agama. kebiasaan. suku. adik. nenek. sepupu ) Kerjasama  Menuliskan kemajemukan anggota keluarga pada lembar kerja siswa untuk mendiskusikannya. bahasa ) Aktif. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan 167 . Hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. suku Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 JP Buku Pengetah uan Sosial SD kelas 1 Penerbit Erlangga Hal .  Menyebutkan anggota keluarga yang terlihat pada foto. bibi. 29 44 Perhatian Berani.( jenis kelamin. paman. ibu. agama. Analitis. kakak.  Memberi contoh kemajemukan keluarga bangsa.

( luar kelas) untuk mencari ciri-ciri lingkungan sehat dan ciri-ciri lingkungan tidak sehat. Terbuka Cinta Ilmu Karakter  Menjelaskan manfaat kerukunan dalam kemajemukan keluarga IPA 2.  Mengemukakan pendapat dalam menyelesaikan masalah dalam kemajemukan keluarga .  Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga . Percaya diri Teliti Disiplin Santun 168 .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Toleran. Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.  Mengamati lingkungan sekitar.  Mengemukakan ciriciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 JP Buku Sains SD Kelas 1 Penerbit Erlangga Hal : 2 11  Mendiskusikan hasil  Menjelaskan bahwa Perhatian Berani.2 Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.

 Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.  Menjelaskan hasil diskusi dengan tanya jawab. asap  Mengamati lingkungan sekolah ( dari lantai 2) dapat diamati macammacam kendaraan. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Patuh Aturan Kerjasama Kritis Logis Aktif Analitis cinta Ilmu Tanggung Jawab Berpola Hidup Sehat Karakter  Mendiskusikan hasil pengamatan .  169 . kompetensi air kotor tumpukkan sampah.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran pengamatan. cerobong asap) dan kondisi lingkungan sekitar sekolah.  Membiasakan membuang sampah pada tempatnya di mana pun berada. kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.

Logis. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 JP buku Pendidika n Kewargan egaraan Kelas 1 Penerbit Grafindo Media Pratama Hal : 22 28  Menjelaskan bahwa perbedaan suatu karunia dari allah SWT.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.  Menyebutkan perbedaan antara tiap individu anggota keluarga / teman sekolah. Terbuka.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter PKn 1.  Menunjukkan sikap tidak membedabedakan perlakuan di rumah dan di Menghargai Perbedaan Teliti. Berani Aktif Kritis. Cinta Ilmu Analitis. pertengkaran dan permusuhan. Hidup rukun dalam perbedaan.  Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan dalam bergaul di rumah maupun disekolah 170 .  Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan  Menjelaskan tidak menghargai perbedaan dapat menimbulkan perselisihan. Analitis. sekolah.

 Mendiskusikan dan membedakan kegiatan yang sebentar dan lama.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung. Matematika 2. Perbuatan Non Obyektif 2. panjang ) dan membandingkann ya. Satuan pengukuran.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat seharihari (pendek.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi sekolah. panjang )  Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama. Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 10 JP Buku Pelajaran Matematik a SD Kelas 1 Penerbit Erlangga halaman : hal 141144 Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional Cinta Ilmu Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Mengamati benda-benda di sekitar dan memperkirakan  Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang 171 .  Menyebutkan contoh kegiatan sehari-hari yang dapat dilakukan dengan waktu lama.  Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek .  Menyebutkan contoh kegiatan sehari –hari yang dapat dilakukan dengan waktu sebentar  Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.

 Menyebutkan benda yang termasuk kategori panjang dan pendek. (kata perbandingan sehari-hari lebih panjang atau lebih pendek )  Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang. lebih pendek )  Mengisi daftar observasi 172 . pendek) kompetensi pendek. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Mengelompokkan benda yang panjang dan benda yang pendek. ( panjang.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran panjangnya dengan kata-kata sehari-hari.  Mengamati benda dan membandingkan panjang benda tersebut.

 Mengelompokkan tempat yang termasuk kategori jauh dan dekat. 173 .  Mengenal jarak dekat dan jauh.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran yang mencari fakta panjang dari suatu benda. ( benda yang ada di sekitar siswa ) kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menjelaskan ciri dekat dan jauh.  Menceritakan jarak dari rumah ke sekolah.

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter

Bahasa Indonesia 1.5 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.  Bermain bisik-bisik untuk menyampaikan pesan dan melakukan sesuatu sesuai dengan pesan yang disampaikan  Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 10 JP Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD kelas 1 Penerbit Erlangga hal : 47 – 56 Santun Berani Aktif Percaya Diri Gemar Membaca Gemar Menulis Teliti Perhatian Disiplin Aktif

1.6 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

Menyimak dongeng untuk menceritakan kembali isi dongeng tersebut dengan bahasa yang sederhana.

 Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri

Melakukan tanya jawab seputar isi dongeng.

 Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.

Menyebutkan sifat tokoh yang baik untuk ditiru.

174

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi  Memperagakan tokoh  Memperagakan tokoh dalam dongeng tersebut. dongeng di depan kelas. Logis 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat  Membaca kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.  Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.  Menjiplak dan menebalkan kalimat dengan bentuk huruf yang benar.  Membaca nyaring suku kata dan kata .  Membaca nyaring ( didengar siswa ) Kritis Analitis Tanggung Jawab Patuh Aturan Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter

 Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.

4.4 Menebalkan berbagai bentuk gambar,

 Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.

175

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter

lingkaran dan bentuk huruf.  Menuliskan kalimat yang didiktekan dengan tulisan lepas lalu disalin kedalam tulisan tegak bersambung.  Menuliskan kata, kalimat yang didiktekan.

4.5Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.

Menyalin kalimat dari buku pada buku sendiri.

 Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.

Mengamati gambar yang menceritakan suasana di kelas.

4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan Gambar

Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai gambar

 Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.

Mencari kata yang tepat

176

........ ) NIP........... 177 ...... ........... Uji Kompetensi Remedial Pengayaan kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( ....................... ) NIP............................Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran (disediakan) agar menjadi kalimat yang baik................. ...................................... ( ......

Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah 4. IPA : 2. Mengungkapkan pikiran. pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : 3. STANDAR KOMPETENSI : 1. PKn : 2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. melengkapi dan menyalin 178 . Bahasa Indonesia • • Mendengarkan Berbicara : 1. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalanm dan tegur sapa. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 5. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda 3. IPS : 1. Menulis permulaan dengan menjiplak.PROGRAM SEMESTER TEMATIK Tema : KEGEMARAN Kelas I Semester 1 I. mencontoh. menebalkan. Memahami bunyi bahasa. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. Matematika : 2.

Logis. Percaya diri Teliti Disiplin Santun  Menyebutkan beberapa contoh hidup rukun dan tidak rukun. Analitis. Materi Ajar AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.  Menyimak beberapa contoh sikap yang tidak rukun lalu mendiskusikan akibat yang lain dari tidak menjaga kerukunan.PROGRAM SEMESTER TEMATIK TEMA : KEGEMARAN KELAS I SEMESTER 1 Kegiatan Pembelajaran Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Kompetensi Dasar IPS 1. Patuh Aturan Kerjasama. 2 jp Perhatian Kompetitif Berani. 179 .  Mendiskusikan ciri hidup rukun dan tidak rukun.7 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. Aktif. Kritis.

hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.  Menyebutkan alasan perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan. Aktif  Menyebutkan hal – hal yang harus diperhatikan dalam merawat hewan peliharaan. Analitis Toleran Terbuka cinta Ilmu Peduli Kritis Logis Santun Patuh Aturan Menerapkan cara memelihara lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.  Mendemontrasik an cara menanam tanaman dan merawat tanaman.Toleran. Percaya diri Teliti Disiplin 180 .3 Menceritakan perlunya merawat tanaman. 2 jp Perhatian Berani. Terbuka IPA 2.

warna dan permukaan benda.1Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.Lingkungan  Menjelaskan keuntungan / manfaat merawat tanaman dan hewan peliharaan. rasa. yang diamati : bentuk. Mengidentifikasi ciri-ciri benda dan sifatnya.  Mengamati bermacammacam benda untuk mencari fakta tentang sifat benda .  Mendiskusikan hasil pengamatan dengan 181 . ukuran. bau. 3.

warna ( merah. balok. kuning. kubus. pedas ) bau (wangi. asam. lonjong. bau busuk ) permukaan (halus . kecil ).kasar)  Mencara fakta baru tentang benda berdasarkan pengelompokka 182 . biru dll ) rasa ( manis.mengelompokka n berdasarkan bentuk ( persegi. bau menyengat. hijau. dll ) ukuran ( besar . tabung. pahit. bundar.

Ratuh Aturan Berani Aktif Kritis. 2 jp Teliti.n benda di atas. Tata tertib di rumah dan di sekolah. kantor.  Menceritakan/ menjelaskan contoh akibat dari tidak mematuhi tata Logis. dan di sekolah untuk menjelaskan manfaat dari mematuhi tata tertib. Analitis. ( pengamatan pada benda yang berada di tempat lain : halaman.  Menyebutkan peraturan yang harus dipatuhi di rumah. 183 . perpustakaan PKn 2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di di rumah dan sekolah. Cinta Ilmu Analitis.

Satuan pengukuran  Melakukan pengukuran suatu benda dengan satuan tak baku ( jengkal. telapak kaki.tertib. Matematika 2. depa.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat seharihari (pendek. panjang) dan membandingka n-nya. langkah.  Mencari data dan membandingkan hasil pengukuran 184 . hasta ) 10 jp Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional  Melakukan pengukuran dan menunjukkan perbedaan hasil – hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku.

Bahasa Indonesia 1. (menangkap bola.. gerakan bunga bergoyang. menendang bola. menari kupu-kupu.2 Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhana.3Mendeskripsika n benda-benda di sekitar dan fungsi anggota Mendisdripsikan benda benda  Melakukan pengamatan pada model / gambar benda / Gemar Membaca Gemar Aktif Santun Berani Teliti Perhatian Disiplin 10 JP Aktif 185 .panjang dengan satuan tak baku yang satu dengan satuan tak baku yang lain. Perintah  Melaksanakan perintah seperti yang diucapkan guru. memainkan alat musik. dll) Percaya Diri 2.

3. Menulis Patuh Aturan Mendeskripsikan tiap benda tersebut dan menyebutkan kegunaannya dengan kalimat sederhana. Tanggung Jawab Analitis Kritis Logis  Menjelaskan dan memperagakan cara permainan yang digemari itu dilakukan.tubuh dengan kalimat sederhana.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.  Mengamati gambar dan menceritakanny a dengan menggunakan kalimat sederhana. 186 .  alat permainan yang digemari.

 Membaca teks pendek yang terdiri beberapa kalimat sederhana dengan intonasi dan pelafalan yang benar.  Membaca kalimat sederhana dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan jeda panjang. ( pengenalan tanda baca koma dan titik).1 Menjiplak berbagai bentuk gambar. 4. l  Menjiplak dan menebalkan gambar dengan 187 .

Mencontoh huruf.( dikte )  Menyalin tatap kalimat sederhana yang ditulis pada papantulis kedalam buku sendiri.ingkaran. 4.3.  Menebalkan kalimat yang menerangkan gambar. atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. 188 . tema kegemaranku. dan bentuk huruf.  Menyimak dan menyalin kalimat sederhana yang diucapkan guru. 4. Menebalkan berbagai bentuk gambar. kata.2. lingkaran dan bentuk huruf.

 Menyusun kata menjadi kalimat berdasarkan gambar yang diamati.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar  Membuat kalimat baru berdasarkan gambar yang diamati.  Menyalin puisi anak dengan huruf lepas terbaca orang lain dan membacanya dengan suara 189 . Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas.5. 4. Menyalin kata dari huruf lepas ke dalam tulisan tegak bersambung. 4.

.................. ) NIP.................................. ..... ...yang nyaring......................... ( .. 190 ............. Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( ......................................... ) NIP.......

Bahasa Indonesia • • Mendengarkan Berbicara : 1. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat 3. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah 4. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. melengkapi dan menyalin 191 . Memahami bunyi bahasa. IPA : 2. Matematika : 2. PKn : 2. Mengungkapkan pikiran. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalanm dan tegur sapa. STANDAR KOMPETENSI : 1. mencontoh. menebalkan. pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : 3. Menulis permulaan dengan menjiplak. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. Menggunakan pengukruan waktu dan panjang 5.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : KEGEMARAN Kelas I Semester 1 I. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda 3. IPS : 1.

 Mendiskusikan ciri hidup rukun dan tidak rukun. 192 . Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 jp Buku Pengetahuan Sosial SD kelas 1 Penerbit Erlangga Hal : 29.8 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.39 Perhatian Kompetitif Berani. Kritis.  Menyebutkan beberapa contoh hidup rukun dan tidak rukun.  Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun. Aktif.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : KEGEMARAN KELAS I SEMESTER 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter IPS 1. Hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. Percaya diri Teliti Disiplin Santun  Menyimak beberapa contoh sikap yang tidak rukun lalu mendiskusikan akibat yang lain dari tidak menjaga kerukunan. Logis.  Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan Patuh Aturan Kerjasama.

Terbuka Karakter IPA 2. Toleran.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Analitis.3 Menceritakan Menerapkan  Mendemontrasikan  Merawat tanaman Tertulis Obyektif LKS 2 jp Buku Sains SD Kelas 1 Perhatian 193 .

hewan peliharaan dan lingkungan sekitar. Percaya diri Karakter perlunya merawat tanaman. Analitis Toleran  Menjelaskan keuntungan / manfaat merawat tanaman dan hewan peliharaan. cara memelihara lingkungan di sekitar rumah dan sekolah. 194 .Penerbit Grasindo hal : 49 -51 Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kritis Berani.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran cara menanam tanaman dan merawat tanaman. kompetensi atau hewan peliharaan Perbuatan Non Obyektif  Menyebutkan alasan perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.  Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan  Menyebutkan hal – hal yang harus diperhatikan dalam merawat hewan peliharaan. Terbuka cinta Ilmu Peduli Lingkungan Logis Aktif Lembar Observasi Teknik Lisan Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Penerbit Erlangga Hal : 34 – 35 Buku Gembira Belajar Sains SD kelas 1 .

balok. pedas ) bau (wangi. warna. kecil ). pahit. ukuran. asam. bermacam. dll ) ukuran ( besar .  Mendiskusikan hasil pengamatan dengan mengelompokkan berdasarkan bentuk ( persegi. bundar. tabung. ukuran.1Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan. kompetensi  Menjelaskan bentuk. warna ( merah. 195 . bau. yang diamati : bentuk. hijau. lonjong.macam benda untuk mencari fakta tentang sifat benda . bau. biru dll ) rasa ( manis. kuning. rasa. warna dan permukaan benda.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran  Mengamati Mengidentifika si ciri-ciri benda dan sifatnya. permukaan benda suatu objek Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 3. rasa. kubus.

Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 jp Buku Pendidikan Kewarganegar aan Kelas 1 Penerbit Grafindo Teliti.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah. ( pengamatan pada benda yang berada di tempat lain : halaman. Tata tertib di rumah dan di sekolah. Cinta Ilmu Analitis.kasar) kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Mencara fakta baru tentang benda berdasarkan pengelompokkan benda di atas.  Menyebutkan peraturan yang harus dipatuhi di rumah. Ratuh Aturan 196 . dan di sekolah untuk menjelaskan manfaat dari mematuhi tata  Menjelaskan  Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah. bau busuk ) permukaan (halus .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran bau menyengat. kantor. perpustakaan PKn 2.

panjang) dan membandingkan -nya. 10 jp Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1 Penerbit Erlangga halaman : hal 166 – 189 Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional 197 . Logis.  Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran tertib. hasta )  Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku. Analitis. telapak kaki. Kritis. kompetensi manfaat mematuhi tata tertib. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Media Pratama Hal : 30 . depa.46  Menceritakan/ menjelaskan contoh akibat dari tidak mematuhi tata tertib.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat seharihari (pendek. langkah.  Melakukan pengukuran dan menunjukkan perbedaan hasil – hasil pengukuran  Menunjukkan perbedaan hasilhasil pengukuran panjang dengan Satuan pengukuran  Melakukan pengukuran suatu benda dengan satuan tak baku ( jengkal. Berani Aktif Karakter Matematika 2.

dll)  Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama. gerakan bunga bergoyang.2 Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhana.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran panjang dengan satuan tak baku.  Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya. Tertulis Lisan Obyektif LKS 10 JP Buku Bina Bahasa Indonesia dan Aktif Disiplin Perhatian Teliti Santun Berani Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Sastra SD kelas 1 Penerbit Erlangga hal : 57 – 72 198 . Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Mencari data dan membandingkan hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku yang satu dengan satuan tak baku yang lain. kompetensi satuan tak baku. (menangkap bola. menari kupu-kupu. Kalimat perintah  Melaksanakan perintah seperti yang diucapkan guru. Bahasa Indonesia 1. memainkan alat musik. menendang bola.

Analitis Tanggung Jawab 2. Patuh Aturan Logis Kritis  Menjelaskan cara permainan dilakukan.  Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.  Mengamati gambar  Bercerita 199 .3Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Deskripsi benda-benda di sekitar . kalimat berita (Kalimat deklaratif)  Melakukan pengamatan pada model / gambar benda / alat permainan yang digemari.  Menjelaskan dan memperagakan cara permainan yang digemari itu dilakukan. Aktif Percaya Diri Gemar Membaca Gemar Menulis Mendeskripsikan tiap benda tersebut dan menyebutkan kegunaannya dengan kalimat sederhana.

  Membaca teks pendek yang terdiri beberapa kalimat sederhana dengan intonasi dan pelafalan yang benar. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Membaca kalimat sederhana dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan jeda panjang.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran dan menceritakannya dengan menggunakan kalimat sederhana. Membaca teks sastra dan non sastra. 3. kompetensi berdasarkan gambar. ( pengenalan tanda  Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan 200 . Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.

2. kompetensi jeda pendek. lingkaran dan bentuk huruf.  Menebalkan kalimat yang menerangkan gambar.  Menjiplak dan menebalkan gambar dengan tema kegemaranku.  Menyimak dan menyalin kalimat sederhana yang diucapkan guru. Menebalkan berbagai bentuk gambar. dan bentuk huruf. Mencontoh huruf.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar. kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. 201 . kata. 4. l ingkaran. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 4.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran baca koma dan titik).  Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.  4.3. atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.( dikte )  Menyalin / mencontoh huruf. Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. kata.

 Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri  Menyalin kata dari huruf lepas ke dalam tulisan tegak bersambung.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar  Menyusun kata menjadi kalimat berdasarkan gambar yang diamati.  Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.  Membuat kalimat baru berdasarkan  Membuat kalimat berdasarkan 202 . 4.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menyalin tatap kalimat sederhana yang ditulis pada papantulis kedalam buku sendiri.

Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I 203 .  Menyalin puisi anak dengan huruf lepas terbaca orang lain dan membacanya dengan suara yang nyaring.  Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain. kompetensi gambar.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran gambar yang diamati. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 4. Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas.5.

. .................... 204 .. ) NIP................................ ............( . ) NIP..................... ( ..........................................................

IPS : 1. menebalkan. Menulis permulaan dengan menjiplak. mencontoh. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah 4. Mengenal beberapa bangun ruang 5. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 3. Bahasa Indonesia • • Mendengarkan Berbicara : 1. PKn : 2. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa. Memahami bunyi bahasa. melengkapi dan menyalin 205 . IPA : 3. Mengungkapkan pikiran. Matematika : 2. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda 3. STANDAR KOMPETENSI : 1. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4.PROGRAM SEMESTER TEMATIK Tema : KEGIATAN Kelas I Semester 1 I. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2. pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : 3.

 Menceritakan pengalaman/ permasalahan dan jalan keluar yang dilakukan dengan teman .4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. Logis.  Menceritakan hal-hal yang dapat menimbulkan perselisihan. Analitis. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif. kakak.PROGRAM SEMESTER TEMATIK TEMA : KEGIATAN KELAS I SEMESTER 1 Kegiatan Pembelajaran Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Kompetensi Dasar IPS 1. Cinta Ilmu 206 . 2 JP Perhatian Berani. Kritis. Materi Ajar AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. atau adik yang berkaitan dengan kerukunan.

2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya. Sifat. perubahan dan kegunaan benda.  Menemukan dan menjelaskan fakta setelah percobaan bahwa benda dapat berubah bentuk setelah : 207 . Menjelaskan sikap membedabedakan dapat menimbulkan perselisihan baik di rumah maupun di sekolah. IPA 3. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kritis Logis 3. 2 JP Perhatian Berani.3Mengidentifikasi -kan kegunaan benda di lingkungan sekitar.  Mengamati dan membandingkan beberapa bentuk benda yang dapat berubah dan tidak berubah.

dibelah. lalu menjelaskan / menceritakanny a sebagai model tukar informasi. benda yang sederhana ( menggunakan 208 . dijemur. digunting. Aktif Analitis cinta Ilmu  Menyusun / mengisi daftar kegunaan benda yang ada di rumah dan di sekolah.  Memperagakan cara menggunakan alat. dipecahkan. bekukan. dipanaskan.ditekan .

dll ) PKn 2.  Mengerjakan lembar tugas 10 JP Teliti Perhatian Analitis 209 . lampu. penggaris. menyalakan radio. 2 JP Aktif.4 Menyelesaikan masalah yang Satuan Pengukuran. TV. Berani Teliti.sapu.  Melalui lembar pengamatan dapat menunjukkan sikap tertib di rumah maupun di sekolah.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah Tata tertib di rumah dan di sekolah. Cinta Ilmu Kritis Matematika 2.

lama. depa.berkaitan dengan waktu dan panjang dan masalah yang berkaitan hari. lebih pendek. bulan. sebentar. langkah. Berani  Mengerjakan lembar tugas dan masalah yang berkaitan dengan panjang ( jengkal. jam ) Disiplin Aktif Rasional Cinta Ilmu Menyelesaikan masalah dengan yang berkaitan waktu ( dengan waktu.1Mengelompokka n berbagai bangun ruang sederhana ( balok. lebih panjang) 3. tabung. tabung – bukan 210 . prisma. bola dan kerucut ) Bangun ruang  Mengamati beberapa macam benda yang secara geometris berbentuk bola – bukan bola. hasta.

tabung .  Menyebutkan ciri-ciri dari tiap bentuk bangun ruang tersebut untuk mengelompokka n berdasarkan bentuknya. 211 .  Memberi tanda pada sekelompok benda yang sejenis.balok – bukan balok. kubus – bukan kubus. lalu menunjukkan serta menyebutkan nama dari tiaptiap bentuk benda tersebut.

 Menyusun bangun tabung dari yang terbesar ke yang terkecil. Menentukan urutan benda ruang yang sejenis menurut besarnya.2. 212 .3.  Menyusun bangun balok dari yang terbesar ke yang terkecil.  Menyusun bangun ruang bola dari yang terbesar ke yang terkecil.  Menyusun bangun ruang kubus dari yang terbesar ke yang terkecil.

1 Membedakan bunyi bahasa.  Memberi warna yang khusus untuk bangun ruang yang terkecil. Dongeng  Menyimak cerita/ dongeng yang disampaikan untuk menceritakan kembali isi dongeng dengan 10 JP Aktif Disiplin Perhatian Teliti Santun 213 . Bahasa Indonesia 1. Mewarnai bangun ruang dengan warna yang khusus untuk bangun ruang terbesar.

menyebutkan tokoh yang tidak baik dan menjelaskan sikap yang harus dilakukan tokoh tidak baik itu.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita Tokoh tertentu dalam dongeng. 1. manusia atau hewan. Berani Aktif Percaya Diri Gemar Membaca Gemar Menulis Patuh Aturan Logis Kritis Analitis Tanggung Jawab  Melakukan tanya jawab tentang isi dongeng.  Memperagakan di depan kelas tingkah laku tokoh baik maupun tokoh 214 .  Menyebutkan tokoh yang disenangi karena bersikap baik .bahasa yang sederhana.

tidak baik.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. 3.  Melakukan 2.  Membaca nyaring secara klasikal maupun individual naskah cerita dengan intonasi dan lafal yang baik. Kalimat sapaan percakapan yang berisi sapaan tentang kegiatan yang dilakukan kepada teman sebaya. guru.2 Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun. 215 . Membaca teks sederhana. atau orang lain / orang tua dengan bahasa dan cara yang santun.

3 Mencontoh huruf .2 Menebalkan berbagai bentuk gambar. 4. dan bentuk huruf. 4.  Membaca teks sederhana dengan memperhatikan jeda pendek dan jeda panjang. dengan bentukhuruf yang benar.3.  Menjiplak dan menebalkan bentuk huruf dan kata dalam tulisan tegak bersambung 4. gambar. lingkaran.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. lingkaran dan bentuk huruf. kata. Huruf. atau kalimat sederhana dari buku atau  Menyalin tatap dari huruf lepas ke dalam tulisan tegak bersambung dari 216 . kata .1 Menjiplak berbagai bentuk gambar.

buku atau papan tulis ke buku tulis sendiri.papan tulis dengan benar.  Menyimak gambar dan melengkapi kalimat dengan kata kerja yang tepat.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar  Membuat kalimat berdasarkan gambar yang diamati tentang kegiatan sehari hari petani.  Membuat kalimat yang berisi pendapat dan alasan yang sesuai dengan gambar. Uji Kompetensi 217 . 4.

Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( ......... ) NIP........................................................... ) NIP...................................... ................ .... 218 ............... ( ......

Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : 4. IPA : 3. Mengenal beberapa bangun ruang 5. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah 4. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 3. Matematika : 2. pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : 3. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa. menebalkan. Bahasa Indonesia • • Mendengarkan Berbicara : 1.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : KEGIATAN Kelas I Semester 1 I. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda 3. mencontoh. melengkapi dan menyalin 219 . IPS : 1. Menulis permulaan dengan menjiplak. Memahami bunyi bahasa. perintah dan dongeng yang dilisankan : 2. PKn : 2. STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengungkapkan pikiran. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga 2.

Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 JP Buku Pengetahua n Sosial SD kelas 1 Penerbit Erlangga Hal: 29 – 44 Perhatian Berani. 220 .SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : KEGIATAN KELAS I SEMESTER 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter IPS 1. kakak.  Menceritakan pengalaman/ permasalahan dan jalan keluar yang dilakukan dengan teman . Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif. Kritis.  Menunjukkan sikap tidak membedabedakan perilaku dalam keluarga.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. atau adik yang berkaitan dengan kerukunan.  Menjelaskan sikap membeda-bedakan dapat menimbulkan perselisihan Cinta Ilmu  Menunjukkan sikap saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari. Logis. Analitis.  Menceritakan hal-hal yang dapat menimbulkan perselisihan. Hidup rukun dalam kemajemuk an keluarga.

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran baik di rumah maupun di sekolah. IPA 3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya. Sifat, perubahan dan kegunaan benda.  Mengamati dan membandingkan beberapa bentuk benda yang dapat berubah dan tidak berubah.  Menjelaskan hasil 3.3 Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.  Menemukan dan menjelaskan fakta setelah percobaan bahwa benda dapat berubah bentuk setelah : ditekan , dibelah, digunting, dipecahkan, dipanaskan, dijemur, bekukan.  Menyusun / mengisi daftar kegunaan benda yang ada di rumah dan di  Menceritakan kegunaan benda di rumah, di sekolah Aktif Analitis cinta Ilmu pengamatan perubahan bentuk benda karena perlakuan tertentu. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi  Membandingkan bentuk benda Tertulis Lisan Obyektif LKS 2 JP Buku Sains SD Kelas 1 Penerbit Erlangga Hal : 51-52 Catatan guru dari berbagai sumber. Halaman 52 – 54 Santun Patuh Aturan Kritis Logis Perhatian Berani, Percaya diri Teliti Disiplin kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter

221

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran sekolah, lalu menjelaskan / menceritakannya sebagai model tukar informasi. kompetensi dan tempat lain. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter

 Memperagakan cara menggunakan alat, benda yang sederhana ( menggunakan sapu, penggaris, menyalakan radio, TV, lampu, dll ) PKn 2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah Tata tertib di rumah dan di sekolah.  Melalui lembar pengamatan dapat menunjukkan sikap tertib di rumah maupun di sekolah.

 Mendemontrasikan cara penggunaan beberapa benda.

 Menunjukkan sikap tertib di rumah.

Tertulis Lisan

Obyektif

LKS

2 JP

Buku Pendidikan Kewarganeg a-raan Kelas 1 Penerbit Grafindo Media Pratama Hal : 47 -56 Aktif, Berani Teliti, Cinta Ilmu

 Menunjukkan sikap tertib di sekolah.

Perbuatan

Non Obyektif

Lembar Observasi

222

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Kritis Karakter

Matematika 2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang Satuan Pengukuran.  Mengerjakan lembar tugas dan masalah yang berkaitan dengan waktu ( hari, bulan, lama,  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang.

Tertulis Lisan

Obyektif

LKS 10 JP Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1 Penerbit Erlangga halaman : 166 – 189 Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Rasional Cinta Ilmu

Perbuatan

Non Obyektif

Lembar Observasi

Menyelesaikan masalah sebentar, yang jam berkaitan ) dengan waktu.

 Mengerjakan lembar tugas dan masalah yang berkaitan dengan panjang ( jengkal, depa, hasta, langkah, lebih pendek, lebih panjang) Bangun ruang  Mengamati beberapa 3.1Mengelompokkan berbagai bangun macam benda yang secara geometris  Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk bola, tabung, balok,

223

Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter ruang sederhana ( balok. dan ciri-ciri lainnya. lalu menunjukkan serta menyebutkan nama dari tiap-tiap bentuk benda tersebut. bola dan kerucut )  Mengelompokkan benda-benda yang sejenis. menurut bentuk . tabung. kompetensi prisma.  Mengelompokkan benda-benda  Menyebutkan ciri-ciri dari tiap bentuk bangun ruang tersebut untuk mengelompokkan berdasarkan bentuknya. tabung – bukan tabung . Menentukan urutan benda  Memberi tanda pada sekelompok benda yang  Mengurutkan 224 . dan kerucut.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran berbentuk bola – bukan bola. prisma.balok – bukan balok.2. kubus – bukan kubus. 3. permukaan.

 Mengurutkan bangun ruang balok dari yg terbesar ke yang  Menyusun bangun balok dari yang terbesar ke yang terkecil. ke yang terkecil. terkecil.  Mengurutkan bangun ruang tabung dari yg terbesar ke yang terkecil. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter ruang yang sejenis menurut besarnya. 225 . terkecil.  Mengurutkan bangun ruang kubus dari yang terbesar ke yang  Menyusun bangun ruang kubus dari yang terbesar ke yang terkecil. kompetensi bangun ruang bola dari yang terbesar  Menyusun bangun ruang bola dari yang terbesar ke yang terkecil.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran sejenis.

 Memberi warna yang khusus untuk bangun ruang bola. Dongeng  Menyimak cerita/ dongeng yang disampaikan untuk menceritakan kembali isi  Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara Perbuatan Non Lembar Tertulis Lisan Obyektif LKS 10 JP Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD kelas 1 Perhatian Disiplin Aktif 226 . kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Bahasa Indonesia 1. tabung yg paling besar. balok.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran  Menyusun bangun tabung dari yang terbesar ke yang terkecil.  Memberi warna yang khusus untuk bangun ruang yang terkecil. kubus. kubus.  Memberi warna yang khusus untuk bangun ruang bola.1 Membedakan bunyi bahasa. balok.  Mewarnai bangun ruang dengan warna yang khusus untuk bangun ruang terbesar. tabung yg paling kecil.

Santun Berani kompetensi tepat Teknik Bentuk Instrumen Obyektif Contoh Instrumen Observasi AW Sumber Belajar Penerbit Teliti Karakter 227 . manusia atau hewan.  Menyebutkan tokoh yang baik dan tidak baik dalam dongeng. Aktif  Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng Gemar Membaca  Menyebutkan tokoh yang disenangi karena bersikap baik . 1. Patuh Aturan Logis Kritis Gemar Menulis Percaya Diri  Melakukan tanya jawab tentang isi dongeng.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita Tokoh tertentu dalam dongeng.  Menceritakan isi dongeng dengan kalimatnya sendiri. menyebutkan tokoh yang tidak baik dan menjelaskan sikap yang harus dilakukan tokoh tidak baik itu.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran dongeng dengan bahasa yang sederhana.

atau orang lain / orang tua dengan bahasa dan cara yang santun  Menyapa teman. kompetensi  Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas Tanggung Jawab Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Analitis Karakter 2.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran  Memperagakan di depan kelas tingkah laku tokoh baik maupun tokoh tidak baik.2 Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun. guru dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun 3. Membaca teks sederhana. jeda 228 .  Membaca nyaring secara klasikal maupun individual naskah cerita dengan intonasi dan lafal yang baik. guru.  Membaca nyaring (didengar siswa lain)  Membaca dengan memperhatikan tempat jeda . Kalimat sapaan  Melakukan percakapan yang berisi sapaan tentang kegiatan yang dilakukan kepada teman sebaya.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.

 Menjiplak berbagai bentuk huruf tegak bersambung.3 Mencontoh huruf 229 .  Menebalkan kata  Menyalin tatap dari huruf lepas ke dalam tulisan tegak bersambung dari buku atau papan tulis ke buku tulis sendiri.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran  Membaca teks sederhana dengan memperhatikan jeda pendek dan jeda panjang. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 3. lingkaran.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.  Menyalin / dan kalimat dengan tulisan lepas dan tegak bersambung 4.  Menjiplak dan menebalkan bentuk huruf dan kata dalam tulisan tegak bersambung dengan bentukhuruf yang benar. kata . 4. dan bentuk huruf. Huruf. 4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar. kompetensi panjang dan jeda pendek. gambar.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar. lingkaran dan bentuk huruf.

kata. 4.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran kompetensi mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. atau Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter .  Menuliskan kalimat yang diucapkan guru pada buku sendiri.  Membuat kalimat yang 230 .4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar  Menyimak gambar dan melengkapi kalimat dengan kata kerja yang tepat. atau kalimat sederhana dari buku papan tulis dengan benar.  Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.  Membuat kalimat berdasarkan gambar yang diamati tentang kegiatan sehari hari petani.

.. kompetensi  Membuat kalimat berdasarkan gambar yang diamati....................... Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas I ( .................. .. ) NIP............... 231 ........... ) NIP..................................... ( ............Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran berisi pendapat dan alasan yang sesuai dengan gambar........... ..................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful