PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : DIRI SENDIRI Kelas II Semester 1 I. STANDAR KOMPETENSI 1. PKn 2. IPS 3.

IPA • Makhluk hidup dan Proses kehidupan • : 1. 2. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan jewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya. makhluk hidup. Benda dan sifatnya : :

: 1. Membiasakan hidup bergotong royong : 1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.

4. Matematika • • • • • Bilangan Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500. : 1. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. : 3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. : 4. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. 5. Bahasa Indonesia

59

II. KOMPETENSI DASAR : 1. PKn 2. IPS : 1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. : 1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya. 1.2 Memelihara dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. 3. IPA : 1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. 2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. 4. Matematika : 1.1 Membandingkan bilangan sampai 500 1.2 Mengurutkan bilangan sampai 500. 5. Bahasa Indonesia : 1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek. 1.2 Mendeskripsikan isi puisi. 2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. 2.2 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar. 3.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. 4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. 4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.

60

PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : DIRI SENDIRI KELAS II SEMESTER 1

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Juli AW Karakter

Agustus

September

Oktober

Nopember

Desember

3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

PKn 1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.  Menyebutkan beberapa contoh hidup rukun.  Menceritakan pengalaman saling berbagi  Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman. Hidup gotong royong  Melalui diskusi dan Tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun. 6 JP Gotong Royong Aktif, Berani Disiplin Teliti, Kerjasama, Kritis, Logis, Analitis, Toleran, Terbuka. Cinta Ilmu

61

Aktif. 9 JP Perhatian Berani. siswa menceritakan cara memelihara dokumen pribadi. Dokumen pribadi dan keluarga  Melalui penugasan siswa dapat menunjukkan dokumen diri dan keluarga. Terbuka Cinta Ilmu Tanggung Jawab 62 .IPS 1. dan kartu keluarga. Kritis.2 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya Manfaat 1. Logis. Toleran. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama. dokumen  Siswa memperlihatkan contoh akte kelahiran.  Melalui penjelasan guru. Analitis.  Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen berupa foto.

Kritis. IPA 1. Melalui diskusi sederhana siswa berani menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami temannya. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif. Bagian utama tumbuhan dan hewan. Sifat benda  Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan sifat benda padat dan benda cair. siswa menyebutkan bagian utama dari tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan rumah. 12 JP Perhatian Berani.  Melalui pengamatan dan percobaan sederhana.1 Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan .1Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. 2. di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. Analitis. Terbuka cinta Ilmu 63 .

 Membandingkan kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari. kurang dari.  Menentukan bilangan yang lebih besar dan lebih kecil. siswa menentukan bilangan 1 sampai 500  Membaca bilangan 1 – 500 1.Matematika 1. 15 JP Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu 64 .1 Membandingkan bilangan 1 sampai 500 Bilangan 1 – 500  Melalui percobaan.2 Mengurutkan bilangan sampai 500 Mengurutkan bilangan.  Menggunakan tanda pembanding dengan tepat.

 Melalui penugasan dari guru.  Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil. 65 . siswa menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.  Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil. Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.  Melalui penjelasan guru siswa menjelaskan pengertian bilangan genap dan ganjil.

Mendengark an teks pendek  Dengan penuh perhatian siswa mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. 66 .1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . 15 JP Gemar Membaca dan Menulis Kompetitif Berani. Mengurutkan bilangan ganil dari 1 – 21  Mengurutkan bilangan genap dari 2 . Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif.20 Bahasa Indonesia 1.  Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek dan menceritakan kembali dengan bahasa sendiri.

 Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi puisi.Kritis. Percakapan  Melakukan percakapan dengan penuh percaya diri  Menyusun percakapan dan memberi tanggapan terhadap cerita teman. Terbuka.3Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang Puisi  Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang 67 . Toleran. 2. 1.2 Mendeskripsikan isi puisi Deskripsi puisi  Membaca puisi dengan intonasi yang tepat.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. Analitis. 2. Tanggung Jawab Logis.

tepat. mengajukan pertanyaan bacaan.  Membaca teks pendek dengan bersuara .2 Menulis kalimat Menulis  Menyalin kalimat 68 .2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. Puisi Melengkapi kalimat  Melengkapi cerita dan menyusun kalimat menjadi cerita. 4.1 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) Membaca teks pendek tepat.  Membaca puisi dan menceritakan isi puisi. 4. 3.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.  Menceritakan kembali isi bacaan. 3.

 Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital. tanda titik. dengan menggunakan huruf sambung. memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik. Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui ………………………20…… 69 .  Menggunakan huruf capital dakam kalimat.

...... ) NIP............................... .......... ( ........Kepala Sekolah SD / MI Guru Kelas II ( ........... .................................. ) NIP.................................. 70 ............

: 1. Bahasa Indonesia II. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. PKn 2. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. makhluk hidup. 8. Matematika • • • • • Bilangan Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis : 1. Benda dan sifatnya : : : 1. : 3. IPA • Makhluk hidup dan Proses kehidupan • : 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. Mengungkapkan pikiran. perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. IPS 6. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. 7. STANDAR KOMPETENSI 1. 2. : 2. : 4.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : DIRI SENDIRI Kelas II Semester 1 I. KOMPETENSI DASAR : 71 . pertumbuhan jewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya. Membiasakan hidup bergotong royong : 1.

1 Membandingkan bilangan sampai 500 1. 1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.2 Mengurutkan bilangan sampai 500. : 1.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. Matematika : 1. 3. 5. PKn 2.1 Mengenal pentingnya hidup rukun.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik. Bahasa Indonesia : 1.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar. saling berbagi dan tolong menolong. 3.2 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.2 Memelihara dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. 2. IPA : 1. 2. 72 . 4.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. 3. 2. 4.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. 1. IPS : 1.2 Mendeskripsikan isi puisi.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.1. 4.

Logis.  Menyebutkan beberapa contoh hidup rukun. Kritis. saling berbagi dan tolong menolong. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi  Menjelaskan arti rukun Tertulis Lisan Obyektif LKS 6 JP  Buku Pkn  Media cetak. Hidup gotong royong  Melalui diskusi dan Tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun. 73 .SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : DIRI SENDIRI KELAS II SEMESTER 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter PKn 1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun. Berani Disiplin Teliti.  Menceritakan pengalaman saling berbagi  Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman. Toleran. Analitis. Gotong Royong Aktif.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber. Kerjasama.  Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.

3 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya Dokumen pribadi dan keluarga  Melalui penugasan siswa dapat menunjukkan dokumen diri dan keluarga.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Terbuka. Logis.  Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen. siswa memelihara dokumen pribadi.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Perhatian Berani. dokumen  Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen berupa foto.4 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis. Non Obyektif Lembar Observasi  Menunjukkan dokumen diri dan keluarga Tertulis Lisan Obyektif LKS 9 JP  Buku IPS  Media cetak. Perbuatan  Siswa memperlihatkan contoh akte kelahiran.  Menceritakan cara  Melalui penjelasan guru. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama. Aktif. dan kartu keluarga. Kritis. 74 . Manfaat 1. Cinta Ilmu IPS 1.

Terbuka Cinta Ilmu Tanggung Jawab  Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah. IPA 1. siswa menyebutkan bagian utama dari tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan rumah. Toleran. Analitis. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif.  Melalui diskusi sederhana siswa berani menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami temannya.2 Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan .1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda  Melalui pengamatan siswa dapat Bagian utama tumbuhan dan hewan.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.  Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.  Melalui pengamatan dan percobaan sederhana. di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. Sifat benda 2.  Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan Tertulis Lisan Obyektif LKS 12 JP  Buku IPA  Media cetak.  Media Perhatian Berani. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber  Menjelaskan sifat benda padat 75 .

=.1 Membandingkan bilangan 1 sampai 500 Bilangan 1 – 500  Melalui percobaan. dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <.  Menjelaskan sifat benda cair.  Menentukan bilangan 1 sampai 500  Menentukan bilangan lebih besar.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. siswa menentukan bilangan 1 sampai 500  Membaca bilangan 1 – 500  Menentukan bilangan yang lebih besar dan lebih kecil. Analitis. > . Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku matematika  Media cetak.  Menentukan bilangan lebih kecil. Kritis.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi 76 . menjelaskan sifat benda padat dan benda cair. Terbuka cinta Ilmu Matematika 1.  Membandingkan  Menggunakan tanda pembanding dengan tepat.

siswa menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500. kurang dari.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Membandingkan  Membandingkan kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari. kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari.  Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil. 1.  Melalui penugasan dari guru. kurang dari.  Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.  Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.2 Mengurutkan bilangan sampai 500 Mengurutka n bilangan.  Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.  Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.  Menyebutkan pengertian bilangan 77 .

20 bilangan ganjil dari 1 – 21  Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.3 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .  Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.  Menyebutkan pengertian bilangan ganjil. Perbuatan Non Lembar  Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku Bahasa Indonesia  Media cetak.  Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.  Mengurutkan  Mengurutkan bilangan ganil dari 1 – 21  Mengurutkan bilangan genap dari 2 . Gemar Membaca dan Menulis 78 . Mendengar kan teks pendek  Dengan penuh perhatian siswa mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Melalui penjelasan guru siswa menjelaskan pengertian bilangan genap dan ganjil. Bahasa Indonesia 1. genap.

Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif. Toleran.  Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi puisi. Kritis.4 Mendeskripsikan isi puisi Deskripsi puisi  Membaca puisi dengan intonasi yang tepat.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Obyektif  Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek dan menceritakan kembali dengan bahasa sendiri.  Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi  Mendeklamasikan puisi Tanggung Jawab  Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri  Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru Contoh Instrumen Observasi AW Sumber Belajar Karakter  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Kompetitif Berani. Logis. 1. Analitis. Terbuka. 79 .

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menjelaskan isi puisi 2. Puisi  Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.  Mengajukan  Membaca teks dengan bersuara.1 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) Membaca teks pendek  Membaca teks pendek dengan bersuara .  Memperagakan percakapan 80 .  Memberikan tanggapan terhadap cerita teman. mengajukan pertanyaan bacaan.3Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat. Percakapan  Melakukan percakapan dengan penuh percaya diri  Membuat percakapan. 3.  Menyusun percakapan dan memberi tanggapan terhadap cerita teman.  Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. 2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.

3. 4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan Melengkapi kalimat  Melengkapi cerita dan menyusun kalimat menjadi cerita.  Menceritakan kembali isi bacaan.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menceritakan kembali isi bacaan.  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf bersambung. Puisi  Membaca puisi dan menceritakan isi puisi.  Melengkapi cerita  Menyusun kalimat menjadi cerita Menulis  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.  Membaca puisi  menceritakan isi puisi. 4. pertanyaan bacaan.  Menuliskan kalimat yang didiktekan guru  Menuliskan kalimat yang didikte guru 81 .2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.

dengan menggunakan huruf sambung. Uji Kompetensi Remedial Pengayaan 82 .  Menggunakan huruf kapital dalam kalimat.  Menggunakan huruf capital dalam kalimat. tanda titik.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter memperhatikan penggunaan huruf kapital. dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik. memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.

...................................................... ..................................... ( ...................... .. ) NIP.. ) NIP...... 83 ..........Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( .............

• Benda dan sifatnya : 2. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. perasaan. Mengungkapkan pikiran. 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 2. IPA • Makhluk hidup dan Proses kehidupan : : 1. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. 84 . bercerita dan deklamasi. dialaminya. 3. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. STANDAR KOMPETENSI 1. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : : : : : : 1. PKn 2. Membiasakan hidup bergotong royong : 1. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. Matematika 5. : 1. Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : PERISTIWA Kelas II Semester 1 I. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat 4. IPS 3. 4.

2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin / tanah liat / adonan tepung). IPS : 1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun. KOMPETENSI DASAR : 1. 4.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek. 4.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. puluhan dan satuan. 2.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. PKn 2.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar. 3. 2. 3.II. Matematika : 1. : 1. 5. IPA : 1. saling berbagi dan tolong menolong.2 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).3 Menentukan nilai tempat ratusan.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. 2. Bahasa Indonesia : 1. 1. 85 .

siswa.  Menjelaskan arti tolong menolong. Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah. siswa menyebutkan contoh tolong menolong di rumah yang pernah dialami.1 Mengenal pentingnya hidup rukun. 6 JP Gotong Royong Aktif. Logis.PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : PERISTIWA Kelas II Semester 1 Kegiatan Pembelajaran Juli AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Agustus September Oktober Nopember Desember Kompetensi Dasar Materi Ajar PKn 1. Berani Disiplin Teliti. Cinta Ilmu 86 . Analitis.  Melalui pengalaman. saling berbagi dan tolong menolong. Hidup gotong royong  Melalui penjelasan guru dan Tanya jawab. Kritis.

IPS 1. 87 . Melalui pengalaman siswa menceritakan contoh tolong menolong di sekolah. Aktif. Peristiwa 1. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama. Kritis.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara penting  Melalui pengalaman siswa menceritakan 9 JP Perhatian Berani.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya Dokumen pribadi dan keluarga  Melalui diskusi sederhana siswa menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi dan keluarga.  Melalui latihan siswa dapat membaca dokumen dengan benar. Logis.

siswa menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.kronologis. Analitis. Kritis. Terbuka Cinta Ilmu Tanggung Jawab IPA 1. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif.  Melalui pengamatan dan percobaan sederhana. 88 . Logis. peristiwa penting tentang dirinya dalam keluarga . Toleran. 12 JP Perhatian Kompetitif Berani. Analitis.3 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)  Melalui pengamatan pada model siswa dapat menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan Bagian utama tumbuhan dan hewan.

Terbuka  Mengadakan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang pertumbuhan pada tanaman/tumbuh an dengan jangka waktu tertentu lalu menceritakan hasil percobaan/ pengamatan di depan kelas.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.  Melalui pengamatan pada model dan diskusi sederhana siswa menjelaskan perbedaan benda padat dan benda cinta Ilmu 89 . Sifat benda 2.

Perubahan wujud 2.2. Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda ( plastisin/tanah liat, adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu.. benda

cair.  Melalui eksperimen sederhana siswa dapat membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair.  Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa dapat membuktikan perubahan benda padat, benda cair bila dipanaskan, didinginkan dan dilakukan sesuatu pada benda tersebut.  Melalui

90

pengamatan dan eksperimen siswa menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain.

Matematika 1.3 Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan. Nilai tempat  Melalui peragaan dengan dekakdekak siswa dapat menentukan nilai tempat ratusan, puluhan , satuan pada bilangan lalu menuliskan lambang bilangan ratusan, puluhan dan satuan.  Menguraikan lambang 15 JP Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu

91

bilangan menurut nilai tempatnya.  Menguraikan bilangan 3 angka yang terdiri dari nilai angka ratusan, puluhan dan satuan.  Menentukan nilai tempat pada salah satu angka pada bilangan 3 angka.  Menentukan nilai tempat nilai tempat suatu bilangan dengan permainan.

Bahasa Indonesia 1.1 Menyebutkan Mendengar  Melalui 15 JP

92

 Menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan pada cerita yang Tanggung Jawab Cinta Ilmu 93 . kan teks pendek permainan bisik pesan. Analitis. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif. siswa dapat menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. Logis.  Melalui cerita yang dibacakan Perhatian Gemar Membaca dan Menulis Kompetitif Berani.kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . siswa dapat menyampaikan pesan pendek.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. 2. Percakapan guru. Kritis.  Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain.

isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)  Menceritakan 94 .  Menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa kepada teman.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.disampaikan teman.  Menyusun gambar dan menceritakan gambar yang telah urut dengan kalimat yang sederhana. Membaca teks pendek  Membaca teks dengan bersuara dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang Menyimpulkan diajukan. 3.

 Menyusun kata 95 . Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat Melengkapi kalimat  Menyusun kalimat menjadi cerita yang runtut.dan meringkas isi bacaan.  Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. 4.  Menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah  Menuliskan pengalaman sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.

..... ( .................................... ................................... ) NIP.....menjadi kalimat ............ Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( ........ 96 ............... ) NIP..................  Membuat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain......... ......

Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 2.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : PERISTIWA Kelas II Semester 1 I. 1. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat 4. dialaminya. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. bercerita dan deklamasi. Membiasakan hidup bergotong royong : 1. 4. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. IPA • Makhluk hidup dan Proses kehidupan : : 1. Mengungkapkan pikiran. Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : : : : : : 1. Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. : 1. • Benda dan sifatnya : 2. Matematika 5. perasaan. STANDAR KOMPETENSI 1. 3. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. 97 . IPS 4. PKn 2. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya.

1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.2 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar. 3. 5. 2.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. IPA : 1.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin / tanah liat / adonan tepung). 1. 98 . Bahasa Indonesia : 1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. 2. 4. puluhan dan satuan.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya. Matematika : 1.3 Menentukan nilai tempat ratusan.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. 4.II. 2. 3.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek. PKn 2. : 1. saling berbagi dan tolong menolong. KOMPETENSI DASAR : 1. IPS : 1.

Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah. Analitis.  Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.  Media elektronik  Pengetahuan guru dari berbagai sumber. Berani Disiplin Teliti.1 Mengenal pentingnya hidup rukun. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi  Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah.  Melalui pengalaman siswa menceritakan  Menyebutkan contoh tolong menolong di  Menjelaskan arti tolong menolong. siswa menyebutkan contoh tolong menolong di rumah yang pernah dialami. Tertulis Lisan Obyektif LKS 6 JP  Buku Pkn  Media cetak. Logis. Gotong Royong Aktif.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : PERISTIWA Kelas II Semester 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran Indikator Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter PKn 1. Cinta Ilmu 99 .  Menjelaskan arti tolong menolong.  Melalui pengalaman. saling berbagi dan tolong menolong. Kritis. Hidup gotong royong  Melalui penjelasan guru dan Tanya jawab. siswa.

 Media elektronik  Pengetahuan guru dari berbagai sumber Perhatian Berani. Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi  Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi Tertulis Lisan Obyektif LKS 9 JP  Buku IPS  Media cetak. Logis.  Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga  Membaca dokumen dengan benar.2 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya Dokumen pribadi dan keluarga  Melalui diskusi sederhana siswa menyebutkan jenisjenis dokumen pribadi dan keluarga. Peristiwa penting  Melalui pengalaman siswa menceritakan peristiwa penting tentang dirinya dalam keluarga . Kritis. 1. Indikator sekolah. IPS 1. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 100 . Aktif.  Melalui latihan siswa dapat membaca dokumen dengan benar.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran contoh tolong menolong di sekolah. Analitis.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama.  Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.

 Melalui pengamatan dan percobaan sederhana.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran Indikator Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Toleran. AW Sumber Belajar Karakter 101 . Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif. Kritis.  Media elektronik  Pengetahuan guru dari berbagai sumber Perhatian Kompetitif Berani.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)  Melalui pengamatan pada model siswa dapat menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan  Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan Bagian utama tumbuhan dan hewan. siswa menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.  Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.  Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan Perbuatan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 12 JP  Buku IPA  Media cetak. Terbuka Cinta Ilmu Tanggung Jawab IPA 1.

Terbuka cinta Ilmu AW Sumber Belajar Karakter 102 .1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. Sifat benda  Melalui pengamatan pada model dan diskusi sederhana siswa menjelaskan perbedaan benda padat dan benda cair. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Logis. Analitis. 2.  Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran  Mengadakan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang pertumbuhan pada tanaman/tumbuhan dengan jangka waktu tertentu lalu menceritakan hasil percobaan/ pengamatan di depan kelas.  Melalui eksperimen  Melakukan eksperimen  Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair.  Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman. Indikator  Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.

benda cair bila dipanaskan. adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu. Indikator sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair.  Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 103 .2. Perubahan wujud benda  Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa dapat membuktikan perubahan benda padat.  Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah dipanaskan. 2.  Melalui pengamatan dan eksperimen siswa menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain. didinginkan dan dilakukan sesuatu pada benda tersebut.  Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu. Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda ( plastisin/tanah liat..Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran sederhana siswa dapat membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair.

Matematika 1.  Media elektronik  Pengetahuan guru dari berbagai sumber Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 104 . satuan pada bilangan lalu menuliskan lambang bilangan ratusan.puluhan dan satuan Perbuatan  Menentukan nilai tempat ratusan. puluhan dan satuan. puluhan dan satuan pada bilangan bilangan Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku matematika  Media cetak.  Menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain.dekak siswa dapat menentukan nilai tempat ratusan.  Menuliskan lambang  Menentukan nilai tempat ratusan .3 Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan. puluhan . Nilai tempat  Melalui peragaan dengan dekak.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran Indikator  Mengidentifikasi perubahan benda cair setelah dipanaskan  Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan.

puluhan dan satuan  Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya.  Menguraikan bilangan 3 angka yang terdiri dari nilai angka ratusan.  Menentukan nilai tempat  Menentukan nilai tempat nilai tempat suatu bilangan suatu bilangan melalui permainan tempat satu angka pada bilangan 3 angka  Menguraikan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan.  Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 105 .  Menentukan nilai  Menentukan nilai tempat pada salah satu angka pada bilangan 3 angka. puluhan dan satuan.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran Indikator bilangan ratusan .

siswa dapat menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.  Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain. Kritis. Bahasa Indonesia 1.2 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . Non Obyektif Lembar Observasi  Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif.  Media elektronik  Pengetahuan guru dari berbagai sumber Perhatian Gemar Membaca dan Menulis Kompetitif Berani.  Menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan pada cerita yang  Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.  Melalui cerita yang dibacakan guru.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran dengan permainan.  Menyimak cerita bacaan pendek. Indikator Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 106 .  Menceritakan kegiatan  Memberi tanggapan pada kegiatan Perbuatan Mendengar kan teks pendek  Melalui permainan bisik pesan. siswa dapat menyampaikan pesan pendek. Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku Bahasa Indonesia  Media cetak.  Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.  Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.

Percakapan  Menyusun gambar dan menceritakan gambar yang telah urut dengan kalimat yang sederhana.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.  Menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa kepada teman.  Mengajukan pertanyaan bacaan. Tanggung Jawab AW Sumber Belajar Karakter 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar. Analitis.  Menceritakan gambar yang telah urut.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran disampaikan teman.  Menjawab pertanyaan  Menceritakan peristiwa. 2. Membaca teks pendek  Membaca teks dengan bersuara Menyimpulkan isi teks pendek  Menceritakan ( 10 – 15 kalimat) kembali isi  Menceritakan dan bacaan.  Membaca teks dengan bersuara dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan. Cinta Ilmu  Menyusun gambar Indikator Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Logis. 107 .

Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. 4. Indikator  Meringkas isi bacaan.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran meringkas isi bacaan.  Menyusun kalimat menjadi cerita.  Menyusun kata  Menyusun kata menjadi  Menulis pengalaman sendiri pendek dengan memperhatikan tanda titik. pendek dengan memperhatikan tanda titik.  Menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah  Menuliskan pengalaman sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 108 .1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat Melengkapi Menulis karangan cerita sederhana  Menulis dengankarangan kata yang tepat.  Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah Melengkapi kalimat  Menyusun kalimat menjadi cerita yang runtut.

..... ( ..........Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indeks Prestasi Kegiatan Pembelajaran menjadi kalimat .........  Membuat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain........................................... 109 ........................... ...... ...................... Indikator kalimat  Membuat kalimat........ Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( ..... ) NIP. ) NIP..............

Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : 1. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. : 1. : proses kehidupan : 1. IPS 3. : 3 Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Membiasakan hidup bergotong royong 2. perasaan. bercerita dan deklamasi. Mengungkapkan pikiran. PKn : 2. • Benda dan sifatnya : 2.PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : HIBURAN Kelas II Semester 1 I. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. 110 . : 2. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. : 1. : 4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 4. IPA • Makhluk hidup dan : 1. Mengenal bagian–bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. STANDAR KOMPETENSI 1. Menampilkan sikap cinta lingkungan. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya. Matematika 5.

1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. 2. 3. 2.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. 2. 2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan. PKn : 1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. 3.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek. 1. 111 .2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam. 2. IPS : 1.1 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. Matematika : 1. Bahasa Indonesia : 1. KOMPETENSI DASAR : 1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. 4. IPA : 1. 5. 4. 4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.1 Mengenal pentingnya hidup rukun.2 Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.II.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.

Analitis.PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : HIBURAN Kelas II Semester 1 Kegiatan Pembelajaran Juli AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Agustus September Oktober Nopember Desember Kompetensi Dasar Materi Ajar PKn 1. Cinta Ilmu Cinta 112 . Logis. Kerjasama.  Melalui 2. 6 JP Gotong Royong Aktif. Kritis. Berani Disiplin Teliti. saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah. Toleran. Terbuka. Melaksanakan langsung. siswa pemeliharaan lingkungan alam menjelaskan cara merawat tumbuhan dan hewan peliharaan di rumah.2 Melaksanakan hidup rukun.2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam pengamatan dan melakukan Hidup rukun  Melalui pengamatan dan diskusi siswa membuat daftar kegiatan pembagian tugas.

Cinta Ilmu Tanggung Jawab 113 .3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. penting  Melalui pengalaman yang pernah dialami.3 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. Dokumen pribadi dan keluarga  Melalui pengamatan langsung yang ditugaskan guru. siswa menceritakan peristiwa yang menyenangkan 9 JP Perhatian Berani. Peristiwa 1.Lingkungan IPS 1. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif. siswa menyebutkan koleksi barang keluarga  Menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga. Analitis.

1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. Analitis. Terbuka cinta Ilmu Tanggung Jawab 114 .1Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. Toleran. Sifat benda  Melalui pengamatan siswa mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. Bagian utama tumbuhan dan hewan. Logis.  Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa mengidentifikasi buah yang berbiji banyak dan berbiji sedikit. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama.IPA 1. Aktif. 2.  Membuat daftar data tentang buah yang berbiji banyak dan berbiji sedikit. Kritis.  Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan 12 JP Perhatian Berani.

Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan. Operasi bilangan  Melalui penjelasan guru siswa membaca dan menggunakan symbol +.3.  Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan 15 JP Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu 115 .sekitar. Perubahan wujud benda  Melalui diskusi sederhana siswa menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.dan = dalam pengerjaan hitung bilangan. . Matematika 1.4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.  Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan. 2.

 Menyelesaikan soal pengurangan bilangan tanpa teknik meminjam.  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan. Menjumlah bilangan dengan satu kali teknik menyimpan.  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan 116 .  Mengurangkan bilangan dengan teknik satu kali meminjam.

Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan 117 . Bahasa Indonesia 11.  Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita. siswa dapat menceritakan kembali isi teks bacaan dengan 15 JP Perhatian Gemar Membaca dan Menulis Kompetitif Berani. Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek Mendengar kan teks pendek  Melalui permainan bisik pesan.  Melalui cerita yang dibacakan guru.  Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain. siswa dapat menyampaikan pesan pendek.dengan pengurangan bilangan.

isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)  Menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa kepada teman. Logis. 2. Aktif. Tanggung Jawab Cinta menggunakan Ilmu Bertanya kepada orang lain dengan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.  Menyusun gambar dan menceritakan gambar yang telah urut dengan kalimat yang Menyimpulkan sederhana. Kritis. Analitis.  Membaca teks dengan bersuara 118 .1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa 3.lisan.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar Membaca teks pendek Percakapan  Menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan pada cerita yang disampaikan teman.

Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. 4.dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.  Menceritakan dan meringkas isi bacaan.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat Melengkapi kalimat  Menyusun kalimat menjadi cerita yang runtut.  Menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah  Menuliskan pengalaman sendiri dengan menggunakan 119 .  Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.

memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.  Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. 120 . 4.huruf tegak bersambung.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital. tanda titik.  Menyusun kata menjadi kalimat .  Membuat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung.

....... .................................... ) NIP....... 121 .. ) NIP............... ( ......Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( ........................................................ ..................

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : HIBURAN Kelas II Semester 1 I. Menampilkan sikap cinta lingkungan. PKn : 2. : 4. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. IPA • Makhluk hidup dan : 1. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 4. : 2. Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : 1. Matematika 5. : 1. bercerita dan deklamasi. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. : 3 Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. • Benda dan sifatnya : 2. perasaan. : proses kehidupan : 1. STANDAR KOMPETENSI 1. Mengungkapkan pikiran. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. Mengenal bagian–bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. IPS 3. 122 . : 1. Membiasakan hidup bergotong royong 2. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

2. 3. 123 .1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek. saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.II.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500. 2. IPA : 1. 3. 2. 4. KOMPETENSI DASAR : 1. Bahasa Indonesia : 1.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. 1. Matematika : 1. 4. 4. 5.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.1 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.2 Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.1 Mengenal pentingnya hidup rukun. PKn : 1. IPS : 1.2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam. 2. 2.

saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah. Terbuka. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi  Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah. Toleran.  Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik. Gotong Royong Aktif.2 Melaksanakan hidup rukun.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : HIBURAN Kelas II Semester 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter PKn 1.  Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah. 2. Hidup rukun  Melalui pengamatan dan diskusi siswa membuat daftar kegiatan pembagian tugas. Logis. Analitis. Kerjasama.2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam  Melalui pengamatan dan melakukan langsung. Tertulis Lisan Obyektif LKS 6 JP  Buku Pkn  Media cetak. siswa merawat tumbuhan dan hewan peliharaan di rumah. Kritis.  Melaksanakan piket di kelas.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber. Cinta Ilmu Melaksanakan menjelaskan cara pemeliharaan lingkungan alam 124 . Berani Disiplin Teliti.

siswa menyebutkan koleksi barang keluarga  Menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga. Analitis. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi  Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Cinta Lingkungan IPS 1. siswa menceritakan peristiwa yang menyenangkan Peristiwa penting Dokumen pribadi dan keluarga  Melalui pengamatan langsung yang ditugaskan guru.  Melalui pengalaman yang pernah dialami.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Perhatian Berani. Cinta Ilmu Tanggung Jawab Karakter 125 .  Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah. Tertulis Lisan Obyektif LKS 9 JP  Buku IPS  Media cetak. 1. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.4 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.

 Membuat daftar data tentang buah yang berbiji banyak dan berbiji sedikit.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Perhatian Berani. 2. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama.  Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa mengidentifikasi buah yang berbiji banyak dan berbiji sedikit. Bagian utama tumbuhan dan hewan.  Mengelompokkan  Mengelompokkan Sifat benda  Melalui pengamatan siswa mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. Toleran. Aktif. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi  Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak.  Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. Logis.1Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. Tertulis Lisan Obyektif LKS 12 JP  Buku IPA  Media cetak.  Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit.2 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. Kritis.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter IPA 1. Analitis. 126 .

= dalam pengerjaan hitung bilangan. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Terbuka cinta Ilmu Tanggung Jawab Karakter Matematika 1..4.  Mengubah kalimat pengurangan ke  Mengubah kalimat pengurangan ke Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi  Membaca symbol +. Kompetensi benda cair yang ada di lingkungan sekitar.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu 127 . = dalam pengerjaan hitung bilangan. .. Perubahan wujud benda  Melalui diskusi sederhana siswa menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.. .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran benda cair yang ada di lingkungan sekitar.  Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas. Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku matematika  Media cetak.Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan.3. Operasi bilangan  Melalui penjelasan guru siswa membaca dan menggunakan symbol +. Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500. .dan = dalam pengerjaan hitung bilangan. 2.  Menggunakan symbol +.

 Mengurangkan  Mengurangkan  Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 128 .  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan.  Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.  Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.  Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan  Menjumlah bilangan dengan satu kali teknik menyimpan. Kompetensi bentuk penjumlahan.  Menyelesaikan soal pengurangan bilangan tanpa teknik meminjam.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran bentuk penjumlahan.

 Media Perhatian Gemar Membaca dan Menulis hitung campuran .  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan pengurangan bilangan. 129 . Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek Mendengar kan teks pendek  Melalui permainan bisik pesan. siswa dapat menyampaikan pesan pendek.  Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. dengan Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.  Menyelesaikan soal  Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita. Bahasa Indonesia 12. Kompetensi bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.  Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran bilangan dengan teknik satu kali meminjam. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku Bahasa Indonesia  Media cetak.

2. Tanggung Jawab Cinta Ilmu Karakter 130 . Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif. Analitis. Kompetitif Berani.  Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.  Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.  Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.  Pengetahua n guru dari berbagai sumber  Melalui cerita yang dibacakan guru. Kritis. Logis.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan Percakapan  Menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan pada cerita yang disampaikan teman.  Memberi tanggapan pada kegiatan  Menceritakan kegiatan  Menyimak cerita bacaan pendek. siswa dapat menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar elektronik  Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain.

1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar dan menceritakan peristiwa kepada teman.  Mengajukan pertanyaan bacaan.  Membaca teks dengan bersuara dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter santun berbahasa 3.  Menjawab pertanyaan  Menyimpulkan Menjawab pertanyaan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)  Menceritakan peristiwa.  Menyusun gambar dan menceritakan gambar yang telah urut dengan kalimat yang sederhana.  Menceritakan gambar yang telah urut.  Membaca teks dengan bersuara Membaca teks pendek Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.  Menyusun gambar  Menceritakan dan  Menceritakan kembali 131 .

1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat  Menulis Melengkapi karangan cerita sederhana  Menulis dengan karangan kata yang tepat.  Menyusun kalimat menjadi cerita.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran meringkas isi bacaan. 4. pendek dengan memperhatikan tanda titik. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 132 .  Meringkas isi bacaan.  Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah  Menulis pengalaman sendiri Melengkapi kalimat  Menyusun kalimat menjadi cerita yang runtut. Kompetensi isi bacaan. pendek dengan memperhatikan tanda titik.  Menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah  Menuliskan pengalaman sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.

 Menuliskan kalimat yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik Kompetensi  Menyusun kata menjadi kalimat  Membuat kalimat.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran  Menyusun kata menjadi kalimat .  Membuat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain. memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 133 .2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan  Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf bersambung. 4.

...... ........ Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( ........ tanda titik.................. .....Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter huruf capital............. ( ........................ ) NIP........................................ 134 ........... ) NIP................

Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. PKn : 2. STANDAR KOMPETENSI 1. 135 . dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. Matematika • Geometri dan Pengukuran 5. panjang dan berat dalam pemecahan masalah. : proses kehidupan : 1. : 3 Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Menampilkan sikap cinta lingkungan. Membiasakan hidup bergotong royong 2. IPA • Makhluk hidup dan : 1. perasaan. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. bercerita dan deklamasi. : 2. Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : 1. Menggunakan pengukuran waktu. Mengungkapkan pikiran. : 2.PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : LINGKUNGAN Kelas II Semester 1 I. IPS 3. 4. : 1. : 4. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. Mengenal bagian–bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan.

2 Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.1 Menggunakan alat ukur waktu dan satuan jam.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.1 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. 2. Bahasa Indonesia : 1.II. 5. : 1. Matematika : 1.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti orang lain. : 2. IPS 3. PKn : 1. saling berbagi dan tolong menolong. 4. 2.1 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. 4. 3. 136 . KOMPETENSI DASAR : 1. IPA 4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. 2.1 Mengenal pentingnya hidup rukun.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.

Toleran. Logis. Analitis. Berani Disiplin Teliti. Kerjasama.  Melalui diskusi kelompok siswa mengidentifikasi lingkungan alam. Hidup rukun  Melalui diskusi sederhana dan Tanya jawab siswa menyebutkan contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah. Cinta Ilmu Peduli 137 .1 Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. Terbuka. Lingkungan alam  Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah 4 JP Gotong Royong Aktif.  Mengidentifikasi lingkungan buatan. Kritis.PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : LINGKUNGAN Kelas II Semester 1 Juli Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran AW Karakter Agustus September Oktober Nopember Desember 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 PKn 1. 2.1 Mengenal pentingnya hidup rukun. saling berbagi dan tolong menolong.

IPS 1. Terbuka 138 . Logis. Analitis. Kritis. siswa menyebutkan koleksi barang keluarga  Melalui Tanya jawab. Dokumen pribadi dan keluarga  Melalui pengamatan langsung yang ditugaskan guru. Aktif. diskusi dan pengamatan siswa menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga. Menceritakan lingkungan sekitar.3 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama. Toleran. 6 JP Lingkungan Perhatian Berani.

Analitis. Terbuka cinta Ilmu 139 . 8 JP Perhatian Berani. Logis. Aktif. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama.  Melalui diskusi siswa mengelompokkan tumbuhan berdasarkan bunganya.  Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa menunjukkan bagian utama pada tumbuhan.Cinta Ilmu IPA 1. Bagian utama tumbuhan dan hewan. Kritis.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. Toleran.

dan menentukan letak jarum jam  Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam .1 Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam Alat ukur waktu  Melalui pemberian tugas siswa dapat membaca jam yang menunjukkan waktu tepat dan jam setengah  Membaca jam digital.  Membuat gambar jam.  Melalui pengalaman dan pengamatan 10 JP Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu 140 .Matematika 2.  Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.

Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif. 141 .siswa membaca waktu yang ditunjukkan alam.  Melalui pengamatan  Melalui wacana yang dibacakan guru 10JP Perhatian Gemar Membaca dan Menulis Kompetitif Berani. Bahasa Indonesia 1.  Mendengar dan menyanyikan lagu.  Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek Mendengark an teks pendek  Menyampaikan .2 Menceritakan kegiatan seharihari Membaca teks pendek  Menyusun gambar dan menceritakan gambar yang telah urut dengan kalimat yang sederhana. siswa menceritakan kembali isi teks pendek. 2.

Melengkapi kalimat  Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang.  Menyusun kalimat 4. Tanggung Jawab Cinta Ilmu 142 . Analitis.1 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)  Membaca teks dengan bersuara dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.secara individu siswa dapat menceritaka ciri-ciri tumbuhan dan binatang 3.  Menceritakan dan meringkas isi bacaan.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata  Menulis karangan menjadi cerita yang runtut. Logis. Kritis.

 Membuat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain. tanda titik.  Menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah  Menuliskan pengalaman sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital. pendek dengan memperhatikan tanda titik.yang tepat.  Menyusun kata menjadi kalimat .  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung 143 . 4.

... ) NIP............. 144 ....................................... ( ............ Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung........................ memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik............ .. Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( ................. ............. ) NIP..............

Menampilkan sikap cinta lingkungan. Membiasakan hidup bergotong royong 2. IPA • Makhluk hidup dan : 1. Matematika • Geometri dan Pengukuran 5. : 1.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : LINGKUNGAN Kelas II Semester 1 I. PKn : 2. bercerita dan deklamasi. STANDAR KOMPETENSI 1. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. : 3 Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : 1. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. IPS 3. : proses kehidupan : 1. 145 . perasaan. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Mengungkapkan pikiran. Mengenal bagian–bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. panjang dan berat dalam pemecahan masalah. 4. : 2. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Menggunakan pengukuran waktu. : 2. : 4.

II. : 1. 4.1 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. Bahasa Indonesia : 1. IPA 4.1 Mengenal pentingnya hidup rukun.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar. 2.2 Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. 2. PKn : 1. 5. IPS 3. : 2.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.1 Menggunakan alat ukur waktu dan satuan jam. 146 . 2. saling berbagi dan tolong menolong. 4. Matematika : 1. KOMPETENSI DASAR : 1.1 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti orang lain.

 Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah 2. Toleran. Analitis. Kritis.  Media elektronik  Pengetahu an guru dari berbagai sumber.  Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah. 147 . Berani Disiplin Teliti. Logis. Cinta Ilmu AW Sumber Belajar Karakter PKn 1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Lisan Bentuk Instrumen Obyektif Contoh Instrumen LKS 4 JP  Buku Pkn  Media cetak.  Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah  Mengeidentifikasi lingkungan alam  Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah. Gotong Royong Aktif.  Mengidentifikasi lingkungan buatan.  Mengidentifikasi lingkungan buatan Lingkungan alam  Melalui diskusi kelompok siswa mengidentifikasi lingkungan alam.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : LINGKUNGAN Kelas II Semester 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Tertulis Hidup rukun  Melalui diskusi sederhana dan Tanya jawab siswa menyebutkan contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah. Kerjasama. Terbuka.1 Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. saling berbagi dan tolong menolong.

Aktif. Dokumen pribadi dan keluarga  Melalui pengamatan langsung yang ditugaskan guru. Kompetensi  Menceritakan lingkungan alam sekitar. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Peduli Lingkungan Karakter 148 . Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 6 JP  Buku IPS  Media cetak. Kritis. Logis. IPS 1. diskusi dan pengamatan siswa menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga. siswa menyebutkan koleksi barang keluarga  Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga  Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.4 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.  Media elektronik  Pengetahu an guru dari berbagai sumber Perhatian Berani.  Melalui Tanya jawab.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran  Menceritakan lingkungan sekitar.

2 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. Aktif. Terbuka Cinta Ilmu IPA 1. Toleran.  Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa menunjukkan bagian utama pada tumbuhan. Kritis.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Analitis.  Mengelompokan tumbuhan berdasarkan bunganya  Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 8 JP  Buku IPA  Media cetak. Bagian utama tumbuhan dan hewan.  Media elektronik  Pengetahu an guru dari berbagai sumber Perhatian Berani. Karakter 149 .  Melalui diskusi siswa mengelompokkan tumbuhan berdasarkan bunganya. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama.

dan menentukan letak jarum jam  Membaca jam digital  Membuat gambar jam dan menentukan letak  Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.  Media elektronik  Pengetahu an guru dari berbagai sumber Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu Karakter 150 .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Logis.  Membuat gambar jam. Toleran. Analitis. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 10 JP  Buku matematik a  Media cetak.1 Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam Alat ukur waktu  Melalui pemberian tugas siswa dapat membaca jam yang menunjukkan waktu tepat dan jam setengah  Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah  Membaca jam digital. Terbuka cinta Ilmu Matematika 2.

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi jarum jam  Mengatur letak jarum jam  Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam .  Melalui pengalaman dan pengamatan siswa membaca waktu yang ditunjukkan alam.  Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 151 .  Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.  Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam  Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.  Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.  Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.

3.  Melalui wacana yang dibacakan guru  Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru  Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Tertulis Mendengark an teks pendek  Menyampaikan . Logis. Tanggung Jawab AW Sumber Belajar Karakter Bahasa Indonesia 1.2 Menceritakan kegiatan seharihari Membaca teks pendek  Menyusun gambar dan menceritakan gambar yang telah urut dengan kalimat yang sederhana. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Lisan Bentuk Instrumen Obyektif Contoh Instrumen LKS 10JP  Buku Bahasa Indonesia  Media cetak.  Mendengarkan lagu.  Media elektronik  Pengetahu an guru dari berbagai sumber Perhatian Gemar Membaca dan Menulis Kompetitif Berani. Analitis. Kritis. siswa menceritakan kembali isi teks pendek.  Menyanyikan lagu 2.  Mendengar dan menyanyikan lagu.2 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek 152 .1 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 Melengkapi kalimat  Melalui pengamatan secara individu siswa dapat menceritaka ciri Menjelaskan ciri-ciri tumbuhan dan binatang  Menceritakan gambar berseri. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif.

 Menyusun kalimat menjadi cerita yang runtut.  Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang. 153 .  Membaca teks dengan bersuara.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.  Menyusun kalimat menjadi cerita.  Menceritakan dan meringkas isi bacaan.  Membaca teks dengan bersuara dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran ciri tumbuhan dan binatang  Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang Cinta Ilmu Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter kalimat) 4.  Meringkas isi bacaan.

Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital.  Menyusun kata menjadi kalimat .  Menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah  Menuliskan pengalaman sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.  Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.  Membuat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh  Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah  Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. tanda titik. 154 .

 Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran orang lain. memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik. Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Uji Kompetensi Remedial Pengayaan 155 .  Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.  Menggunakan huruf capital.

............... ) NIP....... ( .. ....................... ) NIP............................................................Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( ....... ..... 156 ............................

: 2. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. : 2. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. 157 . : proses kehidupan : 1. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. : 3 Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. STANDAR KOMPETENSI 1.PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : KESEHATAN Kelas II Semester 1 I. : 4. Menggunakan pengukuran waktu. IPA • Makhluk hidup dan : : 2. IPS 3. perasaan. 4. bercerita dan deklamasi. Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : 1. PKn 2. Mengenal bagian–bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. panjang dan berat dalam pemecahan masalah. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Matematika • Geometri dan Pengukuran 5. Menampilkan sikap cinta lingkungan : 1. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Mengungkapkan pikiran.

II. KOMPETENSI DASAR : 1. PKn : 1.1 Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. 2.1 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam. 2. IPS 3. IPA 4. Matematika : 1.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. : 1.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan. : 2.2 Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku (cm, m) yang sering digunakan.

5. Bahasa Indonesia : 1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek. 2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti orang lain. 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar. 4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. 4.2 Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.

158

PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : KESEHATAN Kelas II Semester 1 Kegiatan Pembelajaran Juli AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Gotong Lingkungan alam  Melalui diskusi dan Tanya jawab siswa dapat menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.  Menjelaskan udara bersih dapat menyehatkan tubuh. 2.2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.  Melalui pengamatan dan pencarian fakta, siswa menjelaskan akibat tidak merawat 6 JP Royong Aktif, Berani Disiplin Teliti, Kerjasama, Kritis, Logis, Analitis, Toleran, Terbuka. Cinta Ilmu Cinta Lingkungan Agustus September Oktober Nopember Desember

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

PKn 2.1 Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.

159

lingkungan.  Melaksanakan perawatan tumbuhan bersama-sama di halaman sekolah.

IPS 1.5 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Peristiwa penting.  Melalui pengalaman langsung yang pernah dialami, siswa menceritakan secara lisan maupun tertulis peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah  Memberi tanggapan terhadap peristiwa yang dialami oleh 9 JP

Perhatian Berani, Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif, Kritis, Logis, Analitis, Toleran, Terbuka

160

sendiri maupun orang lain. IPA 1.4Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan. Makhluk hidup yang menguntung kan dan merugikan..  Melalui diskusi dan pengamatan, siswa dapat menyebutkan nama hewan yang merugikan bagoi manusia, hewan lain, dan tumbuhan.  Melalui pengamatan yang ditugaskan guru siswa menyebutkan keuntungan hewan bagi tumbuhan, manusia dan hewan lain.  Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia dan 12 JP

Cinta Ilmu

Perhatian Berani, Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama, Aktif, Kritis, Logis, Analitis, Toleran, Terbuka cinta Ilmu

161

hewan. Matematika 2.2 Menggunakan alat ukur panjang tidak baku, dan baku ( cm, m) yang sering digunakan. Alat ukur panjang tidak baku dan baku  Melalui pengamatan dan mencari data siswa membandingkan panjang benda dengan menggunakan istilah panjang dari, lebih pendek dari, sama panjang dengan.  Melalui praktek langsung siswa membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan. 15 JP

Tanggung Jawab Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu

162

 Melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur dengan skala cm. Bahasa Indonesia 1. Melakukan pengukuran secara langsung dengan menggunakan alat ukur tidak baku ( jengkal) . 15 JP Perhatian Gemar Membaca dan 163 .  Melakukan kegiatan menaksir panjang benda mengguankan satuan yang sesuai.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi Teks pendek  Menyimak wacana yang dibacakan guru. baku ( mistar ) .

Aktif. Percaya diri Teliti  Menceritakan kembali isi teks pendek dengan bahasa sendiri. Kritis. Disiplin Santun 164 . Patuh Aturan 1.  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.  Menyimak isi puisi yang dibacakan guru atau siswa lain.2 Mendeskripsikan isi puisi puisi  Mendengarkan pembacaan puisi.  Menjawab pertanyaan tentang teks pendek yang dibacakan guru. Tanggung Jawab Logis. Menulis Kompetitif Berani.  Menjelaskan isi puisi Cinta Ilmu Analitis.teks pendek .

3Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. mengajukan pertanyaan bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan.2. 3. 4. dilanjutkan dengan meringkas isi bacaan. 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) Membaca bersuara  Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. Melengkapi kalimat  Menyusun kata menjadi kalimat yang baik 165 .  Membaca teks dengan bersuara . Puisi anak  Membaca puisi dengan ekpresi yang tepat dilanjutkan dengan menceritakan isi puisi.

............... ............ ) NIP................................. ) NIP........... Melalui latihan siswa dapat memperbaiki penulisan kalimat Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( ............... ( ......................... ....................... 166 .............

Matematika • Geometri dan Pengukuran 5. STANDAR KOMPETENSI 1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : KESEHATAN Kelas II Semester 1 I. 4. : 4. : 2. bercerita dan deklamasi. Mengenal bagian–bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. II. Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : 1. : proses kehidupan : 1. IPS 3. Mengungkapkan pikiran. panjang dan berat dalam pemecahan masalah. perasaan. PKn 2. KOMPETENSI DASAR : 167 . Menggunakan pengukuran waktu. Menampilkan sikap cinta lingkungan : 1. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. IPA • Makhluk hidup dan : : 2. : 3 Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. : 2.

1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek. Matematika : 1. 2.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan. 2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti orang lain. : 1. 3. m) yang sering digunakan. 168 . Bahasa Indonesia : 1. PKn : 1. IPS 3. 4.2 Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik. 5.2 Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku (cm. IPA 4.1 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam. 4.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.1 Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.1. 2. : 2.

Karakter PKn 2. Logis. Analitis.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA : KESEHATAN Kelas II Semester 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Tertulis Lingkungan alam  Melalui diskusi dan Tanya jawab siswa dapat menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia. Toleran. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Lisan Bentuk Instrumen Obyektif Contoh Instrumen LKS 6 JP  Buku Pkn  Media cetak.  Melalui pengamatan dan pencarian fakta. Terbuka. 2. siswa menjelaskan akibat tidak merawat  Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan. Berani Disiplin Teliti.  Menjelaskan udara bersih dapat menyehatkan tubuh.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber.  Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia. Kerjasama.4 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam. 169 . AW Sumber Belajar Gotong Royong Aktif.3 Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. Kritis.

 Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif.  Melaksanakan perawatan tumbuhan bersamasama di halaman sekolah IPS 1. Peristiwa penting. siswa menceritakan secara lisan maupun tertulis peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah  Memberi tanggapan terhadap peristiwa yang dialami oleh sendiri maupun  Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah. Logis.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Perhatian Berani. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 9 JP  Buku IPS  Media cetak.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran lingkungan. Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Cinta Ilmu Cinta Lingkungan Karakter 170 .  Melalui pengalaman langsung yang pernah dialami.6 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Kritis.

Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran orang lain. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 12 JP  Buku IPA  Media cetak. Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Analitis. Aktif. Karakter 171 . Terbuka Cinta Ilmu IPA 1.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan. Toleran. hewan lain. dan tumbuhan. siswa dapat menyebutkan nama hewan yang merugikan bagoi manusia.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Perhatian Berani.  Melalui diskusi dan pengamatan.  Menyebutkan nama hewan yang merugikan hewan lain. Kritis. Makhluk hidup yang menguntun gkan dan merugikan.  Menyebutkan nama hewan yang merugikan tumbuhan  Melalui pengamatan yang ditugaskan guru siswa  Menyebutkan nama hewan yang menguntungkan  Menyebutkan nama hewan yang merugikan manusia.

Toleran.  Menyebutkan manfaat  Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia dan hewan.2 Menggunakan alat ukur panjang Alat ukur panjang  Melalui pengamatan dan mencari data  Membandingkan panjang dua benda Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku matematika Teliti Perhatian tumbuhan bagi manusia.  Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.  Menyebutkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan . Kompetensi manusia Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Logis. Analitis. manusia dan hewan lain.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran menyebutkan keuntungan hewan bagi tumbuhan. Terbuka cinta Ilmu Tanggung Jawab Karakter 172 . Matematika 2.  Menyebutkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain.

tidak baku dan baku 173 . lebih pendek dari. sama panjang dengan . lebih pendek dari.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran siswa membandingkan panjang benda dengan menggunakan istilah panjang dari. sama tinggi dengan.  Melalui praktek langsung siswa membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari. Kompetensi dengan menuliskan istilah panjang dari. m) yang sering digunakan. sama panjang dengan. sama tinggi dengan. lebih pendek dari. lebih pendek dari. dan baku ( cm. Teknik Perbuat an Bentuk Instrumen Non Obyektif Contoh Instrumen Lembar Observasi AW Sumber Belajar  Media cetak.  Melakukan pengukuran secara  Mengukur panjang benda dengan  Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu Karakter tidak baku.

Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 174 . baku ( mistar ) .  Menggunakan alat ukur meteran dengan skala cm.  Melakukan kegiatan menaksir panjang benda mengguankan satuan yang sesuai.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran langsung dengan menggunakan alat ukur tidak baku ( jengkal) . ( m.  Melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur dengan skala cm.  Menggunakan alat ukur ( mistar)  Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan baku. Kompetensi menggunakan ukuran tidak baku atau jengkal. cm )  Mengenal satuan baku meter dan sentimeter.

3 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .  Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai. teks bacaan dengan bahasa sendiri. Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku Bahasa Indonesia  Media cetak.  Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru Teks pendek  Menyimak wacana yang dibacakan guru. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi 175 .  Menceritakan kembali isi  Menceritakan kembali isi teks pendek dengan bahasa sendiri.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Perhatian Gemar Membaca dan Menulis Kompetitif Berani.  Menjawab pertanyaan tentang teks pendek yang dibacakan guru. Bahasa Indonesia 1.

 Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat. Logis.4 Mendeskripsikan isi puisi puisi 176 . Kompetensi  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi  Mendeklamasikan puisi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Patuh Aturan Aktif.  Menjelaskan isi puisi 2. Tanggung Jawab Cinta Ilmu Karakter 1. 3. Analitis.  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran  Mendengarkan pembacaan puisi.  Menjelaskan isi puisi  Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. Kritis. mengajukan pertanyaan bacaan  Mengajukan pertanyaan  Membaca teks dengan bersuara.1 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) Membaca bersuara  Membaca teks dengan bersuara .  Menyimak isi puisi yang dibacakan guru atau siswa lain.3Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.

dilanjutkan dengan meringkas isi bacaan.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.  Membaca puisi  Menceritakan kembali isi bacaan.  Meringkas isi bacaan. Melengkapi kalimat  Menyusun kata menjadi kalimat yang baik  Menyusun kata menjadi kalimat. 4. Puisi anak  Membaca puisi dengan ekpresi yang tepat dilanjutkan dengan menceritakan isi puisi. Kompetensi bacaan.  Melalui latihan siswa dapat memperbaiki penulisan kalimat  Memperbaiki penulisan kalimat..Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran dan menceritakan kembali isi bacaan. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 177 .  menceritakan isi puisi. 3.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.

) NIP........... . ( .............. 178 ...........................................................Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Indikator Pencapaian Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( ..... .................... ) NIP.....................................

179 . IPS 3. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya. STANDAR KOMPETENSI 1. Matematika • Geometri dan Pengukuran 5. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. bercerita dan deklamasi. Mengenal bagian–bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. : 2. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. : proses kehidupan : 1. panjang dan berat dalam pemecahan masalah. : 4. Membiasakan hidup bergotong royong. Menggunakan pengukuran waktu. : 2. Mengungkapkan pikiran. Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : 1. : 3 Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. • Benda dan sifatnya 2. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. PKn 2. IPA • Makhluk hidup dan : : 1. 4. perasaan. : 1.PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : TEMPAT UMUM Kelas II Semester 1 I. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

KOMPETENSI DASAR : 1. 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.3 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti orang lain.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik. 2.II. saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah. 5. 1.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan. PKn 2. 4.3 Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. : 1. 3.2 Mendiskripsikan isi puisi. 2.3 Menggunakan alat ukur berat. IPS 3. 2. 2.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. Bahasa Indonesia : 1. Matematika : 2. 4. IPA : 1.2 Melaksanakan hidup rukun.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. 180 . tanah da tempat lainnya). : 1.

Analitis. Kerjasama. Logis. siswa dapat menceritakan Lingkungan alam  Melalui pembagian tugas secara berkelompok.2. Cinta Ilmu Tanggung Jawab 181 . Kritis. Melaksanakan hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah  Melaksanakan atau mengadakan kegiatan bakti social di kelas sebagai wujud hidup saling tolong menolong. Terbuka.PROGRAM SEMESTER PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : TEMPAT UMUM Kelas II Semester 1 Kegiatan Pembelajaran Juli AW Karakter 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Agustus September Oktober Nopember Desember Kompetensi Dasar Materi Ajar PKn 1. Berani Disiplin Teliti. Toleran. 6 JP Gotong Royong Aktif.  Melalui pelaksanaan langsung hidup tolong menolong.

Toleran.manfaat hidup tolong menolong.  Memberikan pesan dan saran untuk teman yang mempunyai cerita tidak 9 JP Perhatian Berani. Peristiwa penting.  . IPS 1. Terbuka Cinta Ilmu Tanggung Jawab 182 . Analitis.Melalui penugasan siswa dapat menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan di sekolah. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif.5 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.  Memberikan tanggapan positif terhadap cerita yang disampaikan teman. Kritis.

Aktif. Makhluk hidup yang menguntun gkan dan merugikan. Analitis.  Melalui pengamatan langsung siswa dapat menyebutkan tempat hidup makhluk hidup. Kritis.menyenangkan IPA 1. dan di tempat lainnya . dan tempat lainnya ) 2.3Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan  Mengelompokkan hewan yang hidup di air.3Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air. di darat dan pada tumbuhan lain.  Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air. cinta Ilmu Tanggung Jawab 183 . tanah. di darat. Logis. ( hewan dan tumbuhan ) 12 JP Perhatian Berani. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama.

Menggunakan alat ukur berat Alat ukur berat tidak baku dan baku  Melalui peragaan siswa dapat membandingkan berat benda dengan istilah lebih berat.  Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan Matematika 2. lebih ringan.  Melakukan 15 JP Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu 184 .3. Melalui pengamatan menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah. dan sama berat.

 Memilih alat ukur berat yang sesuai 185 . 2.penimbangan dengan menggunakan dua tangan dan timbangan kayu.  Mengukur berat benda dengan satuan baku  Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda  Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku dan timbangan baku.

Percaya diri Teliti Disiplin  Menceritakan 186 .  Menjawab pertanyaan tentang teks pendek yang dibacakan guru. 15 JP Perhatian Gemar Membaca dan Menulis Kompetitif Berani.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur. Bahasa Indonesia 1.  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat. Teks pendek  Menyimak wacana yang dibacakan guru.

Analitis. 1.kembali isi teks pendek dengan bahasa sendiri. Kerjasama Kritis.2 Mendeskripsikan isi puisi puisi  Mendengarkan pembacaan puisi.  Menjelaskan isi puisi  Mendeklamasika n puisi dengan ekpresi yang tepat. Logis.  Menyimak isi puisi yang dibacakan guru atau siswa lain. 2.  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.1 Bertanya kepada orang Percakapan  Melakukan percakapan Santun Patuh Aturan Aktif. Tanggung Jawab Cinta Ilmu 187 .

Tentang isi percakapan.2Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat 3. siswa menjawab pertanyaan percakapan dan membuat pertanyaan. mengajukan 188 . 2.1 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) Membaca bersuara Deklamasi  Mendeklamasika n puisi dengan ekspresi yang tepat.lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.  Setelah melakukan percakapan.  Membaca teks dengan bersuara . dengan teman sebangku.

yang dibaca dengan membaca lancar.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan Menulis  Menyusun kalimat menjadi cerita yang baik  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak 189 . 3. Puisi anak  Membaca puisi dengan ekpresi yang tepat dilanjutkan dengan menceritakan isi puisi.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. pertanyaan bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan. 4. dilanjutkan dengan meringkas isi bacaan.

..................... ........ Uji Kompetensi Remedial Pengayaan Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( . ( ........ bersambung  Menggunakan huruf capital dalam kalimat............. ) NIP.... 190 ................. ................penggunaan huruf capital tanda titik...... ) NIP.......................................................

IPS 3. PKn 2. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. Matematika • Geometri dan Pengukuran 5. : 3 Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya. • Benda dan sifatnya 2. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. IPA • Makhluk hidup dan : : 1. : 2. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. : proses kehidupan : 1. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Menggunakan pengukuran waktu. 4.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : TEMPAT UMUM Kelas II Semester 1 I. Mengungkapkan pikiran. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Mengenal bagian–bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. Membiasakan hidup bergotong royong. : 2. perasaan. : 4. : 1. STANDAR KOMPETENSI 1. panjang dan berat dalam pemecahan masalah. bercerita dan deklamasi. Bahasa Indonesia  Mendengarkan  Berbicara  Membaca  Menulis : 1. 191 .

tanah da tempat lainnya).2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik. 3. 2.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.3 Menggunakan alat ukur berat. : 1. 1. Bahasa Indonesia : 1.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. IPS 3. 5. PKn 2. saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.3 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti orang lain. 4. 192 .3 Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air.II. 2. 4.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek. 2.2 Melaksanakan hidup rukun.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. : 1. 3. 2.2 Mendiskripsikan isi puisi.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Matematika : 2. IPA : 1. KOMPETENSI DASAR : 1.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.

Toleran. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Tertulis Lisan Bentuk Instrumen Obyektif Contoh Instrumen LKS 6 JP  Buku Pkn  Media cetak. Berani Disiplin Teliti. Analitis. siswa dapat menceritakan hidup tolong menolong. Logis.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber.  Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah .2. AW Sumber Belajar Gotong Royong Aktif.  Menceritakan manfaat  Melalui pelaksanaan langsung hidup tolong menolong. Lingkungan alam  Melalui pembagian tugas secara berkelompok. Kerjasama.SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Tema : TEMPAT UMUM Kelas II Semester 1 Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran PKn 1. Melaksanakan hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah  Melaksanakan atau mengadakan kegiatan bakti social di kelas sebagai wujud hidup saling tolong menolong. Cinta Ilmu Tanggung Jawab Karakter 193 . Terbuka. Kritis.  Melaksanakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.

Percaya diri Teliti Disiplin Santun Aktif.Melalui penugasan siswa dapat menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan di sekolah. IPS 1. Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi Tertulis Lisan Obyektif LKS 9 JP  Buku IPS  Media cetak.  Menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah.6 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. Toleran. Peristiwa penting.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran manfaat hidup tolong menolong.  Memberikan pesan dan saran untuk teman yang  Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah. Kritis.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Perhatian Berani.  Memberikan tanggapan positif terhadap cerita yang disampaikan teman. Analitis.  . Terbuka Cinta Ilmu Tanggung Jawab Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 194 .

 Melalui pengamatan langsung siswa dapat menyebutkan tempat hidup makhluk hidup. Aktif.  Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan..Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran mempunyai cerita tidak menyenangkan IPA 1. tanah. Analitis. Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 195 .3Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air. Percaya diri Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Kerjasama. dan di tempat lainnya . Kritis. dan tempat lainnya ) Makhluk hidup yang menguntun gkan dan merugikan.  Mengelompokkan hewan yang hidup di darat  Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon hewan yang hidup di air. di darat.  Mengidentifikasi tempat hidup hewan Perbuat an Tertulis Lisan  12 JP  Buku IPA  Media cetak. ( hewan dan tumbuhan )  Mengelompokkan  Mengelompokkan hewan yang hidup di air.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Perhatian Berani. Logis.

 Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat  Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar cinta Ilmu  Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah  Mengelompokkan  Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air. di darat dan pada tumbuhan lain. 2.3Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui  Melalui pengamatan menyebutkan kegunaan benda  Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah tumbuhan yang hidup di air Tanggung Jawab Karakter 196 .

Menggunakan alat ukur berat Alat ukur berat tidak baku dan baku  Melalui peragaan siswa dapat membandingkan berat benda dengan istilah lebih berat. Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku matematika  Media cetak.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran pengamatan padat yang ada di lingkungan rumah. dan sama berat.  Melakukan penimbangan dengan menggunakan dua  Menimbang benda dengan timbangan dari kayu.  Menimbang benda dengan kedua tangan. Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Matematika 2. sama berat.3. lebih ringan.  Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat.  Media elektronik  Pengetahua n guru dari berbagai sumber Teliti Perhatian Analitis Disiplin Aktif Berani Percaya Diri Rasional Cinta Ilmu Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi 197 .  Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan  Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan. lebih ringan.

4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda  Mengukur berat benda dengan satuan baku.  Memilih alat ukur  Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.  Menimbang benda dengan menggunakan timbagan yang tidak baku dan timbangan baku.  Memilih alat ukur berat  Mengukur berat benda dengan satuan baku  Mengukur berat benda dengan timbangan yang baku  Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 198 .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran tangan dan timbangan kayu. 2.  Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.

 Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.  Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. Tertulis Lisan Obyektif LKS 15 JP  Buku Bahasa Indonesia  Media cetak.  Menjawab pertanyaan tentang teks pendek yang dibacakan guru.  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran berat yang sesuai  Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.  Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru Teks pendek  Menyimak wacana yang dibacakan guru. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Bahasa Indonesia 1. Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai dengan benda yang diukur.3 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . Percaya diri Perbuat an Non Obyektif Lembar Observasi 199 .  Media elektronik  Pengetahua n guru dari Perhatian Gemar Membaca dan Menulis Kompetitif Berani.

 Menyimak isi puisi yang dibacakan guru atau siswa lain. Kerjasama Kritis. Karakter  Menjelaskan isi puisi 200 .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran  Menceritakan kembali isi teks pendek dengan bahasa sendiri. Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar berbagai sumber Teliti Disiplin Santun Patuh Aturan Aktif. Analitis.  Menjelaskan isi puisi Tanggung Jawab Cinta Ilmu Logis.  Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri Indikator Pencapaian Kompetensi  Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.4 Mendeskripsikan isi puisi puisi  Mendengarkan pembacaan puisi.  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi 1.

Percakapan  Melakukan percakapan dengan teman sebangku.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter  Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat.  Membuat percakapan  Menjawab pertanyaan isi percakapan.  Memperagakan percakapan 201 .  Setelah melakukan percakapan.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. siswa menjawab pertanyaan percakapan dan membuat pertanyaan. 2.2Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang Deklamasi  Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang  Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat. Tentang isi percakapan. 2.

 menceritakan isi puisi.  Membaca teks dengan bersuara. dilanjutkan dengan meringkas isi bacaan. mengajukan pertanyaan bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan.  Mengajukan pertanyaan bacaan.Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran tepat 3.  Membaca teks dengan bersuara . 3.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.  Membaca puisi  Menceritakan kembali isi bacaan. Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter 202 . Membaca bersuara tepat.1 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru Menulis  Menyusun kalimat menjadi cerita yang baik  Menyusun kalimat menjadi cerita . 4. Puisi anak  Membaca puisi dengan ekpresi yang tepat dilanjutkan dengan menceritakan isi puisi.

 Menggunakan huruf capital dalam kalimat.  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung.  Menggunakan huruf kapital dalam kalimat. Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen AW Sumber Belajar Karakter Uji Kompetensi Remedial Pengayaan 203 .Penilaian Kompetensi Dasar Materi Ajar Kegiatan Pembelajaran dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik.

........................... ......................... 204 . ) NIP..... ( ..........................Mengetahui Kepala Sekolah SD / MI ………………………20…… Guru Kelas II ( ................ .............................. ) NIP.................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful