Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.

com

http://www.ilmusipil.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah

Alquran Bursa Kerja Download Forum Jual/Beli Menulis TV

Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

« Berbagai Motif Keramik Untuk gambar 3 dimensi Menghitung tebal perkerasan jalan raya »

Cara menggambar peta kontur Tanah
Setelah sebelumnya tentang artikel adalah“>pengertian Peta kontur selanjutnya kita akan mencoba membuat tutorial cara menggambar peta kontur tanah sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk membangun struktur rumah, gedung, jalan raya maupun infrastruktur lainya. misal kita melakukan sebuah pengukuran satu bidang tanah sehingga mendapat data ukuran tanah dan hasil perhitungan pengukuran tanah untuk peta kontur sebagai berikut:

1 of 15

5/22/2013 5:21 PM

945 PILAR 104.240 1.180 2.110 2.640 -0.990 1.705 103.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah ALAT TITIK BM A 1 2 3 4 6 7 8 13 14 15 20 14 21 22 23 C 27 28 29 23 5 B 9 10 11 12 16 17 18 19 24 25 26 30 31 D BACAAN RAMBU UKUR ( BT ) BEDA TINGGI TINGGI KETERANGAN BELAKANGLAIN-LAINMUKA NAIK TURUN TITIK 4.190 2.170 2.870 0.670 2.895 104.970 -2.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.190 PILAR 103.680 1.970 4.615 102.260 -1.900 3.605 103.025 104.540 1.525 101.240 -3.915 102.420 103.540 0.280 2.475 2.915 102.280 0.835 105.ilmusipil.520 1.620 103.210 4.620 104.920 1.840 -0.000 101.360 1.770 103.640 104.420 102.195 0.895 -0.200 -0.com http://www.560 0.685 101.870 0.130 3.320 0.910 100.750 1.200 0.790 103.800 2.655 103.115 PILAR 103.260 103.340 0.145 103.250 -0.615 102.940 3.925 1.100 2.170 1.780 1.730 103.685 101.500 0.970 100.200 3.930 104.870 0.660 0.715 103.015 103.210 1.310 -1.685 103.900 3.130 2.790 2.470 -1.645 103.180 103.150 1. caranya adalah seperti berikut: Pertama kali kita tentukan skala jarak untuk menggambar denah dan skala tinggi untuk menggambar potongan kontur 2 of 15 5/22/2013 5:21 PM .010 0.760 1.130 102.210 0.660 104.240 -0.160 0.370 0.010 0.810 -1.900 1.445 PILAR P1 P2 P3 setelah melihat dan mempelajari data pengukuran tersebut kemudian kita lanjutkan ke langkah selanjutnya: Data yang akan digunakan untuk membuat peta kontur adalah tinggi tiap titik.275 1.980 0.355 103.020 -0.370 3.670 -1.330 1.175 0.160 1.810 2.500 1.

5 . 102.00 dst.00 ke titik A = (0.85)x1000 mm =54.9 Tinggi titik B :103.0541 mm 3 of 15 5/22/2013 5:21 PM . titik-titik ini terserah kita dalam menentukanya karena semakin rapat maka akan semakin akurat.75-101.1/1. 103.00 .75 Jarak titik A-B :1000 Maka jarak Titik dengan ketingggian 102.com http://www.00-101.9=1.85 Maka jarak tinggi titik 102. 102.9=0.00 adalah selisih tinggi 102.25 .75 . 102.ilmusipil. Dalam gambar diatas dapat kita lihat bahwa Tinggi titik A :101. misal disini diambil 102.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah misal diambil skala jarak : 100 Menggambar letak titik titik yang akan digambar sebagai berikut: selanjutnya menentukan koefisien garis tinggi yang akan digambar.1 Tinggi B-A= 103.

10. 1.ilmusipil. 7. kalau ada yang salah tolong di koreksi atau ditambahin dibawah ya… Suka 84 orang menyukai ini. Jadilah yang pertama di antara teman Anda.com http://www. 9. 4. Begitu juga dengan ketinggian titik lainya dihitung satu persatu sehingga di temukan lokasi titiknya untuk kemudianmenghubungkan tinggi titik yang sama dengan garis sebagai berikut.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah “Prinsipnya adalah perbandingan antara segitiga kecil dan segitiga besar” sehingga dapat dicari jarak titik dengan ketinggian tertentu.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil. 8. 5. 2. pengukuran poligon terbuka Data ukuran tanah yang dibutuhkan untuk pembangunan alat ukur waterpass dan theodolit Tugas surveyor pengukuran pada proyek gedung Garis kontur adalah Teodolit sebagai alat ukur tanah Supporting System dan Alat Ukur Cara surveyor mengukur kolom gedung Alat Penyelidikan Tanah cara mengukur tinggi gedung Advertisement 4 of 15 5/22/2013 5:21 PM . kalau misal perlu rumusnya dalam kalkulator excel bisa didownload disini: Bila ingin melihat Gambar kontur ini dalam bentuk autocad bisa didownload disini dalam file tersebut isinya sama persis seperti gambar diatas namun karena masih berupa gambar dwg autocad jadi bisa diedit sesuai selera Begitulah kurang lebih cara membuat peta kontur tanah. 3. 6.

com http://www.. Improve Your Swing. 2012 at 4:28 pm ya belajar ma aq ja yg ahlinya survey … [Reply] 5 of 15 5/22/2013 5:21 PM .Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah 10 Golf Tips to Break 80 PerfectConnectionGolfSwing. Puts Add a comment.com Top Golf Coach Video Series.ilmusipil. [Reply] haryono Reply: May 5th.. Post to Facebook Facebook social plugin Posting as Amanda Dandy (Change) Comment 47 Komentar boedy says: 23/12/2009 at 10:35 pm data dari Ir kusna sumawinata / ir alamsyah noor ya? hidup untag jakarta! [Reply] ahadi says: 23/12/2009 at 10:36 pm Yah data pengukuranya iya… yang lain hitungan sendiri teman.. [Reply] dwi says: 25/12/2009 at 8:15 pm mas kalau cara gambar perencanaan drainase dari data hasil pengukuran tanah gimana??tolongin za…. Chipping.

coba diplotin data pengukuranya dulu ke kertas stelah itu menentukan titik titik drainse yang mau digambar… jadi deh… [Reply] Inra Saragih says: 29/12/2009 at 6:44 pm ThanQ Artikelnya bagus [Reply] dwi says: 30/12/2009 at 1:42 pm thanks mas.. selamat sore juga pak. dengan menghitung jarak antar ketinggian titik terlebih dahulu. [Reply] yayat rukiyat says: 31/12/2009 at 12:46 am dulu aku pernah bikin program cara cepat bikin kontur dan cross nya(data dari hasil koordinat pengukuran)…. [Reply] poejon says: 05/01/2010 at 1:20 pm Terima kasih banyak atas infonya [Reply] henry sinambela says: 21/02/2010 at 3:10 pm Slmt Sore Pak.tak coba dlu. Atas bantuan bapak.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah ahadi says: 25/12/2009 at 8:20 pm o gitu ya.. Jika bapak berkenan. [Reply] ahadi Reply: February 21st. kemudian baru dimasukan ke dalam autocad caranya ada di http://www.ilmusipil.coba nanti saya cari lagi….com/cara-menggambar-dengan-autocad/ tapi ide bagus juga pak membuat satu artikel yang berjudul ” cara menggambar kontur tanah dengan autocad “.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.tolong kita dipandu pak langkah-langkah penggambaran PETA CONTUR TANAH menggunakan Autocad .soalnya dah lama banget gk kepake…..Kami sampaikan terimakasih..ilmusipil.walaupun masih bingung. 6 of 15 5/22/2013 5:21 PM . Apakah ada beda langkah penggambarannya memakai autocad 2006 dengan rilis lainnya. kalau pakai autocad pada dasarnya sama pak.com http://www. 2010 at 4:56 pm @henry sinambela.

dan untuk spesialis software banyak yang pake LDD. ketik interval kontur.. 2012 at 2:09 pm wah. .com http://www. ketik d . 2013 at 10:33 pm trims infonya boleh donk softwarenya diemailkan ke pmazmur@yahoo. disitu buat referensi temen-temen untuk kontur digital [Reply] Mazmur Reply: January 9th. aq dah coba tapi blm berhasil bos. tekan enter klik quicksurf annotate label countur klik garis kontur yang di inginkan (sampai disini saya yang belum jelas. untuk software ldd bisa di lihat di http://www. ) enter isi teks hight [Reply] booys says: 26/10/2010 at 1:31 pm mas cara menggambar tiap titik-titik d autocad gmn ya ?? supaya data2 tersebut pas pada letaknya di layar autocad 7 of 15 5/22/2013 5:21 PM .ilmusipil. langkahnya : klik countour interval.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah [Reply] ib3nk says: 21/02/2010 at 10:57 pm thanks ya artikelx sangat bermanfaat banget .com ketik survey & pemetaan. enter. hehe [Reply] Deprozol says: 24/02/2010 at 9:42 am sepertinya gambarnya udah digital.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.. klik countur .. [Reply] pums says: 19/10/2010 at 6:52 pm pake quicksurf ajah… tinggal copas koordinat en detil dari excel jadi dah peta kontur [Reply] JEBJEB Reply: October 26th. arcgis dan surfer..4shared. . ntar lo ada yang bingung bleh tanya kan...com Trims…. enter . .

[Reply] Agus Widodo says: 20/01/2011 at 12:21 am Mohon bantuan untuk mengatur aliran air di daerah berkontur.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah [Reply] armawan says: 04/12/2010 at 7:22 pm masih bingung???????? [Reply] Tirta says: 17/01/2011 at 12:24 pm Saya msih bingung tetang pengukuran beda tinggiYa ini…. bsa diperjelas lgi ngak….ilmusipil. bravo buat moderator dan ilmusipil.Maksud dari garis2ny it….Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil..com [Reply] jas says: 07/08/2011 at 2:43 pm masih bingung. boleh mintah filenya contoh perhitungan dan ganbar yang lengkap? [Reply] jasman says: 07/08/2011 at 2:43 pm bisa di kasi lengkap data filenya [Reply] Lukman says: 14/09/2011 at 7:54 pm bang…minta Back Data jalan [Reply] amin says: 02/10/2011 at 10:08 am 8 of 15 5/22/2013 5:21 PM . terima kasih [Reply] DIding Airlangga says: 16/02/2011 at 11:12 pm Saya suka dengan ilmusipil menambah wawasan saya tentang ilmu ketekniksipilan….com http://www.

Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil....com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah bang minta contoh perhitungan nya sekalian [Reply] maya says: 07/11/2011 at 2:39 pm ajari gambar kontur dong… [Reply] haryono Reply: May 5th.com http://www. pi adakah yang lebih sederhana lagi ^_^ [Reply] jhon says: 09/01/2012 at 9:42 am AJARI DONK UNTUK PROSES PENGGAMBARAN DI AUTOCAD LDD DARI DATA LAPANGAN. mga aku bsh membuat peta kntur . 2012 at 4:29 pm boleh deh sy siap ko …tp sy lg da job di balikpapan nanti ja jk cuti jakarta ya … [Reply] aris says: 26/11/2011 at 8:27 pm trims mas ..coba jelas kan lebih jelas ga [Reply] nuril says: 29/02/2012 at 3:36 pm bagai mana cara menggambar long section and cross section nya dari gambar di atas [Reply] dhaus says: 03/03/2012 at 11:47 am 9 of 15 5/22/2013 5:21 PM ..ilmusipil. [Reply] Netti says: 29/12/2011 at 7:55 am Makasi mas.. [Reply] aziz says: 18/02/2012 at 2:05 pm aku aga kurang mngerti membuat nya kontur tanah.YG LENGKAP N DETAIL Y.

trims sebelumnya. [Reply] geodeticman europ 2012 says: 18/05/2012 at 8:30 pm metode n langkah membuat busur lengkung gan. padahl ini sangat bermanfaat buat kita orang teknik sipil macm aku.. tapi sangat berguna buat referensi. [Reply] asep suherli says: 13/06/2012 at 4:00 pm Pak Saya ingin artikel cara menggambar peta kontur dengan autocad.Y. tolong dikirim ke email saya.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah masih bingung pak. setelah itu baru menggunakan software. [Reply] agus says: 09/05/2012 at 11:53 pm mohon ma’af pak.ilmusipil. kalau bisa kirim ke e_mail saya pak. rasanya ada kepuasan tersendiri kala gambar manual kita sama dengan gambar komputer.com) [Reply] joi says: 06/07/2012 at 10:24 pm sayang sekali halamanya ga bisa di copy.com ). jadi kan ga bisa di ambil ilmunya. saya mau nanya.com http://www.Z dalam pembuatan peta kontur itu cara dan rumusnya gimana ya pak ? sebelumnya terima kasih ya pak. [Reply] joi says: 06/07/2012 at 10:27 pm 10 of 15 5/22/2013 5:21 PM ..(asepsuherli@yahoo. bagusnya untuk tahap awal. kalau ngitung koordinat X.. ( augustinsipil@yahoo.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil. menggambar manual dulu. mohon dibantu ya pak ..ok thanks yac atas ilmunya..sangat berguna OK [Reply] ndp says: 11/04/2012 at 2:08 pm untuk memahami kontur.

bvc says: 19/07/2012 at 12:33 am gan. tolong ya pak….. Amin.charo45@gmail. eMAIL= moojeebbss@ymail.biar bisa di bagi rata kotakan kavlingnya…makasi!!!!! [Reply] khamal al atas says: 25/08/2012 at 9:21 am cara membuat kontur tanah gmn ya…. padahal ilmunya sangat saya butuhkan. [Reply] awan. semoga menjadi Berkah.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah tolong kirim saya cara membuat peta kontur tanah ke email saya ya pak..(joi.com [Reply] JEBJEB says: 26/10/2012 at 2:00 pm YANG PUNYA INFO TENTANG CARA GAMBAR KONTUR DENGAN QUICKSURF. [Reply] dewa says: 12/03/2013 at 9:20 am saya mau nwarin alat level saya seken atb2 masih terawat lengkap rambu ukur 2buah + triport 1 buah dan gps garmin 60 csx + sunto kb-14 360r saya tawarin 15jt nego.. MOHON INFONYA DONK.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.com http://www.ilmusipil..tolong ajari cara membuat siteplan untuk tanah kavling….com [Reply] Riana says: 27/02/2013 at 6:27 am Makasih banyak atas ilmunya. Cuman sayang tidak bisa dicopy.??? makasih [Reply] dhan says: 09/09/2012 at 3:43 am yg pengen tau lebih dalam tentang pembuatan kontur & pengolahan data survey lainnya…? kirim email ke ramdhanafriantama@gmail. [Reply] ruben sitepu says: 20/03/2013 at 9:47 am 11 of 15 5/22/2013 5:21 PM .com)..

com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah Mohon bantuannya yang tahu menggunakan Autocad 2004+Quicksurf. filenya kok *.ilmusipil.exe??? virus bukan ini??? sory ya mas…tolong dong kirimi filenya langsung ke email saya…makasih banyk bngt sebelumnya… [Reply] Komentari Nama * Email * Komentar Autocad | ilmusipil.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.rar.com http://www. contoh perhitungan struktur Bangunan | ilmusipil.com 41 people recommend this.com 87 people recommend this.com 80 people recommend this. Sekolah SMK jurusan teknik bangunan lulus jadi apa | ilmusipil.com rumah One person recommends this. Cara membeli rumah kpr btn | ilmusipil. [Reply] andy says: 07/04/2013 at 9:03 am mas. Facebook social plugin Advertisement 12 of 15 5/22/2013 5:21 PM .

com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah ILMU SIPIL Alat Berat Analisa harga Arsitektur Autocad Baja Baja ringan Bekisting Beton Civil Engineering Elektrikal Gedung Hidrolika Hidrologi ilmu ukur tanah Infrastruktur Interior Jalan Raya Jasa desain rumah Jembatan Kayu Kontraktor Ilmu lingkungan Manajemen Proyek Bahan Bangunan Mekanika Tanah Mekanika Teknik Metode Kerja Pagar Pelabuhan Pengairan Plumbing Pondasi Anggaran Biaya Rumah 13 of 15 5/22/2013 5:21 PM .com http://www.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.ilmusipil.

You and 23. Diskusi Ilmu Sipil kacer khan on menghitung keuntungan borongan ella on Bursa kerja bangunan online edy on Daftar kontraktor bangunan di Indonesia Murgianto on Bingung mau menulis apa? syamsul bahri on Daftar kontraktor bangunan di Indonesia Ahmadi Ekistic on Cara menghitung volume besi beton bertulang ruch on Cara menjadi PNS pegawai negeri sipil Sanghiang Talaga Pancuran on Cara menjadi PNS pegawai negeri sipil indah sriwahyuni on Penerimaan peserta didik baru PPD SMA SMK online ilmusipil.com ilmusipil ilmusipil Bingung mau menulis apa? nblo.com Like You like this.429 others like IlmuSipil.gs/Lpv68 14 of 15 5/22/2013 5:21 PM .com http://www.com.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.ilmusipil.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah Software STM Pembangunan Struktur Taman Teknik Sipil Transportasi Ilmu sipil terbaru Bingung mau menulis apa? Manajemen waktu pengusaha sukses Cara mengurus kartu jamsostek yang hilang Cara menjadi mandor modal dengkul Menjual waktu dan kesehatan untuk uang Cara kaya meskipun tanpa harta Dana pinjaman untuk renovasi rumah dari jamsostek Rahasia sukses investasi properti Penyebab gedung pencakar langit rubuh Find us on Facebook IlmuSipil.

Artikel (RSS) dan Komentar (RSS) 15 of 15 5/22/2013 5:21 PM .| Daftar isi| Privacy Policy.com via Email " selanjutnya klik link konfirmasi yang dikirim pada email.com/cara-menggambar-peta-kontur-tanah ilmusipil Desain rumah tipe 45 minimalis nblo.Cara menggambar peta kontur Tanah | ilmusipil.gs/LfAf3 6 days ago · reply · retweet · favorite Join the conversation "Formulir Berlangganan Artikel Ilmusipil.com yesterday · reply · retweet · favorite http://www.ilmusipil.com. 2009-2013 © copyright ilmusipil.gs/LfAXi 6 days ago · reply · retweet · favorite ilmusipil Manajemen waktu pengusaha sukses nblo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful