KELOMPOK 3

Disusun Oleh :

YOGY FAISAL UKKAS NURUL KHAIRUNNISA ADE JULIO PRAKOSO VITASARI CAHYANINGRUM

12520241004 12520251016 12520241026 12520241032

SEJARAH PERKEMBANGAN HAM .

hak asasi manusia lainnya sulit akan ditegakkan. BACK . Dari kedua hak dasar inilah lahir hak-hak asasi lainnya atau tanpa kedua hak dasar ini. ialah hak persamaan dan hak kebebasan.LATAR BELAKANG Pada hakikatnya “Hak Asasi Manusia” terdiri atas dua hak dasar yang paling fundamental.

BACK . agama. Hak ini bersifat universal.PENGERTIAN HAM Hak asasi manusia yang sering disebut HAM adalah hak yang dimiliki manusia yang telah diperoleh dan dibawa sejak lahir dengan tidak membedakan bangsa. dan jenis kelamin. suku. timbul keinginan untuk merumuskan hak asasi itu dalam suatu naskah internasional. HAM pada hakikatnya adalah hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia. ras. Setelah dunia mengalami dua perang yang melibatkan hampir seluruh dunia dan hak-hak asasi dinjak-injak.

SEJARAH PERKEMBANGAN HAM DI INDONESIA Periode Sebelum Kemerdekaan ( 1908 – 1945 ) Boedi Oetomo  Perhimpunan Indonesia  Sarekat Islam  Partai Komunis Indonesia  Indische Partij  Partai Nasional Indonesia  Organisasi Pendidikan Nasional Indonesia  .

PERIODE SETELAH KEMERDEKAAN (1945 – SEKARANG) Periode 1945 – 1950  Periode 1950 – 1959  Periode 1959 – 1966  Periode 1966 – 1998  Periode 1998 – sekarang  .

penjajahan. Perjuangan atas pengakuan dan usaha menegakkan hak-hak asasi manusia dari berbagai bangsa banyak dituangkan salam konvensi. perundang-undangan.SEJARAH PERKEMBANGAN HUKUM YANG MENGATUR HAM Sejarah membuktikan bahwa kesadaran manusia terhadap hak-hak asasi akan meningkat bila terjadi pelangaran-pelangaran kemanusiaan seperti adanya perbudakan. kontitusi. dan ketidakadilan. teori. dan hasil-hasil pemikiran yang pernah hadir di muka bumi ini. .

seperti Komnas HAM. dan Lembagalembaga yang dibentuk oleh masyaraka. terutama dalam bentuk LSM Prodemokrasi dan HAM. KOMNAS HAM KNKTP LSM . Pengadilan Ham. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan.KELEMBAGAAN NASIONAL HAM DI INDONESIA Dalam upaya perlindunga HAM di Indonesia telah dibentuk lembaga-lembaga resmi oleh pemerintah.

50 Tahun 1993 sebagai respon (jawaban) terhadap tuntutan masyarakat maupun tekanan dunia internasional mengenai perlunya penegakan hak-hak asasi manusia di Indonesia. BACK .KOMNAS HAM Komisi nasional (Komnas) HAM pada awalnya dibentuk dengan Keppres No. Komnas HAM bertujuan untuk (a) membantu pengembangan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan hak-hak asasi manusia dan (b) meningkakan perlindungan dan penegakan hak-hak asasi manusia guna berkembangnya pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan kemampuan berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan.

Komnas Anti Kekerasan terhadap Perempuan memiliki wewenang sebagai berikut: (i) penyebarluasan pemahaman. saran. (iii) pemantauan dan penelitian segala bentuk kekerasan terhadap perempuan an memberikan pendapat. pencegahan. dan penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan. (iv) penyebarluasan hasil pemantauan dan penelitian atas terjadinya kekerasan terhadap perempuan kepada masyarakat. Dasar perimbangan pembentukan komisi nasional ini adalah sebagai upaya mencegah terjadinya dan menghapus segala bentuk kekerasan terhadap perempuan.KOMISI NASIONAL ANTI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan dibenuk berdsarkan Keppres No. 181 Tahun 1998. penanggulangan. BACK . (ii) pengkajian dan penelitian terhadap berbagai instrument PBB mengenai perlindungan hak asasi manusia terhadap perempuan. dan perimbangan kepada pemerintah. serta (v) pelaksanaan kerja sama regional dan internasional dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kekerasan terhadap perempuan.

LSM seperti itu dikenal sebagai LSM Prodemokrasi dan HAM.LSM PRODEMOKRASI DAN HAM Di samping lembaga penegak hak-hak asasi manusia yang dibentuk oleh pemerintah. Yang termasuk dalam LSM ini antara lain ialah YAyasan Lembaga Bantuan Hukuk Indonesia (YLBHI). ada juga lembaga sejenis yang dibenuk oleh masyarakat. BACK . misalnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Non-Governmental Organization (NGO) yang programnya berfokus pada demokratisasi dan pengembangan HAM. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KONTRAS).

ialah hak persamaan dan hak kebebasan. HAM setiap individu dibatasi oleh HAM orang lain. bahwasanya HAM adalah hak-hak dasar yang dimiliki oleh manusia sesuai dengan kiprahnya. . Pada hakikatnya “Hak Asasi Manusia” terdiri atas dua hak dasar yang paling fundamental. Setiap individu mempunyai keinginan agar HAM-nya terpenuhi. kelompok atau suatu instansi atau bahkan suatu Negara akan diadili dalam pelaksanaan peradilan HAM. dimana setiap bentuk pelanggaran HAM baik yang dilakukan oleh seseorang. Dalam kehidupan bernegara HAM diatur dan dilindungi oleh perundang-undangan RI.KESIMPULAN Berdasarkan pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan.

CREATED BY : YOGY FAISAL UKKAS (12520241004) NURUL KHAIRUNNISA (12520251016) ADE JULIO PRAKOSO (12520241026) VITASARI CAHYANINGRUM (12520241032) Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful